Lihat Langsung Keindahan Nusantara

Nikmati pesona pariwisata lokal di sekitar Destinasi Super Prioritas.

Mandalika
Labuan Bajo

Liburan ke Mana? #DiIndonesiaAja

Nggak perlu ke luar negeri, ada banyak destinasi lokal menanti buat dikunjungi!

Bersiap Sambut #NewNormal

tiket CLEAN
tiket FLEXI

Tempat ini melakukan prosedur khusus untuk memastikan kebersihan.

Destinasi Sekitar Yogyakarta

Melangkah sedikit, coba aktivitas yang tak kalah asyik di kota sebelah.

Provinsi Yogyakarta
Tentang

Siapa yang bisa memungkiri bahwa tempat wisata Jogja adalah salah satu pilihan terbaik untuk menghabiskan momen liburan? Sobat tiket, kamu tentu setuju bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta memanglah tempat yang istimewa.


Sejak beberapa dekade lalu, Jogja telah menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Pulau Jawa. Keindahan dan keunikan budayanya juga membuat Jogja menjadi kota pariwisata yang diperhitungkan oleh wisatawan domestik, bahkan mancanegara. 


Banyak hal yang akan membuatmu jatuh cinta dan akan selalu kembali ke Jogja. Dari papan nama Jalan Malioboro yang legendaris sampai hangatnya kopi jos di angkringan selalu menjadi alasan untuk kembali ke kota Pelajar ini. Jangan lupakan pula Tugu Pal Putih yang telah menjadi salah satu ikon terpopuler di kota ini. 


D.I Yogyakarta terdiri dari 4 (empat) kabupaten dan 1 (satu) kota yaitu Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Kulonprogo, dan Kota Yogyakarta. Di berbagai kabupaten dan kota ini tentunya banyak tempat wisata di Jogja yang bisa menjadi pilihan kamu. Jogja memiliki variasi wisata yang sangat beragam, diantaranya adalah wisata budaya, wisata edukasi, wisata sejarah, dan wisata alam. 


Bukan rahasia lagi kalau pementasan budaya seperti Sendratari Ramayana atau Sendratari Roro Jonggrang telah menjadi pesona wisata yang menarik banyak turis untuk berkunjung ke Jogja. Belum lagi, kawasan Jogja yang menghadap langsung ke Pantai Selatan juga memiliki banyak pantai berombak besar yang menawan. Kamu tentu tak mampu menolak pesona kota Jogja, sobat tiket.


Karena itu, jangan ragu lagi untuk segera membeli tiket tempat wisata di Jogja hanya di tiket.com. Dengan to do dari tiket.com, kamu bisa membeli tiket event, atraksi, ataupun tiket hiburan di Jogja dengan sangat mudah. Nikmati liburan yang mengesankan di Jogja bersama keluarga dengan pesan tiket tempat wisata di Jogja hanya di tiket.com!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Provinsi Yogyakarta

Informasi mengenai tempat wisata di Provinsi Yogyakarta.

Apa itu tiket CLEAN di Yogyakarta?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Yogyakarta tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Yogyakarta yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Yogyakarta

Yogyakarta adalah sebuah kota di Jawa Tengah, Indonesia, yang terkenal dengan pusat kotanya yang ramai dan meriah, pesona alam yang indah di sekelilingnya, dan sejumlah peninggalan bersejarah. Kamu bisa berkunjung ke Benteng Vredeburg, Keraton Yogyakarta, dan Candi Prambanan untuk wisata sejarah. Sedangkan untuk wisata alam, berkunjunglah ke Punthuk Setumbu, Puncak Suroloyo, dan Bukit Parangendog.

Karena kenyamanan kotanya dan banyaknya tempat wisata di Jogja yang cocok untuk segala usia, kota ini cocok dijadikan destinasi wisata keluarga. Selain itu, turis lokal dan internasional juga senang mengeksplorasi kota ini sendiri (solo traveling).

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Yogyakarta

Berbagai objek wisata di Yogyakarta dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pulau dan pantai yang cantik. Namun, ada juga sejumlah lokasi bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini. Berikut ada 30 destinasi wisata terbaik di Yogyakarta yang kami rekomendasikan!

1. Keraton Ratu Boko

Keraton Ratu Boko atau Candi Ratu Boko merupakan keraton dengan corak Hindu yang memiliki peran penting dalam penyebaran agama Hindu di Indonesia pada abad ke-8. Lokasi dengan seluas 250.000 meter persegi ini dulunya merupakan sebuah kompleks keraton yang runtuh sehingga hanya terlihat beberapa bagian bangunan yang masih ada. Keraton Ratu Boko merupakan salah satu tempat wisata hits di Jogja yang instagramable, lho! Para pengunjung akan beramai-ramai untuk berfoto dengan latar bangunan keraton dan langit yang biru. Berfoto di hamparan rumput juga menjadi spot favorit! Kalau kamu punya banyak waktu hingga matahari terbenam, kamu bisa berfoto dengan latar langit yang berwarna ungu bercampur orange. Keren banget! Dijamin, foto-foto kamu instagramable.

2. Goa Jomblang

Kamu ingin merasakan mengarungi goa ala film-film petualangan? Bisa! Di Jogja, ada Goa Jomblang sangat terkenal dengan kecantikan pancaran cahaya matahari yang masuk ke dalamnya. Cahaya matahari tersebut bisa masuk ke bagian dalam karena memang goa ini berbentuk vertikal. Cantik banget! Goa ini terbentuk karena proses geologis yang terjadi akibat tanah longsor ribuan tahun yang lalu. Tempat wisata di Jogja ini tepatnya berlokasi di Gunung Kidul, di mana kamu bisa berkunjung dengan berkendara selama sekitar satu jam dari pusat kota. Yakin deh, foto-foto kamu instagramable!

3. Keraton Yogyakarta

Keraton Kasultanan Ngayogyakarta atau juga dikenal sebagai Keraton Jogja merupakan sebuah istana tempat tinggal sultan bersama keluarganya. Terdapat sebuah museum yang bisa kamu jadikan sebagai tempat wisata di Jogja yang bagus jika kamu ingin mempelajari lebih jauh mengenai kebudayaan jawa. Ada banyak barang peninggalan sultan-sultan pendahulu beserta keluarganya yang bisa kamu lihat di sini.

4. Jogja Bay Waterpark

Tempat wisata di Jogja tidak hanya wisata budaya dan sejarah, lho! Ada juga taman bermain air Jogja Bay Waterpark buat kamu yang mau seru-seruan bermain air. Banyak pilihan wahana berselancar yang bisa kamu pilih  adrenalin kamu. Wahana air ekstrem yang kamu bisa mainkan ada Memo Racer, Bekti Adventure, Volcano Coaster, Timo-Timo Rider, dan masih banyak lagi!

5. Kalibiru

Untuk menuju ke Kalibiru, kamu perlu berkendara selama kurang lebih 1-2 jam ke arah barat dari pusat kota Jogja. Ketika perjalanan sudah semakin dekat dengan tujuan, kamu bisa merasakan suhu udara yang semakin sejuk dan juga suasana yang lebih tenang. Tempat wisata hits ini sangat cocok untuk menghindar sejenak dari kesibukan perkotaan. Selain berfoto dengan latar belakang alam Jogja yang indah, kamu juga bisa berfoto dengan beragam properti yang disediakan, seperti ayunan, becak, dan papan tulisan “Kalibiru”. Dijamin, foto kamu pasti instagramable!

6. Candi Prambanan

Selain Borobudur, Jogja masih punya satu candi lagi yang terkenal yakni Candi Prambanan. Candi Prambanan memiliki total 240 candi dan menjadi bagian dari UNESCO World Heritage Site. Banyak spot-spot foto instagramable yang wajib dikunjungi di sini! Menurut legenda, Candi Prambanan ini dibangun oleh Bandung Bondowoso, seorang pemuda yang jatuh cinta kepada Roro Jonggrang.

7. Pantai Timang

Berada di selatan pulau Jawa, Jogja memiliki beragam pilihan destinasi dari gunung hingga pantai. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah Pantai Timang. Yang menjadi spesial dari pantai ini adalah pasirnya yang putih dan gondola yang berjalan di atas laut. Menegangkan tapi seru! Selain merasakan menyusuri lautan dengan gondola, kamu juga bisa menyusurinya dengan jembatan, lho! Tenang saja, jembatan ini sudah diuji kekuatannya. Jangan lupa untuk foto di spot instagramable ini ya!

8. Merapi Kaliadem

Untuk kamu ingin merasakan naik mobil jeep ala film petualangan? Merapi Kaliadem tempatnya! Di sini, kamu bisa melakukan tur ke Gunung Merapi menggunakan mobil jeep. Bunker Kaliadem dulunya merupakan tempat pengamatan aktivitas Gunung Merapi dan juga tempat berlindung para pengamat. Kini, tempat tersebut sudah tidak digunakan sebagaimana mestinya. Sejak meletusnya Gunung Merapi 10 tahun lalu, kawasan sekitarnya menjadi gersang akibat erupsi.

9. Taman Sari

Tidak jauh dari kawasan Keraton, ada sebuah istana air bernama Taman Sari yang menghadirkan arsitektur bergaya campuran Jawa-Eropa abad ke-18. Di sini, kamu bisa melihat sebuah kolam yang berada di halaman tengahnya. Di tempat wisata di Jogja yang satu ini kamu bisa menjelajah lorong-lorong yang memang terlihat seperti bangunan terbengkalai, tetapi hal tersebut justru menambah kesan estetis tersendiri. Lorong-lorong tersebut menuju ke sebuah ruang rahasia dan juga ruangan untuk menyimpan persenjataan pada zaman dahulu.

10. Goa Tanding

Kamu mencari wisata yang lebih menantang untuk melepas penat? Rafting di Goa Tanding bisa menjadi destinasi yang tepat untuk kamu, nih. Selama kurang lebih 50 menit, kamu akan dibawa menyusuri sungai sepanjang 450 meter dengan perahu karet yang berada di bawah Goa Tanding. Salah satu hal yang ikonik di tempat wisata hits ini adalah batu yang berbentuk seperti tirai. Itulah kenapa dinamakan hiasan batu tirai. Nggak heran kenapa banyak pengunjung yang berfoto di tempat wisata di Jogja ini. Selain rafting, kamu juga bisa melakukan kegiatan lain seperti camping, outbound, dan offroad. Jangan lupa untuk ajak teman-teman kamu supaya liburan menantang kamu jadi lebih seru, ya!

11. Sungai Oya

Masih tempat wisata yang bisa memacu adrenaline, kali ini kamu nggak akan dibawa menyusuri sungai di bawah goa. Tapi, kamu bisa rafting sambil melihat pemandangan alam dengan lebih jelas. Sungai Oya merupakan salah satu tempat wisata a di Gunungkidul. Ketika kamu sampai di tempat ini, kamu akan segera disambut oleh pemandangan alam yang mirip banget sama Sungai Amazon. Aliran sungai ini tidak terlalu deras dan sudah terjamin keamanannya. Jadi sobat tiket nggak perlu khawatir untuk rafting di sini.

12. Sindu Kusuma Park

Sindu Kusuma Edupark merupakan tempat wisata keluarga. Selain kamu bisa bermain air di waterparknya, kamu juga bisa mendapatkan wawasan dengan cara yang asyik banget. Tempat wisata hits ini memiliki berbagai wahana yang bisa kamu coba dan nikmati. Mulai dari Kolam Arus, Giant Slider, Kora-Kora, bahkan Rumah Hantu. Kamu juga bisa melipir ke Omah Batik dan Mainan Tempo Doeloe di mana kamu bisa mengetahui sejarah batik dan koleksi mainan jadul.

13. Sendratari Roro Jonggrang

Kalau kamu bosan berkeliling Candi Prambanan, kamu bisa banget melipir ke Sendratari Roro Jonggrang untuk melihat pertunjukan tari yang terkenal. Pertunjukan ini biasa diselenggarakan di depan Candi Prambanan yang membuatnya semakin spektakuler. Pertunjukan Sendratari Roro Jonggrang akan menyajikannya dalam bentuk tarian modern tanpa meninggalkan ciri khas yang ada dalam tariannya, ditambah dengan musik, drama, kostum sebagai pendukung. Jadi kamu nggak akan merasa bosan.

14. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman menjadi wisata religi sekaligus tempat wisata di Jogja. Masjid Gedhe Kauman atau yang lebih dikenal dengan nama Masjid Agung Jogja, dibangun di kawasan yang masih merupakan milik Keraton Yogyakarta. Masjid Gedhe Kauman merupakan tempat untuk beribadah, namun masjid ini juga menjadi tempat wisata yang terkenal. Meskipun demikian, fungsi utama masjid sebagai tempat ibadah masih terjaga dengan sangat baik lengkap dengan semua fasilitas yang diperlukan.

15. Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg merupakan benteng yang dibangun pada tahun 1765 oleh pemerintahan Belanda yang fungsinya sebagai bentuk pertahanan dari serangan Kraton Yogyakarta. Saat ini, tempat wisata hits ini menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Jogja. Informasi seperti kesejarahan, kebudayaan dan nilai-nilai luhur kejuangan bisa kamu dapatkan di sini. Tempat wisata yang bisa dibilang antik ini juga memiliki banyak spot untuk foto-foto instagramable. Jadi jangan sampai sobat tiket lupa untuk mengabadikan momen seru selama berada di Museum Benteng Vredeburg ini, ya!

16. Museum Monumen Yogya Kembali

Museum Monumen Yogya Kembali memiliki bentuk yang terbilang cukup unik karena menyerupai bentuk gunung. Bentuk itu dipilih sebagai sebuah lambang yang menandakan kesuburan dan pelestarian sejarah dari nenek moyang. Pemilihan nama museum ini juga punya cerita menarik. Nama tersebut dipilih karena museum ini dibuat sebagai tempat untuk mengenang sejarah perjuangan seluruh rakyat Indonesia atas mundurnya pasukan Belanda dari Yogyakarta yang saat itu merupakan ibukota Indonesia.

17. Museum Ullen Sentalu

Museum satu ini memiliki nama yang unik banget. Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa yaitu “Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku” yang berarti “terang adalah penuntun jalan kehidupan”. Wah, filosofis banget ya namanya. Tempat wisata di Jogja ini banyak memberikan cerita tentang sejarah peradaban Kerajaan Mataram. Kamu akan menemukan banyak arca, lukisan, foto, kain batik, serta beberapa peninggalan sejarah lainnya. Kamu juga tidak bisa sembarangan mengambil gambar di museum ini. Tenang saja, akan ada tempat yang memang diperbolehkan untuk mengambil gambar. Salah satunya adalah relief Candi Borobudur yang sengaja dibuat miring. Unik banget, ya?

18. Kerajaan Mataram Kotagede

Peninggalan kerajaan-kerajaan terdahulu selalu saja menjadi tempat wisata yang menarik di Jogja. Kerajaan Mataram Kuno meninggalkan banyak jejak candi. Sedangkan Kerajaan Mataram Islam meninggalkan dua komplek makam kerajaan, di Imogiri dan Kotagede.

19. Goa Pindul

Saat berlibur di Jogja gak ada salahnya nih mengajak pasangan menjelajahi wisata alam bersama. Goa Pindul merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi dan akan terhipnotis dengan keindahannya. Saat berada di Goa Pindul kamu bisa melihat indahnya sinar matahari yang masuk dari dinding goa dan menembus air sungai. Kamu enggak perlu khawatir dengan akses yang rumit untuk bisa melihat keindahan Goa Pindul, karena aksesnya sangat mudah untuk dijangkau kok.

20. Ramayana Ballet di Prambanan

Berkunjung ke Jogja rasanya kurang lengkap bila tidak menyaksikan pertunjukkan sendratari Ramayana yang ada di Prambanan ini. Bila kamu ingin melihat betapa indahnya budaya Jogja maka menonton sendratari Ramayana merupakan pilihan yang tepat untuk kamu dan pasangan nih. Keunikan dalam sendratari Ramayana ini adalah kamu akan melihat pertunjukkan gabungan antara seni drama dan juga tari tanpa adanya dialog. Sendratari Ramayana sendiri menceritakan kisah cinta tentang perjalanan Rawa Wijaya untuk menyelamatkan sang istri Dewi Shinta yang diculik oleh Rahwana Raja Alengka. Pastinya ketika menonton pertunjukan ini bersama pasangan akan memberikan kesan yang lebih spesial deh.

21. Candi Ijo

Tempat wisata di Jogja selanjutnya yang harus kamu kunjungi bersama pasangan adalah Candi Ijo. Candi Ijo merupakan salah satu tempat yang spesial di Jogja untuk menyaksikan matahari terbenam. Dikarenakan pemandangan terbuka di sisi barat candi tertinggi di Jogja ini menyajikan panorama alam yang menawan dari ketinggian. Kamu dan pasangan akan dibuat terpesona saat melihat indahnya matahari terbenam dengan latar belakang Candi Ijo. Dijamin melihat matahari terbenam di Candi Ijo bersama pasangan akan membuat momen berlibur bersama pasangan akan semakin romantis.

22. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang terkenal dan menjadi destinasi wajib ketika berlibur ke Jogja. Di sini kamu dan pasangan bisa menikmati quality time sambil melihat indahnya ombak dan juga menikmati semilir angin. Saat berada di Pantai Parangtritis kamu juga bisa menyewa delman untuk mengelilingi pantai. Saat beranjak sore, kamu dan pasangan bisa melihat langsung lembayung senja yang memukau di ufuk barat. Indahnya pemandangan cahaya keemasan akan memenuhi langit hingga rasanya sayang kalau tidak diabadikan dengan lensa kamera.

23. Bukit Lintang Sewu

Bila kamu dan pasangan ingin mencari spot foto menarik dengan pemandangan alam maka Bukit Lintang Sewu bisa menjadi pilihan yang sempurna. Destinasi wisata yang satu ini berada di kawasan hutan pinus kabupaten Bantul. Sehingga, saat berkunjung ke Bukit Lintang Sewu kamu akan merasakan hawa sejuk dan juga udara yang segar. Kamu dapat dengan mudah menemukan bermacam-macam ornamen cantik dan juga unik yang membuat kamu pasti ingin segera mengabadikannya dengan lensa kamera. Berwisata di Bukit Lintang Sewu akan membuat kamu dan pasangan ketagihan menjajal setiap spot foto yang ada di sini. Gimana, pasti sobat tiket ingin mengabadikan momen bersama pasangan di sini kan?

24. Bukit Parang Endog

Tidak jauh dari kawasan Parangtritis, kamu bisa menemukan sebuah kawasan perbukitan yang memiliki view langsung ke laut selatan. Dari atas bukit yang dulunya merupakan landasan paralayang ini kamu bisa duduk santai sambil menikmati detik-detik pergantian siang dan malam dengan nyaman sambil menangkapnya di dalam kamera.

25. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di perbukitan Gunungkidul. Di tempat wisata yang terkenal ini kamu akan menemukan sebuah danau buatan yang digunakan sebagai sarana rekreasi dan juga sebagai tempat pengairan dari kebun buah dan sayur yang terletak di sekitarnya.

26. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo menjadi salah satu tempat terbaik bagi kamu yang ingin menyaksikan keindahan matahari terbenam dari puncak pegunungan. Objek wisata di Jogja ini juga merupakan salah satu titik tertinggi Pegunungan Menoreh yang ada di Kabupaten Kulon Progo lho.

27. Candi Plaosan

Candi Plaosan merupakan candi yang unik karena candi ini dibangun dengan perpaduan Hindu dan Budha. Ketika kamu datang ke sini wajib banget hukumnya untuk melihat pemandangan matahari terbenam. Kamu pasti akan merasakan sensasi yang luar biasa dan akan terkagum-kagum dengan keindahan yang ditawarkan.

28. Bukit Bintang

Bukit Bintang merupakan salah satu tempat nongkrong yang romantis di Yogyakarta. Disini kamu dapat menikmati pesona yang disuguhkan dari tempat ini. Waktu yang pas untuk datang ke Bukit Bintang adalah saat sore hari, agar dapat menikmati pemandangan sunset yang indah dengan warna langit yang menggoda. Kamu dapat menikmati matahari terbenam bersama keluarga ataupun teman-teman.

29. Bukit Paralayang Watugupit

Spot indah selanjutnya untuk melihat sunset di kota Yogyakarta adalah di Bukit Paralayang Watugupit. Watugupit berada di kawasan perbukitan sebelah timur Pantai Parangtritis. Di sini kamu dapat menyaksikan momen matahari terbenam yang sungguh sangat mendamaikan. Semua itu makin lengkap dengan embusan angin senja yang menyegarkan. Apalagi jika momen sunset itu dinikmati dari atas ketinggian di tepi laut.

30. Stonehenge Cangkringan

Ada yang tahu sebuah tempat bernama Stonehenge yang terletak di Wiltshire, Inggris? Merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO, kamu bisa melihat barisan batu yang berdiri tegak di atas tanah. Stonehenge memiliki arti berupa stone berarti batu dan henge berarti lingkaran.

Cara Menuju ke Yogyakarta

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Yogyakarta adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar negeri atau luar Pulau Jawa, ini adalah cara terbaik untuk mencapai Yogyakarta. Bandara utama di kota ini adalah Bandara Internasional Adisutjipto.

Bus

Terminal bus utama Yogyakarta adalah Giwangan yang berada sekitar 4 km ke tenggara dari pusat kota. Ada layanan reguler dari seluruh kota besar di Jawa, termasuk Jakarta (12 jam perjalanan), Bandung (10 jam perjalanan), dan Surabaya (8 jam perjalanan).

Kereta

Sistem kereta api antar kota di Pulau Jawa cukup baik dengan rute yang lengkap. Untuk itu, jika kamu berangkat dari kota lain di Pulau Jawa, kamu bisa melakukan perjalanan menggunakan kereta untuk tarif yang lebih terjangkau. Jika kamu berangkat dari Jakarta, waktu perjalanan adalah sekitar 7-12 jam ke stasiun utama Yogyakarta, Stasiun Tugu. Kereta Argo Lawu dan Argo Dwipangga adalah yang terbaik, tercepat dari kereta yang lain, dan juga yang paling nyaman. Kamu bisa juga naik Kereta Taksaka Pagi atau Malam, yang harganya sekitar Rp235.000,- hingga Rp265.000,-. Semua kereta ini adalah kereta ekspres yang menghubungkan Yogyakarta dan Jakarta dalam 7-8 jam, baik di siang hari atau malam.

Akomodasi di Yogyakarta

Yogyakarta memiliki lebih banyak hotel bintang 3 dan 4 yang menawarkan kamar yang minimalis dan nyaman, fasilitas yang lengkap, dan lokasi yang strategis. Kamu bisa memesannya sekarang di tiket.com untuk harga dan promo terbaik.

Spot Instagram-able di Yogyakarta

Yogyakarta memiliki banyak lokasi-lokasi outdoor yang bisa kamu kunjungi untuk mengoleksi foto-foto wisata yang keren. Beberapa di antaranya adalah Bukit Lintang Sewu, Kebun Tebu, Gendu, Watu Goyang, Gua Jepang Pundong, Air Terjung Kembang Soka, Rumah Indian Dlingo, Rumah Hobbit Hutan Pinus Mangunan, Telaga Biru Semin, Air Terjun Sampang, Grojokan Pucung, Puncak Becici, dan Resoinangun Garden.

Kuliner Yogyakarta

Yogyakarta sering disebut sebagai pusat wisata kuliner Jawa Tengah. Di sini, kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai masakan lokal yang lezat dan tiada duanya. Sebut saja Gudeg (berisi sayur nangka, ayam dan telur disajikan dengan nasi), Ayam Goreng Mbok Berek (ayam kampung goreng dengan bawang putih dan ketumbar disajikan dengan kerupuk renyah), Nasi Langgi (secara lokal dikenal sebagai sego Langgi atau Langgi beras, berisi nasi hangat yang disajikan dengan berbagai lauk), Kipo (makanan ringan yang terbuat dari adonan tepung tapioka berwarna hijau dengan manisnya kelapa parut), dan Bakpia (makanan ringan lain berukuran kecil terbuat dari kacang hijau manis dan dibalut dengan adonan kue tipis).

Makanan Vegan / Vegetarian

Komunitas vegan dan vegetarian di Yogyakarta cukup banyak dan turis dari berbagai latar belakang sering berkunjung ke kota ini. Meskipun belum tersedia di warung atau seluruh area di kota, kamu tetap tidak akan kesulitan menemukan berbagai restoran dan kafe vegan dan vegetarian di sini. Makanan yang disajikan mulai dari makanan khas lokal hingga makanan internasional tanpa daging.

Belanja di Yogyakarta

Ada banyak pusat perbelanjaan di kota ini, mulai dari mal besar hingga street market. Untuk mal, kamu bisa berbelanja di Malioboro Mall, Galleria Mall, Plaza Ambarrukmo (Amplaz), Saphir Square, dan Jogja City Mall (JCM). Mal-mal ini umumnya berisi toko-toko lokal, restoran, toko buku, bioskop, dan department store.

Sedangkan untuk berbelanja kerajinan tangan lokal, berkunjunglah ke Saptohoedojo Art Gallery (Sebuah kompleks perumahan luas dengan koleksi seni rupa di Indonesia, mulai dari lukisan abstrak modern dan kemeja batik, hingga instrumen gamelan), Tjokrosuharto (menjual kerajinan Jawa seperti wayang kulit, wayang golek , batik, keris, perak, patung, dan pakaian tradisional) Leksa Ganesha Batik Gallery (menawarkan sesuatu yang sedikit berbeda untuk kolektor batik, seperti kesempatan untuk mengunjungi studio seniman terkenal dan juga desa pengrajin Batik), dan Kota Gede (berada ? 6 kilometer tenggara Yogyakarta, terkenal dengan pengolahan perak yang hasilnya bisa kamu beli atau mempelajari cara pembuatannya).

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Yogyakarta

Musim

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Yogyakarta adalah pada pertengahan tahun, yaitu pada musim kemarau. Hal ini karena ada banyak aktivitas dan tempat wisata di Yogya yang tidak bisa kamu kunjungi pada musim hujan.

Suhu Rata-Rata

Karena Yogyakarta merupakan bagian dari negara tropis yang hanya mengalami dua musim, tidak ada perubahan suhu yang drastis. Sepanjang tahun, suhu rata-rata di sini adalah sekitar 27?C (80.6?F).

Festival

Yogyakarta adalah tuang rumah berbagai festival tahunan yang seru. Salah satunya adalah Festival Tahunan Jogja Sekatenan yang merupakan tradisi untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Biasanya akan ada arak-arakan prajurit dan abdi dalem Keraton yang membawa gunungan hasil panen. Acara ini berlangsung dari tanggal 5 dan berakhir tanggal 12 Mulud penanggalan jawa.

Kemudian ada juga Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) yang diadakan antara bulan Juli dan September tiap tahun. Kamu dapat menikmati pertunjukan seni, baik tradisional maupun kontemporer, yang ditampilkan seniman lokal dan mancanegara.

Masih di bulan Juli, ada juga Festival Gamelan Yogyakarta. Acara ini akan menampilkan permainan gamelan lokal yang disajikan dengan gaya lebih modern.

Pada saat Imlek (awal tahun), ada Festival Jogja Budaya Tionghoa. Kamu akan melihat berbagai atraksi budaya Tionghoa mulai dari Wayang Po Tay Hee, Liang Liong, hingga Barongsai.

Bagi kamu pecinta musik, jangan lewatkan Festival Jogja Musik Jazz - Ngayogjazz . Ini merupakan konser musik jazz yang dipadukan dengan budaya lokal. Biasanya digelar setiap bulan November.

Cara Berkeliling di Yogyakarta

Transportasi umum dengan rute yang sudah ditentukan di sini adalah bus TransJogja, bus kota, dan angkot. Bus reguler biasanya beroperasi dari jam 06:00-17:00. Untuk beberapa rute yang panjang, bus ini bisa beroperasi hingga pukul 21:00. Biaya untuk sekali jalan adalah Rp2.500,- terlepas dari jarak (dalam kota). Sedangkan bus TransJogja beroperasi dari pukul 06:00-22.00 dan hanya berhenti di halte yang sudah disediakan. Tiket dapat dibeli langsung di tempat penampungan dan biaya untuk sekali jalan adalah Rp3.000,-.

Untuk transportasi umum yang lebih tradisional, kamu bisa mencoba becak dan andong atau dokar (kereta kuda). Becak dapat kamu temukan dengan mudah di sebagian besar area Yogyakarta. Tawarlah sebelum naik ke becak dan pastikan apakah tarif yang kamu dapatkan itu untuk satu arah atau pulang pergi. Sedangkan dokar biasanya tersedia di tempat-tempat ramai, seperti Keraton dan Malioboro. Biaya untuk satu kali perjalanan adalah sekitar Rp20.000,-.

Turis lokal dan internasional yang datang bersama rombongan biasanya menyewa mobil atau motor untuk berpergian dengan lebih leluasa. Kamu bisa menyewa mobil dengan atau tanpa supir. Untuk sewa mobil di Yogyakarta tanpa ribet dan harga terjangkau, kamu bisa langsung ke halaman Sewa Mobil tiket.com.

Pilihan terakhir yang bisa kamu andalkan adalah taksi. Mode transportasi ini kurang digemari karena harganya yang cukup mahal. Namun, kamu bisa menemukannya dengan mudah dan menggunakannya jika kamu akan berangkat atau pulang terlalu larut.

Seberapa Luas Yogyakarta

Dengan luas 3.186 kilometer persegi dan banyaknya tempat wisata di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi, sebaiknya habiskan sekitar 3 sampai 5 hari di sini. Selama waktu tersebut, cobalah berbagai aktivitas seru di Yogyakarta yang mungkin tidak bisa kamu coba di kota-kota lain. Beberapa di antaranya adalah berkunjung ke Monumen Tugu, mempelajari sejarah Kesultanan Yogyakarta di Keraton Yogyakarta, berwisata di Museum Dirgantara (Museum Pesawat) yang memiliki beberapa pesawat antik dari era Perang Dunia II seperti Badger bomber, MIG-15 ke MIG-21, P-51 Mustang, Catalina perahu terbang, Auster MkII, Lavochkin LA-11, F-86 Sabre, T-33 Bird , A6M5 Zero dan lain-lain, lalu melihat-lihat karya seni modern di Cemeti Art House, serta berkunjung ke Candi Prambanan yang legendaris.

Mata Uang Yogyakarta

Rp (Rupiah Indonesia).

Bahasa di Yogyakarta

Bahasa nasional dan resmi di sini adalah Bahasa Indonesia, namun warga lokal masih sering menggunakan bahasa daerahnya sehari-hari, yaitu Bahasa Jawa.

Zona Waktu Yogyakarta

WIB / GMT+7.

Jenis Stop Kontak di Yogyakarta

Jenis stop kontak di Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Informasi Penting Tentang Yogyakarta

  1. Sebaiknya jangan mengenakan pakaian yang terlalu terbuka. Kenakanlah kaus lengan pendek, celana selutut atau celana panjang, rok selutut atau rok panjang, dan sepatu berjalan yang nyaman.
  2. Lepaskan sepatumu saat akan masuk ke rumah warga lokal, tempat ibadah, dan/atau tempat suci.
  3. Air keran di Yogyakarta bukan untuk diminum.
  4. Jagalah sikap dan perkataanmu saat berkunjung ke tempat-tempat suci dan bersejarah.

Destinasi Favorit di Yogyakarta