30 Rekomendasi Tempat Wisata di Victoria

Berbagai objek wisata di Victoria dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pulau dan pantai yang cantik. Namun, ada juga sejumlah lokasi bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini. Berikut ada 30 destinasi wisata terbaik di Victoria yang kami rekomendasikan!

1. Royal Botanic Gardens

Untuk kamu yang menyukai wisata alam, rasanya tidak lengkap banget deh jika tidak mampir dulu ke Royal Botanic Gardens ini. Di sini, kamu akan menemukan setidaknya 50.000 tanaman dari 8.500 spesies yang tersedia di kebun raya ini. Tidak hanya menjadi tempatnya berbagai jenis tanaman, tetapi kamu juga bisa menemukan danau dengan air yang tenang ditemani rimbunnya pepohonan yang asri. Menjadi tempat yang sempurna untuk dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.

2. Luna Park

Siapa yang tidak tertarik berwisata ke wahana rekreasi? Tempat wisata di Melbourne yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Luna Park. Taman bermain yang tak pernah sepi pengunjung ini memiliki wahana-wahana yang asyik lho! Sejumlah wahana menarik yang wajib kamu coba, yakni Island Top Drop, Pharaohs Curse, dan The Great Scenic Railway. Luna Park pun cocok untuk destinasi wisata keluarga.

3. Yarra Valley

Berada di sebelah timur Kota Melbourne, Yarra Valley dikenal sebagai perkebunan anggur yang menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi pelancong. Di sini, kamu bisa mengikuti tur agrowisata di kebun anggur atau mencicipi langsung anggur yang telah dikemas. Tak hanya itu, Yarra Valley juga memiliki daya tarik lainnya, yakni menaiki balon udara yang dikelola oleh Global Ballooning Australia. Dari atas balon udara, kamu bisa menikmati pemandangan perbukitan hijau yang sangat khas dari Yarra Valley.

4. Sea Life Melbourne Aquarium

Tempat wisata di Melbourne yang satu ini merupakan rumah bagi lebih dari 10.000 hewan. Di sini, kamu bisa melihat buaya air asin terbesar. Adapun binatang yang menjadi favorit pengunjung di Sea Life Melbourne Aquarium adalah penguin. Kamu akan diajak berjalan di lorong yang bagian sisi dan atasnya adalah hewan-hewan laut yang sedang asyik berenang. Berkunjung ke Sea Life Melbourne Aquarium akan memberikan pengalaman yang nyata dalam melihat binatang laut dari dekat.

5. Queen Victoria Market

Jika kamu suka belanja, maka jangan lupa berkunjung Queen Victoria Market. Pasar tradisional ini berada di Elizabeth Street yang letaknya ada di pusat Kota Melbourne. Barang-barang yang dijual di pasar ini, seperti bahan makanan, pakaian, perhiasan, dan cinderamata khas Melbourne yang bisa kamu jadikan oleh-oleh dengan harga yang murah.

6. Paul’s Cathedral

Liburan enggak harus selalu mengunjungi tempat hiburan yang menyenangkan. Sesekali kamu bisa lho wisata rohani. Salah satu tempat wisata di Melbourne yang cocok untuk wisata rohani adalah Paul’s Cathedral yang merupakan gereja dengan arsitektur gothic dan sudah ada sejak tahun 1835.

Gereja ini memiliki puncak menara yang paling tinggi di dunia. Kamu bisa wisata ke sini dan berjalan-jalan di sekitar gereja asalkan tidak ada ibadah. Tak hanya itu, terdapat Cathedral Shop yang menjajakan beragam cinderamata rohani dengan harga yang murah.

7. Brighton Beach

Brighton Beach merupakan tempat wisata di Melbourne yang sebenarnya adalah teluk di Port Phillip Bay. Di sini, kamu akan menemukan klub kapal pesiar, butik, kafe, dan bioskop sekitar pantai. Satu hal yang membuat pantai ini menarik adalah keberadaan rumah-rumah kayu yang merupakan beach house dengan corak warna-warni.

8. National Gallery of Victoria

Museum yang terbesar dan tertua di Australia ini adalah tempat wisata di Melbourne yang sudah dibanngun sejak tahun 1861. Berada di St. Kilda Road, Southbank, museum ini terbagi menjadi dua bangunan berbeda. Pertama yakni NGV International yang memajang koleksi benda seni internasional dan Victorian Heritage Register. Kedua adalah Ian Potter Centre yang dikhususkan untuk memajang benda seni khas Australia yang usianya sudah tua.

9. Ashcombe Maze & Lavender Garden

Bila kamu ingin mendapatkan pengalaman baru ketika liburan ke Melbourne, maka kamu wajib melipir ke Ashcombe Maze & Lavender Garden. Tempat wisata hits ini merupakan labirin raksasa yang disekitarnya ditumbuhi dengan bunga mawar dan lavender. Kamu harus menyiapkan diri untuk mencari jalan keluar yang cepat agar bisa keluar dari labirin. Di sekitar taman juga terdapat toko yang menjual bibit-bibit bunga di taman ini.

10. Dandenong Ranges

Deretan pegunungan Dandenong Ranges berada di sebelah timur Kota Melbourne. Pegunungan yang terkenal ini tergolong rendah lantaran bagian puncak gunungnya saja hanya 633 meter di atas permukaan laut. Spot favorit dan instagramable di pegunungan ini adalah bukit dan lembah. Pasalnya, kamu dapat menemukan pepohonan yang tergolong langka.

11. Geelong Waterfront

Geelong Waterfront adalah tempat wisata di Kota Geelong, Victoria. Objek wisata hits ini cocok untuk bersantai-santai di pinggir pantai. Kamu juga bisa wisata kuliner di beberapa tempat makan yang di pantai ini.

12. Narana Aboriginal Culture Centre

Tempat wisata di Geelong selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Narana Aboriginal Culture Centre. Objek wisata yang terkenal ini adalah pusat pendidikan dan pariwisata suku Aborigin di Australia. Narana juga dilengkapi dengan ragam fasilitas, mulai dari kafe, tempat makan, hingga tempat pertunjukkan suku Aborigin.

13. Geelong Art Gallery

Geelong Art Gallery adalah spot yang tepat untuk kamu pecinta seni. Galeri ini memiliki sekitar 4.000 karya seni menarik untuk kamu eksplor. Sejumlah koleksi menarik yang bisa kamu lihat, yakni lukisan, kertas, dekoratif, dan seni rupa. Beberapa karya seni terkenal antara lain milik Eugene vin Guerard, Frederick McCubbin, dan masih banyak lagi.

14. Old Paper Mills

Tempat wisata di Geelong berikutnya adalah Old Paper Mills yang berada di Fyansford. Objek wisata yang terkenal akan sejarahnya ini memiliki sejumlah bangunan warisan sejarah yang megah. Di sini, kamu bisa mengunjungi galeri seni, kafe, dan fasilitas lainnya.

15. National Wool Museum

Kamu tahu museum wol terbesar di Australia? Ya, tempatnya ada di National Wool Museum. Tempat wisata di Geelong ini merupakan salah satu penghasil wol yang terkenal. Di museum ini, kamu bisa mempelajari cikal bakal tentang wol dan peralatan yang digunakan untuk menenun wol hingga menjadi kain.

16. Boom Gallery

Destinasi wisata di Geelong yang terkenal ini adalah sebuah galeri dan desain kontemporer. Galeri ini menawarkan ragam karya seni yang didesain dalam sebuah studio dan ruang kreatif. Tak hanya galeri dan seni, kamu juga bisa mencicipi sejumlah kuliner di beberapa tempat makan.

17. Eastern Beach Reserve

Berada di tepi Kota Geelong, Eastern Beach Reserve memiliki cagar alam yang menarik. Di sini, kamu bisa piknik, mengeksplorasi taman bermain, dan menikmati pemandangan laut yang ciamik.

18. Geelong Botanic Gardens

Geelong Botanic Gardens adalah taman wisata yang sudah lama berada di Kota Geelong sejak tahun 1800-an. Di dalamnya, terdapat beberapa pohon tua dan bangunan peninggalan dari masa lalu. Di musim semi, kamu akan menemukan berbagai bunga bermekaran, khususnya bunga mawar.

19. Sovereign Hill

Tempat wisata di Kota Ballarat ini merupakan spot yang tepat untuk kamu ingin mempelajari sejarah penambangan emas di Victoria. Di kawasan Sovereign Hill, ada set pertambangan yang masih dipertahankan sesuai aslinya kala masa perburuan emas tahun 1850-an. Kamu juga bisa melihat warga di tahun 1850-an yang menjadi orang kaya baru dengan pakaian-pakaian vintage ala abad 19.

20. Flinders Street

Objek wisata yang terkenal ini merupakan suatu jalan dengan berbagai arsitektur yang apik. Di sepanjang jalan ini, kamu akan menemukan berbagai kesenian, toko-toko, kafe, dan tempat makan. Selain itu, di sekitar kawasan ini terdapat Stasiun Flinders Street, Victoria Immigration Museum, Federation Square, dan lainnya.

21. St. Kilda Beach

Pantai St. Kilda adalah pantai indah yang terletak di Pelabuhan Philip, Victoria. Pantai yang berjarak enam kilometer dari Melbourne ini memang asri karena terdapat deretan pohon palem. Di sini, kamu bisa bermain voli pantai maupun hanya berjalan-jalan saja di tepi pantai.

22. Melbourne Zoo

Kamu mencari tempat wisata yang cocok untuk anak-anak? Yuk coba melipir ke Kebun Binatang Melbourne. Terdapat lebih dari 350 spesies binatang dari Australia dan seluruh dunia. Kamu akan melihat harimau yang berkeliaran dan monyet yang berpindah-pindah dari satu pohon ke pohon lainnya. Sejumlah binatang yang bisa kamu lihat di sini, antara lain koala, kanguru, wombat, dan burung.

23. Federation Square

Federation Square menjadi salah satu objek wisata di Melbourne yang sering dijadikan tempat pertemuan. Destinasi wisata hits ini menjadi kawasan budaya yang unik dengan perpaduan kreativitas yang apik. Terdapat museum, galeri, aneka tempat makan, dan berbagai kafe. Ada juga berbagai spot foto menarik dan pastinya instagramable.

24. Melbourne Cricket Ground

Melbourne Cricket Ground merupakan stadion yang dibangun pada tahun 1853. Stadion ini dapat menampung penonton dengan kapasitas 100.000 orang. Tak pelak, Melbourne Cricket Ground menjadi stadion terbesar di Australia dan terbesar ke-8 di dunia.

25. Sungai Yarra

Sungai ini memiliki panjang sekitar 242 kilometer dan mengalir melalui pusat Kota Melbourne. Pada zaman dahulu, Sungai Yarra digunakan sebagai sumber makanan dan pertanian. Namun, kini objek wisata hits ini kerap digunakan untuk festival, seperti Festival Moomba, Festival Melbourne, Festival Perahu Naga, dan sebagainya.

26. Melbourne Museum

Museum Melbourne dapat menjadi wisata keluarga yang wajib dikunjungi. Museum ini merupakan sebuah museum sejarah alam dan budaya yang memiliki ragam ruangan, seperti Sidney Myer Amphitheatre, The Age Theatre, dan Discovery Centre.

27. The Ian Potter Center

The Ian Potter Center menampung Galeri Nasional koleksi seni Australia yang disebut sebagai yang terbesar di dunia. Kamu bisa masuk ke koleksi pameran dengan gratis lho!

28. Australian Centre for The Moving Image

Australian Centre for The Moving Image memamerkan banyak koleksi pameran yang berkaitan dengan seni berbasis layar Australia, termasuk film, video, televisi, instalasi interaktif, dan animasi komputer.

29. State Library of Victoria

Perpustakaan umum di jantung Kota Melbourne ini jadi bukan hanya sekadar ruang publik, melainkan juga destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Objek wisata di Swanston Street ini cocok banget untuk kamu yang gemar membaca. State Library of Victoria menyediakan berbagai tempat untuk membaca atau hanya sekadar bekerja di meja-meja panjang.

30. Shrine of Remembrance

Untuk penggemar wisata sejarah, tak lengkap jika tidak berkunjung Shrine of Remembrance. Destinasi wisata di Melbourne ini merupakan monumen untuk mengenang jasa pahlawan yang sudah berjuang dalam Perang Dunia Pertama dan Perang Dunia Kedua.

Victoria
Tentang

Tempat wisata di Victoria sarat akan nilai seni. Hal itu bisa kamu rasakan langsung dari beberapa galeri yang ada di negara bagian dari Australia ini seperti National Gallery of Victoria dan Bendigo Art Gallery, hingga karya seni yang bisa kamu temukan di dinding jalan Hosier Lane di Melbourne. Selain itu masih ada lagi museum yang menarik untuk dikunjungi seperti Brambuk Cultural Centre dan Melbourne Museum.


Selain seni, Victoria juga sangat diberkahi dengan kekayaan alam yang sangat cantik. Kamu bisa melihat lebih dekat satwa liar di habitat aslinya di Philip Island. Di sana kamu bisa bertemu dengan penguin atau koala yang lucu, cocok sekali untuk destinasi liburan bersama keluarga. Selain itu ada juga pantai yang masih sangat bersih dengan pemandangan yang memanjakan mata.


Di sisi lain, Melbourne sebagai ibukota dari negara bagian Victoria ini menjadi tuan rumah dari berbagai olahraga terpopuler di dunia. Mulai dari tenis, balap kuda, hingga Formula One Grand Prix diadakan di Melbourne setiap tahunnya. Kemudian olahraga paling populer di Australia sendiri, yakni Australian Football juga bisa jadi pilihan yang menarik untuk disaksikan secara langsung.


Bagi kamu yang gemar berbelanja, Victoria bisa jadi surga wisata belanja dengan banyaknya pilihan produk yang bisa kamu beli. Salah satu tempat untuk belanja yang populer adalah Chadstone Shopping Centre, sebuah mall yang berada di Malvern East. Kamu bisa dengan mudah menemukan banyak produk yang diproduksi oleh nama-nama besar dunia.


Satu hal yang harus kamu coba selama berada di Victoria, lebih tepatnya di Melbourne adalah kopi. Ada banyak sekali kafe yang ada di sini menyediakan racikan kopi terbaik dunia. Kamu bahkan bisa mengandalkan indera penciumanmu untuk memilih kafe mana yang ingin kamu datangi.


Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Victoria

Informasi mengenai tempat wisata di Victoria.

Apa itu tiket CLEAN di Victoria?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Victoria tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Victoria yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di Victoria

Victoria, negara paling mungil ini masuk sebagai negara bagian Australia. Secara umum, negara ini menawarkan pesona wisata menarik. Kota Melbourne menjadi pintu pembuka untuk berwisata di Victoria dan tentunya juga bisa menikmati pesona pantai, museum, taman margasatwa, hingga suasana kota tahun 1850-an di lokasi penambangan emas Victoria.

Suka dengan keindahan kota? Kamu dan keluarga ataupun teman-temanmu bisa tur berjalan kaki di Kota Melbourne dan nikmati tempat-tempat bersejarah di sana. Buat kamu pecinta pantai, St Kilda Beach adalah pantai yang tepat untuk menghabiskan waktu sore kamu bersama pasangan. Ingin mengajak anak mengenal hewan-hewan di Victoria? Ballarat Wildlife Park adalah taman margasatwa yang wajib kamu kunjungi bersama sang buah hati.

Cara Menuju ke Victoria

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Victoria adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari kota-kota di Benua Amerika dan Eropa, pilihanmu hanyalah menggunakan pesawat dan kemungkinan kamu harus transit terlebih dahulu. Adapun untuk kamu yang berangkat dari Benua Asia, kamu bisa lebih mudah menemukan penerbangan langsung ke Melbourne.

Akomodasi di Victoria

Victoria menyediakan banyak jenis akomodasi, mulai dari yang mewah hingga yang lebih terjangkau harganya. Selain hotel, kamu bisa dengan mudah menemukan villa, apartemen, dan homestay. Pesan hotel di Victoria di tiket.com sekarang untuk harga terbaik!

Stop Instagrammable di Victoria

Buat kamu para pecinta foto instagramable, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat ini, yaitu Brighton Beach Boxes; Flinders Street Station; Green Ocean Road; Luna Park; dan The State of Library of Victoria.

Kuliner Victoria

Kamu hobi kulineran? Victoria adalah negara bagian yang tepat untuk kamu mencicipi ragam kuliner lezat. Adalah Melbourne, kota kuliner yang pernah menjadi tuan rumah World's 50 Best Restaurant Awards.

Di Melbourne, kamu bisa menikmati gurihnya domba panggang; American Doughnut, donat terkenal seantero Melbourne; dan roti isi berbentuk pipih dan lonjong khas Turki bernama Borek.

Makanan Vegan/Vegetarian

Restoran vegan dan vegetarian banyak tersedia di masing-masing kota di Victoria, terutama di Melbourne. Selain itu, kamu bisa juga membeli bahan makanan sendiri di pasar atau supermarket seperti Queen Victoria Market dan memasaknya sendiri di penginapanmu.

Belanja di Victoria

Setiap kota di Victoria, terutama di Melbourne, memiliki banyak tempat perbelanjaan yang menarik. Mulai dari mal besar hingga pusat perbelanjaan outdoor. Produk yang bisa kamu beli bervariasi, mulai dari barang-barang fashion lokal atau internasional, hingga camilan khas Victoria.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Victoria

Musim

Iklim di Victoria beragam. Namun demikian, sebagian besar negara bagian di Australia memiliki empat musim, musim panas, gugur, dingin, dan semi.

Secara umum, waktu terbaik untuk berkunjung ke Victoria tergantung dari tujuan destinasimu. Victoria memiliki iklim cerah yang lengkap dengan musim dingin, namun tidak terlalu dingin yang serupa juga pada musim panas.

Festival

Victoria menawarkan variasi festival buat menarik para pengunjung, seperti Australia Open yang menghadirkan atlet tenis terbaik dunia setiap dua minggu pada Januari; Kulineran dengan datang ke festival makanan Melbourne Food and Wine Festival pada setiap akhir Maret; dan menikmati kebudayaan Australia di Melbourne Art Festival selama 17 hari setiap Oktober.

Cara Berkeliling di Victoria

Serupa dengan negara bagian Australia lainnya seperti New South Wales, di Victoria memiliki moda transportasi yang mudah dan cepat.

Dari bandara, pusat kota dapat dijangkau dengan mudah dalam 20 menit menggunakan taksi atau bus. Terdapat tiga moda transportasi yang jadi andalan masyarakat Victoria, yaitu mobil, kereta, dan bus. Guna menggunakan transportasi umum, kamu hanya perlu memiliki kartu Opal Card. Kartu tersebut sudah terintegrasi dengan pemerintah Australia. Opal Card dapat dibeli di minimarket, supermarket, kantor pos, bahkan kios penjual koran. Harga Opal Card mulai dari empat dollar Australia atau Rp 40.000.

Seberapa Luas Victoria

Dengan luas hanya 227.444 km persegi, kamu dimudahkan untuk bisa menjelajahi ragam wisata di Victoria tanpa memerlukan waktu yang cukup lama menginap.

Apa saja tempat wisata di Victoria yang menarik? Buat kamu pecinta olahraga, terdapat ajang Australia Open, Formula 1 Grand Prix, dan pacuan kuda Melbourne Cup; nikmati keelokan pesisir pantai yang apik di Great Ocean Road; dan bagi kamu dan buah hati bisa berkunjung melihat kehidupan penguin mungil di Philip Island.

Mata Uang Victoria

AUD (Dolar Australia).

Bahasa Victoria

Bahasa utama dan resmi di sini adalah Bahasa Inggris.

Zona Waktu di Victoria

Ada tiga zona waktu di Victoria, yaitu GMT+10 (timur), GMT+9.5 (tengah), dan GMT+8 (barat).

Jenis Stop Kontak di Victoria

Jenis steker yang digunakan di Victoria adalah tipe I. Tipe ini memiliki tiga pin datar dalam pola segitiga. Australia beroperasi pada tegangan pasokan 230V dan 50Hz.

Informasi Penting Tentang Victoria

  1. Cuaca di Victoria umumnya hangat dan lembab sepanjang tahun. Oleh karena itu, kenakanlah pakaian yang lebih tipis dan pendek, seperti kaus tanpa lengan atau kaos lengan pendek, celana pendek, rok, dan sandal.
  2. Jangan minum minuman beralkohol di tempat umum.
  3. Memberikan tip ke staf tidak wajib.

Destinasi Favorit di Victoria

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya