Taipei
Tentang

Di Benua Asia, Taipei merupakan salah satu destinasi yang populer untuk liburan. Ibukota dari Taiwan ini kedatangan wisatawan dari berbagai negara yang jumlahnya semakin banyak setiap tahunnya. Kalau kamu belum menentukan di mana kamu ingin menghabiskan waktu liburanmu yang selanjutnya, gimana kalau ke Taipei aja? Ada banyak banget alasan yang bisa bikin kamu tertarik untuk jalan-jalan ke kota ini.


Kota Taipei menawarkan paket wisata lengkap dengan semua yang dimilikinya. Di sini kamu bisa menjelajah wisata sejarah yang sangat kaya, kesenian khas, kuil-kuil yang megah, kuliner yang lezat, atau bersantai di tepi pantai yang indah. Semuanya bisa kamu temukan di Taipei.


Salah satu daya tarik dari ibukota Taiwan ini adalah pilihan kulinernya yang beragam dan sayang banget kalau nggak kamu cicipi. Kamu bisa dengan mudah menemukan penjual makanan di pinggir jalan yang menyajikan menu khas dan pastinya bikin ketagihan. Bahkan kamu bisa mengandalkan indera penciuman kamu untuk menentukan tempat makan mana yang ingin kamu singgahi di Taipei.


Bukan cuma itu, bangunan bersejarah yang ada di Taipei juga wajib banget kamu tilik. Kalau kamu ingin melihat koleksi seni dari China yang jumlahnya sangat banyak, kamu bisa mampir ke National Palace Museum. Di museum ini terdapat kurang lebih 700.000 karya seni dan artefak sehingga membuat National Palace Museum menjadi salah satu museum terbesar yang ada di Taiwan.


Kalau ingin mencari sesuatu yang berkaitan dengan alam, tak perlu khawatir karena ada banyak sekali yang bisa ditawarkan oleh kota ini. Kamu bisa jalan-jalan menikmati pemandangan alam yang spektakuler di Gunung Teapot atau Taman Nasional Yangmingshan untuk merasakan sensasi petualangan yang tak terlupakan.


Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Taipei

Informasi mengenai tempat wisata di Taipei.

Apa Itu tiket CLEAN di Taipei?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Taipei tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Taipei yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Taipei

Sebagai ibukota Taiwan, Taipei penuh dengan gedung-gedung tinggi modern, pasar dan toko yang ramai, serta peninggalan-peninggalan sejarah yang wajib kamu kunjungi. Kota ini memiliki sistem transportasi yang baik serta suasana kota yang nyaman dan ramai.

Taipei bisa jadi destinasi wisata keluarga yang sempurna karena banyaknya tempat wisata, termasuk wisata kuliner, yang cocok untuk segala usia dan kalangan.

Cara Menuju ke Taipei

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Taipei adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar negeri, terutama dari luar Asia Timur, cara terbaik untuk mencapai kota adalah menggunakan pesawat, mendarat di Taiwan Taoyuan International Airport. Bandara ini terhubung dengan pusat kota menggunakan kereta, bus, dan taksi.

Bus

Karena merupakan ibukota, ada banyak rute bus menuju dan dari Taipei dan kota-kota lainnya di Taiwan. Taipei sendiri memiliki banyak halte bus antarkota di berbagai sudut kota.

Kereta

Semua perjalanan antarkota menggunakan kereta yang dioperasikan oleh Taiwan High Speed Rail tiba dan berangkat dari Taipei Railway Station. Sebagai ibukota, rute menuju dan dari Taipei sangat banyak tersedia setiap harinya.

Akomodasi di Taipei

Taipei dipenuhi berbagai jenis akomodasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu, mulai dari hotel bintang 5 dengan fasilitas mewah hingga akomodasi budget dengan kamar sharing. Yang akan paling banyak kamu temui adalah hotel bintang 3, baik yang menyediakan kamar pribadi maupun kamar sharing.

Spot Instagram-able di Taipei

Taipei memiliki sejumlah lokasi outdoor yang bisa kamu kunjungi saat sedang berburu foto wisata yang keren. Beberapa di antaranya adalah Elephant Trail Hike, Taipei 101 Observatory, Chiang Kai-Shek Memorial, Liberty Square Arch, The Grand Hotel Taipei, Lungshan Temple, Jingshan Suspension Bridge, Ximending, dan Juansi Waterfall.

Kuliner di Taipei

Sebagai ibukota, Taipei memiliki banyak makanan dan jajanan khas Taiwan yang bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai street market. Beberapa lokasi yang bisa kamu kunjungi adalah Shilin Night Market, Raohe Night Market, Ningxia Night Market, dan Huaxi Night Market (Snake Alley). Di tempat-tempat ini, kamu wajib mencoba Stinky Tofu (seperti namanya, adalah tahu dengan bau yang unik dan kelezatan yang nikmat), Bubble Tea (teh susu Taiwan dengan boba), Sausage on A Stick (sate sosis), Ayam Goreng, Guabao (roti gandum putih dengan isi potongan perut babi, ketumbar, dan acar), dan Oyster Omelet (terdiri dari tepung ubi jalar, telur, selada, dan tiram).

Makanan Vegan / Vegetarian

Meski kamu akan banyak menemukan makanan dengan daging di sini, Taipei tidak kalah jumlah dalam hal makanan vegan dan vegetarian. Bahkan, ada beberapa traveler yang menyebut kota ini sebagai surganya makanan vegan. Untuk itu, kamu tidak akan kesulitan menemukan restoran, kafe, atau hidangan vegan dan vegetarian di sini.

Belanja di Taipei

Produk utama yang dicari para turis di Taipei tentu adalah makanan-makanan lokalnya. Namun, selain itu, Taipei juga memiliki banyak produk lokal dan internasional yang mungkin kamu minati. Untuk membeli barang-barang tersebut, kamu bisa berkunjung ke Shilin Night Market, Ximending, East Metro Mall, Guanghua Market, Eslite Xin Yi, Core Pacific Living Mall, dan Wu Fen Pu.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Taipei

Musim

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Taipei adalah antara bulan Maret dan Mei, yaitu akhir musim dingin, kemudian musim semi, lalu awal musim panas. Karena sedang mengalami perubahan musim, kota tidak terlalu panas dan cuaca cukup sejuk. Selain itu, bunga-bunga indah juga sedang bermekaran di seluruh sudut kota sehingga kamu akan melihat pemandangan yang tak terlupakan.

Suhu Rata-Rata

Meskipun mengalami empat musim, biasanya yang dihitung hanya musim panas panjang (Mei ke September) dan musim dingin panjang (November ke Maret) dengan musim semi pendek (April) dan musim gugur pendek (Oktober).

Di musim panas, suhu tertinggi bisa mencapai 27 derajat Celsius (81 derajat Fahrenheit). Di musim semi, suhu rata-rata adalah sekitar 22 derajat Celsius (71 derajat Fahrenheit). Di musim dingin, suhu rata-rata bisa turun hingga 16 derajat Celsius (61 derajat Fahrenheit). Sedangkan di musim gugur, suhu rata-rata adalah sekitar 24 derajat Celsius (75 derajat Fahrenheit).

Festival

Seperti kota lainnya di Taiwan, Taipei juga merayakan Lantern Festival setiap bulan Februari setiap tahunnya secara besar-besaran. Di acara ini, kamu akan melihat berbagai lampion-lampion cantik menghiasi malam.

Cara Berkeliling di Taipei

Beberapa transportasi umum di kota yang bisa kamu andalkan di Taipei adalah MRT (Metro Taipei), bus, dan taksi. MRT dan bus bisa dengan mudah kamu gunakan meskipun kamu tidak bisa bahasa lokal karena pengumuman dan peta rute dilengkapi Bahasa Inggris, Mandarin, Hokkian Taiwan, dan Hakka.

Selain itu, kamu bisa juga mengeksplorasi kota menggunakan sepeda sewa dan memanfaatkan jalur-jalur sepeda di kota.

Seberapa Luas Taipei

Dengan luas 271.8 kilometer persegi dan banyaknya tempat wisata di Taipei yang menarik untuk dikunjungi, sebaiknya kamu menghabiskan kurang lebih 4 hari di sini. Selama waktu tersebut, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas seru di Taipei. Beberapa di antaranya adalah berkunjung ke Taipei 101 yang terkenal (dan menyaksikan kembang api di sini jika kamu berkunjung pada malam tahun baru), menikmati pemandangan hijau di Yangmingshan National Park dan Shifen Waterfall, mempelajari sejarah Taipei dan Taiwan di National Palace Museum dan National Chiang Kai-Shek Memorial Hall, berwisata kuliner di Shilin Night Market dan Raohe Night Market, menikmati pemandangan kota dari gondola di MaoKong, dan berkunjung ke tempat-tempat suci dan bersejarah seperti Longshan Temple, Taipei Confucius Temple, dan Dalongdong Baoan Temple.

Mata Uang di Taipei

TWD (New Taiwan Dollar).

Bahasa di Taipei

Bahasa utama yang digunakan di sini adalah Bahasa Hokkian Taiwan, Bahasa Hakka, dan Bahasa Mandarin. Kebanyakan penduduk lokal bisa berbahasa Inggris, terutama yang lebih muda.

Zona Waktu Taipei

GMT+8.

Jenis Stop Kontak di Taipei

Jenis steker yang digunakan di Taiwan adalah tipe A dan B. Keduanya memiliki 2 pin datar yang paralel namun tipe B memiliki sebuah grounding pin juga. Taiwan beroperasi pada tegangan suplai 110V dan 60Hz.

Informasi Penting Tentang Taipei

  1. Sepanjang tahun, cuaca di Taipei biasanya lembab dan hangat. Namun, terkadang ada perubahan cuaca yang tidak terduga. Sebaiknya kamu selalu memakai pakaian yang tidak terlalu tebal, tidak panjang (namun tetap tertutup), dan berlapis. Kenakanlah luaran yang mudah dilepas, seperti jaket, agar kamu bisa menyesuaikan pakaianmu dengan perubahan cuaca.
  2. Kenakanlah sepatu berjalan yang nyaman karena kamu bisa dengan mudah mengeksplorasi kota dengan berjalan kaki dan ada banyak lokasi wisata yang harus kamu eksplorasi dengan berjalan kaki.
  3. Lepaskan sepatumu saat akan masuk ke rumah warga lokal dan tempat-tempat suci.
  4. Jika kamu bukan penumpang prioritas, berikan tempat dudukmu di transportasi umum untuk orang yang lebih tua, ibu hamil, ibu membawa bayi, dan penumpang dengan disabilitas.
  5. Tidak perlu memberikan tip kepada staf restoran, taksi, atau hotel.
  6. Jangan menancapkan sumpitmu di mangkok lurus ke atas karena menyimbolkan persembahan makanan untuk yang sudah tiada.