Surat Thani
Tentang

Sobat tiket, kamu ingin berlibur dan sedang mencari tiket tempat wisata di Surat Thani? Surat Thani merupakan sebuah provinsi di Thailand yang beribukota di Surat Thani. Wilayah ini juga meliputi Pulau Koh Samui yang terletak tak jauh dari daratan Provinsi Surat Thani. 


Sebelum berlabuh di Pulau Koh Samui, wisatawan seperti kamu bisa menyempatkan waktu untuk mengeksplorasi tempat wisata di daratan Provinsi Surat Thani yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya yang memesona, sobat tiket. 


Sudah bukan rahasia lagi jika Surat Thani menjadi salah satu provinsi di Thailand yang banyak dikunjungi turis. Beberapa destinasi sejarah dan budaya di sekitar Surat Thani yang tidak boleh dilewatkan oleh sobat tiket di antaranya adalah Wat Plai Laem, Kuil Wat Sila Ngu, Pagoda Khao Hua Jook, dan Surat Thani City Pillar Shrine.


Selain destinasi budaya, Surat Thani memiliki wisata alam yang indah untuk dikunjungi. Sobat tiket bisa mengunjungi John Suwan View Point, Lamai View Point, Sail Rock, Hin Lat Waterfall, dan Overlap Stone yang akan membuat liburan kamu jadi semakin tak terlupakan. 


Bukan hanya destinasi wisata saja yang terkenal di Surat Thani. Kamu juga bisa menikmati berbagai macam kuliner khas. Ada banyak makanan enak khas Thailand terutama seafood yang bisa kamu jumpai di sekitar Kampung Nelayan Bophut. Acara liburan kamu akan semakin menyenangkan dengan mencicipi makanan Thailand yang super lezat, sobat tiket.


Sekarang, saatnya kamu mencari tiket tempat wisata di Surat Thani dengan to do dari tiket.com. Temukan juga berbagai inspirasi tempat wisata di Surat Thani hanya di tiket.com. Instal aplikasi tiket.com di gadget untuk memudahkan kamu pesan tiket tempat wisata di Surat Thani yang kamu inginkan. Ayo menjelajah Surat Thani di Thailand bersama tiket.com, sobat tiket!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Surat Thani

Informasi mengenai tempat wisata di Surat Thani.

Apa itu tiket CLEAN di Surat Thani?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Surat Thani tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Surat Thani yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di Surat Thani

Surat Thani adalah provinsi terbesar di Thailand yang memiliki berbagai objek wisata yang menarik dan indah. Seperti misalnya Ko Samui, Ko Pha Ngan, dan Ko Tao dan juga Ang Thong National Marine Park. Di Surat Thani juga terdapat banyak night market yang menyediakan bermacam-macam kuliner unik, seperti San Jao Night Market, Wonderland Night Market, dan Diamond Night Market.

Area ini cocok dijadikan destinasi wisata keluarga dan wisata bersama rombongan besar.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Surat Thani

Berbagai objek wisata di Surat Thani dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pulau dan pantai yang cantik. Namun, ada juga sejumlah lokasi bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini. Berikut ada 30 destinasi wisata terbaik di Surat Thani yang kami rekomendasikan!

1. Koh Tao & Koh Nang Yuan

Destinasi wisata yang terkenal di Surat Thani adalah berkunjung ke Koh Samui, Koh Tao, Koh Nang Yuan, dan pulau-pulau tetangganya. Kamu bisa bersantai di pantai, berenang, atau bahkan snorkeling serta menikmati pemandangan indah bawah laut. Pulau-pulau di sini juga terkenal lho akan keindahan biota terumbu karangnya.

2. Angthong National Marine Park

Berkunjung ke Angthong National Marine Park memang mengasyikkan karena kamu akan disuguhkan dengan pengalaman tak terlupakan, mulai dari pegunungan kapur yang menjulang tinggi, hutan lebat, pantai berpasir putih, air terjun, hingga teluk dan danau tersembunyi. Tempat wisata di Surat Thani ini memiliki 42 kepulauan kecil yang jarang diketahui oleh pelancong di Teluk Thailand.

3. Koh Taen & Koh Madsum

Jika kamu ingin menikmati waktu liburan yang berkualitas, tak ada salahnya melipir ke Koh Taen dan Koh Madsum. Dua pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Koh Samui ini memiliki suasana tenang karena jarang dikunjungi pelancong. Di sini, kamu bisa snorkeling, berenang, dan bersantai di pinggir pantai.

4. Big Buddha atau Wat Phra Yai

Wat Phra Yai merupakan tempat wisata di Koh Samui yang memiliki patung Buddha berwarna emas dengan tinggi dua belas meter. Big Buddha juga menjadi destinasi wisata yang terkenal di Thailand.

5. Wat Plai Laem

Terletak di dekat dengan Big Buddha, kuil ini memiliki patung Guanyin, Dewi Belas Kasih, dan Welas Kasih dengan 18 tangannya. Tak hanya itu, tempat wisata di Koh Samui ini juga menyimpan cerita soal kepercayaan Cina - Thailand serta karya seni dan arsitektur bertema Buddha yang ciamik.

6. Wat Khunaram

Wisata kuil di Koh Samui lainnya yang wajib dikunjungi adalah Wat Khunaram. Memiliki arsitektur bangunan khas kuil Thailand yang apik, daya tarik dari wisata Koh Samui ini adalah keberadaan mumi dari seorang biksu bernama Luang Pho Daeng yang meninggal tahun 1973. Kendati telah wafat lebih dari 30 tahun, jasad dari biksu ini masih dalam kondisi baik. Hal ini menjadikan Wat Khunaram sebagai salah satu destinasi ziarah umat Buddha di Koh Samui yang terkenal.

7. Fisherman’s Village Bophut

Tempat wisata di Koh Samui selanjutnya adalah objek bersejarah dengan bangunan bergaya pedesaan yang memiliki toko, butik, tempat makan, dan hotel di Beach Road yang sempit. Setiap Jumat malam, tempat wisata hits ini akan berubah menjadi pasar malam yang menjual ragam barang menarik dengan harga yang murah.

8. Secret Buddha Garden

Berada di sebuah bukit dan dikelilingi oleh rimbunnya hutan, tempat wisata di Koh Samui selanjutnya ini dibangun pada 1976 oleh seorang petani tua bernama Nim Thongsuk. Sendirian Nim Thongsuk mulai menghias bukit dengan berbagai patung-patung mulai dari patung hewan, manusia, dan juga Dewa serta Buddha sehingga lama-kelamaan menjadi sebuah komplek taman patung yang sangat eksotis di tengah-tengah hutan. Bahkan, kamu juga bisa menemukan patung dari Nim Thongsuk, sang pendiri taman ini diantara banyaknya patung di tujuan wisata Koh Samui ini.

9. Air Terjun Na Muang

Berbicara soal tempat wisata air terjun di Koh Samui, ada Air Terjun Na Muang yang wajib dikunjungi. Berlokasi 12 kilometer dari Nathon, kamu tak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan air terjun, tetapi juga bisa merasakan langsung kesegaran bermain air langsung di kolam alami.

10. Pantai Chaweng

Pantai yang terkenal di Koh Samui ini wajib kamu kunjungi karena cocok untuk snorkeling. Snorkeling dan berenang di pantai Chaweng tidak akan dihalangi oleh bebatuan yang menghalangi pandangan kamu lho. Kamu juga berkesempatan melihat ikan kecil yang lucu, barakuda, gurita, dan berbagai spesies karang yang ada di pantai ini.

11. Pantai Perak

Pantai berikutnya adalah Pantai Perak atau Crystal Bay. Tempat wisata di Koh Samui ini memiliki pasir yang putih dan air yang jernih sehingga cocok untuk snorkeling. Pantai ini juga memiliki terumbu karang dan berbagai jenis biota laut yang terawat sehingga menarik untuk snorkeling maupun berenang.

12. Coral Cave

Coral Cave adalah pantai yang indah dan bersih sehingga cocok untuk snorkeling. Teluk indah, banyaknya terumbu karang yang berada dekat pantai ini tentunya merupakan spot terbaik untuk snorkeling. Banyak spesies ikan bermotif dan warna yang menakjubkan.

13. Taling Ngam

Pantai berpenduduk sedikit ini memiliki keindahan alam dan ekosistem pulau yang memungkinkan kamu menemukan daya pikat asli Koh Samui. Talik Ngam adalah rumah bagi terumbu karang eksotis, batuan bawah laut, dan kehidupan laut yang terletak tak jauh dari pantai.

14. Choeng Mon

Choeng Mon menawarkan lokasi yang indah dan pemandangan menakjubkan dengan beberapa teluk kecil. Tempat wisata di Bo Put, Distrik Koh Samui ini menyuguhkan beberapa olahraga air dan aktivitas asyik, seperti snorkeling dan scuba diving. Terdapat dua pulau kecil di Choeng Mon, yakni Koh Fan Yai dan Noi yang menjadi spot terbaik untuk snorkeling.

15. Pantai Lamai

Pantai kedua terbesar di Koh Samui lokasinya di pesisir timur dekat dengan tebing dan jurang area sekitarnya yang cocok untuk bersepeda. Pantainya berpasir putih dipagari ratusan pohon kelapa.

16. Hin Ta dan Yin Hai

Terletak di sebelah selatan Pantai Lamai, Hin Ta dan Yin Hai merupakan dua batu unik ini memang unik lantaran menyerupai alat kelamin laki-laki dan perempuan. Kendati demikian, di sini kamu tak bisa berenang karena pantainya penuh dengan batu.

17. Pantai Bophut

Pantai ini memiliki pasir putih sepanjang dua kilometer dan ratusan pohon palem yang menjadi ciri khas Pantai Bophut. Di sini, kamu bisa olahraga air seperti jet ski dan kayaking.

18. Koh Samui Aquarium & Zoo

Berkunjung ke kebun binatang memang cocok untuk wisata keluarga. Di Koh Samui, kamu bisa berkunjung ke Koh Samui Aquarium & Zoo. Di sini, kamu bisa melihat berbagai hewan laut, seperti hiu macan, ikan lele, ikan tropis, dan pari manta. Yang unik di kebun binatang ini adalah bisa menyaksikan pertunjukan dan foto-foto dengan Harimau Bengal asli dari jarak dekat, kamu berani mencoba?

19. Pantai Lipa Noi

Pantai Lipa Noi cocok banget untuk wisata anak. Pantai ini memiliki air yang jernih dan pasir yang putih. Terdapat juga tempat makan yang menyajikan kuliner laut yang lezat lho.

20. Pantai Maeman

Jika kamu mencari wisata pantai yang murah, maka datanglah ke Pantai Maeman. Pantai ini memiliki panjang tujuh kilometer dengan dikelilingi pohon palem.

21. Snake Farm

Untuk kamu penggemar reptil, yuk coba datang ke peternakan ular di Koh Samui. Di sini, kamu dapat melihat pertunjukan ular bersama pawang yang profesional. Tak hanya itu, kamu diperboleh menyentuh dan foto-foto dengan ular, namun dengan pengawasan pawangnya.

22. The Magic Garden

Terdapat sebuah tempat tersembunyi yang ajaib yang jarang diketahui pelancong, yakni The Magic Garden. Destinasi wisata di Koh Samui ini terletak di sebuah bukit antara Na Muang dan Lipa Noi yang dibangun seniman Nim Thongsuk.

23. Gereja Orthodox

Jika kamu ingin wisata religi, tak ada salahnya berkunjung ke Gereja Orthodox. Berlokasi di area Lamai, kamu dapat melihat pemandangan langsung ke Teluk Thailand yang apik.

24. Hat Nai Thon

Sebagai gerbang masuk ke Koh Samui, Hat Nai Thon juga merupakan pusat kuliner. Kamu dapat menemukan berbagai tempat makan dan pasar seafood di pasar malam. Tak hanya itu, objek wisata di Koh Samui ini cocok untuk melihat matahari terbenam.

25. Dusit Dhewa

Dusit Dhewa merupakan tempat yang pas untuk foto-foto instagramable, pre-wedding, atau untuk kamu penggemar seni patung dan budaya Asia Tenggara.

26. Off Road Track

Serunya aktivitas petualangan menjadikan Ko Samui menjadi destinasi wisata yang terkenal. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah track off road yang berlokasi di bukit-bukti pulau ini. Di jalur track, terdapat berbagai vegetasi kelapa, rambutan, dan kebun durian.

27. Yaowarat Road

Yaowarat Road merupakan sebuah distrik jalanan yang selalu ramai oleh turis dan pedagang. Kamu bisa berkeliling mengunjungi beberapa toko untuk membeli oleh-oleh serta makan malam di tempat wisata hits ini. Ada beberapa kuliner yang enak, seperti aneka olahan ikan, kepiting, dan mi dengan harga yang murah.

28. Ladyboys Cabaret Shows

Berbeda dengan cabaret show pada umumnya, Ladyboys Cabaret Show ditampilkan di Pantai Chaweng. Para pemain terdiri dari para transgender yang menari mengikuti lagu-lagu yang terkenal.

29. Khao Sok National Park

Inilah salah satu cagar alam hutan tropis yang terkenal di Thailand. Ada begitu banyak yang bisa kamu nikmati di sini, seperti menjelajahi kekayaan flora dan fauna sembari menyambangi Tang Nam, sebuah tebing yang tercipta oleh kikisan air selama ribuan tahun. Selain itu, kamu juga bisa berkano di Ratchaprapha Dam atau Chiao Lan Dam.

30. Ko Pha Ngan

Terletak di Koh Samui, pulau besar ini tetap melestarikan keasrian dan keheningan yang dahulu dimilih Koh Samui sepuluh tahun yang lalu. Pulau ini dikelilingi oleh hutan-hutan berbukit, pantai perawan, dan laut biru dengan koral yang cantik di dalamnya.

Cara Menuju Ke Surat Thani

Pesawat

Kamu bisa menggunakan pesawat dan mendarat di Bandara Surat Thani (IATA : URT) yang berjarak sekitar 20 km barat kota di Distrik Phun Phin.

Kapal

Kamu bisa naik feri atau perahu dari salah satu pulau terdekat. Jika kamu berangkat dari Ko Samui, Ko Pha Ngan, dan Ko Tao, perjalanan feri memakan waktu antara 2 sampai 9 jam, tergantung jenis kapal yang kamu pilih.

Bus

Kamu juga bisa menggunakan bus dan turun di Terminal Bus Surat Thani yang berjarak 5km diluar dari kota. Kamu bisa meminta untuk berhenti tepat di kotanya sebelum sampai di terminal Surat Thani.

Akomodasi di Surat Thani

Surat Thani memiliki berbagai jenis penginapan, mulai dari yang mewah dan bergedung hingga yang menawarkan kamar yang lebih minimalis atau sederhana. Pesan hotel di Surat Thani di tiket.com sekarang untuk harga yang terjangkau dan promo yang menarik.

Spot Instagramble di Surat Thani

Lokasi wisata outdoor di Surat Thani patut kamu kunjungi untuk mengumpulkan foto wisata yang keren. Beberapa di antaranya adalah Ang Thog National Marine Park, Surat Thani City Pilar Shrine, Chew Lan Dam, Khao Sok National Park, Khanom Beach, Wat Phra Borommathat Chaiya, dan Tham Khao Wang Thong.

Kuliner Surat Thani

Kamu bisa menemukan banyak makanan khas Thailand dengan harga terjangkau di Surat Thani di. Beberapa di antaranya adalah Tom Yam, Pad Thai (kwetiauw goreng khas Thailand), Som Tam (salad pepaya), Mango Sticky Rice (mangga manis dengan ketan), Nasi Goreng Khao Pad (nasi goreng dengan pilihan daging ayam, udang, kepiting, atau babi), Khao Tom (bubur dengan seafood), dan Khaeng Pet Kari Merah (daging sapi, ayam, atau babi yang diolah bersama santan serta bumbu kari dan cabai merah).

MAKANAN VEGAN / VEGETARIAN

Di Surat Thani kamu dapat dengan mudah menemukan makanan vegetarian. Tepatnya di Namueang Road, ada lebih dari satu restoran vegetarian. Biasanya ditandai dengan spanduk kuning dengan tulisan Thailand berwarna merah.

Belanja di Surat Thani

Ada banyak supermarket dan toko serba ada di sini. Beberapa di antaranya adalah Tops Supermarket, Tesco Lotus, Big C, dan Makro. Sedangkan untuk berbelanja di mal, kamu bisa ke Central Plaza Surat Thani. Selain itu untuk berbelanja, di sini juga ada food court, restoran, dan ATM di sini.

Waktu Terbaik Untuk Berkunjung ke Surat Thani

Musim

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara bulan Juli dan Agustus serta antara bulan Desember dan Februari. Cuaca di kota pada saat ini cerah dan cocok untuk berwisata di lokasi outdoor. Namun, pada saat ini juga Surat Thani biasanya ramai turis.

Suhu

Di musim hujan, suhu rata-rata di sini adalah 23 derajat celsius (73.4 derajat fahrenheit). Sedangkan di musim kemarau, suhu rata-rata naik menjadi 34 derajat celsius (93.2 derajat fahrenheit).

Festival

Ada banyak festival seru di Surat Thani yang bisa kamu hadiri untuk mempelajari budaya lokal dengan lebih seru. Misalnya saja Chak Pra yang diadakan untuk merayakan kembalinya Buddha secara simbolis ke bumi. Akan ada parade, kendaraan hias, dan balap perahu panjang pada acara ini.

Bagi kamu pecinta wisata kuliner, kamu bisa menghadiri festival makanan terbesar di Thailand Selatan, yaitu Surat Thani Food Fair yang diadakan setiap tahun pada bulan Maret di sepanjang Sungai Tapi.

Dan bagi kamu yang vegetarian atau vegan, kamu bisa menghadiri Surat Thani Vegetarian Festival. Yang satu ini diadakan setiap tahun pada bulan Oktober. Akan ada parade, lebih banyak pilihan vegetarian di restoran dan toko, dan makanan gratis di kuil-kuil Tiongkok.

Cara Berkeliling di Surat Thani

Transportasi umum yang paling sering digunakan adalah bus. Di Surat Thani, ada bus reguler yang secara aktif digunakan oleh penduduk setempat. Ini juga merupakan salah satu cara termurah untuk berkeliling kota. Selain bus, ojek atau taksi motor juga merupakan mode transportasi dengan biaya terjangkau yang populer di sini.

Jika kamu ingin mencoba transportasi umum di kota yang tidak bisa kamu temukan di negara lain, kamu bisa coba naik Tuk Tuk.

Selain itu, jika kamu sudah berpengalaman dengan lalu lintas Thailand, kamu bisa menyewa mobil atau motor untuk berkeliling.

Seberapa Luas Surat Thani

Surat Thani memiliki luas 68,97 km persegi. Dan untuk berkunjung ke tempat wisata di Surat Thani yang paling terkenal serta mecoba aktivitas di Surat Thani yang paling seru, sebaiknya kamu menghabiskan 2 sampai 3 hari di sini. Selama waktu tersebut, kamu bisa berlatih menembak di Nakwaree Shooting Association, menanam buah beri di Khun Chaba's Mulberry Farm, berkunjung ke peternakan tiram yang terkenal, yaitu Sinmana Farmstay, berkemah di Wang Kho Resort, dan bermain air seharian di The Pirates Park.

Mata Uang Surat Thani

THB (Thai Baht).

Bahasa Surat Thani

Bahasa utama yang digunakan adalah Bahasa Nasional yaitu Bahasa Thai.

Zona Waktu Surat Thani

GMT+7.

Jenis Stop Kontak Surat Thani

Jenis stop kontak yang digunakan di Thailand maupun Surat Thani merupakan stop kontak tipe B dengan dua lempeng yang saling berdekatan sebagai konektornya dan ditambah satu lempeng berbentuk U di bagian bawahnya. Sejumlah negara yang menggunakan stop kontak tipe B diantaranya Jepang, Taiwan, Filipina dan negara ? negara yang tergabung dalam benua Amerika. Setidaknya ada 17 negara yang menggunakan jenis stop kontak satu ini.

Informasi Penting Tentang Surat Thani

  1. Lakukan salam tradisional yang disebut ?Wai? untuk menunjukkan bahwa kamu menghormati budaya lokal.
  2. Hindari berpelukan dan berciuman jika berada di tempat umum atau sedang mengunjungi tempat suci.
  3. Lepas alas kaki jika sedang bertamu, mengunjungi kuil, ataupun mengunjungi rastoran-restoran tertentu.
  4. Hormatilah biksu.
  5. Wanita tidak diperbolehkan untuk menyentuh biksu.
  6. Berpakaianlah yang sopan dan sesuai (lutut dan pundak harus tertutupi) jika mengunjungi kuil-kuil.
  7. Jangan mengenakan pakaian yang terlalu terbuka karena biasa dianggap menyinggung. Sebaiknya kenakan pakaian yang tertutup namun lebih tipis dan nyaman untuk menyesuaikan diri dengan cuaca panas.

Destinasi Favorit di Surat Thani