Tes COVID-19 Terdekat

Nggak perlu ribet, pesan berbagai jenis tes COVID-19 terdekat dari lokasimu dengan mudah.

Pilih jenis tes sesuai kebutuhan

Tes COVID-19 dengan hasil akurat dan direkomendasikan oleh WHO.

Wajib datang ke sini!

Ajak teman atau keluarga buat nikmatin serunya liburan di tempat pilihan tiket.com.

Sumatera Selatan
Tentang

Sumatra Selatan memang kadang lebih dikenal sebagai salah satu pusat produksi hasil tambang, tapi, bukan berarti provinsi ini tidak cocok dijadikan destinasi wisata! Kota-kota di Provinsi Sumatra Selatan menawarkan banyak tempat wisata alam dengan pemandangan yang indah serta suasana yang menyegarkan. Kamu bisa berkunjung ke Air Terjun Temam di Lubuklinggau, Gunung Dempo di Pagaralam, dan banyak lagi! Tempat-tempat ini cocok bagi kamu yang suka wisata petualangan di lokasi outdoor.

Ibu kota Sumatra Selatan, yaitu Palembang, adalah yang paling terkenal dan paling modern. Di sini, kamu tidak hanya bisa ke tempat wisata alam, tapi juga tempat wisata religi, budaya, dan sejarah. Sejumlah festival tahunan yang meriah juga mengambil tempat di sini.

Sumatra Selatan cocok untuk kamu yang berwisata bersama keluarga, teman-teman, atau sendiri. Hal ini karena ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan bersama-sama atau justru sendiri bagi kamu yang ingin mencari ketenangan.

Fasilitas di masing-masing kota, terutama di kota besar seperti Palembang, juga sudah lengkap dan memadai. Kamu tidak akan kesulitan menemukan penginapan dan transportasi umum untuk berkeliling dengan rombongan besar.

Untuk benar-benar menjelajahi tempat wisata di Sumatra Selatan sampai puas, kamu bisa menghabiskan sekitar empat sampai lima hari di sini. Namun, jika kamu ingin jalan-jalan dengan lebih santai atau ingin mengunjungi lebih banyak hidden gem, kamu bisa menghabiskan sekitar seminggu.

Rencanakan liburanmu ke Sumatra Selatan bersama tiket.com sekarang! Unduh aplikasi gratis kami dan pesan hotel, tiket pesawat, tiket masuk tempat wisata, sewa mobil, dan/atau tiket kereta api dengan harga terjangkau!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Sumatera Selatan

Informasi mengenai tempat wisata di Sumatera Selatan.

Apa itu tiket CLEAN di Sumatra Selatan?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Sumatra Selatan tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Sumatra Selatan yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Sumatra Selatan

Provinsi Sumatra Selatan adalah salah satu destinasi wisata utama di Indonesia. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan. Selain merupakan area yang kaya akan produksi barang tambang, provinsi ini juga memiliki banyak tempat wisata alam, terutama air terjun, yang menawarkan pemandangan indah serta kesegaran yang tiada duanya. Wisata kuliner di Sumatra Selatan juga menjadi aktivitas favorit turis, terutama di Kota Palembang (ibu kota provinsi ini). Tidak berhenti sampai di sini, kamu juga akan banyak menemukan tempat wisata sejarah dan budaya yang menarik di sini. Karena berbatasan dengan Provinsi Jambi, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung, banyak wisatawan yang sekaligus melanjutkan perjalanan ke kota-kota di provinsi tersebut.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Selatan

Sumatera Selatan menyimpan berbagai macam tempat wisata keren yang cocok untuk semua usia. Mulai dari lokasi-lokasi ikonik dan bersejarah hingga berbagai tempat wisata alam yang pemandangannya tiada duanya!

1. Jembatan Ampera

Kalau kamu berwisata ke Palembang, kota paling ternama di provinsi ini, jelas kamu tak boleh melewatkan Jembatan Ampera. Dibangun pada 1962, jembatan ini menghubungkan Seberang Ulu dan Ilir yang terpisahkan oleh Sungai Musi. Keduanya merupakan ikon Kota Palembang dan provinsi ini.

2. Amanzi Waterpark

Ingin ke tempat wisata di Sumatera Selatan yang modern, menyenangkan, dan ramah anak? Langsung saja ke Amanzi Waterpark di Palembang! Ada banyak wahana asyik dan keren untuk menyegarkanmu, mulai dari Zimba, Cora Pool, hingga The Falls! Beli tiketnya sekarang di tiket.com untuk penawaran terbaik!

3. Pulau Kemaro

Untuk kamu yang suka wisata budaya dan sejarah, Pulau Kemaro bisa jadi pilihan yang tepat. Di sini, ada vihara besar, pagoda 9 lantai, serta kisah legenda percintaan antara putri dan pangeran yang sudah terkenal di antara warga lokal.

4. Taman Kembang Iwak Besak

Taman ini dulunya dibangun sebagai area olahraga untuk orang-orang Belanda. Dengan danau, taman bermain anak, serta jalur pejalan kaki yang memadai, tempat ini bisa jadi spot jalan-jalan santai bersama keluarga.

5. Taman Nasional Sembilang

Taman nasional yang satu ini punya banyak fungsi, mulai dari sebagai hutan lindung, hutan produksi, hingga hutan satwa. Ada banyak spesies flora dan fauna yang menjadikan tempat ini rumah mereka. Jadi, bagi kamu yang suka wisata dengan tema petualangan, tempat ini bisa jadi destinasi wisata di Sumatera Selatan yang tepat untukmu!

6. Kampung Arab Palembang

Di area ini, kamu akan menemukan banyak bangunan dengan arsitektur zaman dulu yang memukau dan menarik. Semuanya pun masih terawat sehingga enak dipandang dan cocok untuk berfoto-foto.

7. Fantasy Island Palembang

Fantasy Island Palembang adalah sebuah taman rekreasi keluarga yang cocok untuk kamu dan si kecil. Ada berbagai wahana menarik di sini, seperti kolam renang sedalam 50 m, gokart, dan kereta gantung.

8. Air Terjun Bidadari

Air terjun dengan ketinggian 30 meter ini cocok untuk kamu yang suka ke tempat wisata alam yang menenangkan dan rindang. Ada pohon-pohon rindang serta akar-akar menggantung yang menambah pesona air terjun cantik ini.

9. Waterboom OPI Jakabaring

Untuk kamu yang ingin ke tempat wisata keluarga yang menyenangkan, menyegarkan, dan cocok untuk anak-anak, kamu bisa ke Waterboom OPI Jakabaring! Ada banyak wahana menyenangkan untuk memacu adrenalin, tapi ada banyak juga wahana yang santai. Fasilitasnya pun lengkap dan menunjang.

10. Sungai Manna

Kamu suka aktivitas menantang yang menyenangkan? Coba arung jeram di Sungai Manna! Hanya butuh waktu 2 jam untuk menaklukkan sungai ini sehingga yang pemula pun bisa mencobanya. Sebelum aktivitas, kamu bisa jalan-jalan santai dulu selama 15 menit untuk mencapai starting point sambil menikmati pemandangan sekitar.

11. Goa Putri

Telah berusia 350 tahun, goa dengan panjang 150 meter ini bisa menjadi destinasi menarik untuk kamu yang suka menjelajah. Namanya sendiri berasal dari sebuah batu di dalam goa yang konon merupakan jelmaan Putri Balian yang berubah menjadi batu karena terkena sumpah Si Pahit Lidah.

12. Sungai Lematang

Sungai Lematang yang berlokasi di Kabupaten Lahat adalah salah satu spot arung jeram terbaik di Sumatera Selatan. Sepanjang lintasan, kamu bisa melihat pemandangan sekitar yang indah sambil menikmati segarnya udara. Di beberapa area, bahkan sungai ini termasuk grade III yang bisa dibilang cukup menantang. Jadi, pastikan kamu menyewa pemandu yang profesional, ya!

13. Air Terjun Batu Betiang

Satu lagi air terjun cantik di provinsi ini. Untuk mencapai objek wisata di Sumatera Selatan ini, kamu memang harus melewati perjalanan yang cukup menantang. Mulai dari melintasi hutan hingga menaiki tebing. Namun, semuanya akan sepadan begitu kamu tiba dan bisa menikmati keindahannya langsung.

14. Danau Ranau

Jika kamu ingin bersantai di sekitar tempat wisata alam yang cantik dan menyegarkan, kamu bisa coba ke Danau Ranau. Merupakan danau terbesar kedua di Sumatera, danau ini terkenal akan kejernihannya serta pemandangan bukit dan gunung di sekitarnya yang indah. Di sini juga ada pemandian air panas, loh!

15. Tangga 2001

Tidak perlu kaget mendengar namanya, tangga yang berlokasi di lereng Gunung Dempo ini hanya berjumlah ratusan, kok! Dan kamu bisa dengan mudah menaikinya sambil menikmati pemandangan hamparan kebun teh di sekelilingnya.

16. Museum Negeri Balaputra Dewa

Hal pertama yang akan paling menarik perhatianmu saat berkunjung ke sini pasti adalah Rumah Limas-nya. Yup, rumah tersebut adalah yang tercetak di uang kertas Rp10.000,-. Selain rumah tersebut, kamu juga pasti terpukau dengan pemandangan sekitarnya yang cantik.

17. Danau Air Batu

Area ini terbentuk karena aktivitas penambangan dulu. Kini, kubangan yang terbentuk telah terisi air dan menjadi Danau Air Batu. Yang menjadikan danau ini tambah cantik adalah warna hijau muda airnya. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu destinasi utama wisatawan yang suka berfoto-foto.

18. Benteng Kuto Besak

Benteng ini dulunya merupakan bagian dari bangunan Keraton Palembang. Tentu saja bangunan ini masih memiliki arsitektur dan nilai sejarah yang menarik. Yang menjadikannya unik adalah perekat bahan material bangunan ini menggunakan putih telur.

19. Hutan Kemampo

Fungsi utama hutan ini adalah sebagai pusat edukasi anak-anak muda dan juga hutan konservasi. Selain melihat dan mempelajari langsung tentang populasi flora di sini, kamu juga bisa mencoba aktivitas menarik, seperti flying fox.

20. Bayt Al-Quran Raksasa

Di pondok pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang, ada sebuah Al-Quran raksasa yang menarik perhatian banyak wisatawan. Al-Quran raksasa ini terbuat dari lembaran kayu trembesi dengan ayat-ayat yang dipahat.

21. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Untuk kamu yang suka wisata sejarah, kamu wajib berkunjung ke museum yang satu ini! Museum ini adalah salah satu peninggalan Kerajaan Palembang Darussalam. Selain koleksi sejarahnya yang menarik dan lengkap, arsitektur bangunannya juga tak kalah keren.

22. Air Terjun Bayau

Karena cukup tinggi (50-60 meter) dan alirannya cukup deras, di bagian bawah air terjun pun terbentuk banyak embun saat air terjun mengguyur bebatuan di bawahnya. Pasti sudah terbayang segarnya, kan?

23. Sungai Saka Rantau Kumpai

Terletak di Desa Rantau Kumpai, sungai yang satu ini masih memiliki air yang jernih. Warga lokal dan wisatawan biasanya menikmati sungai ini dengan berenang atau river tubing karena airnya cukup dangkal.

24. Masjid Agung Palembang

Didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I, masjid ini kini menjadi cagar budaya yang wajib dilestarikan. Bentuk masjid megah ini termasuk unik karena mencampur tiga kebudayaan, yaitu Indonesia, Eropa, dan Tiongkok.

25. Air Terjun Lematang Indah

Untuk kamu yang suka jalan-jalan ke tempat wisata alam yang tidak merepotkan, kamu bisa langsung ke air terjun ini! Lokasinya tak jauh dari pusat kota dan kamu tak perlu melewati jalan yang berliku-liku atau menantang untuk mencapainya. Kamu hanya perlu hati-hati saat menuruni tangga saja. Soal keindahannya, tak perlu diragukan lagi!

26. Gunung Dempo

Dengan ketinggian 3159 mdpl, gunung ini menjadi salah satu yang paling terkenal di Sumatera Selatan untuk ditaklukan. Selama pendakian, kamu bisa sambil menikmati pemandangan alam sekitar yang sangat cantik dan juga kawah berdiameter 100 meter yang warna airnya masih berubah-ubah.

27. Bukit Balau

Puncak Bukit Balau adalah salah satu spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit di Sumatera Selatan. Biasanya wisatawan kemping dulu di sini satu malam sebelumnya agar hanya perlu bangun pagi keesokan harinya dan menikmati pemandangan.

28. Hutan Suaka Margasatwa Padang Sugihan

Tempat ini adalah salah satu lokasi konservasi flora dan fauna milik Kabupaten Banyuasin. Populasi utamanya merupakan Gajah Sumatera yang mengagumkan. Saat berkunjung ke sini bersama si kecil, kamu bisa mengajaknya untuk mempelajari lebih banyak tentang flora dan fauna Indonesia yang menakjubkan.

29. Pulau Maspari

Pulau Maspari bisa jadi destinasi yang tepat untuk kamu yang ingin bersantai. Susana di sini tenang dan menyenangkan. Pulau yang bentuknya mirip bentuk ikan pari ini memiliki batu-batu karang yang unik, pasir pantai yang halus, serta menjadi lokasi bertelurnya penyu.

30. G Art Studio

Suka berfoto-foto di lokasi yang unik dan keren? Langsung saja ajak rombonganmu ke G Art Studio! Di tempat wisata indoor ini, sudah disediakan berbagai macam latar belakang interaktif yang akan menjadikan hasil fotomu terlihat lebih nyata (3D).

Cara Menuju ke Sumatra Selatan

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Sumatra Selatan adalah dengan:

Pesawat

Ada dua bandara utama di provinsi ini, yaitu Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang (internasional dan domestik) dan Bandar Udara Silampari di Lubuklinggau (domestik). Jika kamu berangkat dari luar Pulau Sumatera, kamu bisa memesan tiket pesawat ke salah satu bandara ini dan melanjutkan perjalanan via darat ke kota-kota lainnya jika tujuan utamamu bukan Palembang atau Lubuklinggau.

Bus

Untuk perjalanan darat yang praktis dan terjangkau, kamu bisa memilih menggunakan bus. Rute bus juga cukup lengkap dan menjangkau kota-kota yang termasuk jauh atau lebih terpencil. Perjalanan lintas pulau atau lintas provinsi pun tersedia, namun tentu dengan waktu perjalanan yang lebih lama.

Kereta

Jika kamu berangkat dari kota lain yang juga ada di Pulau Sumatra, ini adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai kota-kota di Sumatra Selatan. Selain karena harganya yang terjangkau, pilihan jadwal dan rutenya juga sangat lengkap. Kamu bahkan bisa melakukan perjalanan lintas provinsi, seperti ke dan dari Medan. Kereta api juga cocok untuk kamu yang berwisata bersama rombongan besar.

Akomodasi di Sumatra Selatan

Jenis akomodasi yang akan banyak kamu temui di Sumatra Selatan adalah hotel. Hotel-hotel ini bervariasi, dari bintang satu hingga lima. Namun, kebanyakan adalah hotel bintang 3. Hotel-hotel di gedung bertingkat yang lebih besar lebih banyak ada di Palembang. Selain itu, ada juga sejumlah penginapan yang lebih sederhana dan terjangkau, seperti hostel dan wisma.

Spot Instagram-able di Sumatra Selatan

Setiap kota di Sumatra Selatan memiliki banyak spot instagramble yang patut kamu kunjungi. Mulai dari tempat wisata alam hingga yang modern dan berada di pusat kota. Beberapa di antaranya adalah:

  • Jembatan Ampera, Palembang
  • Air Terjun Temam, Lubuklinggau
  • Museum Balaputera Dewa, Palembang
  • Taman Wisata Alam Punti Kayu, Palembang
  • Taman Celosia Garden Muara Enim, Muara Enim
  • Gunung Dempo, Pagaralam

Kuliner di Sumatra Selatan

Masing-masing kota di Sumatra Selatan punya makanan khasnya sendiri yang sama-sama lezat namun dengan cita rasa berbeda. Beberapa yang wajib kamu cicipi adalah:

  • Pempek Palembang: dibuat dari daging ikan yang dihaluskan dan ditambah tepung kanji sebelum dimasak. Setelah matang, disantap dengan bumbu / kuah berwarna gelap dengan rasa manis asin (kadang pedas juga) untuk menambah kenikmatan.
  • Mie Celor: mie dengan telur, tauge, daun seledri, dan jeruk nipis dalam kuah santan.
  • Ikan Pindang: ikan pindang yang dimasak dengan dibumbui lalu diasapi atau direbus sampai kering. Setelah ini, ikan tersebut bisa lebih tahan lama dan dimakan di lain hari.
  • Tempoyak: dibuat dari olahan durian yang sudah difermentasi lalu bisa dimakan bersama nasi atau bahkan dicampur sambal karena aromanya yang menyengat dan rasanya yang asam.

Makanan Vegan / Vegetarian

Beberapa makanan khas Sumatra Selatan sendiri tidak mengandung daging dan cocok untuk veegtarian (seperti tempoyak dan mie celor). Namun, ada juga cukup banyak restoran yang khusus menyajikan makanan vegetarian. Restoran seperti ini akan lebih banyak kamu temukan di kota besar seperti Palembang. Meski begitu, restoran khusus vegan belum terlalu banyak.

Belanja di Sumatra Selatan

Ibu kota Sumatra Selatan, yaitu Palembang, memiliki paling banyak pusat perbelanjaan, baik modern maupun tradisional. Kamu tidak akan kesulitan menemukan mal-mal besar yang tidak hanya cocok untuk belanja, tapi untuk bersantap, nonton bioskop, maupun bermain bersama di kecil di indoor playground. Beberapa dari mal tersebut adalah:

  • OPI Mall
  • Palembang Square
  • Palembang Indah Mall
  • Palembang Trade Center

Selain itu, ada beberapa pasar tradisional, seperti Pasar Cinde, dan Pasar 16 ilir.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Sumatra Selatan

Musim

Sumatera Selatan, seperti kota dan provinsi lainnya di Indonesia, hanya mengalami dua musim: musim hujan dan kemarau. Untuk wisata yang nyaman dan tidak terganggu oleh hujan, sebaiknya kamu berkunjung di pertengahan tahun dan hindari akhir serta awal tahun.

Suhu Rata-Rata

Suhu rata-rata di setiap kota yang ada di Sumatra Selatan berbeda-beda. Namun, secara keseluruhan, suhu rata-rata di sini sepanjang tahun adalah sekitar 27 derajat Celsius (80.6 derajat Fahrenheit).

Festival

Jika kamu ingin melihat dan mengenal lebih jauh tentang budaya Sumatra Selatan dengan cara yang menyenangkan dan meriah, kamu bisa menghadiri Festival Sriwijaya. Festival yang termasuk salah satu festival terbesar di Indonesia ini menghadirkan pagelaran seni budaya (drama teater, tarian, dan lain-lain) yang megah dan meriah. Budaya yang dipamerkan mencakup budaya dari seluruh 17 kabupaten / kota yang ada di SumSel dan juga beberapa provinsi lain yang turut meramaikan acara.

Cara Berkeliling di Sumatra Selatan

Transportasi umum yang paling banyak tersedia di masing-masing kota adalah angkot. Rutenya cukup lengkap dan armada yang tersedia juga banyak. Kamu bisa juga mencapai area-area yang lebih terpencil menggunakan angkot tanpa membuat kantong bolong.

Untuk di Palembang sendiri, transportasi umumnya sudah lebih berkembang. Selain angkot, ada juga LRT Palembang yang terbaru serta Trans Musi (bus rapid transit). Biayanya juga sama-sama terjangkau sehingga biaya jalan-jalanmu di kota tidak akan terlalu besar.

Seberapa Luas Sumatra Selatan

Secara keseluruhan, Sumatra Selatan memiliki luas area 91.592 kilometer persegi. Untuk mengeksplorasi tempat wisata di Sumatra Selatan yang terbaik, kamu perlu menghabiskan sekitar empat sampai lima hari. Meski begitu, jika kamu ingin jalan-jalan ke lebih banyak area, termasuk yang lebih terpencil dan lebih tenang, atau jika kamu ingin berwisata dengan lebih santai, kamu bisa menghabiskan satu minggu di sini.

Mata Uang Sumatra Selatan

Rp / IDR (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Sumatra Selatan

Bahasa nasional dan resmi di sini tentu adalah Bahasa Indonesia. Meski begitu, dalam percakapan sehari-hari, banyak warga lokal yang menggunakan bahasa daerahnya. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah Bahasa Palembang dan Bahasa Melayu (Melayu Palembang, Melayu Tengah).

Zona Waktu Sumatra Selatan

WIB

Jenis Stop Kontak di Sumatra Selatan

Jenis stop kontak di Sumatra Selatan dan provinsi lain di Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe C / F umumnya digunakan juga di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Sumatra Selatan

  1. Air keran di sini bukan untuk dikonsumsi.
  2. Kenakan pakaian yang sopan dan tertutup, seperti kaos berlengan, celana selutut atau celana panjang, terutama jika kamu berkunjung ke tempat suci atau tempat ibadah.
  3. Saat mengunjungi tempat tinggal orang lokal, lepaskan sepatu di depan rumah atau di teras.
  4. Pelajari beberapa sedikit Bahasa Indonesia dasar untuk memudahkan percakapan di sini.
  5. Selalu gunakan tangan kanan untuk berjabat tangan dan menerima atau memberikan barang. Menggunakan tangan kiri dianggap tidak sopan.
  6. Jangan tunjukan public display affection yang berlebihan, seperti berciuman atau berpelukan di tempat umum. Berpegangan tangan masih dianggap biasa saja.

Destinasi Favorit di Sumatera Selatan