Tes COVID-19 Terdekat

Nggak perlu ribet, pesan berbagai jenis tes COVID-19 terdekat dari lokasimu dengan mudah.

Wajib datang ke sini!

Ajak teman atau keluarga buat nikmatin serunya liburan di tempat pilihan tiket.com.

Sulawesi Utara
Tentang

Mau jalan-jalan ke pantai dan pulau eksotis yang masih bersih, cantik, dan bahkan (beberapa) tersembunyi? Langsung saja ke Sulawesi Utara! Provinsi yang terkenal akan Kota Manado dan Taman Nasional Bunaken ini punya segudang pantai dan pulau cantik. Kamu bisa mengeksplorasi keindahan bawah laut dengan nyaman bersama rombonganmu! Selain itu, ada juga area Likupang yang termasuk salah satu Destinasi Super Prioritas Indonesia. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, loh. Likupang punya banyak pantai-pantai keren dan memberikan akses mudah ke sejumlah pulau eksotis. Kecantikannya benar-benar tak boleh kamu lewatkan!

Selain pantai dan pulau eksotis, provinsi ini juga punya banyak tempat wisata alam lain. Mulai dari hutan pinus, air terjun, bukit hingga gunung. Tempat-tempat ini tentu saja juga instagramable. Jadi, pasti cocok untuk semua kalangan wisatawan, mulai dari yang muda sampai tua, baik yang berangkat bersama keluarga, teman, atau bahkan pasangan!

Untuk benar-benar mengeksplorasi tempat wisata di Sulawesi Utara tanpa terburu-buru, sebaiknya siapkan sekitar 5-7 hari. Dengan begitu, kamu bisa mengunjungi beberapa kota sekaligus. Kamu juga bisa berkunjung ke tempat-tempat wisata yang lebih tersembunyi jika ada waktu lebih.

Mengenai akomodasi, jika kamu berencana menginap di kota atau area yang dekat dengan pantai, kamu tidak akan sulit menemukan resor mewah. Resor-resor ini biasanya juga memberikan pemandangan serta akses pantai. Namun, jika kamu memilih menginap di pusat kota, kamu akan lebih banyak menemukan hotel modern di pusat kota.

Pilih dan pesan penginapan yang kamu inginkan sekarang di tiket.com! Unduh aplikasi gratis kami dan nikmati juga kemudahan pesan tiket pesawat, hotel, sewa mobil, tiket kereta api, dan tiket masuk tempat wisata dengan harga terjangkau!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Sulawesi Utara

Informasi mengenai tempat wisata di Sulawesi Utara.

Apa Itu tiket CLEAN di Sulawesi Utara?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di North Sulawesi tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di North Sulawesi yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Sulawesi Utara

Provinsi ini punya segudang tempat wisata keren, terutama pantai-pantai cantik dan pulau eksotis. Di sini, kamu bisa menyelam dan mengeksplorasi keindahan bawah lautnya. Selain itu, ada juga banyak tempat wisata alam lain, seperti hutan, situs air terjun, bukit, dan gunung. Beberapa lokasi ini bahkan sudah dikembangkan dengan baik sehingga ada restoran romantis di dekatnya, bisa memfasilitasi aktivitas panjat tebing, dan sudah ditambahkan spot-spot foto modern yang keren.

Begitu mendengar ‘Sulawesi Utara’, kamu mungkin langsung membayangkan Kota Manado dan Bunaken yang terkenal. Yup, kedua lokasi tersebut memang sudah sering menjadi tampang pariwisata Sulawesi Utara. Namun, tidak hanya kedua tempat itu saja loh yang wajib kamu kunjungi! Ada juga Likupang di Minahasa Utara yang merupakan salah satu Destinasi Super Prioritas. Area ini adalah surganya tempat wisata alam. Mulai dari pantai cantik, pulau eksotis, eksplorasi bawah laut, hingga bukit dengan pemandangan yang tiada duanya.

Jadi, tidak perlu ragu lagi! Jadikan Sulawesi Utara destinasi wisatamu selanjutnya!

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Sulawesi Utara

Sulawesi Utara adalah sebuah provinsi yang tidak pernah kehabisan tempat wisata alam, terutama pulau-pulau eksotis. Likupang, salah satu Destinasi Super Prioritas, juga berlokasi di provinsi ini, loh!

1. Taman Nasional Bunaken

Taman nasional yang satu ini adalah salah satu kebanggaan Sulawesi Utara dan juga Indonesia. Namanya memang sudah terkenal, bahkan di kalangan turis internasional. Tempat wisata di Sulawesi Utara ini populer karena kecantikan lautnya yang masih bersih dan jernih. Banyak wisatawan yang mencoba kegiatan snorkeling, menyelam, atau sekedar berenang di pinggir pantai untuk menikmati keindahannya.

2. Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bunaken dan bisa dengan mudah kamu capai menggunakan speedboat. Karena terumbu karang di sini masih dilindungi oleh peraturan pemerintah, biota lautnya masih terjaga dan cantik. Tak heran jika banyak wisatawan yang gemar snorkeling di sini. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan gugusan gunung berapi dari bibir pantai.

3. Pulau Siladen

Berlokasi di sebelah timur Pulau Bunaken, pulau yang satu ini terkenal akan hamparan pasir putihnya yang begitu indah. Para pengunjung biasanya paling suka menyelam di sini karena keindahan bawah lautnya yang sayang jika tidak dieksplorasi. Selain itu, kamu juga memiliki opsi untuk snorkeling.

4. Pulau Lihaga

Untuk mencapai pulau yang ada di area Likupang ini, kamu harus menyewa perahu dari Pelabuhan Serei. Kemudian, kamu harus melewati perjalanan selama 2 jam. Begitu tiba di sini, kamu bisa menikmati keindahan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih sepuasnya! Di pulau tak berpenghuni ini, kamu pun bisa bermalam menggunakan tenda. Selain itu, sudah ada beberapa fasilitas juga, seperti spot foto, kamar mandi dengan pancuran, dan beach club.

5. Bukit Larata

Terletak di Likupang, bukit ini adalah salah satu surganya destinasi wisata alam. Padang sabana dengan hamparan rumput hijau yang luas ini dijamin akan memanjakan matamu dan membantumu melepas penat. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan laut di bawahnya selama jalan-jalan di sini. Medannya memang cukup menantang, tapi justru semakin cocok untuk kamu yang berjiwa petualang!

6. Pulau Lembeh

Untuk kamu yang hobi menyelam, objek wisata di Sulawesi Utara yang satu ini tak boleh kamu lewatkan! Biota laut di sini begitu beragam, beberapa bahkan termasuk langka dan jarang kamu temui di tempat lain. Air lautnya juga masih jernih dan bersih, menjadikan eksplorasimu semakin nyaman.

7. Patung Yesus Memberkati

Dengan tinggi patung mencapai 50 meter dan kemiringan 20 derajat, patung ini bisa dibilang menyerupai kemegahan patung Christ the Redeemer di Rio de Janeiro. Tak hanya untuk kaum Nasrani, yang merupakan mayoritas masyarakat Manado, patung ini juga menjadi simbol kerukunan antar agama.

8. Pantai Pulisan

Pantai Pulisan adalah salah satu tempat wisata alam terbaik di Likupang. Air lautnya jernih, pasirnya bersih, dan suasananya tenang dan damai. Sangat cocok untuk kamu yang ingin berelaksasi sambil menikmati pemandangan dengan udara segar.

9. Bukit Pulisan

Masih di sekitar Pantai Pulisan, kamu bisa melanjutkan perjalananmu ke Bukit Pulisan. Untuk mencapai puncaknya, kamu harus mendaki selama sekitar 1 jam. Begitu tiba, kamu bisa menikmati pemandangan hamparan rumput hijau dengan latar belakang laut. Pasti sepadan dengan perjalananmu!

10. Air Terjun Pontak

Dengan ketinggian hanya 7 meter, air terjun ini pas sekali untuk kamu yang ingin bersantai dan menikmati suasana sekitarnya yang menyegarkan. Kamu bisa berfoto-foto atau berendam di kolam bawah air terjun untuk menikmati kesegarannya lebih lagi.

11. Taman Nasional Tangkoko

Destinasi di Sulawesi Utara selanjutnya adalah Taman Nasional Tangkoko. Tempat ini merupakan rumah bagi berbagai jenis spesies hewan, terutama primata dan juga hewan lainnya yang sudah tergolong langka atau terancam. Kamu bisa mempelajari lebih banyak tentang fauna-fauna mengagumkan ini dengan mengobservasi mereka secara langsung di sini.

12. Bukit Doa Mahawu Tomohon

Sesuai namanya, tempat ini tergolong destinasi wisata religi karena. Ada juga kapel dan gedung berkapasitas 200 orang. Namun, tak hanya itu, tempat ini juga berfungsi sebagai salah satu destinasi wisata alam terbaik di Sulawesi Utara. Area luarnya masih dipenuhi pemandangan rindang yang menyegarkan mata dan cocok untuk berfoto-foto.

13. Air Terjun Ratahan Telu

Air terjun ini mendapat namanya dari ketiga tahapan yang dimilikinya. Meski begitu, hanya tahapan ketiga saja yang bisa dikunjungi. Tempat ini sudah sering menjadi destinasi wisatawan lokal maupun internasional yang ingin menikmati kesegaran alam tanpa harus melewati jalur yang terlalu menantang.

14. Pantai Paal

Pantai Paal adalah salah satu lokasi wisata di Likupang yang cocok untuk jalan-jalan santai bersama orang tersayang, snorkeling, bersantai di gazebo, atau menikmati pemandangan matahari terbenam bersama.

15. Gardenia Country Inn

Gardenia Country Inn adalah sebuah taman bunga yang dipenuhi beragam macam flora yang cantik, warna-warni, dan menyegarkan. Area ini cocok untuk wisata akhir pekan bersama si kecil atau bahkan untuk kamu yang ingin wisata romantis bersama pasangan. Pemandangannya indah, fasilitasnya lengkap, dan banyak spot foto keren.

16. Bukit Padies Kimuwu

Terletak sekitar 30 menit berkendara dari pusat Kota Manado, bukit ini adalah salah satu tempat rekreasi all-in-one terbaik yang bisa kamu temui. Ada dua situs keramat untuk mengenang leluhur Minahasa untuk kamu yang suka wisata budaya. Kamu bisa menjelajahi bukit dengan mobil offroad. Ada cafe dengan menu lezat untuk mengisi energi. Ada berbagai spot foto modern. Di puncak bukit, nikmati keindahan matahari terbenam dengan latar belakang berbagai tempat wisata alam yang keren, seperti Pulau Manado Tua dan Gunung Klabat.

17. Patokan Beach Jiko

Karena diapit oleh tebing, pantai yang satu ini jadi termasuk tersembunyi dan masih jarang dikunjungi. Keindahan pantai dan lautnya bisa kamu nikmati sendiri bersama orang-orang tersayang tanpa gangguan keramaian!

18. Keletambal Bojoh Hill

Dikelilingi oleh Gunung Soputan serta Gunung Manimporok, bukit ini menjadi salah satu favorit wisatawan lokal dan internasional! Di sini, kamu bisa bersantai di ayunan, gazebo, dan fasilitas lainnya sambil menikmati pemandangan dan mengobrol dengan orang-orang tersayang. Suasana tenangnya sangat cocok untuk kamu yang ingin melepas penat.

19. Puncak Tetetana Kumelembuai

Ingin menikmati keindahan Kota Manado dari ketinggian? Langsung saja ke Puncak Tetetana Kumelembuai! Di sini, kamu tidak hanya akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan, tapi juga kesegaran udaranya.

20. Pantai Tangonggor

Daya tarik utama pantai ini adalah tebingnya yang sangat cocok untuk berfoto-foto. Tebing ini sendiri dipenuhi hamparan rumput tinggi yang menjadikannya terlihat semakin indah dan unik. Selain berfoto, kamu juga bisa menikmati hembusan angin yang menyegarkan selama di sini.

21. Pulau Ponteng

Pulau Ponteng memang lebih kecil ukurannya dibandingkan pulau-pulau lain. Namun, kecantikannya tidak kalah sama sekali. Di sini, kamu bisa snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut. Kamu juga bisa mendaki bukit dan berfoto-foto di sana.

22. Gunung Payung

Kamu berjiwa petualang dan hobi mendaki? Coba taklukkan Gunung Payung! Saat mendaki, kamu harus melewati medan yang cukup menantang, termasuk jalur dengan kemiringan 45 derajat. Begitu tiba di atas, perjuangan pasti akan sepadan! Kamu bisa menikmati pemandangan di atas awan yang membuatmu merasa sedang melayang!

23. Danau Linow

Danau Linow sering disebut sebagai danau paling cantik di Sulawesi Utara. Pesona utamanya tentu adalah airnya yang masih sering berganti-ganti warna, kadang hijau, kadang biru, kadang cokelat. Di danau ini juga masih terdapat sejumlah aktivitas vulkanik.

24. Pulau Gangga

Pulau Gangga adalah salah satu destinasi wisata alam favorit wisatawan di Likupang. Untuk mencapainya, kamu hanya perlu naik speedboat selama kurang lebih 40 menit. Begitu tiba di sini, silakan nikmati ketenangan suasananya dan keindahan alam bawah lautnya dengan snorkeling atau menyelam.

25. Danau Cinta

Terletak di Pulau Makalehi, danau ini diberi nama demikian karena bentuknya yang menyerupai bentuk hati. Areanya juga indah, dikelilingi pepohonan hijau nan rindang. Tak heran jika tempat ini sering menjadi destinasi utama wisatawan pasangan.

26. Pura Jagadhita Taas Manado

Jika kamu suka wisata budaya, sejarah, dan religi, kamu wajib ke Pura Jagadhita Taas Manado! Pura yang dibangun pada 1983 ini masih berdiri kokoh dengan kondisi yang terawat hingga hari ini. Tempat ini juga merupakan salah satu pusat perayaan hari raya umat Hindu, seperti Nyepi, di Manado. Jika kamu hanya berkunjung dan tidak beribadah, pastikan kamu memperhatikan dan menghormati adat dan peraturan setempat, ya!

27. Batu Dinding Kilo 3 Amurang

Kamu hobi panjat tebing? Tantang dirimu di Batu Dinding Kilo 3 Amurang! Dinding tebing ini benar-benar tegak 90 derajat. Pasti sudah terbayang seperti apa panjatannya, kan? Bentuknya pun cukup unik dan mungkin akan membuatmu mengira tebing ini dibuat manusia, padahal tidak. Jika akan mencoba panjang tebing di sini, pastikan kamu sudah cukup handal, ya! Karena, level kesulitan panjat tebing di sini bahkan termasuk salah satu yang tersulit di dunia!

28. Hutan Lahendong

Hutan Pinus Lahendong adalah salah satu destinasi wisata alam terbaik di Sulawesi Utara. Di sini, sesuai namanya, ada hutan pinus yang tak hanya cantik, tapi juga menyegarkan. Selain itu, ada juga kawah dengan air panas dari aktivitas vulkanik di tempat ini yang tak kalah indah. Tempat ini benar-benar cocok untuk melepas penat sekaligus foto-foto sampai puas!

29. Gunung Klabat

Hobi mendaki gunung? Jika ya, gunung yang satu ini wajib kamu kunjungi! Dengan ketinggian 1995 mdpl, memang butuh perjuangan untuk sampai ke atas. Tapi, melihat angka ketinggian tersebut, kamu pasti sudah bisa membayangkan keindahan di puncaknya, bukan? Nah, untuk mencapainya, kamu harus melewati 6 pos pendakian yang juga menjadi perhentian sempurna untuk mengagumi keindahan alam di sekitarnya!

30. Tondok Hills

Bukit Tondok menawarkan pemandangan yang rindang serta menyejukkan dari ketinggian. Kamu bisa menikmati keindahannya sambil bersantai karena tempat ini memang jarang ramai. Sangat cocok untuk kamu yang butuh istirahat dari ramainya kota.

Cara Menuju ke Sulawesi Utara

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Sulawesi Utara adalah dengan:

Pesawat

Bandara utama di provinsi ini adalah yang terletak di Manado, yaitu Bandara Internasional Sam Ratulangi. Untuk kamu yang berangkat dari luar pulau atau luar Indonesia, cara ini adalah cara termudah untuk mencapai Sulawesi Utara. Setelah mendarat, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke kota-kota tujuanmu, termasuk ke Likupang, menggunakan bus atau taksi.

Bus

Bus adalah salah satu mode transportasi paling praktis untuk ke Sulawesi Utara. Rute dan armada bus menuju kota-kota besar di provinsi ini banyak tersedia secara lengkap. Kamu akan paling banyak menemukan rute menuju Manado jika kamu berangkat dari luar provinsi atau pulau. Dari Manado, kamu bisa transit dan melanjutkan perjalanan ke kota tujuanmu menggunakan bus lain. Prosesnya kurang lebih seperti ini juga untuk kamu yang mau ke Likupang.

Kapal

Jika kamu berangkat dari luar pulau, kapal juga bisa dijadikan alternatif utama. Sama seperti rute bus, kamu juga akan paling banyak menemukan rute kapal menuju Manado.

Akomodasi di Sulawesi Utara

Karena masing-masing kota di Sulawesi Utara memiliki ciri khas dan jenis pariwisatanya sendiri, tentu akomodasi di tiap kota juga berbeda-beda. Di kota besar seperti Manado, kamu akan lebih banyak menemukan akomodasi bintang 3 sampai 5 yang berada di pusat kota dan dekat dengan berbagai tempat wisata dan fasilitas publik. Di area lain, seperti Bunaken dan Likupang yang terkenal akan wisata pantai dan lautnya, ada lebih banyak pilihan resor mewah dengan akses pantai. Di kota-kota lain, seperti Tomohon, pilihan akomodasi terbanyak adalah hotel dan homestay bintang 2 dan 3. Kamu bisa pilih dan pesan sekarang dengan harga terjangkau di halaman Hotel tiket.com!

Spot Instagram-able di Sulawesi Utara

Berbagai tempat wisata alam dengan keindahan yang tiada duanya di Sulawesi Utara adalah:

  • Pantai Pulisan, Likupang, Minahasa Utara
  • Pantai Paal, Likupang, Minahasa Utara
  • Pulau Lembeh, Bitung
  • Taman Nasional Bunaken
  • Pulau Lihaga, Likupang, Minahasa Utara
  • Bukit Larapa, Likupang Timur, Minahasa Utara
  • Hutan Pinus Lahendong, Tomohon
  • Batu Dinding Kilo 3 Amurang, Minahasa Selatan
  • Air Terjun Tumimperas, Tomohon
  • Danau Linow, Tomohon
  • Gunung Payung, Minahasa Selatan
  • Pantai Tangonggor, Minahasa Utara
  • Gardena Country Inn, Tomohon
  • Puncak Tetetana Kumelembuai, Minahasa

Kuliner di Sulawesi Utara

Makanan khas Sulawesi Utara sudah terkenal akan kelezatannya. Beberapa yang tak boleh kamu lewatkan adalah:

  • Tinutuan: makanan ini mungkin lebih dikenal dengan nama Bubur Manado. Terdiri dari bubur yang dicampur sayur-sayuran dan lauk lainnya, seperti kangkung, bayam, jagung, dan ubi. Biasanya disajikan dengan ikan cakalang.
  • Nasi Jaha: dibuat dari beras yang dicampur ketan dan dibumbui berbagai macam rempah, seperti bawang putih, bawang merah, jahe, dan garam. Cara dimasaknya adalah dimasukan ke bambu, lalu dibakar.
  • Cakalang Fufu: ikan cakalang yang dimasak dengan cara dibumbui garam dan soda, dijepit bambu, lalu diasap.
  • Dabu-Dabu: sambal khas Sulawesi Utara yang biasa dimakan bersama hidangan ikan cakalang atau Bubur Manado. Terdiri dari cabai merah, cabe rawit, tomat, jeruk nipis, kemangi, garam, dan bawang merah.

Makanan Vegan / Vegetarian

Di Sulawesi Utara, meski belum banyak, ada beberapa restoran khusus makanan vegan dan vegatarian di sini. Kamu mungkin akan lebih banyak menemukannya di kota-kota besar.

Belanja di Sulawesi Utara

Pusat perbelanjaan modern di provinsi ini paling banyak berada di Kota Manado, seperti:

  • Manado Town Square
  • Transmart Bahu Mall Manado
  • Manado Trade Center
  • Mall Mega Mas

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Sulawesi Utara

Musim

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pertengahan tahun (musim kemarau). Sebaiknya hindari akhir dan awal tahun (musim hujan).

Suhu Rata-Rata

Meski berbeda-beda di setiap kota, suhu rata-rata di sini sepanjang tahun kurang lebih adalah 29-31 derajat Celsius (84.2 - 87.8 derajat Fahrenheit).

Cara Berkeliling di Sulawesi Utara

Untuk berkeliling di dalam kota, kamu bisa mengandalkan angkot. Biasanya rute dan armada yang tersedia cukup banyak dan lengkap. Biayanya pun terjangkau. Selain itu, kamu bisa juga mengandalkan taksi online maupun konvensional.

Sedangkan untuk berpindah kota, mode transportasi paling praktis adalah bus. Ada banyak pilihan rute dan jadwal yang tersedia dengan harga terjangkau. Untuk mengunjungi pulau-pulau eksotis, kamu bisa menggunakan feri dari pelabuhan di kota terdekat, seperti Likupang.

Seberapa Luas Sulawesi Utara

Luas Sulawesi Utara secara total adalah 13.926 kilometer persegi. Untuk benar-benar mengeksplorasi tempat wisata di Sulawesi Utara yang paling terkenal, kamu bisa menghabiskan sekitar lima sampai tujuh hari di sini. Selama waktu tersebut, kamu bisa jalan-jalan di kota dan area wisata paling terkenal di sini, seperti Likupang, Manado, Tomohon, dan Taman Nasional Bunaken. Kunjungi situs air terjun, pegunungan, bukit, dan tentu saja, pantai serta pulau eksotis di mana kamu bisa eksplorasi bawah laut yang indah dengan nyaman!

Mata Uang di Sulawesi Utara

Rp / IDR (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Sulawesi Utara

Bahasa nasional dan resmi di sini adalah Bahasa Indonesia. Namun, untuk percakapan sehari-hari, biasanya warga lokal masih sering menggunakan bahasa daerah masing-masing. Untuk mempermudah percakapan, sebaiknya pelajari Bahasa Indonesia dasar lebih dulu.

Zona Waktu di Sulawesi Utara

WITA / GMT+8

Jenis Stop Kontak di Sulawesi Utara

Jenis stop kontak di Sulawesi Utara dan provinsi lain di Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe C / F umumnya digunakan juga di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Informasi Penting Tentang Sulawesi Utara

  1. Air keran di sini bukan untuk diminum.
  2. Untuk memudahkan perjalanan, cari tahu lebih dulu mengenai transportasi dan penginapan di masing-masing kota.
  3. Sebaiknya kenakan pakaian yang sopan dan tertutup, seperti kaos berlengan, dan celana atau rok selutut atau panjang.
  4. Saat mengunjungi tempat tinggal penduduk lokal, lepaskan sepatu di depan rumah atau di teras.
  5. Selalu gunakan tangan kanan untuk berjabat tangan dan saat menerima atau memberikan barang. Menggunakan tangan kiri dianggap tidak sopan.
  6. Jangan tunjukan public display affection yang berlebihan, seperti berciuman atau berpelukan di tempat umum. Tapi, berpegangan tangan tidak masalah.

Destinasi Favorit di Sulawesi Utara