Sulawesi Selatan
Tentang

Sama seperti banyak provinsi lain di Indonesia, Sulawesi Selatan adalah salah satu yang memiliki banyak pesona alam mengagumkan yang tak boleh kamu lewatkan! Mulai dari pantai, pulau eksotis, gua, hingga taman nasional, ada semuanya di sini! Tempat-tempat ini tentu menawarkan pemandangan yang cantik dan instagramable. Jadi, untuk kamu yang juga suka foto-foto selama berwisata, Sulawesi Selatan cocok banget untukmu!

Selain pesona alam, banyak kota dan kabupaten di provinsi ini yang juga menawarkan pilihan tempat wisata budaya yang keren dan unik. Berbagai festival dan desa tradisional yang tersebar sudah sering menarik perhatian wisatawan mancanegara maupun domestik yang suka mengeksplorasi budaya lokal otentik.

Baik kamu berwisata sendiri, bersama pasangan, keluarga, ataupun rombongan, Sulawesi Selatan bisa jadi destinasi liburan yang sempurna. Jika kamu dan rombonganmu sama-sama suka tempat wisata alam yang indah dan mengagumkan, dijamin provinsi ini cocok untukmu!

Untuk urusan akomodasi dan transportasi publik, kamu tidak perlu khawatir. Masing-masing kota memiliki pilihan akomodasi yang beragam, modern, dan terjangkau. Mulai dari penginapan bintang satu sampai lima, ada semuanya. Baik kamu ingin menginap di hotel gedung yang mewah atau di penginapan budget, tersedia semua pilihannya!

Jika kamu ingin benar-benar mengeksplorasi provinsi ini sampai puas, sebaiknya habiskan sekitar seminggu di sini. Hal ini karena masing-masing kota punya pesonanya sendiri-sendiri yang unik. Paling tepat menjelajah tempat wisata di Sulawesi Selatan tanpa terburu-buru, bukan?

Yuk, mulai persiapan rencana wisatamu bersama tiket.com! Unduh aplikasi gratis kami untuk pesan tiket pesawat, hotel, sewa mobil, tiket kereta api, dan tiket masuk tempat wisata dengan harga terjangkau!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Sulawesi Selatan

Informasi mengenai tempat wisata di Sulawesi Selatan.

Apa itu tiket CLEAN di Sulawesi Selatan?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Sulawesi Selatan tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Sulawesi Selatan yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Sulawesi Selatan

Provinsi Sulawesi Selatan punya banyak tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah dan tak terlupakan. Beberapa kabupatennya yang paling terkenal dan sering dikunjungi adalah Makassar, Parepare, dan Tana Toraja. Di provinsi ini, kamu tidak hanya akan melihat tempat wisata alam yang cantik, seperti pantai-pantainya, tapi juga ada banyak nilai budaya dan sejarah lokal yang bisa kamu dalami di sini. Wisatamu di sini dijamin enggak bosen!

Sulawesi Selatan sangat cocok dijadikan destinasi wisata keluarga dan para wisatawan yang berjiwa petualang.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Sulawesi Selatan

Provinsi Sulawesi Selatan memiliki banyak tempat wisata alam, terutama pulau-pulau eksotis dan pantai-pantai dengan pemandangan matahari terbenam yang keren. Banyak dari tempat-tempat ini juga masih tersembunyi dan dengan harga tiket masuk yang terjangkau.

1. Pulau Kapoposang

Sulawesi Selatan memiliki banyak pulau-pulau kecil yang cantik nan eksotis untuk kamu kunjungi. Salah satunya adalah Pulau Kapoposang yang ada di dekat Makassar. Keindahan pantai serta air lautnya yang masih jernih menjadi nilai plus tersendiri. Jika kamu suka menyelam, pulau yang satu ini bisa jadi destinasi di Sulawesi Selatan yang sempurna.

2. Pulau Gusung

Untuk mencapai tempat wisata di Sulawesi Selatan ini, kamu harus menggunakan perahu dari Makassar. Pulau ini sendiri sebenarnya terbentuk dari tumpukan pasir yang semakin hari semakin besar. Daya tarik utamanya tentu adalah keindahan pemandangan laut dan langitnya. Selain itu, kamu juga bisa mencoba aktivitas memancing di sini.

3. Gua Tampang Allo

Gua ini sebenarnya telah dialihfungsikan sebagai pemakaman warga lokal. Namun, jangan berpikir tempat ini angker, ya. Justru, gua ini adalah salah satu tempat wisata budaya terbaik yang bisa kamu temukan di Sulawesi Selatan.

4. Pulau Bulupoloe

Pulau ini adalah salah satu lokasi wisata alam terlengkap di Sulawesi Selatan. Kamu bisa menikmati panorama pantai dan laut yang jernih, dan juga pemandangan gunung yang tak kalah keren.

5. Pantai Losari

Kota Makassar memiliki banyak pantai-pantai keren yang tak kalah cantik dengan Bali, dan pantai ini adalah salah satunya. Bahkan bisa dibilang merupakan yang paling populer di sini. Selain karena masih bersih dan asri, pantai ini juga mudah diakses. Pemandangan di sini bertambah cantik menjelang matahari terbit dan terbenam.

6. Pegunungan Karst

Tempat ini merupakan pegunungan kapur terbesar di Indonesia. Selain keindahan di area luarnya, ada juga sejumlah goa yang bisa kamu eksplorasi. Karena terbuat dari kapur, tentu saja akan terbentuk goa di sini jika terus menerus terkena air.

7. Pantai Akkarena

Pantai Akkarena adalah pilihan yang tepat jika kamu ingin bersantai di pantai bersama keluarga dan menikmati hari yang cerah. Selain pemandangan dan suasananya yang indah, pantai ini juga sudah memiliki fasilitas lengkap. Mulai dari area bersantai yang memadai hingga restoran sekitar dengan hidangan laut dan pilihan minuman yang menyegarkan.

8. Pantai Galesong Utara

Pantai ini adalah salah satu yang paling terfasilitasi dengan baik, karena sudah dilengkapi dengan kolam renang dan penginapan mewah. Kamu dan rombonganmu bisa menikmati pemandangan, berenang bersama di kolam renang atau pantai, dan menghabiskan malam di penginapan yang nyaman dan indah.

9. Pelabuhan Paotere

Pelabuhan Paotere adalah salah satu yang tertua di Makassar dan kini telah menjadi salah satu destinasi wisata paling populer. Kamu bisa melihat langsung kapal-kapal megah yang singgah di sini, termasuk kapal khas Makassar, Phinisi dan Lambo. Sebaiknya berkunjung menjelang matahari terbenam supaya pemandangannya lebih cantik lagi!

10. Pulau Dutungan

Selain memiliki gugusan bebatuan yang cantik, pantai yang bersih dan indah, serta air laut yang jernih, juga ada banyak spot foto yang keren di sini. Untuk kamu yang ingin jalan-jalan sekaligus mengoleksi foto-foto wisata yang tak terlupakan, pulau ini pasti cocok untukmu!

11. Masjid Amirul Mukminin

Masjid ini memiliki keunikan sendiri dalam hal lokasinya, yaitu mengapung di pinggir pantai. Selain menjadi salah satu lokasi ibadah umat Muslim, masjid ini juga mengundang perhatian turis karena keunikannya tersebut. Di malam hari, tempat ini bahkan terlihat semakin megah lagi dengan adanya lampu-lampu cantik di sekitarnya.

12. Pulau Samalona

Pulau ini adalah salah satu yang paling terkenal di Sulawesi Selatan. Kamu bisa mencapainya dengan naik perahu sejauh kurang lebih 2 km dari Makassar. Setibanya di sana, langsung saja nikmati keindahan pantai serta lautnya. Lalu, coba aktivitas menyenangkan, seperti menyelam dan snorkeling.

13. Fort Rotterdam

Disebut juga Benteng Ujung Padang, sesuai namanya, tempat bersejarah ini dulunya merupakan benteng pada masa pertempuran. Kini, Fort Rotterdam menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang paling populer di Makassar.

14. Trans Studio Makassar

Jika kamu mencari tempat wisata keluarga yang cocok untukmu dan si kecil, langsung saja ke Trans Studio Makassar! Di taman bermain indoor ini, ada berbagai macam wahana menarik, beberapa di antaranya terinspirasi dari program Trans TV / Trans7 yang populer. Dijamin kamu dan si kecil bisa bersenang-senang bersama sampai lupa waktu!

15. Taman Laut Takabonerate

Taman Laut Takabonerate merupakan destinasi yang cocok untuk kamu yang suka menyelam. Di sini, ada banyak hewan laut yang bisa kamu lihat langsung di air laut yang jernih. Karena merupakan destinasi wisata populer, fasilitasnya pun sudah memadai.

16. Pulau Lae-Lae

Satu lagi pulau cantik di dekat Makassar yang tak boleh kamu lewatkan: Pulau Lae-Lae. Karena ukurannya yang besar, pulau ini ditempati oleh sekitar dua ribu penduduk. Fasilitas wisatanya pun sudah memadai. Biasanya, wisatawan akan langsung bersantai di gazebo yang disewakan ketika tiba di sini.

17. Pantai Tanjung Bira

Daya tarik utama pantai ini adalah pasir putihnya yang masih asri dan jernih. Kamu bisa bersantai bersama orang-orang tersayang di sini sambil mendengarkan debur ombak yang menenangkan dan langit cerah yang cantik.

18. Air Terjun Takapala

Air Terjun Takapala adalah salah satu tempat yang terkenal di kalangan warga lokal sebagai destinasi akhir pekan. Keindahan dan kesegarannya pasti sudah kamu rasakan dari jauh. Pemandangannya juga sangat instagrammable!

19. Pusat Kerajinan Perahu Pinisi

Jika kamu ingin melihat proses pembuatan perahu tradisional, maka Pusat Kerajinan Perahu Pinisi adalah tempat yang sempurna! Di sini, warga lokal membuat perahu dengan teknik tradisional yang sederhana dan diturunkan dari generasi sebelumnya.

20. Taman Nasional Banti Murung

Tempat ini merupakan rumah bagi sangat banyak spesies flora dan fauna, termasuk sejumlah spesies kupu-kupu yang masih terbilang baru. Terutama di musim kemarau, tempat ini biasanya padat wisatawan dan juga peneliti lokal maupun internasional.

21. Pantai Kuri Caddi

Pantai Kuri Caddi adalah salah satu objek wisata di Sulawesi Selatan yang bisa kamu kunjungi jika sedang ingin bersantai di tempat yang tenang. Pantai ini biasanya tidak terlalu ramai wisatawan sehingga suasananya memang menenangkan. Kamu bisa berisitrahat sambil menikmati pemandangan pantai dan langit yang cerah di sini.

22. Wisata Malino

Jika ingin berwisata ke area yang cantik namun juga sejuk, kamu bisa ke kawasan Malino yang terletak sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Makassar. Udaranya sejuk, pemandangannya cantik, dan suasananya tenang. Pengunjung dianjurkan membawa jaket atau menggunakan baju yang tebal serta membawa makan sendiri karena tidak ada banyak warung di area ini.

23. Pulau Kapoposang

Daya tarik utama pulau ini adalah keindahan lautnya serta terumbu karangnya. Tak heran jika banyak wisatawan pecinta pantai yang menyukai lokasi wisata ini.

24. Desa Ke’te Kesu

Jika kamu ingin ke lokasi wisata budaya yang otentik, kamu bisa ke Desa Ke’te Kesu di Tana Toraja. Di desa yang namanya berarti ‘pusat kegiatan’ ini, daya tarik utamanya adalah deretan rumah adat yang unik serta menarik. Selain itu, kamu juga bisa pulang dengan membawa oleh-oleh khas daerah ini yang bisa kamu dapatkan dari toko suvenir.

25. Masjid 99 Kubah Makassar

Sesuai namanya, masijd yang satu ini memiliki total 99 kubah, yang konon diambil dari jumlah asmaul husna. Tak heran jika masjid ini sering disebut sebagai salah satu masjid paling unik. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, arsitektur uniknya juga menarik perhatian turis serta warga lokal.

26. Pulau Cangke

Jika kamu ingin bersantai dan melepas penat, Pulau Cangke bisa jadi pilihan yang sempurna. Di sini, pasir putih, debur ombak, serta pepohonan yang rimbun akan menemani waktu istirahatmu. Selain itu, pulau ini juga sering menjadi lokasi penyu bertelur.

27. Benteng Somba Opu

Benteng ini dulunya berfungsi sebagai pusat perdagangan dan pelabuhan untuk produk rempah-rempah. Kini, tempat tersebut sudah direnovasi dan tampil lebih cantik lagi sehingga banyak menarik perhatian wisatawan yang tertarik dengan wisata sejarah.

28. Pantai Tanjung Bayang

Karena memiliki bibir pantai yang luas dan panjang, pantai ini bisa menampung cukup banyak wisatawan. Tak heran jika pantai ini menjadi salah satu favorit warga lokal dan turis. Kamu bisa duduk, jalan-jalan santai, berenang, hingga main voli pantai di sini.

29. Pemandian Lejja

Jika kamu ingin bersantai sambil menikmati pemandangan, langsung saja ke Pemandian Lejja! Berendamlah di kolam air panas alami yang bermanfaat membantu menyembuhkan penyakit sembari menikmati pemandangan hutan lindung yang mengelilinginya. Dijamin akan membantumu melepas penat!

30. Vihara Girinaga

Vihara 9 lantai dengan ketinggian 30 meter ini adalah salah satu bangunan bersejarah di Makassar yang hingga kini masih berfungsi sebagai tempat ibadah. Area dalamnya masih lengkap dengan patung dan arca yang terawat dengan baik. Kemegahannya bahkan sudah bisa terlihat dari jauh.

Cara Menuju ke Sulawesi Selatan

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Sulawesi Selatan adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar Pulau Sulawesi, ini adalah cara terbaik untuk mencapai kota-kota di Sulawesi Selatan. Bandara utama di sini ada di Makassar, yaitu Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Bus

Kamu bisa menggunakan bus untuk mencapai kota-kota di Sulawesi Selatan jika kamu juga berangkat dari kota lain yang ada di Pulau Sulawesi. Sebagai ibukota provinsi, Makassar umumnya memiliki lebih banyak koneksi bus dengan kota lain. Kamu bisa mencari rute bus menuju Makassar lebih dulu, baru kemudian melanjutkan perjalanan dengan transportasi lain jika ingin ke kota-kota lain di Sulawesi Selatan.

Kapal

Kamu juga bisa menggunakan kapal untuk mencapai Makassar, termasuk jika kamu berangkat dari luar Pulau Sulawesi, seperti Jakarta, Ambon, Papua, Surabaya, dan Kalimantan Timur.

Akomodasi di Sulawesi Selatan

Jenis akomodasi yang akan banyak kamu temukan di masing-masing kota tentu berbeda. Di Makassar, ada lebih banyak hotel bintang 3 sampai 5 di pusat kota dengan gedung tinggi serta kamar dan fasilitas lengkap.

Di Tana Toraja dan Parepare, ada lebih banyak penginapan bintang 1 sampai 3 dengan kamar dan fasilitias minimalis. Meski, tentu ada juga hotel bintang 4 yang menawarkan kamar yang lebih luas serta fasilitas yang lebih mewah.

Temukan hotel yang paling sesuai di tiket.com dan pesan sekarang untuk melengkapi rencana perjalananmu!

Spot Instagram-able di Sulawesi Selatan

Provinsi ini memiliki banyak lokasi wisata yang tak hanya menawarkan kegiatan menyenangkan, tapi juga spot foto yang keren, seperti:

Makassar

  • Pantai Losari
  • Pulau Samalona

Maros

  • Taman Nasional Bantimurung

Gowa

  • Malino

Bulukumba

  • Pantai Tanjung Bira
  • Pusat Kerajinan Perahu Pinisi

Tana Toraja

  • Gua Tampang Alo
  • Desa Ke ‘te Kesu

Pangkep

  • Pulau Kapoposang
  • Pulau Cangke

Kuliner di Sulawesi Selatan

Makanan Sulawesi Selatan sudah terkenal kelezatannya di banyak kota di Indonesia. Jadi, saat berwisata ke sini, jangan lupa untuk mencoba makanan-makanan lezat ini:

  • Coto Makassar: kuah berisi jeroan sapi dan disajikan bersama ketupat dan burasa.
  • Sup Konro: sup dengan isi iga sapi yang sudah direbus.
  • Es Pisang Ijo: pencuci mulut berisi pisang yang dibalut tepung berwarna hijau, sirup, bubur sumsum, dan es serut.
  • Sop Saudara: kuah berisi daging sapi, bihun, telur rebus, dan perkedel.
  • Pisang Epe: Pisang mentah yang dibakar kemudian dicampur gula aren.

Makanan Vegan / Vegetarian

Ada cukup banyak restoran khusus makanan vegetarian di Sulawesi Selatan, terutama di kota yang lebih besar seperti Makassar.

Belanja di Sulawesi Selatan

Sebagai ibukota provinsi, kamu akan lebih banyak menemukan pusat perbelanjaan yang lengkap di Makassar.

Makassar

  • New Makassar Mall
  • Mall Panakkukang
  • Makassar Town Square
  • Pusat Grosir Butung

Parepare

  • Toko Sinar Terang (toko oleh-oleh)

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Sulawesi Selatan

Musim

Waktu terbaik untuk berwisata ke sini secara umum adalah antara bulan Juni dan Oktober.

Suhu Rata-Rata

Suhu rata-rata di Sulawesi Selatan secara umum sepanjang tahun adalah sekitar 26 derajat Celsius (78.8 derajat Fahrenheit).

Festival

Tana Toraja sudah sering menjadi destinasi utama wisatawan yang ingin melihat festival budaya yang keren dan unik. Bulan Agustus sering disebut sebagai bulannya festival di Toraja. Ada berbagai penampilan tarian dan kesenian sepanjang bulan di desa-desa sekitar. Selain itu, ada perayaan 17 Agustus juga pada bulan ini.

Ada juga Festival Pinisi di Kabupaten Bulukumba (tanggal berubah setiap tahun). Acara ini bertujuan menampilkan keindahan perahu tradisional pinisi dan juga mengajak para wisatawan menikmati pemandangan alam yang indah di sini.

Cara Berkeliling di Sulawesi Selatan

Untuk berpindah kota, saat ini, cara terbaik adalah menggunakan mobil atau bus. Meski begitu, telah ada rencana pembangunan jalur kereta di Sulawesi yang setelah selesai, akan memudahkan perjalanan warga lokal dan wisatawan untuk berkeliling Sulawesi.

Untuk berkeliling di dalam kota, kamu bisa menggunakan sejumlah transportasi umum. Misalnya saja Pete-Pete (seperti angkot atau mikrolet di kota lain) yang ada di Makassar. Kemudian, ada juga Bus Rapid Transit (BRT) yang kini hadir di sejumlah kabupaten di Sulawesi Selatan. Dan ada juga becak dan ojek yang tersedia di berbagai kabupaten.

Transportasi online kini juga sudah mudah ditemukan di Sulawesi Selatan, terutama di kota-kota yang lebih besar seperti Makassar.

Seberapa Luas Sulawesi Selatan

Secara total, luas provinsi ini adalah 46.717 kilometer persegi dan untuk mencoba semua aktivitas menyenangkan di Sulawesi Selatan, kamu perlu menghabiskan sekitar satu minggu di sini. Selama waktu tersebut, kamu bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata di Sulawesi Selatan yang paling terkenal, seperti:

  • Pantai Losari (Makassar)
  • Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (Maros/Pangkajene)
  • Pegunungan Malino (Gowa)
  • Pulau Kapoposang (Pangkep)
  • Pulau Samalona (Makassar)
  • Pantai Tanjung Bira (Bukulumba)
  • Pantai Appalarang (Bukulumba)
  • Trans Studio Makassar
  • Ke ‘te Kesu (Tana Toraja)
  • Pemandian Air Panas Lejja (Soppeng)
  • Taman Laut Takabonerate (Kepulauan Selayar)

Mata Uang Sulawesi Selatan

Rp / IDR (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Sulawesi Selatan

Bahasa resmi di sini, seperti kota lainnya di Indonesia, adalah Bahasa Indonesia. Namun, warga lokal biasanya masih banyak menggunakan bahasa daerah untuk berkomunikasi sehari-hari. Bahasa daerah yang paling banyak digunakan adalah Bahasa Bugis.

Zona Waktu Sulawesi Selatan

WITA / GMT+8.

Jenis Stop Kontak di Sulawesi Selatan

  1. Jenis stop kontak di Sulawesi Sulatan adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Sulawesi Selatan

  1. Banyak menu makanan di sini yang non-halal. Kamu bisa bertanya lebih dulu sebelum menyantap di restoran manapun.
  2. Jangan kenakan pakaian berwarna hitam karena cuaca di sini cukup panas.
  3. Kenakan pakaian yang tertutup namun dengan bahan lebih tipis, seperti kaus lengan pendek, celana panjang atau selutut, dan sepatu berjalan yang nyaman.
  4. Bawa juga tabir surya dan topi untuk melindungi kulitmu dari terik matahari.
  5. Air keran di sini bukan untuk diminum.
  6. Jangan mengotori tempat wisata.
  7. Hormatilah budaya dan penduduk lokal, terutama saat kamu sedang menyaksikan festival atau acara yang sifatnya sakral.

Destinasi Favorit di Sulawesi Selatan