Shanghai
Tentang

Shanghai merupakan sebuah kota yang modern di China dengan banyak gedung pencakar langit serta hotel mewah. Kota ini bisa jadi pilihan destinasi yang menarik untuk dikunjungi karena memiliki banyak tempat bersejarah serta tempat wisata modern.


Selalu ada hal baru dan menarik untuk dilakukan setiap kali kamu datang berkunjung ke Shanghai. Ada banyak museum dan galeri seni. Beberapa di antaranya adalah Shanghai Museum dan China Art Museum. Jika kamu datang ke Shanghai, kamu bisa jalan-jalan ke taman dan kebun yang ada di kota, atau mengunjungi pagoda dan kuil yang tak kalah menawan.


Salah satu ikon kota yang terkenal di sini adalah The Bund, yang merupakan kawasan tepi laut di pinggiran Huangpu River. Ada beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di tempat ini seperti jalan-jalan di sore hari, foto-foto, atau naik perahu sambil menikmati pemandangan.


Dari The Bound, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit untuk menuju ke Nanjing Road. Di tempat itu kamu bisa belanja banyak barang menarik karena ada ratusan toko yang menjual suvenir, jajanan, dan beragam produk lain dari China. Tempat ini cocok banget untuk belanja oleh-oleh.


Tempat wisata yang terkenal lainnya adalah The Jade Buddha Temple, Longhua Temple, dan Yu Garden. Setiap tempat memiliki keunikannya masing-masing. Jika kamu berencana untuk liburan ke Shanghai, jangan lupa untuk memesan tiket ke tempat wisata yang kamu inginkan melalui tiket.com.


Ada lagi tempat wisata di Shanghai yang tak kalah menarik adalah Waibaidu Bridge. Dari situ kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang cantik dan romantis. Banyak film terkenal yang menggunakan jembatan ini sebagai set-nya. Jangan lupa juga untuk foto-foto bersama pasanganmu di atas jembatan cantik di Shanghai ini.

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Shanghai

Informasi mengenai tempat wisata di Shanghai.

Apa itu tiket CLEAN di Shanghai?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Shanghai tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Shanghai yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Shanghai

Shanghai adalah kota metropolitan di Tiongkok yang penuh dengan gedung-gedung pencakar langit dan berbagai tempat wisata modern yang ikonik. Kamu dapat berkunjung ke The Bund, ke area pemukiman orang Perancis di tengah kota yaitu French Concession, ke bangunan pencakar lagin super tinggi di area Pudong yaitu Dek Observasi di Shanghai World Financial District, dan ke kuil tertua di Shanghai yang mempunyai sejarah Panjang yaitu Longhua Temple.

Kota ini cocok dijadikan destinasi wisata keluarga karena banyaknya tempat wisata di Shanghai yang cocok untuk segala usia.

Cara Menuju ke Shanghai

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Shanghai adalah dengan:

Pesawat

Shanghai memiliki 2 bandara utama. Bandar Udara Internasional Pudong Shanghai untuk melayani penerbangan internasional dan Bandar Udara Internasional Hongqiao yang melayani sebagian besar penerbangan domestik.

Bus

Di Shanghai juga terdapat stasiun bus jarak jauh. Salah satunya adalah stasiun bus yang ada di distrik Zhabei No. 1666. Stasiun ini merupakan yang terbesar dan mekayani sebagian besar tujuan di Provinsi Jiangsu, Zhejiang, Beijing, dan Guangzhou.

Kapal

Jika kamu berasal dari Jepang, terdapat layanan feri dari Kobe dan Osaka setiap minggu. Begitu juga buat kamu yang dari Hong Kong.

Kereta

Shanghai memiliki beberapa stasiun utama. Di antaranya adalah stasiun kereta Shanghai tertua yang terletak di distrik Zhabei. Kereta dari stasiun ini memiliki rute ke Hong Kong.

Akomodasi di Shanghai

Kamu akan lebih banyak menemukan penginapan di gedung yang berbintang 3 ke atas di Shanghai. Temukan dan pesan kamarnya sekarang di tiket.com untuk harga yang terjangkau dan pemesanan yang mudah.

Spot Instagram-able di Shanghai

Berbagai lokasi wisata modern atau tempat wisata alam di Shanghai bisa jadi spot foto yang sempurna. Beberapa di antaranya adalah Shanghai Film Park, Qibao, The Oriental Pearl Tower, Jin Mao Tower and Skywalk, Tianzifang, The Bund, Yu Garden, Gongqing Forest Park, Shanghai Disneyland , dan Park Xinhua Bookstore.

Kuliner di Shanghai

Kamu bisa menemukan berbagai makanan lezat khas Tiongkok di sini:

  • Kwetiau: dibuat dari tepung beras dengan tekstur kenyal dan dimasak dengan cara digoreng atau disiram kuah.
  • Tahu Mapo: tahu yang dipotong dadu kemudian dibumbui dan dimasak dengan saus pedas.
  • Bebek Peking: menggunakan daging bebek yang diberi makan bubur biji-bijian bergizi sebelum dimasak.
  • Jian Bing: semacam crepes atau kebab yang biasa dimakan sebagai menu sarapan.
  • Dim Sum: terbagi menjadi empat kategori yaitu kukus, goreng, manis, dan ceker. Rasanya sendiri gurih dan lezat dan biasanya dimakan dengan saus spesial.

Makanan Vegan dan Vegetarian

Kamu tidak akan sulit menemukan makanan vegetarian di Shanghai karena banyak restoran yang memiliki sajian menu untuk vegetarian. Menu yang akan sering kamu temukan adalah buah-buahan, sayur, dan jamur.

Belanja di Shanghai

Ada banyak pusat perbelanjaan di Shanghai yang bisa kamu kunjungi untuk membeli berbagai macam produk lokal. Beberapa di antaranya adalah:

  • East Nanjing Road: hampir semua jenis pusat perbelanjaan berkumpul di sini. Mulai dari mal yang megah, department store, hingga butik-butik fesyen dari merk lokal pun tersedia.
  • West Nanjing Road: Kamu akan menemukan berbagai macam barang fesyen, perhiasan, kosmetik, barang elektronik, souvenir, dan peralatan peralatan rumah tangga.
  • Middle Huahai Road: Ini adalah lokasi yang tepat untuk dikunjungi jika kamu mencari barang-barang branded.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Shanghai

Musim

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada musim gugur, yaitu antara bulan Oktober dan November. Pada saat ini, cuaca tidak terlalu panas atau dingin, kota tidak ramai turis, dan kota dipenuhi pemandangan indah.

Suhu Rata-Rata

Di musim dingin (November - Februari) suhu rata-rata di sini adalah 0 derajat Celsius (32 derajat Fahrenheit) meskipun jarang ada salju. November ? April. Di musim semi (Maret - Mei), suhu rata-rata naik menjadi 24 derajat Celsius (75.2 derajat Fahrenheit). Memasuki musim panas (Juni - September), suhu rata-rata naik lagi menjadi 25 derajat Celsius (77 derajat Fahrenheit). Sedangkan di musim gugur (September - November), suhu rata-rata turun lain menjadi 20 derajat Celsius (68 derajat Fahrenheit).

Festival

Jika kamu berkunjung pada saat musim semi yaitu sekitar bulan Maret ? Mei, maka kamu bisa menikmati beberapa festival yang sering diadakan pada musim semi :

  • Festival Bunga Tahunan: diadakan setiap bulan Maret di Haiwan Forest Park (pinggiran selatan Shanghai). Taman ini memiliki 40.000 pohon prem yang bermekaran pada pertengahan Februari dan akhir Maret.
  • Festival Perahu Naga : Berupa tradisi mandi dengan air rempah di baskom besar untuk anak-anak Kotapraja Ziqui, Provinsi Hubei.

Cara Berkeliling di Shanghai

Transportasi umum utama di sini adalah Metro dan bus. Metro beroperasi di bawah tanah dengan rute yang lengkap. Untuk bus, tarifnya lebih murah dari Metro namun perjalanannya lebih lambat. Kamu bisa juga mengandalkan taksi jika ingin berpergian dengan lebih praktis. Namun, kamu juga harus menghadapi macet dan tarif yang lebih mahal.

Feri juga tersedia di dalam kota, namun hanya untuk perjalanan dari Bund dan Distrik Lujiazui di Pudong.

Seberapa Luas Shanghai

Shanghai memiliki luas daerah 6.340 kilometer persegi dan untuk mengeksplorasinya, kamu memerlukan waktu sekitar 3 sampai 4 hari di sini. Selama waktu tersebut, kamu bisa berkeliling ke tempat wisata di Shanghai yang paling terkenal dan mencoba berbagai aktivitas seru di Shanghai. Beberapa di antaranya adalah bermain seharian di Shanghai Disneyland, berkunjung ke Kebun Yu, berkunjung ke Kuil Longhua yang terkenal atas pagoda tujuh tingkatnya, menikmati suasana Eropa buatan di The Bund, dan berwisata ke Museum Shanghai yang memiliki arsitektur unik.

Mata Uang Shanghai

CNY (China Yuan).

Bahasa di Shanghai

Bahasa utama dan resmi di sini adalah Bahasa Mandarin.

Zona Waktu Shanghai

GMT+8.

Jenis Stop Kontak di Shanghai

Jenis steker yang digunakan adalah tipe A. Tipe ini memiliki 2 pin paralel datar. Biasa digunakan juga di berbagai wilayah Asia seperti Bangladesh, Kamboja, Filipina, Jepang, Myanmar, Taiwan, Thailand, Maldives dan Vietnam.

Informasi Penting Tentang Shanghai

  1. Berjalanlah searah jarum jam saat melakukan tur klenteng atau biara.
  2. Jika kamu berkunjung ke sebuah kuil bersejarah atau tempat suci lainnya, kenakan pakaian yang sopan dan tertutup.
  3. Lepaskan topimu saat memasuki kuil sebagai tanda hormat.
  4. Jangan memotret tanpa izin.
  5. Jangan berjabat tangan terlalu kuat karena orang bisa menganggapmu terlalu agresif.
  6. Kenakan pakaian yang lebih santai dan terbuka di musim panas namun tetap sopan.
  7. Di musim dingin, kenakanlah pakaian yang tebal, berlapis, dan tertutup. Bawa juga sarung tangan, penutup telinga, dan kaus kaki.
  8. Udara di musim semi dan gugur umumnya cukup sejuk dan bahkan dingin. Sebaiknya kamu menggunakan pakaian yang berlapis dengan luaran yang mudah dilepas, seperti jaket dan syal.