Sarawak
Tentang

Sarawak adalah salah satu negara bagian Malaysia yang terletak berbatasan dengan Pulau Kalimantan, Indonesia. Berbeda dengan negara bagian lainnya di Semenanjung Malaysia yang sebagian besarnya adalah suku Melayu, Sarawak lebih banyak didominasi oleh suku Dayak. Nah, sobat tiket pasti pernah mendengar Kota Kuching, kan?


Kuching merupakan ibu kota Sarawak, yang cukup terkenal akan wisata budaya, wisata sejarah, kawasan rekreasi konservasi, hingga wisata belanja. Jadi, jika kamu pergi liburan ke Sarawak, jangan khawatir karena negara bagian ini menawarkan banyak tempat menarik dan seru untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah Fort Margherita, The Astana Kuching, Kuching Orchid Garden, Cat Museum, dan Tua Pek Kong Temple.


Jika kamu mau berbelanja, kamu bisa pergi ke kawasan Chinatown atau Main Bazaar. Dua tempat ini menawarkan berbagai macam souvenir asal Sarawak dan tempat kuliner yang wajib kamu cicipi. Namun jika kamu ingin melihat pemandangan Sarawak yang menakjubkan, Gunung Mulu National Park adalah destinasi yang wajib ada di itinerary.


Selain Gunung Mulu, ada beberapa tempat wisata alam lainnya dengan pemandangan indah seperti Bako National Park atau Niah National Park. Nah, terbukti kan banyak pilihan tempat wisata di Sarawak yang bisa kamu kunjungi? Segera pesan tiket masuk ke tempat wisata di Sarawak melalui tiket.com!


Dengan proses booking yang mudah dan cepat, kamu bisa mendapatkan tiket yang kamu mau hanya dengan beberapa sentuhan jari. Terlebih lagi, kamu juga bisa memesan tiket pesawat dan hotel sekaligus dalam satu aplikasi, dengan berbagai promo menarik. Instal aplikasi tiket.com dan temukan berjuta aktivitas seru untuk mendapatkan pengalaman baru di Sarawak!


Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Sarawak

Informasi mengenai tempat wisata di Sarawak.

Apa itu tiket CLEAN di Sarawak?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Sarawak tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Sarawak yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di Sarawak

Aneka tempat wisata alam, mulai dari pegunungan yang menjulang tinggi hingga ragam populasi margasatwa di taman nasional akan ditemui saat ke Sarawak, negara bagian Malaysia. Selain wisata alam, Sarawak juga menjadi rumah bagi masyarakat dan kelompok etnis asli Malaysia.

Ingin menikmati liburan seru bersama keluarga di Sarawak? Kamu dan keluarga bisa mengunjungi Cat Museum yang di dalamnya memiliki sejumlah koleksi bertemakan kucing. Suka dengan wisata budaya? Kamu dan teman-temanmu bisa berkunjung ke Entulang Long Houses, rumah asli masyarakat Miri.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Sarawak

Berbagai objek wisata di Sarawak dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pulau dan pantai yang cantik. Namun, ada juga sejumlah lokasi bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini. Berikut ada 30 destinasi wisata terbaik di Sarawak yang kami rekomendasikan!

1. Fort Margherita

Tempat wisata di Sarawak ini merupakan benteng tua yang bersejarah dan memiliki makna penting dalam sejarah Sarawak. Untuk kamu yang menyukai wisata sejarah, cocok banget datang ke Fort Margherita. Di benteng ini terdapat sebuah meriam yang kala itu berfungsi untuk menggempur musuh.

2. Museum Kucing

Ketika mengunjungi Kota Sarawak tak perlu pusing melihat banyak instalasi kucing. Pasalnya, kucing memang menjadi lambang kota ini. Museum kucing bisa jadi salah satu destinasi wisata di Sarawak yang wajib dikunjungi untuk melihat sejumlah koleksi yang bertemakan kucing. Di sini, terdapat artefak kucing dan patung kucing yang didatangkan dari berbagai negara sehingga cocok banget untuk wisata keluarga. Beberapa koleksi yang banyak menarik perhatian pelancong adalah hello kitty, garfield, whisker, dan friskies.

3. Kuil Tua Pek Kong

Tua Pek Kong merupakan kuil yang menjadi destinasi wisata yang terkenal di Sarawak. Tempat wisata di pusat Kota Sarawak ini dibangun dengan latar belakang perbukitan yang indah dan menyejukkan.

4. Kuching Waterfront

Kuching Waterfront adalah ikon destinasi wisata hits yang ada di Kota Sarawak. Tempat wisata ini merupakan lokasi yang menawarkan pemandangan Astana, Fort Margherita, dan Kampung Melayu di seberang sungai. Selain menikmati pemandangan dari tepi sungai, kamu juga bisa menggunakan kapal wisata yang disediakan pengelola untuk berkeliling sungai.

5. China Town

Chinatown adalah salah satu tempat wisata di Kota Sarawak yang wajib dikunjungi. Selain karena kelenteng-kelenteng beratap yang bernuansa oriental, Chinatown juga memiliki hal menarik lainnya. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai produk lokal dengan harga yang murah dan wisata kuliner khas Malaysia.

6. Masjid Agung Kuching

Untuk kamu yang ingin wisata religi, tidak ada salahnya mengunjungi Masjid Agung Kuching. Masjid ini sudah berdiri sejak tahun 1852 dan merupakan salah satu masjid paling tua yang ada di Kota Sarawak. Hal menarik dari masjid ini adalah ribuan nisan kuno yang tersebar di halaman masjid yang merupakan lokasi pekuburan lama masyarakat di Kampong Air. Jika kamu berjalan ke bagian belakang masjid, kamu dapat melihat pemandangan sungai Sarawak yang indah.

7. Kuching Orchid Garden

Kuching Orchid Garden menjadi salah satu daya tarik tempat wisata di Kota Sarawak. Tempat wisata hits ini merupakan taman kota dengan berbagai macam bunga anggrek yang memiliki banyak koleksi yang terdiri atas lebih dari 112 spesies anggrek dengan jumlah tanaman mencapai 79 ribu. Sebagian besar koleksi anggrek di dalamnya merupakan spesies Borneo. Salah satu anggrek Borneo yang paling terkenal adalah Lady Slipper. Bila kamu penggemar atau pengoleksi tanaman anggrek, tentunya tidak boleh melewatkan mengunjungi tempat wisata satu ini.

8. Gunung Mulu

Gunung Mulu adalah destinasi wisata di Sarawak yang gemar dikunjungi pelancong. Gunung ini memiliki struktur pegunungan yang serupa dengan pegunungan Indonesia, seperti gua dan formasi batu kapur yang indah. Untuk kamu yang suka trekking, Gunung Mulu bisa jadi pilihan. Di sini juga ada bukit lambir yang memiliki air terjun dan berbagai satwa liar yang ekosistemnya dijaga ketat.

9. Kampung Budaya

Satu lagi tempat wisata budaya yang wajib dikunjungi di Sarawak adalah Kampung Budaya. Di tempat ini kamu berkesempatan mempelajari secara langsung budaya yang dimiliki oleh Sarawak. Terdapat tujuh bangunan rumah adat yang sangat kental akan budaya Sarawak, yaitu rumah adat Iban, Melayu, Cina, Penang, Bidayuh, Melanau, dan Orang Ulu. Ketujuh rumah adat ini berdiri tegak di area yang memiliki luas lebih kurang 7 hektar.

10. Siniawan

Tempat wisata kuliner lainnya yang juga menyajikan kuliner khas Kota Sarawak adalah kawasan wisata Siniawan. Di sini, ada berbagai olahan masakan yang siap menggoyang lidah wisatawan, seperti Ayam Pansuh, Lemang, Ikan Bakar,  Sate, hingga aneka olahan makanan laut. Tempat wisata kuliner satu ini dapat kamu kunjungi pada malam hari.

11. Kuching Civic Centre

Menara yang merupakan salah satu ikon Kota Kuching yang wajib dikunjungi. Tempat wisata di Sarawak ini menawarkan pemandangan 360 derajat bandara Kuching dari ketinggian di atas Kuching Civic Centre.

12. Taman Negara Gunung Gading

Ingin melihat spesies flora langka bunga bangkai atau raflesia? Kamu bisa melihat keberadaanya di Taman Negara Gunung Gading. Bunga bangkai yang merupakan bunga spesies terbesar di dunia ini bisa berkembang hingga diameter yang besar saat mekar.

13. Taman Negara Niah

Taman Negara Niah menawarkan wisata sejarah melalui berbagai macam peninggalan arkeolog dari 40.000 tahun yang lalu. Tempat wisata di Sarawak ini bisa jadi alternatif wisatamu untuk mengunjungi gua Niah. Terdapat beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan, seperti jungle trekking, mengunjungi traders cave, melawat ke Kuala Gankira dan Rumah Chang.

14. Taman Negara Mulu

Ingin melihat fenomena alam yang unik di Sarawak? Kamu bisa mengunjunginya di Taman Negara Mulu. Keindahan panorama alamnya yang hijau bisa memanjakan matamu lho! Terdapat batu vulkanik yang telah ada sejak ribuan tahun lalu menawarkan keindahan yang fenomenal. Selain itu, ada juga gua batu kapur yang bisa kamu nikmati keindahanya.

15. Taman Negara Bako

Taman Negara Bako menawarkan keindahan alam dan panorama yang unik. Tempat wisata di Sarawak ini menjadi habitat para monyet berhidung besar atau monyet proboscis. Tak hanya itu, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan pantai, air terjun, hutan bakau, dan lainnya.

16. Museum Tekstil

Tempat wisata sejarah lainnya di Sarawak yang wajib dikunjungi adalah Museum Tekstil. Bangunan indah dan penuh dengan seni ini didirikan dengan seni bangunan British Renaissance. Didirikan pada tahun 1907, museum ini memiliki koleksi tekstil yang berasal dari masyarakat Sarawak. Kamu juga bisa melihat pembuatan tekstil modern lho!

17. Kuching Wetlands National Park

Taman wisata yang satu ini jarang diketahui para pelancong. Padahal, objek wisata di Sarawak ini terdiri dari laut, pantai, dan ekosistem air tawar yang membuat tempat ini cocok untuk yang ingin memacu adrenalin. Penasaran seperti apa keseruannya?

18. Pasar Serikin

Pasar tradisional ini menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Sarawak. Kawasan ini cocok untuk kamu yang ingin berbelanja produk tradisional, seperti kerajinan tangan, batik, tikar, perabot tradisional, kuliner khas Sarawak, dan lainnya.

19. Hutan Simpan Semenggoh

Apa saja ya yang menarik dari Sarawak? Ya, salah satunya adalah melihat habitat orangutan. Sarawak menjadi kawasan yang cocok untuk melihat kehidupan orangutan karena letaknya berdekatan dengan Pulau Kalimantan, Indonesia. Spesies ini dilindungi di Hutan Simpan Semenggoh dan ditujukan untuk merehabilitasi serta mengembangkan spesies orangutan yang langka.

20. Pantai Damai

Pantai yang indah dan suasana yang menenangkan bisa kamu ketika di Sarawak dengan mengunjungi Pantai Damai yang ada di Kuching. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan bebatuan yang indah. Tak hanya itu, kamu juga bisa berkeliling di hutan tropis yang ada di kawasan pantai. Pantai Damai pun cocok untuk wisata keluarga.

21. Tugu Kuching

Liburan ke Kuching tak lengkap jika tidak mengunjungi Tugu Kucing yang menjadi ikon wisata di kota ini. Tempat ini menjadi spot instagramable yang wajib dikunjungi para pelancong. Lokasinya pun strategis karena dekat dengan pusat perbelanjaan.

22. Museum Sarawak

Tertarik dengan kebudayaan dan cerita sejarah Kota Kuching? Enggak ada salahnya mengunjungi Museum Sarawak. Museum ini menyimpan harta karun atau barang-barang antik, cerita sejarah, rumah panjang, hingga boneka binatang. Museum Sarawak pun cocok untuk wisata keluarga.

23. Main Bazaar

Terletak di jalan utama Kota Kuching, Main Bazaar cocok untuk kamu yang berburu segala aksesoris, cinderamata, kerajinan tradisional, dan lainnya dengan harga yang murah.

24. Esplanade & Astana Kuching

Jika kamu bosan dengan tempat wisata yang ramai, mungkin The Esplanade Kuching bisa jadi destinasi wisata di Sarawak yang menarik dikunjungi. Objek wisata di Kota Limbang ini ramai saat sore hari karena tempat ini menjadi lokasi yang pas untuk menikmati matahari terbenam. Kamu juga bisa lho menyewa perahu untuk menyusuri Sungai Sarawak.

25. Taman Nasional Kubah

Ketika berkunjung ke Kuching, jangan lupa melipir ke Taman Nasional Kubah. Di sini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan indah khas pegunungan. Kamu juga bisa melihat air terjun yang cantik dikelilingi pepohonan rindang. Tak pelak, taman nasional ini cocok banget untuk wisata keluarga.

26. Orchid Park

Orchid Park merupakan objek wisata di Sarawak yang menyuguhkan bunga-bunga anggrek nan cantik. Tidak hanya satu jenis bunga, tetapi ada juga berbagai macam jenis bunga anggrek yang ada di Orchid Park. Menariknya lagi, lokasi ini sangat instagramable lho! Jangan lupa foto-foto ya.

27. Sarawak Cultural Village

Jika di Jakarta punya Taman Mini Indonesia Indah, maka Kuching memiliki Sarawak Cultural Village. Di sini, kamu bisa mengetahui sejarah tentang asal usul suku yang mendalami wilayah Sarawak. Tak hanya itu, kamu dapat menyaksikan pertunjukan seni tradisional dan melihat rumah-rumah adat. Nikmati juga beberapa kuliner yang disajikan sejumlah tempat makan.

28. Entulang Long House

Berkunjung ke kawasan Miri, Sarawak, sebaiknya melipir ke Entulang Long Houses yang merupakan rumah asli masyarakat Miri. Rumah ini memiliki panjang yang tak terkira dan terdiri dari kumpulan rumah satu keluarga yang berjajar dan terus menyambung tanpa sekat. Dari luar, kamu bisa melihat bangunan dari kayu yang begitu panjang.

29. Lambir Hills National Park

Kamu pecinta wisata alam dan suka tantangan? Jangan lupa mampir ke Lambir Hills National Park di Miri. Taman nasional ini merupakan salah satu dari empat taman nasional yang ada di Sarawak. Dengan luas 6.952 hektar, terdapat beragam spesies flora dan fauna yang dilindungi di sini.

30. Klenteng San Ching Tian

Bukan hanya masyarakat Melayu yang tinggal di distrik Miri, melainkan masyarakat keturunan Tionghoa juga menghuni di sini. Tak pelak, terdapat tempat ibadah agama Tao, yaitu Klenteng San Ching Tian. Klenteng terbesar di Asia Tenggara ini kental dengan ornamen oriental berwarna merah dan dibangun pada tahun 2000. Kamu dapat menikmati keindahan klenteng ini yang menarik di setiap sudutnya dan pastinya instagramable!

Cara Menuju ke Sarawak

Pesawat

Jika kamu berangkat dari Indonesia, salah satu pilihanmu adalah pesawat dan terdapat rute yang langsung ke Sarawak. Jika kamu berangkat dari Benua Australia, Amerika, dan Eropa, kamu bisa menggunakan pesawat dan kemungkinan kamu harus transit terlebih dahulu.

Bus

Jika kamu berangkat dari Pontianak, Kalimantan Barat, bus adalah salah satu pilihan transportasi darat yang memiliki rute Pontianak ke Kuching, Ibu Kota Sarawak.

Akomodasi di Sarawak

Sarawak menyediakan banyak jenis akomodasi, mulai dari yang mewah hingga yang lebih terjangkau harganya. Selain hotel, kamu bisa dengan mudah menemukan villa, apartemen, dan homestay. Pesan hotel ke Sarawak di tiket.com sekarang untuk harga terbaik!

Spot Instagrammable di Sarawak

Buat kamu para pecinta foto instagramable, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat ini, yaitu Chinatown; Cat Museum; Puncak dan Goa Mulu; Pantai Damai; dan rumah panjang di Borneo.

Kuliner Sarawak

Soal kuliner, Sarawak memiliki khasanah makanan yang menarik dicicipi. Beberapa makanan yang menarik tersebut, yaitu ayam pansuh; ikan kerapu kukus; cumi saus tiram; sup Haisom; dan Ocien alias oyster cien, tiram besar yang digoreng bersama tepung.

Makanan Vegan/Vegetarian

Restoran vegan dan vegetarian banyak tersedia di Miami di berbagai restoran, seperti di Lepau Restaurant dan Zhun San Yen Vegetarian Food.  Selain itu, kamu bisa juga membeli bahan makanan sendiri di pasar atau supermarket dan memasaknya sendiri di penginapanmu.

Belanja di Sarawak

Sarawak memiliki banyak tempat perbelanjaan yang menarik. Mulai dari mal besar hingga pusat perbelanjaan outdoor, seperti Plaza Merdeka dan Boulevard Shopping Mal. Produk yang bisa kamu beli bervariasi, mulai dari barang-barang fashion lokal atau internasional, hingga camilan khas Sarawak.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Sarawak

Musim

Sarawak memiliki dua musim, yakni musim hujan dan kemarau. Secara umum, waktu terbaik berkunjung ke Sarawak adalah waktu musim kemarau pada Maret dan Oktober. Hal itu akan membuat perjalanan kamu menjelajahi Sarawak lebih mudah.

Festival

Punya ketertarikan dengan budaya, musik, dan kesenian? Sarawak punya Rainforest World Music Festival yang merupakan agenda tahunan setiap Juli. Tak hanya itu, festival yang menarik adalah saat tahun baru Imlek di Kuching yang menyuguhkan pesta kembang api di Water Front dan pawai budaya.

Cara Berkeliling di Sarawak

Sarawak memiliki moda transportasi yang terintegrasi dan memudahkan pengunjung untuk menjelajah wilayah Malaysia Timur ini. Moda transportasi yang bisa digunakan, yaitu bus yang bisa ditemukan di terminal maupun aplikasi online; taksi konvensional dan online.

Seberapa Luas Sarawak

Dengan luas 124.450 km persegi, kamu bisa dengan mudah menjamah segala tempat wisata di Sarawak dengan durasi waktu yang singkat maupun lama.

Beberapa destinasi yang wajib dikunjungi, yakni Museum Kucing yang mengoleksi artefak kucing dan patung kucing dari seluruh dunia. Tua Pek Kong, kuil yang terletak di Kuching bisa menjadi salah wisata religi yang menarik. Kemudian, Kuching Waterfront, ikon pariwisata di Sarawak yang menawarkan hiburan dari siang hingga malam hari.

Mata Uang Sarawak

RM (Malaysia Ringgit).

Bahasa Sarawak

Bahasa utama dan resmi di sini adalah Bahasa Melayu.

Zona Waktu di Sarawak

Sebagai negara bagian Malaysia, Sarawak memiliki satu zona waktu lebih cepat delapan jam (GMT+8).

Jenis Stop Kontak di Sarawak

Jenis steker yang digunakan di Sarawak adalah tipe G. Tipe ini memiliki tiga lempeng besi dengan lubang di ujungnya, grounding, dan tegangan 220-240 V.

Informasi Penting Tentang Sarawak

Buat kamu para pecinta foto instagramable, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat ini, yaitu Chinatown; Cat Museum; Puncak dan Goa Mulu; Pantai Damai; dan rumah panjang di Borneo.

Destinasi Favorit di Sarawak

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya