Sabah
Tentang

Sabah adalah salah satu negara bagian Malaysia kedua terbesar setelah Sarawak. Negara bagian ini terletak berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia. Menjadi salah satu tujuan wisata di Malaysia, Sabah menawarkan beragam tempat wisata yang menarik untuk liburan bersama teman atau keluarga. Selain Kota Kinabalu, Sabah juga mempunyai beberapa pulau kecil di sekitarnya yang menjadi favorit para turis.


Mulai dari wisata alam, sejarah, hingga belanja, bisa kamu temukan semua di Sabah. Untuk kamu yang hobi mendaki gunung, kamu bisa mendaki gunung tertinggi di Borneo yaitu Gunung Kinabalu. Setelah itu, jangan lupa untuk mampir ke Desa Dairy Farm atau biasa disebut Desa Cattle Farm, di mana kamu bisa melihat pemandangan desa dengan latar belakang Gunung Kinabalu sambil mengeksplor peternakan sapi perah.


Selain itu, kamu juga bisa menikmati wisata alami yang menjadi daya tarik Kota Kinabalu, yaitu Poring Hot Spring. Di sini, kamu bisa mencoba melewati jembatan gantung, berfoto di hutannya, dan menikmati hari dengan berendam di sumber air panas.


Bosan dengan wisata pegunungan? Saatnya kamu pergi wisata bahari ke pantai! Sabah juga menawarkan banyak pulau-pulau cantik yang harus dijelajahi, seperti Pulau Mantanani, Pulau Sapi, dan Pulau Gaya. Jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh khas Sabah di Central Market ya, sobat tiket! Di sini kamu bisa tawar menawar untuk mendapatkan harga termurah, lho.


Sudah tertarik untuk liburan ke Sabah? Saatnya kamu pesan tiket pesawat menuju ke Bandara Internasional Kota Kinabalu di tiket.com! Pesan juga tiket masuk ke tempat wisata di Sabah melalui tiket.com untuk mempermudah perjalanan kamu mengeksplor Sabah dan sekitarnya. Ayo temukan berjuta aktivitas seru di tiket.com untuk mendapatkan pengalaman tak terlupakan!


Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Sabah

Informasi mengenai tempat wisata di Sabah.

Apa itu tiket CLEAN di Sabah?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Sabah tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Sabah yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di Sabah

Sabah adalah salah satu kota di Negara Malaysia yang kaya akan pesona-pesona alam dengan pemandangan indah dan menjadi pusat berbagai aktivitas wisata yang seru. Kamu bisa mendaki Gunung Kinabalu, berkunjung ke Taman Negara Gunung Kinabalu, bersantai dan menikmati pemandangan di Pulau Mabul, berkunjung ke Sepilok Orangutan Rehabilitation Centre, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa menjadikan kota ini destinasi solo traveling atau wisata keluarga.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Sabah

Berbagai objek wisata di Sabah dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pulau dan pantai yang cantik. Namun, ada juga sejumlah lokasi bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini. Berikut ada 30 destinasi wisata terbaik di Sabah yang kami rekomendasikan!

1. Signal Hill Observatorium

Tempat wisata di Kota Kinabalu ini merupakan spot terbaik untuk melihat pemandangan kota dari ketinggian, instagramable banget deh! Kamu disuguhkan dengan panorama matahari terbenam yang cantik dengan kesan dramatis karena matahari terlihat pelan-pelan tenggelam di balik gedung tinggi. Selain gedung-gedung tinggi, dari tempat wisata hits ini, kamu dapat melihat Laut China Selatan dari kejauhan.

2. Pulau Sapi

Salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat liburan di Kota Kinabalu adalah pantai yang ada di Pulau Sapi. Beberapa aktivitas asyik yang bisa kamu lakukan di sini, yakni Coral Flyer atau semacam flying fox dan snorkeling. Coral Flyer di Pantai Sapi panjangnya sekitar 771 kaki atau 235 meter serta kecepatan luncurnya mencapai 55 km per jam, berani coba?

3. Desa Dairy Farm

Ingin wisata dengan pemandangan alam seperti di Swiss? Kamu bisa berkunjung ke salah satu tempat wisata di Kota Kinabalu, yakni Desa Dairy Farm. Bentang alam di peternakan ini luar biasa menakjubkan. Bagaimana tidak, hamparan rumput yang hijau serta pegunungan di kejauhan berpadu menarik dengan birunya langit. Selain menikmati wisata alamnya yang apik, kamu juga bisa berinteraksi dengan sapi, seperti memberinya makan atau minum.

4. Sabandar Leisure Park

Destinasi wisata di Kinabalu ini menawarkan suasana ala-ala peternakan kuda bak negara Eropa. Atraksi menarik di objek wisata hits ini didapat saat berkunjung ke Cowboy Lodge yang berkonsep seperti kota lama Texas. Tak hanya itu, kamu juga bisa berkunjung ke hutan bakau yang rindang sehingga cocok untuk wisata keluarga.

5. Pantai Tanjung Aru

Satu lagi tempat wisata di Kinabalu yang cocok untuk menikmati momen matahari terbenam adalah di Pantai Tanjung Aru. Cantiknya pantai ini membuat kawasan ini populer di kalangan wisatawan karena instagramable.

6. Taman Nasional Kinabalu

Taman Nasional Kinabalu merupakan taman nasional di Malaysia sekaligus menjadi Situs Warisan Dunia Unesco pertama yang dimiliki negeri ini. Taman ini memiliki luas 754 km persegi dan dikelilingi Gunung Kinabalu. Di tempat wisata hits ini, kamu juga bisa mendaki gunungnya yang juga memberikan kesan liburan yang asyik. Kesejukan udara serta bentang alam yang istimewa adalah magnet yang dimiliki taman nasional ini.

7. Taman Tanjung Aru Perdana

Tempat wisata di Kota Kinabalu  ini adalah sebuah taman yang dikenal dengan Taman Tanjung Aru Perdana. Taman ini memiliki pemandangan yang cukup menarik, khususnya jika kamu datang di malam hari. Sebab, pada saat itu akan ada pertunjukan air mancur dengan kombinasi lampu warna-warni, tertarik?

8. Taman Peringatan Petagas

Bagi kamu yang tertarik wisata sejarah, enggak ada salahnya berkunjung ke Taman Peringatan Petagas. Tempat wisata di Kinabalu ini berjarak lebih kurang 0,6 km dari Bandara Kinabalu. Di sini, kamu akan menemukan sebuah taman yang dibangun mengenang sejarah peperangan yang terjadi di masa lampau.

9. Masjid Negeri Sabah

Destinasi wisata di Kinabalu ini terdapat di daerah Sembulan. Ciri khas Masjid Negeri Sabah adalah kubah besar berwarna emas yang dikelilingi kubah kecil yang juga berwarna emas. Masjid yang dibangun pada 1977 ini terbagi menjadi dua lantai, yakni lantai bawah untuk kaum laki-laki dan lantai atas untuk perempuan.

10. Pasar Malam Sinsuran

Ingin wisata kuliner? Kamu bisa berkunjung ke Pasar Malam Sinsuran yang menyajikan makanan dan bahan mentah. Ragam makanan yang bisa kamu temukan, seperti ikan, sayur, jagung, kacang, mi goreng, dan kue tradisional.

11. Taman Nasional Sipadan

Taman Nasional Sipadan merupakan tempat wisata di Kota Semporna, Sabah. Untuk kamu yang hobi menyelam, cocok banget berkunjung ke Sipadan. Di sini, kamu disuguhkan pemandangan hayati yang masih lestari di tengah iklim tropis. Terdapat banyak ikan yang akan kamu temui saat menyelam, seperti School of Jack Fish, Storm of Barracuda, dan Bumped Head Parrot Fishes.

12. Museum Tun Sakaran

Meskipun dikelilingi pulau-pulau kecil, Kota Semporna juga memiliki museum. Museum yang wajib dikunjungi adalah Museum Tun Sakaran yang dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada layanan Tun Sakaran terhadap Sabah. Kamu bisa menemukan objek dan dokumen biografis yang ada di dalam museum. Museum ini terbagi menjadi dua lantai yang menampilkan berbagai etnografi dari Semporna.

13. Museum Warisan Arkeologi Bukit Tengkorak

Tak hanya Museum Tun Sakaran saja yang terkenal, ternyata Semporna juga memiliki museum lainnya, yakni Museum Warisan Arkeologi Bukit Tengkorak. Museum ini memajang rekaman sejarah tembikar yang merupakan kesenian dan kerajinan populer khas Semporna.

14. Billabong Scuba

Buat kamu pecinta olahraga yang memacu adrenalin, wajib banget mengunjungi Billabong Scuba. Objek wisata di Semporna ini menawarkan aktivitas olahraga air, seperti scuba diving dan snorkeling. Kamu akan didampingi dengan tenaga profesional untuk melakukan segala olahraga air yang ada di sini.

15. Pulau Bohey Dulang

Tak hanya menyuguhkan wisata dan aktivitas bawah laut saja, ternyata di Semporna juga bisa lho mendaki gunung. Kamu bisa mampir ke Pulau Bohey Dulang yang menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan dan instagramable. Kamu juga bisa bermalam di pulau ini karena banyak hotel yang tersedia.

16. Akuarium Laut Portlaoise

Tempat wisata di Semporna memang tak ada habisnya! Untuk kamu yang suka melihat pemandangan bawah laut, bisa banget berkunjung ke Akuarium Laut Portlaoise. Di sini, kamu akan disuguhkan dengan hiburan menarik, seperti melihat beragam jenis ikan dan pemandangan laut. Objek wisata di Sabah ini cocok untuk wisata keluarga.

17. Pusat Penelitian dan Konservasi Tropis

Kalau kamu mencari tempat wisata yang ingin menambah pengetahuan, kamu bisa melipir ke Pusat Penelitian dan Konservasi Tropis. Di sini, kamu bisa belajar bagaimana melestarikan alam dengan meletakan beberapa struktur batuan di atas terumbu karang.

18. Pulau Timba-Timba

Pulau Timba-Timba merupakan salah satu pulau cantik yang terkenal di Semporna. Pulau ini menawarkan kehidupan bawah laut dan dapat dengan mudah melihat berbagai jenis hewan laut, seperti kepiting, belut laut, kura-kura, lobster, belut biru, dan sebagainya.

19. Bukit Tengkorak

Bukit Tengkorak merupakan sebuah situs arkeologi yang terletak di sebuah bukit dan berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Semporna. Situs arkeologi ini merupakan pusat tembikar terbesar se-Asia Tenggara yang sudah ada lebih dari 3.000 tahun lalu.

20. Sungai Semporna Borneo

Sungai Semporna Borneo terletak dalam sebuah pulau yang dilestarikan oleh penduduk sekitar. Objek wisata di Semporna ini dikelilingi oleh tanaman bakau, sekumpulan monyet bekantan, dan menikmati keindahan matahari terbenam.

21. Taman Nasional Bukit Tawau

Tempat wisata di Kota Tawau, Sabah, ini cocok untuk kamu para pecinta alam. Soalnya, di sini kamu bisa mempelajari flora dan fauna hutan hujan. Terdapat juga pohon-pohon tropis yang luar biasa menarik lho!

22. Air Terjun Bukit Gelas

Berwisata di alam terbuka tentunya membawa sensasi yang berbeda. Destinasi wisata di Tawau yang cocok untuk penikmat wisata alam terbuka adalah di Air Terjun Bukit Gelas. Air terjun ini dikenal menawan, tenang, dan airnya jernih. Ditambah suasana yang sejuk, pastinya kamu akan betah liburan di sini.

23. Maliau Basin

Objek wisata di Tawau memang kaya akan wisata alamnya, salah satunya di Maliau Basin. Tempat ini akan memanjakanmu dengan nuansa hutan yang asri nan alami. Pecinta alam dan petualang sejati jangan sampai kelewatan lho! Saking memukaunya pemandangan yang ada di sini, Maliau Basin dijuluki The Lost World of Sabah oleh para turis.

24. Taman Rekreasi Air Panas Tawau

Kamu merasa lelah setelah berkeliling berbagai tempat wisata di Tawau? Yuk lepaskan rasa letihmu dengan berkunjung ke Taman Rekreasi Air Panas Tawau. Di sini, kamu dapat berendam di pemandian air panas yang mampu mengobati rasa lelah dan penatmu.

25. Bukit Gemok

Buat kamu yang hobi mendaki gunung, mengunjungi Bukit Gemok bisa jadi destinasi wisata yang mengasyikan. Bukit ini memiliki tinggi 428 meter dengan luas mencapai 445 hektar. Ketika sampai di puncak bukit, kamu akan menemukan Kanopi Titian Selara yang panjangnya mencapai 231 meter.

26. Tapak Warisan Arkeologi Bukit Tengkorak

Menikmati pemandangan alam sambil belajar sejarah? Kenapa tidak! Datang saja ke Tapak Warisan Bukit Tengkorak. Puncak keindahan alam di tempat ini bisa kamu buktikan saat sampai di puncak bukit. Dahulu, bukit ini merupakan pusat pembuatan gerabah terbesar di Asia Tenggara sehingga banyak gerabah kuno yang kini masih ada.

27. Pantai Inderasabah

Salah satu pantai yang terkenal di Tawau adalah Pantai Inderasabah. Meski lokasinya berada di perkampungan kecil, namun pantai ini tetap ramai dikunjungi. Biasanya, para pengunjung kerap menghabiskan waktu di pantai dengan memancing kemudian menyantap ikan hasil tangkapan.

28. Gunung Bombalai

Gunung Bombalai merupakan gunung api yang masih aktif. Destinasi wisata di Tawau ini memiliki tinggi 530 meter dan dikelilingi hutan yang lebat. Dengan mendaki ke Gunung Bombalai, tentu bisa memacu adrenalin kamu lho!

29. Balung River Eco Resort

Balung River Eco Resort merupakan salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi di Tawau. Tempat wisata ini menawarkan berbagai aktivitas wisata alam, seperti memancing, bermain air di sungai, berkemah, dan sebagainya. Dengan suasana alam yang asri serta flora dan fauna yang terawat dengan baik, maka liburanmu pasti mengasyikkan.

30. Pasar Tanjung Tawau

Kamu gemar berbelanja atau ingin wisata kuliner? Mungkin bisa melipir ke Pasar Tanjung Tawau. Pasar ini menjual berbagai produk lokal Malaysia, seperti sayur, buah, peralatan rumah, pakaian, hingga kudapan khas Malaysia.

Cara Menuju ke Sabah

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Sabah adalah dengan:

Pesawat

Cara terbaik untuk berkunjung jika kamu berangkat dari luar negeri adalah menggunakan pesawat, mendarat di Bandara Internasional Kota Kinabalu.

Kapal

Ada tiga cara untuk masuk ke Sabah menggunakan kapal atau feri, yaitu jika berangkat dari Wilayah Federal Labuan, Zamboangan (Filipina), dan Pulau Nunukan (Indonesia).

Akomodasi di Sabah

Kamu akan lebih banyak menemukan akomodasi berbintang 3 di kota ini. Pesan sekarang di tiket.com untuk harga yang terjangkau dan promo menarik!

Spot Instagram-able di Sabah

Ada berbagai tempat wisata outdoor di Sabah yang bisa kamu kunjungi untuk mengumpulkan foto wisata yang keren. Beberapa di antaranya adalah Tanjung Aru Beach, Desa Dairy Farm, Gunung Kinabalu, Kota Belud, Kudat, Pulau Semporna, Street Arts in Gaya Street, Mahua Waterfall, dan Kalampunian Beach.

Kuliner Sabah

Makanan lokal di Sabah memiliki cita rasa yang lezat dan unik karena rempah dan cara memasaknya juga yang unik. Beberapa di antaranya adalah:

  • Sate : daging yang sudah dibumbui dan ditusuk sate sebelum dibakar.
  • Butter Tiger Prawns : udang yang dibumbui bawang putih, garam, mentega, dan lada.
  • Sota : Mie dengan sayur dan daging.
  • Tuaran Mee : Terbuat dari mie telur, udang, atau ayam dan dicampur tumir sayuran goreng.
  • Soft Shell Crabs : daging kepiting yang baru melepas kulit lamanya sehingga terasa lunak.

Makanan Vegan / Vegetarian

Kamu dapat menemukan makanan vegan ataupun vegetarian di beberapa restoran terutama di Kota Kinabalu yang merupakan ibu kota dari Sabah.

Belanja di Sabah

Untuk mal, kamu bisa berbelanja di:

  • 1B : Mall 1 Borneo merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Malaysia Timur.
  • Mall Suriah Sabah: berlokasi di Jalan Tun Fuad Stephens, Kota Kinabalu 88000, Sabah, Malaysia. Mal Suriah Sabah adalah satu dari sekian banyak tempat wisata di negara bagian Sabah.

Sedangkan untuk pasar tradisional, street market, atau tempat perbelanjaan outdoor, kamu bisa berkunjung ke:

  • Central Market: kawasan wisata belanja Central Market yang menyajikan barang-barang kebutuhan sehari-hari.
  • Handicraft Market  hanya tersedia barang-barang kerajinan tangan dari masyarakat Sabah.
  • Jalan Gaya: menjual barang-barang antik dan barang bekas.
  • Night Market : pasar malam untuk barang-barang bekas yang kualitasnya masih bagus.
  • Tawau Bazar : berisi toko-toko yang menjuali suvenir, kosmetik, hingga kerajinan dari masyarakat dan brand lokal di pasar ini.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Sabah

Musim

Waktu terbaik untuk berwisata di sini adalah pada bulan Agustus dan September, yaitu saat cuaca cukup cerah dan hujan jarang turun.

Suhu Rata-Rata

Suhu rata-rata di musim hujan adalah 24 derajat celsius (75.2 derajat fahrenheit). Sedangkan di musim panas, suhu rata-rata di sini mencapai 32 derajat celsius (89.6 derajat fahrenheit).

Festival

Setiap bulan Juli, diadakan Festival Tugu Budaya Etnik Sabah. Ini merupakan ajang festival folklore tahunan yang diselenggarakan oleh Lembaga Kebudayaan Negeri Sabah (LKNS).

Sedangkan di bulan April, tepatnya tangal 20-22, ada Regatta Lepa Sempoerna. Festival ini dirayakan oleh komunitas Bajau di wilayah pantai timur Sabah di Semporna. Acara ini diadakan warga lokal untuk menghormati tradisi mereka membangun perahu yang indah yang disebut "lepa".

Cara Berkeliling di Sabah

Bandara Internasional Kota Kinabalu melayani penerbangan domestik ke semua wilayah lain yang ada di dalam Sabah. Kamu juga bisa menggunakan Bus Ekspress jarak jauh yang beroperasi dengan rute antar kota-kota besar di Sabah. Sedangkan untuk kereta, aatu-satunya jaringan kereta api yang bisa mengakses Sabah adalah The North Borneo Railway. Terdapat layanan dari Kota Kinabalu ke Beaufort.

Seberapa Luas Sabah

Luas daerah Sabah adalah 73,631 km persegi dan untuk berkunjung ke tempat wisata di Sabah yang paling terkenal, kamu bisa menghabiskan waktu 2 sampai 3 hari di sini. Selama waktu tersebut, ada berbagai aktivitas seru di Sabah yang bisa kamu coba, seperti mendaki Gunung Kinabalu, Airport Adrenaline Rush Extreme (bermain paralayang), naik Kereta Api Hutan Sabah, bersepeda Quad di Lembah Kiulu, dan melihat bagaimana masyarakat setempat hidup di tepi sungai di Lembah Kiulu yang indah.

Mata Uang Sabah

Karena berlokasi di Malaysia, penduduk sabah menggunakan mata uang MYR (Ringgit Malaysia). Namun, karena lokasinya tepat di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, ada beberapa toko dan penjual yang menerima pembayaran dengan mata uang IDR (Rupiah Indonesia).

Bahasa Sabah

Bahasa utama di sini adalah Bahasa Melayu dengan dialek Sabah. Warga lokal umumnya cukup fasih menggunakan Bahasa Inggris.

Zona Waktu di Sabah

GMT+8.

Jenis Stop Kontak di Sabah

Jenis steker di Malaysia adalah tipe G yang memiliki tiga pin berbentuk persegi panjang dalam pola segitiga. Stop kontak untuk tipe G ini biasanya memiliki saklar pengaman. Tipe ini biasa digunakan juga di Hong Kong, Singapura, Tiongkok, Britania Raya, dan Irlandia.

Informasi Penting Tentang Sabah

  1. Untuk wisata yang nyaman, pakaian yang cocok adalah kaus lengan pendek atau lengan panjang, celana panjang atau celana selutut, rok panjang atau rok selutut, dan sepatu berjalan yang nyaman. Karena Malaysia adalah negara Muslim, sebaiknya kamu jangan kenakan baju yang terlalu terbuka.
  2. Jangan berpelukan dan berciuman di tempat umum.
  3. Terdapat pajak 100% untuk minuman beralkohol.
  4. Kenakan pakaian yang sopan dan tertutup saat berkunjung ke tempat suci.
  5. Lepaskan sepatumu saat akan masuk ke tempat suci.

Destinasi Favorit di Sabah