Phuket
Tentang

Siapa bilang Thailand terkenal hanya karena street food dan tempat wisata sejarahnya saja? Jika sobat tiket ingin mengetahui sisi lain dari Thailand yang sangat eksotis, maka kamu wajib berlibur ke Phuket! Yup, jika kamu menyukai wisata pantai dan alam liar, maka Phuket bisa menjadi destinasi tepat untuk kamu jelajahi.


Phuket memang memiliki kemiripan dengan Pulau Bali, sobat tiket. Ada banyak pantai-pantai cantik bertebaran di pulau ini yang siap memberikan pengalaman berlibur yang berkesan untuk kamu.


Bahkan, untuk kamu yang berencana untuk pergi berbulan madu, pulau ini sangat cocok untuk memberikan pengalaman berbulan madu yang tak terlupakan. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi Phuket adalah antara bulan Desember hingga Maret. Karena pada bulan ini, musim hujan akan segera selesai dan mulai berganti menuju musim panas. Menjadi musim yang sempurna untuk menghabiskan waktu di pulau ini.


Temukan tiket tempat wisata di Phuket dengan rentang harga yang bisa kamu sesuaikan dengan bujet yang kamu miliki. Di tiket.com, kamu bisa menemukan banyak pilihan tiket tempat wisata di Phuket yang kamu inginkan.


Berbagai metode pembayaran bisa kamu pilih untuk memudahkan proses pembayaran yang kamu inginkan. Tidak perlu ragu untuk memesan tiket tempat wisata yang kamu butuhkan di tiket.com, karena tiket.com merupakan Online Travel Agent tepercaya yang bisa menjadi partner wisata kamu kapanpun kamu membutuhkannya.


Tempat-tempat wisata di Phuket yang bisa kamu kunjungi diantaranya adalah Nai Harn Beach, Phi Phi Island, Kao Pinkhand (James Bond Island), Phuket Walking Street, Karon View Point, Wat Chalong, Surin Beach, dan masih banyak lagi. Pesan tiket aktivitas asyik di Phuket dengan to do dari tiket.com. Instal aplikasi tiket.com di gadget kamu untuk lebih mudah mendapatkan tiket tempat wisata di Phukat langsung dalam genggamanmu.

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Phuket

Informasi mengenai tempat wisata di Phuket.

Apa itu tiket CLEAN di Phuket?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Phuket tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Phuket yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Phuket

Phuket adalah pulau wisata yang menjadi tujuan utama para wisatawan yang mencari pantai-pantai indah dan resor mewah dengan pemandangan yang menakjubkan. Di sini, kamu bisa bersantai atau berpesta di pantai-pantai yang cantik, berbelanja di pusat kota, dan menikmati layanan lengkap resor atau spa yang berkualitas.

Phuket sangat cocok dijadikan destinasi wisata bulan madu karena keindahannya. Namun, Phuket juga bisa kamu jadikan destinasi utama saat berwisata bersama teman-teman dalam rombongan besar.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Phuket

Berbagai objek wisata di Phuket dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pulau dan pantai yang cantik. Namun, ada juga sejumlah lokasi bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini. Berikut ada 30 destinasi wisata terbaik di Phuket yang kami rekomendasikan!

1. Pantai Kata

Tempat wisata di Phuket ini merupakan pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih. Di sepanjang pantai terdapat banyak kuliner yang wajib kamu cicipi. Pantai Kata juga cocok untuk wisata keluarga karena dikelilingi berbagai tempat makan, lokasi yang tepat untuk berselancar, dan cinderamata yang unik.

2. Pantai Nai Harn

Berada di sekitar hutan tropis dan lagoon inland, Pantai Nai Harn menjadi salah satu deretan pantai dan tempat wisata di Phuket yang wajib dikunjungi. Memiliki air yang jernih dan rata-rata suhu 29 derajat celcius, pantai ini cocok untuk wisata keluarga. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, yakni snorkeling, berenang di tepi sungai, berselancar, bermain jetski, dan lainnya.

3. Pantai Patong

Patong adalah pantai pertama di Phuket yang memiliki fasilitas lengkap, mulai dari akomodasi, tempat makan, hingga spa. Di sini, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti jet ski, berselancar, dan parasailing. Bila lapar, tak perlu khawatir, soalnya sepanjang pantai terdapat banyak kafe dan tempat makan yang menyajikan beragam kuliner khas Negeri Gajah Putih.

4. Siam Niramit

Siam Niramit adalah seni pertunjukkan tari dan drama khas Phuket. Pertunjukkan ini terbagi dalam tiga sesi. Sesi pertama menceritakan sejarah Thailand dan kisah kerja sama perdagangan antara Thailand dan China. Sesi kedua menampilkan sisi eksentrik dan kebudayaan Thailand. Sesi ketiga menyuguhkan festival-festival khas Thailand.

5. Fantasea

Phuket Fantasea merupakan satu-satunya night time cultural theme park. Saat memasuki tempat wisata di Phuket ini, kamu sudah bisa merasakan aura keseruan yang ditawarkan. Tak jauh dari pintu masuk, kamu dapat menemukan bangunan Tiger Adventure dan Similan Entertainment Center yang beririsan dengan Hanuman’s Lai. Di sana, kamu bisa melihat hutan yang dikreasikan dalam 12 tema. Terdapat 11 segmen pertunjukkan yang ditawarkan di sini. Pastinya, cocok banget untuk wisata keluarga.

6. Phuket Weekend Market

Rencanakanlah liburanmu di Phuket hingga akhir pekan untuk bisa mampir ke Phuket Weekend Market. Sesuai namanya, pasar ini hanya buka pada akhir pekan saja. Tempat wisata di Phuket ini cocok banget untuk yang ingin berbelanja dan wisata kuliner. Di sini, kamu bisa menemukan banyak sekali oleh-oleh khas Thailand, mulai dari pakaian hingga desain yang ciamik.

7. Phi Phi Island

Kepulauan Phi Phi menjadi salah tujuan tempat wisata di Phuket yang terkenal. Terletak sekitar 40 kilometer dari Phuket, kepulauan ini terdiri enam pulau dengan pulau terbesar Phi Phi.

8. Karon View Point

Karon View Point merupakan salah satu daerah strategis untuk merasakan menawannya Kota Phuket. Dari sini, kamu bisa melihatkan kecantikan panorama Pantai Patong, Pantai Kata, dan Karon dari ketinggian. Tak heran kawasan ini menjadi tempat wisata yang terkenal di Phuket dan kerap dikunjungi pelancong. Terdapat pula spot-spot instagramable, seperti pemandangan alam dan pantai.

9. Wat Chalong

Wat Chalong dulunya dikenal dengan nama Wat Chaithararam. Kuil tempat wisata di Phuket ini merupakan Wat yang terbesar. Selain jalan-jalan, di sini kamu bisa belajar banyak hal soal budaya Thailand. Komplek Wat Chalong terdiri dari banyak bangunan dan desain yang menakjubkan. Salah satunya adalah stupa setinggi 60 meter yang melindungi bagian tulang Buddha. Dinding dan langit-langitnya dihiasi aneka lukisan indah yang mengisahkan momen penting dalam perjalanan kehidupan umat Buddha.

10. Big Buddha

Patung Buddha setinggi 45 meter ini dibangun di Bukit Nakkerd antara Katan Chalong, 400 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata di Phuket ini juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan kota secara 360 derajat. Untuk lebih dekat dengan patung tersebut, kamu bisa mendaki anak tangga. Sesampainya di puncak, rasakan kemegahan patung yang terbuat dari marmer putih tersebut yang melambangkan pencerminan hati sang Buddha.

11. Bangla Road

Masih berada di kawasan Pantai Patong, terdapat sebuah jalan bernama Bangla Road yang berisi deretan bar, tempat makan, klub, dan kafe. Menjadi pusat kehidupan malam di Phuket, banyak pertunjukkan meriah yang tersaji di Bangla Road. Salah satu pertunjukkan yang dinanti-nanti pelancong adalah Lady Boy.

12. Promthep Cape

Promthep Cape jadi tempat wisata di Phuket yang wajib dikunjungi. Terletak di ujung selatan Phuket, objek wisata hits ini jadi favorit wisatawan yang hendak menikmati suasana matahari terbit dan terbenam. Dijamin deh, hasil foto kamu saat sunrise dan sunset pastinya instagramable. Jadi, siapkan kamera dan gaya terbaikmu saat berfoto di sini ya!

13. Kota Tua Phuket

Selanjutnya ada Kota Tua Phuket yang wajib dikunjungi saat liburan ke Thailand. Lokasinya tak jauh dari dari Pantai Patong, kira-kira hanya memakan waktu sekitar 30 menit saja. Lingkungan di sini sebenarnya tak jauh berbeda dengan Little India di Singapura karena terdapat bangunan tua yang berwarna-warni. Untuk datang ke sini, baiknya saat malam hari karena akan ada banyak lampu-lampu yang menghiasi tiap sudut jalan.

14. Pantai Hai Harn

Tempat wisata di Phuket ini cocok banget untuk kamu yang ingin berlibur sembari mencari ketenangan di pinggir pantai. Pantai Hai Harn adalah objek wisata yang jarang diketahui karena belum banyak dikunjungi wisatawan. Dengan suasana yang sepi dan tenang, tentunya membuat kamu lebih leluasa untuk bersantai.

15. Pantai Kata Noi

Pantai dengan teluk kecil yang nyaman ini berada di ujung jalan tepi pantai, hanya beberapa menit berkendara di balik bukit dari Pantai Kata. Tidak banyak yang bisa kamu lakukan di pantai ini, namun kamu bisa bersantai, jalan-jalan di sepanjang pasir yang lembut, snorkeling, dan berenang.

16. Pantai Freedom

Pantai Freedom adalah sebuah permata yang eksklusif di Pantai Barat Phuket. Di sini, selain berjemur, kamu juga bisa bermain sepak bola, pantai voli, dan snorkeling. Terdapat juga jet ski maupun rekreasi laut lainnya di pantai ini.

17. The Upside Down House

Bagi kamu yang suka dengan objek wisata unik, enggak ada salahnya berkunjung The Upside Down House. Bangunan rumah dan juga barang-barang yang ada di dalamnya berada dalam kondisi terbalik yang seolah melawan gravitasi. Tak pelak, objek wisata ini instagramable banget!

18. Phuket Trick Eye Museum

Phuket Trick Eye Museum adalah salah satu objek wisata di Phuket yang cocok untuk wisata keluarga. Terdapat banyak latar belakang menggunakan ilusi optik yang pas dijadikan spot foto-foto unik.

19. Phuket Zoo

Selain di Bangkok, di Phuket juga ada kebun binatang yang wajib dikunjungi. Objek wisata ini cocok banget untuk wisata keluarga yang ingin melihat acara pertunjukkan hewan, salah satunya buaya. Pawang buaya akan beratraksi bersama hewan buas tersebut.

20. Pantai Karon

Di kota resor barat Karon terdapat Pantai Karon, sebuah teluk pasir panjang yang lembut dan indah serta laut biru yang menawan. Objek wisata di Kota Karon ini memiliki sejumlah tempat makan dan bar yang berkualitas dengan pemandangan teluk serta laut yang memanjakan mata.

21. Konservasi Gajah Phuket

Gajah merupakan binatang yang menjadi ikon Thailand. Terdapat cagar alam untuk gajah di Phuket yang menawarkan fasilitas belajar tentang gajah. Kamu juga bisa lho bersenang-senang dengan gajah dengan memberikan makan dan mengamati kehidupan mereka.

22. Kuil Jui Tui

Kuil Jui Tui adalah kuil China yang menaungi patung-patung dewa China. Arsitekturnya berbeda dengan kuil-kuil khas Thailand dan menjadikannya pemandangan yang menakjubkan. Selain keunikan arsitekturnya, kuil ini terkenal akan festival vegetariannya.

23. Thalang Road

Thalang Road merupakan kawasan perumahan yang dipenuhi dengan tempat penjual oleh-oleh dan beberapa tempat makan. Di sini, kamu bisa membeli beberapa cinderamata atau barang-barang lainnya dengan harga yang murah. Tak hanya itu, kamu juga bisa wisata kuliner dengan mencicipi makanan khas Thailand.

24. Pantai Surin

Pantai Surin adalah objek wisata di Phuket yang terkenal dan kerap dijadikan destinasi wisata utama pelancong. Soalnya, pantai ini memiliki pasir yang putih nan lembut seperti kapas. Warna air laut di sini pun kehijauan sehingga menambah keunikan Pantai Surin.

25. Teluk Phang Nga

Teluk Phang Nga memiliki keindahan yang luar biasa dan pastinya memanjakan matamu. Kawasan ini terletak di Phuket dan semenanjung Malaysia atau tepatnya berada di selatan Thailand. Di sini, kamu dapat menikmati gua-gua laut yang mengesankan. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendirikan tenda untuk menikmati malam dan bintang-bintang apik.

26. James Bond Island

James Bond Island, atau yang bernama asli Kao Pingkhand ini sebuah pulau kecil yang bentuknya seperti sebuah jarum. Diberi nama James Bond lantara pada tahun 1974 kawasan ini pernah menjadi tempat pembuatan film James Bond berjudul The Man with the Golden Gun.

27. Pantai Kamala

Pantai Kamala merupakan destinasi wisata di Phuket yang terletak di sebelah utara dari Pantai Patong. Pantai ini memiliki karakteristik yang tenang dan cocok untuk bersantai.

28. Koh Racha

Koh Racha terkenal dengan dua pulau kembarnya, yaitu Koh Racha Yai dan Koh Racha Noi yang berada di tenggara Phuket. Koh Racha merupakan surga bagi kamu yang hobi menyelam karena memiliki air yang jernih.

29. Two Heroines Monument

Two Heroines Monument merupakan monumen yang mengenang keberanian Thao Thep Kasattri dan Thao Sri Soontorn yang berani berperang melawan Burma. Two Heroines Monument terletak di Tha Rua yang dibangun oleh warga setempat dan dibuka pada tanggal 23 Mei 1967.

30. Phuket Thaihua Museum

Phuket Thaihua Museum merupakan sebuah museum yang didedikasikan untuk menceritakan sejarah orang-orang China di Phuket. Museum ini dibuka pada tahun 2010 dengan menggunakan sekolah Tua Thai Hua yang merupakan sekolah berbahasa Cina tertua di Phuket.

Cara Menuju ke Phuket

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Phuket adalah dengan:

Pesawat

Kamu tidak akan kesulitan menemukan rute penerbangan langsung ke Phuket (Phuket International Airport), terutama jika kamu berangkat pada high season. Dari bandara, kamu bisa menggunakan shuttle bus untuk mencapai pusat kota.

Bus

Jika kamu berangkat dari kota atau area yang cukup dekat dengan Phuket, seperti Krabi, Phang Nga, Khao Lak, dan Bangkok, maka kamu bisa mengandalkan bus antar kota. Phuket memiliki 2 terminal, yang paling baru terletak di sebelah utara kota, sedangkan yang lama terletak di pusat kota.

Kapal

Kamu bisa mengandalkan feri atau speedboat untuk mencapai Phuket jika kamu berangkat dari kota atau area tertentu. Beberapa area tersebut adalah Koh Phi Phi, Koh Racha, Similan Islands, Coral Island, Phang Nga, dan Krabi. Phuket juga merupakan salah satu kota yang sering disinggahi kapal cruise Asia Tenggara.

Akomodasi di Phuket

Karena Phuket adalah kota wisata yang penuh dengan pantai dan pemandangan indah, kamu tidak akan sulit menemukan banyak hotel dan resor mewah dengan fasilitas lengkap dan akses mudah ke pantai. Meski begitu, Phuket juga memiliki banyak akomodasi budget yang umumnya terletak lebih jauh dari pantai. Tetap saja, fasilitas, pelayanan, serta kenyamanan kamarmu pasti terjamin.

Spot Instagram-able di Phuket

Semua pantai di Phuket bisa kamu jadikan Instagram-able spot yang patut dikunjungi. Misalnya saja Phang Nga Bay, Patong Beach, Nui Beach, Yanui Beach, Nai Yang Beach, dan Promthep Cape. Namun, selain itu, kamu juga bisa mengoleksi foto-foto keren di Big Buddha Phuket dan The Old Phuket Town.

Kuliner Phuket

Kamu bisa berkeliling di Phuket dan menemukan banyak street food Thailand yang lezat dengan harga terjangkau. Beberapa makanan yang wajib kamu coba adalah Banana Pancake (bentuknya seperti kue lapis yang tebal dengan kulit luar yang manis dengan isi potongan pisang), Mango Sticky Rice (mangga segar dengan ketan), berbagai sate (hidangan sate dengan macam-macam jenis daging), dan Thai Tea (teh susu khas Thailand).

Makanan Vegan / Vegetarian

Makanan khas Thailand kebanyakan tidak cocok untuk vegetarian atau vegan. Meski begitu, karena Phuket merupakan destinasi utama para turis dari seluruh bagian dunia, ada cukup banyak restoran dan kafe yang khusus menyajikan makanan vegan dan vegetarian.

Belanja di Phuket

Phuket adalah surga belanja, baik yang ingin mencari produk bermerk di mal besar hingga produk lokal terjangkau di street market. Kamu bisa coba berkunjung ke Phuket Weekend Market, Chillva Market, Phuket Walking Street, Banzaan Market, Jungceylon Shopping Mall, dan Central Festival Phuket untuk berbelanja sampai puas.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Phuket

Musim

Phuket, seperti semua kota lain di Thailand, hanya mengalami dua musim, yaitu musim kemarau dan hujan. Karena tempat wisata di Phuket hampir semuanya adalah pantai dan tempat-tempat terbuka, sebaiknya kamu menghindari musim hujan. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara bulan November dan April. Ini adalah waktu yang paling nyaman dan aman untuk mencoba berbagai water sport di pantai. Meski begitu, ini juga adalah bulan-bulan di mana Phuket ramai dikunjungi turis.

Suhu Rata-Rata

Di akhir dan awal tahun, suhu rata-rata di sini adalah sekitar 27 derajat celsius (81 derajat fahrenheit). Sedangkan pada pertengahan tahun, suhu rata-rata naik menjadi sekitar 29 derajat celsius (83 derajat fahrenheit).

Festival

Pada awal bulan November, saat cuaca mulai cerah, ada Patong Festival untuk menandainya. Pada saat ini, Patong Beach akan dipenuhi festival seru, kedai street food, street performances, dan berbagai aktivitas seru.

Cara Berkeliling di Phuket

Phuket adalah sebuah area yang sangat besar dengan banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Dan untuk berkeliling di sini, sebaiknya kamu mengandalkan transportasi umum dibandingkan menyetir sendiri, kecuali jika kamu sudah terbiasa dengan lalu lintas di Thailand. Beberapa transportasi publik yang bisa kamu gunakan adalah songthaew (truk pick-up kecil yang sudah dimodifikasi menjadi kendaraan umum yang bisa mengangkut banyak orang sekaligus), tuk-tuk (transportasi umum beroda tiga), ojek, dan taksi.

Seberapa Luas Phuket

Meskipun hanya memiliki luas 543 km persegi, kamu memerlukan sekitar 4 hari untuk berwisata sampai puas di Phuket. Selama waktu tersebut, berkunjunglah ke tempat wisata di Phuket yang paling terkenal dan coba sebanyak mungkin aktivitas seru di Phuket. Sebut saja bersantai dan mencoba water sport di Kata Noi Beach, Nai Harn Beach, Surin Beach, Phang Nga Bay, dan Patong Beach, berkunjung ke tempat-tempat suci dan historis di Phuket seperti Big Buddha Phuket, At Jui Tui Shrine, dan Wat Chalong, mempelajari dan melihat margasatwa di Monkey Hill dan Phuket Elephant Sanctuary, dan menikmati nightlife di Phuket di Bangla Road dan Phuket Town Weekend Night Market.

Mata Uang Phuket

THB (Baht Thailand).

Bahasa di Phuket

Bahasa utama dan resmi di Phuket adalah Bahasa Thailand. Namun, karena warga lokal sudah terbiasa berinteraksi dengan turis dari berbagai negara, kebanyakan dari mereka, terutama yang bekerja di toko, tempat rental kendaraan, hotel, dan restoran, cukup fasih berbahasa Inggris.

Zona Waktu Phuket

GMT+7

Jenis Stop Kontak Phuket

Jenis steker yang umum digunakan di Thailand adalah tipe A, B, dan C. Tipe A memiliki 2 pin rata yang paralel dan tipe B memiliki pin yang sama namun dengan tambahan grounding pin. Sedangkan tipe C memiliki 2 pin bulat. Tegangan listrik di Thailand adalah 230V dan frekuensi aliran listriknya adalah 50Hz.

Informasi Penting Tentang Phuket

  1. Karena Phuket adalah pusat wisata pantai, pakaian yang cocok untuk berwisata di Phuket adalah kaus lengan pendek atau tanpa lengan, maxi dress, celana pendek, dan sandal. Jika kamu berencana bersantai atau berenang di pantai, jangan lupa membawa baju renang, topi pantai, dan tabir surya.
  2. Jika kamu akan berkunjung ke tempat-tempat suci, kenakanlah pakaian yang lebih tertutup dan lepas sepatumu sebelum masuk.
  3. Jangan memberi makan ikan di laut dan/atau membawa pulang karang dan cangkang yang kamu temukan di pantai.