Penang
Tentang

Tak bisa di pungkiri, liburan kini menjadi sebuah kebutuhan yang harus disempatkan untuk melakukannya. Terlebih untuk sobat tiket yang memiliki segudang aktivitas, maka liburan menjadi cara refreshing paling ampuh untuk mengembalikan mood baik kamu. Malaysia bisa menjadi destinasi bagus untuk kamu kunjungi, lho!


Banyak kota-kota populer di Malaysia yang menyimpan banyak keindahan dan juga tempat-tempat menarik. Namun, yang tak boleh terlewatkan ketika kamu ke Malaysia adalah untuk mengunjungi Penang. Penang merupakan negara bagian Malaysia dengan luas 293 kilometer persegi. George Town menjadi kota populer di Penang yang bisa kamu singgahi lho, sobat tiket.


Penang menjadi lokasi yang tepat jika sobat tiket menyukai kuliner, dan ingin wisata kuliner. Karena, Penang dikenal sebagai kawasan yang memiliki banyak sekali menu makanan enak. Pokoknya, kamu wajib banget deh datang ke Penang bersama dengan orang-orang tersayang. Sedangkan George Town dikenal sebagai pusat kota yang memiliki banyak bangunan kolonial dan juga terdapat landmark KOMTAR yang tersohor.


Dapatkan tiket tempat wisata di Penang yang kamu butuhkan dengan mencarinya di website dan aplikasi tiket.com. Ada banyak pilihan tiket tempat wisata dengan berbagai promo yang bisa kamu nikmati. Pastikan kamu sudah membeli tiket tempat wisata di Penang sebelum berangkat dari negara asal kamu.


Tempat wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi saat berada di Penang adalah Batu Ferringhi untuk kamu yang ingin menginap di hotel kelas atas, ataupun untuk menikmati tempat wisata pantai yang cocok untuk bersantai. Selain itu, Penang Hill juga menjadi kawasan yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi saat berlibur ke sini. 


Jangan lewatkan momen seru saat berlibur di Penang dan pesan tiket wisata yang kamu butuhkan di tiket.com sekarang juga.


Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Penang

Informasi mengenai tempat wisata di Penang.

Apa itu tiket CLEAN di Penang?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Penang tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Penang yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di Penang

Penang atau lebih sering disebut sebagai Pulau Pinang atau Georgetown adalah sebuah kota di lepas pantai barat laut Semenanjung Malaysia. Kota ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Pulau Penang dan Seberang Perai.

Berbeda dengan ibukota Malaysia, Kuala Lumpur, kota ini lebih terkenal sebagai kota yang damai, slow-paced (santai), dan merupakan surga wisata kuliner. Penang cocok dijadikan destinasi wisata solo untuk kamu yang ingin relaksasi atau wisata bersama rombongan yang tujuan utamanya adalah wisata kuliner.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Penang

Berbagai objek wisata di Penang dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pulau dan pantai yang cantik. Namun, ada juga sejumlah lokasi bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini. Berikut ada 30 destinasi wisata terbaik di Penang yang kami rekomendasikan!

1. Georgetown

Tercatat sebagai UNESCO World Heritage Site, Georgetown di Penang memiliki banyak museum, kafe dan toko unik, keindahan pantai, dan wisata kuliner yang sangat populer di kalangan wisatawan. Dari jajaran street food, tempat bersejarah, hingga mural jalanan yang instagramable banget, Georgetown adalah tempat di mana modernisasi berkolaborasi dengan kebudayaan tradisional.

2. Penang Toy Museum

Kata museum pasti identik dengan hal-hal yang mungkin sedikit membosankan bagi sebagian orang. Tapi jangan khawatir, museum yang satu ini dijamin menyenangkan karena koleksi yang dipamerkan adalah mainan! Setidaknya ada ribuan mainan dari berbagai masa dan penjuru dunia yang dipamerkan di Penang Toy Museum. Sudah pasti tempat di Penang ini akan disukai oleh anak-anak, apalagi harga tiket masuknya cukup terjangkau.

3. Penang Hill

Penang Hill adalah sebuah tempat yang berada di ketinggian sekitar 821 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata di Penang ini bisa jadi pilihan tempat yang sangat cocok kalau kamu ingin menikmati angin sejuk dari suasana perkotaan yang panas. Dari atas Penang Hill, pada cuaca yang cerah kamu bisa melihat dengan jelas gunung Langkawi dan Kedah utara. Kemudian di malam hari, kamu juga bisa melihat pemandangan Georgetown yang dihiasi cahaya lampu, pastinya Instagramable! Banyak orang yang datang ke sini untuk menikmati udara sejuk bebas polusi dan pemandangan yang tiada duanya. Di sini kamu bisa juga jalan-jalan di bawah pepohonan yang tingginya mencapai 30 meter sambil memandangi burung liar yang beterbangan.

4. Cheong Fatt Tze Mansion

Cheong Fatt Tze Mansion merupakan rumah dari seorang pengusaha asal China di sekitar awal tahun 1890an. Objek wisata di Penang ini menunjukkan arsitektur China terbaik pada abad ke-18 dan 19 di mana pembangunannya sangat mengutamakan desain feng shui. Cheong Fatt Tze Mansion yang terletak di 14 Leith Street ini dibangun dalam waktu lebih dari tujuh tahun. Di dalam sini terdapat lima buah halaman dengan dasar berbahan granit, 38 kamar, 7 tangga, dan 22 jendela dengan kaca berwarna. Kalau kamu cari tempat wisata di Penang yang instagramable, maka Cheong Fatt Tze Mansion adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi. Masyarakat di sekitar kawasan memanggil tempat ini dengan sebutan Blue Mansion.

5. Penang Bridge

Penang Bridge merupakan sebuah jembatan gantung yang panjangnya mencapai 13,5 kilometer. Jembatan ini menghubungkan Penang dengan daratan di Seberang Perai, serta merupakan salah satu ikon terkenal dari Penang. Penang Bridge memang bukan tempat untuk melihat pemandangan, melainkan jembatan inilah yang jadi pemandangannya. Sebelum ada jembatan juga dikenal dengan sebutan Jambatan Pulau Pinang ini, dulunya orang menyebrang ke Penang harus menggunakan kapal ferry. Jembatan ini adalah jembatan jalan toll terpanjang di Malaysia dan juga terpanjang keempat di Asia Tenggara. Untuk melewati Penang Bridge, kamu hanya akan membayar satu kali ketika memasuki kawasan Penang.

6. Penang Butterfly Farm

Penang Butterfly Farm adalah tempat wisata di Teluk Bahang dan salah satu destinasi wisata hits yang ada di Penang. Tempat ini pertama kali dibuka pada tahun 1986 dan hingga sekarang memiliki luas yang mencapai delapan hektar. Penang Butterfly Farm adalah tempat penangkaran kupu-kupu yang memiliki banyak koleksi spesies yang bervariasi. Tak hanya itu, di sini juga ada banyak koleksi serangga lain yang bisa kamu pelajari sehingga cocok untuk wisata keluarga. Di dalam taman ini masih ada juga Tropical Fruit Farm yang merupakan kebun buah-buahan dengan lebih dari 250 jenis buah berbeda. Di sini kamu bisa temukan buah durian juga. Jangan lupa untuk mencicipi buah segar yang ada di situ ya.

7. Kuil Kek Lok Si

Kek Lok Si adalah kuil Buddha terbesar yang ada di Malaysia. Saking besarnya, kawasan ini dibagi menjadi tiga zona berbeda. Di bagian tengahnya terdapat kuil, taman, pagoda, dan empat paviliun dewa. Kuil ini berada di atas sebuah bukit di Air Itam. bangunan ini sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu. Taman-taman yang ada di kawasan ini juga sangat cantik dan terawat sehingga kamu bisa bersantai sambil menikmati suasana yang sejuk.

8. Fort Cornwallis

Fort Cornwallis adalah sebuah benteng pertahanan yang juga merupakan salah satu tempat wisata hits di Penang. Lokasinya dekat dengan Esplanade dan Penang Clocktower. Tempat ini bentuknya menyerupai bintang dan menjadi salah satu struktur tertua di Penang. Di dalamnya adalah sebuah patung perunggu dari Captain Francis Light yang berdiri dekat dengan pintu utama Fort Cornwallis. Selain itu di bagian dalamnya ada juga penjara, barak, tempat penyimpanan senjata, dan pelabuhan kecil.

9. Penang Road

Bisa dibilang Penang Road ini adalah jalanan yang paling penting di kawasan ini. Jalan ini menghubungkan antara Lebuh Farquhar yang ada di utara, dan Jalan Gurdwara yang ada di selatan. Di jalan ini setiap bulannya juga diadakan Little Penang Street Market. Jadi, kalau kamu datang ke sini pada hari minggu di akhir bulan, kamu bisa belanja banyak barang unik dan kuliner khas daerah ini. Ada banyak pedagang yang berjualan, mulai dari barang-barang kerajinan tangan hingga makanan ringan. Tapi yang paling menarik minat pengunjung adalah pertunjukan seni, penampilan musik, dan penampilan seni visualnya.

10. Leong San Tong Khoo Kongsi

Khoo Kongsi juga merupakan salah satu destinasi wisata di Penang yang wajib dikunjungi. Banyak wisatawan yang datang ke sini, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Semua ingin melihat betapa kerennya bangunan yang sudah dibangun sejak kira-kira 650 tahun lalu ini. Kongsi adalah sebuah bangunan yang digunakan oleh keluarga China dengan marga yang sama untuk berkumpul dan berdoa. Di masa sekarang ini, sebuah kongsi memiliki fungsi utama lebih sebagai pendukung aksi solidaritas. Dibangun oleh klan Leong San Tong yang berasal dari desa klan Sin Kang di provinsi Hokkien, kongsi ini awalnya dibangun dengan tujuan untuk memperlihatkan hasil dari kesuksesan keluarga Khoo.

11. Plaza Gurney

Plaza Gurney merupakan tempat wisata di Penang yang cocok untuk kamu yang hobi berbelanja. Di sini, kamu dapat menemukan beragam produk dengan harga yang murah.

12. Penang Peranakan Mansion

Kamu ingin wisata sejarah? Pinang Peranakan Mansion adalah pilihan yang tepat. Museum ini berisi berbagai macam peninggalan sejarah khas masyarakat Melayu. Di sini, kamu disuguhkan wisata sejarah berupa artefak kuno, hasil pahatan kuno, perhiasan kuno, dan berbagai macam gambar lukisan.

13. Kuil Sri Mahamariamman

Selain memiliki kuil Buddha tertua di Asia Tenggara, Penang juga memiliki kuil Hindu yang wajib dikunjungi, yakni Kuil Sri Mahamariamman. Kuil hindu tertua di Penang ini menyajikan ragam wisata sejarah agama Hindu dan India lewat ornamen-ornamen dan patung dewa serta dewi Hindu.

14. Queensbay Mall

Masih ingin wisata belanja di Penang, coba kunjungi Queensbay Mall yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Penang. Di sini, terdapat ragam produk yang dijajakan, mulai dari barang keperluan sehari-hari hingga pakaian. Tak hanya, terdapat juga tempat makan yang memiliki berbagai sajian kuliner khas Penang.

15. Tropical Spice Garden

Jika Bogor memiliki Kebun Raya Bogor, maka Penang memiliki Tropical Spice Garden. Tropical Spice Garden merupakan hutan tropis yang berlokasi tidak jauh dari area perkotaan sehingga dapat dijangkau pelancong. Di sini, kamu dapat menikmati sajian wisata berupa hutan tropis yang masih asri dan fasilitas lainnya, seperti ayunan raksasa, rumah teh, area seluncur, dan sebagainya.

16. Penang Toy Museum

Penang Toy merupakan museum yang menyajikan aneka ragam mainan yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Kini, Penang Toy Museum memiliki lebih dari 100 ribu koleksi mainan. Museum ini pun cocok untuk wisata anak.

17. Owl Museum

Tempat wisata di Penang selanjutnya adalah Owl Museum. Meskipun namanya Owl Museum, jangan harap kamu bisa menemui burung hantu sungguhan di museum ini. Sebab, tempat ini hanya berisi berbagai macam karya seni yang bertema burung hantu, mulai dari lukisan, patung, hingga cinderamata. Museum ini pun cocok untuk wisata keluarga.

18. Penang Esplanade

Penang Esplanade adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi di Penang. Lokasinya berada di pinggiran Kota George Town. Di sini, kamu dapat menikmati berbagai destinasi wisata menarik, seperti City Hall, Clock Tower, Benteng Cornwallis, Town Hall, dan sebagainya.

19. Lebuh Pantai

Lebuh Pantai adalah sebutan untuk jalan raya utama yang berada di Penang. Jalan tertua di Penang ini merupakan salah satu bagian penting dari Kota Georgetown. Di sini, kamu dapat jalan kaki sambil menikmati panorama sejarah berupa bangunan gedung dan arsitektur kolonial Inggris yang unik.

20. Pantai Batu Ferringhi

Pantai Batu Ferringhi menjadi salah satu primadona tempat wisata di Penang yang kerap dikunjungi wisatawan. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang cantik, bersih, dan nyaman untuk olahraga air.

21. Pelabuhan Jetty

Meskipun bukan merupakan tempat yang dikelola khusus objek wisata, namun Pelabuhan Jetty bisa jadi tempat untuk menghabiskan waktu pagi dan soremu. Pelabuhan yang terletak di sepanjang kawasan Weld Quay ini dipenuhi para nelayan tradisional.

22. Street of Harmony

Street of Harmony atau Jalan Kapitan Keling adalah tempat wisata di Penang yang sayang jika kamu lewatkan. Di sini, kamu bisa menemukan bagaimana masyarakat yang memiliki sikap toleransi yang tinggi, seperti banyaknya tempat-tempat ibadah, di antaranya Masjid Kapitan Keling, Gereja Santo George, Kuil Dewi Kuan Yin, Kuil Sri Mahamariamman, dan Kuil Teochew.

23. Museum Kamera

Apakah kamu tahu ada di mana museum kamera pertama di Malaysia? Ya, tempatnya ada di Lebuh Muntri lho! Museum ini memiliki lebih dari 300 koleksi kamera dari berbagai zaman, mulai dari kamera kuno hingga masa kini. Museum ini terbagi menjadi empat kawasan, yakni area pameran kamera, cinderamata, kafe, dan pameran fotografi.

24. Kuil Tow Boo Kong

Kuil megah Tow Boo Kong merupakan salah tempat wisata di Penang yang menyuguhkan budaya China. Kuil ini terletak di kawasan Butterworth.

25. Penang State Mosque

Jalan-jalan ke Penang jangan lupa melipir ke masjid Penang State. Masjid ini menjadi tempat yang nyaman untuk beribadah bagi umat muslim. Lokasi masjid ini ada di Air Hitam Road dengan kubah emas dan memiliki atap yang unik.

26. Pantai Kerachut

Objek wisata di Penang ini memiliki pasir putih dengan garis putih yang panjang. Pantai yang terletak di Teluk Bahang ini menjadi salah satu tempat liburan yang cocok untuk wisata keluarga.

27. Gurney Drive Hawker Center

Mau wisata kuliner di Penang? Yuk melipir ke Gurney Drive Hawker Center. Kawasan ini merupakan salah satu food street yang terbesar di Penang. Kawasan ini memiliki ragam tempat makan dan jenis kuliner dengan harga yang murah

28. Restoran Kapitan

Setelah letih berkeliling berbagai destinasi wisata di Penang, kamu bisa mengisi perutmu di Restoran Kapitan. Di sini menawarkan berbagai makanan kuliner khas India dengan harga yang murah.

29. Kompleks Tun Abdul Rozak

Kompleks Tun Abdul Rozak merupakan pusat perbelanjaan yang terkenal dan kerap dikunjungi pelancong. Pusat perbelanjaan yang memiliki 60 lantai ini cocok untuk kamu yang ingin berbelanja.

30. Pantai Tanjung Bungah

Letak pantai ini paling dekat dengan Kota Penang. Pantai Tanjung Bungah memiliki banyak hotel di tepinya. Salah satu kelebihan pantai ini adalah adanya teluk-teluk kecil dengan tebing tajam atau batu besar di atasnya. Untuk menuju pantai ini, kamu bisa naik semua bis dari Georgetown yang perhentian terakhirnya di Teluk Bahang. Bus tersebut akan melewati Tanjung Bungah. Pantai Tanjung Bungah ini terbuka untuk umum dan gratis!

Cara Menuju ke Penang

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Penang adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar pulau atau luar negeri, ini adalah cara terbaik untuk mencapai Penang, mendarat di Bandara Internasional Penang. Ada cukup banyak rute pesawat komersil dari dan menuju Penang yang lebih didominasi penerbangan transit jika kamu berangkat dari luar negeri. Dari bandara, kamu bisa memesan taksi online atau taksi argo untuk mencapai pusat kota dalam waktu sekitar 30 menit.

Bus

Perjalanan dengan bus biasanya digunakan wisatawan dari kota-kota lain di Malaysia atau Singapure. Bus-bus ini biasanya berangkat atau tiba di Terminal Sungai Nibong yang baru (sekitar 30 menit dari pusat kota). Kamu juga bisa berangkat menggunakan bus dari Bangkok, Krabi, dan Phuket. Namun, waktu perjalanannya bisa mencapai 18 jam.

Kapal

Kamu bisa mencapai Penang menggunakan kapal jika kamu berangkat dari kota atau area tertentu, yaitu Langkawi dan Butterworth.

Kereta

Kamu bisa naik kereta KTMB ke Butterworth untuk mencapai Penang. Ini adalah stasiun terdekat ke Kota Penang. Dari sana, kamu bisa menlanjutkan perjalanan dengan menggunakan feri. Kereta-kereta ini melayani rute ke sejumlah kota besar di Malaysia dan beberapa kota di Thailand.

Akomodasi di Penang

Penang memiliki cukup banyak jenis penginapan yang bisa kamu pilih, mulai dari hotel bintang 1 hingga 5. Meski begitu, kota ini didominasi penginapan bintang 2 dan 3 yang menawarkan kamar yang nyaman, fasilitas yang lengkap, serta pemandangan bukit yang menenangkan

Spot Instagram-able di Penang

Penang memiliki sejumlah spot Instagram-able yang wajib kamu kunjungi jika ingin mengumpulkan foto-foto. Mulai dari Frog Hill, Penang Street Art, Penang Hill, Avatar Secret Garden, hingga Kek Lok Si Temple.

Kuliner Penang

Sebagai kota tujuan wisata kuliner, Penang memiliki banyak makanan khas yang nikmat dan dijual dengan harga terjangkau. Jika kamu terbiasa dengan makanan Asia Tenggara, maka makanan Penang akan terasa sangat nikmat untukmu.

Beberapa yang wajib kamu coba adalah:

  1. Char Koay Teow: kwetiauw goreng dengan bumbu khas dari Penang.
  2. Nasi Kandar: masakan India, nasi dengan kari, daging, dan sayur.
  3. Hokkien Mee: mie dengan kaldu udang dan babi dengan kangkung, tauge, dan telur rebus.
  4. Penang Laksa: laksa mie dengan kaldu ikan.
  5. Tiram Goreng: omelet dengan tiram.
  6. Wantan Mee: mie kenyal dengan kuah kaldu babi dan saus tiram.
  7. Ais Kachang: es kacang merah dengan sirup dan jeli.

Makanan Vegan / Vegetarian

Ada cukup banyak restoran vegetarian di Penang meski kebanyakan menyediakan makanan chinese dan tidak selalu makanan Malaysia. Kamu bisa menemukannya di pusat kota, di dekat tempat wisata, atau di foodcourt tempat wisata.

Belanja di Penang

Bagi kamu yang ingin berbelanja, kamu bisa berkunjung ke mal dan pusat perbelanjaan terkenal di Penang. Beberapa mal besar di antaranya adalah Gurney Plaza, Prangin Mall KOMTAR, dan Queensbay Mall. Sedangkan untuk belanja di street market dan pasar malam, kamu bisa berkunjung ke Campbell Street Market, Batu Ferringhi Night Market, dan Little India.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Penang

Musim

Cuaca di Penang umumnya lembab dan panas sepanjang tahun dan musim hujan masuk pada bulan Agustus serta berakhir di November. Untuk itu, waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara bulan Desember dan Maret. Pada bulan-bulan ini, cuaca di Penang lebih sejuk meskipun kota lebih ramai.

Suhu Rata-Rata

Pada bulan Januari hingga Agustus, suhu rata-rata di sini adalah 32 derajat celsius (89.6 derajat fahrenheit). Sedangkan pada bulan September hingga Desember, suhu rata-rata di kota adalah 31 derajat celsius (87.8 derajat fahrenheit)

Festival

Setiap akhir tahun (November hingga Desember), Penang mengadakan Tapak Pesta Pulau Penang di daerah Sungai Nibong. Di sini, kamu bisa berwisata kuliner karena banyaknya jajanan yang dijual di sini, bermain di taman bermain outdoor, berfoto di taman lampu yang cantik, dan bermain untuk memenangkan boneka-boneka lucu. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk di gerbang masuk. Kemudian untuk bermain, kamu harus membayar lagi per permainan.

Cara Berkeliling di Penang

Cara terbaik untuk berkeliling di Penang adalah dengan berjalan kaki. Karena kotanya yang cukup aman dan jumlah kendaraan yang tidak terlalu banyak, kamu bisa berjalan untuk mengelilingi kota tanpa khawatir. Namun, kamu harus selalu membawa payung dan tabir surya untuk mengantisipasi perubahan cuaca.

Untuk transportasi umum, Penang memiliki bus RapidPenang dan taksi argo serta taksi online. Kamu bisa mengandalkan bus RapidPenang jika kamu ingin ke tempat yang cukup jauh dengan harga yang terjangkau. Siapkan selalu uang pas karena biasanay supir bus tidak menyediakan kembalian. Bus-bus ini sudah memiliki rute yang tetap dan ada halte-halte yang bersih dan nyaman untuk kamu menunggu.

Seberapa Luas Penang

Penang memiliki luas 1.048 km persegi. Kegiatan utama di kota ini adalah wisata kuliner. Untuk berwisata kuliner sepuasnya dan berkunjung ke beberapa tempat wisata yang seru, kamu perlu menghabiskan waktu 3-4 hari di sini. Selama waktu tersebut, kamu bisa mencoba berbagai masakan lokal yang lezat dengan harga terjangkau sekaligus membawa sebagian sebagai oleh-oleh. Kemudian, kamu juga bisa menyelingi kegiatanmu dengan berkunjung ke beberapa tempat wisata, seperti KOMTAR, Penang Hill, Kek Lok Si Temple, Tropical Spice Garden, Penang Butterfly Farm, dan Batu Ferringhi Beach.

Mata Uang Penang

RM (Ringgit Malaysia).

Bahasa Penang

Bahasa nasional dan utama di Penang adalah Bahasa Malaysia. Selain bahasa ini, warga lokal juga banyak menggunakan Bahasa Inggris sehari-hari. Beberapa kelompok penduduk Penang juga fasih berbicara Bahasa Mandarin, Tamil, Teochew, dan Hokkian.

Zona Waktu di Penang

GMT+8.

Jenis Stop Kontak di Penang

Jenis steker di Malaysia adalah tipe G yang memiliki tiga pin berbentuk persegi panjang dalam pola segitiga. Stop kontak untuk tipe G ini biasanya memiliki saklar pengaman. Tipe ini biasa digunakan juga di Hong Kong, Singapura, Tiongkok, Britania Raya, dan Irlandia.

Informasi Penting Tentang Penang

  1. Pakaian yang cocok untuk berwisata di Penang adalah kaus lengan pendek, celana panjang, dan sepatu berjalan yang nyaman. Kamu mungkin juga perlu membawa jaket atau syal karena cuaca yang kadang berangin.
  2. Kamu wajib mencoba buah durian yang terkenal di Asia Tenggara.