Palawan
Tentang

Palawan adalah salah satu pulau terbesar di Filipina yang cocok untuk dikunjungi untuk semua umur. Ibu kota Palawan adalah Puerto Princesa. Banyak tempat wisata yang bisa kamu eksplor di Palawan seperti pantai-pantai yang belum terjamah, museum, dan sungai bawah tanah. Pemandangan spektakuler di Palawan pastinya akan membuatmu takjub!


Saat sedang berada di Palawan, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi ibukotanya. Puerto Princesa adalah kota kecil yang menarik. Kamu tidak akan menemukan banyak bangunan tingkat tinggi, tapi kamu bisa menemukan banyak museum menarik terkait dengan Perang Dunia II. Selain museum, sobat tiket juga bisa mengikuti tur untuk menjelajahi sungai bawah tanah Puerto Princesa. Ini adalah sungai bawah tanah terpanjang di mana kamu dapat melihat berbagai satwa liar dan burung-burung cantik.


Selanjutnya, di Palawan, kamu harus mengunjungi El Nido. Lakukan sesuatu yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya seperti berenang di laguna dengan air yang jernih, atau sekedar bersantai di pantai berpasir putih. Kamu harus naik mobil sekitar 5 jam dari Puerto Princesa ke El Nido. Well, memang bukan waktu singkat, tapi sepadan kok sama hal-hal keren yang bisa kamu lihat di sana!


Tempat wisata menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pulau Coron. kamu dapat terbang dari Puerto Princesa ke pulau Coron atau naik feri yang memakan waktu sekitar 8-10 jam. Coron memiliki beberapa tempat menyelam terbaik di Filipina. Bayangkan kamu bisa menyelam dan melihat bangkai kapal sisa dari Perang Dunia II!


Sekarang, mau tau kabar baik lainnya sobat tiket? Kamu sekarang bisa membeli tiket untuk menjelajahi tempat wisata di Palawan di tiket.com. Keren kan? Jadi, nggak perlu membuang waktu mencari-cari tempat membeli tiket saat berada di sana. tiket.com menyediakan apa yang kamu butuhkan dengan harga terjangkau. Jadi, tunggu apa lagi? Rencanakan liburan kamu ke Palawan sekarang, sobat tiket!



Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Palawan

Informasi mengenai tempat wisata di Palawan.

Apa itu tiket CLEAN di Palawan?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Palawan tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Palawan yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Palawan

Palawan adalah provinsi kepulauan Filipina yang terletak di wilayah Mimaropa (wilayah Tagalog barat daya) dan merupakan provinsi terbesar di Filipina berdasarkan total wilayah yurisdiksi. Provinsi ini terkenal dengan keindahan pantai dan resornya yang dapat kamu jelajahi setiap saat. Keindahan Palawan dibuktikan dengan ditetapkannya Taman Laut Nasional Tubbataha Reef dan Sungai Puerto Princesa Subterranean sebagai dua Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Kota ini sangat cocok bagi kamu yang ingin liburan untuk menikmati keindahan dan hangatnya pantai bersama teman-teman, keluarga, atau pasangan.

Cara Menuju ke Palawan

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Palawan adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar negeri, ini adalah cara terbaik untuk mencapai Palawan. Kamu bisa mendarat di Bandara Internasional Puerto Princesa (PPS) yang merupakan bandara internasional satu-satunya di Palawan. Bandara ini berfungsi sebagai pintu gerbang utama ke Palawan. Sedangkan untuk penerbangan domestik, Palawan memiliki banyak bandara yang dapat kamu pertimbangkan, seperti Bandara Francisco B. Reyes Airport, Bandara El Nido, Bandara San Vicente Airport, dan masih banyak bandara domestik lainnya.

Kapal

Selain pesawat, wisatawan yang berangkat dari luar kota biasanya menggunakan perjalanan air untuk mencapai Palawan. Kamu dapat membeli tiket dengan tujuan Pelabuhan Puerto Princesa yang merupakan pelabuhan utama di Palawan. Layanan kapal feri penumpang terjadwal beroperasi setiap minggu dengan rute perjalanan dari Manila ke pelabuhan Puerto Princesa. Palawan juga memiliki pelabuhan lain, seperti Pelabuhan Coron, Pelabuhan El Nido, dan Pelabuhan Mangingisda.

Akomodasi di Palawan

Sebagai provinsi yang terkenal akan keindahan lautnya, Palawan menawarkan berbagai jenis akomodasi yang dapat kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. Deretan resor ternama, hingga homestay sederhana tersedia di Palawan. Banyak di antara resor di Palawan yang ikut menjalankan program konservasi pulai dan terumbu karang yang ada di sekitar wilayahnya.

Spot Instagram-able di Palawan

Palawan dinobatkan sebagai "World's Best Island" yang sudah pasti menyediakan segudang pantai dan laut yang siap memesona setiap wisatawan. Beberapa spot yang dapat kamu kunjungi, seperti Big and Small Lagoons, Bacuit Bay Islands, Nagtabon Beach, Kayangan Lake, dan Port Barton.

Kuliner Palawan

Sebagai provinsi yang dikelilingi oleh laut, sudah pasti Palawan memiliki banyak menu seafood yang khas, lezat, dan berkesan. Selain makanan laut, pastikan untuk mencoba salah satu makanan lezat, seperti Chicken Inasal (hidangan ayam panggang yang lezat), Crocodile Sisig (hidangan eksotik yang terbuat dari daging buaya), Lato Seaweed (hidangan denga tekstur lembut dan lezat), Tamilok (hidangan berbahan dasar cacing kayu yang memiliki rasa seperti tiram), dan Danggit Lamayo (daging kelinci kering yang diasinkan dan direndam dengan bawang putih, cuka, dan lada).

Makanan Vegan / Vegetarian

Kamu bisa dengan mudah menemukan restoran yang khusus menyajikan makanan vegetarian dan vegan di sini. Namun, hidangan yang disajikan tidak selalu makanan Asia, tapi bisa juga makanan western.

Belanja di Palawan

Palawan menyediakan berbagai jenis pusat perbelanjaan yang bisa kamu kunjungi. Beberapa rekomendasi perbelanjaan yang bisa menjadi pilihanmu, seperti San Jose Market, Robinsons Place Mall Palawan, Old Public Market, Puerto Princesa Public Market, dan Coron Public Market.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Palawan

Musim

Palawan memiliki dua musim, yaitu musim panas dan musim hujan, Musim panas berlangsung dari Oktober hingga Mei, sedangkan musim hujan berlangsung dari Juni hingga September. Waktu terbaik untuk pergi ke Palawan adalah pads saat musim kemarau, karena pada musim ini para wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan dan mengunjungi berbagai atraksi yang ditawarkan Palawan.

Suhu Rata-Rata

Musim panas Palawan dimulai pada bulan Oktober dan berakhir pada bulan Mei dengan rata-rata suhu sekitar 27 derajat celsius dan memiliki curah hujan yang sangat kecil. Bulan-bulan pertama pada musim kemarau biasanya masih memiliki curah hujan yang cukup besar, sedangkan bulan-bulan terakhir biasanya cukup panas dan lembab. Berkunjung ke Palawan selama musim hujan tidak dianjurkan karena hujan deras dan badai tropis dapat terjadi kapan saja di Palawan, terutama di daerah utara provinsi. Patut diketahui bahwa musim hujan berlangsung lebih lama di sisi timur Palawan.

Festival

Palawan memiliki sejumlah festival tahunan yang unik, seru, serta tidak akan kamu temukan di tempat lain. Salah satu festival yang wajib dikunjungi adalah Puerto Princesa City Foundation Day dan Balayong Festival, yaitu perayaan hari jadi dari "City in the Forest" kota Puerto Princesa yang dirayakan pada tanggal 14 Maret. Perayaan hari jadi ini dirayakan bersamaan dengan perayaan Festival Balayong, yaitu festival Ceri Palawan yang sangat mirip dengan Bunga Sakura Jepang. Festival-festival ini telah menjadi salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu di Palawan karena terdapat parade kostum indah yang dikenakan oleh seluruh masyarakat yang berpartisipasi.

Cara Berkeliling di Palawan

Transportasi umum yang ada di Palawan cukup menarik dan bervariasi, seperti becak atau kendaraan bermotor roda tiga, Jeepneys dan Multicab yang merupakan transportasi termurah di Puerto Princesa untuk perjalanan jarak menengah dan panjang, serta Bus dan Shuttle Bus yang menjadi transportasi paling nyaman dan murah untuk bepergian dari El Nido dan Puerto Princesa.

Seberapa Luas Palawan

Palawan memiliki wilayah dengan total luas 14,649.73 km persegi. Waktu jalan-jalan ideal untuk dihabiskan di sini adalah 5-7 hari. Selama waktu tersebut, kamu bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata seru dan aktivitas-aktivitas menarik di Palawan. Kamu bisa memulai petualangan dari Puerto Princesa dengan mengunjungi Underground River dan Honda Bay, lalu, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke El Nido dengan menywa perahu pribadi untuk menelusuri berbagai pantai indah yang ada di sana.

Mata Uang Palawan

Peso Filipina (PHP)

Bahasa di Palawan

Ada 52 bahasa dan dialek di provinsi Palawan yang digunakan oleh penduduk setempat. Bahasa Inggris, Tagalog, dan Ilonggo digunakan secara luas dan berdampingan dengan bahasa asli seperti Cuyonon dan Palawanon. Statistik mengatakan bahwa Tagalog mendominasi, diikuti oleh Cuyonon, kemudian Palawanon, dan beberapa masyarakat berbicara bahasa Ilonggo.

Zona Waktu Palawan

UTC+8 (PHT)

Jenis Stop Kontak di Palawan

Jenis steker yang umum digunakan di Palawan adalah tipe A dan tipe B. Tipe A memiliki 2 pin rata dan paralel atau bersebelahan. Sedangkan tipe B memiliki pin yang sama namun dengan tambahan grounding pin. Tegangan listrik di Palawan adalah 220V, dengan frekuensi 60 hz.

Informasi Penting Tentang Palawan

  1. Palawan adalah pulau tropis dengan cuaca yang sangat hangat. Pakaian kasual yang ringan akan cocok untuk dipakai selama berada di Palawan.
  2. Jika kamu ingin berenang dan snorkeling di pulau-pulau indah yang ada di Palawan, sebaiknya kamu mengenakan pakaian renang sebagai lapisan dalam pakaianmu. Dengan begii kamu tidak perlu membawa tas besar saat ingin bepergian.
  3. Katakan ?Tolong? dan ?Terima kasih? setiap saat.
  4. Jangan menunjukkan kejengkelan saat berinteraksi dengan warga lokal, sebaiknya kamu mencari pemandu untuk membantu dalam hal berkomunikasi.
  5. Jaga kebersihan selama di Palawan atau kamu akan mendapat hukuman dan membayar denda.
  6. Air keran di Palawan bukan untuk diminum.