Osaka
Tentang

Jepang merupakan negara favorit para pelancong dunia untuk menghabiskan waktu liburan ke luar negeri. Saat ke Jepang, ada tempat-tempat yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja untuk dikunjungi. Seperti Osaka, yang merupakan kota terbesar kedua di Jepang setelah Tokyo, dan kota dengan penduduk terbanyak ketiga setelah Tokyo dan Yokohama.


Osaka sendiri merupakan kota yang menyimpan banyak keindahan tempat wisata yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Bahkan, banyak dari pengunjung yang merasa tidak lengkap jika ke Jepang tanpa menyempatkan datang ke Osaka.


Selain pusat bisnis, Osaka juga dikenal sebagai kota budaya, hiburan, dan juga makanan. Datang ke Osaka bersama teman dan keluarga, pastikan kamu sudah mempersiapkan tiket tempat wisata di Osaka ya, sobat tiket. Agar memudahkan kamu saat liburan ke Osaka, kamu bisa mengandalkan tiket.com untuk beli tiket masuk tempat wisata di Osaka, lho.


Hal apa yang ingin kamu lakukan saat di Osaka? Mengunjungi situs budaya, religi, hiburan dan juga tempat makan bisa kamu jumpai di sini. Jepang dikenal dengan makanan yang lezat dan berkualitas. Pastikan kamu mencicipi banyak menu khas negara ini ya, sobat tiket.


Mengunjungi Osaka Castle, Tennoji Park and Zoo, Dotonbori Bridge Osaka, Namba, Shinsaibashi, dan Mino Waterfall adalah aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat di Osaka. Wujudkan liburan impian kamu bersama orang tersayang di Osaka, dan percayakan soal pesan tiket masuk tempat wisata di Osaka di tiket.com.


Jika kamu ke Osaka bersama dengan keluarga dan membawa serta anak-anak, maka wajib untuk mengunjungi Aquarium Kaiyukan di Tempozan, Universal Studio Japan, Kids Plaza Osaka, Hirakata Park, dan masih banyak lagi. Pastinya akan menjadi momen yang menyenangkan untuk kamu dan keluarga.


Nggak perlu ragu, ayo beli tiket masuk tempat wisata di tiket.com, dan wujudkan liburan impian kamu bersama keluarga di Osaka.

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Osaka

Informasi mengenai tempat wisata di Osaka.

Apa itu tiket CLEAN di Osaka?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Osaka tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Osaka yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Osaka

Osaka adalah salah satu kota metropolitan di Jepang yang sering dibandingkan dengan Tokyo. Seperti ibukota Jepang, kota ini juga penuh hiburan yang menarik serta tempat-tempat historis yang menakjubkan keindahannya. Selain itu, Osaka juga merupakan kota yang tepat untuk berburu makanan khas Jepang yang nikmat dengan harga terjangkau. Jika kamu memiliki waktu lebih dari seminggu untuk berwisata di Jepang, kunjungilah kedua kota ini dan bandingkan sendiri keindahannya.

Osaka sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata semua jenis traveler. Mulai dari wisata keluarga karena banyaknya tempat wisata yang cocok untuk semua umur, kemudian sebagai destinasi bulan madu karena banyak tempat-tempat yang cantik dan romantis, hingga untuk solo traveling karena keamanannya.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Osaka

Berbagai objek wisata di Osaka dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pulau dan pantai yang cantik. Namun, ada juga sejumlah lokasi bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini. Berikut ada 30 destinasi wisata terbaik di Osaka yang kami rekomendasikan!

1. Dotonbori

Dotonbori adalah salah satu pusat gastronomi dan juga tempat wisata di Osaka. Di tempat ini banyak sekali pusat perbelanjaan, seperti restoran, toko souvenir, klub malam, dan sebagainya. Daya tarik utama kawasan ini adalah pada saat malam hari.

2. Nakanoshima Park

Nakanoshima Park merupakan ruang hijau yang berada di Osaka di tengah bangunan-bangunan tinggi. Perpaduan antara rumput hijau yang halus dan bersih serta bunga yang beragam warna.

3. Sumiyoshi Taisha

Kamu bisa berwisata budaya saat liburan ke Osaka di Kuil Sumiyoshi Taisha. Kuil ini merupakan salah satu kuil tua di Jepang yang terkenal memiliki arsitektur dan desain interior yang indah.

4. Osaka Aquarium Kaiyukan

Tempat wisata di Osaka ini adalah destinasi wisata hits yang memungkinkan kamu melihat banyak spesies ikan dengan akuarium yang sangat besar. Terdapat sekitar 15 tangki besar yang menyuguhkan berbagai kehidupan laut serta segala jenis ikan di dalamnya.

5. Tempozan Ferris Wheel

Tempozan Ferris Wheel adalah sebuah kincir raksasa di Osaka Bay yang memiliki ketinggian 112.5 meter. Di sini kamu dapat melihat pemandangan Rokko Mountains, Akashi Kaikyo Bridge, dan Bandara Internasional Kansai.

6. Universal Studios Jepang

Universal Studio Jepang memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan di Singapura. Tempat wisata di Osaka yang memiliki luas sekitar 39 hektar ini memiliki spot asyik untuk bermain bersama keluarga, seperti Lagoon Hollywood, Jurassic Park, Waterworld, Wonderland, dan The Wizarding World of Harry Potter.

7. Osaka Castle

Jepang memang bisa memberikan kamu banyak referensi tempat wisata sejarah yang menakjubkan. Salah satunya adalah Osaka Castle yang berada di Osaka tentunya. Selain memiliki bangunan yang unik dan terlihat begitu instagenic, Osaka Castle memiliki museum yang menjelaskan mengenai sejarah panjang kastil ini sendiri dan juga tentang Osaka. Yang jarang diketahui, Osaka Castle bisa menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati indahnya bunga sakura yang sedang bermekaran, lho! Pokoknya, nggak lengkap deh kalau kamu ke Osaka tapi belum melihat Osaka Castle secara langsung.

8. Amerikakumura

Jika beberapa negara seperti Indonesia, Singapura, dan Malaysia memiliki Chinatown, maka berbeda dengan Jepang yang memiliki Amerikamura. Amerikamura sendiri memiliki arti desa Amerika, yang mana kamu akan menemukan warga negara Amerika yang tinggal di desa ini. Bahkan, kamu juga bisa menemukan sejumlah toko yang menjual barang-barang khas Negeri Paman Sam di Amerikamura ini. Pengelolah dari toko-toko ritel tersebut pun mayoritas adalah orang Amerika lho!

9. Nakanoshima Park

Nakanoshima Park merupakan ruang hijau yang berada di Osaka di tengah bangunan-bangunan tinggi. Perpaduan antara rumput hijau yang halus dan bersih serta bunga yang beragam warna.

10. Tennoji Park

Satu lagi ruang terbuka hijau yang wajib dikunjungi untuk bersantai saat di Osaka, yaitu Tennoji Park. Taman ini digadang-gadang sebagai taman terluas di Osaka lho. Saat musim semi tiba, maka Tennoji Park ini akan dipenuhi oleh bunga sakura yang bermekaran. Tidak hanya sebagai taman dengan hamparan bunga berwarna-warni yang cantik. Tetapi juga terdapat Tennoji Zoo yang sudah berdiri sejak tahun 1915 di sini. Bisa banget kamu jadikan sebagai tempat wisata keluarga di Osaka juga deh. Pasti seru banget kan, bisa melihat berbagai jenis fauna yang terdapat di Tennoji Park dan Zoo ini.

11. Tsutenkaku Tower

Belum lengkap memang jika kamu ke Jepang dan Osaka, namun tidak menyempatkan untuk datang ke Tsutenkaku Tower. Menara dengan ketinggian yang mencapai 103 meter ini menjadi ikon dari kota Osaka lho. Keunikan dari Tsutenkaku Tower ini terletak pada lampu berwarna-warni yang terlihat begitu memikat pada malam hari. Namun ternyata warna-warni lampu tersebut bukan hanya sekedar lampu biasa lho. Melainkan menunjukan ramalan cuaca di Osaka pada keesokan harinya. Keren banget kan?

12. Cup Noodles Museum

Namanya anak-anak pasti suka makan mie instan. Di Osaka, ada sebuah museum bernama Cup Noodles Museum yang didedikasikan untuk mie instan dan Cup Noodles. Tempat wisata anak ini tidak hanya menarik, tetapi juga interaktif dan sangat menghibur. Salah satu aktivitas paling populer di sini adalah membuat sendiri versi mie instan kamu. Kamu bisa memilih sendiri rasa kuah dan juga topping mie sesuai keinginan. Setelah selesai dikemas, kamu bisa membawa pulang mie instan buatanmu untuk diseduh di rumah.

13. Nifrel Aquazoo

Ingin memperkenalkan si kecil dengan satwa air yang lucu? Ajak saja mereka ke NIFREL Aquazoo. Bukan kebun binatang biasa, tempat wisata anak ini menampilkan koleksi satwanya tanpa menggunakan kandang sehingga kamu bisa berinteraksi langsung dengan mereka. Tempat ini dibagi menjadi tujuh zona berdasarkan karakteristik setiap satwa. Ada zona yang menampilkan kemampuan menarik dari satwa, warna, bentuk, tingkah laku, dan lainnya. Semua seru banget dan bisa kamu saksikan dengan lebih dekat.

14. Legoland Discovery Center

Dari generasi ke generasi, Lego menjadi mainan yang terkenal. Mungkin dulu ketika kamu masih kecil, kamu memainkan mainan ini juga. Kini, saatnya kamu mengajak si kecil untuk ikut memainkannya juga. Legoland Discovery Center tentu saja dipenuhi dengan mainan lebih yang bisa kamu bentuk sendiri sesuai dengan keinginan. Selain itu di sini juga ada film 4D atau kamu bisa menghadiri kelas untuk membentuk Lego. Legoland Discovery Center pun cocok untuk wisata keluarga.

15. Kidz Plaza Osaka

Kalau si kecil masih punya banyak tenaga untuk bermain, ajak aja mereka ke Kids Plaza Osaka. Dengan semua permainan menarik dan kreatif yang ada di sini, dijamin si kecil pasti bakalan sibuk dan terhibur banget. Ada banyak sekali fasilitas yang ramah anak di Kids Plaza Osaka seperti ruang untuk menyusui, ruang untuk mengganti popok bayi, area beristirahat untuk anak-anak dan orang tua, hingga loker untuk menyimpan barang-barang. Kidz Plaza Osaka pun cocok untuk wisata keluarga.

16. Minoo Park

Di bagian luar dari Osaka, ada sebuah area hijau bernama Minoo Park. Menariknya, kalau kamu liburan ke sini bersama keluarga di musim gugur, tempat ini menjadi sangat indah dan bisa jadi spot yang instagramable banget untuk foto bersama keluarga. Tempat ini bisa jadi pilihan destinasi yang pas untuk sejenak keluar dari kesibukan kota Osaka yang seakan tidak pernah berhenti. Di Minoo Park juga ada air terjun Minoo setinggi 33 meter yang menjadi salah satu spot favorit di sini.

17. Osaka Science Museum

Masih mencari tempat wisata keluarga di Osaka? Ajak keluargamu untuk berinteraksi seru dengan sains di Osaka Science Museum. Tenang saja, karena tempat ini didesain agar ramah anak sehingga mereka yang berusia muda bisa sangat terhibur ketika berkunjung ke sini. Museum ini terdiri dari empat lantai yang menampilkan banyak sekali koleksi interaktif. Selain itu setiap harinya diadakan pertunjukan sains. Kamu bisa juga masuk ke planetariumnya yang mengadakan pertunjukan setiap jamnya.

18. Kuromon Market

Saatnya wisata kuliner! Ajak keluargamu untuk mampir ke Kuromon Market yang merupakan pasar umum sepanjang 600 meter. Di sini ada sekitar 150 tempat makan yang sebagian besar menjual ikan, daging, dan hasil tani. Di tempat ini, kamu juga bisa menemukan banyak kuliner enak, seperti makanan laut yang dibakar, sushi, belut, yakitori, takoyaki, hingga buah-buahan sesuai dengan musimnya.

19. Spa World Osaka

Spa World Osaka merupakan tempat pemandian air panas yang terkenal mewah. Hal terunik dalam tempat wisata hits ini adalah setidaknya ada 16 jenis pemandian air panas yang berasal dari 11 negara berbeda.

20. Kuil Hozenji

Menjelajahi kebudayaan Kota Osaka memang menarik, salah satunya dengan melipir ke Kuil Hozenji. Yang terkenal dari kuil ini adalah keberadaan Fudomyoo, dewa yang dipercaya mampu melindungi dari kekuatan jahat dan mengabulkan doa-doa. Pada saat mengunjungi tempat wisata hits ini, kamu tak hanya bisa berdoa saja, tetapi juga menyirami patung Fudomyoo sebagai lambang penyucian.

21. Kuil Shitennoji

Destinasi wisata di Kuil di Osaka selanjutnya adalah Kuil Shitennoji yang didirikan oleh Pangeran Shotoku. Yang jarang diketahui pelancong, kuil ini merupakan kuil tertua di Jepang. Pembangunan kuil ini dimulai tahun 593 dan juga merupakan kuil Budha pertama di Jepang. Di sini, kamu bisa melihat pagoda lima tingkat dan sebuah paviliun dengan patung-patung serta lukisan artistik.

22. Tenmangu dan Festival Tenjin

Salah satu daya tarik tempat wisata di Osaka yang kerap dikunjungi wisatawan adalah adanya Festival Tenjin alias Tenjin Matsuri. Festival ini dihelat setiap tahun setiap tanggal 24 dan 25 Juli dan telah berlangsung selama 1000 tahun lamanya. Pada saat festival berlangsung, Osaka akan dipenuhi dengan kostum warna-warni dan kembang api. Kamu bisa lho mengenakan kostum tradisional, wisata kuliner, dan berburu cinderamata unik di festival ini.

23. Umeda Sky Building

Sebagai kota metropolitan yang maju, pemandangan kota dan arsitektur urban modern Osaka memang menjadi daya tarik tersendiri. The Umeda Sky Building yang dirancang oleh Hiroshi Hara menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Osaka. Dengan dua bangunan pencakar langit yang dihubungkan pada bagian atas dengan struktur melingkar, kamu bisa melihat pemandangan modern Kota Osaka dari menara ini.

24. Shinsaibashi

Liburan ke Osaka nggak lengkap lho tanpa belanja. Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Shinsaibashi yang tak jauh dari Dotonbori. Kawasan ini dipenuhi dengan berbagai toko retail ternama dan butik. Di sini, kamu akan menemukan berbagai barang mewah dan bermerek.

25. Tenjinbashi-suji Shopping Street

Destinasi wisata belanja di Osaka selanjutnya adalah Tenjinbashi-suji Shopping Street. Ingin berburu cinderamata? Tempat ini cocok banget untuk kamu. Pusat perbelanjaan terbesar di Jepang ini menawarkan berbagai barang, seperti barang-barang antik, pakaian, cinderamata, dan kuliner dengan harga yang murah.

26. The National Museum of Art

Buat kamu yang suka dengan seni, cobalah singgah ke The National Museum of Art. Tempat wisata di Nakanoshima ini dibuka pertama kali pada 1977 dan menjadi galeri pameran berbagai koleksi seni tingkat tinggi, termasuk karya dari Picasso dan juga seniman Jepang ternama Kuniyoshi dan Foujita.

27. Momofuku Ando Instant Ramen Museum

Berbeda dengan The National Museum of Art, museum di Osaka satu ini terbilang unik lho. Tempat wisata di Ikeda ini didedikasikan untuk mi instan khas Jepang, yakni ramen. Di sini, kamu enggak hanya mempelajari sejarah dan jenis ramen dari berbagai era, tetapi juga mencicipi ramen secara langsung buatanmu sendiri. Menarik datang ke sini?

28. Air terjun Mino

Tempat wisata di Osaka selanjutnya yang cukup jauh dari pusat kota adalah Air terjun Mino. Untuk mencapai tempat ini, kurang lebih memakan waktu 30 menit jika menggunakan kereta, ditambah 40 menit perjalanan mendaki. Di sini, kamu bisa menikmati asrinya taman Mino dan air terjun terindah di Jepang.

29. Minami (Namba)

Liburan ke Jepang enggak afdol kalau tidak wisata kuliner. Minami merupakan salah satu kawasan wisata belanja dan kuliner yang terkenal di Osaka. Di sini terdapat banyak jajan kaki lima hingga tempat makan dengan harga yang bervariasi mulai dari yang murah hingga yang mahal.

30. Namba Yasaka Shrine

Namba Yasaka Shrine merupakan kuil yang dibangun dari rekonstruksi pasca perang dengan bentuk bangunan kepala singa. Bangunan ini memiliki ketinggian 12 meter dan lebar 11 meter. Lokasi kuil ini dekat dengan stasiun JR Namba sekitar 500 meter. Terdapat juga pohon sakura yang selalu dikunjungi pelancong karena tempatnya yang instagramable.

Cara Menuju ke Osaka

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Osaka adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar negeri, cara terbaik untuk mencapai Osaka adalah menggunakan pesawat, mendarat di Kansai International Airport. Namun, jika kamu berangkat dari kota lain di Jepang, kemungkinan pesawat yang kamu tumpangi akan mendarat di Osaka International Airport atau sering disebut Itami Airport. Dari bandara, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke pusat kota dengan mudah menggunakan kereta cepat.

Bus

Ada banyak bus dengan kualitas kenyamanan yang tinggi serta harga yang terjangkau menuju Osaka. Rute yang akan paling sering kamu temui adalah Tokyo - Osaka. Untuk perjalanan pada malam hari yang memakan waktu sekitar 8-9 jam, ada juga overnight bus yang bisa kamu andalkan. Bus-bus ini menyediakan satu ruangan per penumpang yang berisi tempat tidur.

Kapal

Osaka International Ferry Terminal terletak di Nank? yang bisa kamu capai menggunakan bus kota atau taksi. Perjalanan menggunakan feri atau kapal hanya bisa kamu gunakan jika kamu berangkat dari Busan (Korea Selatan) atau Shanghai (Tiongkok). Feri untuk perjalanan ini tidak tersedia setiap hari, jadi kamu harus mengecek dan memastikan jadwal keberangkatannya terlebih dahulu.

Kereta

Perjalanan menggunakan kereta adalah salah satu yang paling populer dan sering digunakan jika kamu berangkat dari kota-kota lain di Jepang. Shinkansen (kereta cepat) akan membawamu ke Osaka dari berbagai kota besar di Jepang dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan perjalanan darat yang lain. Untuk menghemat biaya, sebaiknya kamu membeli JR Pass yang merupakan tiket terusan untuk perjalanan menggunakan kereta baik di dalam kota maupun antar kota di Jepang.

Akomodasi di Osaka

Sebagai kota wisata, kamu akan menemukan berbagai macam akomodasi di sini, mulai dari hotel bintang 5, hotel di pinggir kota yang lebih tenang, hotel di dekat pusat kota yang juga dekat dengan berbagai tempat wisata, apartemen, hingga hotel budget yang aman dan nyaman. Meski begitu, yang akan kamu temui paling sering adalah akomodasi bintang 3 yang nyaman, bersih, serta memiliki fasilitas lengkap.

Spot Instagram-able di Osaka

Osaka memiliki banyak lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi jika kamu berburu foto-foto keren yang menggambarkan budaya lokal serta cantiknya kota ini. Beberapa di antaranya adalah Umeda Sky Building, Shinsekai (kunjungi pada malam hari), Minnoh Waterfall (cocok dikunjungi pada bulan Juli), Glico Running Man (di Dotonbori), dan Osaka Castle.

Kuliner Osaka

Makanan khas Osaka tidak jauh berbeda dengan masakan khas Jepang di kota lainnya. Hanya saja, bumbu serta cara memasaknya yang memiliki keunikan sendiri. Contohnya, Osaka lebih sering menggunakan udon dibandingkan soba dan kuah sup di Osaka umumnya lebih ringan rasanya serta berwarna lebih terang.

Beberapa makanan khas kota ini yang wajib kamu coba adalah sushi, Japanese BBQ, ramen, udon, nasi kare, donburi, katsu, takoyaki, tempura, dan oden.

Makanan Vegan / Vegetarian

Osaka adalah salah satu kota yang paling vegetarian-friendly di Jepang. Oleh karena itu, kamu tidak akan kesulitan menemukan restoran dan kafe yang menyajikan khusus makanan vegetarian dan vegan.

Belanja di Osaka

Pusat perbelanjaan yang wajib kamu kunjungi tentu adalah Dotonbori yang terkenal. Di sini, kamu bisa mencoba berbagai street food Osaka yang lezat dan terjangkau serta berbelanja berbagai produk oleh-oleh. Kemudian, tidak jauh dari sana, kamu bisa juga mampir ke Shinsaibashi-Suji Shopping Arcade yang tidak hanya penuh dengan restoran tapi juga butik dan toko oleh-oleh. Kamu bahkan bisa membeli berbagai produk bermerk di sini. Jika kamu ingin mencari pusat perbelanjaan untuk barang-barang elektronik dan games, kamu bisa berkunjung ke Den Den Town. Di sini, ada banyak sekali toko yang menjual game dan action figure.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Osaka

Musim

Sebagai salah satu kota di dunia dengan 4 musim, Osaka sebenarnya indah dan nyaman untuk dikunjungi pada musim apapun. Kapanpun kamu berkunjung, kamu tetap akan melihat pemandangan-pemandangan yang indah. Namun, favorit para turis adalah pada musim semi (Maret hingga Mei) dan musim gugur (Oktober dan November). Di musim semi, kamu bisa menyaksikan cherry blossom yang paling ditunggu-tunggu. Sedangkan, musim panas di Osaka biasanya cukup panas untuk berwisata dan musim dingin di sini, meski tidak terlalu dingin, bisa membuatmu kurang nyaman untuk berkeliling di kota jika kamu tidak terbiasa dengan dinginnya salju.

Suhu Rata-Rata

Pada musim dingin (akhir dan awal tahun), suhu rata-rata di sini adalah 6-9 derajat celsius (43-47 derajat fahrenheit). Memasuki musim semi, suhu rata-rata di Osaka adalah 15 derajat celsius (59 derajat fahrenheit). Di musim panas, suhu rata-rata di sini bisa mencapai 29 derajat celsius (84 derajat fahrenheit). Kemudian, di musim gugur, suhu rata-rata turun lagi menjadi 14 derajat celsius (56 derajat fahrenheit).

Festival

Pada musim semi, kamu bisa menghadiri hanami (cherry blossom viewing) atau merupakan waktu terbaik untuk melihat mekarnya bunga sakura di Osaka Castle, Kema Sakuranomiya Park, dan Expo 70 Commemorative Park. Di bulan Juli, tepatnya pada tanggal 24 dan 25, kamu juga bisa menghadiri Tenjin Festival (Tenjin Matsuri), salah satu festival terbesar di Jepang. Warga lokal berpartisipasi dan meramaikan acara di mana akan ada acara pembawaan portable shrine (mikoshi) dari Osaka Tenman-gu Shrine ke Okawa River. Pada malam hari, acara akan ditutup dengan kembang api yang meriah.

Cara Berkeliling di Osaka

Jika kamu berencana menghabiskan waktu cukup lama di Osaka, ada baiknya kamu membeli kartu terusan untuk berbagai transportasi umum di Osaka. Ada banyak jenis kartu terusan yang bisa kamu beli, tergantung lama pemakaian dan transportasi umum apa saja yang akan kamu gunakan.

Di kota ini, kamu bisa mengandalkan subway, kereta JR, atau sepeda (sewa). Transportasi utama dan yang jalurnya paling banyak menjangkau sudut-sudut kota adalah subway. Sebelum berangkat, sebaiknya kamu mempelajari rute-rute transportasi umum yang ada.

Perjalanan menggunakan sepeda juga praktis dan nyaman di kota ini. Selain karena jalanannya yang umumnya rata, ada banyak jalur sepeda serta tempat parkir sepeda di sini.

Seberapa Luas Osaka

Dengan luas 223 km persegi, sebaiknya kamu menghabiskan 3 hari penuh di Osaka. Kemudian, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke kota-kota wisata lain di Jepang, seperti Tokyo, Kyoto, Nara, Nagoya, dan Kobe.

Selama 3 hari tersebut, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas seru di Osaka, seperti menghabiskan satu hari penuh di Universal Studios Japan, berfoto-foto di Osaka Castle, mempelajari kehidupan bawah laut di Osaka Aquarium Kaiyukan, berbelanja dan berwisata kuliner di Dotonbori dan Minami (Namba), berkunjung ke salah satu kuil tua di Jepang, yaitu  Sumiyoshi Taisha, dan menikmati pemandangan serta jalan-jalan santai di Nakanoshima Park, Expo Commemoration Park, dan Nishinomaru Garden.

Mata Uang Osaka

JPY (Yen Jepang).

Bahasa di Osaka

Bahasa nasional dan utama di sini adalah Bahasa Jepang. Bahasa ini digunakan sehari-hari di pusat kota dan juga secara formal. Namun, Osaka sebenarnya memiliki dialek sendiri yang sering disebut Osaka-ben. Ada beberapa kosa kata serta cara bicara yang berbeda dengan Bahasa Jepang di kota lain. Meski begitu, kamu tidak akan kesulitan berbincang dengan warga lokal, terutama anak muda dan yang berada di pusat kota, menggunakan Bahasa Jepang.

Zona Waktu Osaka

GMT+9.

Jenis Stop Kontak Osaka

Jenis steker di Jepang ada 2, yaitu tipe A dan B. Tipe A memiliki 2 pin paralel yang datar, sedangkan tipe B memiliki 2 pin paralel yang datar juga namun dengan sebuah grounding pin.

Tegangan listrik di Tokyo dan Jepang adalah 100V. Sedangkan frekuensi arus listrik di bagian Timur Jepang (termasuk Tokyo, Hokkaido, Tohoku, dan Yokohama) adalah 50Hz dan di bagian Barat Jepang (termasuk Nagoya, Osaka, Kyoto, Hiroshima, dan Kyushu) adalah 60Hz.

Informasi Penting Tentang Osaka

  1. Jika kamu berencana berkunjung pada musim dingin, sebaiknya kamu memakai baju berlapis yang tebal dan sepatu tertutup serta membawa topi, sarung tangan, dan syal untuk berjaga-jaga. Kamu juga bisa membeli heat pack di minimarket terdekat jika kamu tidak kuat dengan udara dinginnya. Gedung-gedung biasanya dilengkapi dengan pemanas sehingga kamu bisa melepaskan jaket, syal, dan outer lainnya saat masuk ke gedung.
  2. Jika kamu berencana berkunjung pada musim semi dan musim gugur, udara di Osaka biasanya cukup sejuk dan kadang cukup dingin saat sudah mendekat musim dingin lagi. Untuk itu, sebaiknya kamu memakai kaus lengan pendek dengan jaket dan celana panjang dan sepatu tertutup. Jika kamu merasa kedinginan, kamu selalu bisa mengenakan jaketmu. Namun, jika sudah tidak terlalu dingin, kamu hanya perlu melepas outer-mu.
  3. Di musim panas, cuaca di sini bisa sangat panas. Untuk itu, sebaiknya kamu memakai kaus lengan pendek atau kaus tanpa lengan yang tidak berbahan tebal, celana pendek atau rok, dan sandal yang nyaman. Jangan lupa untuk membawa topi, kacamata hitam, dan tabir surya.
  4. Jangan makan sambil berjalan.
  5. Jangan berbicara dengan lantang atau berbicara di telepon saat sedang berada di transportasi umum.
  6. Ada baiknya kamu mempelajari sedikit bahasa Jepang dasar karena umumnya warga lokal tidak terlalu fasih berbahasa Inggris.
  7. Jangan membuang sampah sembarangan. Jika kamu tidak bisa menemukan tempat sampah sepanjang perjalanan, simpan dulu sampahnya untuk kemudian kamu buang di tempat sampah di hotel, restoran, atau toilet.
  8. Hindari berkunjung pada Golden Week (antara minggu terakhir bulan April hingga minggu pertama bulan Mei) karena ini merupakan liburan nasional Jepang di mana banyak warga pulang ke kampung halamannya atau berlibur dan banyak toko dan restoran yang tutup.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya