Tes COVID-19 Terdekat

Nggak perlu ribet, pesan berbagai jenis tes COVID-19 terdekat dari lokasimu dengan mudah.

Jaga kesehatanmu pasca-COVID-19

Lakukan tes untuk memastikan tubuh kembali sehat.

Wajib datang ke sini!

Ajak teman atau keluarga buat nikmatin serunya liburan di tempat pilihan tiket.com.

Nusa Tenggara Timur
Tentang

Nusa Tenggara Timur adalah salah satu provinsi terbaik di Indonesia jika kamu bicara soal tempat wisata alam. Mulai dari pulau eksotis, danau yang unik, hingga pantai yang cantik. Masing-masing kota dan kabupaten yang ada di provinsi ini menawarkan keindahannya masing-masing. Kamu benar-benar tidak akan kehabisan pesona alam untuk dieksplorasi!

Selain tempat wisata alam, Nusa Tenggara Timur juga punya banyak lokasi dan festival budaya yang menarik dan unik. Tempat dan acara ini sering menarik perhatian wisatawan dari berbagai belahan dunia karena keunikannya. Sama seperti tempat wisata alam, festival ini juga tersebar di berbagai kota dan kabupaten di dalam provinsi tersebut. Jadi, kalau kamu suka wisata budaya yang asli dan otentik, NTT sangat cocok untukmu!

Baik kamu berwisata bersama keluarga, teman-teman, pasangan, atau bahkan sendiri, Nusa Tenggara Timur bisa jadi destinasi wisata utamamu! Asalkan kamu dan rombonganmu sama-sama suka tempat wisata alam yang cantik dan instagramable, kamu pasti suka jalan-jalan di sini. Banyak dari lokasi wisata ini juga cocok untuk melepas penat, loh!

Untuk urusan akomodasi, kamu tidak perlu khawatir. Masing-masing kota di Nusa Tenggara Timur sudah memiliki pilihan akomodasi yang lengkap dan memadai. Area yang lebih dekat ke pantai dan lebih eksotis umumnya memiliki lebih banyak resor dan penginapan mewah. Penginapan-penginapan ini tentu juga memberikan akses pemandangan yang mengagumkan. Sedangkan area yang lebih dekat ke kota biasanya dilengkapi pilihan akomodasi hotel bergedung dengan pilihan kamar dan fasiltias yang juga lengkap.

Jika kamu ingin benar-benar mengeksplorasi provinsi ini sampai puas, sebaiknya kamu habiskan kurang lebih satu minggu di sini. Hal ini karena ada begitu banyak tempat wisata di Nusa Tenggara Timur yang menarik, cantik, dan wajib dikunjungi di sini! Dan untuk benar-benar menjelajahi semuanya, termasuk yang masih tersembunyi, sebaiknya jangan terlalu terburu-buru dan nikmati setiap momenmu!

Mulai persiapkan rencana perjalananmu ke Nusa Tenggara Timur bersama tiket.com! Langsung saja unduh aplikasi gratis kami untuk pesan tiket pesawat, hotel, sewa mobil, tiket kereta api, dan tiket masuk tempat wisata dengan harga terjangkau!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur

Informasi mengenai tempat wisata di Nusa Tenggara Timur.

Apa Itu tiket CLEAN di Nusa Tenggara Timur?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Nusa Tenggara Timur tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Nusa Tenggara Timur yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Nusa Tenggara Timur

Soal tempat wisata, Nusa Tenggara Timur bisa dibilang merupakan salah satu provinsi terbaik di Indonesia. Ada segudang tempat wisata alam dan budaya yang menakjubkan dan tiada duanya di sini. Mulai dari pantai, bukit, danau, hingga pulau eksotis, ada semuanya di sini. Salah satu wilayah di Nusa Tenggara Timur yang spektakuler adalah Labuan Bajo. Bahkan, desa Labuan Bajo masuk dalam lima destinasi wisata super prioritas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Saat jalan-jalan ke sini, kamu wajib bawa kamera, ya! Ada begitu banyak pemandangan dan spot foto yang pasti ingin kamu abadikan.

Selain aktivitas bertualang dan foto-foto, kamu juga wajib mencoba makanan khas Nusa Tenggara Timur, seperti Kolo, Cetemak Jagung, dan Se’i Daging Sapi.

Baik kamu berwisata bersama teman-teman, pasangan, atau bahkan sendiri, Nusa Tenggara Timur bisa jadi destinasi yang sempurna!

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur adalah salah satu surganya tempat wisata alam di Indonesia. Ada banyak sekali pantai dan pulau eksotis serta air terjun indah di sini yang bisa kamu eksplorasi. Kamu benar-benar tak akan kekurangan tempat wisata untuk dikunjungi!

1. Labuan Bajo

Ini dia pemeran utama pariwisata Nusa Tenggara Timur: Labuan Bajo. Objek wisata di Nusa Tenggara Timur ini memang sudah terkenal di kalangan turis lokal maupun mancanegara. Keindahan pemandangannya membuatnya mendapat julukan surga tempat wisata alam. Selain menikmati pemandangan, aktivitas populer di sini adalah snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang masih bersih dan cantik.

2. Taman Nasional Pulau Komodo

Tempat ini bisa dibilang merupakan salah satu yang paling populer di NTT. Sesuai namanya, taman nasional ini adalah rumah bagi hewan reptil komodo. Hewan ini memang sudah sering menjadi perbincangan warga lokal maupun internasional karena keunikannya. Selain komodo yang menakjubkan, kamu juga bisa menikmati keindahan alam yang tiada duanya.

3. Danau Kelimutu

Bagi kamu yang berjiwa petualang, tempat wisata di Nusa Tenggara Timur yang satu ini pasti cocok untukmu! Untuk mencapainya, kamu memang harus mendaki dulu, tapi tidak terlalu sulit, kok! Begitu tiba di sana, kamu bisa menikmati keindahan danau tiga warna ini sekaligus pemandangan alam sekitarnya yang tambah keren menjelang matahari terbenam.

4. Pulau Padar

Terletak di antara Pulau Komodo dan Pulau Rica, Pulau Padar merupakan salah satu ikon NTT. Hal ini karena pemandangan di Bukit Padar yang juga sudah sering menjadi spot foto favorit. Di pulau tak berpenghuni ini, kamu bisa menikmati pemandangan serta berfoto-foto sampai puas. Pemandangan di sini terutama tambah cantik saat matahari terbenam dan terbit.

5. Danau Sano Nggoang

Saat berwisata ke NTT, jangan lewatkan Danau Sano Nggoang, ya. Kejernihan airnya serta pemandangan alam sebagai latar belakangnya pasti bisa membantumu melepas penat. Berada di kawasan Hutan Mbeliling, danau vulkanik ini bukan hanya tempat wisata biasa, tapi juga merupakan sumber air bersih bagi warga sekitar Labuan Bajo.

6. Pantai Manikin

Pantai Manikin adalah salah satu daya tarik utama di Kupang. Pantai ini cocok untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Saat air laut sedang surut, kamu juga bisa menikmati pemandangan batu koral serta terumbu karang yang cantik.

7. Pantai Pink

Salah satu tempat wisata alam yang paling dikenal wisatawan adalah Pantai Pink. Yup, sesuai namanya, pantai ini punya pasir yang berwarna merah muda. Selain menarik mata dan cocok untuk foto-foto, kamu juga bisa jalan-jalan santai, berjemur, atau bahkan bermain voli pantai di sini.

8. Gunung Fatule’u

Untuk kamu yang suka mendaki santai sambil menikmati pemandangan sekitar di tempat wisata yang masih cukup tersembunyi, langsung saja ke gunung ini! Kamu bisa mendaki dengan panduan pemandu warga setempat.

9. Pulau Kanawa

Berjarak sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo, pulau ini adalah salah satu destinasi eksotis favorit para turis. Di pulau yang masih didominasi spesies flora hijau ini, kamu juga bisa menikmati keindahan air laut yang masih jernih.

10. Pantai Oetune

Selain keindahan pantainya yang khas, salah satu daya tarik utama pantai ini adalah padang pasir di dekatnya. Begitu tiba di sini, kamu akan merasa seperti sedang jalan-jalan di padang pasir Timur Tengah.

11. Gili Laba

Gili Laba atau Pulau Laba adalah salah satu destinasi wisata alam yang cocok untuk kamu yang suka berfoto-foto. Pemandangan alamnya tak hanya memanjakan mata, tapi juga cocok untuk feeds-mu!

12. Air Terjun Oenesu

Kalau kamu suka tempat wisata alam yang menenangkan dan belum ramai pengunjung, kamu bisa ke Air Terjun Oenesu di Kupang. Terdiri dari empat tingkatan dengan kolam kecil di dasarnya, dijamin air terjun ini bisa menyegarkan pikiranmu.

13. Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu akan membuatmu merasa seperti serta di buku cerita dongeng! Keindahannya tiada duanya. Kolamnya bisa kamu telusuri dengan berenang dan ada banyak spot foto keren di sini. Tapi, terutama, tentu saja kesegarannya tidak perlu dipertanyakan lagi.

14. Bukit Cinta

Sesuai namanya, bukit ini memang terkenal akan suasana romantisnya sehingga populer di kalangan pasangan muda-mudi. Mereka biasanya bersantai di gazebo atau di area bebatuan sambil menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam.

15. Pulau Semau

Pulau ini seperti sebuah paket all-in-one. Kamu bisa menikmati pemandangan hijau yang rindang karena banyaknya spesies flora di sini. Selain itu, kamu juga bisa jalan-jalan santai di pantai serta menikmati pemandangan lautnya.

16. Pantai Lasiana

Pantai ini merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Kupang. Terumbu karangnya masih terawat dengan baik, air lautnya jernih, dan pasir putihnya bersih. Untuk kamu yang suka wisata pantai eksotis, destinasi di Nusa Tenggara Timur yang satu ini pasti cocok untukmu!

17. Goa Batu Cermin

Untuk kamu yang berjiwa petualang, langsung saja ke Goa Batu Cermin! Di sini, kamu akan diajak mengeksplorasi goa yang menjadi rumah kawanan kelelawar. Di dalamnya, kamu juga bisa melihat langsung keindahan tipikal goa, seperti stalaktit dan stalakmit yang menghiasinya.

18. Pulau Alor

Pulau Alor sering dibilang sebagai surga tersembunyi di NTT. Keindahannya sudah sering menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara. Tak heran jika objek wisata di Nusa Tenggara Timur ini sering dijuluki sebagai spot menyelam terbaik di seluruh Indonesia.

19. Pantai Tablolong

Untuk mencapai lokasi wisata ini, kamu memang harus berkendara sekitar 1,5-2 jam dari pusat kota Kupang. Namun, jalanannya sudah mulus beraspal sehingga kamu tak perlu khawatir lagi. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan pantai yang masih asri dan bersih. Atau, kamu bisa juga snorkeling untuk sekaligus menikmati keindahan bawah lautnya.

20. Air Terjun Noelaku

Yang menjadikan air terjun ini unik dan wajib dikunjungi adalah bentuknya yang berbeda. Air terjun di sini mengalir dari antara dua tebing-tebing karang. Tak heran jika air terjun ini terlihat lebih eksotis dibandingkan yang lainnya.

21. Gunung Mutis

Kamu suka kegiatan trekking di tempat yang pemandangannya cantik dan jalurnya menantang? Tantang dirimu untuk menaklukkan Gunung Mutis! Jalurnya memang tidak sampai susah sekali, namun tetap menantang dan menyenangkan. Selain itu, pasti akan ada kepuasan tersendiri begitu kamu mencapai puncak dan bisa menikmati pemandangan yang tiada duanya!

22. Pantai Nunsui / Pantai Batu Nona

Bebatuan di pantai ini terbilang unik karena dikaitkan dengan sebuah legenda lokal. Konon, dulu ada seorang nona yang bunuh diri karena patah hati dengan melompat dari tebing di sini. Meski jasadnya tak pernah ditemukan, tiba-tiba terbentuk sebuah bebatuan di pinggir pantai yang menyerupai seorang nona. Karena telah tergerus air laut terus menerus, bentuk batu tersebut telah berubah. Sekarang, telah dibangun patung dengan bentuk yang menyerupai batu sebelumnya untuk mengenang legenda tersebut.

23. Taman Rekreasi Goa Monyet

Tak hanya di Ubud, Kupang juga punya sebuah goa monyet. Kamu bisa berinteraksi dengan monyet-monyet jinak di sini dengan memberi mereka makan atau sekedar mengobservasi dari jauh. Dulu, sebenarnya ada sekitar 300 ekor monyet dari empat kelompok yang tinggal di sini. Sayangnya, jumlahnya kini sudah semakin berkurang.

24. Pulau Riung

Pulau Riung adalah satu dari banyak pulau kecil di area NTT yang wajib kamu kunjungi! Di sini, kamu bisa snorkeling, berenang, mengeksplorasi dengan perahu, memancing, dan banyak lagi. Tentu bisa menjadi destinasi yang sempurna untuk rombongan.

25. Pantai Kolbano

Meski harus berkendara sekitar 3-4 jam dari Kupang, keindahannya akan sepadan dengan perjalananmu! Berbeda dengan pantai biasanya, di sini tidak ada pasir, melainkan kerikil halus. Dan air lautnya bukan berwarna biru jernih, tapi biru susu.

26. Pantai Timor

Air laut di sekitar pantai ini masih sangat jernih dan penuh dengan spesies hewan bawah laut yang cantik. Kegiatan favorit para turis di sini tentu adalah snorkeling.

27. Air Panas Mengeruda

Untuk yang ingin berelaksasi, langsung saja ke Air Panas Mengeruda. Di sini, kamu bisa berendam dan bersantai sambil menikmati hangatnya air panas alami ini. Selain itu, pemandangan alam yang mengelilinginya akan membantumu rileks lebih lagi.

28. Pantai Pasir Panjang

Sesuai namanya, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang cukup panjang. Karena itu, kamu dan rombonganmu pasti puas menghabiskan waktu di sini. Selain menikmati pemandangan, ada juga sejumlah spot foto keren untuk mengabadikan momenmu.

29. Gua Kristal

Dari luar, gua ini memang terlihat seperti mulut gua biasa dengan semak-semak di sekitarnya. Tapi, begitu kamu masuk, kamu akan disuguhkan pemandangan kolam air yang begitu jernih dan cantik layaknya kristal. Tak hanya menyegarkan mata, tempat ini juga cocok untuk berfoto-foto.

30. Air Terjun Weikelo Sawah

Tak seperti banyak air terjun yang menjulang tinggi, Air Terjun Weikelo Sawah cukup rendah dan memiliki banyak tingkat serta kolam. Kamu bahkan bisa berenang dan merasakan sendiri kesegaran airnya yang jernih.

Cara Menuju ke Nusa Tenggara Timur

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Nusa Tenggara Timur adalah dengan:

Pesawat

Sejumlah kota di Nusa Tenggara Timur memiliki bandara yang memadai, seperti Kupang, Sumba Barat, dan Sumba Timur. Jika kamu berangkat dari kota lain di Indonesia, kamu bisa mengandalkan transportasi yang satu ini. Jika kamu berangkat dari luar negeri, kamu mungkin perlu transit lebih dulu di kota besar lainnya di Indonesia.

Bus

Bus bisa dibilang merupakan salah satu alternatif paling mudah dan praktis untuk mencapai NTT. Baik kamu berangkat dari luar atau dalam pulau, kamu bisa dengan mudah menemukan rute perjalanan ke kota-kota di Nusa Tenggara Timur. Namun, tentu saja perjalanannya lebih lama meski harganya lebih terjangkau.

Kapal

Beberapa kota dan pulau di Nusa Tenggara Timur bisa kamu capai dengan kapal, seperti Sumba dan Kupang. Umumnya, ada cukup banyak kapal penumpang yang tersedia dari kota-kota besar di Jawa. Meski begitu, walaupun harganya lebih terjangkau, mohon diingat bahwa perjalanannya bisa saja memakan waktu beberapa hari.

Akomodasi di Nusa Tenggara Timur

Pilihan akomodasi di Nusa Tenggara Timur sangat lengkap dan beragam. Di pusat kota, ada banyak pilihan hotel bintang 3 sampai 5 yang berada di gedung bertingkat. Sedangkan di area-area yang lebih dekat ke pantai dan lebih eksotis, kamu bisa dengan mudah menemukan resor dan penginapan jenis lainnya yang mewah dengan fasilitas serta pilihan kamar yang lengkap. Penginapan-penginapan mewah ini tentu juga menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Spot Instagram-able di Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur bisa dibilang merupakan gudangnya spot foto keren. Beberapa yang bisa kamu kunjungi adalah:

  • Danau Kelimutu, Ende
  • Pulau Padar, Labuan Bajo
  • Pantai Oetune, Timor Tengah Selatan
  • Bukit Wairinding, Sumba Timur
  • Bukit Cinta, Kupang Tengah
  • Desa Wae Rebo, Manggarai
  • Pantai Pink (Taman Nasional Komodo), Labuan Bajo

Kuliner di Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur punya banyak pilihan makanan lokal yang lezat dan menarik, seperti:

  • Kolo: nasi yang sudah dicampur bumbu khas NTT, lalu dimasukkan ke bambu dan dibakar.
  • Catemak Jagung: jagung, kacang hijau, kacang tanah, dan labu atau sayur lainnya direbus di air yang sudah diberi garam dan bumbu lainnya.
  • Se’i Daging Sapi: daging sapi yang dipotong memanjang, diberi bumbu, lalu diasapi menggunakan arang dan kayu tanaman kosambi sehingga aromanya berbeda dan unik.
  • Jagung Titi: biji jagung dimasak setengah matang, lalu ditumbuk di atas batu hingga gepeng.
  • Pelepah Manuk: daging ayam atau burung yang dibakar, lalu dimasukkan ke panci yang berisi bumbu-bumbu khas, dituangi santan, dan dimasak sampai meresap.

Makanan Vegan / Vegetarian

Restoran atua tempat makan khusus vegan atau vegetarian belum banyak tersedia di Nusa Tenggara Timur. Meski begitu, karena jagung masih menjadi salah satu makanan pokok di sini, kamu tidak akan sulit menemukan makanan khas lokal yang ramah vegan / vegetarian.

Belanja di Nusa Tenggara Timur

Di Nusa Tenggara Timur, kamu bisa mengunjungi berbagai pasar tradisional yang lengkap, seperti:

  • Pasar Ende, Ende
  • Pasar Baru Bobou
  • Pasar Alok, Maumere

Di sini, kamu bisa menemukan kerajinan tangan lokal yang cantik hingga bahan makanan segar.

Selain itu, di kota yang lebih besar, ada juga sejumlah pusat perbelanjaan modern, seperti:

  • Transmart Kupang
  • Lippo Plaza Kupang.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Nusa Tenggara Timur

Musim

Sama seperti kota dan provinsi lainnya di Indonesia, hanya ada dua musim di sini, yaitu musim kemarau dan hujan. Untuk pemandangan terbaik, sebaiknya hindari musim hujan. Waktu terbaik adalah antara bulan Mei dan Juli. Cuaca cerah namun tidak terlalu panas dan biasanya belum turun hujan deras.

Suhu Rata-Rata

Meski setiap kota di Nusa Tenggara Timur memiliki suhu rata-rata yang berbeda-beda secara detail, namun secara umum, sepanjang tahun, suhu rata-rata di sini adalah sekitar 26 derajat Celsius (78.8 derajat Fahrenheit).

Festival

Nusa Tenggara Timur memiliki banyak festival budaya di setiap kotanya setiap tahun. Festival-festival ini menarik minat pengunjung dari berbagai belahan dunia. Beberapa di antaranya adalah:

  • Festival Tenun Ikat Sikka
  • Festival Reba Ngada
  • Festival Komodo
  • Festival Semana Santa
  • Festival Pasola

Cara Berkeliling di Nusa Tenggara Timur

Transportasi publik yang paling umum dan banyak tersedia di kota-kota di Nusa Tenggara Timur adalah angkot. Pilihan rutenya cukup lengkap dan armadanya juga cukup banyak. Jika kamu belum terbiasa, kamu bisa tanyakan lebih dulu mengenai rutenya ke supir. Tarifnya adalah sekitar Rp4.000,- per perjalanan.

Seberapa Luas Nusa Tenggara Timur

Secara total, Nusa Tenggara Timur memiliki luas 47.246 kilometer persegi. Untuk mengeksplorasi tempat wisata di Nusa Tenggara Timur yang paling terkenal, sebaiknya kamu siapkan waktu sekitar satu minggu. Hal ini karena semua kota di NTT memiliki pesonanya masing-masing yang tentu tak ingin kamu lewatkan. Selain itu, kamu juga bisa mengeksplorasi tempat wisata budaya yang unik sambil berinteraksi dengan penduduk lokal. Untuk benar-benar menjelajahi semua ini sampai puas, sebaiknya jangan terlalu terburu-buru. Beberapa lokasi wisata yang kamu rekomendasikan adalah;

  • Taman Nasional Komodo
  • Danau Kelimutu
  • Pantai Lasiana
  • Pantai Koka
  • Pantai Walakiri
  • Bukit Wairinding
  • Air Terjun Tanggedu

Mata Uang di Nusa Tenggara Timur

Rp / IDR (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Nusa Tenggara Timur

Bahasa nasional dan resmi di sini adalah Bahasa Indonesia. Meski begitu, untuk percakapan sehari-hari, banyak penduduk lokal yang masih menggunakan bahasa daerahnya masing-masing. Karena itu, sebaiknya pelajari sedikit banyak Bahasa Indonesia dasar dan bahasa daerah dasar untuk memudahkan percakapan selama di sini.

Zona Waktu di Nusa Tenggara Timur

WITA / GMT+8

Jenis Stop Kontak di Nusa Tenggara Timur

Jenis stop kontak di Nusa Tenggara Timur dan provinsi lain di Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe C / F umumnya digunakan juga di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Informasi Penting Tentang Nusa Tenggara Timur

  1. Air keran di sini bukan untuk diminum.
  2. Sebaiknya selalu kenakan pakaian yang sopan dan tertutup, seperti kaos berlengan, dan celana atau rok selutut atau panjang.
  3. Saat mengunjungi tempat tinggal penduduk lokal, lepaskan sepatu di depan rumah atau di teras.
  4. Pelajari beberapa sedikit Bahasa Indonesia dasar untuk memudahkan percakapan di sini.
  5. Selalu gunakan tangan kanan untuk berjabat tangan dan saat menerima atau memberikan barang. Menggunakan tangan kiri dianggap tidak sopan.
  6. Jangan tunjukan public display affection yang berlebihan, seperti berciuman atau berpelukan di tempat umum. Berpegangan tangan masih dianggap biasa saja.

Destinasi Favorit di Nusa Tenggara Timur