Bersiap Sambut #NewNormal

tiket FLEXI

Pesan sekarang buat nanti! Fleksibel tentukan jadwal aktivitasmu.

Selengkapnya

Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat

Aktivitas Baru Di Nusa Tenggara Barat

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat

Informasi mengenai tempat wisata di Nusa Tenggara Barat.

Apa itu tiket CLEAN di Nusa Tenggara Barat?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Nusa Tenggara Barat tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Nusa Tenggara Barat yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat (NTB) terkenal akan tempat-tempat wisata yang menawarkan pemandangan indah dan menakjubkan. Misalnya saja Pemandian Raja di NTB, Gili Trawangan, Pantai Senggigi, Air Terjun Mata Jitu, dan Gunung Rinjani.

Karena keindahan tempat wisatanya dan kotanya yang cenderung menenangkan dan tidak ramai, NTB sangat cocok dijadikan destinasi wisata keluarga atau solo traveling.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat menyimpan segudang tempat wisata alam yang indah, cantik, dan patut dikunjungi! Kamu akan menemukan banyak pantai dan pulau-pulau cantik dengan air laut yang masih jernih untuk melakukan berbagai kegiatan watersport favoritmu.

1. Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah salah satu objek wisata di Nusa Tenggara Barat yang paling populer. Hal ini mungkin karena banyak turis yang melanjutkan wisatanya dari Bali ke sini. Tempat wisata di Lombok ini memang bisa dijangkau dengan mudah dan cepat dari Bali. Namun, selain itu, salah satu daya tariknya adalah terumbu karang serta keindahan bawah laut lainnya yang masih terjaga di sini. Wisatawan juga biasanya ke Pantai Barat Gili Trawangan untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam dengan latar belakang Gunung Agung yang indah.

2. Gili Meno

Satu lagi gili yang paling terkenal di Lombok, Gili Meno. Di sini, selain bisa menginap di resor mewah dan menikmati pemandangan matahari terbit yang tak kalah indah, kamu juga bisa melihat penyu-penyu berenang dari pagi sampai sore di Gili Meno Wall.

3. Gili Air

Bersama Gili Trawangan dan Meno, Gili Air melengkapi trio Gili yang paling sering dikunjungi wisatawan di NTB. Hal ini mungkin karena ketiga gili sudah lebih dikembangkan fasilitasnya dan letaknya yang tidak jauh dari Bali. Di sini, kamu bisa snorkeling, duduk-duduk santai di pantai sambil menyaksikan matahari terbenam, wisata kuliner di tempat makan yang tersedia di sini, dan menginap di salah satu resor dengan fasilitas dan kamar yang lengkap dan nyaman di sini.

4. Pulau Satonda

Pulau yang terletak di Dompu ini terkenal karena memiliki danau air asin di dalamnya. Danau ini tadinya adalah danau air tawar, namun karena letusan Gunung Tambora tahun 1815 yang mengakibatkan tsunami, air laut pun masuk ke danau tersebut. Selain itu, di pinggir danau, ada pohon-pohon yang tidak diketahui asal usulnya dan disebut sebagai pohon harapan. Yang menggantungkan batu di pohon-pohon ini dikatakan akan terwujud harapannya.

5. Gili Sulat

Berbeda dengan gili-gili lainnya, Gili Sulat terkenal akan hutan bakaunya. Ada banyak satwa yang hidup di hutan ini, termasuk burung-burung cantik. Kamu bisa mengeksplorasinya untuk benar-benar melihat keindahannya. Selain itu, kamu juga bisa snorkeling di dekat pantai untuk melihat kecantikan bawah laut.

6. Doro Ncanga

Doro Ncanga menawarkan savana terbuka yang indah, penuh dengan hewan ternak yang berkeliaran dengan bebas. Pemandangannya mungkin mengingatkanmu akan savana di Afrika. Karena lasnkapnya yang instagramable, Tempat wisata ini terutama menjadi favorit wisatawan yang hobi fotografi.

7. Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun ini mendapatkan namanya karena aliran airnya yang halus dan tipis mirip dengan kelambu atau tirai. Alirannya lebih halus dari air terjun pada umumnya sehingga memberikan pemandangan yang berbeda keindahannya.

8. Pantai Senggigi

Untuk kamu yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan, kamu bisa ke Pantai Senggigi. Hamparan pasir putih serta air laut biru akan menyambutmu. Ombaknya pun termasuk tenang sehingga cocok untuk kamu yang ingin jalan-jalan santai di sekitar pantai.

9. Taman Narmada

Selain menjadi tempat peristirahatan raja-raja zaman dulu, taman ini juga sebenarnya merupakan replika dari Gunung Rinjani. Penduduk asli Lombok yang beragama Hindu pada zaman dulu perlu mendaki puncak Gunung Rinjani untuk memberikan sesaji kepada dewa. Namun, karena sudah tua dan tidak sanggup lagi mendaki gunung, akhirnya mereka mendirikan replikanya sebagai tempat memberikan sesajian. Kini, taman yang ada di Lombok ini telah menjadi salah satu tempat wisata favorit wisatawan. Namun, karena masih dianggap tempat yang suci, kamu juga harus mengikuti semua peraturan yang berlaku.

10. Gili Asahan

Gili Asahan termasuk salah satu Gili yang masih jarang terdengar dan tidak banyak dikunjungi wisatawan. Tapi ini bukan berarti tempat ini tidak patut dikunjungi. Ada resor mewah di sini serta banyak penduduk lokal, terutama nelayan, yang tinggal di sini. Karena tidak banyak pengunjung, pantai dan air lautnya masih sangat bersih dan asri. Kamu pun bisa menikmati masa wisata yang tenang, damai, dan menyegarkan di sini tanpa kebisingan atau keramaian.

11. Gunung Rinjani

Gunung ini merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia dan sering menjadi destinasi impian anak gunung. Terletak di Pulau Lombok, gunung ini memiliki trek pendakian yang cukup menantang namun sepadan saat kamu tiba di puncaknya. Selain itu, wisatawan juga biasanya menantikan Danau Segara Anak yang akan dilewati saat mendaki ke puncak.

12. Gili Kedis

Untuk wisata singkat di pagi atau siang hari, kamu bisa ke Gili Kedis, sebuah pulau yang jauh lebih kecil dari gili-gili lainnya. Terletak di Sekotong, kamu bisa snorkeling di sini untuk benar-benar melihat keindahan biota lautnya. Tempat ini pun masih termasuk hidden gem sehingga masih bersih, asri, dan tidak ramai pengunjung.

13. Pantai Bangko-Bangko

Pantai Bangko-Bangko yang terletak di Sekotong ini memiliki ombak yang cukup kencang dan tinggi, sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin berselancar. Untuk waktu berselancar terbaik, sebaiknya kamu berkunjung antara bulan Mei dan Oktober.

14. Pundu Nence Peak

Pundu Nence yang terletak di Bima atau sering disebut Punce sangat cocok untuk kamu yang hobi mendaki dan ingin mengasah kemampuanmu. Dengan tinggi 1050 mdpl, tempat wisata di Nusa Tenggara Barat ini cocok bagi kamu yang ingin berlatih sebelum mendaki gunung-gunung lain yang lebih tinggi. Perjalanan menuju puncak memakan waktu 6 jam pendakian. Namun, ketika tiba di atas, semua tantangan yang kamu hadapi sangat sepadan. Pemandangannya yang membuatmu merasa melayang di atas awan dijamin akan membuatmu takjub!

15. Gili Tongkang

Gili Tongkang merupakan salah satu gili yang juga masih sepi pengunjung dan masih bersih serta asri secara keseluruhan. Selain menghabiskan waktu berfoto-foto dengan latar belakang langit dan laut yang indah, kamu juga bisa snorkeling atau menyelam untuk melihat keindahan biota lautnya.

16. Gili Nanggu

Jika kamu menginginkan tempat yang privat, terutama untuk wisata romantis atau bulan madu, kamu bisa ke Gili Nanggu di Sekotong. Pulau ini tidak dihuni penduduk lokal, hanya ada resor dan staf manajemennya. Selain menginap di resor mewah, kamu bisa juga bersantai di pantai atau berenang di laut dekat pantai untuk menikmati keindahannya.

17. Gunung Tambora

Di kalangan anak gunung, Gunung Tambora adalah salah satu destinasi favorit. Dengan ketinggian 2851 mdpl, kamu akan melihat pemandangan yang menakjubkan saat tiba di puncaknya. Namun, selain itu, kamu juga bisa melihat langsung kawah terbesar yang ada di Indonesia saat mendaki.

18. Pantai Semeti

Pantai ini bisa dibilang merupakan salah satu tempat wisata tersembunyi. Untuk mencapainya, kamu harus melalui jalur yang agak menantang. Setibanya di sana, kamu akan melihat hamparan pasir yang masih asri serta tebing-tebing dengan formasi unik yang terhantam ombak. Banyak wisatawan yang berfoto saat langit cerah, namun tempat ini juga cocok untuk menyaksikan matahari terbenam.

19. Pulau Moyo

Meski masih termasuk hidden gem, pulau ini memiliki segudang tempat wisata alam yang sangat indah. Mulai dari pantai-pantai dengan pasir putih dan air laut yang masih biru jernih hingga beberapa air terjun yang juga indah dan asri.

20. Air Terjun Mata Jitu

Air terjun ini adalah salah satu yang ada di Pulau Moyo, Sumbawa. Tempatnya masih tergolong tersembunyi sehingga perlu perjalananan yang lebih panjang untuk mencapainya. Namun, ketika mencapainya, keindahan air terjun setinggi 7 meter sangat sepadan dengan perjalananmu!

21. Pantai Selong Belanak

Selain bentuknya yang unik, yaitu menyerupai setengah lingkaran, pantai ini juga menjadi tempat wisata hits karena cocok untuk kamu yang ingin belajar berselancar. Ombaknya tidak sampai kencang atau tinggi sekali, jadi pas untuk kamu yang masih pemula. Penyewaan papan selancar di pantai ini juga tersedia.

22. Rumah Adat Sade

Untuk kamu yang menyukai wisata budaya, kamu bisa ke Rumah Adat Sade. Rumah adat ini adalah milik Suku Sasak di Lombok yang masih mempertahankan tradisinya. Bentuk masing-masing rumah di sini merepresentasikan simbol dan makna tertentu. Kamu bisa mempelajarinya lebih dalam jika berkunjung ke sini.

23. Pantai Lakey

Pantai yang satu ini sudah dikenal di kalangan peselancar karena ombaknya yang kidal, alias menyapu ke kiri, bukan kanan seperti biasanya. Selain berselancar, kamu juga bisa kite surfing, windsurfing, dan banyak lagi. Bagi kamu yang tidak hobi watersport, kamu bisa duduk-duduk santai di pantai dan menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam.

24. Pantai Maluk

Lokasi pantai ini termasuk unik dan strategis sehingga memberikan pemandangan yang berbeda. Pantai ini berada di sebuah teluk dan ada 2 bukit di kiri kanannya, yaitu Bukit Balas dan Mantun. Selain pemandangannya, kamu juga bisa jalan-jalan atau duduk-duduk santai di pantai, berenang, canoeing, atau bahkan berselancar.

25. Pura Batu Bolong

Pura ini mendapat namanya karena lokasinya yang berada di atas bebatuan yang menjorok ke laut yang bolong. Selain menjadi tempat wisata karena lokasinya yang unik, pura ini juga masih aktif sebagai tempat ibadah.

26. Pantai Lawar

Pantai ini terkenal karena pasirnya yang halus dan lembut, sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin bersantai di pinggir pantai. Pemandangan yang bisa kamu nikmati pun sangat cantik, yaitu bukit-bukit hijau yang menjulang tinggi serta hamparan air laut biru yang jernih.

27. Tanjung Ringgit

Terletak di paling ujung timur Pulau Lombok, Tanjung Ringgit adalah salah satu hidden gem yang layak dikunjungi karena pemandangannya yang indah. Dengan jalur yang sudah diaspal, kamu bisa mencapai tempat ini menggunakan motor, mobil, atau sepeda. Setibanya di sana, kamu bisa menikmati pemandangan laut yang cantik dari tebing.

28. Pantai Pulau Kenawa

Pantai di Pulau Kenawa ini cocok untuk kamu yang ingin menikmati momen di pantai dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih tanpa keramaian. Tidak berpenghuni dan masih termasuk hidden gem, kamu dan rombonganmu tidak perlu khawatir akan keramaian. Di sekitar pantai pun ada padang rumput dengan ilalang tinggi yang tak kalah cantik. Perlu diingat bahwa di pulau sederhana ini, tidak ada listrik maupun toilet.

29. Bukit Pergasingan

Dengan ketinggian 1670 mdpl, bukit ini bisa menjadi lokasi latihan pendakian sebelum menaklukan Gunung Rinjani. Kamu akan butuh waktu 2 sampai 2.5 jam untuk mencapai puncaknya. Kemudian, kamu bisa melihat pemandangan sawah yang rapi terpetak di bawah. Sedangkan jika menengok ke depan, kamu bisa melihat Gunung Rinjani.

30. Pantai Sire

Untuk tempat wisata keluarga yang murah, kamu bisa ke Pantai Sire. Tanpa perlu membayar biaya masuk, kamu dan keluarga bisa jalan-jalan santai di pantai sambil menikmati pemandangan laut. Kamu bisa juga snorkeling untuk melihat langsung keindahan bawah lautnya. Gunung Rinjani yang mengagumkan juga terlihat dari pantai ini, loh!

Cara Menuju ke Nusa Tenggara Barat

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Nusa Tenggara Barat adalah dengan:

Pesawat

Ini adalah cara terbaik untuk mencapai kota-kota di NTB. Beberapa bandara besar di area ini adalah Bandara Internasional Lombok, Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin (Bima), dan Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin (Sumbawa).

Kapal

Jika kamu berangkat dari Bali kamu bisa menggunakan feri dari Nusa Penida menuju Bangsal (Lombok).

Akomodasi di Nusa Tenggara Barat

Kamu akan lebih banyak menemukan hotel atau penginapan jenis lain yang berbintang 3 atau lebih rendah di area-area ini. Meski begitu, karena NTB merupakan salah satu tempat wisata yang semakin terkenal, kamu juga akan menemukan beberapa akomodasi mewah meskipun tidak sebanyak akomodasi budget.

Spot Instagram-able di Nusa Tenggara Barat

Lokasi-lokasi outdoor di NTB bisa kamu kunjungi untuk mengumpulkan foto-foto wisata yang seru. Beberapa di antaranya adalah Danau Segara, Bukit Merese, Pantai Seger, Gili Trawangan, Tiu Kelep Waterfall, Goa Bangkang, Pura Batu Bolong, Kenawa, dan Air Terjun Benang Kelambu.

Kuliner Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat memiliki banyak hidangan lokal yang lezat. Beberapa di antaranya yang wajib kamu coba adalah:

  • Sate Bulayak (terbuat dari daging sapi dan bumbu kacangnya berbeda dari yang lain karena menggunakan santan)
  • Janje Tunjak Lapis Poteng (sejenis tape terbuat dari beras ketan, bumbu yang digunakan seperti perasan daun saga dan kelapa parut)
  • Kelaq Kelor (mirip sayur bening paling nikmat dimakan bersama nasi hangat dan sambel terasi)
  • Ayam Taliwang (dimasak dengan cara dibakar, dibumbui cabai merah dan keriting, bawang merah, bawang putih, kencur, dan garam)
  • Sate Pusut (terbuat dari daging ayam, daun jeruk purut, dan kelapa muda. Bumbu yang digunakan berupa ketumbar, lada putih, dan terasi)
  • Ares (terbuat dari pohon pisang yang masih muda dan sudah dibuang kulitnya)
  • Beberuk Terung (terkenal karena rasa pedasnya)
  • Nasi Balap Puyung (berupa ayam suwir, kacang panjang, kentang kriuk, abon sapi, dan ayam goreng)
  • Kelaq Batih (terbuat dari biji buncis dan daun singkong).

Makanan Vegan / Vegetarian

Jika kamu sedang di Lombok, kamu akan dengan mudah menemukan restoran-restoran yang menyajikan makanan vegan / vegetarian karena Lombok sendiri sudah menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara. Untuk area Bima dan Sumbawa, restoran vegetarian maupun vegan masih susah ditemukan.

Belanja di Nusa Tenggara Barat

Jika kamu ingin berbelanja di tempat indoor, kamu bisa berkunjung ke Mataram Mall, Artha Mall Bima, dan Sumbawa Grand Mall.

Sedangkan untuk membeli kerajinan tangan, kamu bisa berkunjung ke Pasar Seni Sayang-Sayang.

Selain itu, NTB juga memiliki beberapa pasar tradisional, seperti Pasar Tradisional Cakranegara, Pasar Plampang Sumbawa, dan Pasar Tradisional Bima.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Nusa Tenggara Barat

Musim

Waktu terbaik untuk berkunjung ke NTB adalah pada musim kemarau, yaitu antar bulan Juni dan September.

Suhu Rata-Rata

Suhu rata-rata pada musim hujan di sini adalah 23 derajat celsius (73.4 derajat fahrenheit). Sedangkan pada musim panas suhu rata-rata meningkat menjadi  33 derajat celsius (91.4 derajat fahrenheit).

Festival

Ada banyak festival lokal setiap tahunnya yang bisa kamu hadiri untuk mempelajari dan mendalami budaya lokal dengan cara yang seru. Seperti Festival Bau Nyaleka yang diselenggarakan setiap tanggal 20 Oktober. Di festival ini, ribuan orang menangkap cacing laut di sepanjang pantai Pulau Lombok. Cacing-cacing laut ini dikenal dengan sebutan Nyale yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika.

Kemudian ada juga Festival Tambora yang diadakan untuk memperingati meletusnya Gunung Tambora pada April 1815 silam. Biasanya festival ini diadakan setiap bulan April.

Cara Berkeliling di Nusa Tenggara Barat

Transportasi umum yang bisa kamu andalkan di sini adalah bemo, ojek, dan taksi. Meski begitu, bemo umumnya sudah jarang ditemukan sehingga kamu lebih bisa mengandalkan ojek atau taksi. Transportasi online juga sudah cukup berkembang dan banyak tersedia di area ini.

Selain itu, kamu juga bisa menyetir mobil atau motor sendiri untuk waktu berpegian yang lebih leluasa. Jika kamu tidak memiliki mobil pribadi sini, kamu bisa sewa mobil di Nusa Tenggara Barat di tiket.com untuk harga yang terjangkau dan pilihan kendaraan yang lengkap.

Seberapa Luas Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat memiliki luas 19.709 km persegi dan untuk mengeksplorasi tempat wisata di Nusa Tenggara Barat yang paling terkenal, kamu perlu menghabiskan waktu sekitar 5 sampai 7 hari di sini. Selama waktu tersebut, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas seru di Nusa Tenggara Barat, seperti mengunjungi 3 Pulau Gili yang terkenal, yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan, mendaki Gunung Tambora, dan berkemah serta berfoto-foto di Pulau Kanawa.

Mata Uang Nusa Tenggara Barat

Rp (Rupiah Indonesia).

Bahasa Nusa Tenggara Barat

Bahasa resmi di sini adalah Bahasa Indonesia. Meski begitu, warga lokal masih lebih sering menggunakan bahasa daerahnya sendiri sehari-hari. Bahasa yang populer digunakan sehari-hari oleh warga Lombok adalah Bahasa Sasak, sedangkan warga Sumbawa menggunakana Bahasa Sumbawa, dan warga Bima menggunakan Bahasa Mbojo.

Zona Waktu Nusa Tenggara Barat

WITA / GMT+8.

Jenis Stop Kontak di Nusa Tenggara Barat

Jenis stop kontak di NTB adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Informasi Penting Tentang Nusa Tenggara Barat

  1. Saat mengunjungi objek wisata tertentu, kamu harus menjaga sikap dan perkataan.
  2. Jangan mengotori objek wisata.
  3. Saat mengunjungi Pulau Kanawa, sebaiknya kamu membawa perlengkapan seperti minuman dan cemilan karena di pulau ini tidak ada minimarket atau sejenisnya.
  4. Karena NTB banyak memiliki obyek wisata sepeerti savana, pulau, pantai serta gunung, kamu bisa berkunjung setelah musim hujan karena padang savanna dan beberapa bukit lain terlihat lebih hijau.
  5. Jangan mengenakan pakaian yang terlalu terbuka, kecuali kamu sedang berwisata di daerah pantai.

Destinasi Favorit di Nusa Tenggara Barat

LIHAT AKTIVITAS LAINNYA