30 Rekomendasi Tempat Wisata di New South Wales

Berbagai objek wisata di New South Wales dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pulau dan pantai yang cantik. Namun, ada juga sejumlah lokasi bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini. Berikut ada 30 destinasi wisata terbaik di New South Wales yang kami rekomendasikan!

1. Sydney Opera House

Datang berlibur ke Sydney, maka Sydney Opera House menjadi tempat wisata di Sydney yang wajib dikunjungi. Bahkan, tempat wisata hits ini menjadi salah satu yang paling ikonik dan menggambarkan Sydney. Opera House memang memiliki arsitektur bangunan yang menarik, yaitu berbentuk seperti cangkang. Tempat ini berfungsi sebagai venue dari event-event terkenal, seperti pertunjukan teater, musikal, balet, dan masih banyak lagi.

2. Hyde Park

Hyde Park menjadi salah satu tempat wisata di Sydney yang gratis, alias tidak berbayar. Di taman ini, kamu bisa menikmati udara yang sejuk dengan pemandangan yang asri. Hyde Park merupakan taman tertua di Sydney yang masih menjadi tujuan wisata para wisatawan atau pun penduduk asli di kota ini. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Hyde Park, seperti bersantai, olahraga, piknik, dan sebagainya. Waktu yang tepat untuk menikmati kesejukan di taman ini adalah saat pagi atau sore hari, ketika matahari tidak terlalu terik. Di sini, kamu juga bisa melihat ANZAC, salah satu bangunan bersejarah di Sydney.

3. Taronga Zoo

Sama seperti kota dan negara lainnya, Sydney memiliki sebuah kebun binatang yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Taronga Zoo merupakan kebun binatang yang namanya terkenal hingga skala internasional. Untuk masuk ke tempat wisata di Sydney ini, kamu memang akan dikenakan biaya yang cukup mahal. Namun, akan terbayar kok setelah kamu masuk dan berinteraksi dengan hewan-hewan di tempat ini.

4. Art Gallery of New South Wales

Buat kamu yang mencintai dan tertarik pada bidang seni, maka kamu wajib untuk menyempatkan datang ke Art Gallery of NSW saat di Sydney. Art gallery ini menampilkan banyak karya seni tidak hanya yang berasal dari Australia, tetapi juga dari dunia internasional. Di tempat wisata di Sydney ini kamu bisa melihat karya seni yang indah. Serta bisa memberikan kamu pengalaman berbeda melalui koleksi-koleksi pameran hingga penelitian dari tempat ini.

5. Bondi Beach

Bondi Beach merupakan salah satu tempat wisata di Sydney yang terkenal. Selain bisa menikmati keindahan pantai dengan air laut berwarna biru kehijauan, Bondi Beach memang menjadi tempat wisata yang asik untuk berjemur atau berolahraga. Di pantai ini, kamu bisa menikmati olahraga pantai yang seru, seperti surfing dan voli pantai. Jadi, kamu bisa menghabiskan waktu dengan seru-seruan di pantai ini. Kamu juga bisa menemukan tempat untuk berbelanja ataupun makan. Tidak ada biaya masuk lho, untuk bisa menikmati keindahan pantai di Sydney satu ini.

6. Morisset Park

Bisa berinteraksi langsung dengan binatang asal Australia seperti Kanguru, tentu bisa menjadi pengalaman yang takkan terlupakan. Di Morisset Park, kamu bisa berinteraksi langsung dengan Kanguru yang hidup di alam liar ini. Kamu juga bisa lho mengajak Kanguru-Kanguru yang ada disana untuk ber-selfie ria. Tentunya hal ini bisa menjadi pengalaman langka yang tidak bisa kamu temui di tempat lain.

7. Darling Harbour

Bersantai sambil menikmati keindahan Sydney bisa kamu lakukan dengan berjalan-jalan di sekitar Darling Harbour. Di tempat yang tidak pernah sepi ini, kamu bisa menyaksikan pertunjukan kembang api yang indah pada saat malam hari. Tidak hanya itu, kamu juga bisa lho mencoba berbagai jenis makanan yang dijual di sekitar Darling Harbour ini sambil menikmati suasana di sini.

8. Manly Beach

Selain Bondi Beach, ada Manly Beach yang bisa kamu sambangi untuk bisa merasakan bermain di pantai Sydney. Saat musim panas, pantai ini menjadi salah satu pantai favorit untuk melakukan berbagai water sport, seperti surfing, parasailing, snorkeling, scuba diving, dan berenang di tepi pantai. Manly Beach juga menjadi tempat yang asik untuk nongkrong. Kamu bisa mengunjungi kafe-kafe yang ada di sekitar pantai ini dan menikmati semilir angin dari pantai.

9. Sydney Harbour Bridge

Selain Opera House, Sydney Harbour Bridge juga menjadi salah satu ikon dari Kota Sydney dan juga negara Australia. Sebetulnya, Sydney Harbour Bridge ini merupakan sebuah jembatan yang menjadi jalur utama dari penyebrangan Sydney Harbour. Jembatan dari kerangka besi dengan bentuk melengkung ini merupakan jembatan yang menghubungkan antara Pusat Bisnis Sydney dengan North Sydney. Namun, bentuknya yang unik dan terlihat begitu megah, menjadikan Sydney Harbour Bridge menjadi salah satu tempat wisata yang biasa dikunjungi wisatawan saat berada di kota ini.

10. Market City

Tidak lengkap rasanya apabila berlibur atau berkunjung ke suatu tempat namun tidak berbelanja barang-barang khas di tempat tersebut. Berbicara soal jalan-jalan, tentu ada oleh-oleh yang perlu kamu beli sebagai buah tangan untuk kerabat. Market City bisa menjadi tujuan belanja kamu di Sydney karena barang-barang dijual dengan harga yang murah.

11. Wollongong Lighthouse

Wollongong Harbour Breakwater Lighthouse atau yang terkenal dengan Wollongong Lighthouse adalah destinasi yang wajib dikunjungi di Wollongong. Lighthouse ini sudah tidak aktif lagi sejak tahun 1974, namun hingga saat ini masih kokoh berdiri di salah satu tepi pantai Wollongong. Di sekitar area ini terdapat tempat makan dan pelabuhan kecil. Tempat ini juga kerap dijadikan spot foto pre-wedding karena instagramable.

12. North Wollongong Beach

North Wollongong Beach merupakan tempat wisata di Kota Wollongong dan salah satu pantai terindah yang ada di sini. Objek wisata hits ini sangat cocok untuk wisata keluarga karena ada beberapa fasilitas yang menarik bagi anak-anak dan orang dewasa seperti rock pool. Kamu bisa berenang dan merasakan sensasi air laut di rock pool. Selain itu, bagi kamu yang hobi berselancar, pantai ini cocok banget lho karena memiliki ombak-ombak yang cukup tinggi. Tak hanya itu, pantai ini juga dilengkapi fasilitas barbeque, lapangan voli, kamar mandi, dan tempat makan.

13. Bald Hill

Bald Hill menyajikan keindahan alam yang spektakuler. Tempat wisata di Wollongong ini cocok untuk melihat keindahan alam di sekitar kota. Tidak hanya pantai-pantai yang terlihat, tetapi juga bukit-bukit indah di sekitar kota. Waktu yang cocok untuk mengunjungi Bald Hill adalah saat siang dan malam hari untuk merasakan sensasi hang gliding di Wollongong.

14. Sea Cliff Bridge

Sea Cliff Bridge merupakan tempat wisata lain yang tidak kalah indahnya. Destinasi wisata di Wollongong ini adalah jembatan yang panjangnya 665 meter yang kerap digunakan sebagai tempat berlari kala pagi dan sore hari.

15. Kiama

Suasana tempat ini mirip dengan Wollongong Light House. Namun, satu hal yang membedakannya yaitu blowhole yang merupakan sebuah batu besar yang bolong di tengahnya sehingga dapat mendorong ombak laut hingga 20 meter ke atas. Selain blowhole, kamu juga bisa menghabiskan waktu untuk melihat keindahan alam di sekelilingnya. Terdapat juga beberapa tempat makan dan pusat perbelanjaan di Kiama.

16. Symbio Wildlife Park

Mencari tempat wisata anak? Coba deh melipir ke Symbio Wildlife Park. Destinasi wisata di Wollongong ini menawarkan pengalaman berinteraksi dengan hewan khas Australia. Pada saat masuk, kamu akan diberi makanan Kanguru dan Wallaby. Selain dua hewan tersebut, kamu juga bisa melihat emu, meerkat, cheetah, panda merah, buaya, dan monyet Golden Lion Tamarin.

17. Historical Aircraft Restoration Society

Berdiri pada 1979, museum ini merupakan organisasi non-profit yang bertujuan melestarikan sejarah pesawat Australia. Semua pesawat memiliki cerita masing-masing lho, kamu bisa menemukan pesawat dari peristiwa perang dunia kedua. Hal yang terkenal di sini adalah merasakan bagaimana jalan di atas sayap pesawat Boeing 747. Kamu bisa foto-foto juga lho dan pastinya instagramable banget!

18. Nan Tien Temple

Untuk kamu yang suka wisata religi, tak ada salahnya mengunjungi kuil Buddha Nan Tien. Objek wisata di Wollongong ini memiliki keindahan arsitektur yang bisa kamu rasakan saat menginjakkan kaki di pelataran taman kuil Nan Tien. Terdapat juga beragam festival yang bisa kamu saksikan di sini lho!

19. Pantai Wattamolla

Ingin menikmati hamparan pasir putih dan air laut? Kamu bisa mengunjungi Pantai Wattamolla. Di sini, kamu juga bisa snorkeling, berenang, atau hanya sekadar berjalan-jalan santai di hutan. Adanya pohon-pohon menjulang tinggi menambah asyiknya Pantai Wattamolla untuk dijadikan spot wisata keluarga.

20. Kelly Falls

Suka dengan wisata air terjun? Tak ada salahnya berkunjung ke Kelly Falls. Tempat wisata di Wollongong ini cocok untuk area piknik keluarga di alam terbuka. Di sini, kamu akan menemukan air terjun dengan air yang jernih yang jatuh dari atas tebing.

21. Dolphin Watch Cruises

Salah satu objek wisata yang terkenal di New South Wales adalah tur lumba-lumba. Dimulai dari jam 10 pagi, tur ini akan mengajakmu keliling Jervis Bay untuk melihat lumba-lumba. Kalau kamu beruntung, kamu bisa melihat ikan paus humpback di sepanjang perjalanan. Jika mengikuti tur ini, siap-siap menggunakan baju yang hangat ya karena angin laut yang kencang bisa membuatmu kedinginan.

22. Jervis Bay Marine Park

Tempat wisata di Kota Huskisson ini memiliki dua hal yang menarik sehingga wajib dikunjungi. Pertama, kamu bisa menjelajah via jalan setapak selama satu jam sembari menikmati hutan pohon gumtree. Banyak spot foto instagramable yang bisa kamu ambil sepanjang jalan ini. Kedua, keindahan salah satu pantai dengan pasir terputih di dunia. Terdapat dua pantai yang wajib dikunjungi, yakni Pantai Greenfield dan Pantai Hyams.

23. Blue Mountains National Park

Penat berkeliling di Kota Sydney? Mungkin itu tanda-tandanya kamu perlu eksplor wisata alam di Sydney dengan berkunjung ke Blue Mountains National Park. Destinasi wisata di Sydney ini merupakan ikon wisata di Australia. Terdapat banyak kegiatan luar ruangan yang layak untuk dicoba, seperti hiking, rock climbing, abseiling, dan mountain biking.

24. Byron Bay

Di pesisir utara New South Wales, kamu bisa menemukan tempat wisata menakjubkan, yakni Byron Bay. Kombinasi antara pesisir pantai dan dataran tinggi membuat Byron Bay wajib dikunjungi. Terdapat berbagai hal yang bisa kamu lakukan, seperti hiking sepanjang Cape Byron Track menuju Lighthouse. Dari atas Lighthouse, kamu bisa menikmati pemandangan laut serta lumba-lumba dan paus.

25. South Coast

Tak hanya pesisir utara dengan hutan hujan tropisnya, pesisir selatan dari New South Wales juga memiliki banyak objek wisata yang wajib dikunjungi. Adalah South Coast, tempat yang cocok untuk wisata pantai yang serupa dengan Gold Coast.

26. Taman Nasional Mungo

Terletak di jantung New South Wales, Taman Nasional Mungo menawarkan sensasi liburan bak berada di Mesir. Soalnya, taman nasional ini dikelilingi oleh pasir. Kamu bisa menjelajah taman nasional dengan sepeda. Objek wisata di taman ini yang kerap dikunjungi adalah Danau Mungo yang merupakan danau kuno bersejarah.

27. Sapphire Coast

Sapphire Coast atau yang terkenal dengan Bega Valley merupakan objek wisata di pesisir selatan New South Wales. Terdapat banyak pantai dan hutan belantara yang jarang diketahui pelancong. Kamu bisa menemukan satwa liar dan flora dari beragam varietas.

28. Sydney Aquarium

Melipir sejenak ke kawasan Darling Harbour, kamu bisa mengunjungi Sea Life Sydney Aquarium. Aquarium yang satu ini terbilang unik karena terdapat delapan zona wilayah di dalamnya. Selain itu, kamu bisa melihat 700 spesies hewan dan 1.300 jenis ikan khas Australia. Adapun di zona Jurassic Seas, kamu bisa melihat hewan laut purbakala yang masih hidup hingga sekarang. Kemudian, di Dugong Island kamu dapat menyaksikan atraksi petugas yang memberi makan dugong.

29. Paddy’s Market

Ingin berbelanja dan mencari harga yang murah di Sydney? Datang saja ke Paddy’s Market. Ini adalah tempat untuk membeli barang-barang khas Australia dengan harga yang murah. Selain dapat menemukan benda dan makanan khas Australia, kamu juga bisa menemukan benda-benda seni khas Suku Aborigin lho!

30. Sydney Tower

Sydney Tower merupakan bangunan tertinggi di Kota Sydney dan tertinggi kedua di Australia. Menara setinggi 309 meter ini memang dibuka untuk umum sehingga kamu bisa mengunjungi tempat wisata hits ini. Di dalamnya terdapat tempat makan yang menawarkan rasa kuliner khas Australia dengan latar belakang pemandangan Sydney. Selain itu, kamu juga bisa membeli tiket ke Observation Deck untuk menyaksikan pemandangan Sydney dalam sudut 360 derajat.

New South Wales
Tentang

New South Wales merupakan salah satu negara bagian di Australia yang khas dengan perkotaan di pesisir pantai dan juga taman nasionalnya. Sydney sebagai ibukota dari negara bagian ini menjadi salah satu alasan kenapa banyak sekali orang datang liburan ke New South Wales. Tapi selain itu, semua yang ada di luar Sydney juga menawarkan hal baru yang bisa memberikan kesan mendalam ketika kamu mencobanya.


Tempat wisata di New South Wales sangat dekat dengan yang namanya tantangan, sesuai dengan karakteristik tempat wisata yang ada di Australia secara umum. Di Sydney kamu bisa naik ke Sydney Harbor Bridge untuk bisa menikmati pemandangan kota yang mengesankan. Selanjutnya kamu bisa juga mencoba terjun payung ke Pantai Wollongong. Masih ada cara lain untuk menikmati pemandangan New South Wales yakni dengan naik balon udara yang tersedia di beberapa tempat.


Bagi kamu pecinta satwa, kamu bisa bertemu dengan banyak satwa liar di New South Wales yang pastinya bisa menjadi pengalaman tak terlupakan. Kamu bisa mampir ke Pantai Pebbly untuk bertemu dengan kanguru atau ke Byron Bay untuk bertemu dengan paus bungkuk ketika mereka sedang bermigrasi.


Meskipun banyak tempat wisata di New South Wales yang menantang, bukan berarti kamu tidak bisa bersantai di sini. Kamu bisa mencoba yoga di Byron Bay, spa di Sydney, atau bersantai sambil berjemur di pantai-pantai cantik seperti Pantai Hyams, Pantai Bondi, atau Pantai Palm.


Wisata kuliner juga menjadi salah satu yang sayang banget untuk dilewatkan kalau kamu liburan ke New South Wales. Sebagai kawasan yang berada di tepi laut, pastinya kamu bisa mencicipi makanan laut yang sangat segar. Kamu tidak akan kesulitan menemukan restoran, kafe, atau bistro di sini yang menghidangkan makanan lezat.


Pertanyaan tentang Tempat Wisata di New South Wales

Informasi mengenai tempat wisata di New South Wales.

Apa itu tiket CLEAN di New South Wales?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di New South Wales tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di New South Wales yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di New South Wales

New South Wales dengan kondisi geografis yang unik merupakan negara bagian dari Australia. Secara umum, New South Wales memiliki kekuatan wisata alam dengan pegunungan eksotis dan keelokan pantai. Seperti negara di Benua Eropa dan dan Amerika Utara, Australia juga memiliki empat musim, yakni musim panas, gugur, dingin, dan semi.

Tempat wisata di New South Wales yang paling terkenal adalah pantainya, sehingga kota ini dijuluki raja dari pantai-pantai indah seperti Manly Beach. Kamu dan keluarga suka berpetualang? Deretan pegunungan terbentang di negara ini seperti Blue Mountains adalah jawabanya. Tak ketinggalan, pada musim dingin kamu dan pasangan bisa bermain ski di Pegunungan Kosciuszko.

Cara Menuju ke New South Wales

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke New South Wales adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari kota-kota di Benua Amerika dan Eropa, pilihanmu hanyalah menggunakan pesawat dan kemungkinan kamu harus transit terlebih dahulu. Adapun untuk kamu yang berangkat dari Benua Asia, kamu bisa lebih mudah menemukan penerbangan langsung ke Sydney.

Akomodasi di New South Wales

New South Wales menyediakan banyak jenis akomodasi, mulai dari yang mewah hingga yang lebih terjangkau harganya. Selain hotel, kamu bisa dengan mudah menemukan villa, apartemen, dan homestay. Pesan hotel di New South Wales di tiket.com sekarang untuk harga terbaik!

Spot Instagrammable di New South Wales

Buat kamu para pecinta foto instagramable, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat ini, yaitu Sydney Opera House; Pantai Bondi; Byron Bay; gurun Port Stephens; jembatan Pelabuhan Sydney; hingga Taman Nasional Royal.

Kuliner New South Wales

New South Wales punya ragam kuliner yang wajib kamu cicipi lho! Beberapa di antaranya adalah Fillet Steak; Twice Cooked Duck Leg (makanan yang terdiri dari sepotong paha bebek dan kentang); Dil (lidah sapi); Ahtapot (gurita); hingga Kofte (bakso daging sapi).

Makanan Vegan/Vegetarian

Restoran vegan dan vegetarian banyak tersedia di masing-masing kota di New South Wales, terutama kota-kota besar seperti Sydney. Selain itu, kamu bisa juga membeli bahan makanan sendiri di pasar atau supermarket dan memasaknya sendiri di penginapanmu.

Belanja di New South Wales

Setiap kota di New South Wales, terutama kota-kota besar, seperti Sydney dan Canberra, memiliki banyak tempat perbelanjaan yang menarik. Mulai dari mal besar hingga pusat perbelanjaan outdoor. Produk yang bisa kamu beli bervariasi, mulai dari barang-barang fashion lokal atau internasional, hingga camilan khas New South Wales.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke New South Wales

Musim

Iklim di New South Wales beragam. Namun demikian, sebagian besar wilayah di Australia memiliki empat musim, musim panas, gugur, dingin, dan semi.

Secara umum, waktu terbaik untuk berkunjung ke New South Wales tergantung dari tujuan destinasimu. New South Wales memiliki iklim cerah yang lengkap dengan musim dingin, namun tidak terlalu dingin yang serupa juga pada musim panas.

Festival

Kamu akan dimanjakan dengan ragamnya festival di New South Wales, seperti festival kembang api di Sydney setiap tahun baru; perayaan budaya Australia bernama The Sydney Royal Easter Show setiap awal April; dan Sydney Comedy Festival setiap April hingga Mei.

Cara Berkeliling di New South Wales

Kamu enggak perlu bingung mencari transportasi yang bisa menjelajahi New South Wales. Terdapat tiga andalan moda transportasi umum, yaitu bus, kereta, dan kapal.

Guna menggunakan transportasi umum, kamu hanya perlu memiliki kartu Opal Card. Kartu tersebut sudah terintegrasi dengan pemerintah Australia. Opal Card dapat dibeli di minimarket, supermarket, kantor pos, bahkan kios penjual koran. Harga Opal Card mulai dari empat dollar Australia atau Rp 40.000.

Seberapa Luas New South Wales

Luas New South Wales adalah 801.150 km persegi. Untuk menjelajahi New South Wales tidaklah sulit. Soalnya, kondisi geografis negara ini tidak begitu luas dan transportasi umum yang banyak.

Ada banyak wisata dan acara menarik yang bisa kamu kunjungi, seperti Parkes Elvis Festival bagi pecinta musisi ternama Elvis Presley di Kota Parkes; Festival film Sydney bagi penggemar film; dan buat kamu penyuka genre musik elektrik bisa datang ke konser bernama Lost Paradise.

Mata Uang New South Wales

AUD (Dolar Australia).

Bahasa New South Wales

Bahasa utama dan resmi di sini adalah Bahasa Inggris.

Zona Waktu di New South Wales

Ada tiga zona waktu di New South Wales, yaitu GMT+10 (timur), GMT+9.5 (tengah), dan GMT+8 (barat).

Jenis Stop Kontak di New South Wales

Jenis steker yang digunakan di New South Wales adalah tipe I. Tipe ini memiliki tiga pin datar dalam pola segitiga. Australia beroperasi pada tegangan pasokan 230V dan 50Hz.

Informasi Penting Tentang New South Wales

  1. Cuaca di New South Wales umumnya hangat dan lembab sepanjang tahun. Oleh karena itu, kenakanlah pakaian yang lebih tipis dan pendek, seperti kaus tanpa lengan atau kaus lengan pendek, celana pendek, rok, dan sandal.
  2. Jangan minum minuman beralkohol di tempat umum.
  3. Memberikan tip ke staf tidak wajib.

Destinasi Favorit di New South Wales

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya