lle-de-France
Tentang

Butuh liburan? Tentunya semua orang butuh liburan sesekali. Pergi ke tempat baru bisa membuka wawasan kamu tentang berbagai macam budaya dan tradisi di negara lain. Kamu juga bisa mengagumi keajaiban alam dan mencoba kuliner di tempat wisata tersebut. Jika kamu belum masih belum memiliki rencana untuk liburan dalam waktu dekat, kamu bisa merencanakan liburan ke Ile-de-France, sobat tiket.


Ile-de-France terdiri dari delapan departemen administratif, yaitu Paris, Essonne, Hauts-de-Seine, Seine-Saint-Denis, Seine-et-Marne, Val-de-Marne, Val-d 'Oise dan Yvelines. Ile-de-France adalah wilayah yang sangat ramai, tapi sangat menarik untuk di eksplor.


Salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Ile-de-France adalah Paris. Mungkin kamu sudah tahu kalau banyak bangunan ikonik di Paris seperti Menara Eiffel, Musee du Louvre, dan Avenue des Champs-Elysees. Untuk sobat tiket yang hobi shopping, ada banyak tempat berbelanja yang menjual barang bermerek di sana.


Di Ile-de-France, kamu dapat menjelajahi monumen arkeologi seperti seni prasejarah Fontainebleau Forest dan Pincevent di Seine-et-Marne. 


Selain itu, kamu dapat mengagumi Chateau de Blandy-les-Tours, sebuah kastil yang dibangung pada abad ke-13 dan masih terpelihara dengan baik sampai sekarang. Kastil mengesankan lainnya adalah Chateau de Vincennes di Val-de-Marne dan Chateau La Roche-Guyon di Val-d'Oise.


Selain kastil, Ile-de-France juga dikenal dengan gereja, monumen, museum, serta taman yang indah. Tempat-tempat wisata di kawasan ini sangat Instagrammable. Jadi, jika kamu mengunjungi Ile-de-France, pastikan untuk membawa kamera kamu ya.


Supaya liburan kamu asyik, tiket.com merekomendasikan kamu untuk membeli tiket ke tempat-tempat wisata terkenal di Ie-de-France di tiket.com. Tenang saja, proses pembelian tiket di tiket.com sangat sederhana. Cobalah sendiri dan rencanakan liburanmu ke Ile-de-France dengan tiket.com!



Pertanyaan tentang Tempat Wisata di lle-de-France

Informasi mengenai tempat wisata di lle-de-France.

Apa itu tiket CLEAN di lle-de-France?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di lle-de-France tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di lle-de-France yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di lle-de-France

lle-de-France adalah sebuah wilayah di utara-tengah Prancis dan merupakan merupakan daerah terpadat dari 18 wilayah yang ada di Prancis. Sebutan untuk wilayah ini adalah r?gion parisienne yang artinya ?wilayah Paris? karena masih menjadi bagian dari kota Paris. lle-de-France adalah salah satu tujuan wisata top dunia yang menawarkan berbagai tempat wisata terkenal seperti Louvre, Katedral Gothic Notre-Dame, dan rumah bagi "Mona Lisa" da Vinci. Kota ini sangat cocok bagi kamu yang ingin liburan untuk menikmati keindahan dan hangatnya pantai bersama teman-teman, keluarga, atau pasangan.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Île-de-France

Île-de-France adalah adalah sebuah wilayah di utara Prancis di mana Kota Paris yang terkenal berada. Namun, selain Paris yang modern, terkenal, dan menjadi destinasi utama wisatawan, kota-kota di sekitarnya juga patut dikunjungi. Masing-masing memiliki bangunan dengan arsitektur yang megah dan nilai sejarah yang tinggi. Sangat cocok untuk kamu yang ingin wisata di pusat kota lalu melanjutkannya ke sekitarnya yang lebih tenang.

1. Disneyland Paris

The happiest place on earth tentu harus masuk ke daftar tempat wisata di Île-de-France yang wajib dikunjungi! Taman bermain dengan tema karakter-karakter Disney ini memiliki berbagai wahana menyenangkan untuk seluruh keluarga. Selain itu, ada banyak juga makanan dan suvenir unik yang hanya bisa kamu temui di Disneyland. Berapa pun usiamu, kamu pasti akan merasa sedang masuk ke taman yang magis!

2. Louvre Museum

Merupakan salah satu museum paling terkenal di dunia, museum ini menyimpan berbagai koleksi seni ternama dan bersejarah. Sebut saja lukisan Mona Lisa oleh Da Vinci, atau berbagai pahatan patung oleh Michelangelo. Selain koleksi di dalamnya, salah satu eksteriornya yang berbentuk seperti piramida kaca juga termasuk salah satu spot instagramable terbaik di Paris.

3. Versailles Palace

Raja-raja Prancis yang berkuasa zaman dulu menjadikan tempat ini tempat tinggal kerajaan sebelum terjadinya Revolusi Prancis (1789). Di abad ke-19, akhirnya tempat ini dijadikan lokasi koleksi berbagai barang-barang sejarah dan seni yang berperan dalam sejarah Negara Prancis. Secara total ada 2.300 ruangan di gedung ini dan kamu bisa mengeksplorasi keindahannya interior dan eksteriornya dengan pemandu tur di sini.

4. Notre-Dame

Katedral Notre Dame bisa dibilang adalah gereja Gotik paling terkenal dari Abad Pertengahan. Aristekturnya adalah daya tarik utamanya. Dari luar saja kamu sudah bisa melihat kemegahannya yang unik. Sayangnya, di tahun 2019, sebagian dari katedral ini sempat terbakar hingga hancur. Jadi, untuk kamu yang berkunjung setelah tahun tersebut, arsitekturnya tentu sudah tidak sama persis lagi. Namun, kini sudah ada rencana rekonstruksi dan perbaikan yang akan segera dijalankan.

5. Pont Neuf

Jembatan ini adalah jembatan batu tertua yang ada di Paris dan menjadi salah satu objek wisata di Île-de-France yang patut dikunjungi. Berdiri tepat di atas Sungai Seine yang ternama, jembatan ini memiliki arsitektur yang indah. Jembatan ini semakin cantik lagi di malam hari, saat lampu-lampunya menyala terang, memberikan kesan romantis pada tempat ini.

6. Eiffel Tower

Saat berada di Paris, tentu kamu tidak bisa melewatkan tempat wisata hits Menara Eiffel. Hal pertama yang dilakukan wisatawan biasanya ada berfoto dengan menara tersebut sebagai latar belakang sebelum mengekplorasinya. Siapkan pose terbaikmu, ya! Setelah itu, kamu bisa juga membeli tiket untuk menikmati berbagai atraksi lainnya yang ada di menara. Mulai dari menikmati kuliner lokal di restoran mewah hingga ke lantai duanya dan melihat pemandangan kota dari atas.

7. Arc de Triomphe

Terletak di pusat kota, monumen ini merupakan sebuah simbol penting dalam skala nasional. Arc de Triomphe diresmikan pada tahun 1836 oleh raja Prancis yang berkuasa pada saat itu, Louis-Philippe. Monumen dengan arsitektur yang sangat inidah ini didekasikan untuk tentara Revolusi dan juga Kekaisaran.

8. Musée d'Orsay

Museum seni ini memiliki keunikan dalam hal lokasi dan pembangunannya. Terletak di pusat kota dan di tepi Sungai Seine, lokasi museum ini dulunya merupakan Stasiun Kereta Orsay. Bisa dibilang bangunannya sendiri adalah karya seni pertama yang ada di sini. Kini, tempat ini memamerkan berbagai hasil karya seni, terutama lukisan, dari seniman-seniman ternama di dunia. Sebut saja karya Vincent van Gogh dan Claude Monet.

9. Montmartre

Montmartre adalah salah satu distrik yang paling terkenal di seluruh Paris. Dengan bangunan-bangunan dari batu-batu besar yang warna-warni, tidak heran jika tempat ini menjadi lokasi yang instagramable. Kamu yang ingin mencari tempat makan lokal pun tidak akan kesulitan karena ada banyak kafe cantik di sini. Ada juga para pekerja seni di sepanjang jalan yang siap melukis wajahmu di kanvas.

10. Luxembourg Gardens

Dibangun pada 1612 atas inisiatif Queen Marie de Medici, taman sebesar 25 hektar ini memiliki koleksi berbagai tanaman dan bunga yang cantik seperti mawar dan anggrek. Ada juga 106 patung yang megah dan sebuah kolam besar di dalam taman. Selain sekedar melihat-lihat pemandangan, kamu dan si kecil bisa mencoba berbagai kegiatan menyenangkan di sini, seperti bermain wahana anak, bermain tenis, atau bermain catur.

11. Catacombs of Paris

Bukan untuk yang berhati lemah, Catacombs of Paris adalah tempat wisata sejarah yang cukup menegangkan. Dua puluh meter di bawah tanah, kamu bisa masuk ke labirin galeri yang berisi sisa-sisa jutaan warga Paris. Karena sempat ada masalah kesehatan yang besar dikarenakan pemakaman yang ada di kota, akhirnya pemerintah memutuskan memindahkan pemakaman ke bawah tanah di akhir abad ke-18. Begitulah kisah awal tempat ini.

12. Moulin Rouge!

Pertunjukan Moulin Rouge! adalah salah satu yang paling dikenal di seluruh Prancis. Telah sukses secara global, pertunjukan teater live ini merupakan acara musikal yang meriah dan menarik. Kostum, properti panggung, dan penampilan para aktor dan penari akan membuatmu terkagum-kagum.

13. Grand Palais

Bangunan ini adalah lokasi pameran dan kompleks museum yang megah dan besar serta memiliki atap kaca transparan yang indah. Selain arsitekturnya yang mengagumkan, kamu juga bisa melihat berbagai pameran karya seni yang menarik di sini.

14. Forest of Fontainebleau

Merupakan hutan terbesar kedua di Prancis, lokasi wisata ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berwisata ke tempat yang rindang dan terbuka. Hutan yang rimbun dan sejuk ini sering menjadi destinasi wisata utama bagi orang-orang yang ingin mendaki, bersepeda, bahkan menunggang kuda.

15. Château de Fontainebleau

Istana Fontainebleau adalah salah satu tempat tinggal favorit raja-raja Prancis zaman dulu. Seiring waktu, bangunan ini telah dimodifikasi beberapa kali mengikuti selera raja yang sedang berkuasa saat itu. Kini, istana ini masih sangat terpelihara kondisinya. Arsitektur eksteriornya yang megah serta desain interiornya yang sangat kental akan arsitektur gaya Eropa akan membuatmu terkagum-kagum.

16. Gâtinais Français Natural Regional

Taman alam regional ini dikenal akan lanskapnya yang indah, hutan, lembah, rawa, sungai, dan daerah pertanian. Selain menikmati pemandangan, beberapa aktivitas favorit di sini adalah mendaki, bersepeda, dan menunggang kuda.

17. Château d'Auvers

Desa Auvers-sur-Oise dikenal sebagai tempat di mana seniman Vincent van Gogh menghabiskan hari-hari terakhirnya. Oleh karena itu, tidak aneh jika kamu menemukan bangunan indah dengan lingkungan sekitar yang juga indah berisikan berbagai macam karya seni yang berpengaruh dalam sejarah. Tidak hanya lukisan dan seni kontemporer, ada juga koleksi musik, foto, baju-baju, dan film-film klasik di sini.

18. Grave of Vincent and Theo van Gogh

Pada tahun 1890, Vincent van Gogh yang berusia 37 tahun meninggal di desa Auvers-sur-Oise, sekitar 20 mil dari Paris. Makamnya, beserta makam adiknya, Theo, masih ada di desa tersebut hingga hari ini dan terpelihara dengan baik. Saat sedang berkunjung ke desa ini, kamu bisa sekaligus mampir ke area ini.

19. Musée Fragonard d'Alfort

Merupakan salah satu museum Prancis tertua, museum ini memiliki koleksi yang unik. Kamu akan menemukan kerangka dan tulang-tulang berbagai satwa, seperti kuda dan domba. Ada juga beberapa kerangka makhluk lainnya, terutama yang memiliki abnormalitas alami.

20. Domaine de Sceaux

Dibuka sejak 1973, museum ini merupakan museum seni yang memiliki pameran berbagai karya seni seniman ternama. Sebut saja pahatan Jardins de l’Epoque oleh Colbert dan atap kubah yang dilukis oleh Charles Le Brun. Selain koleksi seni, ada juga restoran dan toko suvenir di tempat ini.

21. Sainte-Chapelle de Vincennes

Dalam sejarahnya, kapel ini butuh waktu hingga dua abad untuk benar-benar selesai dibangun dan diresmikan. Meski berabad-abad telah berlalu, kapel ini masih berdiri tegak hingga hari ini dan masih terpelihara dengan baik. Kamu bisa mengagumi eksteriornya yang megah dan interiornya yang cantik, lengkap dengan kaca-kaca berwarna.

22. The Rose Garden of Provins

Seperti namanya, taman ini berisi mawar-mawar cantik yang dibawah ke Provins oleh Thibaud IV dari Champagne saat ia kembali dari Perang Salib. Kamu yang ingin menikmati pemandangan taman yang indah dan asri bersama keluarga sambil bersantai, tempat ini bisa jadi tujuan utamamu.

23. César Tower

Menara di area Provins ini aslinya merupakan sebuah penjara di abad ke-12. Para tawanan dulu dikurung di ruangan yang sempit dan gelap. Kini, tempat ini telah menjadi objek wisata yang ternama di Prancis. Daya tariknya tidak hanya nilai sejarahnya tapi juga lonceng besarnya di atas menara yang akan berdentang 5 menit sebelum dan pada satu jam.

24. Grande Arche de la Defense

Desain arsitektur monumen ini sangat menarik karena bentuknya yang seperti pintu terbuka dan menyimbolkan pintu terbuka ke dunia. Selain menjadi salah satu spot foto terbaik di Prancis, monumen raksasa ini juga merupakan simbol penting dalam skala nasional.

25. The Vallée-aux-Loups

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke lokasi wisata yang romantis, kamu bisa ke The Vallée-aux-Loups. Ada taman yang luas dengan pohon-pohon yang rindang untuk berjalan-jalan santai. Sebagai informasi, taman ini didesain oleh Chateaubriand, seorang penulis Perancis di abad ke-18 dan 19.

26. Château of Vincennes

Merupakan jantung dari kerajaan Prancis hingga 1682 sebelum berpindah ke Versailles, tempat ini berfungsi sebagai bangunan yang melindungi ibukota dan memberikan proteksi terhadap pemberontakan. Di abad ke-16 hingga 19, bangunan ini berubah fungsi menjadi penjara dan juga benteng. Meski sempat rusak akibat PD II, sebagian dari bangunan awalnya masih berdiri kokoh dan bisa dikunjungi wisatawan hingga hari ini.

27. National Archaeological Museum

Seperti namanya, museum ini memiliki koleksi berbagai barang-barang dan artefak yang penting dari seluruh dunia. Semuanya memiliki nilai sejarah, terutama yang berhubungan dengan zaman pra-sejarah.

28. Air and Space Museum

Hanya berjarak 6 kilometer dari Kota Paris, museum ini bisa disebut sebagai salah satu museum penerbangan terbaik yang pernah ada. Koleksi 400 pesawat terbang, termasuk 150 yang ditampilkan, merupakan daya tarik utama tempat ini.

29. Maisons-Laffitte Castle

Satu lagi bangunan dengan arsitektur gaya Prancis megah yang bersejarah, Maisons-Laffitte Castle. Diresmikan pada tahun 1654, tanah dan bangunan ini sempat berganti kepemilikan beberapa kali sebelum dijadikan tempat wisata publik hingga hari ini. Kamu akan melihat desain eksterior dan interior dengan kemegahan dan gayanya yang tidak jauh berbeda dari istana-istana bersejarah lainnya di Prancis dan Paris.

30. The Basilica of Saint-Denis

Basilika yang kini telah dinaikan peringkatnya menjadi katedral merupakan tempat peristirahan terakhir raja dan ratu Prancis zaman dulu. Selain nilai sejarah tersebut, tempat ini juga memiliki arsitektur Gotik yang sangat mengagumkan dengan kaca berwarna dan patung pemakaman menghiasi interior dan eksterior bangunan.

Cara Menuju ke lle-de-France

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke (kota) adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar negeri, ini adalah cara terbaik untuk mencapai lle-de-France. Kamu bisa mendarat di Bandar Udara Paris-Charles de Gaulle (CDG) yang merupakan internasional utama Prancis. Kamu juga bisa mendarat di Bandar Udara Orly (ORY) yang terletak 14 km di selatan kota Paris.

Kereta

Wisatawan dari luar kota juga sering menggunakan kereta untuk mencapai lle-de-France. Kota ini memiliki cukup banyak stasiun kereta antar kota yang bisa kamu andalkan. Tujuh stasiun utama terletak di Paris, dan kebanyakan dari stasiun ini melayani kereta dari negara-negara yang berbatasan. Kereta hanya terhubung melalui sistem m?tro dan RER (tidak ada antar-jemput khusus).

Akomodasi di lle-de-France

Sebagai salah satu tujuan wisata top dunia, lle-de-France menyediakan berbagai jenis penginapan yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhanmu. Mulai dari hotel bintang 5 dengan fasilitas lengkap hingga hostel dan hotel budget yang nyaman dapat kamu temukan di lle-de-France.

Spot Instagram-able di lle-de-France

lle-de-France memiliki banyak tempat bersejarah yang indah dan instagram-able. Beberapa tempat yang harus kamu kunjungi adalah Provins, kota yang terdaftar sebagai warisan dunia yang terletak sekitar 50 km timur Paris yang terkenal dengan warisan abad pertengahannya, dan Poissy yang berada di barat daya Paris menampilkan Villa Savoye oleh Le Corbusier, salah satu dari 17 bangunan di seluruh dunia yang telah ditorehkan dalam daftar warisan dunia. Selain itu, terdapat Versailles, yaitu sebuah kota kaya di Yvelines, tempat taman dan istana Prancis paling terkenal.

Kuliner lle-de-France

Bukan hal yang mengejutkan jika lle-de-France terkenal dengan kelezatan kulinernya, bahkan banyak sekolah kuliner yang berada di kota ini. Selama berada di lle-de-Francekamu wajib unuk mencoba berbagai hidangan khas kota ini, seperti Macarons (Sandwich kue kecil, bundar, manis berbasis meringue), beragam olahan Volailles de Houdan (unggas dari spesies Gallus), Bouch?e ? la reine (kue-kue kecil vol-au-vent yang gurih), Paris-Brest (kue almond), dan Croque-monsieur (Sandwich panas Prancis klasik).

Makanan Vegan / Vegetarian

Kamu bisa dengan mudah menemukan restoran yang khusus menyajikan makanan vegetarian dan vegan di lle-de-France. Beragam inovasi menu dari restoran vegan ini akan membuatmu betah liburan di lle-de-France.

Belanja di lle-de-France

Paris dinobatkan sebagai ibu kota mode dunia bersama Milan, London, dan New York. Hal ini membuktikan bahwa selama berada di lle-de-France kamu wajib untuk berbelanja di mall, pasar, atau night market yang ada di kota ini. Beberapa mal dan pusat perbelanjaan yang bisa menjadi pilihanmu adalah Val d'Europe, La Vallee Village, Puces de Saint-Ouen Flea Market, dan Saint-Denis market.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke lle-de-France

Musim

Waktu terbaik untuk mengunjungi lle-de-France adalah pada bulan Mei, Juni, Juli, Agustus dan September dengan suhu rata-rata 19 - 23 derajat celsius. Rata-rata, bulan terhangat di lle-de-France adalah Juli dan Agustus, sedangkan bulan terdingin dalam setahun adalah Januari.

Suhu Rata-Rata

lle-de-France memiliki empat musim, yaitu musim panas, musim semi, musim dingin, dan musim gugur. Juli merupakan bulan terpanas dengan suhu rata-rata 20 derajat celsius, sedangkan Januari merupakan bulan terdingin dengan suhu rata-rata 4 derajat celsius. Untuk bulan terbasah terjadi di Agustus dengan rata-rata curah hujan sebesar 65,5 mm, dan bulan berangin terjadi di Maret dengan rata-rata kecepatan angin 15 km/jam.

Festival

lle-de-France memiliki sejumlah festival tahunan yang unik, seru, serta tidak akan kamu temukan di tempat lain. Beberapa di antaranya merupakan festival musik musim panas yang banyak mendatangkan wisatawan dari berbagai negara. Salah satu festival musik yang terjenal adalah Les Vieilles Charrues yang diadakan setiap tahun sekitar pertengahan Juli dan berlangsung selama empat hari. Selain festival musik, terdapat berbagai festival yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Paris Carnival - Promenade du Boeuf Gras, yaitu Le Carnaval de Paris dikenal sebagai Saint-Fargeau, parade meriah dan berkostum melintasi jalan-jalan kota Paris.

Cara Berkeliling di lle-de-France

Terdapat berbagai cara untuk berkeliling di lle-de-France. Yang pertama adalah dengan sepeda, ada banyak jalur sepeda di Paris, tapi hati-hati karena kamu juga berbagi jalan dengan pengendara lain di jalan tersebut. Lalu kamu juga bisa berkeliling dengan menggunakan mobil karena ada beberapa autoroutes gratis dan 4 jalur jalan untuk mendapatkan gettingle-de-France, tetapi hal ii hanya berlaku di hari-hari tertentu saja. Selain dengan sepeda dan mobil, kamu juga dapat berkeliling dengan menaiki kereta api, jaringan kereta regional (RER) akan membawamu keluar masuk Paris.

Seberapa Luas lle-de-France

Luas keseluruhan dari wilayah lle-de-France adalah 12,012 km persegi (4,638 mil persegi). Jika kamu ingin menjelajahi lle-de-France, waktu jalan-jalan ideal untuk dihabiskan di sini adalah 2 - 3 hari. Selama waktu tersebut, kamu bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata seru dan aktivitas-aktivitas menarik di lle-de-France, seperti Arc de Triomphe, Muse d'Orsay, Montmartre, Tuileries Garden.

Mata Uang lle-de-France

Euro dan CFP franc

Bahasa lle-de-France

Bahasa yang digunakan di lle-de-France adalah bahasa Prancis yang merupakan bahasa nasional. Beberapa bahasa daerah juga digunakan oleh masyarakat sebagai bahasa sekunder setelah bahasa Prancis, seperti dialek Jerman (Alsatian 1,44%), bahasa Celtic (Breton 0,61%) dan bahasa Gallo-Romantis lainnya (Langues d'O?l 1,25%, Occitan 1,33% ). Namun, mayoritas warga lokal bisa berbahasa Inggris sehingga kamu tidak akan kesulitan berinteraksi dengan mereka walaupun kamu tidak bisa bahasa Prancis.

Zona Waktu lle-de-France

(GMT+1)

Jenis Stop Kontak di lle-de-France

lle-de-France memiliki standar kelistrikan 230V, 50Hz AC dengan tipe C dan E. Tipe C biasa digunakan di Eropa, Amerika Selatan, dan Asia. Sedangkan tipe E biasa digunakan di Perancis, Belgia, Polandia, Slovakia, dan Ceko.

Informasi Penting Tentang lle-de-France

  1. Ucapkan "Bonjour" saat memasuki suatu toko, restoran, dll sebelum kamu mulai menjelajah atau mengajukan pertanyaan. Lalu ucapkan selamat tinggal "Au revoir" saat pergi dari tempat tersebut. Ada baiknya jika kamu belajar kata sapaan pokok dalam bahasa Prancis.
  2. Berbusana dengan sesuai. Jangan menggunakan baju pantai atau baju olahraga untuk berkeliling kota.
  3. Jangan meminum kopi sambil berjalan. Minumlah di kafe, baik berdiri di bar atau duduk di meja.
  4. Jangan makan secara terburu-buru. Nikmatilah waktu makanmu sambil bersantai.
  5. Air keran di lle-de-France dapat diminum.


Destinasi Favorit di Île de France