Provinsi Lampung
Tentang

Punya rencana liburan ke Lampung? Kamu bisa dengan mudah menikmati segala atraksi di Lampung melalui To Do di tiket.com. Kota yang terletak di ujung selatan pulau Sumatera ini punya banyak pilihan tempat wisata menarik yang wajib kamu kunjungi.

Sebagai salah satu kota terpadat di Sumatera, Lampung menjadi daerah yang mengalami pertumbuhan pesat di bidang pariwisata. Banyak destinasi, hal baru yang unik dan sangat menarik untuk dikunjungi. Sebut saja taman nasional, air terjun, dan pantai yang menawan dapat kamu temukan di Lampung.

Mudahnya pesan tiket masuk tempat wisata di Lampung akan membuat kamu lebih cepat untuk merencanakan liburan bersama orang-orang tercinta. Lampung memang cocok dipilih sebagai tujuan liburan akhir pekan bagi sobat tiket yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Namun, pengunjung Lampung tak terbatas untuk mereka yang berdomisili di dekat kota ini saja. Banyak juga pengunjung dari luar kota yang ingin berwisata ke Lampung.

Sobat tiket, cukup mudah untuk bisa mencapai Lampung. Dari Jakarta, kamu bisa menggunakan transportasi pesawat terbang dan kapal feri. Jadi, jika kamu merencanakan liburan ke Lampung, pesan tiket masuk tempat wisata murah dengan To Do dari tiket.com. Jadikan tiket.com sebagai pilihan terbaik kamu untuk liburan bersama teman dan keluarga di destinasi favorit karena semua ada tiketnya!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Provinsi Lampung

Informasi mengenai tempat wisata di Provinsi Lampung.

Apa itu tiket CLEAN di Lampung?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Lampung tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Lampung yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Lampung

Berada dan menjadi salah satu kota terpadat di Pulau Sumatera, Lampung punya destinasi wisata menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata taman nasional, pantai, dan air terjun yang ciamik. Kamu bisa melihat kehidupan dan interaksi Gajah di Taman Nasional Way Kambas, berburu spot indah di Pasir Putih, dan merasakan kesegaran air di Air Terjun Curup Tujuh.

Oleh karena itu, liburan ke Lampung cocok untuk Sang Petualang, Pencari Spot Foto, dan Geng Asyik.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Lampung

Lampung adalah salah satu destinasi wisata andalan orang-orang kota yang butuh melepas penat. Di sini, ada banyak tempat wisata alam yang indah, mulai dari pulau eksotis, pantai, air terjun, hingga danau.

1. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang sudah sering menjadi destinasi wisata favorit warga Jakarta di akhir pekan. Laut dan pantainya masih bersih dan indah. Kamu bisa snorkeling dan menyelam untuk benar-benar mengeksplorasi keindahan bawah lautnya. Selain itu, karena memang populer, fasilitasnya juga sudah lengkap!

2. Taman Nasional Way Kambas

Taman nasional yang satu ini terkenal sebagai pusat konservasi Gajah Sumatera. Gajah-gajah di sini dijaga dan dilindungi agar tidak mengalami kepunahan dan bisa berkembang biak dengan baik. Untuk kamu yang sudah tempat wisata alam terbuka, tempat ini pasti cocok sekali untukmu!

3. Pulau Condong

Pulau ini mendapatkan namanya dari bentuknya, yang jika dilihat dari jauh, menyerupai ujung tombak. Kamu bisa menikmati pemandangan indah di sini dengan menyelam, berenang, atau sekedar jalan-jalan santai di pinggir pantai dan di bawah pohon-pohon yang menyegarkan.

4. Pulau Balak

Pulau Balak adalah sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang keindahannya masih terjaga dengan baik. Aktivitas favorit di sini tentu adalah snorkeling dan diving untuk mengeksplorasi keindahan bawah lautnya. Kamu juga bisa menginap di fasilitas penginapan di sini, loh!

5. Pasir Timbul

Destinasi di Lampung yang satu ini sebenarnya adalah perpaduan hamparan pasir putih yang cantik dan air laut yang jernih, layaknya sebuah pantai. Dengan langit cerah dan udara segar, tempat ini bisa jadi lokasi yang sempurna untuk melepas penat dan menikmati kesegaran laut yang tiada duanya.

6. Pantai Pasir Putih
Sesuai namanya, tempat wisata di Lampung ini terkenal akan hamparan pasir putihnya yang sangat cantik dan jernih. Di kalangan penduduk lokal pun, tempat ini sudah termasuk populer. Kamu bisa berenang, naik perahu untuk berkeliling, atau sekedar duduk santai di sini. Fasilitasnya juga sudah lengkap, mulai dari ruang bilas hingga sewa kapal motor!

7. Danau Biru Tambang Batu Kapur Padas

Terbentuk dari lokasi bekas galian area pertambangan, lokasi ini sebenarnya bukan sebuah tempat wisata. Namun, karena sudah tidak ada lagi aktivitas pertambangan dan malah terbentuk sebuah danau biru yang cantik, jadilah sebuah objek wisata di Lampung yang terkenal. Selain menyegarkan, danau ini juga sangat cocok untuk berfoto-foto!

8. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan adalah salah satu tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan cantik yang sudah pasti akan menyegarkan mata. Namun, tak hanya itu saja, wisatawan bisa melihat lumba-lumba juga di sini! Meski tentu saja bukan sebuah jaminan, hal ini menjadi daya tarik tersendiri. Sebaiknya kamu berkunjung antara bulan April dan September, dan menanyakan ke petugas di tempat lebih dulu mengenai rencana melihat lumba-lumba.

9. Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Sesuai namanya, daya tarik utama tempat ini adalah batu-batu granit pada posisi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk menikmati pemandangan sekaligus berfoto-foto. Masih tergolong tersembunyi, tempat ini biasanya tidak ramai pengunjung. Kamu bisa menikmati keindahannya dengan tenang!

10. Pantai Wartawan

Pantai ini diberi nama demikian karena memang dulu dikelola oleh seorang wartawan. Di sini, selain menikmati keindahan pantai dan laut, kamu bisa melihat langsung pemandangan Gunung Anak Krakatau yang megah. Area sekitarnya pun tak kalah menarik. Kamu bisa berendam di sumber air panas, mencicipi kuliner lokal di sekitar pantai, atau berfoto di Bukit Botak.

11. Pantai Klara

Nama pantai ini sebenarnya merupakan singkatan dari ‘kelapa rapat’ karena banyaknya pohon kelapa yang menghiasi tempat ini. Ombak di sini tidak terlalu kencang atau tinggi sehingga cocok untuk berenang di pinggir pantai. Kamu juga bisa menyewa perahu atau kano untuk mengeksplorasi dengan lebih menyenangkan.

12. Air Terjun Putri Malu

Memiliki ketinggian 80 meter, air terjun ini menawarkan suasana sejuk dan menyegarkan yang pasti tak ingin kamu lewatkan! Tempat ini cocok untuk kamu yang berjiwa petualang dan suka perjalanan yang memacu adrenalin. Untuk mencapai air terjun, kamu harus melewati jalur yang lumayan menantang lebih dulu. Karena kesulitannya tersebut, tempat ini seringnya tidak ramai pengunjung.

13. Pantai Gigi Hiu

Tenang, pantai ini bukan terkenal karena hiunya, kok! Pantai ini justru terkenal karena deretan batu karang di pinggir pantainya yang menyerupai deretan gigi hiu. Tak heran banyak wisatawan yang ke sini untuk mengoleksi foto-foto wisata yang keren, terutama menjelang matahari terbenam.

14. Kawah Suoh

Tingkat geothermal di kawasan ini masih tinggi sehingga kamu bisa melihat kawah yang cantik lengkap dengan asapnya yang mengepul. Kamu bisa menyewa motor trail untuk sampai ke sini, kemudian menjelajahi danaunya dengan perahu sambil menikmati pemandangan pasir kuning serta sabana hijau yang unik.

15. Pantai Batu Lapis

Sesuai namanya, pantai ini punya deretan batu yang berlapis-lapis. Debur ombak yang menghantam batu terlihat semakin megah dan keren. Belum lagi angin sepoi-sepoi yang menemanimu saat berkunjung ke sini.

16. Air Terjun Curup Lestari

Jika kamu ingin menikmati kesegaran tempat wisata alam yang masih bersih dan indah, langsung saja ke Air Terjun Curup Lestari! Meski berada di tengah hutan, karena merupakan salah satu tempat wisata alam yang terkenal, fasilitas di sini sudah cukup memadai. Termasuk juga jalur yang mudah dilewati kendaraan untuk mencapai tempat ini.

17. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia adalah destinasi yang sempurna untuk para peselancar. Ombak di sini menantang, tidak mudah pecah, dan terus bergulung. Tentu menyenangkan dan menantang untuk yang sudah handal, bukan?

18. Pantai Sari Ringgung

Pantai ini memiliki keindahan pantai pada umumnya: pasir putih dan bersih serta air laut yang biru. Tapi, pemandangannya tambah keren dengan adanya pasir timbul di tengah laut serta masjid apung di pinggir pantai. Kamu bisa jalan-jalan santai sambil menikmati jajanan lokal saat berkeliling di pantai ini.

19. Laguna Dodo

Pesona utama tempat ini adalah sebuah kolam alami yang cantik dan menyegarkan. Namun, untuk mencapainya, kamu memang harus melalui jalur yang tidak mudah. Meski begitu, jalur tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi yang berjiwa petualang.

20. Air Terjun Lembah Pelangi

Air terjun ini terkenal akan keindahannya serta ketinggiannya yang menjadikannya terlihat megah. Kesegarannya juga tak perlu dipertanyakan lagi. Untuk mencapainya, jalur yang akan kamu lalui memang cukup menantang. Tapi, dijamin akan sepadan dengan kecantikan pemandangan yang menantimu!

21. Pulau Kubur

Jika kamu suka tempat wisata yang tenang, damai, dan sepi, kamu bisa langsung ke Pulau Kubur. Pulau tak berpenghuni ini tidak besar ukurannya dan cocok untuk memancing. Sangat cocok untuk kamu yang ingin bersantai dan melepas penat!

22. Pantai Dewi Mandapa

Pantai ini merupakan tempat wisata alam yang instragammable dan sering disandingkan dengan kecantikan pantai-pantai di Bali. Selain jalan-jalan santai dan berfoto-foto, kamu juga bisa menikmati camilan lokal, snorkeling, atau sekedar berenang di pinggir pantai. Tak heran jika tempat ini populer di kalangan anak muda.

23. Bukit Batu Tumpang

Keunikan tempat ini adalah bukit dengan bebetuan kecil yang kuat menopang batu besar. Bukan suatu pemandangan yang kamu temui setiap hari, bukan? Selain itu, dari puncaknya, kamu bisa menikmati keindahan pemandangan hijau yang pasti akan menyegarkan mata.

24. Menara Siger

Jika kamu ingin tahu lebih banyak soal Lampung, langsung saja ke Menara Siger! Menara dengan warna kuning mencolok ini memiliki informasi penting dan menarik seputar Lampung. Selain itu, tempat ini juga cocok untuk berfoto-foto!

25. Air Terjun Way Kalam

Dengan ketinggian 40 meter, air terjun ini menawarkan suasana yang segar serta pemandangan yang cantik untuk para pengunjung. Setelah mengagumi kecantikannya dan berfoto-foto, kamu juga bisa duduk-duduk santai di gazebo yang tersedia.

26. Danau Ranau

Danau yang merupakan perbatasan antara Lampung dan Sumatera ini memiliki dipenuhi berbagai spesies ikan dan juga tanaman-tanaman yang masih terjaga. Selain menikmati keindahan danau, kamu juga bisa berendam di sumber air panas di dekat danau.

27. Curup Gangsa

Berbeda dengan banyak air terjun yang terselubung, curug yang satu ini tak hanya tinggi, tapi juga lebar. Dari kejauhan saja kamu sudah bisa melihat kemegahannya. Selain memberikan suasana yang segar, tentu saja tempat ini juga keren untuk berfoto-foto.

28. Danau Bekri

Yang menjadikan danau ini unik adalah timbunan tanah di di tengahnya yang membuatnya terlihat seperti sebuah pulau. Untuk mengeksplorasi pesonanya, sudah disediakan jembatan yang bisa digunakan para pengunjung.

29. Way Belerang

Way Belerang merupakan pemandian air panas alami yang juga menawarkan pemandangan Gunung Rajabasa. Meski tentu saja daya tarik utama di sini adalah kolam air panasnya, tempat ini juga menyediakan fasilitas lain, seperti wahana permainan anak, kolam air tawar, gazebo, dan restoran. Kamu juga bisa membeli pulang sabun belerang untuk souvenir, loh!

30. Air Terjun Curup Tujuh

Meski terletak cukup jauh dari pusat kota, air terjun ini menawarkan kesegaran yang pasti tak ingin kamu lewatkan! Jalur pejalan kakinya yang menantang pun sangat cocok untuk kamu yang berjiwa petualang!

Cara Menuju ke Lampung

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Lampung adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari Indonesia, kamu bisa langsung menggunakan pesawat dan langsung mendarat di Bandara Radin Inten II, Lampung. Sedangkan jika kamu berangkat dari luar negara Indonesia, kemungkinan kamu akan transit terlebih dahulu sebelum mendarat di Lampung. Kemudian, untuk mencapai pusat kota Lampung dari bandara, kamu perlu mencari kendaraan lain, seperti angkutan kota atau taksi.

Cara paling mudah untuk mencapai adalah pusat Kota Lampung yaitu menggunakan mobil. Jika tidak membawa mobil pribadi, kamu bisa memanfaatkan sewa mobil di Lampung melalui tiket.com. Selain pilihan mobilnya yang lengkap, harganya juga terjangkau.

Bis

Jika kamu berangkat dari Pulau Jawa, khususnya Jakarta, kamu bisa menggunakan bis ke Lampung dengan harga tiket mulai dari Rp 250.000. Dari Jakarta, bis harus menuju Pelabuhan Merak dan akan mendarat di Pelabuhan Bakauheni.

Akomodasi di Lampung

Lampung menyediakan banyak jenis akomodasi, mulai dari yang mewah hingga yang lebih terjangkau harganya. Selain hotel, kamu bisa dengan mudah menemukan villa, apartemen, dan homestay. Pesan hotel di Lampung melalui tiket.com sekarang untuk harga terbaik!

Spot Instagrammable di Lampung

Buat kamu para pecinta foto instagramable, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat ini, yaitu Pantai Pasir Putih, Teluk Kiluan, Taman Nasional Way Kambas, Pulau Kubur, Menara Siger, Air terjun Putri Malu, Taman wisata Lembah Hijau, Pantai Pahawang, Mata Air Way Sumpuk, dan Muncak Teropong Laut.

Kuliner di Lampung

Tidak hanya kaya akan obyek wisatanya, Lampung juga punya wisata kuliner yang menarik untuk dicicipi. Beberapa makanan yang perlu kamu cicipi, seperti Locupan (Disajikan dalam bentuk seperti mi yamin yang dipadukan dengan taburan daging ayam cincang); Pempek 123; Martabak Bangka; Bebek Bakar Mbok Wito; Keripik pisang Lampung; dan nasi uduk Toha.

Makanan Vegan/Vegetarian

Untuk kamu yang vegetarian, Lampung juga punya berbagai restoran yang menyajikan makanan vegetarian, seperti Kwetiau Hotplate yang dicampur dengan jagung manis, wortel, sawi putih, dan caisim, serta dimasak dengan bumbu alami. Kemudian ada juga makanan olahan jamur, yaitu Cah Haisom.

Belanja di Lampung

Setelah menikmati keindahan wisata alam Lampung dan wisata kulinernya, kamu bisa mencari cinderamata khas Lampung. Sejumlah tempat yang menjajakan cinderamata Lampung bisa kamu temukan di Waleu Kaos Lampung, Toko manisan Yen Yen, Mal Kartini, dan Pasar Bambu Kuning.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Lampung

Musim

Lampung hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Umumnya, di saat musim kemarau pun, udara di kota ini masih termasuk sejuk, terutama setelah matahari terbenam. Untuk menghindari musim hujan, bulan terbaik untuk berkunjung adalah antara Juni dan September.

Festival

Lampung punya festival-festival yang menarik untuk dikunjungi, seperti Lampung Krakatau Festival, acara ini menempatkan kunjungan ke Gunung Anak Krakatau yang terletak di pesisir selatan Lampung sebagai bagian rangkaian acara. Adapun festival ini diselenggarakan setiap Agustus.

Kemudian ada Festival Teluk Stabas, acara yang dihelat untuk memperingati perayaan hari jadi Kabupaten Pesisir Barat. Kamu akan melihat berbagai acara, mulai dari tradisi Ngunduh Damar dan Ngunduh Pahar hingga kejuaraan berselancar. Festival ini diselenggarakan setiap April.

Terakhir, kamu juga bisa mengunjungi Festival Way Kambas, acara yang mengajakmu untuk berpetualang di Taman Nasional Way Kambas, lari sejauh 10 kilometer, lomba fotografi, dan kuliner. Festival ini biasanya dilaksanakan setiap November.

Cara Berkeliling di Lampung

Lampung punya beragam transportasi umum, seperti angkutan kota atau angkot yang jumlahnya sangat banyak. Adapun transportasi lainnya adalah transportasi online maupun sewa mobil. Cara paling mudah untuk menjelajahi Lampung yaitu menggunakan mobil. Jika tidak membawa mobil pribadi, kamu bisa memanfaatkan sewa mobil di Lampung melalui tiket.com. Selain pilihan mobilnya yang lengkap, harganya juga terjangkau.

Seberapa Luas Lampung

Dengan luas 35.376 kilometer persegi, kamu membutuhkan waktu 3 hingga 4 hari untuk menjelajahi tempat wisata di Lampung. Beberapa destinasi pilihan yang patut kamu coba, yakni Pantai Dewi Mandapa, Bendungan Margo Tirto, Danau Suoh, Muncak Teropong Laut, Kebun Karet Trikora, Bukit Kumbang, dan Puncak Mas.

Mata Uang di Lampung

Rp (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Lampung

Bahasa utama di kota ini tentu adalah Bahasa Indonesia. Bahasa ini digunakan secara profesional dan formal di Lampung.

Zona Waktu di Lampung

WIB / GMT+7

Jenis Stop Kontak di Lampung

Jenis stop kontak di Jakarta dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Lampung

  1. Kebanyakan toko, restoran, dan cafe di Lampung masih banyak belum menggunakan pembayaran e-wallet atau cashless dan cardless, sehingga masih memberlakukan metode pembayaran tunai.
  2. Pakaian yang cocok untuk berwisata di Lampung adalah kaos lengan pendek, celana pendek atau rok, atau celana panjang dengan warna cerah, dan sepatu berjalan yang nyaman.
  3. Jangan minum air keran di Lampung karena umumnya tidak bersih untuk diminum.
  4. Jangan membuang sampah dan puntung rokok sembarangan.