Kuala Lumpur
Tentang

Pergi liburan ke luar negeri memang asik, apalagi bisa mencari tahu tentang tempat wisata budaya dan religi yang berbeda dengan negara asal kamu. Tidak ingin pergi liburan jauh-jauh dari Indonesia karena waktu yang terbatas? Kuala Lumpur bisa menjadi destinasi yang cocok nih, sobat tiket.


Kuala Lumpur merupakan ibukota dari Malaysia yang juga menjadi salah satu kota populer di Negeri Jiran ini. Kepopuleran Kuala Lumpur pula yang menjadikan kota ini sebagai destinasi utama para wisatawan untuk pergi berlibur selama di Malaysia.


Banyak sekali spot seru dan unik yang bisa kamu eksplor di Kuala Lumpur. Kamu bisa mengunjungi beberapa spot ikonik dari negara ini, wisata kuliner, wisata budaya dan religi, serta lain sebagainya. Liburan bersama keluarga ataupun teman-teman terasa mengasyikkan di negara ini.


Nikmati liburan seru di Kuala Lumpur bersama orang-orang tersayang dengan tiket.com. Cari dan temukan berbagai pilihan tiket tempat wisata yang kamu butuhkan selama di Kuala Lumpur hanya di tiket.com.


Kunjungi tempat wisata di Kuala Lumpur yang seru dan menarik, seperti menara kembar Petronas, KL Tower, Batu Caves, Bukit Bintang, Chinatown, Alor Street, Putrajaya, dan lain sebagainya. Banyak pula tempat wisata instagramable yang cocok untuk mengabadikan momen seru kamu bersama orang tersayang.

Jangan lewatkan momen seru bermain-main di Kuala Lumpur dengan mengunjungi berbagai tempat wisata yang tersedia di negara ini. 

Tunggu apalagi? Segera pesan tiket tempat wisata di Kuala Lumpur di tiket.com dan dapatkan momen liburan seru yang tak terlupakan selama di Kuala Lumpur. Ajak keluarga, teman, sahabat, atau pasangan kamu untuk menikmati serunya liburan di negara ini.


Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Kuala Lumpur

Informasi mengenai tempat wisata di Kuala Lumpur.

Apa itu tiket CLEAN di Kuala Lumpur?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Kuala Lumpur tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Kuala Lumpur yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Kuala Lumpur

Kuala Lumpur adalah ibukota negara Malaysia yang penuh dengan tempat wisata menarik dan lokasi foto yang cantik. Di sini, kamu bisa berbelanja berbagai produk lokal dan internasional sampai puas di area Bukit Bintang. Kemudian, kamu juga bisa berkunjung ke tempat-tempat ikonik, seperti Petronas Twin Tower, Batu Caves, dan KLCC Park.

Sebagai kota metropolitan, Kuala Lumpur sangat cocok bagi kamu yang suka berwisata di tengah kota modern dan berbelanja ke pusat perbelanjaan yang besar dan lengkap. Karena ada begitu banyak tempat wisata bagi segala usia, Kuala Lumpur juga cocok dijadikan destinasi wisata keluarga.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Kuala Lumpur

Ibukota Malaysia menyimpan segudang tempat wisata menyenangkan untuk seluruh keluarga. Sebagai kota modern metropolitan, ada banyak sekali pilihan tempat wisata, mulai dari tempat belanja mewah dan tradisional, taman bermain untuk seluruh keluarga, kebun binatang, hingga taman terbuka yang menyegarkan.

1. Petrona Twin Towers

Menara ini mungkin adalah ikon dan objek wisata di Kuala Lumpur dan Malaysia yang paling populer. Menara kembar ini adalah yang tertinggi di dunia. Selain bisa mengagumi arsitektur dan kemegahannya dari luar, kamu bisa ke sky bridge yang menggabungkan kedua menara dan melihat pemandangan kota dari ketinggian.

2. KLCC Park

Taman terbuka dan ruang publik ini bisa dengan mudah kamu lihat dari Petrona Twin Towers, jadi cocok untuk dikunjungi bersamaan di hari yang sama. Dengan luas 20 hektar, taman ini menghadirkan jalur jogging, area bermain anak, danau buatan, dan juga air mancur dengan pertunjukan air dua kali sehari. Sangat cocok untuk kamu dan keluarga yang ingin bersantai di ruang hijau terbuka.

3. Thean Hou Temple

Kuil Buddha sering disebut sebagai salah satu kuil paling dekoratif di seluruh Kuala Lumpur. Dengan enam tingkat dan arsitektur serta dekorasi Konfusiasnime, Buddha, dan Tao, tidak heran tempat suci ini sering dikunjungi semua kalangan.

4. Menara Kuala Lumpur

Kuala Lumpur Tower dengan tinggi 335 meter ini merupakan salah satu tempat wisata di Kuala Lumpur yang yang termasuk dalam destinasi wisata hits. Hal ini karena dari dek observasinya yang terbuat dari kaca transparan, pengunjung bisa melihat langsung pemandangan kota dari ketinggian.

5. Pasar Seni

Pasar Seni atau Central Market ini awalnya dibangun sebagai pasar basah yang menjual berbagai makanan sehari-hari, seperti buah, sayur, dan daging. Namun, kini area ini sudah direnovasi dan diperbaharui sehingga ada beberapa area yang menjual suvenir, karya seni, dan kerajinan tangan. Ada juga food court yang menjual berbagai kuliner lokal di lantai atasnya.

6. Aquaria KLCC

Aquaria KLCC adalah salah satu objek wisata di Kuala Lumpur yang wajib dikunjungi. Tempat ini bukan sekedar akuarium biasa, tapi bisa dibilang sebagai oseanarium. Ada berbagai spesies satwa air Malaysia di sini, mulai dari yang hidup di air tawar, di rawa, dan di laut. Interiornya pun didesain sedemikian rupa agar kamu merasa seperti sedang menikmati perjalanan dari darat ke perairan dan mempelejari makhluk-makhluk yang tinggal di sana.

7. Suria KLCC

Suria KLCC adalah pusat perbelanjaan setinggi enam lantai yang bisa kamu kunjungi untuk berbelanja, nonton bioskop, makan di restoran, atau bermain bersama di kecil di playground indoor. Berbagai toko fesyen, elektronik, buku, kerajinan tangan, dan lain-lain tersedia di sini.

8. Batu Caves

Meski tidak terletak di pusat Kota Kuala Lumpur, lokasi wisata ini juga merupakan salah satu favorit wisatawan. Daya tariknya adalah tangga warna-warni yang menjulang tinggi hingga mencapai puncak tebing dan juga patung Murugan. Selain itu, tempat yang memiliki sejumlah gua ini juga merupakan situs suci bagi penduduk Tamil di Malaysia dan masih digunakan untuk perayaan-perayaan tertentu.

9. The National Museum

Seperti namanya, museum ini menyimpan sejumlah koleksi, artefak, dan pameran yang menggambarkan dan merepresentasikan budaya dan sejarah Malaysia. Beberapa yang akan kamu temukan adalah replikasi rumah-rumah Malaysia serta adat dan perayaan pernikahan. Bangunan dengan campuran desain tradisional dan modern ini menghadirkan sejumlah pameran permanen dan sementara yang bisa berganti setiap beberapa lama sekali.

10. National Zoo of Malaysia

Ada kurang lebih 500 spesies satwa di kebun binatang ini, mulai dari reptil, hewan karnivora, hingga ikan-ikan air tawar. Selain menjadi sebuah kebun binatang, tempat ini juga mengutamakan program konservasi serta edukasinya, terutama untuk anak-anak dan remaja.

11. Perdana Botanical Gardens

Taman ini menyimpan dan memamerkan ratusan spesia flora yang cantik dan mengagumkan. Pamerannya dibagi menjadi beberapa area, tergantung jenis tanamannya. Yang paling terkenal adalah Orchid Gardens (anggrek) dan Hibiscus Garden (kembang sepatu). Tempat ini juga termasuk instagramable, loh!

12. Sunway Lagoon Theme Park

Agak jauh dari pusat kota, kamu bisa menemukan salah satu taman bermain yang terkenal, Sunway Lagoon Theme Park. Kompleks ini cocok dijadikan destinasi wisata keluarga dan wisata anak. Ada area taman bermain dengan wahana-wahana menyenangkan, ramah anak, hingga menegangkan. Ada taman bermain air untuk seluruh anggota keluarga. Ada tempat makan yang mudah diakses untuk mengisi tenaga kembali. Bahkan, ada juga kebun binatang untuk si kecil belajar lebih banyak tentang dunia satwa.

13. Taman Burung Kuala Lumpur

Bird Park ini merupakan rumah bagi lebih dari 3000 spesies burung. Meskipun tujuan utamanya adalah untuk mengenalkan spesies burung lokal kepada pengunjung, ada juga sejumlah spesies internasional di sini. Selain itu, taman ini juga merupakan lokasi ilmiah yang menekankan konservasi dan edukasi flora dan fauna.

14. Kuala Lumpur Railway Station

Kuala Lumpur Railway Station kini sudah tidak beroperasi lagi setelah ada KL Sentral yang lebih modern. Bangunan yang instagramable ini telah menjadi museum kereta api dengan arsitektur campuran gaya Eropa (Inggris) dan Asia. Kamu bisa berfoto-foto dengan bangunannya sebagai latar belakang sebelum masuk dan melihat pameran berbagai jenis kereta dan mesin-mesinnya.

15. Jalan Alor

Untuk wisata kuliner lokal, kamu bisa langsung ke Jalan Alor. Jalan ini dipenuhi dengan penjual street food lokal dan kamu hanya tinggal memilih camilan dan makanan favorit untuk dibeli. Semuanya tentu dengan harga terjangkau dan kelezatan yang tiada duanya.

16. National Mosque

Masjid ini memiliki kemegahan arsitektur yang luar biasa. Masjid yang mampu menampun 15.000 umat ini mengikuti prinsip arsitektur Islam sehingga memiliki atap berbentuk bintang enam belas titik. Ukiran dan desain interiornya pun sangat mengagumkan. Wisatawan yang tidak akan beribadah bisa berkeliling dan melihat langsung kemegahan tempat ini namun harus tetap menggunakan pakaian yang sopan dan tertutup.

17. Chinatown

Di Chinatown yang areanya banyak ditinggali oleh etnis Tiongkok Malaysia, kamu akan menemukan banyak penjual makanan lokal, kuil, dan pasar atau pusat perbelanjaan dengan gaya Tiongkok. Masing-masing merepresentasikan budaya masyarakat yang tinggal di area tersebut.

18. Kuala Lumpur Butterfly Park

Seperti namanya, taman ini merupakan rumah bagi 120 spesies kupu-kupu cantik. Seluruh tempat ini didesain menyerupai hutan terbuka yang indah dengan jalur setapak, gazebo, kolam dan danau di dalamnya. Kamu dan keluarga bisa menikmati waktu santai yang menyegarkan di sini sambil melihat kupu-kupu cantik dan mempelajari tentang makhluk kecil yang indah ini juga.

19. Petrosains, The Discovery Centre

Di dalam Petronas Tower, kamu bisa menemukan Petrosains, The Discovery Centre. Tempat ini, seperti namanya, bisa menjadi pilihan tempat wisata edukasi untuk si kecil yang tertarik dengan sains. Mereka bisa melihat dan belajar dengan cara yang menyenangkan. Ada 11 pameran interaktif, mulai dari teater 3D hingga zona musik dan seni.

20. Sri Mahamariamman Temple

Kuil ini dikenal sebagai kuil Hindu tertua yang ada di Kuala Lumpur. Namun, selain itu, arsitekturnya juga unik dan indah. Fasadnya memiliki dekorasi yang warna-warni dengan pahatan yang menggambarkan berbagai kisah legenda. Kuil ini masih berfungsi sebagai tempat ibadah sampai hari ini, jadi pastikan kamu mematuhi semua peraturan yang berlaku serta mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup saat ke sini. Pengunjung yang tidak akan beribadah bisa mengeksplorasi bagian luarnya yang indah.

21. Pavilion KL

Area yang modern ini adalah kompleks mal, kantor, dan perumahan. Bagi kamu yang ingin jalan-jalan santai sambil belanja barang-barang bermerk, Pavilion KL bisa jadi destinasi utamamu!

22. Masjid Jamek

Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Malaysia. Selain menjadi tempat ibadah bagi umat Muslim, masjid ini terkenal karena arsitektur gaya Moornya yang megah serta lokasinya, yaitu tepat di mana Sungai Klang dan Gombak bertemu. Jika kamu berkunjung ke sini, entah untuk beribadah atau sekedar berkunjung, pastikan kamu mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup, ya!

23. Genting Highlands

Di sebelah utara Kuala Lumpur, kamu akan menemukan Genting Highlands. Area ini sering menjadi destinasi wisata penduduk lokal Kuala Lumpur untuk wisata yang singkat. Anak-anak bisa bermain di taman bermain besar yang ada di sini. Selain itu, ada juga kasino (dengan batas usia minimum) dan mal perbelanjaan di sini.

24. Istana Negara

Bangunan ini dulunya merupakan tempat tinggal raja Malaysia yang sedang berkuasa (gelar resminya: Yang di-Pertuan Agong) hingga 2011 saat istana baru selesai dibangun. Kini, bangunan ini menjadi sebuah museum kerajaan yang bisa dikunjungi semua wisatawan. Selain melihat koleksi kerajaan di dalamnya, kamu juga bisa melihat dari luar arsitekturnya yang indah atau menyaksikan upacara pergantian penjaga.

25. Petaling Street Market

Street market ini terkenal di kalangan penduduk lokal maupun turis. Kamu bisa berkunjung ke sini untuk berbelanja sampai puas. Mulai dari barang-barang fesyen, suvenir, kerajinan tangan, hingga makanan lokal dengan harga terjangkau.

26. KidZania Kuala Lumpur

Kamu bisa membawa si kecil untuk belajar sambil bermain ke KidZania! Di sini, anak-anak bisa mencoba praktik berbagai pekerjaan impian mereka, seperti pemadam kebakaran, pilot, polisi, dokter, dan lain-lain. Dengan suasana dan desain lokasi yang lengkap serta interaktif, dijamin anak-anak akan menikmati momen-momen terbaik di sini.

27. Islamic Arts Museum Malaysia

Seperti namanya, museum ini memiliki koleksi berbagai barang-barang penting dan bernilai dalam agama Islam. Secara total ada 12 galeri yang masing-masing terbagi berdasarkan levelnya. Selain melihat langsung koleksi di Islamic Art Museum terbesar di Asia Tenggara ini, kamu juga bisa mengagumi arsitekturnya dari luar sebelum masuk.

28. Lost World of Tambun

Ingin berwisata di taman hiburan dengan pemandangan alam di sekitarnya yang cantik? Lost World of Tambun bisa jadi destinasi pilihanmu! Ada 7 theme parks di sini yang masing-masing memiliki wahana-wahana keren dan menyenangkan untuk seluruh anggota keluarga. Selain itu, tempat ini juga dikelilingi oleh hutan yang lebat, perbukitan batu kapur, dan hot spring yang menambah kecantikan pemandangan sekitarnya.

29. Zeo Negara Malaysia

Untuk kamu yang ingin berwisata ke tempat wisata alam, Zeo Negara Malaysia bisa jadi pilihanmu. Tempat ini merupakan taman zoologis dan juga akuarium yang menjadi rumah bagi 476 spesies satwa. Tujuan utama tempat ini adalah menjadi tempat konservasi, penelitian, dan pelatihan flora dan fauna. Selain melihat satwa liar di hutan ini, kamu juga bisa mencoba trekking, memancing, atau naik perahu.

30. Bukit Gambang Water Park

Taman bermain air ini sering menjadi destinasi utama wisatawan karena merupakan satu-satunya taman bermain air dengan wave pool di Malaysia dengan 8 tipe ombak berbeda. Selain berenang di area yang menantang dan menyenangkan ini, kamu bisa juga bersantai di Lazy River dan area-area lainnya.

Cara Menuju ke Kuala Lumpur

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Kuala Lumpur dalah dengan:

Pesawat

Ada banyak rute pesawat komersil yang menuju dan berangkat dari Kuala Lumpur ke berbagai kota besar di banyak negara dan di dalam Malaysia sendiri. Jika kamu berangkat dari luar pulau atau luar negeri, cara terbaik adalah dengan menggunakan pesawat, mendarat di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Dari bandara, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke pusat kota dengan Kereta KLIA, bus, atau taksi argo.

Bus

Bus biasa digunakan oleh wisatawan yang berangkat dari kota-kota di sekitar Kuala Lumpur, kota lain di Malaysia, atau dari Singapura. Kebanyakan bus berangkat dan berhenti di Terminal Bersepadu Selatan.

Kapal

Kuala Lumpur bukan kota yang terletak dekat laut. Meski begitu, ada feri yang melayani perjalanan dari dan ke Sumatra dan Port Klang. Pelabuhan ini terletak sekitar 40km dari pusat kota.

Kereta

Kereta api antar kota dan antar negara yang akan masuk ke Kuala Lumpur paling banyak tiba di KL Sentral. Meskipun namanya KL Sentral, stasiun ini sebenarnya terletak cukup jauh dari pusat kota. Sepanjang hari, ada cukup banyak kereta yang melayani rute dari dan ke Hat Yai (Thailand), Singapura, dan Kota Bahru.

Akomodasi di Kuala Lumpur

Kuala Lumpur memiliki banyak akomodasi, mulai dari hotel, apartemen, hingga homestay. Hotel di sini bervariasi, mulai dair bintang 1 hingga 5. Namun, yang paling banyak di sini adalah hotel bintang 3. Hotel-hotel di sini umumnya berada di pusat kota, tidak jauh dari halte atau stasiun, menawarkan kamar yang nyaman dan bersih, serta fasilitias yang lengkap.

Spot Instagram-able di Kuala Lumpur

Kamu tidak akan kesulitan menemukan spot Instagram-able yang cantik di Kuala Lumpur. Mulai dari yang berlokasi di pusat kota hingga yang merupakan lokasi historis. Kamu bisa berkunjung ke Batu Caves dan berfoto dengan latar belakang tangga warna-warninya yang terkenal. Atau berfoto di depan Petronas Twin Tower yang cocok dikunjungi baik siang maupun malam. Untuk arsitektur yang indah dan unik, kamu bisa berfoto di Putra Mosque, Moroccan Pavilion Putrajaya, Thean Hou Temple, dan National Textile Museum.

Kuliner Kuala Lumpur

Kuala Lumpur menawarkan banyak makanan Asia Tenggara yang nikmat dan unik cita rasanya. Beberapa yang wajib kamu coba adalah 

  • Nasi lemak (nasi yang direndam dengan santan kemudian ditambah lauk daging sapi, telur, dan ayam)
  • Bak Kut Teh (iga babi dengan kuah dan rempah-rempah)
  • Wantan Mee (mie yang digoreng dengan bumbu BBQ dan kecap kedelai hitam), 
  • Roti jala (roti dengan bentuk jala atau jaring).

Makanan Vegan / Vegetarian

Sebagai kota modern, Kuala Lumpur menyediakan sangat banyak restoran vegan dan vegetarian. Meski begitu, makanan yang disajikan tidak selalu makanan khas Malaysia. Kamu bisa menemukan restoran ini di pusat-pusat kota yang lebih ramai.

Belanja di Kuala Lumpur

Kuala Lumpur juga terkenal sebagai kota belanja. Di sini, kamu bisa mencari produk-produk merk internasional dan juga belanja produk lokal sebagai oleh-oleh. Area belanja yang paling terkenal adalah Bukit Bintang. Di sini, kamu bisa berkunjung ke berbagai mal besar yang menjual barang-barang bermerk serta penuh dengan tempat hiburan, seperti taman bermain indoor. Sebut saja Berjaya Times Square, Pavilion Kuala Lumpur, Fahrenheit 88, dan Starhill Gallery.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Kuala Lumpur

Musim

Cuaca di Kuala Lumpur cukup lembab sepanjang tahun dan kamu harus selalu mengantisipasi turunnya hujan, bahkan saat tidak sedang musim hujan. Untuk itu, waktu terbaik untuk berkunjung adalah bulan Mei, Juli, Desember, Januari, dan Februari. Kamu juga bisa menikmati perayaan Natal dan Tahun Baru di kota ini pada akhir tahun.

Suhu Rata-Rata

Karena cuacanya yang lembab, suhu rata-rata di Kuala Lumpur sepanjang tahun adalah 32-33 derajat celsius (89.6 - 91.4 derajat fahrenheit).

Festival

Pada bulan Desember, Kuala Lumpur sudah mempersiapkan perayaan Hari Natal dan Tahun Baru yang meriah. Kamu bisa jalan-jalan di pusat kota untuk merasakan meriahnya. Sedangkan pada bulan Januari atau Februari, kamu bisa ikut menyaksikan Festival Thaipusam yang dirayakan oleh umat Hindu. Festival ini menghadirkan semacam ritual untuk pengampunan dosa yang dilakukan dengan menusuk lidah atau pipi mereka atau menancapkan kail di punggung.

Cara Berkeliling di Kuala Lumpur

Banyaknya transportasi umum di kota ini membuatmu mudah untuk berkeliling dengan harga terjangkau. Kamu bisa mengandalkan kereta di LRT/MRT dan Monorail untuk menjangkau berbagai lokasi di kota. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu mulai dari RM1.

Selain itu, kamu juga bisa naik bus kota, yaitu RapidKL untuk berkeliling di kota. Rute dan kenyamanan bus selalu ditingkatkan dan diperbaharui setiap tahun. Namun, jika kamu ingin berhenti di tempat-tempat wisata yang ikonik dan terkenal, kamu bisa juga naik bus dua tingkat KL Hop-on Hop-off.

Untuk metode pembayaran, sebaiknya kamu membeli kartu Touch ?n Go yang bisa digunakan di semua transportasi umum. Meski begitu, jika kamu adalah wisatawan yang hanya akan tinggal di Kuala Lumpur untuk waktu yang cukup singkat, kamu bisa juga membeli KL TravelPass. Dengan kartu ini, kamu bisa naik LRT, MRT, dan Monorail secara tidak terbatas selama 2 hari. Setelah itu, kamu bahkan bisa menambah saldonya dan menggunakannya seperti kartu Touch ?n Go.

Sebagai kota metropolitan, Kuala Lumpur juga mudah dikelilingi dengan mobil. Kamu bisa berkendara sendiri dengan menyewa mobil atau mengandalkan taksi. Sebaiknya kamu menggunakan taksi berwarna merah putih atau biru terang dan meminta mereka menggunakan argo.

Kuala Lumpur juga nyaman dan aman dikelilingi dengan berjalan kaki. Karena kotanya yang aman dan jalan serta trotoarnya yang sudah bagus, kamu tidak perlu khawatir berkeliling dengan jalan kaki di sini.

Seberapa Luas Kuala Lumpur

Luas kota ini secara resmi adalah 243 km persegi. Untuk mengeksplorasi kota ini sampai puas, kamu memerlukan waktu sekitar 4 hari. Selama waktu tersebut, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata di Kuala Lumpur yang terkenal, seperti Petronas Twin Tower, berwisata kuliner di Jalan Alor, belanja di Bukit Bintang dan Pasar Seni / Central Market, mempelajari sejarah Malaysia di Dataran Merdeka, bertualang di Batu Caves, dan menikmati pemandangan indah dari Genting Highlands, puncak Kota Kuala Lumpur.

Mata Uang Kuala Lumpur

RM (Ringgit Malaysia)

Bahasa di Kuala Lumpur

Bahasa nasional dan utama di Malaysia adalah Bahasa Malaysia. Selain bahasa ini, warga lokal juga banyak menggunakan Bahasa Inggris sehari-hari. Namun, karena Kuala Lumpur adalah kota metropolitan yang menjadi tempat tinggal berbagai penduduk dari kota lain di Malaysia, ada banyak bahasa daerah yang masih digunakan beberapa kelompok. Sebut saja Bahasa Kanton, Hokkien, Hakka, dan Teochew. Selain itu, komunitas Tionghoa di Malaysia juga umumnya fasih berbicara Bahasa Mandarin.

Zona Waktu Kuala Lumpur

GMT+8.

Jenis Stop Kontak Kuala Lumpur

Jenis steker di Malaysia adalah tipe G yang memiliki tiga pin berbentuk persegi panjang dalam pola segitiga. Stop kontak untuk tipe G ini biasanya memiliki saklar pengaman. Tipe ini biasa digunakan juga di Hong Kong, Singapura, Tiongkok, Britania Raya, dan Irlandia.

Informasi Penting Tentang Kuala Lumpur

  1. Untuk wisata yang nyaman di Kuala Lumpur, pakaian yang cocok adalah kaus lengan pendek atau lengan panjang, celana panjang atau celana selutut, rok panjang atau rok selutut, dan sepatu berjalan yang nyaman. Karena Malaysia adalah negara Muslim, sebaiknya kamu tidak mengenakan baju yang terlalu terbuka.
  2. Jangan menunjukkan public display affection yang berlebihan, seperti berciuman di tempat umum.
  3. Lepaskan sepatumu dan kenakanlah baju yang tertutup saat akan masuk ke tempat-tempat suci.
  4. Bawa selalu payung karena hujan dapat turun tiba-tiba, bahkan saat tidak sedang musim hujan.