Kedah
Tentang

Negeri Kedah atau Kedah Darul Aman merupakan salah satu negara bagian di Malaysia yang terletak di Semenanjung Malaysia, tidak jauh dari Kota Penang. Jika kamu berencana untuk berlibur ke Malaysia, Kedah bisa menjadi alternatif destinasi selain Kuala Lumpur. Negara bagian ini menawarkan banyak tempat wisata menarik yang cukup populer di kalangan turis lokal maupun internasional.


Kedah didominasi oleh sawah, bukit-bukit kapur, hutan, danau, pegunungan, dan pulau-pulau indah di sekitarnya. Kesultanannya memiliki sejarah terpanjang di Malaysia, sehingga banyak situs arkeologi, museum, dan tempat bersejarah untuk dikunjungi. Dengan banyaknya pilihan tempat wisata di Kedah, liburanmu pun akan semakin seru dengan berbagai pengalaman baru!


Kunjungi Gunung Jerai dan Gunung Keriang untuk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan atau ke Museum Padi atau Benteng Kuala Kedah untuk mempelajari sejarah Kedah. Sedangkan jika kamu ingin bersantai sambil menikmati pantai pasir putih, gua, gunung, hingga berbelanja di Duty Free Shop, pergilah ke Pulau Langkawi.


Untuk menuju Kedah, kamu bisa membeli tiket pesawat ke Bandara Sultan Abdul Halim atau Bandara Internasional Langkawi. Pesan tiket pesawat dan hotelmu melalui tiket.com untuk mendapatkan harga terbaik dengan berbagai promo menarik!


Bikin liburan kamu makin mudah, dengan memesan juga tiket masuk ke tempat wisata di Kedah. Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai aktivitas seru lainnya lewat tiket.com untuk kamu lakukan di Kedah. Bukan hanya menghemat waktu, kamu pun bisa menghemat bujet liburan karena tiket.com selalu menawarkan harga terbaik untuk liburanmu.


Nikmati kemudahan pemesanan tiket yang kamu butuhkan hanya dengan beberapa sentuhan jari di layar smartphone kamu! Instal aplikasi tiket.com dan mulai perjalananmu untuk menikmati indahnya hidup bersama tiket.com!


Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Kedah

Informasi mengenai tempat wisata di Kedah.

Apa itu tiket CLEAN di Kedah?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Kedah tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Kedah yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di Kedah

Kedah, atau yang dikenal dengan sebutan Kedah Darul Aman, adalah negara bagian Malaysia, terletak di bagian barat laut Semenanjung Malaysia dan berbatasan langsung dengan Thailand. Karena jumlah sawah yang mendominasi di sepanjang dataran barat dari negara bagian, wilayah ini dijuluki sebagai "The Rice Bowl of Malaysia". Kedah merupakan salah satu tujuan wisata yang patut untuk kamu perhitungkan. Pulau tropis Langkawi dan pulau-pulau di sekitarnya yang masih menjadi bagian dari Kedah memiliki keindahan yang luar biasa. Selain itu, daratan pedesaan yang asri dan sejuk juga sangat menarik perhatian para wisatawan. Kota ini sangat cocok bagi kamu yang ingin liburan untuk menikmati hangatnya pantai dan sejuknya pedesaan bersama teman-teman, keluarga, atau pasangan.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Kedah

Berbagai objek wisata di Kedah dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pulau dan pantai yang cantik. Namun, ada juga sejumlah lokasi bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini. Berikut ada 30 destinasi wisata terbaik di Kedah yang kami rekomendasikan!

1. Sky Bridge Langkawi

Sky Bridge Langkawi merupakan tempat wisata di Kedah yang memberikan pengalaman perjalanan mengagumkan lewat kereta gantung. Kereta di sini memiliki gradien paling curam di dunia dan akan membawamu ke Puncak Gunung Mat Cincang dengan jarak sekitar 2,1 km. Dari atas, kamu akan disuguhkan pemandangan laut Andaman dengan pulau-pulau Langkawi yang tersebar.

2. Kilim Geoforest Park

Kilim Geoforest Park adalah tempat yang cocok untuk menikmati cagar alam dengan formasi geologi yang membentang sekitar 100 kilometer persegi. Tempat wisata hits ini menawarkan pemandangan menakjubkan dari batu kapur raksasa, fosil berumur jutaan tahun, rawa bakau, pemandangan indah pulau-pulau, pantai dan laguna. Tak hanya itu, kamu juga akan melihat peternakan ikan di mana kamu bisa memberi makan ikan pari.

3. Dataran Lang

Berkunjung ke Dataran Lang memang mengasyikkan. Tempat wisata di Kedah ini memiliki patung setinggi 12 meter dengan corak coklat kemerahan. Elang melambangkan asal nama Langawi dan karenanya patung tersebut dibuat di Kuah Town dekat dengan dermaga. Pemandangan perairan dengan latar belakang pegunungan dan feri yang dilalui memang menakjubkan.

4. Museum 3D Langkawi

Tempat wisata di museum tiga dimensi memang unik dan instagramable. Di Kedah, terdapat museum tiga dimensi yang memiliki lebih dari 200 lukisan. Tempat wisata di Langkawi ini cocok untuk kamu yang memburu spot foto instagramable. Yang jarang diketahui, lukisan di dalam museum diketahui sebagai hasil tangan handal pelukis Korea.

5. Skytrex Langkawi

Untuk kamu yang hobi berlibur dengan nuansa alam, tempat wisata di Langkawi ini cocok untuk kamu kunjungi. Lokasi Skytrex memiliki berbagai jenis pohon yang menarik dan wahana outbound yang bisa kamu gunakan untuk memacu adrenalin. Terdapat beberapa pilihan rintangan yang bisa kamu pilih sesuai kemampuan. Menarik untuk memompa adrenalinmu?

6. Oritenal Village

Bagi kamu yang ingin berbelanja dan memburu cinderamata, bisa banget melipir ke Oriental Village.  Tempat wisata di kaki Gunung Machinchang ini dikelilingi oleh toko oleh-oleh dan kuliner. Selain itu, karena kawasanya yang luas, kamu bisa menyewa ATV untuk bermain bersama keluarga.

7. Tasik Daya Bunting

Tempat wisata di Pulau Hopping ini kerap dikunjungi wisatawan. Bagaimana tidak, danau ini memiliki luas sebesar tiga kali lapangan sepak bola. Danau ini berisi air tawar yang bisa digunakan oleh para pelancong untuk berenang. Memiliki kedalaman setara tiga tingkat gedung, destinasi wisata hits ini mewajibkan kamu untuk menggunakan pelampung.

8. Underwater World Langkawi

Tempat wisata di Langkawi ini akan menyuguhkanmu keindahan biota di bawah laut. Terdapat hampir 5.000 spesies di bawah laut yang diperlihatkan dengan menggunakan tangki-tangki besar. Setiap tangki menyuguhkan pemandangan yang berbeda-beda. Tertarik datang ke sini? Underwater World Langkawi cocok banget lho untuk wisata keluarga.

9. Pantai Cenang

Destinasi wisata yang terkenal di Langkawi ini memang asyik dikunjungi karena memberikan berbagai fasilitas menarik, mulai dari wahana, kafe, tempat makan, hingga hotel. Kamu juga bisa lho untuk olahraga air di sini, seperti berselancar. Di sekitar pantai juga terdapat banyak tempat makan yang menjajakan kuliner khas Langkawi.

10. Kereta Kabel Langkawi

Melihat keindahan Langkawi dari ketinggian memang menjadi pengalaman tak terlupakan. Untuk menikmati keindahan tersebut, kamu bisa menaiki wahana kereta kabel. Kamu akan menempuh perjalanan sejauh 1,7 kilometer. Kereta kabel ini mampu menampung enam orang dengan lantai kaca sehingga kamu bisa melihat pemandangan indah dari atas.

11. Langkawi Wildlife Park & Bird Paradise

Destinasi wisata di Langkawi yang satu ini cocok untuk wisata keluarga. Di sini, kamu dapat liburan sambil belajar, menarik kan? Terdapat berbagai spesies burung yang bisa dilihat dan kamu dapat memberi makan pada burung-burung tersebut. Tak hanya burung saja, kamu juga bisa melihat buaya secara langsung di lokasi ini.

12. Makam dan Museum Mahsuri

Langkawi merupakan kota yang kaya akan legenda lokal dan yang terkenal adalah kisah Mahsuri. Ia adalah perempuan yang dijatuhi hukuman mati ketika orang lain cemburu akan kecantikanya. Pulau Langkawi kemudian dikutuk selama tujuh generasi dan kamu dapat mempelajari sejarahnya di museum ini. Terdapat sejumlah galeri yang dapat dikunjungi, bahkan dapat melihat bekas rumah Mahsuri serta makamnya.

13. Kompleks Kraf Langkawi

Terletak di bagian utara Langkawi, kompleks kerajinan ini memamerkan berbagai macam kerajinan tangan. Kerajinan ini mencerminkan kekayaan budaya dan warisan dari Malaysia dan Langkawi. Destinasi wisata di dekat Pantai Sharkbay ini memiliki gambar dengan beberapa tema, seperti peninggalan sejarah, legenda, dan lainnya. Terdapat juga beragam koleksi produk berbasis hutan, batik sutra, keramik, kuningan, dan perak.

14. Buffalo Park

Buffalo Park merupakan tempat peternakan sapi perah yang terletak di bawah pegunungan di lingkungan taman hijau yang indah. Di sini, kamu bisa menikmati keju segar dan yogurt yang terbuat dari susu asli. Tak hanya, ada yang lebih menarik lho, yakni kamu bisa menunggangi seekor sapi atau kereta tradisional atau bahkan memerah sapi.

15. Laman Padi

Laman padi adalah kompleks yang sangat luas dengan dikelilingi sawah, kebun herbal, dan museum beras. Di sini, terdapat tempat yang memamerkan sejarah dan pengembangan budidaya padi di Malaysia, tempat makan, dan spa.

16. Pulau Payar Marine Park

Terletak di lepas pantai, Pulau Payar akan memberikanmu pengalaman liburan yang tak terlupakan. Selain pemandangan yang indah, kamu juga dapat berenang di pantai, snorkeling, dan menyelam untuk melihat kehidupan karang terbaik di Langkawi.

17. Telaga Tujuh

Ingin merasakan kesegaran air terjun sembari berenang di Kedah? Yuk melipir ke Telaga Tujuh. Telaga ini menyimpan air terjun yang indah dan mengalir menuruni lereng dalam tujuh kolam renang. Kamu dapat mendaki untuk mencapai kolam pertama.

18. Gunung Raya

Gunung Raya merupakan destinasi wisata di Langkawi yang terkenal akan wisata alamnya. Memiliki ketinggian 881 meter, kamu dapat menyewa pemandu untuk mendaki ke puncak gunung yang medannya agak curam. Dalam perjalanan ke puncak gunung, kamu akan melewati banyak hutan hujan primer dan melihat ragam hewan, seperti rubah terbang, monyet, elang, dan rangkong.

19. Wat Koh Wanaram

Terdapat beberapa kuil Budha di Langkawi yang wajib dikunjungi, salah satunya Wat Koh Wanaram dan Wat Tham Kisap. Di aula utama, kamu dapat melihat patung Budha besar dan lukisan dinding, kemudian delapan stupa dengan nama-nama seperti Stupa Pencerahan. Selain itu, ada juga taman dengan pagoda luar ruangan, patung, kolam ikan, dan masih banyak lagi.

20. Wat Tham Kisap

Wat Tham Kisap merupakan kuil gua karena terletak di kaki bukit batu kapur di mana ada gua tersembunyi di bawah tebing. Terdapat sejumlah candi, patung, dan gambar yang bisa kamu kunjungi. Di sebelah kuil terdapat kuil India sederhana yang memanfaatkan fitur gua yang menjorok ke atas bukit.

21. Pasar Malam Temoyong

Sehabis keliling tempat wisata di Kedah, enggak ada salahnya untuk mengisi kembali energimu dengan wisata kuliner. Adalah Pasar Malam Temoyong, kawasan wisata kuliner yang wajib dikunjungi. Pasar malam ini berlangsung setiap Kamis malam di Kampung Temoyong di Pantai Cenang. Terdapat berbagai tempat makan yang menyajikan kuliner lokal dan kudapan menarik.

22. Antero Langkawi

Antero Langkawi adalah tempat hiburan malam dua lantai di Pantai Tengah yang menawarkan koktail dan bir dengan harga yang murah. Tempat hiburan ini juga dilengkapi dengan penampilan musik dan seniman lokal.

23. Langkawi Fair

Mencari tempat belanja yang murah? Yuk kunjungi Langkawi Fair. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin membeli pakaian dengan harga yang murah namun berkualitas. Terdapat berbagai jenis pakaian untuk musim panas dan dingin. Berbagai macam peralatan rumah tangga dan elektronik pun tersedia.

24. Teow Soon Huat Duty Free Shop

Dari namanya juga sudah diketahui, pusat perbelanjaan yang terkenal di Kedah ini menyediakan berbagai jenis produk bebas cukai. Kamu dapat menjumpai beragam produk pakain, termasuk merek terkenal.

25. Langkawi Saga Shopping Centre

Pusat perbelanjaan ini menjajakan barang-barang dengan harga yang murah. Di sini, kamu dapat belanja peralatan dapur dan coklat dengan harga yang murah.

26. Island Horses

Menjelajahi hutan memang paling menyenangkan deh buat kamu pecinta alam. Ingin berjelajah dengan kuda? Yuk melipir ke Island Horses! Tempat wisata di Langkawi ini akan memberikan liburanmu kian menyenangkan dengan menelusuri hutan atau pantai dengan menunggangi kuda.

27. Kampung Air Hangat

Tempat wisata di Kedah memang beragam sehingga membuatmu letih. Untuk bisa menyegarkan kembali tubuhmu, enggak ada salahnya relaksasi di Kampung Air Hangat. Kamu bisa relaksasi dengan air asin yang memiliki khasiat.

28. Galeria Perdana

Galeria Perdana adalah objek wisata di Langkawi yang memamerkan koleksi hadiah Perdana Menteri Tun Dr. Mahathir dan istri Tun Siti Hasmah kala itu. Hadiah-hadiah yang mereka dapatkan dipamerkan dalam galeri ini meliputi lebih dari 2.000 koleksi.

29. Pulau Layar

Pulau Layar merupakan taman laut yang terkenal di Malaysia. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan bawah laut yang menakjubkan. Jika tak mau mencebur ke laut, terdapat bottom glass sehingga kamu kamu tetap bisa menikmati penghuni laut di sini. Bila berentung, kamu bisa bertemu dengan baby shark.

30. Air Terjun Temurun

Air Terjun Temurun memiliki air yang mengalir dari ketinggian sekitar 30 meter yang menuruni lereng utara Gunung Mat Cincang. Untuk menuju ke sini, kamu harus menuruni lereng yang cukup terjal dengan lama perjalanan sekitar 10 menit.

Cara Menuju ke Kedah

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke (kota) adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar negeri, ini adalah cara terbaik untuk mencapai Palawan. Kamu bisa mendarat di Bandara Internasional Langkawi (LGK) atau Bandara Sultan Abdul Halim (AOR) di Kepala Batas yang hanya berjarak 20 menit berkendara dari Alor Setar. Kamu juga dapat menemukan banyak penerbangan domestik yang terhubung dari KLIA.

Bus

Wisatawan yang berangkat dari luar kota biasanya menggunakan perjalanan darat untuk mencapai Kedah dengan harga yang lebih terjangkau. Kedah terhubung dengan Kuala Lumpur melalui North South Expressway (sekitar 5 jam perjalanan). Kamu dapat menaiki bus ekspres ber-AC ke Kedah di Terminal Bus Jalan Duta atau Terminal Bus Puduraya, keduanya berlokasi di Kuala Lumpur. Bus dari terminal ini menyediakan layanan ke Alor Setar, Sungai Petani, Gurun, Jitra, Kulim, dan Bukit Kayu Hitam.

Kereta

Selain bus dan pesawat, wisatawan dari luar kota juga sering menggunakan kereta untuk mencapai Kedah. Kamu dapat menaiki KTM Senandung Langkawi Express Train yang menyediakan layanan kereta terjadwal reguler dari KL Sentral ke Alor Setar, Sungai Petani, dan Gurun sebelum menuju ke Hatyai. Jika kamu ingin menuju Langkawi, maka kamu harus turun di Alor Setar atau Arau (Perlis) dan melanjutkan perjalanan ke dermaga masing-masing untuk transfer feri ke Langkawi. Sedangkan jika kamu datang dari Sadao Thailand, Bukit Kayu Hitam adalah titik masuk ke Kedah. Kantor Imigrasi dan titik pemeriksaan buka dari jam 6 pagi hingga tengah malam.

Akomodasi di Kedah

Sebagai wilayah yang terkenal akan keindahan pantai dan sawahnya, Kedah menawarkan berbagai jenis akomodasi yang dapat kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. Deretan resor ternama, hingga homestay sederhana tersedia di Kedah. Selain itu, hotel bintang 5 dengan fasilitas lengkap hingga hostel dan hotel budget yang nyaman juga tersedia di Kedah.

Spot Instagram-able di Kedah

Kedah memiliki Langkawi sebagai daya tarik utama untuk para wisatawan. Selain Langkawi, Kedah memiliki sederet wisata menarik sekaligus spot Instagram-able yang bisa kamu kunjungi selama liburan di Kedah. Beberapa spot tersebut adalah, Kilim Karst Geoforest Park, Muzium Padi, Pantai Pasir Tengkorak, Masjid Zahir, dan Telaga Tujuh.

Kuliner Kedah

Nikmati hidangan lezat dan gourmet tradisional yang ditawarkan oleh Kedah. Sebagai wilayah yang dijuluki sebagai The Rice Bowl of Malaysia, sudah pasti Kedah memiliki banyak hidangan menarik yang berbahan dasar beras atau nasi. Beberapa kuliner yang patut kamu coba adalah Nasi Ulam (nasi campur), Pulut (beras ketan dengan buah), Laksa (bihun dengan kari ikan), Laksam (mie tepung beras dengan saus ikan), Baulu dan Dodol (camilan dari kelapa dan gula).

Makanan Vegan / Vegetarian

Kamu bisa dengan mudah menemukan restoran yang khusus menyajikan makanan vegetarian dan vegan di sini. Namun, hidangan yang disajikan tidak selalu makanan Asia, tapi bisa juga makanan western.

Belanja di Kedah

Jika liburan ke Kedah, sudah wajib hukumnya untuk berbelanja di pasar tradisional, mal, ataupun night/morning market yang ada di Kedah. Beberapa mal dan pusat perbekanjaan yang bisa jadi pilihanmu adalah Aman Central, Cenang Mall, Teluk Wanjah Morning Market, Pekan Kuah Night Market, dan Temonyong Night Market.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Kedah

Musim

Kedah hanya mengalami dua musim, yaitu musim panas dan musim hujan. Kamu sebenarnya dapat berkunjung sepanjang tahun dan tetap mendapatkan pengalaman wisata yang menyenangkan. Cuaca di Kedah biasanya cukup panas sepanjang tahun dengan waktu terbaik berada di Desember hingga awal Maret.

Suhu Rata-Rata

Suhu rata-rata di Kedah adalah 27 derajat celsius dengan suhu tertinggi hingga 33 derajat celsius terjadi di bulan Maret, April, dan Oktober. Untuk suhu terendah Kedah adalah 21 derajat celsius yang terjadi di bulan Januari, Februari, Juli, dan September.

Festival

Kedah memiliki sejumlah festival unik dan seru yang tidak akan kamu temukan di negara lain. Misalnya saja Kedah International Kites Festival yang merupakan persembahan layang-layang modern dari seluruh dunia. Terdapat pula Kota Kuala Kedah Festival yang bertujuan untuk mempromosikan warisan, seni, dan budaya di Kedah.

Cara Berkeliling di Kedah

Kamu dapat berkeliling di Kedah dengan menyewa mobil di bandara atau melalui reservasi online, jaringan jalan yang komprehensif di Kedah akan menawarkan fleksibilitas penuh dalam berkeliling Kedah. Jika kamu malas mengendarai mobil, kamu dapat berkeliling dengan bus. Terminal bus utama di Kedah bernama Shahab Perdana yang berada di Jalan Langgar, Alor Setar. Operator bus di terminal ini menawarkan layanan transfer antara Kuala Lumpur, Penang, Melaka, Kuantan, Johor Bahru, dan Kedah. Kamu disarankan untuk memesan tiket bus secara online di tingkat lanjut, terutama selama musim perayaan.

Seberapa Luas Kedah

Negara bagian ini meliputi area seluas lebih dari 9.000 km persegi, dan terdiri dari daratan dan kepulauan Langkawi. Daratan memiliki medan yang relatif datar, yang digunakan untuk menanam padi, sedangkan Langkawi adalah kepulauan, yang sebagian besar adalah pulau-pulau yang tidak berpenghuni. Jika kamu ingin menjelajahi Kedah, waktu jalan-jalan ideal untuk dihabiskan di sini adalah 2 - 3 hari. Selama waktu tersebut, kamu bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata seru dan aktivitas-aktivitas menarik di Kedah, seperti Panorama Langkawi, Tanjung Rhu, Teluk Datai, dan Kota Kuala Kedah.

Mata Uang Kedah

Ringgit Malaysia (RYM)

Bahasa Kedah

Kebanyakan masyarakat di Kedah berbicara dalam dialek Melayu-Kedahan tetapi bahasa Inggris digunakan secara luas dan dipahami oleh banyak orang Kedahan. Selain itu, beberapa dialek Cina dan India juga digunakan oleh minoritas Tionghoa dan India di Kedah.

Zona Waktu di Kedah

(GMT+8)

Jenis Stop Kontak di Kedah

Kedah memiliki standar kelistrikan 240V, 50Hz AC dengan tipe G. Tipe G biasa digunakan di Inggris, Irlandia, Malta, Malaysia, dan Singapura.

Informasi Penting Tentang Kedah

  1. Gunakan pakaian yang sopan dan sesuai dengan kegiatan selama berada di Kedah. Pakaian kasual yang ringan akan cocok untuk dipakai selama berada di Kedah.
  2. Jika kamu menyewa mobil untuk berkeliling di Kedah, berhati-hatilah saat berkendara karena kamu akan berbagi jalan dengan banyak ternak, pejalan kaki, dan sepeda motor.
  3. Sebagian besar pantai di Langkawi cukup aman, tetapi kamu harus berhati-hati terhadap monyet dan ubur-ubur.
  4. Sediakan obat nyamuk dan sunscreen sebelum bepergian ke Langkawi.
  5. Air keran di Kedah bukan untuk diminum.

Destinasi Favorit di Kedah