Tes COVID-19 Terdekat

Nggak perlu ribet, pesan berbagai jenis tes COVID-19 terdekat dari lokasimu dengan mudah.

Pilih jenis tes sesuai kebutuhan

Tes COVID-19 dengan hasil akurat dan direkomendasikan oleh WHO.

Wajib datang ke sini!

Ajak teman atau keluarga buat nikmatin serunya liburan di tempat pilihan tiket.com.

Kalimantan Timur
Tentang

Kamu mau mengeksplorasi tempat wisata alam di Indonesia yang terkenal tapi tidak mau ke lokasi-lokasi yang terlalu ramai turis? Langsung saja ke Kalimantan Timur! Provinsi yang satu ini punya banyak sekali tempat wisata alam yang cantik dan tak kalah keren dari Bali, Lombok, maupun Jawa. Dan karena banyak dari mereka masih jarang terdengar, lokasi-lokasi wisata di sini biasanya masih bersih serta tidak terlalu ramai. Mulai dari pantai, pulau eksotis, danau, hingga bukit, semuanya ada di Kalimantan Timur!

Provinsi ini cocok untuk wisata bersama teman-teman, pasangan, atau bahkan sendiri. Ada banyak aktivitas yang bisa kamu coba bersama, seperti snorkeling atau eksplorasi gua. Selain itu, banyak juga spot foto dan lokasi yang romantis sehingga cocok untuk berbulan madu. Dan bagi kamu yang ingin solo traveling untuk melepas penat, tempat wisata alam di sini siap memfasilitasi suasana dan pemandangannya.

Akomodasi, kuliner lokal, dan fasilitas umum pun sudah lengkap serta memadai. Kamu tidak akan kesulitan menemukan hotel gedung di pusat kota, tapi juga tidak sulit menemukan akomodasi bintang 3 yang lebih simple dan terjangkau. Untuk tempat-tempat wisata alam, seperti pantai dan pulau pun sudah ada banyak resor yang tersedia.

Untuk benar-benar mengeksplorasi Kalimantan Timur, sebaiknya siapkan sekitar satu minggu sampai sepuluh hari. Dengan begini, kamu punya lebih banyak waktu untuk tidak hanya berkunjung ke tempat-tempat yang terkenal tapi juga yang tersembunyi.

Mulai dan lengkapi rencana perjalananmu ke Kalimantan Timur bersama tiket.com! Unduh aplikasi gratis kami dan pesan tiket pesawat, hotel, sewa mobil, tiket kereta api, dan tiket masuk tempat wisata tanpa ribet dan tentunya dengan harga terjangkau!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Kalimantan Timur

Informasi mengenai tempat wisata di Kalimantan Timur.

Apa itu tiket CLEAN di Kalimantan Timur?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Kalimantan Timur tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Kalimantan Timur yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Kalimantan Timur

Kalimantan Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan berbagai macam tempat wisata alam menarik dan tersembunyi. Banyak dari tempat wisata ini bahkan masih jarang terdengar sehingga tidak ramai turis. Sangat cocok untuk kamu yang ingin berwisata ke lokasi yang tenang untuk berelaksasi, bukan?

Mulai dari danau dengan air jernih, bukit dan pegunungan dengan pemandangan menakjubkan di puncaknya, hingga pantai dan pulau eksotis, kamu bisa menemukan semuanya di Kalimantan Timur!

Provinsi ini cocok dijadikan destinasi wisata bersama teman-teman, pasangan, atau bahkan sendiri.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Kalimantan Timur

Kalimantan Timur adalah salah satu provinsi di Pulau Kalimantan yang menyimpan berbagai macam tempat wisata alam dan modern yang menarik. Mulai dari danau, air terjun, kuliner hingga gunung, kamu bisa menemukan semuanya di sini!

1. Taman Bekapai

Taman Bekapai adalah tempat wisata di Balikpapan yang juga ikon kebanggaan masyarakat. Destinasi wisata hits ini merupakan monumen perunggu berbentuk abstrak yang mengeluarkan air mancur dari dalam. Buat kamu yang ingin foto-foto instagramable, datanglah pada malam hari karena terdapat air mancur yang dilengkapi cahaya-cahaya.

2. Pantai Lamaru

Salah satu pantai yang terkenal di Balikpapan adalah Pantai Lamaru. Pantai ini memiliki ombak tidak terlalu besar sehingga cocok banget untuk wisata keluarga dan wisata anak. Pantai ini juga dikelilingi pohon cemara dan banyak yang menawarkan penyewaan kapal bebek, banana boat, dan sebagainya.

3. Danau Cermin Lamaru

Tempat wisata di Balikpapan selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Danau Cermin Lamaru. Danau ini menyuguhkan air yang jernih dengan pepohonan di sekitarnya. Destinasi wisata ini jadi spot instagramable yang cocok untukmu.

4. Pantai Melawai

Pantai yang terkenal ini kerap menjadi tempat berkumpulnya anak muda. Pantai Melawai dibatasi batu karang dan tembok beton. Batas ini memisahkan perairan dan kehidupan kota yang dihiasi gedung perkantoran, hotel, kafe, bank, dan arena olahraga. Waktu terbaik untuk datang ke pantai ini adalah sore hari untuk melihat panorama matahari terbenam. Selain instagramable, kamu juga bisa wisata kuliner di kafe-kafe dekat pantai.

5. Pantai Serumpun

Tempat wisata di Balikpapan ini menyuguhkan keindahan pohon-pohon yang tumbuh di sekitar pantai. Buat kamu yang suka berkemah, Pantai Serumpun bisa jadi salah spot menarik.

6. Pantai Manggar Segarasari

Ingin mencari tempat wisata keluarga atau wisata anak di Balikpapan? Kamu bisa ke Pantai Manggar Segarasari. Pantai ini memiliki ombak yang kecil sehingga cocok untuk berenang, jet ski, atau banana boat. Buat kamu yang datang bersama teman-teman, bisa loh main voli di pantai ini.

7. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai jadi destinasi yang wajib dikunjungi karena merupakan tempat konservasi hutan sejak tahun 1988. Tempat wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara ini memiliki sekitar 2.800 flora dan fauna serta pepohonan. Di sini juga terdapat canopy bridge, jembatan yang menghubungkan lima pohon bangkirai dengan ketinggian 30 meter.

8. Bukit Batu Dinding

Destinasi wisata yang jarang diketahui pelancong ini adalah batuan karst sepanjang 150 meter dengan tinggi 125 meter. Kamu akan disuguhkan pemandangan hutan yang asri dan sejuk di atas bukit. Untuk kamu pecinta foto instagramable, jangan sampai terlewatkan ya momen matahari terbenam di Bukit Batu Dinding.

9. Kampung Atas Air

Kampung Atas Air, seluas 6,7 hektar ini berada di atas permukaan air laut, tepatnya di Jalan Sepaku, Desa Baru Tengah, Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat. Di kampung ini, pengunjung dapat melihat bakau atau keindahan kampung dari jembatan beton belakang kampung, berenang, atau sekadar berkeliling kampung sambil menyaksikan matahari terbenam.

10. Pantai Banua Patra

Pantai Banua Patra berada di pusat kota dekat Gelora Patra tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Prapatan, Kecamatan Balikpapan Kota. Pantai yang memiliki tumpukan batu alami di sekitar pantai yang berfungsi untuk menahan abrasi. Tempat wisata hits yang terkenal ini mudah dijangkau dan fasilitas seperti hotel dan rumah makan disekitar pantai.

11. Telaga Permai Batu Besaung

Tempat wisata di Samarinda ini adalah sebuah kawasan hijau yang biasa digunakan pelancong untuk berkemah. Di telaga ini, kamu bisa berendam dan berendam di tampungan airnya yang dangkal.

12. Air Terjun Pinang Seribu

Buat kamu yang ingin mencari tempat wisata yang murah di Samarinda, bisa loh berkunjung ke Air Terjun Pinang Seribu. Air terjun ini memiliki bentuk yang unik lantaran adanya undakan seperti anak anak tangga dan bisa dinaiki. Tempat ini juga cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak karena airnya tak terlalu deras.

13. Jungle Water World

Tempat wisata di Bontang, Samarinda Utara, ini memiliki beragam jenis kolam yang dapat memacu adrenalin kamu. Fasilitas yang lengkap mulai dari wahana bermain hingga tempat outbound bakal membuat wisatamu menyenangkan.

14. Tjiu’s Palace

Objek wisata di kawasan Sambutan ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Tempat wisata keluarga dan wisata anak ini menawarkan berbagai wahana menarik, seperti kolam renang, sepeda air, dan kereta mini.

15. Kapal Wisata Mahakam

JIka sudah puas wisata di daratan atau pegunungan, kamu bisa juga berwisata di Sungai Mahakam loh! Bukan berenang, melainkan menaiki kapal wisata yang akan menelusuri sepanjang Kota Samarinda dari tepian sungai. Kamu akan melihat berbagai tempat instagramable, seperti jembatan Mahakam, Big Mall, dan jembatan Mahkota II.

16. Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur

Berada di Jalan Ir. H. Juanda, Air Hitam, koleksi perpustakaan daerah ini terbilang cukup lengkap. Kamu bisa mengajak anak menuju Ruang Layanan Koleksi Anak-anak yang dirancang menarik, lengkap dengan kursi warna-warni serta playground. Selain mengajarkan anak cinta buku, kamu juga bisa memperkenalkan tata cara berkunjung dan meminjam buku di perpustakaan.

17. Big Mall

Mal terbesar di Samarinda ini menawarkan pengalaman berbelanja yang unik. Terletak tepat di tepi Sungai Mahakam, kamu bisa mengajak si kecil berfoto dengan latar Jembatan Mahakam. Selain itu, terdapat beberapa arena bermain (berbayar) yang bisa membuat anak bersenang-senang. Kamu pun dapat menemaninya menonton film favorit di bioskop, atau berbelanja macam-macam keperluan anak.

18. Mahakam Lampion Garden

Sebuah tempat menarik lainnya di tepi Sungai Mahakam, area ini ramai dikunjungi ketika matahari terbenam. Beragam bentuk dan warna lampion menghasilkan semburat cahaya menarik kala malam tiba. Kamu bisa menikmati suasana berbeda Samarinda di malam hari ketika berkunjung ke Mahakam Lampion Garden. Selain lampu hias unik dan instagramable, tersedia pula wahana seru untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

19. Waterpark Kingdom Animalia

Setiap anak pasti senang bermain air, maka ajaklah ia berlibur ke Waterpark Kingdom Animalia di CitraLand City Samarinda. Ada macam-macam wahana seru dan menyenangkan, seperti seluncuran dan water bucket.

20. Nasi Kucing dan Kue Ibu Maskota

Nasi Kuning dan Kue Ibu Maskota adalah usaha kuliner yang menjual nasi kuning serta kue tradisional khas Samarinda. Salah satu kue yang terkenal adalah talam mahkota. Kue talam di tempat ini dijual dalam bentuk potongan besar yang cukup untuk dinikmati bersama keluarga dengan harga yang murah.

21. Kedai Kopi Mantaw

Kalau kamu lagi ke tempat makan ini, rasanya semua makanan pengin ditelan. Kamu mau kuliner apa saja, di Kedai Kopi Mantaw semua tersedia. Lokasinya bersebelahan dengan Depot Miki. Ada menu kuliner seperti nasi kuning, lontong Banjar, bubur dan masih banyak pilihan menu lainnya. Bedanya, tempat makan ini ini dengan kedai lainnya adalah kamu bisa mencicipi mantaw canton yang enak banget dengan harga yang murah. Mantaw itu seperti roti yang digoreng cuma lebih bantet.

22. Bubur Ayam Samarinda

Dari penampilannya saja, kamu bisa tahu kalau Bubur Ayam Samarinda terlihat beda sama bubur-bubur yang kamu pernah makan. Isiannya adalah bubur, suwiran ayam, ati ampela, irisan telur rebus, irisan tomat dan yang bikin bubur ini beda, kuahnya yang berlimpah.

23. Dahor Heritage

Objek wisata di Balikpapan ini tak lepas dari sejarah Balikpapan sebagai Kota Minyak. Pada era 1920-an, para pekerja kilang minyak di Balikpapan kerap mengakhiri harinya dengan bersantai dan beristirahat di sebuah kompleks perumahan dinas. Kini, kompleks yang masih berdiri kokoh tersebut disulap jadi cagar budaya bernama Dahor Heritage.

24. Kebun Sayur

Mendengar nama Pasar Inpres Kebun Sayur, jangan dulu kira kamu akan berbelanja sayur-mayur. Di dalam pasar yang diresmikan tahun 1983 ini, kamu dapat menemukan camilan, perhiasan, tas, serta pernak-pernik bermotif khas Dayak dengan harga yang murah. Karena produk yang bervariasi, Pasar Inpres Kebun Sayur menjadi destinasi wisata belanja di Balikpapan yang pas untuk mencari oleh-oleh untuk kawan dan kerabat.

25. Sungai Somber

Di tepi Sungai Somber, Balikpapan, sulit dipercaya bahwa sebuah Mangrove Center seluas 150 hektar dibina sebatang kara oleh seorang pria bernama Agus Bei. Walaupun sempat dipandang sebelah mata oleh warga sekitar, kini ratusan turis berdatangan ke tempat wisata di Balikpapan ini setiap bulannya untuk menyusuri sungai dengan perahu kelotok dan menyejukkan diri di hutan yang telah ia bangun. Bila kamu berencana mampir, jangan lupa perhatikan sekitar untuk ragam flora serta satwa bekantan!

26. Sup Ikan di Restoran Akmal

Sup Ikan termasuk salah satu kuliner Samarinda yang banyak dicari oleh wisatawan. Ikan disajikan dengan kuah berbumbu asam pedas. Harga menu yang ditawarkan di Restoran Akmal berkisar dari Rp 30.000.

27. Taman Nasional Kutai

Tak jauh dari Samarinda, terdapat Taman Nasional Kutai yang wajib dikunjungi. Tempat wisata di Bontang ini membentang luas sekitar 200.000 hektar, bahkan termasuk ke dalam dua wilayah yaitu Bontang dan Kutai Kartanegara.

Di objek wisata Bontang ini, kamu bisa menemukan populasi orangutan khas Kalimantan seperti Bekantan dan melihat berbagai macam tumbuhan yang jarang kamu temui sehari-hari.

28. Bontang Mangrove Park

Mencari tempat wisata di Bontang yang tenang untuk liburan? Kamu bisa kunjungi Bontang Mangrove Park atau lebih dikenal dengan BMP. Destinasi wisata hits di Bontang ini merupakan bagian dari Taman Nasional Kutai. Kamu bisa menyusuri jalan setapak sepanjang 1,3 km sambil memandangi keindahan taman bakau. Untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan dengan jarak pandang yang luas, naik saja ke menara pandang yang tingginya 20 meter dan kamu akan langsung disambut dengan hamparan Selat Makassar.

29. Pantai Segajah

Untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan dengan jarak pandang yang luas, naik saja ke menara pandang yang tingginya 20 meter dan kamu akan langsung disambut dengan hamparan Selat Makassar. Jangan lupa foto-foto ya karena tempat ini instagramable loh!

30. Hutan Pinus Samboja

Salah satu destinasi wisata di Bontang yang wajib dikunjungi adalah Hutan Pinus Samboja, yang berada di kabupaten Kutai Kartanegara. Jajaran pohon pinus yang menjulang membuat pemandangan khas hutan pinus yang dramatis ini banyak dicari oleh orang. Tempat wisata di Bontang ini berada di kawasan pegunungan sehingga udaranya masih segar dan alamnya sangat asri. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari udara segar setelah sehari-hari terpapar udara polusi saat bekerja di kota.

Cara Menuju ke Kalimantan Timur

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Kalimantan Timur adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar Pulau Kalimantan, ini adalah cara termudah untuk mencapai kota-kota di provinsi ini. Dua bandara besar di provinsi ini ada di Kota Samarinda (Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto) dan di Kota Balikpapan (Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan). Setelah mendarat di salah satu bandara ini, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke kota yang kamu tuju menggunakan taksi atau bus.

Bus

Bus bisa kamu pilih sebagai transportasi utama untuk mencapai kota-kota di Kalimantan Timur jika kamu berangkat dari Pulau Kalimantan juga. Perjalanannya tentu lebih lama namun rutenya lebih lengkap. Kamu bisa mencapai kota-kota yang lebih terpencil menggunakan bus.

Kapal

Ada sejumlah kapal yang tersedia dengan rute menuju dan dari Kota Balikpapan. Meski begitu, rutenya tidak terlalu banyak dan transportasi ini hanya bisa digunakan dari kota-kota tertentu.

Akomodasi di Kalimantan Timur

Akomodasi yang tersedia di masing-masing kota di Kalimantan Timur berbeda-beda. Di kota besar dan modern seperti Balikpapan dan Samarinda, kamu akan lebih banyak menemukan hotel bintang 3 sampai 5 yang biasa bergedung tingkat. Di area-area pantai dan pulau, kamu akan lebih banyak menemukan resor mewah atau penginapan bintang 3 ke bawah yang lebih sederhana dan nyaman. Di kota-kota yang lebih kecil, ada lebih banyak guest house dan penginapan bintang 3 ke bawah lainnya yang simple.

Spot Instagram-able di Kalimantan Timur

Keindahan alam di Kalimantan Timur memang tiada duanya. Beberapa lokasi yang tak boleh kamu lewatkan adalah:

  • Pulau Beras Basah - Bantang
  • Pulau Maratua - Berau
  • Pantai Tanah Merah - Samboja
  • Pulau Derawan
  • Goa Haji Mangku - Maratua
  • Batu Dinding - Kutai Kartanegara
  • Tulung Ni’ Lenggo - Berau

Kuliner di Kalimantan Timur

Sama seperti setiap wilayah di Indonesia yang punya makanan khas lezatnya masing-masing, Kalimantan Timur juga punya segudang kuliner lokal yang wajib dicoba, seperti:

  • Ayam Cincane: ayam kampung bakar yang sebelumnya sudah dibaluri bumbu dan rempah khas Kalimantan Timur.
  • Nasi kuning: nasi yang berwarna kuning dan biasanya disantap dengan ikan gabus oleh warga lokal.
  • Sayur Asam Kutai: sama seperti sayur asam biasa di area lain di Indonesia, tapi yang satu ini berisi ikan gabus juga.
  • Pisang Gapit: pisang goreng yang dibakar dengan cara dijepit sehingga bentuknya menjadi gepeng. Setelah dibakar, disajikan dengan gula merah dan santan.

Makanan Vegan / Vegetarian

Kamu bisa menemukan beberapa restoran vegetarian di kota-kota besar, seperti Balikpapan. Namun, selain itu, belum banyak restoran khusus vegan atau vegatarian di area lainnya.

Belanja di Kalimantan Timur

Di kota besar, seperti Balikpapan, kamu bisa menemukan sejumlah mal besar dengan restoran serta toko-toko fesyen, elektronik, buku, dan lain-lain. Beberapa mal ini juga memiliki bioskop, indoor playground, dan gym.

  • E-Walk Balikpapan Superblok
  • The Plaza Balikpapan
  • Pentacity Mall
  • Mall Gajah Mada
  • BIG Mall Samarinda

Selain mal besar, ada juga sejumlah pasar tradisional jika kamu ingin membeli bahan makanan segar dengan harga terjangkau:

  • Pasar Sepinggan - Balikpapan
  • Pasar Pandansari - Balikpapan
  • Pasar Klandasan - Balikpapan

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Kalimantan Timur

Musim

Hanya ada dua musim di Kalimantan Timur, yaitu musim kemarau dan hujan. Karena ada banyak tempat wisata alam terbuka, termasuk pantai, yang bisa dikunjungi di sini, sebaiknya hindari musim hujan (akhir dan awal tahun).

Suhu Rata-Rata

Suhu rata-rata di provinsi ini sepanjang tahun adalah sekitar 28-30 derajat Celsius (82.4 - 86 derajat Fahrenheit).

Festival

Festival tertua di Indonesia ada di provinsi ini, tepatnya di Kutai Kertanegara. Festival tersebut bernama Festival Eroh yang melibatkan berbagai macam pertunjukan seni dan budaya tradisional yang meriah dan mengundang khalayak ramai. Festival ini bahkan bisa berlangsung sampai seminggu!

Selain itu, ada juga Festival Mahakam di Samarinda yang bertujuan melestarikan budaya serta mempromosikan Sungai Mahakam sebagai salah satu tempat wisata utama. Festival yang satu ini juga berlangsung lebih dari sehari.

Cara Berkeliling di Kalimantan Timur

Untuk berkeliling ke berbagai kota di Kalimantan Timur dengan mudah, kamu bisa sewa mobil atau motor. Ada sejumlah jalan tol yang cukup memedai dan infrastruktur di pusat kota juga cukup baik.

Selain kendaraan pribadi atau sewa, kamu bisa juga mengandalkan taksi di sini. Taksi memang lebih nyaman tapi tentu harganya lebih mahal. Selain taksi konvensional, ada juga pilihan taksi online.

Masing-masing kota juga memiliki angkot dengan kelengkapan rute yang berbeda-beda. Harganya lebih murah dan rutenya biasanya cukup lengkap, bahkan hingga ke area yang lebih terpencil. Jika kamu belum familiar dengan transportasi umum ini, tanyakan dulu rutenya ke pengemudi, ya.

Seberapa Luas Kalimantan Timur

Secara total, Kalimantan Timur memiliki luas 125.337 kilometer persegi. Untuk benar-benar mengeksplorasi tempat wisata di Kalimantan Timur yang terbaik, kamu bisa menghabiskan kurang lebih seminggu di sini. Jika kamu ingin lebih santai saat berwisata di sini, kamu bahkan bisa menghabiskan hingga sepuluh hari di sini. Hal ini karena ada cukup banyak tempat wisata menarik yang tersebar di Kalimantan Timur. Mulai dari tempat wisata alam yang cantik dan masih tersembunyi hingga lokasi wisata modern di pusat kota.

Mata Uang Kalimantan Timur

Rp (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Kalimantan Timur

Bahasa resmi dan nasional di sini tentunya adalah Bahasa Indonesia. Meski begitu, warga lokal masih banyak yang menggunakan bahasa daerahnya sendiri-sendiri (dan bahasa ini berbeda di setiap kota). Untuk mempermudah percakapan, sebaiknya pelajari sedikit Bahasa Indonesia dasar.

Zona Waktu Kalimantan Timur

WITA / GMT+8

Jenis Stop Kontak di Kalimantan Timur

Jenis stop kontak di Kalimantan Timur dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Kalimantan Timur

  1. Air keran di sini tidak untuk diminum.
  2. Jangan membuang sampah sembarangan, terutama di tempat-tempat wisata alam seperti pantai.
  3. Kenakan pakaian yang sopan dan tertutup, seperti kaos berlengan, celana atau rok selutut atau panjang, terutama jika kamu berkunjung ke tempat suci atau tempat ibadah.
  4. Saat mengunjungi tempat tinggal penduduk lokal, lepaskan sepatu di depan rumah atau di teras.
  5. Selalu gunakan tangan kanan untuk berjabat tangan dan menerima atau memberikan barang. Menggunakan tangan kiri dianggap tidak sopan.
  6. Jangan tunjukan public display affection yang berlebihan, seperti berciuman atau berpelukan di tempat umum. Berpegangan tangan masih dianggap biasa saja.
  7. Jika kamu akan berwisata ke pantai atau pulau, bawa baju renang, baju ganti, kacamata renang, handuk, tabir surya, dan perlengkapan lainnya sendiri untuk berjaga-jaga.

Destinasi Favorit di Kalimantan Timur