Tes COVID-19 Terdekat

Nggak perlu ribet, pesan berbagai jenis tes COVID-19 terdekat dari lokasimu dengan mudah.

Pilih jenis tes sesuai kebutuhan

Tes COVID-19 dengan hasil akurat dan direkomendasikan oleh WHO.

tiket FLEXI

Nikmati masa berlaku voucher lebih panjang. Pesan sekarang, liburannya bisa kapan-kapan.

Wajib datang ke sini!

Ajak teman atau keluarga buat nikmatin serunya liburan di tempat pilihan tiket.com.

Jawa Timur
Tentang

Nikmati liburan tak terlupakan di tempat wisata di Jawa Timur, sobat tiket! Provinsi Jawa Timur yang beribukota di Surabaya ini punya beragam pesona wisata yang bisa membuat liburanmu semakin istimewa. Provinsi Jawa Timur adalah provinsi dengan wilayah area yang paling luas di antara provinsi lainnya di Pulau Jawa.


Tidak hanya terdiri dari wilayah yang merupakan irisan dari daratan pulau Jawa, Provinsi Jawa Timur juga terdiri dari beberapa pulau terpisah di tengah Laut Jawa dan Samudra Hindia. Beberapa pulau terpisah yang menjadi bagian dari wilayah Jawa Timur adalah Pulau Madura, Pulau Bawean, Pulau Nusa Barung, Gili Labak, dan Gili Ketapang.


Ibukota Jawa Timur yaitu Surabaya bisa menjadi gerbang masuk utama via udara untuk mencapai provinsi ini. Di dekat Surabaya, kamu bisa menemukan Bandara Internasional Juanda, tepatnya di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Selain dengan pesawat terbang, kamu juga bisa menjelajahi keunikan Jawa Timur dengan menggunakan moda transportasi kereta api. Pesan tiket pesawat atau tiket kereta api di tiket.com untuk memulai penjelajahan tak terlupakan di Provinsi Jawa Timur. 


Sebagai provinsi dengan luas wilayah terbesar di Pulau Jawa, kamu bisa menemukan banyak kekayaan wisata di Jawa Timur. Sebutkan saja tempat wisata Gunung Bromo, Kawah Ijen, dan Taman Nasional Baluran yang sangat terkenal.


Jawa Timur juga punya banyak pantai dengan pemandangan yang indah. Kamu juga bisa menemukan banyak destinasi wisata budaya seperti museum atau candi, sobat tiket. Karena itu, segera susun itinerary kamu dan jelajahi tempat wisata di Jawa Timur untuk liburan nanti. 


Pesan tiket tempat wisata di Jawa Timur hanya di tiket.com. Temukan petualangan aktivitas menarik dan petualangan yang mengesankan di tempat wisata di Jawa Timur bersama tiket.com. Dengan tiket.com, kamu bisa pesan tiket tempat wisata di Jawa Timur dengan mudah hanya dengan satu kali sentuhan jari.


Selain pesan tiket masuk tempat wisata di Jawa Timur dengan to do dari tiket.com, kamu juga bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta, sewa mobil, maupun pesan hotel di tiket.com. Saatnya berangkat liburan ke Jawa Timur dengan to do dari tiket.com, sobat tiket!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Jawa Timur

Informasi mengenai tempat wisata di Jawa Timur.

Apa itu tiket CLEAN di Jawa Timur?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Jawa Timur tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Jawa Timur yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di Jawa Timur

Jawa timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang menawarkan berbagai objek wisata alam, mulai dari gunung, pantai, gua, hingga air terjun. Setiap kota dan kabupaten di Jawa Timur memiliki tempat wisata yang unik dan indah. Beberapa tempat wisata di Jawa Timur yang patut kamu kunjungi adalah gunung berapi Ijen di Banyuwangi, Taman Nasional Baluran di Situbondo, Bromo Tengger Semeru di Malang, dan masih banyak lagi.

Karena keindahan alamnya dan banyaknya tempat wisata yang cocok untuk segala usia, Jawa Timur cocok dijadikan destinasi wisata keluarga atau solo traveling.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Timur

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Pulau Jawa yang terkenal akan keindahan tempat wisata alamnya serta kota-kota modern dengan tempat wisata yang modern dan lengkap. Provinsi ini cocok dijadikan destinasi wisata bersama keluarga maupun teman-teman. Beberapa kota yang paling digemari wisatawan adalah Malang (karena udaranya yang sejuk dan akses ke berbagai tempat wisata alam) dan Surabaya (kota modern dengan tempat wisata yang keren). Berikut adalah beberapa objek wisata di Jawa Timur yang wajib dikunjungi!

1. Jatim Park 1, 2, dan 3

Jatim Park adalah salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang menjadi destinasi utama saat baru tiba di Malang. Terletak di Kota Batu, taman wisata ini terbagi menjadi 3. Jatim Park 1 cocok untuk wisata anak karena ada banyak wahana permainan untuk si kecil. Jatim Park 2 lebih besar dengan tambahan Museum Satwa, kebun binatang, dan juga hotel besar berbentuk pohon. Dan yang terbaru, Jatim Park 3, mengambil tema dinosaurus dan zaman purba, sehingga cocok untuk edukasi sejarah dan juga foto-foto.

2. Alun-Alun Malang

Untuk bersantai di tengah kota, kamu bisa ke ruang publik outdoor yaitu Alun-Alun Malang. Areanya termasuk sangat luas dengan fasilitas yang lengkap, seperti jalur pejalan kaki untuk kamu yang ingin jalan atau jogging santai, dan juga area bermain anak-anak. Tempat ini juga rindang dan cocok untuk berfoto.

3. Gunung Bromo

Di Indonesia, bisa dibilang Gunung Bromo adalah salah satu favorit wisatawan maupun warga domestik. Untuk kamu yang hobi mendaki, kamu bisa mendaki hingga ke puncak dan menikmati pemandangan indahnya dari atas. Tapi, jika kamu tidak ingin mendaki pun, kamu bisa sewa jip untuk ke area di sekitar gunung. Di sana, kamu bisa menunggang kuda, atau sekedar berfoto-foto dengan latar belakang yang keindahannya tiada duanya. Kenakan jaket saat ke sini karena udaranya cukup dingin.

4. Museum Angkut

Sesuai dengan namanya, museum ini memamerkan berbagai koleksi angkutan yang keren, terutama mobil-mobil klasik yang masih dalam keadaan sangat bagus. Karenanya, tempat ini sering dianggap salah satu spot instagramable terbaik di Malang.

5. Monumen Kapal Selam

Terletak di Surabaya, monumen yang satu ini sebenarnya adalah kapal selam KRI Pasopati 410. Kapal selam ini dulu digunakan dalam operasi Trikora yang bersejarah. Selain melihat-lihat bagian dalamnya sekaligus untuk belajar sejarah, ada juga film pendek tentang pertempuran Laut Aru yang bisa kamu tonton.

6. Klenteng Sanggar Agung

Klenteng yang ada di Surabaya ini merupakan tempat ibadah umat Tridharma. Klenteng ini pun sudah ada sejak zaman penjajahan namun tetap berdiri kokoh hingga hari sini. Selain arsitekturnya yang megah serta patung setinggi 18 meter yang menarik mata, lokasinya yang di tepi pantai juga memberikan kita pemandangan alam yang indah.

7. Toko Oen

Jika kamu berencana wisata kuliner di Malang, kamu wajib mengunjungi Toko Oen. Toko yang sudah berdiri selama ratusan tahun ini adalah toko es krim dengan menu favorit klasik yang kelezatannya tak pernah berubah. Selain menyantap es krim, kamu juga bisa berfoto-foto, baik di luar maupun dalam. Desain klasiknya masih dipertahankan hingga hari ini.

8. Surabaya Carnival Park

Butuh tempat wisata yang menyenangkan di malam hari dan cocok untuk keluarga? Lansung saja ke Surabaya Carnival Park! Outdoor theme park ini memang baru buka setelah malam tiba. Lampu warna-warni akan menghiasi malammu saat kamu sedang menikmati wahana-wahana klasik. Sebut saja rumah hantu dan roller coaster.

9. Batu Night Spectacular

Kalau Surabaya punya Surabaya Carnival Park, Malang punya Batu Night Spectacular! Theme park ini juga baru buka saat malam tiba dan tetap buka hingga tengah malam. Wahana-wahana keren dan menyenangkan menantimu di sini! Selain itu, kamu juga bisa jalan-jalan dan berfoto-foto di Lampion Garden yang indah atau beli camilan dan memenangkan hadiah permainan di Night Market.

10. Tugu Pahlawan

Saat berkunjung ke Surabaya, kamu tidak boleh melewatkan ikon kotanya yang sangat terkenal, Tugu Pahlawan. Kamu bisa melihat kemegahan monumennya sekaligus berfoto di sana. Lalu, lanjutkan dengan jalan-jalan santai di ruang publik terbuka yang rindang ini.

11. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata religi di Surabaya, maka kamu bisa ke Masjid Muhammad Cheng Hoo. Masjid ini memiliki keunikan tersendiri karena desainnya yang merupakan campuran gaya Arab dan Tiongkok. Tempat ini pun masih aktif sebagai tempat ibadah umat Muslim. Untuk kamu yang non-Muslim, kamu tetap bisa berkunjung namun harus mematuhi aturan dan mengenakan pakaian yang sopan.

12. Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun ini bisa dibilang adalah salah satu yang paling terkenal di seluruh Indonesia. Dengan tinggi sekitar 50 hingga 70 jika diukur dari atas lembah, kemegahannya tiada duanya. Pohon-pohon yang rimbun mengelilingi area ini sehingga pemandangannya pun semakin spektakuler. Karena terletak di antara dua kabupaten, yaitu Malang dan Lumajang, kamu bisa berangkat dari dari Malang maupun Lumajang untuk mencapai tempat ini.

13. Food Junction Grand Pakuwon

Di Surabaya, kamu bisa mengunjungi satu tempat untuk melakukan wisata kuliner sampai kenyang. Di Food Junction Grand Pakuwon, ada banyak sekali tempat makan yang menjual makanan lokal maupun internasional. Dengan pemandangan danau yang cantik, kamu bisa menyantap makanan yang lezat.

14. Hutan Bambu Keputih

Hutan bambu yang ada di Surabaya ini dulu merupakan tempat pembuangan sampah. Kini, tempat tersebut sudah direnovasi dan penuh dengan pohon bambu yang cantik. Semua pengunjung bisa berfoto-foto dengan latar belakang alam yang cantik ini.

15. Boon Pring Malang

Mirip-mirip dengan yang ada di Surabaya, Boon Pring Malang juga adalah hutan bambu yang rindang, cantik, serta cocok untuk dijadikan spot berfoto dengan nuansa romantis. Bahkan jika tidak berfoto-foto, pemandangan hijaunya yang rindah juga cocok dijadikan lokasi jalan-jalan santai.

16. Pakuwon Mall

Tidak lengkap rasanya ke Surabaya jika tidak belanja di mal-malnya yang besar. Pakuwon Mall adalah mal terbesar yang ada di kota ini. Luasnya saja mencapai 180.000 meter persegi! Ada banyak sekali toko yang bisa kamu kunjungi untuk belanja sampai puas! Ada juga bioskop, gym, dan pilihan restoran yang lengkap!

17. Kampung Warna-Warni Jodipan

Kampung ini bisa dibilang adalah salah satu kampung paling terkenal yang ada di Malang. Sesuai dengan namanya, tembok serta atap rumah-rumah di dalam kampung ini sudah dicat dengan warna-warna cerah sehingga terlihat warna-warni. Kamu bisa memotret keindahannya dari jauh, bahkan dari atas jika menggunakan drone. Tapi, setelah itu, sempatkan juga waktu untuk menjelajahi bagian dalam kampung ini untuk berfoto-foto dengan lukisan-lukisan keren di tembok serta jajan camilan lokal atau berinteraksi dengan warga lokal yang ramah.

18. Kampung Bulak

Kalau Malang punya Kampung Jodipan, Surabaya punya Kampung Bulak. Ya, konsepnya sama, yaitu kampung yang tembok dan atapnya sudah dicat warna-warni agar terlihat cerah dan cantik. Tentu saja ini merupakan pemandangan unik. Kamu bahkan sudah bisa melihatnya dari kejauhan. Jika kamu masuk ke dalam kampung, kamu bisa sekaligus berinteraksi dengan warga lokal, loh!

19. Florawisata San Terra de Lafonte

Jalan-jalan ke luar negeri kita tidak perlu repot-repot lagi karena kamu bisa merasakannya di Florawisata San Terra de Lafonte Malang. Tempat ini merupakan wisata selfie di mana ada replika berbagai bangunan dan landmark ikonik kota-kota terkenal di luar negeri. Selain itu, taman ini juga dipenuhi bunga warna-warni yang menambah kecantikannya.

20. Ciputra Waterpark

Jalan-jalan di Kota Surabaya yang terkenal akan cuaca panasnya, kamu pasti butuh kesegaran tambahan. Di Ciputra Waterpark, kamu bisa mencoba berbagai wahana perosotan yang menyenangkan dan dijamin akan menggembalikan kesegaranmu! Jika kamu ingin santai-santai saja untuk mengisi ulang energi, kamu juga bisa ke kolam arus yang santai!

21. Air Mancur Menari

Salah satu ikon Kota Surabaya yang cocok dikunjungi pada malam hari, Air Mancur Menari. Air mancur yang dekat dengan Pantai Kenjeran ini dilengkapi lampu yang kelap-kelip serta warna-warni. Di malam hari, lampu-lampu ini akan menyala terang dan menjadikan pemandangan di jembatan bertambah indah.

22. Rafting Sungai Bango

Jika kamu berpergian bersama rombonganmu, kamu tentu ingin mencoba kegiatan yang bisa dilakukan bersama dan menyenangkan untuk grup. Arung jeram di Sungai Bango bisa jadi pilihanmu! Lokasinya strategis, peralatannya lengkap dan berkualitas, arusnya pun termasuk aman dan cocok untuk pemula.

23. Selecta

Kalau Jawa Barat punya Taman Bunga Nusantara, Jawa Timur punya Taman Selecta yang tepatnya berada di Kota Malang. Tempat ini adalah taman bunga yang cantik karena bunga-bunganya yang warna-warni. Selain sekedar melihat-lihat, ada juga wahana sederhana namun tetap menyenangkan untuk kamu dan si kecil.

24. Taman Bungkul

Taman Bungkul adalah salah satu taman yang berupa ruang publik hijau di pusat Kota Surabaya. Tempat ini termasuk salah satu taman yang sangat dijaga perawatan dan tampilannya. Desainnya bagus dan modern, fasilitasnya pun lengkap. Untuk kamu yang ingin kumpul bersama teman-teman, sekedar duduk santai, atau mengajak si kecil jalan-jalan, tempat ini bisa jadi destinasi utamamu.

25. De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye Museum adalah wisata selfie di Surabaya yang menawarkan berbagai spot foto keren yang bisa menipu mata. Latar belakang foto yang ada di sini sudah didesain sedemikian rupa agar terlihat 3D dan nyata saat kamu foto dari sudut tertentu. Kamu bisa mencoba berbagai pose yang cocok dengan latar belakang yang ada dan mendapatkan hasil foto yang unik!

26. Masjid Agung Malang

Masjid Agung Malang merupakan tempat ibadah umat Muslim yang juga menjadi lokasi wisata religi utama di kota ini. Karena letaknya yang persis di seberang Alun-Alun Malang, kamu juga tidak akan sulit menemukannya. Desain tempat ini memadukan gaya Arab dan Jawa sehingga terlihat unik dan megah. Patuhi aturan yang berlaku dan kenakan pakaian yang sopan jika kamu ingin berkunjung tanpa beribadah, ya!

27. Museum Sepuluh Nopember

Sebagai Kota Pahlawan, ada banyak museum dan monumen sejarah di Kota Surabaya. Museum ini adalah salah satunya. Berbagai koleksi barang yang berhubungan dengan sejarah perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan ada di sini. Sebut saja pakaian perang dan senjata.

28. Hawai Waterpark

Taman bermain air ini hingga saat ini merupakan taman bermain air pertama dan terbesar di Malang. Konsep desain dan wahananya adalah Hawaii, jadi, sangat tropis dan cantik. Kamu dan keluarga bisa mencoba 10 wahana yang tersedia!

29. Lumbung Stroberi Batu

Terletak di Kota Batu, kamu bisa memetik stroberi sendiri di sini. Jadi, tanpa perlu repot-repot ke toko suvenir, kamu bisa membawa pulang stroberi hasil petikan sendiri untuk oleh-oleh! Baik dewasa maupun anak-anak tentu senang dengan kegiatan seperti ini.

30. Tunjungan Plaza

Sebelum pulang dari Surabaya, pastikan kamu juga sudah berkunjung ke Tunjungan Plaza, mal terbesar kedua di kota ini. Ada sekitar 500 toko di dalam mal ini, loh! Kamu benar-benar bisa belanja segala macam kebutuhanmu sampai puas! Bioskop, playground anak-anak, dan restoran juga tentu ada.

Cara Menuju ke Jawa Timur

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Jawa Timur adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu ingin berkunjung ke daerah Jawa Timur, kamu bisa menggunakan pesawat dan mendarat di Bandar Udara International Juanda (SUB) di Surabaya dan juga Bandara Abdul Rachman Saleh (MLG) di Malang).

Bus

Bus adalah yang paling sering dan andal digunakan oleh wisatawan. Semua kota di Jawa Timur, besar dan kecil dapat dicapai dengan bus.

Kapal

Surabaya adalah kota pelabuhan nasional dan internasional utama dan hampir setiap kota pesisir utama di Indonesia terhubung dengannya. Feri melintasi rute antara Gilimanuk, Bali dan Banyuwangi setiap 20 menit, 24 jam sehari.

Kereta

Kamu juga dapat menggunakan kereta. Surabaya terhubung dengan kereta api dari Jakarta, Semarang dan Yogyakarta dengan banyak titik pemberhentian di antaranya.

Akomodasi di Jawa Timur

Kota-kota besar seperti Surabaya dan Malang umumnya memiliki lebih banyak pilihan akomodasi. Sedangkan kota-kota yang lebih kecil umumnya lebih banyak memiliki hotel-hotel berbintang 3 atau lebih rendah. Pesan hotel di Jawa Timur sekarang di tiket.com!

Spot Instagram-able di Jawa Timur

Kamu bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata outdoor, seperti Pantai Gondo Manyit, Air Terjun Madakipura, Taman Nasional Meru Betiri, Pantai Jonggring Saloko, Pantai Rowo Indah, Pantai Klayar, Pulau Bawean, Blue Bay atau Teluk Biru, dan Bukit Jaddih.

Kuliner Jawa Timur

Jawa Timur menghadirkan banyak makanan khas yang lezat dengan cita rasa yang unik. Beberapa yang wajib kamu coba adalah Bebek Sinjay (menggunakan bebek sekitar daerah Bangkalan yang diproses dan diberi bumbu khas Sinjay), Pecel Rawon (perpaduan antara masakan rawon dan pecel yang khas dari Banyuwangi, Jawa Timur), Nasi Krawu (nasi dengan lauk berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi, dan serundeng), Suwar-suwir (bentuk dan rasa suwar-suwir hampir mirip dengan dodol, tetapi suwar-suwir lebih manis, legit, keras, dan padat), dan Sate Madura.

Makanan Vegan / Vegetarian

Terdapat banyak pilihan restoran yang menyayjikan makanan vegan dan vegetarian di daerah Surabaya, seperti Brokoli Jagung, Sup Jamur, Tofu Jahe Wangi, dan Buncis Saus Olive.

Belanja di Jawa Timur

Untuk berbelanja di mal, kamu bisa berkunjung ke Ciputra World Surabaya, Malang Town Square, Plaza Madiun dan Kediri Town Square. Sedangkan jika kamu ingin berbelanja di pasat tradisional, kamu bisa berkunjung ke Pasar Blauran dan Pasar Lumbungan.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Jawa Timur

Musim

Jawa Timur hanya mengalami dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Ada banyak tempat wisata yang mungkin tidak bisa kamu kunjungi di musim hujan sehingga sebaiknya kamu berkunjung pada musim kemarau (pertengahan tahun).

Suhu Rata-Rata

Pada musim hujan, suhu rata-rata di sini adalah 24 derajat celsius (75.2 derajat fahrenheit). Sedangkan pada musim kemarau, suhu rata-rata di sini adalah 32 derajat celsius (89.6 derajat fahrenheit)

Festival

Beberapa festival di Jawa Timur yang bisa kamu kunjungi untuk mendalami budaya lokal adalah Jember Festival Carnival (festival kostum, setiap pertengahan tahun), Malang Flower Carnival (peragaan busana yang 70 persennya menggunakan ornamen bunga, setiap bulan September), dan International Tour de Banyuwangi Ijen (acara balap sepeda, setiap September).

Cara Berkeliling di Jawa Timur

Untuk berkeliling di dalam kota dan untuk berpindah kota, kamu bisa mengandalkan bus, kereta, dan angkot. Selain itu, kamu juga bisa berkeliling menggunakan mobil sewa yang bisa kamu pesan di tiket.com dengan harga terjangkau.

Seberapa Luas Jawa Timur

Jawa Timur memiliki luas sekitar 47.800 km persegi dan untuk mengeksplorasinya, kamu perlu menghabiskan waktu sekitar 3 sampai 4 hari. Selama waktu tersebut, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas seru di Jawa Timur, seperti berkunjung ke Bromo Tengger Semeru sekaligus untuk melihat Sunrise, berselancar di G-Land Banyuwangi (Plengkung Banyuwangi), berkunjung ke Taman Nasional Baluran, mengumpulkan beberapa kristal belerang di Kawah Ijen dekat Banyuwangi, menyaksikan penyu bertelur di pantai Sukamade, dan bermain arung jeram di sungai Pekalen, Probolinggo.

Mata Uang Jawa Timur

Rp (Rupiah Indonesia).

Bahasa Jawa Timur

Bahasa utama dan resmi di sini adalah Bahasa Indonesia. Namun ada cukup banyak bahasa daerah yang masih sering digunakan sehari-hari di sini, seperti Bahasa Jawa dalam berbagai dialek dan Bahasa Madura.

Zona Waktu Jawa Timur

WIB / GMT+7.

Jenis Stop Kontak di Jawa Timur

Jenis stop kontak di Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Informasi Penting Tentang Jawa Timur

  1. Kenakanlah pakaian yang tertutup dan sopan saat berwisata di Jawa Timur. Untuk menyesuaikan dengan cuaca yang panas, kenakanlah pakaian yang tertutup namun lebih tipis dan menyerap keringat.
  2. Air keran di sini bukan untuk diminum.