Tes COVID-19 Terdekat

Nggak perlu ribet, pesan berbagai jenis tes COVID-19 terdekat dari lokasimu dengan mudah.

Pilih jenis tes sesuai kebutuhan

Tes COVID-19 dengan hasil akurat dan direkomendasikan oleh WHO.

Wajib datang ke sini!

Ajak teman atau keluarga buat nikmatin serunya liburan di tempat pilihan tiket.com.

Jawa Tengah
Tentang

Selamat datang di Jawa Tengah, rumah dari banyak sekali tempat-tempat bersejarah yang terkenal hingga ke kalangan turis dunia. Beberapa di antaranya adalah Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Kedua candi yang sangat menakjubkan ini lokasinya sangat dekat dengan Kota Yogyakarta yang tak kalah menarik untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata.


Selain itu di Jawa Tengah kamu juga bisa mendapatkan suasana mengesankan di Dataran Tinggi Dieng. Bisa dibilang kawasan ini agak terpencil karena kamu harus berkendara cukup jauh dari kota besar. Namun pemandangan yang akan kamu saksikan di sini tiada duanya dan itu juga salah satu daya tarik terbesar wisatawan datang ke Jawa Tengah.


Banyak sekali aktivitas unik yang bisa kamu lakukan selagi liburan di Jawa Tengah. Kamu bisa mencoba mendaki Gunung Merapi yang sangat terkenal sebagai gunung berapi yang masih aktif. Jangan lupa untuk tetap mengutamakan keselamatan selama mendaki gunung ini, dan setibanya di puncak, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang fantastis.


Kebudayaan di Jawa Tengah juga menjadi hal yang menarik untuk dipelajari sambil liburan. Kamu bisa mempelajari tentang kebudayaan batik, kesenian wayang kulit, tari, alat musik gamelan, rumah adat khas Jawa Tengah, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk urusan perut, kamu tak akan pernah kehabisan pilihan kuliner di Jawa Tengah. Mulai dari gudeg yang sangat terkenal dari Jogja, nasi liwet yang berasal dari Solo, lumpia yang bisa dengan mudah kamu temukan di Semarang, hingga soto Kudus yang bikin ketagihan. Pokoknya, sebelum kamu berangkat liburan ke Jawa Tengah, jangan lupa untuk membuat daftar makanan yang harus kamu cicipi.


Kalau sudah siap buat berangkat liburan, jangan lupa untuk cek To Do Jawa Tengah yang ada di tiket.com. Kamu bisa menemukan banyak sekali pilihan tiket wisata di Jawa Tengah yang menarik untuk dicoba dan bisa dipesan dengan mudah tanpa ribet dari smartphone kesayanganmu!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Jawa Tengah

Informasi mengenai tempat wisata di Jawa Tengah.

Apa itu tiket CLEAN di Jawa Tengah?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Jawa Tengah tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Jawa Tengah yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Jawa Tengah

Budaya yang kental akan kultur Jawa membuat Jawa Tengah dikenal sebagai “jantung” budaya Jawa di Indonesia. Budaya yang kental kemudian melahirkan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi karena setiap tempat punya karakteristiknya masing-masing, mulai dari wisata alam, budaya, kesenian, hingga kuliner.

Dari wisata kesenian dan budaya, sudah tak asing lagi tempat wisata yang kerap dikunjungi pelancong adalah Candi Borobudur. Candi Budha terbesar di dunia ini dikisahkan dibangun abad ke-9. Sementara untuk wisata alam, kamu akan dimanjakan dengan kekayaan alam mulai dari Dataran Tinggi Dieng, Gunung Merbabu, hingga Pantai Bandengan.

Tak pelak, liburan di Jawa Tengah pun cocok untuk Keluarga Asyik, Sang Petualang, dan Nostalgia Asyik.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Tengah

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi wisata terbaik di Indonesia. Tempat wisata alam, sejarah, dan budaya adalah yang paling terkenal dan mudah ditemukan di sini. Masing-masing kota dan area, termasuk Semarang, Magelang, Solo, Wonosobo, dan Kebumen menawarkan pesonanya sendiri-sendiri yang tak boleh kamu lewatkan!

1. Candi Borobudur

Berlokasi di Magelang, Candi Borobudur adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Jawa Tengah. Dengan arsitektur yang megah dan unik serta pemandangan yang indah dari puncaknya, tempat wisata ini tentu menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara. Banyak wisatawan yang sengaja mengunjungi tempat ini menjelang matahari terbit atau terbenam untuk pemandangan yang lebih spektakuler lagi.

2. Saloka Theme Park

Dengan luas 25 hektar dan 25 wahana menyenangkan, Saloka Theme Park merupakan taman bermain favorit keluarga di Semarang. Beberapa wahana populer untuk kamu coba adalah Wahana Cakrawala, Senggal-Senggol, Kupu-Kupu, hingga Adu Nyali. Semua ini sambil ditemani pemandangan alam khas Jawa Tengah yang tiada duanya!

3. Candi Cetho

Merupakan salah satu candi dengan lokasi tertinggi di Indonesia, Candi Cetho memiliki banyak nilai sejarah dan budaya yang menarik. Jika kamu terutama menyukai wisata sejarah Nusantara, yang satu ini tak boleh kamu lewatkan! Apalagi dengan pemandangan yang sangat cantik.

4. Gereja Ayam

‘Gereja Ayam’ sebenarnya bukan nama asli bangunan ini, melainkan Rumah Doa Bukit Rhema. Namun, warga lokal memberikan julukan tersebut karena bentuk bangunannya yang dianggap menyerupai ayam. Meskipun namanya adalah ‘Gereja’, tempat ini sebenarnya berfungsi sebagai rumah doa, pusat rehabilitasi, dan kini juga sebagai tempat wisata budaya. Dari sini, kamu juga bisa melihat kemegahan Candi Borobudur, loh!

5. Candi Prambanan

Menurut legenda, 240 candi yang ada di kompleks ini dibangun oleh Bandung Bondowoso, seorang pemuda yang jatuh cinta kepada Roro Jonggrang. Hingga kini, legenda tersebut masih sangat lekat dengan Candi Prambanan. Termasuk salah satu tempat dalam daftar UNESCO World Heritage Site, candi ini mengandung nilai sejarah dan budaya yang tinggi sehingga menarik perhatian banyak wisatawan. Selain itu, ada juga museum sejarah di kompleks candi. Kamu bisa jalan-jalan santai serta berfoto-foto di sini sambil menikmati hari yang cerah.

6. Ngarsopuro Night Market

Kalau kamu suka belanja di pasar malam, maka kamu tak boleh melewatkan Ngarsopuro Night Market di Solo! Kamu bisa mencicipi berbagai kuliner lokal dengan harga terjangkau dan juga belanja oleh-oleh khas Solo sampai puas!

7. Taman Nasional Karimunjawa

Berlokasi di area Jepara, taman nasional ini merupakan cagar alam laut yang dilindungi sekaligus berfungsi sebagai destinasi wisata. Selain jalan-jalan di pantai dan menikmati pemandangan, kamu juga bisa snorkeling, berenang, atau bahkan memancing.

8. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng, yang berlokasi sekitar 30 km dari pusat Kota Wonosobo, adalah salah satu surganya tempat wisata alam di Jawa Tengah. Kamu bisa mengunjungi Telaga Warna Dieng, Sumur Jatulanda, Bukit Sikunir Dieng, dan banyak lagi. Semuanya menawarkan pemandangan alam yang rindang serta menakjubkan! Udara di sini juga biasanya sejuk, jadi sangat cocok untuk kamu yang ingin istirahat dari panasnya kota.

9. Gunung Prau / Prahu

Gunung Prau adalah salah satu destinasi pendakian favorit di Jawa Tengah. Terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, gunung ini memiliki jalur pendakian yang relatif mudah dan hanya butuh waktu 3-4 jam saja. Daya tarik utamanya tentu adalah pemandangan di puncaknya. Banyak wisatawan yang menyebut suasana di puncak tersebut damai dan begitu indah.

10. Sungai Progo Atas

Kamu suka kegiatan bersama yang menantang? Coba arung jeram di Sungai Progo Atas! Dengan panjang sekitar 12 km, kamu bisa menikmati kegiatan ini selama 2,5 hingga 3 jam. Ada cukup banyak pilihan rute dan level kesulitan rafting, sehingga kamu yang masih pemula pun tak perlu khawatir!

11. Gunung Merbabu

Satu lagi pilihan tempat wisata alam yang menantang dan indah: Gunung Merbabu. Secara geografis, gunung ini masuk ke empat area sekaligus, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Kabupaten Boyolali. Karena kesulitan pendakiannya hanya termasuk level sedang, tak heran jika gunung ini populer di kalangan pendaki handal dan pemula. Dalam perjalanan menuju puncak, kamu juga bisa mampir ke kawah-kawah cantik di gunung ini.

12. The Heritage Palace

Suka jalan-jalan ke museum yang keren dan modern? Kalau iya, kamu wajib ke The Heritage Palace! Tempat wisata di Jawa Tengah ini adalah sebuah museum angkut dengan koleksi dan pameran yang unik. Ada koleksi mobil antik, museum 3D, dan banyak lagi! Sangat cocok untuk kamu dan keluarga.

13. Keraton Ratu Boko

Salah satu tempat wisata hits sekaligus bersejarah di Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi adalah Keraton Ratu Boko. Tempat ini dulunya merupakan kompleks keraton yang pernah runtuh sehingga kamu hanya bisa melihat beberapa bangunan saja sekarang. Banyak orang yang berkunjung ke sini untuk berfoto-foto sekaligus menikmati pemandangan, terutama pada saat matahari terbenam.

14. Gereja Blenduk

Berlokasi di Semarang, Gereja Blenduk adalah bangunan peninggalan era kolonial yang hingga kini masih berdiri kokoh dan terjaga dengan baik. Salah satu daya tarik utamanya tentu adalah arsitekturnya yang menggunakan gaya neo klasik. Bangunan ini terlihat megah dan cantik bahkan dari kejauhan sekalipun.

15. Goa Pindul

Kamu suka aktivitas cave tubing? Jika ya, Goa Pindul bisa jadi destinasi yang tepat untukmu! Dengan fasilitas lengkap, termasuk pemandu dan safety equipment, kamu bisa menjelajahi goa ini dengan aman dan mudah! Menggunakan ban, kamu akan mengambang di atas air mengalir untuk eksplorasi dan menikmati pemandangannya. Ada sejumlah spot foto keren juga di dalamnya, loh!

16. Keraton Kasunanan Surakarta

Merupakan istana resmi Kasunanan Surakarta yang didirikan pada 1744, bangunan ini menggunakan arsitektur dan budaya kerajaan yang khas. Karena nilai budaya dan sejarahnya tersebut, tempat ini bisa dibilang merupakan salah satu objek wisata di Jawa Tengah yang paling terkenal. Meski begitu, perhatikan peraturan yang berlaku karena lingkungan Keraton memang sangat dijaga.

17. Kampung Pelangi

Kampung warna-warni adalah salah satu fenomena wisata yang terkenal di Indonesia. Salah satunya berada di Semarang, Jawa Tengah. Seperti namanya, tembok dan atap rumah-rumah warga di dalam satu kampung tersebut telah dicat warna-warni sehingga terlihat cantik dan menarik. Dari kejauhan saja kamu pasti langsung menyadari keberadaannya. Tentu saja tempat ini menjadi salah satu spot terbaik untuk foto-foto.

18. Museum Kereta Ambarawa

Museum ini memamerkan berbagai macam tipe lokomotif yang dulu pernah beroperasi di negara ini. Bahkan ada juga yang dari era kolonial. Selain berfoto-foto dengan koleksi kereta yang sudah tidak beroperasi lagi, kamu juga bisa naik kereta wisata yang masih beroperasi di sini khusus untuk berkeliling.

19. Istana Mangkunegaran

Istana ini adalah salah satu destinasi di Jawa Tengah (Solo, lebih tepatnya) yang paling menarik untuk para pecinta wisata budaya dan sejarah. Masih merupakan istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran dan menjadi tempat tinggal para penguasanya, hanya ada beberapa area yang bisa dikunjungi, seperti Ndalem Ageng, Pendopo Ageng, dan Keputren atau Balewarni.

20. Lawang Sewu

Saat berwisata ke Semarang, kamu tentu tak boleh melewatkan Lawang Sewu. Meski gedung ini lebih terkenal karena cerita-cerita mistisnya, ada banyak nilai menarik lainnya. Seperti arsitektur bangunannya yang masih mencerminkan gaya kolonial. Atau juga desain ruangan dengan deretan pintu yang unik sehingga kamu terlihat seperti sedang berdiri di depan cermin.

21. Tentrem On Ice

Tentrem On Ice adalah salah satu arena indoor ice skating pertama di Semarang yang tentu tak boleh kamu lewatkan! Kamu dan keluarga bisa menikmati kegiatan ice skating di dalam mal yang nyaman dan sejuk.

22. Pantai Marina

Meski pantai bukan daya tarik utama di Jawa Tengah, ada beberapa yang bisa kamu kunjungi, termasuk Pantai Marina di Semarang. Warga lokal biasanya ke sini untuk jalan atau lari santai sambil menikmati pemandangan yang cantik.

23. Museum Batik Danar Hadi

Museum ini, sesuai namanya, menyimpan koleksi batik yang bermacam-macam. Kamu bisa melihat warna-warni batik gaya klasik hingga kontemporer. Selain itu, kamu juga bisa melihat proses pembuatannya yang menarik, loh!

24. Goa Petruk

Sering disebut sebagai goa terindah di Indonesia, Goa Petruk yang terletak di Kebumen ini memang terdiri dari stalagmit dan stalaktit yang keren dan cantik. Ada tiga level yang bisa kamu eksplorasi sambil ditemani pemandu. Untuk kamu yang menyukai kegiatan caving, goa yang satu ini tak boleh kamu lewatkan!

25. Sam Poo Kong

Sam Poo Kong bisa dibilang merupakan ikonnya Kota Semarang. Masih berfungsi sebagai klenteng untuk beribadah, Sam Poo Kong juga terbuka untuk wisata secara umum. Di sini, kamu bisa melihat langsung arsitekturnya gaya Timurnya yang keren dan unik, serta mempelajari kisah hidup Laksamana Cheng Ho (Zheng He), seorang pelaut dari Tiongkok yang menjelajahi Nusantara di abad ke-13.

26. Pantai Nampu

Pantai Nampu di Wonogiri adalah salah satu pantai terbaik yang bisa kamu kunjungi jika kamu suka jalan-jalan di pantai yang tidak terlalu ramai. Pantai dan pasirnya pun masih bersih dan asri. Kamu bisa berjemur, bersantai, atau jalan-jalan santai bersama orang tersayang di sini.

27. Brown Canyon

Amerika Serikat punya Grand Canyon, Semarang punya Brown Canyon! Terdiri dari deretan batuan cadas berwarna kecoklatan, tempat wisata alam ini memberikan pesona yang unik dan indah. Untuk kamu yang berjiwa petualang, tempat ini pasti cocok untukmu! Selain itu, kamu juga bisa berfoto-foto sampai puas.

28. Pantai Karang Bolong

Berlokasi di Kebumen, pantai ini terkenal akan pasir abu-abunya dan pemandangan lautnya dengan batu karang yang cantik. Ditambah dengan pemandangan bukit sekitar serta matahari terbenam, tak heran jika pantai ini semakin dikenal di kalangan wisatawan.

29. Gua Maria Kerep Ambarawa

Gua Maria Kerep Ambarawa adalah salah satu destinasi wisata religi untuk umat Katolik yang paling terkenal di Jawa Tengah. Tempat ibadah ini dilengkapi patung Bunda Maria serta patung lainnya yang menggambarkan kisah hidup Yesus.

30. Telaga Madirda

Nikmati hari yang cerah di Telaga Madirda bersama orang-orang tersayang! Kamu bisa menikmati pemandangan rindang di sekitarnya dan bersantai bersama keluarga. Di kalangan warga lokal, tempat ini terkenal sebagai destinasi akhir pekan.

Cara Menuju ke Jawa Tengah

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Jawa Tengah adalah dengan:

Pesawat

Cara paling mudah dan cepat menuju Jawa Tengah dari dalam dan luar negara Indonesia adalah dengan pesawat. Dengan banyaknya kota di Jawa Tengah, terdapat pula berbagai bandar udara yang beroperasi, seperti Bandara Internasional Adi Soemarmo (Solo), Bandara Internasional Ahmad Yani (Semarang), dan Bandara Internasional Adisutjipto.

Bus

Jika kamu berangkat dari Pulau Jawa atau Bali, moda transportasi bis juga bisa menjadi alternatif. Terdapat banyak rute yang melayani perjalanan menuju kota-kota di Jawa Tengah.

Sedangkan jika kamu berangkat dari Pulau Jawa, cara paling mudah untuk mencapai Jawa Tengah adalah menggunakan mobil. Jika tidak membawa mobil pribadi, kamu bisa memanfaatkan sewa mobil di Jawa Tengah melalui tiket.com. Selain pilihan mobilnya yang lengkap, harganya juga terjangkau.

Kereta

Selain pesawat dan bis, moda transportasi kereta juga bisa digunakan untuk membawamu ke Jawa Tengah. Kereta-kereta di Pulau Jawa pun sudah saling terhubung dengan menyediakan banyak rute perjalanan.

Akomodasi di Jawa Tengah

Jawa Tengah menyediakan banyak jenis akomodasi, mulai dari yang mewah hingga yang lebih terjangkau harganya. Selain hotel, kamu bisa dengan mudah menemukan villa, apartemen, dan homestay. Pesan hotel di Jawa Tengah melalui tiket.com sekarang untuk harga terbaik!

Spot Instagrammable di Jawa Tengah

Buat kamu para pecinta foto instagramable, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat ini, yaitu Punthuk Mongkrong (Magelang), Rumah Pohon Igir Wringin (Purbalingga), Bukit Panenjoan (Brebes), Puncak Sendaren (Purbalingga), Gardu Pandang Suroteleng (Boyolali), dan Bukit Pentulu Indah (Kebumen).

Kuliner di Jawa Tengah

Liburan ke Jawa Tengah enggak hanya menikmati wisata panorama alamnya saja lho! Kota-kota di Jawa Tengah juga punya wisata kuliner yang bisa kamu kulik. Dari Kota Banjarnegara, ada combro kalipalet, soto krandegan, mi Ongklok, bakso ketupat, dan tempe mendoan.

Berpindah ke Banyumas, jangan lupa mencoba gethuk goreng, soto sokaraja, lanting, kraca, buntil, dan keong kuah pedas. Berkunjung ke Kota Blora, kamu bisa menikmati sega pecel, sate ayam blora, sate jagal, tahu campur, grontol jagung, dan oseng-oseng ungker. Adapun kota-kota lainnya juga memiliki kekayaan wisata kuliner yang bisa kamu nikmati selama liburan ke Jawa Tengah.

Makanan Vegan/Vegetarian

Meskipun didominasi makanan non-vegetarian, Jawa Tengah juga masih menyisakan makanan-makanan untuk kamu para vegetarian. Soalnya, terdapat sejumlah restoran maupun kafe yang menyediakan makanan vegetarian, seperti chinese food yang tak menggunakan daging, japanese food, steak, dan sebagainya.

Belanja di Jawa Tengah

Jawa Tengah juga punya pusat perbelanjaan yang bisa jadi destinasi untuk memenuhi kebutuhanmu. Untuk mal, terdapat Pacific Mal (Tegal), Java Supermall (Semarang), Solo Paragon Mall (Solo), Plaza Borobudur (Cilacap), dan Jogja City Mal (Yogyakarta). Kamu bisa menemukan berbagai brand terkenal di sini.

Untuk belanja yang lebih terjangkau, kamu bisa berkunjung ke Pasar Wolan (Pati), Pasar Johar (Semarang), Pasar Rejosari (Solo), Pasar Kedu Pahing (Temanggung), dan Pasar Petir (Banyumas).

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Jawa Tengah

Musim

Jawa Tengah hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Umumnya, di saat musim kemarau pun, udara di kota ini masih termasuk sejuk, terutama setelah matahari terbenam. Untuk menghindari musim hujan, bulan terbaik untuk berkunjung adalah antara Juni dan September.

Suhu Rata-Rata

Karena Jawa Tengah cukup luas dan mencakup area yang banyak, suhu rata-rata di masing-masing daerah berbeda. Secara umum, sepanjang tahun, suhu rata-ratanya adalah 23-26 derajat Celsius (73.4-78.8 derajat Fahrenheit).

Festival

Dengan khasanah budaya, alam, dan kesenian yang memukau, Jawa Tengah juga mempunyai festival yang unik untuk dikunjungi. Pertama, untuk kamu para pecinta olahraga lari, terdapat ajang Borobudur Marathon yang merupakan acara lari tingkat internasional yang digelar setiap akhir tahun. Keunikan dari Borobudur Marathon dibandingkan ajang lari yang lain yakni rute lari yang mengelilingi desa-desa asri dan berhawa sejuk.

Kedua, ada Dieng Culture Festival yang berlangsung setiap Juli hingga Agustus. Festival ini merupakan budaya tahunan yang mengangkat daya tarik budaya yang unik, yaitu momen pencukuran anak berambut gimbal. Tak hanya itu, kamu juga akan disuguhkan dengan penampilan musisi yang menyajikan permainan musik jazz yang ciamik.

Ketiga, Solo International Performing Arts yang diselenggarakan setiap September. Festival ini merupakan pagelaran mahakarya seni yang melibatkan seniman lintas benua, Asia, Australia, Eropa, Afrika, dan Amerika.

Cara Berkeliling di Jawa Tengah

Cara paling mudah untuk menjelajahi Provinsi Jawa Tengah adalah menggunakan mobil. Jika tidak membawa mobil pribadi, kamu bisa memanfaatkan sewa mobil di Jawa Tengah melalui tiket.com. Selain pilihan mobilnya yang lengkap, harganya juga terjangkau.

Seberapa Luas Jawa Tengah

Dengan luas 32.801 kilometer persegi, kamu membutuhkan waktu lebih dari lima hari untuk bisa menjelajahi tempat wisata di Jawa Tengah yang paling menarik. Beberapa tempat wisata yang perlu kamu singgahi, yakni Candi Borobudur, Dataran Tinggi Dieng, Lawang Sewu, Air terjun Tawangmangu, Taman Nasional Karimunjawa, Gunung Merbabu, Pantai Bandengan, Punthuk Setumbu, Pantai Menganti, dan Curug Lawe Benowo.

Mata Uang di Jawa Tengah

Rp (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Jawa Tengah

Bahasa utama di kota ini tentu adalah Bahasa Indonesia. Bahasa ini digunakan secara profesional dan formal di Jawa Tengah. Namun, warga lokal juga sering menggunakan bahasa daerahnya dengan Bahasa Jawa

Zona Waktu di Jawa Tengah

WIB / GMT+7

Jenis Stop Kontak di Jawa Tengah

Jenis stop kontak di Jawa Tengah dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Jawa Tengah

  1. Jika kamu berkunjung ke Jawa Tengah pada musim kemarau, umumnya cuaca di provinsi ini cukup hangat, namun kadang bisa panas. Untuk itu, lebih baik kamu mengenakan kaos lengan pendek, celana pendek atau celana panjang yang tidak berwarna hitam (agar tidak menyerap panas), dan sepatu jalan yang nyaman. Kamu juga disarankan membawa topi atau payung dan tabir surya.
  2. Air keran di Jawa Tengah bukan untuk diminum.
  3. Kamu perlu menyiapkan kartu e-toll atau uang elektronik lainnya yang berlaku untuk pembayaran gerbang tol. Hal ini karena kamu tidak bisa membayar tunai di sana.