Uji nyali virtual

Cuma buat yang berani! Lebih seru tonton bareng keluarga di rumah.

Badung

Kakak Beradik Podcast “Untold Story Jilid III”

IDR 20.000

Pilih jenis tes sesuai kebutuhan

PCR
PCR 24 Jam
Antigen

Tes COVID-19 dengan hasil akurat dan direkomendasikan oleh WHO.

tiket FLEXI

Nikmati masa berlaku voucher lebih panjang. Pesan sekarang, liburannya bisa kapan-kapan.

Atraksi
Tempat Bermain
Kecantikan & Kebugaran
Tur
Jawa Barat
Tentang

Nikmati liburan tak terlupakan di tempat wisata di Jawa Barat! Kalau kamu mencari tiket tempat wisata di Jawa Barat, memang sangat tepat kalau kamu mencarinya di tiket.com. Sobat tiket, Provinsi Jawa Barat yang beribukota di Bandung ini memang tepat jika kamu jadikan pilihan destinasi saat liburan nanti. 


Provinsi Jawa Barat adalah salah satu provinsi dengan penduduk terpadat di Pulau Jawa. Jika sobat tiket ingin menghabiskan liburan di provinsi ini, jangan lupa untuk menyusun itinerary agar kamu bisa menjelajahi keindahan Provinsi Jawa Barat dengan lebih leluasa. 


Memilih tempat wisata di Jawa Barat sebagai pilihan untuk menghabiskan liburanmu bisa menjadi pilihan yang tepat, karena Provinsi Jawa Barat memiliki kekayaan wisata alam yang luar biasa. Kamu pasti pernah mendengar destinasi wisata di Jawa Barat yang sangat terkenal seperti Gunung Papandayan, Kawah Putih, dan Green Canyon Pangandaran. Semua itu hanya sedikit dari sekian banyaknya kekayaan wisata alam di Provinsi Jawa Barat yang bisa kamu kunjungi.


Lokasi Provinsi Jawa Barat yang strategis dan dekat dengan Jakarta membuat provinsi ini mudah dikunjungi dengan moda transportasi publik, seperti kereta api. Untuk mencapai Jawa Barat kamu bisa naik kereta dan berhenti di beberapa stasiun di Jawa Barat seperti Stasiun Bandung, Stasiun Purwakarta, Stasiun Kiaracondong, atau lainnya tergantung destinasi wisata tujuan kamu. Setelah sampai di Jawa Barat, jangan lupa untuk mengeksplorasi keunikan Jawa Barat dengan berkunjung ke tempat wisata di Jawa Barat, serta mencicipi kelezatan kuliner khas Jawa Barat seperti mie kocok, karedok, dodol Garut, asinan Bogor, dan masih banyak lagi.


Ayo mulai jelajahi Jawa Barat, sobat tiket! Pesan tiket tempat wisata di Jawa Barat melalui to do dari tiket.com. Saatnya kamu mendapatkan liburan tak terlupakan di Jawa Barat, sobat tiket. Jadikan tiket.com sebagai partner setia liburan kamu ke mana pun dan kapan pun. Ayo berangkat ke Jawa Barat bersama tiket.com!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Jawa Barat

Informasi mengenai tempat wisata di Jawa Barat.

Apa itu tiket CLEAN di Jawa Barat?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Jawa Barat tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Jawa Barat yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di Jawa Barat

Jawa barat memiliki udara yang sejuk dan banyak objek wisata yang ramah keluarga serta menawarkan pemandangan yang indah. Mulai dari tempat wisata alam, hiburan, edukasi, kuliner hingga belanja. Di Jawa Barat, kamu bisa mengunjungi Pantai Pangandaran, Gunung Tangkuban Perahu yang ada di Bandung, Kawah Putih Ciwidey, bermain arung jeram di Sungai Citarik, Taman Safari, dan masih banyak lagi.

Karena suasananya yang menyenangkan dan banyaknya tempat wisata di Jawa Barat yang cocok untuk segala usia, area ini sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Barat

Kota-kota di Jawa Barat sering dijadikan destinasi utama untuk short weekend getaway. Ada banyak tempat wisata alam dan modern, termasuk juga museum dan taman bermain air yang cocok untuk wisata keluarga. Selain itu, beberapa area di Jawa Barat juga terkenal karena kesejukan udaranya, sangat cocok untuk wisatawan yang sudah sering harus menghadapi panas terik di kota besar. Beberapa kota yang paling terkenal akan tempat-tempat wisatanya adalah Bogor, Bandung, dan Bekasi.

1. Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor bisa dibilang adalah salah satu kebun binatang yang paling populer di seluruh Jawa. Hal ini karena binatang-binatang di sini ada yang dibiarkan berkeliaran secara bebas, tanpa kandang sama sekali. Karena itu, kamu harus mengendarai mobil untuk mengeksplorasinya, ya. Dan pastikan kamu memberi makan hanya dari mobil, bukan turun ke mobil. Untuk memastikan keamanan semua pengunjung, saat berkendara di kawasan binatang karnivora, kamu dilarang menurunkan jendela mobil.

2. The Jungle Water Adventure

Di area Bogor, kamu bisa menemukan taman bermain air The Jungle Water Adventure! Ada banyak sekali wahana untuk semua anggota keluarga, mulai dari yang ramah anak, menenangkan, hingga yang memacu adrenalin. Setelah atau sebelum berenang, kamu bisa juga berkunjung ke area-area lain yang tidak melibatkan kolam air, seperti The Jungle 4D Cinema atau Bird Park yang ada di sini.

3. Fairy Garden Lembang

Untuk lokasi wisata instagramable, terutama untuk si kecil, kamu bisa ke Fairy Garden yang ada di Lembang. Seperti namanya, kamu akan merasa telah memasuki negeri dongeng saat tiba di sini. Ada banyak bangunan replika yang menyerupai kastil-kastil puteri. Kamu dan si kecil bisa jalan-jalan sambil berfoto-foto sampai puas di lokasi outdoor ini.

4. Taman Buaya Indonesia Jaya

Seperti namanya, taman buaya di Bekasi ini menampung kurang lebih 500 ekor buaya. Keamanan tempat ini pun, baik bagi hewan-hewan tersebut, maupun bagi pengunjung, sudah dipastikan aman sepenuhnya sehingga kamu tidak perlu khawatir. Selain melihat satwa tersebut, kamu juga bisa bersantai di gazebo atau mengajak si kecil bermain di area wahana permainan yang ada.

5. Trans Snow World Juanda Bekasi

Bermain perang salju sekarang tidak perlu lagi jauh-jauh ke luar negeri. Di Trans Snow World, kamu bisa bermain salju indoor dengan fasilitas lengkap. Selain sekedar membuat boneka salju atau perang salju, kamu bisa juga bermain ski di sini dan naik kursi gantung. Selama 2 jam (1 sesi), kamu bisa menikmati hari tanpa ribet dengan arloji pengingat durasi yang tersisa.

6. Little Venice

Sama seperti namanya, Litte Venice adalah replika Kota Venice, Italia. Bangunan-bangunan di sini dibuat mengikuti arsitektur bangunan-bangunan terkenal di Venice. Ada juga gondolanya yang populer di sini, loh! Selain jalan-jalan, tentu tempat ini bisa jadi spot instagramable yang menarik!

7. Go! Wet Waterpark

Untuk taman bermain air yang lengkap dan menyenangkan di Bekasi, kamu bisa ke Go! Wet Waterpark. Tempat ini menghadirkan berbagai macam wahana yang menyenangkan untuk semua umur. Untuk kamu yang sekedar ingin bersantai, kamu bisa berenang di Go! Lazy. Atau, pacu adrenalinmu di perosotan spiral Go! Fast. Ada juga wahana 5D di sini, loh!

8. Taman Rusa Kemang Pratama

Seperti namanya, daya tarik utama tempat ini adalah rusa tutul jinak nan cantik di sini. Kamu dan anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan hewan-hewan ini. Selain rusa, ada juga hewan lain, seperti ayam kalkun.

9. Kawah Putih

Salah satu objek wisata di Jawa Barat yang menjadi favorit turis adalah Kawa Putih. Terletak di Ciwidey, kawah ini awalnya terbentuk karena letusan Gunung Patuha. Airnya memiliki warna putih kehijauan yang menjadikannya unik. Banyak wisatawan keluarga yang pergi ke sini untuk melihat langsung pemandangan cantik ini dan berfoto-foto.

10. JungleLand Adventure Theme Park

JungleLand Adventure Theme Park di Bogor adalah paket lengkap untuk wisata keluarga dan wisata anak. Tempat ini memiliki banyak sekali wahana untuk semua anggota keluarga. Secara total, ada 37 wahana yang bisa kamu coba di sini. Pilih yang mana saja yang kamu ingin coba, baik yang menyenangkan dan menegangkan atau lebih santai. Pesan tiketnya di tiket.com, ya!

11. Curug Parigi

Selain merupakan tempat wisata alam yang menyegarkan dengan pemandangan indah, curug ini juga merupakan salah satu spot instagramable yang wajib dikunjungi di Bekasi. Air terjun ini memiliki aliran yang cukup deras meskipun tidak terlalu tinggi. Kamu bisa dengan mudah berdiri di dekatnya untuk benar-benar melihat keindahannya serta menikmati kesegarannya. Untuk hasil foto yang keren, kunjungilah tempat ini menjelang matahari terbenam.

12. Gunung Tangkuban Perahu

Terletak agak jauh dari pusat kota, tepatnya 20 km dari Bandung, gunung ini adalah situs wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan! Sering dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, gunung ini memang memiliki bentuk yang menyerupai perahu terbalik. Jika kamu pecinta wisata alam dan seorang petualang, gunung ini wajib masuk ke daftar tempat wisata yang akan kamu kunjungi!

13. Taman Bunga Nusantara

Ingin melihat bunga-bunga warna-warni bermekaran? Kamu bisa ke Taman Bunga Nusantara di Bogor! Tempat ini memamerkan banyak sekali koleksi bunga-bunga cantik. Semuanya sudah ditata dalam desain yang menarik sehingga semakin memanjakan mata. Selain sekedar melihat-lihat dan jalan-jalan santai, ada beberapa wahana permainan untuk anak-anak.

14. Highland Park Resort

Penginapan ini memiliki keunikan sendiri karena tempat menginapmu bukan resor biasa, melainkan rumah Indian. Sangat cocok untuk kamu yang ingin menginap di Bogor di lokasi yang berbeda. Kamu juga tidak akan bosan selama menginap karena ada fasilitas kolam renang dan flying fox di sini. Udaranya pun sejuk.

15. Taman Mekarsari

Mekarsari tentu sudah tidak asing bagi banyak warga Indonesia, terutama yang tinggal di atau sekitar Jawa Barat. Taman ini mengusung tema budidaya buah-buahan domestik. Terletak di Bogor, dengan luas 265 hektar, kamu bisa mengeksplorasinya tempat wisata hits ini sampai puas bersama keluarga.

16. Trans Studio Bandung

Ingin menikmati momen bermain menyenangkan bersama rombonganmu? Langsung saja ke taman bermain indoor Trans Studio Bandung. Ada berbagai wahana menarik untuk semua orang di sini, seperti Dunia Lain The Ride, Si Bolang Adventure, dan Kong Climb. Dan karena terletak di dalam mal, kamu bisa lanjut jalan-jalan di mal setelah selesai bermain. Pesan tiketnya sekarang di halaman To Do kami!

17. Floating Market Lembang

Floating Market atau pasar apung di Lembang juga merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal. Di sini, ada berbagai jualan makanan di perahu yang terapung. Setelah puas menikmati kuliner lokal dengan cara belanja yang unik, kamu juga bisa ke area-area rekreasi lainnya yang ada di sini. Sebut saja Taman Kelinci, Kota Mini, dan Wahana Air.

18. Istana Bogor

Dari enam istana Presiden RI yang ada di Indonesia, Istana Bogor sering menjadi salah satu favorit wisatawan. Aristekturnya megah, ada koleksi barang sejarah di dalamnya, dan juga rusa-rusa yang berkeliaran di area luar istana. Keunggulan lainnya adalah tidak ada biaya tiket masuk untuk berwisata di sini.

19. Transera Waterpark

Taman bermain air ini menyediakan 2 zona berbeda (satu-satunya di Bekasi!), memiliki dekor dan suasana eksotis, serta wahana air yang menarik dan unik. Baik kamu anak-anak, remaja, atau dewasa, semua macam wahana tersedia untukmu!

20. Paris van Java

Belum lengkap rasanya jalan-jalan di Bandung kalau belum belanja. Untuk itu, mampir dulu ke Paris van Java! Mal ini memiliki banyak toko-toko fesyen, buku, elektronik, dan lain-lain untuk kamu berbelanja sampai puas. Namun, ada juga bioskop, playground untuk si kecil, dan restoran untuk bersantap.

21. Pura Agung Tirta Bhuana Bekasi

Pura ini merupakan salah satu pura Hindu yang ada di Bekasi. Lokasi wisata religi ini memiliki arsitektur khas Hindu yang megah dan unik. Kamu yang tidak beragama Hindu pun bisa berkunjung, namun dengan mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup.

22. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor, seperti namanya, merupakan kebun dengan pohon-pohon dan tanaman lain yang cantik dan rindang. Tempat ini cocok dijadikan destinasi utama jika kamu ingin jalan-jalan santai di area terbuka yang sejuk dan indah pemandangannya. Kamu juga bisa jajan camilan lokal selama di tempat makan di sini!

23. Danau Elysium

Jika kamu ingin jalan-jalan santai di ruang publik yang rindang dan terbuka, kamu bisa ke Danau Elysium di Cikarang. Warga lokal sering bersepeda di lokasi ini.

24. Rabbit Town Bandung

Rabbit Town Bandung merupakan tempat wisata selfie di mana kamu bisa berfoto dengan berbagai macam latar belakang yang ada. Latar belakangnya ini bukan sekedar kain dengan gambar, tapi benar-benar tempat yang sudah didesain dan diwarnai dengan cantik serta dilengkapi properti menarik untuk kamu berfoto-foto. Tempat ini terutama cocok untuk kamu yang berwisata dengan pasangan atau rombongan.

25. Dusun Bambu Lembang

Di Dusun Bambu Lembang, kamu bisa menemukan segala jenis rekreasi untuk semua anggota keluarga. Ada restoran dan kafe untuk bersantap, wahana permainan anak-anak, area glamping, dan juga taman bunga yang indah. Udara yang sejuk selalu menemanimu selama di sini.

26. Paralayang Bukit Gantole Puncak

Ingin menikmati pemandangan indah dari ketinggian sambil melayang? Coba aktivitas paralayang di Bukit Gantole! Selama 10 menit, kamu akan mengudara dengan aman sambil melihat-lihat pemandangan cantik di bawahmu. Bawa juga kamera ponselmu untuk berfoto-foto, ya!

27. Ranca Upas Ciwidey

Untuk kamu yang berjiwa petualang dan senang berinteraksi dengan satwa jinak, kamu bisa ke Kampung Cai Ranca Upas. Tempat wisata outdoor ini terkenal karena ada rusa-rusa jinak yang cantik dan bisa kamu ajak interaksi dengan memberi makan. Selain berinteraksi dengan mereka, kamu bisa juga ke pemandian air panas. Dan untuk kamu yang suka camping, kamu bisa ke camping ground yang tersedia di sini.

28. Sirkus Waterplay

Sirkus Waterplay adalah kolam renang indoor untuk anak-anak yang mengusung tema sirkus. Dekorasi dan propertinya menarik mata, fasilitasnya aman dan lengkap untuk anak-anak. Kamu pun bisa menemani si kecil selama ia berenang, bermain perosotan air, dan lain-lain.

29. Rainbow Garden

Taman rekreasi dengan konsep eat and play ini sangat cocok untuk wisata keluarga. Ada berbagai wahana pemainan anak yang menyenangkan, spot foto yang lucu, dan juga tempat makan kuliner lokal yang lezat.

30. Upside Down World Bandung

Upside Down World Bandung, seperti namanya, adalah tempat wisata selfie dengan spot foto terbalik. Tapi tenang, lokasinya tidak benar-benar terbalik, namun dibuat seakan-akan terbalik. Hasil fotomu nanti akan membuatmu terlihat sedang berdiri di atap alih-alih di lantai. Masing-masing ruangan terbalik memiliki temanya sendiri-sendiri, seperti dapur, ruang tamu, ruang makan, dan lain-lain. Staf di lokasi siap membantu mengatur posemu dan memotretmu!

Cara Menuju ke Jawa Barat

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Jawa Barat adalah dengan:

Pesawat

Kota-kota di Jawa Barat umumnya tidak memiliki bandara besar, sehingga biasanya kamu perlu membeli tiket pesawat ke beberapa kota di dekatnya, seperti Jakarta, sebelum melanjutkan perjalanan darat ke kota tujuanmu. Namun, kamu bisa juga menggunakan pesawat dan mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat di Majalengka dan melanjutkan perjalanan dengan Bus DAMRI, bus pariwisata, atau rental mobil ke tempat tujuan kamu.

Bus

Jika kamu berangkat dari wilayah Jabodetabek, kamu bisa menggunakan Bus Pariwisata atau mobil Travel yang sesuai dengan tujuan kamu. Di Jabodetabek sendiri, sangat mudah untuk mendapatkan travel / bus dengan harga sekitar Rp65.000,- hingga Rp130.000,-.

Kereta

Jika kamu berangkat dari Jakarta dan bertujuan ke Depok maka kamu bisa naik kereta Commuter Line KRL dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Depok Baru. Kamu bisa juga mencapai kota-kota lain, seperti Bekasi dan Bogor menggunakan kereta ini.

Selain itu, kamu bisa juga menggunakan kereta antar kota untuk mencapai kota-kota di Jawa Barat dan untuk berpindah dari satu kota ke kota lainnya.

Akomodasi di Jawa Barat

Kamu akan dengan mudah menemukan hotel mewah berbintang 5 di kota-kota yang lebih besar, seperti Bandung. Di kota-kota lainnya, kamu akan lebih banyak menemuka akomodasi bintang 3 atau lebih rendah. Pesan hotelmu di tiket.com sekarang untuk harga terjangkau dan promo yang menarik.

Spot Instagram-able di Jawa Barat

Kota-kota di Jawa Barat umumnya memiliki banyak taman dan lokasi wisata buatan yang cocok kamu kunjungi saat sedang berburu foto-foto wisata yang keren. Beberapa di antaranya Kota Mini Lembang (ala Eropa Klasik), Farmhouse Lembang (ala Perancis), The Ranch Mega Mendung & De Ranch Lembang (ala Belanda), Little Venice Kota Bunga (ala Italia), De Voyage Bogor (ala Paris), dan Kampoeng Tulip (ala Belanda).

Kuliner Jawa Barat

Masing-masing kota di Jawa Barat menawarkan cita rasa makanan khas Jawa Barat yang unik. Beberapa di antaranya adalah Nasi Tutug Oncom (terdiri dari nasi dan oncom yang ditumbuk bersamaan), Opak (ada Opak Singkong yang terbuat dari singkong yang diparut dan Opak Ketan yang terbuat dari beras ketan), Surabi (ada serabi manis yang menggunakan kinca atau gula merah cair dan serabi asin dengan atau tanpa taburan oncom yang telah dibumbui di atasnya), Manisan Pala, Mochi (makanan manis berbentuk bulat yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk sampai adonan menjadi lengket), dan Lotek (makanan khas Jawa Barat yang tampilannya sangat mirip dengan gado-gado dan berisi beberapa jenis sayuran yang direbus dan disiram dengan bumbu kacang).

Makanan Vegan / Vegetarian

Kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan makanan vegan dan vegetarian di sini, khususnya di Kota Bandung. Di Bandung, restoran yang menyediakan menu vegan dan vegetarian sudah sangat berkembang.

Belanja di Jawa Barat

Untuk mal, kamu bisa berbelanja di Paris Van Java (Bandung), Grand Mall Bekasi, Lippo Mall Cikarang, Botani Square (Bogor), dan Depok Town Square. Sedangkan untuk pasar tradisional, kamu bisa berbelanja di Pasar Tradisional Citeureup, Pasar Tradisional Mustika Jaya, Pasar Tradisional Cikarang, dan Pasar Ciroyom.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Jawa Barat

Musim

Musim di Jawa Barat hanya ada dua, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Kamu mungkin akan kesulitan mengakses sejumlah tempat wisata di Jawa Barat pada musim hujan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu berkunjung pada musim kemarau (pertengahan tahun).

Suhu Rata-Rata

Suhu rata-rata di musim hujan adalah 20 derajat cesius (68 derajat fahrenheit). Sedangkan pada musim kemarau, suhu rata-rata di sini adalah sekitar 28 derajat cesius (82.4 derajat fahrenheit).

Festival

Kota-kota di Jawa Barat masing-masing memiliki festival tahunan yang seru. Di Garut, setiap bulan April, ada Gebyar Pesona Budaya Garut yang digelar untuk memajukan sektor pariwisata Garut.

Di Bogor, ada Festival Cap Go Meh yang diselenggarakan setiap bulan Februari. Acara ini adalah memiliki makna untuk memperkuat rasa kebersamaan dalam keberagaman.

Di Bandung, kamu bisa menghadiri Asia Afrika Festival yang diadakan setiap bulan Mei. Acara ini bertujuan mempromosikan kerja sama ekonomi dan kebudayaan Asia Afrika, sekaligus mempromosikan Indonesia ke seluruh dunia.

Sedangkan di sekitar bulan Agustus dan Desember ada Festival Seni Budaya Kota Cirebon. Acara ini bertujuan menampilkan adat budaya dan tradisi keraton yang didasarkan kepada kebesaran masa lalu yang saat ini masih berlangsung.

Cara Berkeliling di Jawa Barat

Masing-masing kota di Jawa Barat memiliki transportasi umumnya sendiri-sendiri. Namun, umumnya, masing-masing kota memiliki bus kota, angkot, taksi, dan ojek. Bogor, Bekasi, dan Depok terkoneksi dengan satu sama lain dan dengan Jakarta oleh transportasi umum kereta KRL Commuter Line. Bus TransJakarta juga menghubungkan Kota Jakarta dengan Kota Tangerang dan Bekasi.

Di Bandung, kamu bisa menggunakan Bandros, yaitu Bandung Tour On Bus. Ini merupakan bus yang disediakan oleh pemerintah Kota Bandung untuk wisatawan yang ingin keliling kota Bandung. Bus yang fungisnya kurang lebih sama juga tersedia di Purwakarta dengan nama Bus Wisata Kidang Pananjung. Sedangkan di Sumedang, nama bus ini adalah Bus Wisata Tampomas.

Kota-kota di Jawa Barat juga bisa kamu eksplorasi dengan mobil dan motor sewa. Kamu bisa sewa mobil di Jawa Barat di tiket.com untuk harga yang terjangkau dan promo yang menarik.

Seberapa Luas Jawa Barat

Secara keseluruhan, luas Jawa Barat adalah 35.378 km persegi dan untuk berkeliling di kota-kota yang ada di Jawa Barat, sebaiknya kamu menghabiskan sekitar 3 sampai 4 hari di sini. Selama waktu tersebut, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas seru di Jawa Barat dan berkunjung ke tempat wisata di Jawa Barat yang terkenal. Beberapa di antaranya adalah Kawah Putih (Bandung), Stone Garden (Padalarang), Green Canyon (Pangandaran), Curug Cikaso (Sukabumi), dan Alam Panenjoan (Purwakarta).

Mata Uang Jawa Barat

Rp (Rupiah Indonesia).

Bahasa Jawa Barat

Bahasa utama dan resmi yang digunakan adalah Bahasa Indonesia. Namun, warga lokal masih lebih sering menggunakan bahasa daerah mereka, yaitu Bahasa Sunda dengan dialek yang berbeda disetiap daerahnya (Dialek bogor, Priangan, dan Cirebon).

Zona Waktu Jawa Barat

WIB / GMT+7.

Jenis Stop Kontak di Jawa Barat

Jenis stop kontak di Bali adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Informasi Penting Tentang Jawa Barat

  1. Jangan mengenakan pakaian yang terlalu terbuka. Kenakanlah pakaian berlengan, celana panjang, dan sepatu berjalan yang nyaman.
  2. Jangan berpelukan atau berciuman di tempat umum.
  3. Air keran bukan untuk diminum.