Provinsi Jambi
Tentang

Impian para pelancong ketika berada di Indonesia adalah pelesiran ke Jambi. Provinsi ini memiliki destinasi wisata yang apik dan ciamik, mulai dari wisata sejarah, budaya, hingga panorama alam. Kalau kamu belum menentukan di mana kamu ingin menghabiskan waktu liburanmu yang selanjutnya, gimana kalau ke Jambi aja? Ada banyak banget alasan yang bisa bikin kamu tertarik untuk jalan-jalan ke kota ini.

Banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Dari wisata alam, kamu bisa mendaki Gunung Kerinci yang merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia. Lihatlah pemandangan matahari terbit dengan suasana yang menyejukkan hati.

Kemudian, kamu juga bisa berburu spot foto di Bukit Ngarau Merangin sembari menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Lokasinya berada di Kabupaten Merangin.

Berpindah ke wisata sejarah, kunjungilah Museum Siginjai yang mengoleksi beraneka benda bersejarah terkait Jambi dalam bentuk geologi dan arkeologi. Kamu bisa melihat fosil kayu langka, hewan langka yang dilindungi, dan batu-batuan.

Tak hanya itu, Jambi juga memiliki sejumlah festival. Festival di Jambi akan membuat liburanmu semakin asyik. Soalnya, Jambi punya kekayaan akan festival yang bertemakan seni dan budaya, seperti Festival Budaya Batanghari yang berlangsung setiap November hingga Desember. Acara ini menampilkan festival tari dan lagu daerah, atraksi dan budaya, dan wisata sejarah.

Selain tempat wisata dan festival, cobalah untuk mencicipi lezatnya kuliner Jambi, seperti nasi gemuk (nasi ditambah irisan telur dadar dan irisan mentimun), pempek Jambi, mie celor, dan nasi minyak (nasi berwarna kuning yang diolah dengan bumbu India dan disajikan dengan ayam kampung, kari daging, atau kari kambing).

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Provinsi Jambi

Informasi mengenai tempat wisata di Provinsi Jambi.

Apa itu tiket CLEAN di Jambi?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Jambi tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Jambi yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Jambi

Berada di pesisir timur Pulau Sumatera, Jambi juga memiliki banyak obyek wisata yang menarik, mulai dari wisata alam, sejarah, rekreasi, hingga budaya. Dari wisata alam, kamu bisa mendaki Gunung Kerinci yang merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia. Lihatlah pemandangan matahari terbit dengan suasana yang menyejukkan hati.

Kemudian, kamu juga bisa berburu spot foto di Bukit Ngarau Merangin sembari menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Lokasinya berada di Kabupaten Merangin.

Berpindah ke wisata sejarah, kunjungilah Museum Siginjai yang mengoleksi beraneka benda bersejarah terkait Jambi dalam bentuk geologi dan arkeologi. Kamu bisa melihat fosil kayu langka, hewan langka yang dilindungi, dan batu-batuan.

Beragam tempat wisata di Jambi pun cocok untuk Sang Petualang, Nostalgia Asyik, dan Pencari Spot Foto.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Jambi

Berlokasi di Pulau Sumatera, Jambi adalah salah satu kota wisata alam yang tak boleh kamu lewatkan. Ada banyak danau, gunung, dan air terjun cantik yang tak hanya menyegarkan tapi juga indah dan bagus difoto.

1. Pulau Penyu

Pulau Penyu adalah salah satu pulau tak berpenghuni di sekitar Jambi yang sudah sering menjadi destinasi wisata utama para turis. Menjadi lokasi konservasi penyu tanpa dihuni manusia, tempat ini masih bersih dan asri. Sangat cocok untuk relaksasi bersama keluarga di tempat wisata alam terbuka yang menyegarkan!

2. Gunung Kerinci

Memiliki ketinggian 3.805 mdpl, gunung ini adalah salah satu favorit para pendaki. Pilih di antara dua jalur: Jalur Solok atau Krisik Tuo, dan nikmati keindahan matahari terbit di puncaknya yang tiada duanya!

3. Air Terjun Talang Kemulun

Masih berada di kawasan Gunung Kerinci, kamu bisa mencapai air terjun ini setelah melewati sebuah hutan. Meski ditemukan pada 1995, tempat ini masih tergolong tempat wisata tersembunyi yang jarang diketahui sehingga masih bersih dan tidak ramai. Keindahannya memberikan kesan eksotis yang pasti tak ingin kamu lewatkan.

4. Danau Sipin

Danau Sipin adalah objek wisata di Jambi yang cocok sebagai destinasi akhir pekan bersama keluarga untuk sekedar melepas penat bersama. Selain bisa duduk atau jalan-jalan santai sambil menikmati keindahan pemandangan, kamu juga bisa memancing, berkeliling danau menggunakan perahu nelayan, atau menikmati hidangan ikan nila khas Danau Sipin.

5. Hesti’s Garden

Hesti’s Garden adalah sebuah taman bunga modern yang menghadirkan padang bunga warna-warni nan cantik. Tempat ini cocok untuk wisata keluarga, atau bahkan pasangan di akhir pekan. Untuk kamu yang suka foto-foto, tempat ini juga pasti cocok untukmu!

6. Danau Kumbang

Terletak di wilayah Gunung Masurai, danau ini merupakan salah satu persinggahan utama para pendaki. Selain merupakan lokasi dengan keindahan pemandangan yang tiada duanya, danau ini juga menjadi spot yang sempurna untuk menyiapkan persediaan makanan dan minuman tambahan selama mendaki.

7. Telaga Biru

Ingin jalan-jalan ke destinasi di Jambi yang menyegarkan? Langsung saja ke Telaga Biru! Namanya diambil dari kejernihan airnya yang memang berwarna biru. Begitu jernihnya sampai kamu bisa melihat dasarnya! Sudah terbayang betapa cantik dan menyegarkannya tempat ini, kan?

8. Danau Kaco

Satu lagi tempat wisata alam dengan air jernih yang wajib kamu kunjungi: Danau Kaco. Di siang hari, danaunya berwarna biru jernih. Di malam hari, cahaya bulan bahkan bisa terpantul jelas sehingga tempat ini terlihat lebih terang. Pasti kamu tidak ingin melewatkan tempat wisata di Jambi yang keren ini, kan?

9. Air Terjun Renah Sungai Besar

Karena ketinggiannya, kamu pasti langsung bisa merasakan kesegarannya begitu tiba di sini. Di bawahnya juga ada sungai kecil di mana kamu bisa berendam. Pepohonan hijau di sekitarnya hanya menambah kesegaran suasana di sini.

10. Kebun Teh Kayu Aro

Berada di kaki Gunung Kerinci, kebun teh ini menawarkan kesejukan yang pasti tak bisa kamu tolak. Memiliki luas 3.000 hektar, kamu hanya akan melihat pemandangan hijau yang rindang sejauh mata memandang. Sangat cocok jika kamu ingin beristirahat dari suasana kota.

11. Bukit Ngarau Merangin

Untuk mencapai puncak bukit ini, kamu memang harus mendaki sedikit lebih dulu. Namun, jalurnya tidak sampai terlalu menantang, kok! Begitu tiba di atas, kamu bisa menikmati pemandangan Kota Jambi dari ketinggian yang tak hanya keren, tapi juga instagrammable!

12. Danau Biru Muara Tembesi

Danau buatan ini sudah sering dikunjungi turis dan juga warga lokal. Selain karena pemandangannya yang cantik dan airnya yang segar untuk berendam atau berenang, tempat ini juga cocok untuk foto-foto! Terutama dengan banyaknya pohon-pohon hijau di sekitarnya.

13. Jambi Paradise

Jambi Paradise adalah salah satu destinasi wisata keluarga dan wisata anak yang tak boleh kamu lewatkan! Ada banyak fasilitas rekreasi yang cocok untuk si kecil, seperti flying fox, perahu, dan banyak lagi. Lalu, ada juga berbagai spot foto buatan yang keren. Fasilitas lainnya, seperti restoran, juga sudah tersedia lengkap.

14. Danau Lingkat

Ingin jalan-jalan ke tempat wisata alam yang eksotis? Langsung saja ke Danau Lingkat! Terletak di ketinggian 1.100 mdpl dengan luas hingga 12 hektar, tempat wisata alam ini masih terjaga kejernihannya. Kamu benar-benar akan memanjakan matamu saat tiba di sini. Ditambah lagi dengan indahnya bukit-bukit sekitar yang menjadi latar belakang danau.

15. Danau Belibis

Danau ini diberi nama demikian karena memang penghuni terbanyaknya adalah burung-burung belibis yang cantik. Namun, selain itu, ada cukup banyak spesies satwa lain yang tinggal di sini. Untuk kamu yang suka tempat wisata alam dengan koleksi flora dan fauna yang beragam, tempat ini bisa jadi destinasi yang sempurna!

16. Danau Gunung Tujuh

Berada di ketinggian 2.000 mdpl, danau ini tak hanya indah pemandangannya, tapi juga sejuk udaranya. Bahkan, banyak orang yang mengatakan danau ini mengingatkan mereka pada Danau Ranu Kumbolo di Semeru yang terkenal itu. Membentang di area kaki Gunung Tujuh, danau ini menjadi salah satu perhentian utama sebelum mulai mendaki.

17. Taman Telun Berasap

Taman ini terdiri dari sebuah air terjun setinggi 50 meter dan juga area konservasi. Keduanya masih menjadi bagian dari Gunung Kerinci. Dengan kawasan sekitar masih berupa hutan lebat yang alami, tak heran jika kamu perlu melewati jalur yang lumayan menantang sebelum tiba di sini. Namun, semuanya akan sepadan begitu kamu bisa menikmati kesejukan udaranya dan kedamaian suasananya.

18. Pasar Keramik Sitimang

Untuk kamu yang suka koleksi barang-barang antik, Pasar Keramik Sitimang bisa jadi destinasi selanjutnya yang cocok untukmu. Ada berbagai pilihan keramik untuk kamu beli, mulai dari yang cocok untuk keperluan rumah tangga hingga barang-barang koleksi yang paling unik.

19. Air Terjun Sungai Medang

Terletak di tengah hutan dan dekat dengan tebing serta perbukitan, air terjun ini tak hanya menawarkan kecantikan pemandangan tapi juga suasana yang tenang dan sejuk. Tak heran jika tempat ini kini menjadi salah destinasi favorit turis lokal maupun mancanegara di akhir pekan.

20. Tugu Juang

Dari namanya saja, kamu mungkin sudah bisa menebak makna tugu ini. Ya, tugu dengan patung seorang pria berseragam yang sedang memegang bambu runcing ini adalah simbol perjuangan rakyat melawan penjajah dulu. Tugu ini juga semakin ramai dikunjungi karena upaya pelestariannya semakin baik.

21. Air Terjun Kolam Jodoh

Sama seperti air terjun lainnya, Air Terjun Kolam Jodoh juga memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Tapi, yang menjadikannya unik adalah konon katanya, jika kamu berendam di sini, kamu bisa lebih cepat dapat jodoh! Tertarik untuk coba?

22. Air Terjun Sigerincing

Memiliki ketinggian 70 meter, air terjun ini memberikan sensasi kesegaran tersendiri jika kamu berdiri di kolam di bawahnya. Selain itu, kamu juga bisa berendam di kolam tersebut. Jika kamu beruntung, kamu bahkan bisa melihat pelangi yang sangat jelas di sini!

23. Jembatan Pedestrian

Berdiri megah di atas sungai terpanjang di Jambi, jembatan ini adalah ikon Kota Jambi yang cocok untuk jalan-jalan santai atau nongkrong bersama teman sambil menikmati camilan jalanan yang lezat. Tempat ini lebih cantik lagi di malam hari saat lampu-lampunya menyala terang.

24. Museum Siginjai

Untuk kamu yang suka wisata sejarah, kamu bisa ke Museum Siginjai! Di museum yang dulu bernama Museum Negeri Jambi ini, ada koleksi berbagai barang bersejarah tentang Kota Jambi. Mulai dari pakaian adat hingga perabot rumah tangga Suku Jambi. Kamu bisa mengajak si kecil untuk belajar sejarah dengan cara yang interaktif juga di sini!

25. Taman Mini Jambi

Didesain menyerupai Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta, Taman Mini Jambi adalah salah satu destinasi rekreasi keluarga yang menarik dan tak boleh kamu lewatkan. Tempat ini cocok sekali menjadi lokasi di mana si kecil bisa belajar banyak tentang budaya lokal dengan cara yang menyenangkan! Selain itu, Taman Mini Jambi juga cocok untuk berfoto-foto.

26. Air Terjun Arai Indah

Air Terjun Arai Indah adalah destinasi yang sempurna jika kamu sedang mencari kesejukan alami untuk beristirahat dari suasana kota. Karena aliran airnya yang deras serta banyaknya kumpulan pohon-pohon di sekitarnya, suasana di sini menjadi segar dan sejuk. Dijamin membuatmu betah berlama-lama di sini.

27. Tugu Pers

Sesuai namanya, tugu ini dibangun sebagai peringatan atas kebebasan pers di Jambi. Karena merupakan salah satu ikon Kota Jambi yang ramai dikunjungi, tak heran jika kini banyak tempat makan dengan menu makanan khas Jambi yang mengelilinginya. Jadi, kamu bisa berkunjung dan berfoto-foto di sini, lalu melanjutkan perjalanan dengan wisata kuliner!

28. Air Terjun Pancoran Rayo

Memiliki ketinggian 150 meter, air terjun ini adalah salah satu yang tertinggi di seluruh Sumatera! Dengan ketinggian itu, airnya tentu lebih deras daripada air terjun lain. Kesegarannya pun juga dua kali lipat!

29. GeoPark Merangin

Daya tarik utama tempat wisata ini adalah sebagai lokasi aktivitas arung jeram yang menyenangkan dan menantang. Jika kamu dan rombonganmu suka aktivitas outdoor ini, GeoPark Merangin adalah lokasi yang sempurna!

30. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi adalah salah satu peninggalan bersejarah dari zaman kejayaan Kerajaan Sriwijaya. Selesai direstorasi pada tahun 1975, tempat yang menjadi saksi hubungan kekerabatan antara Tiongkok dan Kerajaan Sriwijaya ini kini menjadi tempat wisata sejarah yang terbuka untuk umum. Ditemukan juga peninggalan berupa alat-alat makan yang digunakan para biksu di sini zaman dulu.

Cara Menuju ke Jambi

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Jambi adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar Pulau Sumatera, cara praktis mencapai Jambi adalah menggunakan pesawat terbang dan mendarat di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin. Perjalanan dari Jakarta ke Jambi pun membutuhkan waktu 1 jam 15 menit. Dari pusat Kota Jambi, kamu membutuhkan waktu 15 menit dengan menggunakan angkutan kota atau taksi.

Kendati demikian, cara paling mudah untuk mencapai pusat Kota Jambi dari Bandara adalah dengan menggunakan mobil. Jika tidak membawa mobil pribadi, kamu bisa memanfaatkan sewa mobil di Jambi melalui tiket.com. Selain pilihan mobilnya yang lengkap, harganya juga terjangkau.

Kapal Laut

Jika ingin menggunakan moda transportasi yang lebih murah, kapal laut adalah pilihannya. Dari Jakarta, kamu akan menaiki kapal dari Pelabuhan Merak dan akan berhenti di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan kereta api menuju Palembang dan disambung dengan bis menuju Jambi. Tarif bis dari Palembang ke Jambi pun mulai dari Rp 110.000.

Akomodasi di Jambi

Jambi menyediakan banyak jenis akomodasi, mulai dari yang mewah hingga yang lebih terjangkau harganya. Selain hotel, kamu bisa dengan mudah menemukan villa, apartemen, dan homestay. Pesan hotel ke Jambi di tiket.com sekarang untuk harga terbaik!

Spot Instagrammable di Jambi

Buat kamu para pecinta foto instagramable, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat ini, yaitu Candi Muaro, Telaga Biru, Air Terjun Sigerincing, Danau Gunung Tujuh, Jambi Paradise, Bukit Ngarau Merangin, Air Terjun Pancuran Rayo, Gunung Kerinci, dan Danau Kaco.

Kuliner di Jambi

Selain wisata alam, cobalah untuk mencicipi lezatnya kuliner Jambi, seperti nasi gemuk (nasi ditambah irisan telur dadar dan irisan mentimun), pempek Jambi, mie celor, dan nasi minyak (nasi berwarna kuning yang diolah dengan bumbu India dan disajikan dengan ayam kampung, kari daging, atau kari kambing).

Makanan Vegan/Vegetarian

Makanan khas Jambi memang sebagian besar non-vegetarian. Namun, kamu tidak akan kesulitan menemukan restoran atau kafe yang menyajikan khusus makanan vegan dan vegetarian. Menunya tidak selalu makanan khas Jambi tanpa daging atau yang dagingnya diganti, tapi bisa juga makanan Indonesia lain atau makanan chinese dan western.

Belanja di Jambi

Selain obyek wisata, kamu juga akan dimanjakan dengan tempat berbelanja di Jambi. Pusat perbelanjaan yang menjadi tempat favorit para pelancong, yakni Enha Supermarket, Jambi Town Square, Jambi Prima Mal, Mal WTC Batanghari, Mandala Supermarket, dan Plaza Angsa Duo.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Jambi

Musim

Jambi hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Umumnya, di saat musim kemarau pun, udara di kota ini masih termasuk sejuk, terutama setelah matahari terbenam. Untuk menghindari musim hujan, bulan terbaik untuk berkunjung adalah antara Juni dan September.

Festival

Banyak hal yang harus kamu lakukan di Jambi, salah satunya berkunjung ke sejumlah festival. Festival di Jambi akan membuat liburanmu semakin asyik. Soalnya, Jambi punya kekayaan akan festival yang bertemakan seni dan budaya, seperti Festival Budaya Batanghari yang berlangsung setiap November hingga Desember. Acara ini menampilkan festival tari dan lagu daerah, atraksi dan budaya, dan wisata sejarah.

Kemudian, ada juga Festival Tapa Malenggang yang diselenggarakan untuk melestarikan cerita rakyat Tapa Malenggang. Sejumlah rangkaian acara yang dilaksanakan setiap November juga diikuti dengan musik tradisional dan olahraga.

Cara Berkeliling di Jambi

Sejumlah transportasi umum yang bisa kamu andalkan untuk mencapai tempat wisata di Jambi, yakni angkutan kota, taksi, dan transportasi online. Untuk angkutan kota, terdapat banyak rute dengan tarif mulai dari Rp 2.000.

Kendati demikian, cara paling mudah untuk menjelajahi Jambi adalah dengan menggunakan mobil. Jika tidak membawa mobil pribadi, kamu bisa memanfaatkan sewa mobil di Jambi melalui tiket.com. Selain pilihan mobilnya yang lengkap, harganya juga terjangkau.

Seberapa Luas Jambi

Dengan luas 205,4 kilometer persegi, kamu membutuhkan waktu empat hingga lima hari untuk menjelajahi obyek wisata di Jambi. Terdapat sejumlah destinasi wisata yang patut kamu singgahi, seperti Gentala Arasy, Air Terjun Sigerincing, Museum Siginjai, Air Terjun Arai Indah, Gunung Kerinci, Telaga Biru, Taman Telun Berasap, dan Danau Belibis.

Mata Uang di Jambi

Rp (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Jambi

Bahasa utama di kota ini tentu adalah Bahasa Indonesia. Namun, warga lokal juga sering menggunakan bahasa daerahnya dengan Bahasa Melayu.

Zona Waktu Jambi

WIB / GMT+7

Jenis Stop Kontak di Jambi

Jenis stop kontak di Jambi dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Jambi

  1. Karena udaranya yang cukup panas, kami sarankan untuk membawa baju-baju berlengan pendek, atau lengan pendek dengan jaket, dan celana panjang atau rok panjang. Bawa juga sepatu berjalan yang nyaman.
  2. Air keran di Jambi bukan untuk diminum.
  3. Jika kamu pergi ke Jambi pada pertengahan tahun, mohon diingat bahwa itu adalah waktu libur sekolah di Indonesia sehingga mungkin banyak turis lokal.