Bersiap Sambut #NewNormal

tiket FLEXItiket CLEANInstant Pass

Pesan sekarang buat nanti! Fleksibel tentukan jadwal aktivitasmu.

Selengkapnya

Aktivitas Baru Di Jakarta

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Jakarta

Informasi mengenai tempat wisata di Jakarta.

Apa Itu tiket CLEAN di Jakarta?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Jakarta tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Jakarta yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Jakarta

Jakarta adalah kota metropolitan di Indonesia yang penuh dengan pusat perbelanjaan modern, transportasi lengkap, gedung-gedung ikonik, museum-museum modern, makanan khas dari berbagai daerah, dan orang-orang yang ramah. Secara tidak langsung, Jakarta adalah kota bertemunya berbagai budaya, baik dari kota-kota lain di Indonesia, maupun dari luar negeri. Kamu bisa menemukan dan mencoba semuanya di sini!

Ada banyak tempat wisata di Jakarta untuk kamu pilih. Mulai dari theme park dengan ukuran raksasa, museum modern, bangunan bersejarah, tempat wisata indoor hingga kafe dan restoran dengan dekorasi lucu.

Jakarta sangat cocok dikunjungi jika kamu bepergian bersama teman-teman terbaikmu atau bersama keluarga.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta

Sebagai ibukota, Jakarta adalah kota modern dan metropolitan yang menjadi pusat bisnis dan edukasi. Kamu akan menemukan banyak bangunan-bangunan tinggi dengan arsitektur modern di sini. Namun, Jakarta juga menyimpan banyak barang-barang bersejarah dan karya seni di dalam museum-museumnya yang tersebar di mana-mana. Ada juga banyak wisata keluarga dan wisata anak, seperti taman bermain air dan theme park di sini.

1. Monumen Nasional (Monas)

Ikon Kota Jakarta ini dibangun untuk memperingati semangat juang rakyat Indonesia dan juga para pahlawan kemerdekaan. Salah satu fakta tentang monumen ini yang paling unik adalah bagian api di puncak monumen ini terbuat dari emas. Kompleks monumen ini juga luas dan telah dijadikan ruang publik. Pengunjung bisa jalan-jalan santai, berolahraga, dan bersepeda di sini.

2. Istana Merdeka

Istana Merdeka adalah istana presiden yang berlokasi tepat di jantung kota Jakarta. Meski tidak terbuka untuk umum, kamu bisa melihat langsung arsitekturnya yang megah dari luar. Dari Monas, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 2 menit untuk mencapai tempat ini dan melihat-lihat sebelum kembali jalan-jalan santai di tengah kota.

3. Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium yang terletak di dalam mal Central Park adalah akuarium indoor terbesar yang ada di Indonesia. Ada lebih dari 3500 spesies binatang akuatik dan non-akuatik di sini. Interiornya juga didesain dengan cantik dan modern sehingga bisa menjadi spot instagramable. Ada juga pertunjukan terjadwal untuk beberapa area.

4. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah bisa dibilang sebagai miniaturnya Indonesia. Kamu akan menemukan replika rumah-rumah adat, danau dengan pulau buatan (mewakili pulau-pulau di Indonesia), berbagai museum, gedung teater, dan banyak taman dengan tema unik.

5. Dunia Fantasi

Jika kamu mencari theme park, Dunia Fantasi (Dufan) bisa menjadi destinasi utamamu! Ada banyak wahana yang menyenangkan di sini. Mulai dari yang menantang seperti Tornado, Histeria, dan Halilintar, hingga yang cocok untuk semua usia dan ramah anak, seperti Bianglala, Alap-Alap, dan Turangga Rangga.

6. Sea World

Jika kamu ingin menjelajahi dunia laut, kamu bisa ke Sea World yang juga ada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol! Di sini, ada berbagai akurium yang menampung ribuan spesies hewan laut. Dengan misi pendidikan, konservasi, dan hiburan, kamu dan si kecil juga bisa belajar lebih banyak tentang hewan-hewan ini.

7. Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra juga mengangkat tema hewan laut. Namun, di sini, kamu bisa melihat langsung pertunjukan hewan-hewan yang lucu, seperti lumba-lumba, singa laut, dan lain-lain. Selain itu, tempat ini juga merupakan pusat studi konservasi ex-situ lumba-lumba karena memiliki fasilitas dan manajemen lumba-lumba yang lengkap dan memadai.

8. Atlantis Water Adventure

Seperti namanya, Atlantis Water Adventure adalah taman bermain air dengan tema peradaban dan kota kuno di area Mediterania yang telah lenyap. Selain arsitektur dan desainnya yang keren, ada banyak wahana menyenangkan di sini untuk kamu dan keluarga, terutama si kecil.

9. Ereveld Ancol dan Ereveld Menteng Pulo

Jakarta juga merupakan salah satu kota yang diserbu pada masa Perang Dunia II. Banyak prajurit dan juga warga sipil Indonesia dan Belanda yang kehilangan nyawanya karena ini. Ereveld Ancol (kebanyakan makam warga sipil) dan Menteng Pulo (kebanyakan makam prajurit) dibangun untuk para korban perang tersebut. Dulu, area ini hanya terbuka untuk keluarga dan kerabat saja, namun sekarang sudah dijadikan tempat wisata publik. Para pengunjung bisa sekaligus belajar sejarah Perang Dunia II di sini.

10. Kepulauan Seribu

Meski letaknya sudah diluar Pulau Jawa, daerah ini masih termasuk dalam provinsi DKI Jakarta. Banyak warga lokal yang menghabiskan akhir pekan di pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Masing-masing pulau menawarkan keindahannya sendiri. Biasanya kegiatan yang utama adalah snorkeling, BBQ di pantai, melihat matahari terbit, dan bersepeda di pantai. Ada juga banyak penginapan yang tersedia di sini untuk kamu yang ingin bermalam.

11. Pantai Ancol

Pantai Ancol telah menjadi salah satu objek wisata di Jakarta yang terkenal sejak dulu. Ada berbagai area yang bisa kamu kunjungi, seperti Pantai Lagoon, Beach Pool and Carnaval, dan banyak lagi. Masing-masing dengan keindahan pantai yang memukau. Selain itu, kamu juga bisa berwisata kuliner di sini karena ada banyak restoran dan kafe yang tersebar di semua area pantai.

12. Taman Margasatwa Ragunan

Kebun binatang ini adalah salah satu yang cukup terkenal. Taman sebesar 147 hektar ini adalah rumah bagi lebih dari 2000 spesies binatang. Kamu dan si kecil bisa melihat langsung berbagai satwa liar yang menakjubkan.

13. Grand Indonesia

Untuk urusan belanja, kamu tidak akan kehabisan destinasi pusat perbelanjaan di Kota Jakarta. Mulai dari mal modern hingga pasar tradisional. Untuk belanja barang-barang bermerk di mal besar, kamu bisa ke Grand Indonesia Mall. Mal ini merupakan salah satu mal terbesar di seluruh Indonesia. Selain berbelanja, kamu juga bisa bersantap di sini dan berfoto-foto karena desain interiornya yang cantik.

14. Galeri Indonesia Kaya

Di dalam mal Grand Indonesia, ada Galeri Indonesia Kaya yang juga patut kamu kunjungi. Dengan basis teknologi modern, galeri ini bertujuan menyajikan informasi kekayaan budaya Indonesia. Kamu akan menemukan informasi tentang alat musik tradisional, kuliner lokal, tradisi, baju adat, hingga mainan tradisional Indonesia di sini.

15. Museum Nasional

Museum yang telah berdiri sejak 1868 ini menyimpan berbagai koleksi sejarah, seni, dan budaya Indonesia, mulai dari zaman kerajaan. Areanya dibagi-bagi sesuai dengan tema sejarahnya.

16. Masjid Istiqlal

Masjid ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara dan mampu menampung hingga 120.000 umat. Bangunannya memiliki desain yang megah dan mengagumkan. Bagi para Non-Muslim, kamu bisa mengunjungi tempat ini di luar jam ibadah dengan mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup.

17. Kota Tua

Sama seperti namanya, area ini masih berisi berbagai gedung, termasuk museum, dengan arsitektur gaya kolonial Belanda. Kamu akan merasa seperti kembali ke masa lalu. Selain berkunjung ke berbagai museum yang ada di area ini, kamu juga bisa bersantai di area tengahnya yang terbuka. Banyak warga lokal yang berkumpul di sini bersama orang-orang tersayang sambil menikmati camilan lokal.

18. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa telah beroperasi sejak dulu dan merupakan salah satu lokasi penting dalam perdagangan ke dan dari Jakarta. Kini, pelabuhan tersebut masih beroperasi dengan baik dan bisa dikunjungi wisatawan. Kamu bisa juga mengunjungi tempat ini di hari yang sama saat kamu ke Kota Tua. Cukup sewa sepeda dan pemandu, dan kamu bisa bersepeda langsung ke pelabuhan ini sebelum kembali lagi ke Kota Tua.

19. Museum Bank Indonesia

Seperti namanya, museum ini menyimpang berbagai koleksi sejarah keuangan Indonesia. Kamu bisa melihat berbagai uang koin dan kertas yang dulu pernah digunakan di Indonesia namun sudah tidak berlaku lagi sekarang.

20. Taman Wisata Alam Mangrove

Berada di Jakarta Utara, tempat ini cocok untuk kamu yang ingin beristirahat sejenak dari keramaian kota. Ada jembatan gantung di tengah hutan bakau, jembatan pantau untuk melihat keindahan sekelilingnya, hingga burung-burung cantik di sini.

21. Glodok

Glodok dikenal sebagai chinatown-nya Jakarta. Telah ada sejak zaman kolonial Belanda, area ini kini penuh dengan toko-toko dan klenteng. Biasanya jika bukan untuk beribadah di klenteng, para pengunjung pergi ke Glodok untuk berbelanja sampai puas. Mulai dari belanja baju dan barang-barang fesyen lainnya hingga obat.

22. Museum Tekstil

Seperti namanya, museum ini memiliki koleksi tekstil Indonesia. Ini adalah tempat yang bisa kamu tuju jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang teknik tenun kain-kain Indonesia dan juga batik Indonesia. Kamu juga bisa memesan sesi kelas batik di sini, loh!

23. Museum Bahari

Karena memang merupakan museum yang menyimpan koleksi hal-hal yang berhubungan dengan kemaritiman di Indonesia, kamu akan menemukan berbagai koleksi kapal dan perahu yang pernah digunakan. Sebelum dijadikan museum, pada zaman Kolonial Belanda, tempat ini merupakan gudang untuk menyimpan hasil bumi.

24. Museum Wayang

Seperti namanya, museum ini berisi koleksi Wayang Indonesia. Wayang sendiri adalah seni pertunjukan asli Indonesia yang termasuk dalam puppet show dan memiliki nilai budaya tinggi. Selain menampilkan koleksi boneka Wayang, kamu juga bisa mempelajari nilai dan pentingnya Wayang dalam sejarah dan budaya Indonesia.

25. Setu Babakan

Untuk kamu yang menyukai wisata budaya, kamu bisa ke Setu Babakan. Selain edukasi budaya, kamu juga akan terpukau dengan beberapa fasilitas di sini, seperti danau buatan dan juga rumah tradisional yang masih berdiri kokoh hingga hari ini.

26. Waterbom PIK

Waterbom PIK adalah tempat wisata di Jakarta yang cocok untukmu dan keluarga saat kamu ingin bermain bersama dan menikmati kesegaran! Ada berbagai wahana dan perosotan dengan ketinggian berbeda-beda. Mulai dari yang menegangkan hingga kolam untuk santai.

27. Gereja Katedral Jakarta

Gereja ini merupakan gereja Katolik terbesar yang ada di Jakarta. Dalam sejarahnya, gereja ini merupakan saksi kunci dalam penyebaran agama Katolik di Jakarta dan Indonesia. Masih berfungsi hingga sekarang sebagai tempat ibadah, gereja ini juga terbuka untuk umum sebagai salah satu cagar budaya yang patut dikunjungi. Kamu bisa melihat langsung kemegahan arsitekturnya dan uniknya desain interior gedung ini.

28. KidZania Jakarta

Merupakan tempat wisata yang terkenal di banyak negara, KidZania juga hadir di Jakarta! Di sini, si kecil bisa bermain peran berbagai jenis pekerjaan, mulai dari pemadam kebakaran, wartawan, pilot, polisi, perawat, dokter gigi, dan banyak lagi!

29. Mall Taman Anggrek

Mal yang satu ini juga masuk ke daftar mal terbesar yang ada di Indonesia. Bahkan, saat dibuka pada tahun 1996, mal ini merupakan mal terbesar di Asia Tenggara. Selain hanya sekedar berbelanja atau mencari tempat makan di sini, daya tarik utamanya adalah ice skating rink yang ada di tengah mal.

30. Museum MACAN

Salah satu tempat wisata terbaru di Jakarta adalah Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara). Museum yang berisi berbagai karya seni klasik dan kontemporer ini dengan cepat menjadi salah satu tempat wisata hits karena ada berbagai spot di dalamnya yang tidak hanya cantik dilihat namun juga cocok untuk berfoto-foto. Beberapa karya seni yang paling populer di sini adalah milik Yayoi Kusama.

Cara Menuju ke Jakarta

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Jakarta adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari kota lain di luar pulau Jawa atau dari luar negeri, cara terbaik untuk mencapai Jakarta adalah menggunakan pesawat, mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau Halim Perdanakusuma. Kemudian, untuk mencapai pusat kota, kamu bisa menggunakan taksi argo.

Bus

Kamu bisa mencapai Jakarta menggunakan bus jika kamu berangkat dari kota-kota di sekitarnya, seperti Tangerang, Depok, Bekasi, Bandung, dan Bogor. Harganya tentu bervariasi, tergantung kota keberangkatan serta bus yang kamu pilih. Umumnya, harganya berkisar antara Rp100.000,- hingga Rp200.000,-.

Kapal

Jika kamu berangkat dari beberapa kota besar yang cukup jauh dari Jakarta, perjalanan dengan kapal bisa menjadi pilihan yang tepat. Umumnya, kamu akan berhenti di Pelabuhan Tanjung Priok yang terletak di Jakarta Utara.

Kereta

Perjalanan menggunakan kereta antarkota ke Jakarta juga cukup nyaman. Ada banyak stasiun antarkota di Jakarta yang bisa kamu pilih sebagai stasiun tujuan, seperti Stasiun Gambir (stasiun utama), Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jatinegara. Jika kamu berangkat dari Depok, Bekasi, Bogor, atau Tangerang, kamu bisa mencapai Jakarta menggunakan kereta KRL Commuter Line. Harga tiket kereta ini hanya Rp3.000 - Rp4.000 saja.

Akomodasi di Jakarta

Kamu akan menemukan berbagai jenis hotel di Jakarta, mulai dari yang budget hingga yang mewah. Kebanyakan hotel di daerah Jakarta Selatan atau Jakarta Pusat lebih mewah, seperti Hotel Mulia Jakarta, Ayana Midplaza Jakarta, dan The Ritz-Carlton Jakarta. Hostel, apartemen, serta hotel budget lebih sering ditemukan di luar daerah tersebut atau tidak di pusat kota.

Tidak perlu khawatir, kamu tidak akan kesulitan menemukan akomodasi yang cocok di kota ini karena jumlahnya yang banyak, mulai dari bintang 1 hingga 5. Segera pesan hotelmu di tiket.com untuk melengkapi rencana perjalananmu!

Spot Instagram-able di Jakarta

Jakarta selalu menambah spot Instagram-able-nya setiap tahun. Namun, ada beberapa spot Instagram-able unik yang sangat menggambarkan Jakarta yang bisa kamu kunjungi setiap saat. Tempat-tempat itu adalah Kota Tua, Cafe Batavia, Rumah Akar, Monumen Nasional, Hutan Mangrove PIK, Balai Kota, dan tembok warna-warni di Blok M Square.

Kuliner di Jakarta

Ada banyak makanan Betawi di Jakarta yang bisa kamu cicipi. Sebut saja Soto Betawi, ketoprak, kerak telor, dan semur jengkol. Selain makanan-makanan khas ini, Jakarta juga menjadi rumahnya makanan-makanan viral yang berganti setiap beberapa lama, baik itu makanan lokal, internasional, maupun gabungan keduanya. Tergantung dengan waktu kedatanganmu, makanan viral pada saat tersebut bisa berubah-ubah. Kamu bisa mengandalkan media sosial untuk mengikut update-nya. Beberapa yang masih terkenal hingga kini adalah ayam geprek dan minuman boba.

Harga makanan di Jakarta bervariasi. Jika kamu membeli makanan di restoran yang lebih sederhana, harganya berkisar antara Rp30.000,- hingga Rp50.000,- per porsi. Untuk makanan di restoran yang lebih besar dan mewah, kamu bisa menghabiskan kurang lebih Rp100.000,- hingga Rp170.000,- per porsi.

Makanan Vegan / Vegetarian

Sebagai kota yang modern dan metropolitan, makanan vegan atau vegetarian mudah ditemukan di Jakarta. Mulai dari yang terjangkau hingga yang lebih mewah, kamu bisa menemukan semuanya di sini. Tidak jarang kamu akan menemukannya di dalam mal modern sekalipun. Sebut saja Dharma Kitchen, Loving Hut, dan Burgreens Eatery.

Belanja di Jakarta

Jakarta terkenal sebagai kota yang pusat perbelanjaannya berlimpah. Untuk mal, kami merekomendasikan Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Plaza Senayan, Senayan City, Mall Taman Anggrek, dan Pondok Indah Mall. Kamu bisa menemukan berbagai brand terkenal di sini.

Untuk belanja yang lebih terjangkau, kamu bisa berkunjung ke pusat perbelanjaan Tanah Abang, ITC Mangga Dua, dan Thamrin City.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Jakarta

Musim

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Jakarta adalah antara bulan Juni atau September. Pada bulan-bulan ini, Jakarta sedang mengalami musim kemarau sehingga tidak sering hujan serta cerah. Selain itu, kami juga menyarankan untuk mengunjungi Jakarta pada saat sedang libur Lebaran yang dirayakan secara besar-besaran di Indonesia. Jakarta terdiri dari banyak orang dari luar kota yang datang ke kota ini untuk bekerja atau mengenyam pendidikan. Pada musim liburan ini, banyak dari mereka yang pulang ke kampung halaman sehingga Jakarta sepi dan tidak macet. Namun, perlu diingat, banyak toko serta warung pribadi yang tutup pada masa liburan ini. Hanya tempat wisata nasional dan mal yang sudah pasti buka.

Festival

Jakarta adalah pusatnya festival-festival seru dan modern yang digelar setiap tahun. Kota ini menjadi pusat penyelenggaraan acara Jakarta Fashion Week setiap tahun. Jakarta juga menjadi tuan rumah acara-acara musik keren seperti DWP (Djakarta Warehouse Project) yang biasa digelar di akhir tahun dan WTF (We The Fest).

Selain itu, tidak jarang musisi-musisi internasional menggelar konser solonya di kota Jakarta, seperti Honne, EXO, Boyz II Men, dan The 1975 di tahun 2019, Pastikan kamu membeli tiketnya di tiket.com, ya!

Cara Berkeliling di Jakarta

Ada banyak cara untuk berkeliling di kota Jakarta. Jika kamu ingin berpergian sendiri bersama rombonganmu, membawa mobil pribadi atau menyewa mobil adalah pilihan yang tepat. Hampir semua tempat-tempat wisata di Jakarta memiliki tempat parkir yang luas. Namun, kami sarankan untuk tidak berkendara di jam berangkat dan pulang kerja (09.00 WIB dan 17.00 - 19.00 WIB) pada hari biasa karena macet. Jika kamu berencana menggunakan jalan tol, kamu juga perlu menyiapkan kartu e-toll untuk membayar uang tol secara cashless (wajib).

Selain itu, kamu bisa menggunakan bus TransJakarta dan kereta KRL Commuter Line untuk berkeliling kota. Kedua transportasi ini memiliki rute yang cukup lengkap, bahkan menjangkau hingga ke kota Depok, Bekasi, Tangerang, dan Bogor. Tarif bus TransJakarta adalah Rp3.500,- ke semua rute, sedangkan tarif kereta KRL Commuter Line adalah Rp3.000 - Rp4.000.

Angkot sangat mudah ditemukan di berbagai sudut kota Jakarta. Transportasi umum ini menjangkau hampir semua sisi kota Jakarta, termasuk ke daerah-daerah yang tidak terjangkau bus atau kereta. Umumnya, orang-orang menyambung perjalanan mereka setelah berhenti di halte atau stasiun dengan angkot.

Jakarta juga memiliki transportasi umum MRT yang sudah beroperasi sejak tahun 2019 dan sedang dalam proses penambahan rute. Tarifnya adalah Rp2.000 per stasiun. Jadi, semakin jauh kamu rute yang kamu ambil menggunakan MRT, tarif yang kamu bayar juga akan bertambah.

Seberapa Luas Jakarta

Luas kota Jakarta secara resmi adalah 661,5 kilometer persegi Untuk berwisata di kota Jakarta sampai puas, kamu cukup menghabiskan waktu 3-4 hari saja di sini. Dengan waktu tersebut, kamu bisa berkunjung ke tempat-tempat ikonik di Jakarta, seperti Monumen Nasional, Museum Bank Indonesia, daerah Kota Tua, Galeri Indonesia Kaya, dan Balai Kota. Kemudian, kamu juga bisa berkunjung ke taman bermain yang seru seperti Dunia Fantasi, Ancol, dan Taman Mini Indonesia Indah. Jangan lupa untuk mengunjungi mal-mal dan pusat perbelanjaan yang terkenal di kota ini seperti Grand Indonesia, Plaza Indonesia, dan pusat perbelanjaan Tanah Abang.

Mata Uang di Jakarta

Rp (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Jakarta

Bahasa utama di kota ini tentu adalah Bahasa Indonesia. Bahasa ini digunakan secara profesional dan formal di Jakarta. Karena Jakarta adalah sebuah kota melting pot dengan penduduk dari berbagai kota yang tinggal di kota ini untuk berkarir dan belajar, ada banyak bahasa daerah yang digunakan di sini. Namun, bahasa daerah yang paling sering ditemukan adalah Bahasa Jawa.

Sebagai sebuah kota modern, tidak akan sulit berbicara dengan Bahasa Inggris di Jakarta.

Zona Waktu di Jakarta

WIB / GMT+7

Jenis Stop Kontak di Jakarta

Jenis stop kontak di Jakarta dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Informasi Penting Tentang Jakarta

  1. Kamu perlu menyiapkan kartu e-toll atau uang elektronik lainnya yang berlaku untuk pembayaran gerbang tol. Hal ini karena kamu tidak bisa membayar tunai di sana. Kartu-kartu ini umumnya juga bisa digunakan untuk membayar tarif transportasi publik Jakarta seperti kereta KRL Commuter Line, TransJakarta, dan MRT. Ketiga transportasi publik ini tidak menerima pembayaran tunai, kartu debit, dan/atau kartu kredit.
  2. Kebanyakan toko, restoran, dan cafe di Jakarta sudah menggunakan pembayaran e-wallet atau cashless dan cardless, meskipun tentu masih memberlakukan metode pembayaran tunai, kartu debit, dan kartu kredit. Kamu perlu mengunduh aplikasi-aplikasi e-wallet tersebut untuk melakukan pembayaran.
  3. Pakaian yang cocok untuk berwisata di Jakarta adalah kaus lengan pendek, celana pendek atau rok, atau celana panjang dengan warna cerah, dan sepatu berjalan yang nyaman.
  4. Jangan minum air keran di Jakarta karena umumnya tidak bersih untuk diminum.
  5. Jangan berkendara pada jam berangkat dan pulang kerja di hari biasa (07.00 - 09.00 WIB dan 17.00 - 19.00 WIB) karena akan sangat macet. Jalanan Jakarta di hari Sabtu dan Minggu juga cukup ramai, terutama di daerah pusat kota atau daerah dengan banyak mal.
  6. Jangan membuang sampah dan putung rokok sembarangan.
LIHAT AKTIVITAS LAINNYA