Ho Chi Minh
Tentang

Ho Chi Minh memang selalu bisa memberikan kesan yang menyenangkan bagi wisatawan yang menyukai wisata budaya dan sejarah. Merupakan salah kota di Vietnam, Ho Chi Minh memiliki banyak bangunan tua dengan gaya arsitektur klasik ala Eropa. Hal ini dikarenakan Vietnam memang menjadi salah satu negara jajahan Perancis, sehingga banyak bangunan bergaya Eropa di negara ini.


Banyak cara seru untuk menikmati liburan di Ho Chi Minh. Seperti meluangkan waktu untuk pergi ke Terowongan Cu Chi yang merupakan terowongan bawah tanah dan digunakan saat perang Viet Cong. Terowongan ini dibangun guna memberikan perlindungan bagi penduduk dari serang musuh kala itu. Namun, kamu harus merangkak untuk bisa melalui terowongan dengan panjang 100 meter ini.


Cara lain menikmati kota ini adalah dengan menenggak secangkir kopi Vietnam. Terlebih, negara ini dikenal sebagai produsen Robusta terbaik di dunia! Sangat cocok untuk kamu yang gemar minum kopi, ataupun yang tertarik dengan kopi. Kopi juga bisa menjadi salah satu oleh-oleh terbaik yang bisa kamu bawa dari Vietnam.


Pasar Ben Thanh bisa menjadi destinasi liburan yang seru juga saat di Ho Chi Minh. Kamu ingin berbelanja oleh-oleh dan sebagainya? Temukan berbagai barang seperti tas, pakaian, sepatu, dan lain sebagainya dengan harga yang lebih murah.Tidak hanya itu, kegiatan lain yang bisa kamu lakukan selama di Vietnam adalah dengan mengunjungi desa nelayan dan mencicipi buah segar dari Delta Mekong.


Bagaimana? Menarik bukan? Ayo, kunjungi Ho Chi Minh dengan keluarga atau teman dan nikmati momen menyenangkan di kota ini. Beli tiket wisata populer di Vietnam dengan to do dari tiket.com lebih mudah dan cepat, lho. Beli sekarang juga dan selamat bersenang-senang, sobat tiket!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Ho Chi Minh

Informasi mengenai tempat wisata di Ho Chi Minh.

Apa itu tiket CLEAN di Ho Chi Minh?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Ho Chi Minh tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Ho Chi Minh yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Ho Chi Minh

Ho Chi Minh atau yang dulu disebut Saigon adalah kota di Vietnam yang terkenal karena perannya dalam Perang Vietnam dahulu. Oleh karena itu, kota ini sekarang penuh dengan peninggalan-peninggalan bersejarah, termasuk bangunan-bangunan yang dibuat pada zaman kolonialisme Perancis.

Kota ini adalah destinasi wisata yang tepat jika kamu senang berkunjung ke lokasi-lokasi bersejarah sekaligus berwisata kuliner tanpa mengeluarkan terlalu banyak uang, baik itu bersama keluarga, pasangan, atau rombongan teman-teman.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Ho Chi Minh

Berbagai objek wisata di Ho Chi Minh dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pulau dan pantai yang cantik. Namun, ada juga sejumlah lokasi bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini. Berikut ada 30 destinasi wisata terbaik di Ho Chi Minh yang kami rekomendasikan!

1. Saigon Central Post Office

Vietnam memiliki gedung kantor pos pusat yang menarik mata, yaitu Saigon Central Post Office. Tempat wisata di Kota Ho Chi Minh ini memang wajib dikunjungi karena memiliki spot foto instagramable. Bangunan yang dibangun dengan gaya Gothic ini memiliki sejarah panjang yang menarik pula untuk diketahui lho. Gedung ini dibangun pada tahun 1886-1891 yang merupakan rancangan dari arsitek ternama Gustave Eiffel, yang juga perancang Menara Eiffel. Di gedung ini, kamu akan menemukan dua buah peta yang ikonik, yaitu peta Vietnam Selatan dan Kamboja serta peta Saigon dan sekitarnya. Hingga saat ini, Saigon Central Post Office masih menjadi kantor pos pusat yang aktif digunakan.

2. Notre Dame Cathedral

Kamu akan melihat bangunan bak di Eropa begitu datang ke destinasi wisata di Ho Chi Minh yang satu ini. Pasalnya, bangunan Gereja umat Katolik ini memang dibangun oleh penjajah Perancis sehingga arsitektur dari Gereja terlihat begitu klasik dan instagramable. Tempat wisata hits ini memiliki dua tower tinggi yang mencapai 59 meter tingginya dan seluruh material untuk membangun gereja ini didatangkan langsung dari Perancis.

3. Saigon Opera House

Tidak hanya Australia yang punya Opera House, tetapi Vietnam juga punya. Kamu yang menyukai pertunjukan seni, maka Saigon Opera House ini menjadi tempat wisata di Kota Ho Chi Minh yang cocok untukmu. Jangan lewatkan pula untuk mengabadikan momen di depan gedung bergaya arsitektur kolonial ini. Pastinya akan terlihat keren banget dan instagramable.

4. Ho Chi Minh City Hall

Ho Chi Minh City Hall atau yang juga sering disebut City Hall bisa menjadi referensi destinasi wisata di Vietnam. Bangunan yang dibangun pada tahun 1902 – 1908 ini merupakan peninggalan dari masa penjajahan Perancis di Vietnam. Dari tampak luarnya saja, kamu sudah bisa melihat betapa megahnya bangunan ini. Meskipun bagian dalam dari City Hall tidak dibuka untuk umum, tetapi bagian luar gedung ini saja sudah menarik sekali untuk dilihat. Patung Uncle Ho yang berada di bagian depan tempat wisata hits ini menjadi ikon yang juga digemari para wisatawan untuk berfoto. Kamu harus banget ke sini saat ada kesempatan berlibur ke Vietnam!

5. Nguyen Hue

Ingin jalan-jalan santai di Vietnam? Nguyen Hue adalah tempat yang wajib dikunjungi. Karena, Nguyen Hue merupakan kawasan taman kota yang dekat dengan beberapa tempat wisata hits di Vietnam. Kapanpun waktunya, jalan-jalan di sekitar Nguyen Hue ini asyik banget. Kamu juga bisa berhenti di beberapa tempat makan, bar, cafe, dan juga bangku-bangku taman. Bahkan, tidak jarang akan ada pertunjukan konser jalanan yang membuat suasana di jalan ini semakin ramai.

6. Saigon River

Ingin menikmati Kota Ho Chi Minh dengan perahu? Kamu bisa berkunjung ke tempat wisata hits satu ini, yakni Saigon River. Di sepanjang tepi sungai, kamu dapat menikmati pemandangan desa yang indah, lorong bawah tanah yang dibangun pada perang Vietnam, gedung-gedung pencakar langit, dan hutan tropis. Kamu bisa menggunakan perahu dari Sungai Saigon ke terowongan Cu Chi dan Delta Mekong. Perjalanan dengan perahu akan membawamu mengunjungi pasar apung yang ada di sungai dan objek wisata lainnya, seperti pagoda, hutan tropis, dan kebun buah.

7. Bitexco Financial Tower

Bitexco merupakan gedung pencakar langit dan salah satu tempat wisata di Ho Chi Minh. Gedung yang tingginya 265,5 meter ini memiliki lokasi favorit yang kerap dikunjungi pelancong, yakni Saigon Skydeck di lantai 49. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan Kota Ho Chi Minh. Beberapa objek wisata di Ho Chi Minh yang bisa kamu lihat dari gedung ini, yakni Pasar Ben Thanh, Saigon Square, Takashimaya Vietnam, dan Sungai Saigon.

8. Reunification Palace

Reunification Palace atau Independence Palace adalah sebuah gedung yang dulunya digunakan sebagai istana kepresidenan Vietnam Selatan. Tempat wisata di Ho Chi Minh ini dibangun pada tahun 1962-1966 dengan gaya arsitektur modern dan tradisional. Gedung ini menjadi saksi sejarah bersatunya Vietnam Selatan dan Vietnam Utara. Di sini, kamu bisa menyusuri sejumlah ruangan, seperti lobi utama, ruang bilateral, ruang kredensial, ruang jamuan, ruang kerja presiden, perpustakaan, dan bunker bawah tanah.

9. Giac Lam Pagoda

Ingin mencari tempat wisata keluarga di Ho Chi Minh? Kamu bisa mengunjungi Giac Lam Pagoda yang merupakan kuil bagi umat Budha. Di sini, kamu bisa melihat sejumlah patung dewa-dewi Budha, seperti Quan The Am Bo Tat, A Di Budha, dan Ameda.

10. Ben Thanh Market

Ingin berbelanja dan mencari barang-barang yang murah? Tempat wisata di Ho Chi Minh ini merupakan kawasan pasar terbesar dan tertua yang ada di Saigon dengan nama lokal Cho Ben Thanh. Pasar ini memiliki ciri khas, yaitu Clock Tower di bagian pintu masuk. Di sini, kamu bisa berburu produk lokal, seperti kerajinan tangan, cinderamata, dan tekstil. Selain cocok untuk berbelanja, kamu juga bisa wisata kuliner di berbagai tempat makan yang ada di pasar. Jangan lupa menawar ya supaya kamu mendapatkan harga yang murah!

11. War Remnant Museum

War Remnant Museum merupakan museum yang berisikan koleksi peninggalan selama perang Vietnam. Barang-barang yang dipamerkan di sini pun, seperti perlengkapan perang amerika, dokumentasi kekejaman serta penyiksaan selama perang, dan karya seni.

12. Saigon Central Mosque

Masjid yang bernama asli Jamia Al Muslimin ini dibangun tahun 1935 sebagai tempat beribadah para umat Muslim India yang tinggal di Saigon. Tempat wisata di jalan Dong Du ini kerap dikunjungi pelancong yang ingin beribadah.

13. Saigon Notre-Dame Basilica

Gereja yang terkenal di Ho Chi Minh ini dibangun pada pada tahun 1863 hingga 1880 pada masa Kolonial Perancis. Gereja katedral tersebut memiliki dua buah menara dengan tinggi 58 meter. Objek wisata di jalan Han Thuyen ini menarik untuk dikunjungi karena bangunanya memiliki gaya arsitektur yang instagramable.

14. Babo Coffee Cafe

Untuk kamu yang mencari spot instagramable, bisa banget berkunjung ke Babo Coffee Cafe. Kafe ini merupakan kafe reptil pertama di Ho Chi Minh. Di sini, kamu bisa menemukan beragam hewan, seperti ular, kadal, tarantula, dan hedgehog.

15. Ho Chi Minh Museum of Fine Arts

Museum seni rupa memang menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Ho Chi Minh, salah satunya Ho Chi Minh Museum of Fine Arts. Bangunan museum ini terdiri atas tiga lantai, yang didalamnya menampung hasil karya seni, seperti lukisan minyak, lukisan sutera, patung-patung, dan keramik.

16. Mekong Delta Floating Market

Delta Mekong merupakan daerah yang sangat luas dengan banyak sungai dan pulau-pulau kecil. Berlayar menyusuri kawasan ini tidaklah terasa membosankan karena terdapat pasar apung yang terkenal di Vietnam. Para pedagang di pasar apung ini berjualan sepanjang hari dan menjajakan aneka barang. Sembari menyusuri Delta Mekong, kamu juga bisa lho berbelanja di pasar apung ini.

17. Cu Chi Tunnels

Cu Chi Tunnels atau terowongan Chu Chi adalah peninggalan pada masa perang Vietnam. Terowongan ini menjadi penghubung dan pangkalan operasi dari tentara Vietnam. Para tentara Vietnam kala itu menggunakan terowongan ini sebagai tempat persembunyian selama pertempuran dan jalur komunikasi untuk memasok makanan dan senjata. Kini, kamu bisa datang ke terowongan ini untuk merasakan sensasi perang Vietnam.

18. Nguyen Hue Book Street

Kamu mencari spot instagramable di Ho Chi Minh? Nguyen Hue Book Street bisa jadi spot yang menarik lho! Di sepanjang jalan Nguyen Hue Book Street, terdapat banyak toko kecil dengan desain masa lampau. Toko ini didesain semenarik mungkin karena bertujuan agar anak muda mau membaca. Selain foto-foto, kamu juga bisa membeli beberapa buku dengan harga yang murah, mulai dari buku lokal hingga internasional.

19. Sungai Mekong

Tempat wisata di Ho Chi Minh yang wajib dikunjungi adalah Sungai Mekong. Sungai ini mengalir dari Provinsi Yunnan China, melewati Thailand Utara, Laos, dan Kamboja. Terdapat berbagai hal menarik yang akan kamu temukan saat menyusuri Sungai Mekong, seperti tempat cinderamata, Pulau Unicon, peternakan lebah madu, dan sebagainya.

20. An Dong Plaza

Selain Ben Thanh Market, ada satu tempat wisata di Ho Chi Minh yang menarik dikunjungi untuk berbelanja, yakni An Dong Plaza. Tempat ini merupakan pusat perbelanjaan yang menawarkan segala produk, mulai dari pakaian, perhiasan, karya seni, hingga beragam pernak-pernik menarik.

21. Golden Dragon Water Puppet Theater

Destinasi wisata di Ho Chi Minh yang wajib dikunjungi selanjutnya yaitu Golden Dragon Water Puppet Theater. Tempat pertunjukkan seni ini biasanya menampilkan wayang tradisional Vietnam yang dimainkan di atas air. Cerita yang diangkat pun tentang kebudayaan masyarakat Vietnam, seperti bertani, nelayan, dan sebagainya.

22. Thien Hau Temple Chinatown

Seperti kota-kota besar di negara lain, Ho Chi Minh juga memiliki kawasan Chinatown. Objek wisata yang terkenal di kawasan ini adalah Kuil Thien Hau yang akan membawamu dalam suasana kehidupan China abad ke-19.

23. Parkson Plaza Department Store

Tempat wisata belanja yang wajib dikunjungi juga di Ho Chi Minh adalah Parkson Plaza. Pusat perbelanjaan yang terkenal ini menjajakan berbagai produk pakaian, kosmetik, hingga parfum. Di sini juga tempat yang cocok untuk wisata kuliner yang cukup lengkap.

24. The New District

Salah satu destinasi wisata yang kerap dikunjungi untuk berbelanja di Ho Chi Minh adalah The New District. Tempat ini merupakan pasar loak yang menyediakan beragam barang artistik dengan harga yang murah. Beberapa merek lokal yang dapat kamu temukan di sini, yaitu Live, Heverly, Urbanists, dan Pop Birdy.

25. Vincom Center

Vincom Center merupakan gedung perkantoran yang difasilitasi pusat perbelanjaan. Tempat wisata belanja mewah ini memiliki sekitar 250 toko yang tersebar di seluruh gedung. Terdapat dua tempat Vincom Center, yakni Vincom Center A dan B. Vincom Center A menggunakan bangunan bekas kolonial yang disulap menjadi tempat belanja modern. Adapun Vincom Center B berdiri di atas gedung pencakar langit dan berdinding kaca.

26. Roobik Zoo

Roobik Zoo adalah kompleks perbelanjaan yang terkenal dan disukai masyarakat setempat. Tempat wisata di Ho Chi Minh ini berdiri di sebuah kebun binatang kota, sedikitnya ada 1.000 toko menjajakan produknya, seperti pakaian, cinderamata, dekorasi rumah tangga, hingga kuliner.

27. Khaisilk

Khaisilk adalah sebuah butik mewah yang terkenal di Vietnam. Butik ini menyediakan berbagai macam busana dan kebutuhan rumah tangga yang terbuat dari kain sutra. Khaisilk menawarkan kualitas kain terbaik dengan harga yang murah. Di sini, kamu dapat membeli selendang, gaun, dan tas kain.

28. Diamond Plaza

Diamond Plaza merupakan pusat perbelanjaan yang terletak di pusat Ho Chi Minh. Di sini, kamu dapat menemukan berbagai jenis pakaian, peralatan rumah tangga, alat olahraga, hingga kosmetik.

29. Saigon Square

Tempat wisata belanja yang terkenal di Ho Chi Minh ini menjual beraneka barang grosir dengan harga yang murah, mulai dari tas tangan, pakaian pria dan wanita, pakaian renang, koper, hingga perhiasan emas.

30. Bin Tay Market

Pasar Bin Tay adalah pasar yang terletak di tepi Distrik 5 di Ho Chi Minh. Tempat ini menjual beraneka macam kerajinan tangan, cinderamata, bahan kain, hingga buah-buahan segar. Ketika masuk ke pasar ini, kamu akan disambut dengan arsitektur bangunan pasar yang merupakan peninggalan budaya China kuno. Pasar ini juga memiliki area wisata kuliner yang menyediakan beraneka makanan, seperti Banh Mi, Banh Bao, dan sebagainya.

Cara Menuju ke Ho Chi Minh

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Ho Chi Minh adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar negeri, ini adalah cara paling praktis untuk mencapai kota, mendarat di Tan Son Nhat International Airport. Dari bandara, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke pusat kota menggunakan taksi atau bus.

Bus

Ada sejumlah terminal bus antarkota utama di kota ini, yaitu Cho Ben Thanh Bus Station, Mien Dong Bus Station, Dinh Bo Linh station, Cholon Bus Station, dan Mien Tay Bus Station. Umumnya bus tersedia dari kota-kota lain di Vietnam, namun ada juga yang melayani perjalanan dari Phnom Penh (Kamboja).

Kereta

Kereta bisa kamu andalkan jika kamu berangkat dari kota-kota lain di Vietnam. Namun, waktu perjalanannya bisa cukup lama, seperti perjalanan dari Hanoi yang bisa memakan waktu hingga 30 jam.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Ho Chi Minh

Musim

Pada akhir dan awal tahun, di musim kemarau, suhu rata-rata di Ho Chi Minh bisa mencapai 30 derajat celsius (86 derajat fahrenheit). Sedangkan pada pertengahan tahun, di musim hujan, suhu rata-rata di sini adalah 28 derajat celsius (82 derajat fahrenheit).

Suhu Rata-Rata

Pada akhir dan awal tahun, di musim kemarau, suhu rata-rata di Ho Chi Minh bisa mencapai 30 derajat celsius (86 derajat fahrenheit). Sedangkan pad pertengahan tahun, di musim hujan, suhu rata-rata di sini adalah 28 derajat celsius (82 derajat fahrenheit).

Festival

Setiap bulan Januari atau Februari, kota ini megadakan Tet Festival (perayaan tahun baru Vietnam). Banyak turis lokal dan internasional yang datang untuk ikut merayakan hari besar ini dengan acara yang berwarna dan seru.

Cara Berkeliling di Ho Chi Minh

Transportasi umum dengan rute yang sudah tetap di sini hanyalah bus. Kamu bisa mempelajari peta rutenya lebih dulu sebelum berangkat. Selain itu, kamu bisa juga mengeksplorasi kota menggunakan cyclo (becak). Tapi, tawarlah harganya lebih dulu sebelum berangkat agar kamu tidak dikenakan harga mahal yang tidak wajar setelah perjalanan selesai.

Kemudian, kamu sangat bisa mengandalkan taksi dan ojek di sini, baik yang umum ataupun online. Biaya taksi argo di kota ini masih masuk akal jika dibandingkan dengan biaya taksi di kota-kota besar lainnya di luar negeri.

Jika kamu akan mengeksplorasi kota dengan berjalan kaki dan perlu menyebrang, berhati-hatilah dan ikutilah orang-orang lain yang juga sedang menyebrang jika kamu ragu.

Seberapa Luas Ho Chi Minh

Meskipun memiliki luas 2.061 km persegi, kamu sebenarnya hanya perlu waktu dua hari untuk berwisata di kota ini. Selama waktu tersebut, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata di Ho Chi Minh yang seru dan mencoba berbagai aktivitas seru di Ho Chi Minh, seperti ke Giac Lam Pagoda; mencoba cruise di Bonsai River; berkunjung ke Central Office dan Notre Dame Cathedral yang terkenal akan gaya arsitekturnya; berwisata ke Reunification Palace; menikmati kehidupan malam yang seru di Pham Ngu Lao Street; dan melihat pemandangan indah dan berkunjung ke floating market di Mekong Delta.

Kebijakan Visa Ho Chi Minh

Bagi kamu yang ingin berwisata di Vietnam, kamu perlu mengajukan visa turis. Namun jika kamu adalah pemegang paspor dari salah satu negara ini, kamu tidak perlu mengajukan visa (hanya jika kamu akan berwisata tidak lebih dari batas waktu yang sudah ditentukan):

90 Hari

  • Chili

30 Hari

  • Kamboja
  • Indonesia
  • Kirgistan
  • Laos
  • Malaysia
  • Myanmar
  • Singapura
  • Thailand

21 Hari

  • Filipina

15 Hari

  • Belarus
  • Denmark
  • Finlandia
  • Prancis
  • Jerman
  • Italia
  • Jepang
  • Norway
  • Rusia
  • Korea Selatan
  • Spanyol
  • Swedia
  • Britania Raya

14 Hari

  • Brunei

Kuliner di Ho Chi Minh

Kamu bisa mencoba berbagai makanan lokal yang lezat di sini, seperti B�n Ch? (bihun rebus dengan babi panggang); M�n g?i ?u ?? (salad pepaya muda dengan kacang tanah, kerupuk, dan daun-daunan); Banh Mi (sandwich berisi daging, acar, lobak, dan beberapa bahan makanan lokal lainnya); X�i G� (nasi ketan dengan ayam suwir); dan C�c Chi�n (burung puyuh goreng dengan roti baguette khas Vietnam).

Makanan Vegan / Vegetarian

Meskipun makanan khas Vietnam umumnya mengandung daging, kamu tetap tidak akan kesulitan menemukan hidangan vegan dan vegetarian yang sama lezatnya di kota ini. Restoran dan kafe yang khusus menyajikan makanan vegan dan vegetarian tersebar di penjuru kota. Untuk menemukannya, kamu hanya perlu mencari kata ?Chay? di papan restoran.

Akomodasi di Ho Chi Minh

Seperti kota besar lainnya di Asia, Ho Chi Minh memiliki cukup banyak hotel mewah di gedung bertingkat dengan pemandangan kota yang indah. Namun, kamu akan lebih mudah menemukan akomodasi berbintang 2 dan 3 di sini. Untuk hotel-hotel dengan kamar lebih sederhana namun tetap dengan fasilitas yang lengkap ini, kamu bisa memesannya di tiket.com sekarang mulai dari Rp150.000,-.

Belanja di Ho Chi Minh

Berbelanja adalah salah satu aktivitas di Ho Chi Minh yang paling diantisipasi. Kota ini memiliki banyak mal-mal baru dan juga pusat-pusat perbelanjaan tradisional yang telah menjadi favorit turis dan penduduk lokal dari tahun ke tahun. Beberapa mal yang patut kamu kunjungi adalah Diamond Plaza, Parkson Plaza Department Store, Saigon Square, dan Vincom Center.

Sedangkan untuk tempat yang lebih tradisional atau outdoor, kamu bisa berkunjung ke Ben Thanh Market, Bin Tay Market, dan An Dong Market.

Mata Uang Ho Chi Minh

VND (Vietnamese Dong).

Bahasa di Ho Chi Minh

Bahasa utama dan resmi di sini adalah Bahasa Vietnam. Namun, setiap kota di Vietnam umumnya memiliki dialeknya sendiri. Untuk Ho Chi Minh, bahasa sehari-hari yang digunakan penduduk lokal adalah dialek Southern Vietnamese. Selain itu, Bahasa Mandarin juga digunakan sehari-hari oleh penduduk lokal di Cholon (Chinatown di Ho Chi Minh).

Zona Waktu Ho Chi Minh

GMT+7.

Jenis Stop Kontak di Ho Chi Minh

Ada tiga jenis steker yang digunakan di Vietnam, yaitu tipe A, C, dan F. Tipe A memiliki dua pin datar paralel sedangkan tipe C dan F sama-sama memiliki dua pin bulat yang sejajar. Pasokan listrik di Vietnam adalah 220 Volt pada 50Hz.

Spot Instagram-able di Ho Chi Minh

Dengan banyaknya gedung yang berarsitektur menarik serta lokasi-lokasi yang mencerminkan budaya lokal, kamu tidak akan kesulitan menemukan spot foto yang keren dan indah. Beberapa di antaranya adalah Ben Thanh Market, Notre Dame Cathedral, Bitexco Tower, Central Post Office,  The Saigon Opera House, City Hall, dan Thien Hau Temple.

Informasi Penting Tentang Ho Chi Minh

  1. Umumnya, dalam hal berpakaian, kota-kota di daerah Selatan Vietnam lebih santai dan bebas dibandingkan kota-kota di Utara. Karena itu, tidak masalah jika kamu ingin memakai baju yang lebih pendek atau terbuka, asal tetap sopan (seperti kaus lengan pendek, celana selutut, rok selutut) dan tidak berlebihan (seperti baju yang menerawang, menunjukkan belahan dada, dan sebagainya). Hal ini juga bisa membantumu agar tidak terlalu kepanasan di tengah cuaca kota yang umumnya panas sepanjang tahun. Meski begitu, karena panas ini juga, sebaiknya kamu membawa syal, jaket, topi, atau jenis pakaian lain yang bisa melindungi kulitmu dari teriknya matahari saat kamu sedang berjalan di luar.
  2. Bawalah air minum dan botol minummu sendiri agar kamu tidak dehidrasi karena panas dan juga karena air keran di sini bukan untuk diminum.
  3. Lepas sepatumu saat akan masuk ke rumah warga lokal.
  4. Bawalah tisu selalu karena tidak semua toilet umum menyediakannya.
  5. Jangan memakai perhiasan atau aksesoris yang terlalu menyolok untuk menghindari pencopetan.
  6. Jangan menunjukan public display affection dengan pasanganmu di sini, seperti berpelukan atau berciuman (berpegangan tangan masih lazim).
  7. Jangan berpergian sendiri ketika hari sudah gelap dan larut.

Destinasi Favorit di Ho Chi Minh