Hanoi
Tentang

Hanoi, ibu kota Vietnam, berubah dengan cepat dan telah menjadi tempat yang indah untuk dikunjungi di Asia bagi para wisatawan. Sebelum kamu tiba di sini, kamu mungkin berharap bahwa kota ini berisik dengan kondisi lalu lintas yang mengerikan. Walaupun ini mungkin sebagian benar karena ada banyak sepeda motor di kota ini, Hanoi masih layak untuk dijelajahi, teman-teman.


Pertama-tama, kamu dapat menghabiskan beberapa hari di Hanoi untuk menghargai getarannya dan melakukan beberapa hal menyenangkan! Datanglah ke jantung bersejarah kota yang disebut Old Quarter. Di sini, kamu akan kagum dengan mengamati kuil dan pagoda dengan arsitektur luar biasa. Saat menjelajahi Old Quarter, kamu dapat membeli beberapa makanan jalanan yang lezat seperti Banh Mi (sandwich Vietnam), Pho (sup mie), dan Bun Cha (bakso Vietnam).


Selain menikmati budaya kuno yang terpelihara dengan baik di Hanoi, cobalah untuk mengunjungi tempat wisata sebanyak yang kamu suka. Beberapa tempat wisata terkenal adalah Mausoleum Ho Chi Minh, Danau Hoan Kiem dan Ngoc Son, Taman Nasional Ba Vi, Gedung Opera Hanoi dan sebagainya.


Tertarik untuk melakukan sesuatu yang berbeda? Tonton teater boneka air saat kamu berada di Hanoi. Sama seperti namanya, ini pada dasarnya adalah pertunjukan boneka di mater, dikendalikan oleh master boneka di belakang layar. Ini adalah pertunjukan unik yang mewakili budaya Vietnam.


Bagaimana mewujudkan semua rencana kamu di Vietnam? Untungnya, sekarang kamu dapat memesan acara dan objek wisata di Hanoi di tiket.com. Tidak hanya menghemat waktu tanpa antri di tempat wisata, kamu juga dapat menghemat uang dengan membeli tiket secara online! Selamat menikmati liburan, teman-teman!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Hanoi

Informasi mengenai tempat wisata di Hanoi.

Apa itu tiket CLEAN di Hanoi?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Hanoi tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Hanoi yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Hanoi

Hanoi adalah Ibu Kotaw Vietnam yang penuh dengan arsitektur unik dan lokasi-lokasi yang kaya akan budaya Asia Tenggara, Tiongkok, dan Perancis. Di kota ini, kamu bisa dengan mudah mempelajari dan mengagumi peninggalan dari berbagai peristiwa bersejarah negara ini.

Karena banyaknya tempat wisata di Hanoi yang cocok dikunjungi untuk segala usia dan juga edukatif, kota ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata keluarga.

Cara Menuju ke Hanoi

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Hanoi adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar negeri, cara tercepat dan paling praktis untuk mencapai kota adalah menggunakan pesawat dengan mendarat di Noi Bai International Airport. Sebagai ibu kota, Hanoi melayani banyak penerbangan komersil langsung dari sejumlah kota besar lain di dunia. Setelah mendarat, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke pusat kota menggunakan bus kota atau shuttle bus.

Bus

Meskipun perjalanannya lebih lama, harga tiket bus menuju Hanoi dari kota lain di Vietnam umumnya lebih murah daripada tiket kereta. Kamu bisa juga mengandalkan bus open tour jika kamu ingin berwisata di Hanoi dan juga Hue. Bus-bus ini akan lebih mudah kamu temui di kota-kota besar, seperti Ho Chi Minh, Hoi An, Dalat, dan Nha Trang.

Kereta

Perjalanan kereta biasa digunakan oleh turis yang berangkat dari kota lain di Vietnam karena kecepatannya dan harganya yang terjangkau. Namun, kamu juga bisa menggunakan kereta ke Hanoi jika kamu berangkat dari Nanjing dan Beijing di Tiongkok.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Hanoi

Musim

Meskipun secara umum musim di Hanoi hanya terbagi menjadi musim hujan dan kemarau, Hanoi masih mengalami empat musim karena transisi musim-musim tersebut. Perubahan cuaca tentu tidak terlalu drastis. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada musim gugur (September - November) atau pada musim semi (Maret - April). Pada bulan-bulan ini, suhu tidak terlalu dingin atau panas dan cocok untuk berwisata outdoor.

Suhu Rata-Rata

Pada Desember hingga Februari, suhu rata-rata di sini adalah 17 derajat celcius (63 fahrenheit). Pada Maret hingga Mei, suhu rata-rata naik menjadi 24 derajat celcius (74 Fahrenheit). Pada Juni hingga Agustus, suhu rata-rata naik lagi menjadi 29 derajat celcius (84 fahrenheit). Sedangkan pada September hingga November, suhu rata-rata turun kembali menjadi 25 derajat celcius (77 Fahrenheit).

Festival

Setiap hari ke-8 dan ke-11 pada bulan Lunar, ada Hung King Temple Festival yang diadakan untuk memperingati Kinh Duong Vuong, yaitu raja pertama Vietnam. Acara utamanya diadakan di Hung Temple, namun akan ada pelepasan lampion dan juga upacara bunga setelahnya.

Cara Berkeliling di Hanoi

Kota Hanoi bisa kamu eksplorasi sendiri menggunakan taksi, ojek (motorcycle taxi), ojek online, becak (disebut cyclo), atau sewa mobil dan motor sendiri. Jika kamu akan naik cyclo, tawar lebih dulu harganya sebelum kamu berangkat agar kamu tidak dikenakan tarif mahal yang tidak wajar.

Untuk transportasi umum lainnya, saat ini yang bisa kamu andalkan hanyalah bus. Rute bus cukup lengkap dan kenyamanan serta keamanan bus terjamin. Namun, sebaiknya kamu mempelajari dulu rute bus yang tersedia sebelum berangkat. Selain bus, Hanoi berencana menambahkan transportasi umum kereta pada tahun 2020 dan 2021.

Seberapa Luas Hanoi

Dengan luas 3.329 kilometer persegi, kamu bisa mengeksplorasi kota ini selama dua hari atau tiga hari jika kamu punya waktu lebih. Selama waktu tersebut, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas seru di Hanoi, seperti jalan-jalan dan menikmati pemandangan di Imperial Citadel of Thang Long, berkunjung ke tempat peristirahatan pemimpin terbesar Vietnam di Ho Chi Minh Mausoleum, berkunjung ke tempat suci Perfume Pagoda, bercengkrama dengan santai di Hoan Kiem Lake and Ngoc Son, berbelanja sampai puas di Dong Xuan Market, menikmati pemandangan hijau di Ba Vi National Park, dan mendalami budaya lokal di Hanoi Old Quarter.

Hanoi Kebijakan Visa

Bagi kamu yang ingin berwisata di Vietnam, kamu perlu mengajukan visa turis. Namun jika kamu adalah pemegang paspor dari salah satu negara ini, kamu tidak perlu mengajukan visa (hanya jika kamu akan berwisata tidak lebih dari batas waktu yang sudah ditentukan):

90 Hari:

  • Chili

30 Hari:

  • Kamboja
  • Indonesia
  • Kirgistan
  • Laos
  • Malaysia
  • Myanmar
  • Singapura
  • Thailand

21 Hari

  • Filipina

15 Hari

  • Belarus
  • Denmark
  • Finlandia
  • Prancis
  • Jerman
  • Italia
  • Jepang
  • Norway
  • Rusia
  • Korea Selatan
  • Spanyol
  • Swedia
  • Britania Raya

14 Hari

  • Brunei

Kuliner di Hanoi

Sebagai ibu kota, kamu bisa menemukan berbagai kuliner khas Vietnam yang lezat di sini, termasuk pho yang terkenal. Kuliner lainnya adalah Cha Ca (ikan goreng kunyit); Banh Tom (disebut juga kue udang, terbuat dari udang, tepung, dan juga ubi jalar); Bun Rieu Cua (sup bihun dengan daging atau hidangan laut); Bun Ca (terdiri dari kue ikan goreng, tomat, perilla, dill, dan bawang hijau); dan Banh Cuon (daging babi, jamur, dan daun bawang yang dibalut dalam tepung beras).

Makanan Vegan / Vegetarian

Meskipun makanan khas Vietnam dan Hanoi umumnya mengandung daging, kamu tetap bisa menemukan banyak hidangan khas yang vegetarian dan vegan di kota ini. Restoran-restoran yang khusus menyajikan makanan-makanan ini tersebar di seluruh kota dan bisa kamu temukan dengan mudah. Sebagian juga menyajikan hidangan khas negara dan kota lain.

Akomodasi di Hanoi

Sebagai ibu kota, Hanoi memiliki banyak hote mewah di gedung bertingkat dengan pemandangan kota yang indah. Namun, kamu juga tidak akan kesulitan hotel budget berbintang 3 di kota ini. Kebanyakan akomodasi ini menawarkan kamar yang lebih sederhana dengan fasililtas yang cukup lengkap.

Belanja di Hanoi

Hanoi memiliki sangat banyak street market yang bisa kamu kunjungi untuk berbelanja produk-produk lokal dengan harga terjangkau, seperti di Hanoi Weekend Night Market; Hang Gai Street atau Silk Street; Dong Xuan Market (pasar terbesar di Hanoi); Hang Bac Street atau Silver Street; Nha Tho Street; dan Hang Dau Street. Untuk pusat perbelanjaan yang lebih mewah dan indoor, kamu bisa berkunjung ke Hang Da Market, Trang Tien Plaza, dan Lotte Center Hanoi.

Mata Uang Hanoi

VND (Vietnamese Dong).

Bahasa di Hanoi

Bahasa utama dan resmi di sini adalah Bahasa Vietnam. Namun, setiap kota di Vietnam umumnya memiliki dialeknya sendiri. Untuk Hanoi, bahasa sehari-hari yang digunakan penduduk lokal adalah dialek Northern Vietnamese.

Zona Waktu Hanoi

GMT+7.

Jenis Stop Kontak di Hanoi

Ada tiga jenis steker yang digunakan di Vietnam, yaitu tipe A, C, dan F. Tipe A memiliki dua pin datar paralel sedangkan tipe C dan F sama-sama memiliki dua pin bulat yang sejajar. Pasokan listrik di Vietnam adalah 220 Volt pada 50Hz.

Spot Instagram-able di Hanoi

Hanoi memiliki banyak lokasi dengan arsitektur unik dan bersejarah serta pemandangan kota dan pemandangan alam yang indah. Beberapa lokasi yang bisa kamu kunjungi adalah Imperial Citadel of Thang Long; Hon Kiem Lake; Ho Chi Minh Mausoleum; Hanoi Opera House; The Perfume Pagoda; Ba Vi National Park; dan Thang Long Water Puppet Theatre.

Informasi Penting Tentang Hanoi

  1. Hanoi terletak di bagian Utara Vietnam, yang berarti kota ini lebih sederhana dan religius dibandingkan kota lain di daerah selatan. Untuk itu, sebaiknya kamu jangan memakai pakaian yang terlalu terbuka. Kenakanlah pakaian yang lebih tertutup dan berlapis untuk menyesuaikan dengan perubahan cuaca.
  2. Pada musim dingin, salju tidak turun di Hanoi.
  3. Bawalah tisu selalu karena tidak semua toilet umum menyediakannya.
  4. Bawalah air minum dan botol minummu sendiri karena air keran di sini bukan untuk diminum.
  5. Lepas sepatumu saat akan masuk ke rumah warga lokal.
  6. Jangan memotret gedung-gedung militer atau hal-hal lain yang berhubungan dengan militer.
  7. Jangan menunjukkan public display affection dengan pasanganmu di sini, seperti berpelukan atau berciuman (berpegangan tangan masih lazim).