Gorontalo
Tentang

Sama seperti banyak provinsi dan kota wisata di Indonesia, Gorontalo memiliki banyak pesona alam yang begitu mengagumkan, bahkan sering disandingkan dengan tempat-tempat wisata di luar negeri. Mulai dari perbukitan, pergunungan, hingga pantai dan pulau eksotis yang instagramable, ada semuanya di sini!

Baik kamu berwisata bersama keluarga, teman-teman, ataupun pasangan, Gorontalo bisa jadi destinasi yang sempurna. Kalau kamu berjiwa petualang dan suka mendaki sambil ditemani pemandangan yang cantik, Gorontalo punya banyak area perbukitan dan pergunungan yang cocok untuk kamu kunjungi. Jika kamu ingin lokasi wisata alam yang romantis, langsung saja pilih dari berbagai pantai dan pulau eksotis di sini. Di beberapa lokasi ini, kamu bahkan bisa menyelam dan berenang bersama hewan-hewan laut yang mengagumkan, loh!

Kamu dan rombonganmu hanya perlu menghabiskan sekitar tiga hari di sini untuk benar-benar mengeksplorasi tempat wisata di Gorontalo yang paling terkenal. Jika kamu memang hanya ingin menghabiskan akhir pekan di sini, kamu bisa memilih tempat-tempat yang paling populer. Namun, jika ada waktu lebih, kamu bisa menghabiskan sekitar 5-6 hari untuk mengunjungi hidden gems-nya juga!

Mengenai akomodasi, kamu tidak perlu khawatir lagi. Gorontalo punya pilihan akomodasi yang lengkap dan beragam. Mulai dari yang modern dan lebih dekat pusat kota, hingga resor mewah di pulau-pulau cantik yang juga instagramable. Kamu tidak perlu bingung untuk memilihnya, sobat tiket! Langsung saja cek halaman Hotel di tiket.com dan pesan dengan harga terjangkau!

Setelah pilih hotel, lengkapi persiapan perjalananmu ke Gorontalo dengan pesan tiket-tiket lainnya di tiket.com! Mulai dari tiket pesawat, tiket kereta api, tiket tempat wisata, hingga sewa mobil, semuanya bisa kamu pesan dengan harga terjangkau dan proses yang mudah di aplikasi gratis tiket.com!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Gorontalo

Informasi mengenai tempat wisata di Gorontalo.

Apa itu tiket CLEAN di Gorontalo?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Gorontalo tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Gorontalo yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Gorontalo

Dikelilingi perbukitan dan pegunungan, Gorontalo kini menjadi tempat tujuan wisata yang populer. Panorama tempat wisata Gorontalo sangat indah dengan wisata air terjun, sumber air panas alami, dan terumbu karang.

Dari wisata alam, Pulau Saronde jadi lokasi yang tepat untuk olahraga air, seperti snorkeling, berenang, menyelam, dan berselancar. Kamu akan dimanjakan dengan air laut yang masih jernih ditambah keindahan biota laut yang terjaga.

Kemudian, kamu bisa berburu spot foto di Teluk Tomini yang menawarkan keindahan dan kebersihan pantainya. Di sisi lain, masih banyak destinasi wisata yang memanjakan waktu liburanmu di Gorontalo. Untuk kamu Sang Petualang, Geng Asyik, dan Keluarga Asyik, sangat cocok untuk liburan ke Gorontalo.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Gorontalo

Suka jalan-jalan ke area pantai dan pulau eksotis yang cocok untuk diving dan snorkeling? Kamu bisa menemukan banyak sekali tempat seperti itu di Gorontalo! Cek selengkapnya di bawah ini!

1. Pulo Cinta Gorontalo

Pulau kecil yang bentuknya menyerupai hati ini adalah salah satu tempat wisata di Gorontalo yang paling populer. Saat menginap di salah satu resor di sini, kamu bisa sekaligus mencoba snorkeling, island hopping, bahkan mendaki dan trekking. Keindahannya mungkin akan mengingatkanmu akan resor mewah di Maldives yang terkenal.

2. Pulau Diyonumo

Daya tarik pulau ini adalah area perbukitan hijau yang mengelilinginya. Selain itu, keindahan laut dan pantainya juga tak boleh kamu lewatkan! Dijamin akan menyegarkan matamu! Tempat ini juga sekaligus cocok untuk berfoto-foto sampai puas.

3. Pantai Dunu

Jika kamu mencari tempat wisata keluarga yang terbuka serta cantik, kamu bisa langsung ke Pantai Dunu! Objek wisata di Gorontalo ini memiliki hamparan pasir yang masih bersih dan air laut yang jernih. Ombaknya yang tenang pun menjadikan tempat ini cocok untuk berenang di pinggir pantai. Kamu bisa duduk-duduk santai di pasir, berenang, atau bahkan bermain voli pantai di sini.

4. Pulau Saronde

Pulau kecil yang satu ini juga akan mengingatkanmu akan keindahan alam di Maldives. Hanya butuh waktu sekitar 3,5 jam dari pusat kota Gorontalo, pulau ini sudah sering menjadi destinasi utama turis lokal dan mancanegara. Kamu bisa snorkeling, menyelam, atau sekedar berenang saja. Fasilitasnya, termasuk penginapannya, juga sudah memadai dan lengkap.

5. Bukit Layang Gorontalo

Memiliki ketinggian 700 mdpl, bukit ini pas sekali untuk mendaki santai. Begitu tiba di puncaknya, kamu bisa mendirikan tenda sendiri untuk bermalam. Karena, daya tarik utama bukit ini memang di malam hari, saat bintang-bintang mewarnai langit dan kamu berada di posisi terbaik untuk menikmatinya.

6. Danau Limboto

Danau Limboto adalah salah satu destinasi di Gorontalo yang cocok untuk beristirahat serta melepas penat. Wisatawan biasanya mengunjungi danau sebesar 3.000 hektar ini pada saat menjelang matahari terbit atau terbenam untuk menambah keindahan pemandangannya.

7. Pantai Bolihutuo

Terletak sekitar 130 km dari pusat Kota Gorontalo, pantai ini adalah satu satu destinasi akhir pekan populer di Gorontalo. Selain menikmati pemandangannya yang masih asri, kamu juga bisa mencoba aktivitas menyelam atau menyewa perahu atau kapal motor untuk mengeksplorasi keindahan lautnya. Karena terkenal, fasilitas di sini juga sudah lengkap dan memadai.

8. Pusat Karawo

Karawo adalah sebuah karya sulam khas Gorontalo, sebuah seni yang sudah ada sejak abad ke-17 dan sampai sekarang masih dibuat. Untuk membuatnya, memang butuh keterampilan dan ketekunan. Nah, Karawo ini cocok sekali untuk kamu bawa pulang sebagai souvenir!

9. Taman Wisata Laut Olele

Jika kamu ingin menikmati keindahan alam bawah laut di Gorontalo, Taman Wisata Laut Olele adalah destinasi yang sempurna! Kamu bisa mencoba aktivitas favorit, yaitu diving dan snorkeling, untuk menikmati keindahan biota lautnya!

10. Pantai Mananggu

Berbeda dengan pantai lain yang umumnya dipenuhi pasir putih, pantai yang satu ini justru didominasi kumpulan terumbu karang. Pemandangan di sini menjadi unik dan eksotis, terutama saat menjelang matahari terbenam.

11. Pantai Tenilo

Berlokasi di Teluk Tenilo, pantai ini agak mirip dengan pantai-pantai yang ada di Bali, yaitu perairannya dangkal dan luas. Jadi, objek wisata di Gorontalo yang satu ini cocok sekali untuk wisata keluarga bersama si kecil yang hobi berenang.

12. Pantai Indah Boalemo

Sesuai namanya, pantai ini memiliki keindahan pemandangan yang menjadi daya tarik utamanya. Tapi, tak hanya sampai di sana saja, kamu bisa menjelajahi pantai dengan sewa sepeda air, kapal motor, bahkan perlengkapan menyelam. Cocok untuk kamu yang ingin menikmati pantai dengan santai.

13. Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Untuk mencapai tempat wisata alam ini, kamu harus berkendara selama sekitar 3 jam dulu dari pusat kota. Lalu, setibanya di sana, kamu harus berjalan kaki melewati hutan lindung selama 20-30 menit. Jalur yang menantang dan tentu menyenangkan untuk kamu yang berjiwa petualang! Dan semuanya tentu akan sepadan begitu kamu tiba dan menikmati kesegaran air terjun ini!

14. Pantai Pasir Putih Leato

Sesuai namanya, pasir di pantai ini masih putih bersih dan cantik karena memang belum terlalu ramai wisatawan. Kamu bisa jalan-jalan santai di pinggir pantai untuk menikmati keindahannya atau mencoba snorkeling untuk mengeksplorasi keindahan bawah lautnya.

15. Masjid Walima Emas Gorontalo

Ada banyak sekali keunikan dari masjid ini. Pertama, masjid ini dibangun pada ketinggian 250 kaki di atas permukaan laut. Kedua, waktu peresmiannya yang sudah diatur secantik mungkin, yaitu pada tanggal 12 di bulan ke-12, tahun 2012, pada pukul 12 lewat 12 menit waktu Indonesia bagian tengah. Ketiga, pemandangannya dari atas benar-benar cantik dengan udara segar yang mengelilinginya.

16. Desa Wisata Religi Bongo

Tak jauh dari Masjid Walima Emas Gorontalo, ada Desa Wisata Religi Bongo yang juga wajib kamu kunjungi. Ada berbagai objek wisata religi di sini, mulai dari pesantren alam hingga kolam asmaul husna. Semuanya masih asri dan cantik!

17. Teluk Tomini Gorontalo

Meskipun tidak termasuk wilayah administratif Gorontalo, karena lokasinya tak jauh dari pusat kota, tempat wisata alam ini bisa masuk ke itinerary-mu. Sering dijuluki surga kecil nan indah, kamu bisa menikmati keindahan pantai dan laut di sini dengan tenang. Kamu bahkan juga bisa snorkeling untuk mengeksplorasi keindahan bawah lautnya.

18. Pantai Botutonuo

Pantai yang berlokasi di Desa Botutonuo ini sudah sering menjadi pilihan utama penduduk lokal untuk destinasi liburan akhir pekan. Pasirnya putih dan bersih, air lautnya cantik dan jernih. Selain itu, fasilitas di sekitar pantai juga akan memudahkanmu. Sudah ada restoran, tempat beristirahat, dan juga kamar mandi.

19. Pulau Bitila Gorontalo

Berlokasi sekitar 140 km dari pusat Kota Gorontalo, kamu harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam untuk mencapainya. Namun, begitu tiba di pulau tak berpenghuni ini, kamu bisa menikmati keindahannya tanpa gangguan keramaian sama sekali. Udaranya pun masih segar dan bersih.

20. Air Terjun Permai Taludaa

Lokasi air terjun ini adalah salah satu situs tempat wisata alam yang tak boleh kamu lewatkan! Tingginya memang hanya 42 meter, namun lebarnya mencapai 15 meter, jadi kemegahannya tak berkurang sama sekali. Begitu tiba di sini, kamu bisa menikmati kesegarannya yang mudah terasa sambil mengoleksi foto-foto wisata yang keren!

21. Air Terjun Ayuhulalo

Daya tarik utama air terjun ini tentu adalah udara segar dan sejuk di sekitarnya yang sangat diminati wisatawan dari kota. Hanya perlu berkendara sekitar 20 menit saja menggunakan motor dari pusat kota, kamu sudah bisa menikmati keindahannya tanpa ribet!

22. Wisata Bahari Hiu Paus

Kamu suka berinteraksi dengan hewan yang jinak dan mengagumkan selama wisatamu? Coba Wisata Bahari Hiu Paus di mana kamu bisa berenang dan juga berfoto-foto dengan hewan laut yang raksasa ini. Pasti akan menjadi momen wisata yang menarik dan tak terlupakan!

23. Desa Suku Bajo

Desa yang menjadi tempat tinggal warga Suku Bajo ini memang cukup jauh jaraknya dari pusat kota Gorontalo (sekitar 7 jam berkendara). Namun, semuanya akan sepadan ketika kamu tiba di sini! Keindahan alam di sini masih asri dan cantik, pasti akan memanjakan matamu. Selain itu, kamu juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal dan belajar lebih banyak tentang budayanya.

24. Rumah Adat Gorontalo

Kamu suka wisata budaya? Langsung saja kunjungi Rumah Adat Gorontalo! Rumah adat ini yang juga disebut Bantayo Poboide secara harafiah berarti bangunan tempat pertemuan. Selain itu, tempat ini juga sering menjadi lokasi acara kesenian.

25. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Gorontalo

Taman nasional yang satu ini merupakan rumah bagi berbagai jenis spesies flora dan fauna. Salah satunya yang menjadi ikon tempat ini adalah burung Maleo yang unik dan cantik. Saat tiba di sini, kamu bisa mengobservasi pelestarian flora dan fauna yang menarik secara langsung. Menarik untuk kamu dan si kecil!

26. Pantai Kurenai

Pantai Kurenai bisa dibilang merupakan salah satu spot menyelam terbaik di Gorontalo. Perairannya yang hangat, ombaknya yang relatif tenang, serta biota lautnya yang masih terjaga keindahannya menjadikan tempat ini populer di kalangan wisatawan yang hobi menyelam. Untuk menghindari keramaian, sebaiknya berkunjunglah pada weekday.

27. Pantai Tangga 2000

Dari namanya, kamu mungkin sudah bisa menebak daya tarik utamanya. Ya, deretan tangga beton yang ada di pinggir pantai ini menjadi salah satu aspek paling menarik di sini. Namun, tak hanya itu saja. Pantai ini bisa dicapai hanya dengan berkendara 20 menit dari pusat kota. Ada banyak penjual makanan lokal di sekitarnya. Tempat ini juga cocok untuk berelaksasi bersama keluarga.

28. Pemandian Air Panas Lombongo

Ingin bersantai dari suasana kota sejenak? Langsung saja ke Pemandian Air Panas Lombongo! Di sini, kamu bisa berendam di kolam air panas sedalam 1 atau 2 meter yang mengandung belerang serta punya khasiat bagus untuk kulit.

29. Monumen Nani Wartabone

Terletak di depan rumah dinas Gubernur Provinsi Gorontalo, monumen ini dibangun pada tahun 1987 untuk menghormati perjuangan pahlawan-pahlawan Gorontalo mengusir para penjajah dulu. Tak hanya menjadi ikon kota dan monumen bersejarah, tempat ini juga sering dikunjungi wisatawan untuk berfoto-foto.

30. Benteng Otanaha

Karena berada di atas bukit, kamu bisa menikmati pemandangan kota dari ketinggian yang pas sekali ketika tiba di sini. Namun, memang perlu sedikit perjuangan untuk mencapainya, yaitu menaiki 348 anak tangga. Selain pemandangan, benteng ini juga merupakan sebuah peninggalan bersejarah Kerajaan Gorontalo dengan keunikan tersendiri, yaitu penggunaan batu kapur, pasir, dan telur burung Maleo untuk pembangunannya.

Cara Menuju ke Gorontalo

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Gorontalo adalah dengan:

Pesawat

Cara paling praktis menuju Gorontalo adalah menggunakan pesawat terbang jika berangkat dari luar Pulau Sulawesi atau luar Indonesia. Kamu akan mendarat di Bandara Internasional Jalaluddin, Gorontalo.

Bus

Kamu bisa menggunakan bis menuju Gorontalo dari Kota Manado dengan tarif bis mulai dari Rp 60.000. Bis menuju Gorontalo juga melayani pemberangkatan dari Bandara Internasional Sam Ratulangi.

Akomodasi di Gorontalo

Gorontalo menyediakan banyak jenis akomodasi, mulai dari yang mewah hingga yang lebih terjangkau harganya. Selain hotel, kamu bisa dengan mudah menemukan villa, apartemen, dan homestay. Pesan hotel di Gorontalo melalui tiket.com sekarang untuk harga terbaik!

Spot Instagrammable di Gorontalo

Buat kamu para pecinta foto instagramable, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat ini, yaitu Taman Wisata Laut Olele, Pantai Kurenai, Pulau Saronde, Pantai Dunu, Pulau Cinta, dan Air Terjun Taludaa.

Kuliner di Gorontalo

Masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Gorontalo, salah satunya adalah wisata kuliner. Sejumlah kuliner yang bisa memanjakan lidahmu, yakni Es Brenebon (es kacang merah yang disajikan dengan sirup dan campuran susu kental manis), Ayam Iloni (ayam yang dibumbui dengan rempah dari jahe, kemiri, kunyit, bawang merah, bawang putih, dan beberapa rempah khas Indonesia), Ilabulo (terbuat dari sagu dan ati ampela ayam dan dimasak dengan santan), dan Sayur Putungo (terbuat dari jantung pisang yang disantan dan disantap dengan milu rebus atau milu bakar).

Makanan Vegan/Vegetarian

Makanan khas Gorontalo memang kebanyakan mengandung daging. Namun, kamu tidak akan kesulitan menemukan restoran atau kafe yang menyajikan khusus makanan vegan dan vegetarian. Menunya tidak selalu makanan khas Gorontalo tanpa daging atau yang dagingnya diganti, tapi bisa juga makanan Indonesia lain atau makanan chinese dan western.

Belanja di Gorontalo

Selain obyek wisata, kamu juga akan dimanjakan dengan tempat berbelanja di Gorontalo. Pusat perbelanjaan yang menjadi tempat favorit para pelancong, yakni Citimall Gorontalo, ITC Gorontalo, dan Pasar Sentral Gorontalo.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Gorontalo

Musim

Gorontalo hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Umumnya, di saat musim kemarau pun, udara di kota ini masih termasuk sejuk, terutama setelah matahari terbenam. Untuk menghindari musim hujan, bulan terbaik untuk berkunjung adalah antara Juni dan September.

Festival

Enggak hanya menikmati wisata alamnya saja, masih ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di Gorontalo. Salah satunya adalah datang ke berbagai festival, seperti Festival Pesona Danau Limboto yang dihelat setiap September.

Berbagai pertunjukkan akan menghiasi festival ini, di antaranya tarian tradisional, pertunjukkan kembang api, kuliner tradisional, dan pameran.

Kemudian, setiap April, terdapat Festival Teluk Tomini yang menyuguhkan penampilan musik tradisional Gorontalo, kuliner, dan pameran hasil kerajinan masyarakat lokal. Teluk Tomini juga merupakan lokasi yang tepat untuk snorkeling, berenang, menyelam, dan berselancar.

Cara Berkeliling di Gorontalo

Terdapat beberapa transportasi umum yang bisa digunakan untuk menjelajahi tempat wisata di Gorontalo, seperti motor sewa dengan tarif mulai dari Rp 5.000 - Rp 30.000, bis, ataupun transportasi online.

Kendati demikian, cara paling mudah untuk menjelajahi tempat wisata di Gorontalo adalah menggunakan mobil. Jika tidak membawa mobil pribadi, kamu bisa memanfaatkan sewa mobil di Gorontalo melalui tiket.com. Selain pilihan mobilnya yang lengkap, harganya juga terjangkau.

Seberapa Luas Gorontalo

Dengan luas 64,79 kilometer persegi, kamu membutuhkan waktu tiga hari untuk menikmati keindahan tempat wisata di Gorontalo. Sejumlah destinasi yang wajib kamu kunjungi, yakni Pulau Saronde, Pulo Cinta, Benteng Otanaha, Danau Limboto, Air Terjun Taludaa, Masjid Walima Emas, Pantai Botu Barani, dan Taman Laut Olele.

Mata Uang Gorontalo

Rp (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Gorontalo

Bahasa utama di kota ini tentu adalah Bahasa Indonesia. Namun, warga lokal juga sering menggunakan bahasa daerahnya dengan Bahasa Hulonthalo.

Zona Waktu Gorontalo

WIB

Jenis Stop Kontak di Gorontalo

Jenis stop kontak di Gorontalo dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Gorontalo

  1. Membawa uang tunai sesuai kebutuhan karena beberapa tempat wisata tidak bisa menerima kartu kredit maupun debit.
  2. Membawa tabir surya.
  3. Jangan minum air keran di Gorontalo karena umumnya tidak bersih untuk diminum.
  4. Jangan membuang sampah dan puntung rokok sembarangan.