Chiang Mai
Tentang

Ayo jalan-jalan ke Chiang Mai! Chiang Mai adalah sebuah kota yang ada di Thailand dan terkenal dengan pemandangan pegunungan yang sangat memikat hati. Kota ini bukan hanya populer sebagai destinasi wisata, tapi juga surga bagi kamu yang suka belanja dan bertualang.


Lokasi dari kota Chiang Mai ini kurang lebih 700 kilometer ke arah utara dari Bangkok, ibukota Thailand. Tempat ini tentu saja bisa bikin kamu terpesona dengan apa yang dimilikinya. Di sini kamu bisa belanja hasil kerajinan tangan yang antik dan unik hingga menikmati Thai massage atau pijatan khas Thailand.


Tentu saja ada banyak sekali hal lainnya yang bisa kamu lakukan kalau kamu liburan ke Chiang Mai. Ada beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi kalau kamu baru pertama kali liburan ke kota ini. Tempat wisata itu termasuk juga beberapa kuil dan situs menarik yang ada di Chiang Mai.


Kuil-kuil yang ada di Chiang Mai menjadi salah satu alasan utama banyak orang ingin liburan ke sini. Kurang lebih ada sekitar 300 kuil di kota ini di mana setiap kuilnya memiliki desain bangunan yang unik dan penuh warna. Tak jarang kamu akan menemukan spot instagrammable yang sayang banget kalau dilewatkan. Jadi jangan sampai lupa bawa kamera, ya, kalau kamu liburan ke Chiang Mai.


Hal lain yang membuat kota ini menarik adalah Chiang Mai sangat budget-friendly alias kamu tidak membutuhkan dana yang terlalu besar untuk bisa menikmati banyak hal di sini. Banyak makanan khas Thailand yang bisa kamu cicipi dengan harga yang terjangkau.


Kalau kamu tertarik untuk liburan ke Chiang Mai, pesan tiket untuk menikmati beragam event, atraksi, ataupun tempat wisata yang ada di sana melalui to do dari tiket.com yang prosesnya sangat mudah dan cepat. Dengan to do dari tiket.com, dapatkan tiket aktivitas asyik di Chiang Mai untuk melengkapi liburan serumu.

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Chiang Mai

Informasi mengenai tempat wisata di Chiang Mai.

Apa itu tiket CLEAN di Chiang Mai?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Chiang Mai tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Chiang Mai yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Chiang Mai

Chiang Mai adalah kota terbesar kelima di Thailand yang terkenal sebagai tujuan wisata yang penuh peninggalan budaya yang historis, ikonik, dan indah. Karena dikelilingi pegunungan, kamu juga akan melihat berbagai pemandangan cantik selama berkeliling kota.

Chiang Mai sangat cocok untuk wisata keluarga karena lokasinya yang damai dan banyaknya tempat wisata yang cocok untuk semua usia. Selain itu, bagi kamu yang sedang ingin solo traveling ke tempat yang menenangkan, Chiang Mai juga bisa menjadi pilihan utamamu.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Chiang Mai

Berbagai objek wisata di Chiang Mai dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pulau dan pantai yang cantik. Namun, ada juga sejumlah lokasi bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini. Berikut ada 30 destinasi wisata terbaik di Chiang Mai yang kami rekomendasikan!

1. Wat Phra That Doi Suthep

Wat Phra That Doi Suthep merupakan kuil berlapis warna emas tercantik di utara Thailand. Tempat wisata di distrik Mueang ini menyimpan relik suci Sang Buddha. Di sini, kamu akan menemukan anak-anak kecil berkeliaran dengan menggunakan baju adat Suku Hmong. Saat berkunjung ke sini, kamu perlu menjaga ketenangan dan wajib melepas alas kaki saat masuk ke area dalam kuil. Di dalam kuil juga terdapat stupa tinggi berwarna emas mengilap.

2. Kebun Raya Ratu Sirikit

Kebun Raya Ratu Sirikit salah satu tempat wisata yang cocok untuk menikmati taman alami. Taman di sini terawat dan terdapat begitu banyak burung di dalamnya. Tempat wisata di Thailand ini dikelilingi oleh tanaman, pohon, dan bunga yang ditata dengan rapi sehingga membawa pengunjung pada suasana santai nan asri. Di sini, kamu juga bisa menikmati Canopy Walkway, jembatan yang akan memberikanmu sensasi berjalan di atas hutan alam dengan pemandangan hijau menyegarkan mata, tertarik datang ke sini?

3. Doi Inthanon

Buat kamu pecinta alam, tempat wisata di Chiang Mai yang satu ini wajib dikunjungi. Adalah Taman Nasional Doi Inthanon yang merupakan pegunungan tertinggi di Thailand. Daya tarik wisata hits ini adalah pemandangan gunung yang cantik. Di sini, kamu bisa trekking dan menikmati alam asri dengan pemandangan elok dari area taman. Dua buah kuil kembar yang indah terdapat di sini, Phra That Naphamethanidon. Puncak Doi Inthanon adalah tempat yang terkenal untuk menyaksikan matahari terbit. Ada juga beberapa air terjun di sekitar taman nasional ini.

4. Chiang Mai Night Safari

Chiang Mai Night Safari memiliki konsep dengan Singapore Night Safari yang memberikan pengalaman mendebarkan seakan mengunjungi hutan belantara di malam hari. Terdapat tiga zona hewan, yakni Savanna Safari, Predator Prowl, dan Jaguar Trail. Untuk melalui zona hewan tersebut, kamu bisa naik trem atau berjalan kaki. Kamu bisa melihat lebih dekat dengan hewan-hewan, seperti jerapah, zebra, singa, hiena, dan kanguru merah. Selain itu, ada juga 130 spesies hewan liar lainnya yang berasal dari Afrika.

5. Baan Khun Chang Kian

Selain Jepang, kamu juga bisa melihat bunga sakura lho di Thailand. Tepatnya di Ban Khun Chang Kian. Tempat wisata di Chiang Mai ini menyimpan keindahan pemandangan layaknya kampung tradisional di Jepang. Di desa ini, kamu bisa menikmati lautan warna pink pastel dan cherry blossom.

6. Elephant Nature Park

Elephant Nature Park merupakan lokasi konservasi gajah yang terkenal di Thailand. Tempat wisata di Chiang Mai ini didirikan pada 1990 silam untuk menyediakan perlindungan dan pusat penyelamatan bagi gajah-gajah. Rumah bagi sekitar 70 gajah di lahan seluas 250 hektar ini ingin menyelamatkan gajah dari industri pariwisata dan pembalakan liar. Di sini, kamu bisa bercengkrama langsung dengan gajah-gajah lucu. Bahkan, kamu bisa memandikan dan memberikan makan kepada gajah, asyik bukan?

7. Wat Chedi Luang

Wat Chedi Luang merupakan salah satu kuil penting di Chiang Mai. Di sini, terdapat tempat belajar dan tempat tinggal para biksu. Ada satu kegiatan yang kerap diikuti pelancong, yakni Monks Chat. Kegiatan ini mewadahi pelancong untuk ngobrol dengan Monks dan bisa tanya apa saja tentang agama Buddha atau kehidupan mereka sebagai biksu.

8. City Tour

Petualangan selanjutnya sampai di City Tour. Tempat wisata di daerah Old Town Chiang Mai ini banyak sekali kuil-kuil indah yang bisa kamu kunjungi. Selain kuil-kuil cantik, ada juga Three King Monument yang merupakan monumen patung tiga raja di kerajaan Lanna yang saling bersahabat, yaitu King Mengrai, Ramkamhaeng, dan Ngam Muang.

9. Nimman Night Market

Setelah puas berjalan-jalan, jangan lupa sempatkan untuk mengisi perutmu. Salah satu pasar malam yang terkenal di Chiang Mai adalah Nimman Night Market. Di sini, terdapat beberapa mal dan tempat makan yang instagramable.

10. Yee Peng dan Loy Krathong Festival

Yee Peng dan Loy Krathong Festival merupakan festival untuk merayakan full moon saat bulan ke-12 menurut Kalender Lunar. Saat Yee Peng Festival, orang-orang akan menebarkan lampion ke angkasa yang jumlahnya ribuan sehingga membuat langit kian terang.

11. Royal Park Rajapruek

Royal Park Rajapruek adalah taman yang terdiri dari berbagai jenis flora. Selain bunga cantik dan warna-warni yang instagramable, di area ini juga terdapat kuil dan paviliun yang megah.

12. Scenic Spot

Scenic Spot merupakan kawasan di mana kamu bisa melihat pemandangan Kota Chiang Mai dari pegunungan. Spot instagramable ini bisa dicapai dalam perjalanan dari ataupun menuju Kuil Wat Phra That Doi Suthep dari arah Chiang Mai.

13. Kota Tua Chiang Mai

Tempat wisata di Chiang Mai ini jadi spot yang tepat untuk melihat tembok besar dari batu bata yang merupakan peninggalan sejarah Thailand zaman dulu. Dulu, tembok ini dibangun untuk menahan serangan dari tentara kerajaan Burma. Selain dikelilingi oleh tembok batu bata, kota tua ini juga dikelilingi oleh kanal-kanal yang dahulu juga dijadikan sebagai sarana transportasi.

14. Tha Phae Gate

Masih berada di seputaran kota tua Chiang Mai, kamu bisa melipir Tha Phae Gate. Gerbang ini cukup megah dan ada empat sisi mengitari kota tua Chiang Mai.

15. Three Kings Monument and Museum

Masih di seputaran kota tua, ada sebuah objek wisata di Chiang Mai yang wajib dikunjungi, yakni Three Kings Monument and Museum. Patung tiga orang ini merupakan orang paling berpengaruh di Chiang Mai, yakni King Mengrai, King Ramkamhaeng of Sukhothai, dan King Ngam Muang of Payao.

16. Huai Nam Dang International Park

Huai Nam Dang International Park merupakan taman nasional yang terletak di daerah Taeng Mae. Destinasi wisata di Chiang Mai ini menawarkan pemandangan gunung-gunung dengan hutan hijau lebat yang masih asri.

17. Golden Triangle

Golden Triangle paling tepat dikunjungi pada pagi hingga sore hari. Tempat wisata di Chiang Mai ini menawarkan pemandian air panas dan melihat pemandangan Sungai Mekong dengan jelas. Disebut sebagai Golden Triangle karena kawasan ini berbatasan langsung dengan Burma, Laos, dan Thailand.

18. Maesa Elephant Camp

Thailand memang memiliki banyak penangkaran-penangkaran gajah. Salah satu penangkaran yang wajib dikunjungi adalah Maesa Elephant Camp. Di sana, kamu bisa berinteraksi langsung dengan gajah-gajah, mulai dari menunggang, memberi makan, dan melihat aktivitas gajah dimandikan.

19. Baan Tawai Village

Desa wisata ini terkenal dengan ukiran kayunya yang sudah mendunia. Destinasi wisata di Chiang Mai ini wajib banget kamu kunjungi.

20. Royal Agricultural Angkhang Station

Royal Agricultural Angkhang Station adalah destinasi wisata alam wisata yang wajib dikunjungi di Chiang Mai untuk wisata keluarga. Lokasi ini memiliki keindahan alam berupa taman-taman bunga berbagai musim dari berbagai negara yang instagramable.

21. Sai Nam Phung Orchid Farm

Terletak di utara Chiang Mai, Sai Nam Phung Orchid Farm adalah perkebunan anggrek botanical yang wajib dikunjungi untuk wisata keluarga. Di sini, kamu bisa melihat berbagai jenis bunga anggrek yang ada di dunia. Selain kebun anggrek, kamu akan dimanjakan oleh peternakan kupu-kupu.

22.Hmong Village

Desa Hmong adalah lokasi yang tepat untuk melihat sejarah kehidupan Thailand masa lampau. Di sini, terdapat rumah-rumah suku yang masih kokoh hingga kini. Untuk merasakan pengalaman yang mengesankan, kamu bisa menyewa pakaian etnis Suku Hmong dan foto-foto di sini lho.

23. Wat Phra Singh

Wat Phra Singh adalah kuil yang dihormati masyarakat Thailand. Salah satu daya tarik utama wisata hits ini adalah dekorasi dan mural kuil yang menggambarkan kehidupan penduduk setempat ratusan tahun yang lalu.

24. Bua Thong Sticky Waterfalls

Salah satu tempat wisata yang terkenal di Chiang Mai adalah Bua Tong atau Air Terjun Lengket. Air terjun ini tidak hanya cantik, tetapi juga memungkinkan pelancong untuk memanjat ke atas bebatuan air terjun. Air di sini pun jernih karena berasal dari mata air mineral. Dari puncak air terjun, kamu dapat melihat pegunungan dan hutan juga lho!

25. Huay Tung Tao Lake

Huay Tung Tao merupakan danau besar yang dilengkapi fasilitas pondok bambu untuk bersantai sembari menghadap pegunungan Doi Pui. Objek wisata di Chiang Mai ini spot yang tepat lho untuk kuliner karena terdapat banyak tempat makan yang mengelilingi danau. Tempat makan di sini menyajikan ragam makanan, mulai dari salad, ikan bakar, hingga bir.

26. Sunday Walking Street

Mengunjungi Sunday Walking Street adalah objek wisata hits yang wajib dikunjungi pelancong. Setiap hari Minggu, terdapat pasar yang menjual berbagai macam barang dan makanan, seperti pakaian, lukisan, kerajinan tangan, hiasan rumah, dan masih banyak lagi dengan harga yang murah.

27. Night Bazaar

Pasar malam ini berada di Chiang Mai yang buka setiap hari dari sore hingga malam. Di sini, kamu bisa menemukan beragam baju, tas, sepatu, perhiasan, dan produk lainnya dengan harga yang murah.

28. Art in Paradise Chiang Mai

Ingin foto-foto dengan latar belakang instagramable? Kamu bisa banget berkunjung ke Art in Paradise. Di sini, kamu bisa foto-foto dengan pose fantastik, seperti tampak berselancar, naik karpet ajaib, dan berdiri di tengah gunung berapi. Museum tiga dimensi ini memiliki koleksi 130 foto yang terbagi menjadi tiga zona, yakni zona dunia bawah laut, margasatwa, Mesir kuno, dan kota-kota Eropa.

29. Bo Sang Handicraft Centre

Bo Sang merupakan nama daerah di Chiang Mai yang terkenal akan tempat pembuatan payung tradisional Thailand. Ada banyak ukuran payung yang dijajakan, mulai dari payung besar, payung berukuran sedang, dan payung kecil. Setahun kecil, Bo Sang mengadakan festival payung yang disebut Bo Sang Umbrella Fair.

30. Chiang Mai Zoo

Suka dengan binatang? Mampir yuk ke Kebun Binatang Chiang Mai. Di sini, kamu bisa melihat panda secara langsung dan mengamati kehidupan binatang unik tersebut.

Cara Menuju ke Chiang Mai

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Chiang Mai adalah dengan:

Pesawat

Ini adalah cara yang paling banyak digunakan wisatawan, terutama yang berangkat dari luar negeri. Kamu akan mendarat di Chiang Mai International Airport yang hanya berjarak sekitar 3km dari pusat kota. Kamu bisa dengan mudah mencapai pusat kota menggunakan mobil selama 10-15 menit saja.

Bus

Chiang Mai memiliki 2 terminal bus utama, yaitu Arcade Bus Station dan Chang Puak Bus Station. Perjalanan menggunakan bus paling sering digunakan oleh wisatawan yang berangkat dari Bangkok.

Kereta

Perjalanan menggunakan kereta bisa kamu andalkan jika kamu berangkat dari kota-kota besar seperti Bangkok. Rute menuju Chiang Mai banyak tersedia sepanjang hari. Dengan tarif yang lebih tinggi, kamu bahkan bisa memesan kereta yang menyediakan tempat tidur susun untuk perjalanan malam hari.

Akomodasi di Chiang Mai

Jika kamu ingin menginap di daerah pusat kota, kamu akan dengan mudah menemukan hotel bintang 2 dan 3 dengan fasilitas lengkap dan kamar yang nyaman. Namun, ada juga beberapa hotel bintang 4 dan 5 yang menawarkan pemandangan pegunungan yang lebih indah serta fasilitas yang lebih lengkap.

Spot Instagram-able di Chiang Mai

Karena Chiang Mai adalah kota yang penuh dengan peninggalan budaya, kamu akan menemukan banyak spot foto yang menunjukkan budaya dan nilai historis lokal. Beberapa di antaranya adalah Wat Ratchamonthian, Doi Inthanon National Park, Silver Temple, dan Doi Suthep-Pui National Park.

Kuliner Chiang Mai

Di Chiang Mai, kamu bisa menemukan banyak makanan-makanan khas Thailand yang lezat dengan harga terjangkau. Beberapa makanan yang wajib kamu coba adalah Khao Soi (mie kuah kari), Sai Oua (sosis daging babi), Kanom Jeen Nam Ngeow (bihun dengan kari kedelai), dan Tam Khanun (salad nangka muda).

Makanan Vegan / Vegetarian

Kamu tidak akan kesulitan menemukan restoran dan kafe yang khusus menyajikan makanan vegan dan vegetarian. Tidak semuanya berada di satu area yang sama, tapi tersebar di seluruh kota.

Belanja di Chiang Mai

Chiang Mai adalah gudangnya street market yang bisa menjadi surga belanja para wisatawan. Beberapa lokasi yang bisa kamu kunjungi adalah Chiang Mai Night Bazaar, Chiang Mai Walking Street, Wualai Walking Street, Bor Sang Village, dan Warorot Market. Beberapa tempat ini juga hanya buka pada malam hari sehingga kamu bisa beraktivitas seharian lebih dulu sebelum pergi belanja.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Chiang Mai

Musim

Seperti kota lainnya di Thailand, Chiang Mai hanya mengalami 2 musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Untuk pengalaman perjalanan yang terbaik, sebaiknya kamu berkunjung antara bulan Oktober dan April. Pada saat ini, cuaca lebih cerah dan sejuk. Namun, ini juga merupakan waktu di mana Chiang Mai penuh dengan turis.

Suhu Rata-Rata

Suhu rata-rata di Chiang Mai pada awal dan akhir tahun adalah sekitar 23 derajat celsius (73 derajat fahrenheit). Sedangkan pada pertengahan tahun, suhu rata-rata naik menjadi 28 derajat celsius (82 derajat fahrenheit)

Festival

Seperti kota lainnya di Thailand, Songkran Festival juga dirayakan besar-besaran di Chiang Mai pada bulan April. Pada festival ini, baik warga lokal maupun turis bisa berpartisipasi dalam perang siram air di jalan dan tempat terbuka. Ini juga merupakan libur nasional di mana banyak warga lokal pulang ke kampung halamannya dan kota-kota wisata banyak dipenuhi turis.

Di bulan November, ada juga Festival Loi Krathong di mana warga lokal biasa membuat perahu kecil dari batang pisang yang didekorasi dengan daun pisang, bunga, dan juga lilin untuk kemudian dilepaskan ke sungai. Kamu akan menyaksikan pemandangan malam yang sangat cantik pada saat ini.

Cara Berkeliling di Chiang Mai

Untuk perjalanan darat di dalam kota, kamu bisa mengandalkan beberapa transportasi umum seperti bus, songthaew (truk pick-up yang sudah dimodifikasi menjadi transportasi umum yang bisa mengangkut banyak orang), tuk tuk (transportasi umum roda tiga), dan taksi. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah mengeksplorasi kota dengan berjalan kaki.

Kamu juga bisa menyewa mobil atau motor. Tapi kamu perlu mengingat bahwa jalanan di Chiang Mai tidak selalu rata atau bagus.

Seberapa Luas Chiang Mai

Dengan luas sekitar 40.22 km persegi, idealnya kamu menghabiskan waktu sekitar 4 hari untuk berkeliling di kota ini sampai puas. Selama waktu tersebut, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas seru di Chiang Mai dan berkunjung ke tempat wisata di Chiang Mai yang paling terkenal dan menarik. Beberapa kegiatan yang bisa kamu coba adalah jalan-jalan ke Doi Suthep, Doi Inthanon National Park, Wat Phra Singh, dan Wat Chedi Luang, mencoba Thai Massage, dan menikmati kehidupan malam di Chiang Mai dengan berkunjung dan berbelanja di The Weekend Market, The Night Bazaar, dan Warorot Market.

Mata Uang Chiang Mai

THB (Baht Thailand).

Bahasa di Chiang Mai

Bahasa utama dan nasional di Chiang Mai adalah Bahasa Thailand. Namun, kamu tidak akan kesulitan berinteraksi dengan warga lokal menggunakan Bahasa Inggris dasar.

Zona Waktu Chiang Mai

GMT+7.

Jenis Stop Kontak di Chiang Mai

Jenis steker yang umum digunakan di Thailand adalah tipe A, B, dan C. Tipe A memiliki 2 pin rata yang paralel dan tipe B memiliki pin yang sama namun dengan tambahan grounding pin. Sedangkan tipe C memiliki 2 pin bulat. Tegangan listrik di Thailand adalah 230V dan frekuensi aliran listriknya adalah 50Hz.

Informasi Penting Tentang Chiang Mai

  1. Pakaian yang cocok dibawa untuk berwisata ke Chiang Mai adalah kaus lengan pendek yang longgar, celana pendek, dan sepatu berjalan yang nyaman. Namun, karena ada banyak tempat suci yang bisa kamu kunjungi, sebaiknya kamu membawa juga pakaian yang lebih tertutup, seperti kaus lengan panjang, celana panjang, syal, dan jaket.
  2. Air keran di Chiang Mai bukan untuk diminum.