30 Rekomendasi Tempat Wisata di California

California adalah negara bagian Amerika Serikat yang penuh dengan tempat wisata menarik untuk semua kalangan. Kamu jalan-jalan bersama keluarga dan butuh tempat wisata anak yang menyenangkan? California punya Disneyland, Universal Studios, dan banyak lagi. Kamu berwisata sendiri dan ingin berkunjung ke tempat wisata alam yang pemandangannya cantik dan udaranya segar? Ada banyak taman nasional di negara bagian ini yang bisa kamu pilih! Intinya, California benar-benar punya segala macam tempat wisata untuk semua orang!

1. Napa Valley

Di area utara California, kamu akan menemukan Napa Valley yang cocok bagi siapapun yang ingin istirahat dari hiruk pikuk kota. Area ini terkenal akan kecantikannya, kebun anggurnya, dan juga suasananya yang damai dan tenang. Selain untuk jalan-jalan dan menikmati pemandangan, kamu juga bisa menginap di resor mewah, menikmati pijatan spa berkualitas, dan menyantap makanan lokal di restoran berkelas.

2. Golden Gate Bridge, San Francisco

Golden Gate Bridge bisa dibilang merupakan ikon kota San Francisco yang paling terkenal. Tempat ini juga merupakan tempat wisata yang paling banyak difoto, baik oleh penduduk lokal maupun wisatawan. Jembatan merah ini memberikan latar belakang dan pemandangan yang indah karena letaknya di atas air yang biru dan jernih (atau kadang bahkan di atas kabut yang terlihat seperti awan). Baik pada malam hari maupun siang hari, Golden Gate Bridge tetap instagramable meski dengan suasana yang berbeda.

3. Santa Cruz

Kota Santa Cruz sendiri sebenarnya bukan kota besar dan penduduknya berjumlah sekitar 50.000 orang. Meski begitu, kota ini sering menjadi destinasi wisata utama bagi mereka yang suka wisata di pantai dan menyelam. Ada banyak spot-spot seperti itu yang bisa kamu jumpai di kota ini. Bahkan ada juga taman bermain outdoor di dekat pantai yang bisa kamu kunjungi untuk wisata keluarga!

4. Pfeiffer Beach

Pantai yang satu ini merupakan pantai yang terkenal di kalangan wisatawan lokal. Namun, untuk wisatawan mancanegara, pantai ini termasuk tempat wisata yang jarang diketahui. Karena itu, biasanya pantai ini tidak terlalu ramai dan cocok untuk kamu yang ingin berelaksasi. Selain sekedar jalan-jalan santai di pantai, salah satu keunikannya adalah pasirnya yang berwarna ungu. Warnanya adalah hasil dari partikel garnet mangan yang tersapu dari lereng bukit tetangga.

5. The San Francisco Dungeon

Kamu suka tempat wisata yang menantang dan menyeramkan tapi sudah bosan dengan rumah hantu biasa? Langsung saja ke The San Francisco Dungeon! Bayangkan masuk ke rumah hantu yang interaktif serta sudah didekorasi dan dilengkapi dengan aktor profesional untuk menakut-nakuti pengunjung. Tapi kali ini, jangan bayangkan hantu biasa, melainkan karakter dan kisah-kisah gelap dan berbahaya dalam sejarah San Francisco. Kamu jadi memacu adrenalin di sini sekaligus mempelajari sejarah dengan cara yang unik!

6. Union Square

Union Square bisa dibilang adalah pusatnya San Francisco. Plaza publik ini dilengkapi dengan department store, toko suvenir, galeri seni, restoran dan kafe, hotel, serta teater. Kamu dan keluarga bisa berkunjung ke sini jika mencari pusat hiburan all in one!

7. Joshua Tree National Park

Tempat wisata di California ini mendapat namanya dari pohon-pohon Joshua yang memang asli tumbuh di taman nasional ini. Tidak hanya populer secara domestik, banyak wisatawan mancanegara yang juga menjadikan tempat ini destinasi wisata utama. Selain karena kecantikan pemandangannya yang juga instagramable, para pengunjung bisa hiking, climbing, dan camping di sini.

8. Disneyland Park

Saat berkunjung ke California, tentu saja kamu tidak boleh melewatkan the happiest place on earth! Disneyland ini bisa dibilang adalah salah satu yang utama dan favorit di seluruh dunia. Banyaknya area serta wahana asyik dengan tema berbeda dan unik, parade dan acara terjadwal yang keren, makanan dengan rasa lezat dan bentuk khas Disney, serta pertunjukan kembang api di malam hari adalah beberapa hal yang menjadikan Disneyland Park di Anaheim begitu terkenal. Kamu bisa mencoba beberapa wahana klasik seperti “it’s a small world”, “Haunted Mansion”, “Dumbo The Flying Elephant”, dan “Space Mountain” atau wahana baru dan spesial, seperti “Star Wars: The Rise of Resistance” dan “Inside Out Emotional Whirlwind”.

9. The Walt Disney Family Museum

Seperti namanya, museum ini menampilkan kisah hidup dan warisan Walt Disney. Di dalamnya, kamu bisa melihat pencapaian serta hasil karya sepanjang hidupnya. Semuanya dikemas dalam pameran yang interaktif dan menarik di dalam ruangan-ruangan yang desain interiornya patut diacungi jempol. Selesai mengeksplorasi museum non-profit ini, kamu bisa mampir ke toko suvenir serta coffee shop yang ada di sana untuk berbelanja dan bersantai.

10. Alcatraz Island

Pulau di San Francisco Bay ini adalah salah satu penjara paling terkenal di Amerika Serikat. Beroperasi selama 30 tahun, tempat ini menampung banyak kriminal paling terkenal di AS, seperti Al Capone. Setelah ditutup pada 1963, tempat ini dibuka kembali di 1973 sebagai tempat wisata yang menarik.

11. Yosemite Falls, Yosemite National Park

Taman Nasional Yosemite adalah salah satu objek wisata di California yang paling terkenal. Ada banyak area di dalamnya yang bisa kamu eksplorasi dan salah satunya adalah Yosemite Falls. Air terjun ini adalah yang tertinggi kelima di dunia. Air yang mengalir adalah dari tumpukan salju yang meleleh sehingga waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah antara bulan Mei dan Juni.

12. Vernal Falls, Yosemite National Park

Satu lagi air terjun terkenal di Taman Nasional Yosemite: Vernal Falls. Berbeda dengan Yosemite Falls yang hanya mengalir deras di bulan tertentu, Vernal Falls mengalir deras sepanjang tahun, jadi kamu bisa berkunjung kapan saja. Meski begitu, di bulan dan musim tertentu, airnya memang lebih halus dan berkurang volumenya. Air terjun setinggi 317 kaki ini tidak hanya menghadirkan pemandangan yang menakjubkan tapi juga kesegaran bagi semua pengunjung di lokasi.

13. Glacier Point

Terletak di atas Tebing Yosemite, Glacier Point memberikanmu akses pemandangan yang menakjubkan dari spot terbaik. Dengan ketinggian lebih dari 7.000 kaki, kamu bisa mendapat akses pemandangan Yosemite Valley, Vernal Falls, dan banyak lagi secara sempurna. Jika kamu berkunjung pada saat matahari terbit, pemandangannya bahkan lebih spektakuler.

14. Universal Studios Hollywood

Saat jalan-jalan ke Los Angeles, ada satu taman bermain yang wajib dikunjungi: Universal Studios Hollywood! Sesuai namanya, taman bermain ini menghadirkan wahana dan area dengan tema film serta karakter Universal Studios. Beberapa wahana dan area tersebut adalah “Fast & Furious - Supercharged”, “The Wizarding World of Harry Potter™”, “Jurassic World”, “ Despicable Me Minion Mayhem”, dan “King Kong 360 3-D”. Kamu juga bisa bertemu dan berfoto bersama Minion, The Simpsons, Scooby-Doo, Optimus Prime, dan banyak lagi!

15. Lava Beds National Monument

Area terjal dan unik di Lava Beds National Monument terbentuk dari letusan-letusan gunung berapi di Medical Lake selama setengah juta tahun terakhir ini. Selain terjal, area ini juga dihiasi dengan banyak fitur vulkanik yang menjadikannya indah sekaligus lain dari yang lain. Ada lebih dari 800 gua, lokasi medan perang serta tempat perkemahan yang bersejarah, dan juga eksplorasi gurun di sini. Tempat ini sangat sempurna untuk kamu yang menyukasi aktivitas outdoor yang menantang dan bermakna.

16. Baker Beach

Baker Beach adalah salah satu pantai terbaik yang bisa kamu kunjungi di San Francisco. Pantai berpasir yang cantik ini cocok untuk jalan-jalan santai atau piknik bersama sambil menikmati pemandangan. Kamu juga bisa berfoto di sini dengan Golden Gate Bridge sebagai latar belakang.

17. Children's Creativity Museum

Ingin mengajak si kecil ke tempat wisata yang menarik, interaktif, dan edukatif? Langsung saja ke Children's Creativity Museum! Anak-anak usia 2-12 tahun bisa mengasah kemampuan mereka melalui pameran dan workshop yang menyenangkan dan interaktif. Misalnya, proyek seni, animasi stop motion, produksi video musik, programming robots, dan lain-lain.

18. California Street Cable Car

Jika kamu ingin mencoba wisata yang unik dan bersejarah, kamu bisa coba naik Street Cable Bar di San Francisco. Cable car ini adalah sistem kereta gantung manual terakhir yang ada di dunia. Selain merupakan ikon kota San Francisco yang paling ternama, kamu bisa mengelilingi kota dan menikmati pemandangan dengan lebih santai jika menggunakan transportasi ini ketimbang jalan kaki.

19. Sequoia National Park

Sesuai namanya, daya tarik utama taman nasional ini adalah pohon-pohon Sequoia, pohon terbesar di dunia. Namun, selain melihat dan berfoto-foto dengan pohon ini, ada banyak area serta pemandangan lain, seperti pegunungan besar, kaki bukit terjal, ngarai yang dalam, dan gua-gua yang luas. Di sini, kamu bisa hiking, rock climbing, menunggang kuda, dan memancing. Di musim dingin, kamu bisa juga mencoba aktivitas ski, snowshoeing, atau sekedar bermain salju.

20. Madame Tussauds San Francisco

Temui idolamu di Madame Tussauds San Fracisco! Seperti Madame Tussauds lainnya yang tersebar di seluruh dunia, tempat ini berisi patung-patung lilin orang-orang terkenal sepanjang sejarah. Beberapa yang akan kamu temui di sini adalah patung aktris Marilyn Monroe, pebasket Stephen Curry, pemusik Jimi Hendrix, dan mantan presiden AS Barack Obama. Selain itu, yang menjadikan tempat ini berbeda dengan Madame Tussauds lainnya adalah Alcatraz: The Breakout Escape Room. Wahana escape room ini didesain menyerupai penjara di Pulau Alcatraz. Para peserta harus memecahkan teka-teki bersama dalam durasi tertentu untuk bisa keluar dari tempat tersebut.

21. Coit Tower

Coit Tower, atau yang juga dikenal sebagai Coit Memorial Tower, dibangun sebagai bentuk dedikasi untuk para relawan pemadam kebakaran yang kehilangan nyawanya pada lima kebakaran besar di San Francisco. Selain itu, menara setinggi 210 kaki yang dibangun pada 1932-1933 ini juga telah menjadi salah satu tempat wisata bersejarah favorit hingga hari ini. Dari puncaknya yang merupakan salah satu spot terbaik, kamu bisa melihat langsung pemandangan kota yang indah dengan jelas.

22. Knott's Berry Farm

Bukan, tempat ini bukan kebun pertanian berry, tapi sebuah theme park dengan wahana keren dan menyenangkan untuk semua anggota keluarga! Namun, tempat ini memang awalnya hanya sebuah berrry farm milik keluarga saja. Kemudian, mulai dikembangkan area taman bermain keluarga yang semakin lama semakin luas dan modern hingga menjadi seperti theme park yang ada saat ini. Di theme park pertama di California ini, kamu tidak hanya bisa bermain bersama, tapi juga bisa menyantap kuliner khas Knott’s, seperti ayam gorengnya yang terkenal dan boysenberries.

23. Muir Woods National Monument

Bagi kamu yang ingin jalan-jalan di area rindang, penuh dengan pohon-pohon tinggi, dan yang udaranya sejuk, tempat ini cocok banget untukmu! Muir Woods National Monument sendiri adalah bagian dari Golden Gate National Recreation Area di San Francisco. Penuh dengan pohon redwood dan bahkan masih sering tertutup kabut, tempat ini akan tidak hanya memberikan pemandangan yang cantik tapi juga kesegaran maksimal.

24. TCL Chinese Theatre

TCL Chinese Theatre yang ada di Hollywood, Los Angeles adalah salah satu ikon sinema yang paling terkenal. Ada banyak acara seperti premiere film, festival film terkenal, dan seremoni imprint yang mengambil tempat di sini. Bangunan luarnya juga memiliki arsitektur yang unik sehingga merupakan salah satu lokasi wisata instagramable.

25. Golden Gate Park

Taman ini bisa dibilang adalah “jantungnya” Kota San Francisco. Kompleks hijau terbuka ini tidak hanya menghadirkan taman dengan koleksi tumbuhan yang lengkap, tapi juga museum, akuarium, dan taman-taman terpihsa dengan tema berbeda. Kamu dan keluarga atau pasangan bisa menghabiskan waktu bersama sambil jalan-jalan santai, berfoto-foto, dan menikmati udara segar di sini.

26. LEGOLAND California

Sesuai namanya dan sama seperti cabang-cabang LEGOLAND lainnya di seluruh dunia, tempat ini mencakup theme park, water park, akuarium, dan taman miniatur dengan tema dan dekorasi LEGO. Ada banyak wahana keren dan menyenangkan untuk semua anggota keluarga. Ada juga sejumlah pameran dan aktivitas yang edukatif. Selain itu, semua area di dalamnya termasuk instagramable.

27. The Pacific Coast Highway

Ingin menikmati pemandangan yang cantik sambil berkendara? Lintasi The Pacific Coast Highway! Jalur ini memberikan pemandangan pantai dan laut yang indah, terutama saat kamu berkendara di hari yang cerah.

28. The Painted Ladies

The Painted Ladies adalah sebuah kompleks dan deretan rumah dari era Victoria dan Edward yang telah dicat ulang dengan warna-warna cantik yang menjadikannya unik serta menarik. Banyak orang yang berkunjung ke sini ketika mencari tempat wisata instagramable namun juga memiliki nilai sejarah. Setelah berfoto-foto, kamu juga bisa jalan-jalan ke taman yang ada di dekatnya atau sekedar menikmati pemandangan San Francisco dari lokasi tersebut.

29. The Palace Of Fine Arts

The Palace of Fine Arts di San Francisco adalah satu-satunya bangunan yang tersisa dari Panama Pacific Exposition tahun 1915. Sesuai dengan namanya, tempat ini kini memamerkan koleksi karya seni dan juga menjadi lokasi pertunjukan seni. Bangunan yang luas dengan interior dan eksterior keren ini bisa menamping sampai 1.000 pengunjung. Area luarnya sendiri terlihat seperti sebuah lukisan hidup dengan sebuah laguna dengan air yang sangat jernih hingga memantulkan bayangan (saat bebek-bebek dan angsa-angsa lucu sedang tidak berenang melintas).

30. Lombard Street

Lombard Street adalah jalan timur-barat di San Francisco, California yang terkenal karena bloknya yang curam dan juga delapan jalur dengan belokan tajam. Bahkan ada bagian dari jalan ini yang sering disebut sebagai ‘jalan paling bengkok sedunia”. Kamu bisa mengendarai mobil untuk merasakan curamnya jalan serta belokannya yang unik. Namun, jika tidak berkendara pun, kamu tetap bisa mengunjungi tempat ini dan melihat keunikannya. Lagipula, salah satu aktivitas favorit wisatawan adalah memotret jalan menarik ini dari sudut-sudut terbaik.

California
Tentang

Negara bagian yang terletak di pesisir barat Amerika Serikat ini dikenal sebagai The Golden State. Dengan penduduk terbanyak di Amerika, California menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, mulai dari lembah, gunung, padang pasir, atau pantai. Kamu tentunya sudah pernah mendengar tentang Los Angeles, San Diego, atau San Francisco, kan? Kota-kota tersebut adalah beberapa kota besar dan menarik untuk dikunjungi di California.


Dengan berbagai keindahan yang ada di California, tentunya akan sangat sayang untuk dilewatkan. Jadi jika kamu liburan ke Amerika Serikat, pastikan untuk mampir di California dan mengunjungi beberapa tempat wisata di California yang paling populer.


Negara bagian ini juga cocok sebagai destinasi liburan keluarga karena kamu bisa mengajak seluruh keluargamu pergi ke taman hiburan yang terkenal seperti Disneyland Park dan Universal Studios Hollywood. Selain itu, kamu juga bisa berfoto di depan Hollywood Sign yang sering ada di berbagai film Hollywood. Seru banget, kan?


Ada juga beberapa tempat wisata seru lainnya yaitu Jembatan Golden Gate, Fisherman's Wharf, Taman Nasional Yosemite, dan pantai-pantai indah untuk menikmati indahnya langit California di sore hari seperti Glass Beach atau Venice Beach. Jangan lupa juga untuk mencicipi fried chicken, sajian ayam goreng khas Amerika Serikat.


Menuju ke California, kamu bisa memesan tiket pesawat ke berbagai bandara di kota-kotanya seperti Bandara Internasional San Francisco atau Bandara Internasional Los Angeles. Beli tiket pesawat dan pesan hotel di California hanya melalui tiket.com untuk mendapatkan harga terbaik agar liburanmu nggak bikin kantong bolong!


Jangan lupa juga untuk pesan tiket ke tempat wisata di California melalui tiket.com agar perjalananmu di California semakin mudah dan efisien. Dengan pesan tiket ke tempat wisata secara online, kamu nggak perlu repot untuk antre untuk mendapatkan tiket. Ayo cari aktivitas seru yang ingin kamu lakukan di California dan beli tiketnya di tiket.com!


Pertanyaan tentang Tempat Wisata di California

Informasi mengenai tempat wisata di California.

Apa itu tiket CLEAN di California?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di California tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di California yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di California

California adalah negara bagian yang terletak di pesisir barat Amerika Serikat. California memiliki keberagaman suku bangsa sehingga menjadi pendorong dominan dan budaya Amerika. Di sisi lain, negara berjuluk ?The Golden State? ini memiliki pemandangan alam mulai dari gunung, padang pasir, hingga pantai dilengkapi kota-kota besar yang mengagumkan.

Ingin liburan di tengah kebun yang luas? Kamu dan keluarga bisa ke Golden Gate Park dengan 1000 hektar kebun, padang rumput, hingga danau menarik. Kamu dan teman-temanmu penyuka minum anggur? Kalian bisa berkunjung ke Napa Valley, daerah pesisir California yang memproduksi anggur berkualitas.

Cara Menuju ke California

Pesawat

Jika kamu berangkat dari kota-kota di Benua Australia, Asia dan Eropa, pilihanmu hanyalah menggunakan pesawat dan kemungkinan kamu harus transit terlebih dahulu. Pesan tiket pesawat ke California di tiket.com sekarang untuk harga terbaik!

Akomodasi di California

California menyediakan banyak jenis akomodasi, mulai dari yang mewah hingga yang lebih terjangkau harganya. Selain hotel, kamu bisa dengan mudah menemukan villa, apartemen, dan homestay. Pesan hotel di California di tiket.com sekarang untuk harga terbaik!

Spot Instagrammable di California

Buat kamu para pecinta foto instagramable, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat ini, yaitu Glass Beach (Pantai yang pesisirnya diselimuti oleh pecahan gelas); General Sherman (nama pohon raksasa di Taman Nasional Sequoia); dan Cypress Tree Tunnel (jalanan yang dikelilingi pohon Cypress, salah satu lokasi syuting film ?Game of Thrones?).

Kuliner California

Selain menarik karena tempat wisatanya, California juga punya makanan khas yang patut kamu coba! Makanan-makanan tersebut, yaitu Fish Tacos; Burrito (makanan yang dibuat dengan tortilla, diisi dengan daging, sayur, dan lainnya); Pho (makanan terbuat dari sop mie, diisi dengan daging ayam); dan Avocado Toast (makanan olahan buah alpukat, dipadukan dengan roti panggang).

Makanan Vegan/Vegetarian

Serupa dengan negara bagian Amerika Serikat lainnya, California juga memiliki kuliner khusus para vegetarian. Pusat restoran vegetarian di negara ini ada di Los Angeles, seperti restoran Crossroads dan Plant Food+Wine. Selain itu, kamu bisa juga membeli bahan makanan sendiri di pasar atau supermarket dan memasaknya sendiri di penginapanmu.

Belanja di California

California memiliki banyak tempat perbelanjaan yang menarik. Mulai dari mal besar hingga pusat perbelanjaan outdoor di kota-kota besar seperti San Fransisco dan Los Angeles. Produk yang bisa kamu beli bervariasi, mulai dari barang-barang fashion lokal atau internasional, hingga camilan khas California.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung California

Musim

California mengalami empat musim dalam setahun, yakni musim gugur, dingin, semi, dan panas, masing-masing dengan perubahan suhu yang cukup besar.

Secara umum, waktu terbaik untuk liburan ke California adalah saat musim panas. Soalnya, tempat liburan California, seperti pantai, padang gurun, dan pemandangan kota-kota besar di California cocok dikunjungi pada musim tersebut.

Festival

California jadi tujuan liburan favorit bagi kamu penyuka musik. Soalnya, di sana ada Coachella Valley Music and Arts Festival sebagai festival terpopuler di dunia yang diadakan setiap April. Ada juga festival Poppy California di Lancaster yang menyuguhkan keindahan bunga poppy berwarna oranye yang tumbuh merebak setiap April.

Soal kuliner, California punya festival Bawang Putih Gilroy setiap Juli. Pengunjung dapat mencicipi berbagai makanan kreasi baru, seperti es krim bawang putih dan kentang goreng bawah putih.

Cara Berkeliling di California

California, terutama di kota-kota besar seperti San Fransisco dan Los Angeles, memiliki jaringan transportasi publik yang beragam, mulai dari bus, kereta cepat, taksi, Metro Bus dan Metro Rail, hingga cable car atau kereta kabel.

Soal harga, contohnya untuk Metro Bus dan Metro Rail, yakni 1,5 Dollar AS atau sekitar Rp 20.000.

Seberapa Luas California

Luas California yakni 423.970 km persegi. Kamu perlu membutuhkan waktu cukup lama untuk menjamah setiap tempat wisata di California.

Beberapa tempat favorit liburan di California, yakni Death Valley (padang pasir) saat musim dingin dan musim semi; Pulau Santa Catalina; Lake Tahoe (danau besar yang dipenuhi para pecinta ski, sledding, dan sleigh riding); Knott?s Berry Farm (taman hiburan); dan San Diego (kota pantai yang berbatasan dengan Meksiko).

Mata Uang California

USD (Dollar Amerika Serikat).

Bahasa California

Bahasa utama dan resmi di sini adalah Bahasa Inggris.

Zona Waktu California

Amerika Serikat dan wilayahnya dibagi menjadi enam zona waktu, yaitu Hawaiian Standard Time (GMT-10), Alaska Standard Time (GMT-9), Pacific Standard Time (GMT-8), Mountain Standard Time (GMT-7), Central Standard Time (GMT-6), Eastern Standard Time (GMT-5).

Jenis Stop Kontak di California

Jenis steker yang digunakan di California adalah tipe A. Tipe ini memiliki dua lempeng besi dengan lubang di ujungnya. Lempeng besi ini memiliki bentuk dan lebar yang berbeda sehingga ketika steker harus ditancapkan ke stop kontak, posisi steker harus tepat. Steker dan stop kontak ini umumnya menghantarkan arus listrik sebesar 15 A dengan tegangan sebesar 100-127V.

Informasi Penting Tentang California

  1. Sediakan uang tip sekitar 15 persen dari total makananmu
  2. Pelajari objek tujuan untuk memudahkan penggunaan transportasi umum
  3. Jangan minum minuman beralkohol di tempat umum.

Destinasi Favorit di California

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya