Bersiap Sambut #NewNormal

tiket FLEXItiket CLEANInstant Pass

Pesan sekarang buat nanti! Fleksibel tentukan jadwal aktivitasmu.

Selengkapnya

Tempat Wisata di Bali

Aktivitas Baru Di Bali

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Bali

Informasi mengenai tempat wisata di Bali.

Apa itu tiket CLEAN di Bali?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Bali tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Bali yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Bali

Tak salah jika Bali mendapat julukan Pulau Dewata karena alam dan pantainya yang memesona seperti surga. Semua jenis pantai ada di sini. Dari yang tenang hingga yang menantang, dari yang cocok untuk bersantai dan berjemur, hingga yang cocok untuk snorkeling, surfing, hingga diving. Water sport, bersantai di bar dan klub, dan floating breakfast atau sekadar menikmati indahnya matahari terbenam juga menjadi pilihan asyik untuk menghabiskan waktu di pantai.

Tak hanya pantai, kamu juga bisa mengunjungi sisi Bali yang lebih hijau seperti persawahan dan perbukitan di Ubud, ataupun menikmati kekayaan budaya Bali di desa wisatanya. Berwisata bersama keluarga? Ada banyak destinasi untuk itu. Senang party atau chilling out di kafe-kafe lucu, atau bahkan bulan madu? Semua bisa dilakukan di Bali!

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Bali

Bali bisa dibilang sebagai kota destinasi wisata paling populer di Indonesia. Berbagai turis mancanegara dan domestik berbondong-bondong mengunjungi Bali setiap tahunnya untuk melihat langsung keindahan tempat wisata alam di sini, terutama pantai. Namun, selain itu, masih ada banyak tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi!

1. Tanah Lot

Pura Tanah Lot terkenal karena lokasinya di atas di atas batu karang. Batu karang ini pun terbentuk secara alami akibat deburan ombak selama puluhan tahun. Meskipun wisatawan tidak diperbolehkan masuk ke dalam pura yang suci, kamu bisa jalan-jalan santai di area luarnya sekaligus mengagumi arsitekturnya dan keindahan lokasinya.

2. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu juga terkenal karena lokasinya, yaitu di puncak tebing dengan pemandangan laut di bawahnya. Waktu terbaik untuk benar-benar menikmati pemandangan di sini adalah pada saat matahari terbenam.

3. Gunung Batur

Terletak di Kintamani, gunung ini merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbit. Kamu perlu menyusuri jalur trekking selama dua sampai tiga jam saja untuk mencapai puncak. Jalur ini termasuk level mudah yang cocok untuk semua tipe pendaki. Setelah tiba di puncak, pemandangan matahari terbit di atas gunung dan pohon-pohon hijau akan membuatmu terpukau.

4. Ubud Monkey Forest

Tempat ini berlokasi di Ubud dan merupakan rumah bagi lebih dari 700 ekor kera ekor panjang abu-abu. Kamu bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan ini terutama saat memberi mereka makan. Lokasinya pun cocok dijadikan tempat berfoto-foto karena keindahan alamnya.

5. Tegalalang Rice Terrace

Salah satu objek wisata di Bali yang terkenal sebagai spot foto adalah Sawah Terasering Tegalalang. Hamparan sawah padi yang hijau nan cantik sering dijadikan latar belakang foto para wisatawan. Kamu juga bisa duduk-duduk santai sambil menyantap camilan di tempat makan di sekitar sawah sambil menikmati pemandangannya.

6.  Pura Ulun Danu Bratan

Di sebuah pulau kecil di sepanjang pantai barat Danau Bratan, kamu akan menemukan Pura Ulun Danu Bratan, satu lagi lokasi yang instagramable di Bali. Dan hal ini tentu bukan tanpa alasan. Latar belakang tempat ini adalah Gunung Batur yang mengagumkan. Refleksi candi jerami yang indah terpantul di danau. Ketika permukaan air naik, tempat ini bahkan terlihat mengapung.

7. Pantai Nusa Dua

Jika kamu ingin menikmati pantai yang tidak ramai dan cantik, kamu bisa ke Pantai Nusa Dua. Hal ini karena ada banyak resor pantai mewah yang dibangun di sini, memberikan akses privat kepada para tamu yang menginap. Selain melihat pemandangan yang cantik, kamu juga bisa berenang, parasailing, bahkan berselancar.

8. Pantai Kuta

Pantai Kuta adalah salah satu pantai yang paling terkenal di Bali. Hal ini karena air lautnya sangat cocok untuk berselancar, bahkan untuk pemula. Para pengunjung juga bisa sekedar bersantai untuk berjemur atau duduk-duduk di kafe sekitarnya sambil menikmati pemandangan.

9. Air Terjun Sekumpul

Di area Singaraja, ada yang namanya Air Terjun Sekumpul, salah satu air terjun terbaik yang ada di Bali. Air terjun ini sebenarnya terdiri dari kurang lebih 7 air terjun yang mengalir di atas bibir terbing yang tertutup hutan rimbun. Pemandangannya benar-benar menyegarkan!

10. Tirta Empul

Pura Tirta Empul yang terletak di hutan tropis di pusat Bali tidak hanya memiliki nilai sejarah. Banyak wisatawan yang datang ke sini untuk berendam dan berdoa di kolamnya yang konon memiliki air yang suci dan menyembuhkan.

11. Karangasem

Tirta Gangga menjadi tempat wisata hits karena kamu bisa berfoto-foto dengan latar belakang yang cantik di sini. Dengan konsep istana air, ada air mancur dan kolam-kolam yang indah di sini.

12. Waterbom Bali

Siapa yang tidak suka taman bermain air? Di Waterbom Bali, ada banyak wahana yang menyenangkan untuk kamu dan si kecil. Ada juga sejumlah kolam dan area untuk kamu yang ingin bersantai saja. Beli tiketnya halaman To Do kami sekarang!

13. Garuda Wisnu Kencana

Baru selesai dibangun pada tahun 2018, Garuda Wisnu Kencana (GWK) bisa dibilang sebagai salah satu tempat wisata keren terbaru di Bali. Monumen yang ada di sini ini memiliki bentuk yang terinspirasi dari makhluk dalam filosofi Hindu dan kini telah menjadi patung tertinggi ketiga di dunia. Kamu bahkan bisa melihat puncaknya dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Selain patung raksasa ini, kompleks GWK juga menawarkan berbagai kegiatan menarik, seperti pertunjukan teater atau pemutaran film di Garuda Cinema.

14. Pura Besakih

Pura Hindu terbesar di seluruh Bali adalah Pura Besakih yang bisa disebut sebagai pusat kegiatan seluruh pura yang ada di Bali. Tak hanya tinggi nilai religiusnya, tempat ini juga terkenal karena berlatar belakang Gunung Agung, gunung tertinggi di pulau ini. Pastikan kamu memakai pakaian yang sopan dan tertutup saat berkunjung ke tempat suci ini, ya!

15. Pantai Padang Padang

Pantai yang satu ini mungkin tidak seterkenal Pantai Kuta, namun justru cocok untuk kamu yang ingin bersantai saja di pantai sambil menikmati pemandangan tanpa keramaian. Pantai ini terbilang tersembunyi dan kamu perlu melewati tangga yang membelah tebing. Areanya memang tidak terlalu luas tapi pantainya yang bersih dan air lautnya yang masih jernih sangat sepadan.

16. Beachwalk Mall

Berbeda dengan mal biasa yang ada di pusat kota, mal yang satu ini memiliki arsitektur dan desain yang unik. Ada area mal terbuka dengan hiasan tanaman hijau yang membuatnya terlihat rindang. Selain itu, kamu juga bisa melihat Pantai Kuta dari mal ini dan pemandangannya jauh lebih indah saat matahari terbenam.

17. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa menawarkan keindahan dari hamparan pasir putihnya yang masih bersih dan bibir pantai yang termasuk luas. Kamu dan keluarga bisa bersantai di sini, berfoto-foto di berbagai lokasi yang cantik, berenang di pantai, canoeing, bahkan berselancar.

18. Goa Gajah

Untuk wisata sejarah, kamu bisa ke Goa Gajah. Kamu bisa melihat langsung bukti sejarah peradaban Bali yang hingga kini masih ada. Aristekturnya pun unik dan berbeda. Selain sebagai tempat yang bersejarah, lokasi ini juga masih berdiri sebagai tempat ibadah warga lokal.

19. Pantai Lovina

Bagi wisatawan asing, Pantai Lovina mungkin adalah salah satu pantai yang jarang diketahui. Hal ini karena memang kegiatan utama yang bisa dilakukan di sini bukan berenang atau berselancar, melainkan melihat lumba-lumba yang berenang dan melompat-lompat di laut. Untuk melihatnya langsung, biasanya kamu akan disarankan untuk berkunjung di pagi hari.

20. Pantai Amed

Ingin berkunjung ke pantai yang masih sepi pengunjung? Langsung saja ke Pantai Amed! Berbeda dengan pantai pada umumnya, pasir pantai di sini berwarna hitam. Namun, selain itu, kamu juga bisa melihat hamparan air laut yang masih biru dan jernih.

21. Tanjung Benoa

Jika kamu menyukai watersport, Tanjung Benoa sangat cocok untukmu! Karena airnya yang tenang, tempat ini sempurna untuk banana boat, jet ski, scuba diving, parasailing, wakeboard, dan banyak lagi!

22. Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran tidak hanya dikenal sebagai pantai yang cantik, tapi juga sebagai lokasi wisata kuliner. Kamu akan menemukan banyak meja-meja makan yang berjejer di pantai. Di sini, kamu bisa menikmati makanan lokal yang lezat sambil melihat pemandangan pantai yang cantik.

23. Pantai Kelingking

Pantai Kelingking yang ada di Pulau Nusa Dua ini menjadi daya tarik tersendiri karena jika dilihat dari bukit yang merupakan pintu masuknya, bentuknya yang memang mirip jari kelingking. Beberapa orang bahkan mengatakan bentuknya mirip dinosaurus.

24. Trans Studio Bali

Taman bermain indoor ini menjadi salah satu tempat wisata favorit pengunjung di Bali. Kamu dan keluarga bisa mencoba semua wahana yang menantang, menyenangkan, dan asyik di sini, termasuk Boomerang Challenge Coaster-nya yang sebagian relnya berada di area luar dan terbuka.

25. Bali Zoo

Bali Zoo yang rindang dipenuhi dengan pepohonan tropis, memiliki lebih dari 500 satwa termasuk satwa langka seperti Gajah Sumatera, Orangutan, Harimau Benggala, Binturong, dan Singa Afrika. Kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan satwa-satwa jinak yang terlatih! Kamu juga bisa memilih aktivitas Night Safari, loh!

26. Toya Devasya

Untuk kamu yang ingin bersantai, kamu bisa ke pemandian Toya Devasya. Selain menikmati kesegaran sambil bersantai di kolam renang ukuran Olimpiade, kamu juga akan disuguhi pemandangan Gunung Batur.

27. The Amazing DEVDAN Show

Menyaksikan pertunjukan yang menarik di Bali adalah salah satu kegiatan yang unik dan wajib kamu coba. Devdan Show mengambil kisah dua orang anak yang merasa bosan dengan perjalanan wisata mereka dan akhirnya memisahkan diri untuk memanjat tebing yang menarik perhatian mereka. Mereka kemudian menemukan harta karun berisi berbagai macam barang yang unik dan akan membawa mereka serta para penonton untuk menjelajahi harta karun Indonesia.

28. Sungai Ayung

Dengan jalur kurang lebih 12 km yang bisa ditempuh dengan rafting selama 2 jam, kamu akan menikmati pemandangan yang sangat indah di sekeliling sungai. Arusnya tidak terlalu deras sehingga cocok untuk kamu yang baru pertama kali mencoba arung jeram atau ingin menikmati kegiatan ini dengan santai.

29. Mrs. Sippy Bali

Ingin menikmati Pool Party di Bali? Mrs. Sippy tempatnya! Dengan kolam air asin terbesar dan kolam air tawar, kamu bisa berenang dan berkumpul bersama teman-teman untuk menikmati momen pesta terbaik. Mrs. Sippy juga menghadirkan restoran.

30. Pura Lempuyang

Pura Lempuyang bisa dibilang sebagai tempat yang wajib dikunjungi untuk para pemburu spot foto. Gerbang yang ada di pura ini merupakan daya tarik utama karena menjadi tempat berfoto yang sangat populer. Saat berfoto di sini, kamu akan mendapat latar belakang Gunung Agung yang megah.

Cara Menuju ke Bali

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Bali adalah dengan:

Pesawat

Kamu bisa naik pesawat dengan tujuan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (kode DPS). Bandara ini terletak di Kuta Selatan dan hanya berjarak 13 km dari Denpasar. Untuk sampai ke pusat kota dari bandara, kamu bisa naik taksi argo.

Bus

Pilihan transportasi ini hanya tersedia jika kamu berangkat dari kota lain di Indonesia. Perlu diingat bahwa perjalanannya akan cukup panjang, jadi siapkan staminamu . Terminal bus utama di Bali adalah Terminal Mengwi yang terletak di Kabupaten Badung.

Kapal Laut

Kamu juga bisa naik kapal untuk sampai ke pulau ini dari Singapura, Sumatra, atau Jawa. Staf di pelabuhan akan membantumu mengurus perjalananmu ke Bali dengan kapal. Beberapa pelabuhan yang bisa kamu singgahi adalah Pelabuhan Gilimanuk, Padangbai, Benoa, Celukan Bawang, Amuk, and Tribuana.

Akomodasi di Bali

Bali memiliki berbagai akomodasi yang dapat kamu pilih, dari yang mewah hingga yang murah namun nyaman. Jika kamu mencari hotel mewah dengan kamar-kamar yang indah dan pemandangan yang bahkan lebih indah, kami sarankan untuk menginap di salah satu hotel mewah di daerah Nusa Dua, Canggu, atau Ubud. Kamu juga dapat menikmati fasilitasnya, seperti spa, restoran dan bar, dan infinity pool hingga floating breakfast.

Jika kamu ingin tinggal di kota dan mencari hotel, hostel, atau apartemen yang lebih murah, sebaiknya menginap di Kuta dan sekitarnya. Jangan khawatir tentang kebersihan dan kenyamanan, karena meskipun lebih murah, layanan dan fasilitas mereka sama nyamannya.

Spot Instagram-able di Bali

Jalan-jalan ke tempat wisata di Bali tidak lengkap jika kamu tidak berkunjung ke tempat-tempat yang Instagram-able di pulau ini, seperti:

  • The Edge Bali
    • Di sini kamu bisa berenang di infinity pool mereka yang terletak 150 meter di atas tebing yang indah. Jadi kamu bisa memotret kolam renang sekaligus lautan dan tebing di bawahnya dalam satu bingkai.
  • Rock Bar
    • Rock Bar yang terletak di Ayana Resort di Uluwatu adalah bar dengan posisi menghadap ke pantai yang indah. Selain bisa menikmati minuman dan bersantai, kamu juga bisa foto sunset di sini.
  • Tegalalang Rice Fields
    • Jika kamu ke Ubud, berkunjunglah ke Tegalalang Rice Fields dan berfotolah dengan pemandangan hijau yang luar biasa di sini!

Kuliner Bali

Bali dikenal dengan hidangan gurih lezat yang tersedia di setiap sudut pulau, dari yang murah hingga yang mewah. Sama seperti makanan Indonesia lainnya, makanan Bali kebanyakan mengandung nasi dan cabai.

Kamu bisa mencoba babi guling, yaitu sepiring nasi, sosis babi, sayur urap, dan cabai. Nasi campur juga bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin kenyang hanya dengan satu piring. Satu lagi yang pasti harus kamu coba di sini adalah Bebek Betutu. Selain hidangan lezat, restoran itu sendiri sangat fenomenal, dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah.

Beberapa daerah terbaik untuk melakukan wisata kuliner adalah Jimbaran dan Legian. Di Jimbaran, kamu akan menemukan banyak hidangan laut yang lezat, terutama hidangan ikannya. Di Legian, kamu wajib mencoba sate babinya yang terkenal di sini.

Jika kamu makan di restoran yang lebih kecil atau bahkan tidak di restoran, biaya makanan biasanya mulai dari Rp45.000 - Rp50.000 (sekitar USD 3). Jika kamu makan di restoran yang lebih besar dan mewah yang menyajikan hidangan barat dan lainnya, harganya bisa mencapai sekitar 100.000 per hidangan (~ USD 7,15).

Makanan Vegan/Vegetarian

Menemukan makanan vegan dan vegetarian di Bali sangat mudah. Daerah terbaik di Bali untuk menemukan restoran / kafe semacam ini adalah Canggu, Ubud, dan Seminyak. Kisaran harga makanan bergantung pada jenis restoran yang kamu kunjungi. Yang termurah bisa sekitar USD 2, dan yang paling mahal bisa sekitar USD 45.

Belanja di Bali

Berbelanja di Bali adalah kegiatan lain yang wajib dilakukan di sini.

Kuta

Jika kamu mencari pusat perbelanjaan yang lebih besar, kamu dapat berkeliling di Kuta dan menemukan sebagian besar pusat perbelanjaan di sana, seperti Park 23 Mall Kuta, Lippo Mall Kuta, dan Discovery Shopping Mall Kuta.

Untuk street shopping, kamu bisa pergi ke Pasar Seni Kuta.

Legian

Jalan Legian adalah satu lagi tempat yang cocok untuk street shopping. Pastikan untuk berbelanja beberapa suvenir terkenal di Bali, seperti pakaian, kalung, dan lainnya.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Bali

Musim

Kebanyakan orang datang ke Bali untuk mengunjungi pantai-pantainya yang indah, dan tentu saja, ditemani oleh cuaca cerah. Karena Bali berada di negara tropis, di sini hanya ada 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Jadi, kami menyarankan untuk berkunjung antara bulan April dan Oktober, ketika cuaca lebih hangat dan cerah. Bulan-bulan tersebut adalah waktu yang sempurna untuk kegiatan olahraga air, serta hiking dan berjemur.

Perlu diingat bahwa pertengahan tahun di Bali adalah waktu yang paling ramai turis.

Festival

Jika kamu ingin merasakan budaya Bali lebih dekat, ada banyak pilihan festival budaya yang wajib kamu kunjungi. Jika kamu mencari yoga, seminar, musik, pasar komunitas, dan pusat penyembuhan, The Bali Spirit Festival di bulan Maret dapat menjadi pilihan yang tepat. Untuk wisata kuliner, Ubud Food Festival di bulan April dapat menjadi tujuan yang sempurna. Untuk merasakan budaya Bali melalui festival, kamu bisa menghadiri Pesta Kesenian Bali pada bulan Juni, Festival Buleleng pada bulan Agustus, dan Festival Denpasar pada bulan Desember.

Selain itu, mayoritas penduduk Bali, yang kebanyakan beragama Hindu, juga merayakan Hari Nyepi, yang umumnya jatuh pada bulan Maret. Pada hari ini, umat Hindu tidak diperbolehkan keluar rumah, mencari hiburan, melakukan kegiatan fisik lain selain penyucian jiwa, dan tidak boleh menyalakan api. Meskipun tidak beragama Hindu, saat turis berada di Bali pada hari Nyepi ini, mereka diharapkan untuk juga mengikuti adat ini. Selain itu, toko, restoran, bahkan bandara juga kemungkinan tutup.

Cara Berkeliling di Kota Bali

Cara terbaik untuk berkeliling di Bali adalah dengan mobil atau motor. Kamu bisa menyewa mobil di Bali di tiket.com sebelum keberangkatanmu untuk mempermudah perencanaan perjalananmu. Sementara, sewa sepeda motor di daerah setempat cukup mudah dan terjangkau. Selain itu, opsi transportasi lain adalah taksi. Pastikan kamu memilih taksi argo untuk menghindari membayar lebih dari yang seharusnya.

Bali juga aman dan mudah dikelilingi dengan berjalan kaki. Jadi bawalah sepatumu yang paling nyaman dan juga tabir surya.

Untuk sampai ke daerah lain di Bali yang jauh dari tempat kamu tinggal, kamu bisa naik bus. Sementara untuk sampai ke pulau yang lebih kecil, seperti Gili, kamu bisa naik perahu dari kota-kota besar.

Seberapa Luas Bali

Bali secara resmi berukuran 5.780 kilometer persegi. Untuk menikmati Bali sepenuhnya, kamu bisa menghabiskan sekitar 7 hari di sini. Dengan durasi itu, kamu bisa menjelajahi keajaiban terbaik di Bali. Dari pantai di Kuta hingga ke pantai di Nusa Dua, hingga menikmati pemandangan dan aktivitas menarik di Ubud. Kamu bahkan bisa mengunjungi daerah-daerah yang lebih sepi turis, seperti Buleleng, untuk bersantai dan menikmati waktumu.

Tetapi jika kamu tidak dapat menghabiskan waktu sebanyak itu, 4-5 hari sebenarnya cukup untuk menjelajahi tempat wisata di Bali terpopuler. Kamu bisa menikmati pantai di daerah tertentu dan mengumpulkan foto-foto matahari terbenam terbaikmu. Lalu kamu juga bisa mengunjungi kafe dan bar yang populer atau menjelajahi daerah yang lebih hijau. Pastikan untuk merencanakan bagian Bali yang mana saja yang ingin kamu kunjungi dan bagaimana menuju ke sana dari satu daerah ke daerah lain secara efisien.

Mata Uang Bali

Rupiah Indonesia (Rp.)

Bahasa di Bali

Bahasa utama Bali adalah Bahasa Indonesia. Tapi orang Bali juga berbicara bahasa tradisional, bahasa Bali. Selain itu, karena ada banyak turis internasional di tempat ini, bahasa Inggris juga merupakan bahasa yang umum. Staf hotel, staf restoran, dan bahkan pemilik sewa sepeda motor biasanya dapat berbahasa Inggris dengan baik.

Zona Waktu di Bali

WITA / GMT+8

Jenis Stop Kontak di Bali

Jenis stop kontak di Bali adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Informasi Penting Tentang Bali

Ada beberapa peraturan dan informasi penting yang harus kamu ketahui sebelum berkunjung ke Bali:

  1. Saat kamu berada di Bali, perhatikan peraturan di tempat-tempat tertentu, terutama di kuil-kuil, seperti cara berpakaian dengan tepat, tidak menginjak atau menyentuh patung tertentu, dan sebagainya.
  2. Untuk minum, jangan minum dari air keran karena air keran di Indonesia umumnya tidak bersih untuk diminum.
  3. Jika kamu mengunjungi Ubud Monkey Forest, jangan memprovokasi monyet karena mereka bisa menggigit jika terganggu, serta amankan barang-barang seperti kacamata dan ponsel.
  4. Saat mengemudi di Bali, pastikan kamu memiliki SIM internasional.
  5. Jika kamu mengunjungi Bali, pakaian yang tepat untuk dikenakan adalah celana pendek, rok, kemeja lengan pendek, sepatu jalan yang nyaman, dan kacamata hitam. Kamu juga perlu membawa baju renang, tabir surya, dan ransel. Namun, jangan berkeliling dengan celana renang atau bikini saja, karena ini dianggap kasar.

Destinasi Favorit di Bali Lainnya

LIHAT AKTIVITAS LAINNYA