30 Rekomendasi Tempat Wisata di Australia Barat

Berbagai destinasi wisata alam menarik ada di Western Australia seperti laut dan pantai yang cantik. Namun, ada juga sejumlah lokasi bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini. Berikut ada 30 destinasi wisata terbaik di Australia Barat yang kami rekomendasikan!

1. Perth Mint Museum

Tempat satu ini adalah satu dari sekian banyak tempat wisata di Australia yang menarik untuk dikunjungi. Di Perth Mint Museum, kamu bisa menyaksikan perkembangan emas di Australia dan dunia yang akan ditemani oleh seorang pemandu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat emas dengan berat 1 ton di Perth Mint Museum ini, sobat tiket. Saksikan juga proses pembuatan emas batangan di sini. Mau beli emas? Tenang, museum ini juga menyediakan tempat pembelian souvenir dan juga emas yang bisa dibeli oleh wisatawan kok.

2. Kings Park and Botanic Garden

Jika kamu butuh tempat yang segar dan santai di tengah Kota Perth, kamu bisa langsung ke Kings Park and Botanic Garden. Tempat sebesar 400 hektar ini dihiasi dengan 324 spesies tanaman yang indah serta menjadi rumah bagi 80 spesies burung. Selain flora dan fauna, tempat ini juga menawarkan pemandangan yang cantik, yaitu panorama Swan River dan Darling Range. Kamu bisa jalan-jalan dan duduk-duduk santai sambil menikmati hari yang cerah di sini bersama orang tersayang.

3. Elizabeth Quay

Untuk kamu yang pertama kali datang ke Perth, wajib banget mengunjungi Elizabeth Quay. Di sini, terdapat taman lengkap dengan fasilitas yang lengkap, wahana bermain anak dengan air mancur, dan sederet kafe. Sebagai pusatnya Perth, Elizabeth Quay memiliki Bell Tower yang bersejarah dan menjadi salah satu spot instagramable.

4. Yagan Square

Yagan Square adalah ruang terbuka publik yang menghubungkan CBD Perth dengan Northbridge. Letak Yagan Square tak jauh dari jembatan Horseshoe. Tempat wisata hits ini terinspirasi alam Australia Barat yang memiliki ruang publik terpadu dengan taman asri, pasar yang menjual produk lokal, tempat makan, bar, dan kafe hingga terdapat amfiteater yang biasa digunakan untuk pertunjukan musik.

5. Twilight Hawkers Market

Makin sore Perth kian semarak. Senja adalah waktu yang terbaik untuk datang ke pasar kuliner kaki lima Twilight Hawkers Market. Berlangsung mulai pukul 16.00 setiap jumat, tempat wisata di Forrest Place dekat Murray Street ini menjadi tujuan wisata kuliner masyarakat lokal dan pelancong. Selain enak dan harganya yang murah, pasar ini juga menyediakan kuliner halal dari Singapura dan Malaysia, Maroko, hingga Turki.

6. Hay Street & Murray Street

Hay Street dan Murray Street adalah tempat yang cocok untuk kamu berbelanja. Tempat wisata di Perth ini ramai pada malam hari karena baru buka pukul 17.00 dan tutup pukul 21.00. Namun, tak semua toko buka sampai malam setiap hari. Pertokoan di pinggiran kota buka sampai malam tiap Kamis dan pertokoan di pusat kota buka hingga malam tiap Jumat.

7. Whiteman Park

Untuk kamu yang ingin melihat sekaligus berinteraksi langsung dengan hewan khas Australia, seperti Kanguru dan Koala, kamu bisa melipir ke Whiteman Park. Tempat wisata di Perth ini menawarkan fasilitas bermain sekaligus menyusuri taman dan berjalan-jalan di hutan mini serta mengunjungi museum transportasi.

8. Whistler’s Chocolate Co

Bagi kamu yang suka cokelat wajib banget melipir ke perusahaan cokelat tertua di Australia bernama Whistler’s Chocolate Co. Tempat wisata di Perth ini punya ribuan cokelat dengan bentuk beraneka ragam. Meskipun tidak ada biaya masuk, namun jika ingin membeli cokelat, kamu harus bersedia membayarnya. Jangan lupa juga mencicipi minuman cokelat panas terenak di Perth di salah satu kafe dekat Whistler’s Chocolate Co.

9. Cottesloe Beach

Sudah jauh-jauh ke Perth jangan lupa mampir ke Cottesloe Beach. Salah satu pantai yang terkenal ini merupakan pantai tertua di Australia Barat. Di sini, kamu bisa menikmati pasir pantai berwarna putih dan birunya air laut. Pantai Cottesloe juga menjadi lokasi diadakannya pameran Sculpture by The Sea yang biasanya diadakan di bulan Maret. Saat pameran berlangsung, kamu bisa melihat banyak patung unik karya pameran seni lokal.

10. Pitstop Playground

Pitstop Playground merupakan taman bermain unik yang memiliki arena balap. Arena balap dibuat seperti sungguhan dengan lintasan berwarna hitam dan kuning, lampu, dan rambu lalu lintas. Tempat wisata anak ini juga dilengkapi dengan perosotan gundukan pasir, jaring-jaring, bangku peralatan barbekyu, jalan berumput, dan masih banyak lagi.

11. Margaret River

Sukses memproduksi anggur menjadikan kawasan ini sebagai pusat makanan dan anggur dunia. Selain kilang anggur, ada banyak tempat makan mewah, tempat pembuatan bir butik dan galeri seni, serta kamu dapat menikmati buah-buahan segar hasil produksi masyarakat sekitar. Tempat wisata di selatan Perth yang wajib dikunjungi ini juga bisa menjadi tempat untuk bersantai di pinggir pantai, berselancar, menjelajahi gua, menonton ikan paus berkeliaran, memancing, dan bersepeda atau mengikuti tur lokal.

12. The Pinnacles, Nambung National Park

Puas menikmati anggur premium Australia, kamu bisa mampir ke Taman Nasional Nambung yang bisa ditempuh melalui jalur darat sekitar 2,5 jam dari Kota Perth. Di sini, kamu bisa menikmati indahnya pilar-pilar batu kuno yang bernama The Pinnacles. Pilar-pilar tersebut terbuat dari cangkang kerang dan terbentuk pada zaman kala pasir di lokasi ini masih berada di bawah laut. Tak hanya itu, di tempat wisata hits ini, kamu juga bisa melihat kangguru, sandboarding, dan mencicipi kuliner laut khas Australia Barat.

13. Nature’s Window, Kalbarri National Park

Ingin petualangan pesisir yang lebih asyik? Yuk jelajahi bentang alam dramatis di Kalbarri. Kawasan yang terkenal dengan pantai pasir putihnya ini memiliki keindahan kala musim semi karena bunga-bunga liar akan bermekaran. Supaya dapat menikmati keindahan-keindahan bunga yang instagramable di kawasan ini, datanglah pada Agustus hingga November. Tak hanya itu, tempat wisata di utara Kota Perth ini juga jadi spot yang tepat untuk menaiki kapal pesiar dan menyusuri Sungai Murchison atau menyewa perahu dayung.

14. Geraldton

Kamu belum puas menikmati pantai? Yuk melipir ke kota pantai di Geraldton. Tempat wisata di Perth ini terkenal dengan pantainya yang memacu adrenaline. Di sini, kamu bisa berselancar, menyelam, snorkeling, dan memancing. Selain itu, Geraldton juga kaya akan warisan sejarah lho!

15. Albany

Tempat wisata di pesisir selatan yang berbatu di Australia Barat ini hanya membutuhkan 4,5 jam berkendara di Perth. Albany adalah kota yang tepat untuk kamu yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk kota. Soalnya, kota ini dikelilingi oleh lautan hijau, hutan tinggi, dan taman nasional. Kamu juga bisa lho memancing, menyelam, dan menyaksikan ikan paus dari jarak yang cukup dekat.

16. Denmark

Denmark adalah salah satu objek wisata terindah di Australia Barat yang menawarkan pemandangan alam spektakuler. Hutan-hutan tinggi menyatu dengan pantai-pantai berpasir putih bersih dapat membuat kamu merasakan sensasi liburan ke luar negeri yang tiada duanya. Di tempat wisata hits ini, kamu bisa menikmati anggur beriklim dingin dan mengobrol dengan pemiliknya. Datanglah ke kawasan ini untuk menikmati objek wisata hits lain, seperti Greens Pool atau menikmati hidangan lokal khas Australia Barat di restoran yang ikonik, Estate 807.

17. Bell Tower

The Bell Tower merupakan destinasi wisata di Perth yang terkenal. Sayang sekali jika kesempatan berlibur ke Perth tidak digunakan untuk mengunjungi tempat wisata hits ini. Bangunan dengan arsitektur unik dan modern ini berada di kawasan Elizabeth Quay atau langsung berhadap dengan Swan River. Di bagian atas menara juga terdapat 18 lonceng tua yang sudah dibuat sebelum abad 14. Lonceng tersebut dibunyikan sebagai penanda waktu di Kota Perth. Dari atas menara, kamu bisa melihat bentangan kecantikan dari Swan River yang instagramable.

18. DNA Tower Climb

Destinasi wisata di Perth selanjutnya akan membawamu melihat Samudera Hindia dari atas dan ketinggian dengan jelas. Terutama jika cuaca sedang cerah. Namanya adalah DNA Tower Climb yang merupakan titik paling tinggi yang ada di kawasan Kings Park. Bangunan berbentuk tangga melingkar setinggi 15 meter dengan jumlah anak tangga sebanyak 101 ini dibangun sejak 1966. Berada di ruangan terbuka, mengunjungi DNA Tower Climb, bisa kamu lakukan kapan saja tanpa biaya.

19. Fremantle

Objek wisata di Perth ini merupakan kawasan metropolitan, namun suasananya sepi. Di sini, terdapat sebuah penjara yang dijadikan destinasi wisata. Penjara ini merupakan yang tertua di Australia dan masuk dalam daftar World Heritage. Suasana kota yang penuh dengan gedung-gedung tua peninggalan abad 18 di sini menjadi daya tarik istimewa. Yakin enggak mau foto-foto di depan gedung tua bergaya khas Victorian yang instagramable?

20. Scarborough Beach

Penasaran dengan kecantikan pantai di Perth? Kalau begitu, kamu bisa mampir ke Scarborough Beach yang letaknya tidak jauh dari kota.

21. Swan River

Menikmati keindahan Perth tentu saja tidak hanya berkunjung ke Kings Park, tetapi juga bisa mengunjungi Swan River. Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan, yakni bersepeda, kayaking, berenang, dan memancing. Selain itu, kamu juga bisa menikmati perjalanan river cruise menyusuri Swan River sembari mencicipi kuliner loka.

22. Art Gallery of Western Australia

Tidak lengkap rasanya mengunjungi Perth jika tidak melipir ke Art Gallery of Western Australia. Objek wisata di James Street Mall ini memiliki koleksi seni dari Australia Barat hingga internasional yang berasal dari tahun 1829 hingga koleksi zaman modern.

23. Aviation Heritage Museum

Museum ini cocok untuk kamu yang menyukai dunia pesawat dan penerbangan. Terdapat lebih dari 30 jenis pesawat terbang dan ribuan benda bersejarah di sini.

24. Caversham Wildlife Park

Tak hanya koala dan kangguru, di Perth juga dapat bertemu dengan quokka, binatang endemik Australia Barat. Hewan marsupial ini disebut sebagai the world’s happiest animal karena wajahnya yang seolah-olah sedang tersenyum.

25. The Ellenbrook Water Playground

Suhu dan cuaca di Perth memang panas. Kalau sedang gerah, paling enak memang mengajak keluarga main air, salah satunya di The Ellenbrook Water Playground. Kamu bisa bermain air di sini secara gratis lho. Terdapat beberapa spot berteduh yang bisa dijadikan wisata keluarga. Terdapat juga 15 wahana bermain air yang cocok untuk wisata anak, seperti pancuran air, mesin gelembung, dan pistol air.

26. Katedral St. George

Berlokasi di jantung Kota Perth, katedral ini merupakan tempat ibadah yang ditahbiskan di tahun 1888. Dari sejumlah kecil katedral yang dibangun dari batu bata buatan tangan, Katedral St. George adalah salah satunya.

27. Monkey Mia

Keluarga dan anak-anak pasti menyukai tempat liburan di Perth yang satu ini, yaitu Monkey Mia. Di sini, kamu bisa berinteraksi dengan lumba-lumba liar. Jika ingin menambah wawasan tentang bagaimana seluk-beluk perilaku lumba-lumba, jangan ragu datang ke pusat informasi lumba-lumba di Monkey Mia.

28. Perth Zoo

Satu lagi tempat wisata yang asyik dikunjungi oleh keluarga, yaitu Kebun Binatang Perth. Kebun binatang ini juga sebagai tempat dalam hal penelitian serta konservasi demi mencegah supaya spesies-spesies langka dapat diselamatkan dan berkembang biak. Dibandingkan kebun binatang lainnya, kamu dapat menemukan lebih banyak spesies asli Australia di Perth Zoo, seperti Gajah Asia, sun bears, orangutan Sumatra, pinguin kecil, dan buaya.

29. Wave Rock

Kota Perth memiliki sebuah gelombang granit yang sangat dipercaya sudah eksis dari 27 tahun yang lalu. Gelombang ini memiliki tinggi 14 meter dan panjang sekitar 110 meter. Bila melihat secara jeli, kamu akan menemukan adanya garis-garis vertikal dengan campuran nuansa abu-abu, kuning, dan merah.

30. Rottnest Island

Pulau Rottnest adalah pulau di dekat Perth yang jaraknya bisa ditempuh selama 25 dengan kapal. Pulau ini memiliki 63 pantai dan 20 teluk yang wajib dikunjungi. Keindahan pulau ini terletak juga pada 135 spesies ikan dan 25 spesies koral yang juga asyik jadi lokasi snorkeling dan diving.

Australia Barat
Tentang

Tempat wisata di Western Australia atau Australia Barat menawarkan banyak sekali pengalaman baru yang bisa kamu dapatkan. Dengan luas yang mencakup sepertiga dari total luas Australia, negara bagian Australia Barat ini sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai destinasi liburan penuh petualangan.


Belum lengkap rasanya kalau kamu liburan ke Australia tanpa menikmati pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan. Mirip dengan Great Barrier Reef yang ada di bagian timur, Coral Coast yang ada di Australia Barat menyimpan kecantikan dan keunikannya sendiri yang sayang sekali kalau dilewatkan. Di sini kamu bisa melihat langsung biota laut yang sangat indah, seperti paus bungkuk dan juga hiu paus, ikan terbesar di dunia.


Selain itu, Australia Barat juga menyimpan kecantikannya pada air terjun. Jika umumnya kamu melihat air terjun yang mengalir dari atas ke bawah, di sini kamu bisa melihat sesuatu yang sebaliknya. Ada air terjun ikonik bernama Horizontal Falls di kawasan Kimberley yang menentang hukum gravitasi. Penasaran? Air terjun ini bisa kamu kunjungi dari Broome atau Derby.


Koleksi pantai yang dimiliki oleh Australia Barat juga sangat mengesankan. Di pantai, kamu bisa bersantai sambil menikmati pemandangan super cantik setelah puas menjelajah dunia bawah laut. Bahkan di pantai yang ada di Australia Barat, kamu tidak akan kesulitan untuk menikmatinya sendiri karena beberapa pantainya masih sangat sepi.


Satu hal yang tak kalah menarik untuk diketahui, Australia Barat hampir selalu memiliki cuaca yang bersahabat. Tidak perlu repot mencari tahu waktu terbaik untuk berkunjung ke negara bagian ini karena jawabannya adalah sepanjang tahun.


Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Australia Barat

Informasi mengenai tempat wisata di Australia Barat.

Apa itu tiket CLEAN di Australia Barat?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Australia Barat tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Australia Barat yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di Australia Barat

Mencakup sepertiga luas negara Australia, Western Australia adalah negara bagian terbesar di ?Negara Kanguru? ini. Temukan daya tarik sang Ibu Kota, Perth, sebagai salah satu tempat berlibur terkenal yang elok karena dikelilingi oleh perairan biru terang Samudera Hindia.

Kamu hobi kuliner? Western Australia menawarkan ragam kafe dan restoran modern di Perth bersama kamu, keluarga, dan teman-temanmu. Ingin merasakan suasana zaman para pelopor merdekanya Australia? Fremantle Prison adalah tempatnya! Tempat tersebut merupakan penjara pertama di negara bagian ini yang dipenuhi kisah narapidana hingga pahlawan maritim. Tak ketinggalan, hobi berselancar? Kamu bisa ajak pasangan untuk menikmati keindahan laut hingga berselancar di Pulau Rottnest.

Cara Menuju ke Australia Barat

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Western Australia adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari kota-kota di Benua Amerika dan Eropa, pilihanmu hanyalah menggunakan pesawat dan kemungkinan kamu harus transit terlebih dahulu. Adapun untuk kamu yang berangkat dari Benua Asia, kamu bisa lebih mudah menemukan penerbangan langsung ke Perth.

Akomodasi di Australia Barat

Western Australia menyediakan banyak jenis akomodasi, mulai dari yang mewah hingga yang lebih terjangkau harganya. Selain hotel, kamu bisa dengan mudah menemukan villa, apartemen, dan homestay. Pesan hotel di Western Australia di tiket.com sekarang untuk harga terbaik!

Spot Instagrammable di Australia Barat

Buat kamu para pecinta foto instagramable, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat ini, yaitu di Kings Park and Botanical Garden; Whiteman Park; Whistlers Chocolate Co; Pantai Cottesloe; dan Pitstop Playground.

Kuliner Australia Barat

Western Australia menawarkan sejumlah tempat kuliner menarik lho! Kamu bisa menikmati jamur truffle hitam dari Kota Manjimup; merasakan gurihnya kerang Rottnest dan lobster raksasa Geraldton di Kota Broome; jangan lupa juga lahap menu-menu segar hasil panen kebun petani di Carnarvon.

Makanan Vegan/Vegetarian

Restoran vegan dan vegetarian banyak tersedia di masing-masing kota di Western Australia, seperti Perth dan Carnarvon. Selain itu, kamu bisa juga membeli bahan makanan sendiri di pasar atau supermarket seperti di Subi Farmers Market dan memasaknya sendiri di penginapanmu.

Belanja di Australia Barat

Setiap kota di Western Australia, terutama di Perth, memiliki banyak tempat perbelanjaan yang menarik. Mulai dari mal besar hingga pusat perbelanjaan outdoor. Produk yang bisa kamu beli bervariasi, mulai dari barang-barang fashion lokal atau internasional, hingga camilan khas Perth.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Australia Barat

Musim

Iklim di Western Australia beragam. Namun demikian, sebagian besar negara bagian di Australia memiliki empat musim, musim panas, gugur, dingin, dan semi.

Secara umum, waktu terbaik untuk berkunjung ke Western Australia tergantung dari tujuan destinasimu. Western Australia memiliki iklim cerah yang lengkap dengan musim dingin, namun tidak terlalu dingin yang serupa juga pada musim panas.

Festival

Western Australia menawarkan ragam wisata untuk menghibur para pengunjungnya. Setiap Januari, ada Fringe World Festival yang menyuguhkan festival sirkus dipadukan dengan seni, komedi, hingga musik. Kemudian, pada Februari hingga Maret, kamu bisa menikmati variasi hiburan, mulai dari teater hingga sastra di Perth Festival.

Selain itu, kamu pecinta kuliner juga bisa menikmati lezatnya makanan dalam Festival Margaret River Gournet Escape (MRGE) setiap akhir November.

Cara Berkeliling di Australia Barat

Dari bandara, pusat kota dapat dijangkau dengan mudah dalam 20 menit menggunakan taksi atau bus. Terdapat tiga moda transportasi yang jadi andalan masyarakat Western Australia, yaitu mobil, kereta, dan bus. Guna menggunakan transportasi umum, kamu hanya perlu memiliki kartu Opal Card. Kartu tersebut sudah terintegrasi dengan pemerintah Australia. Opal Card dapat dibeli di minimarket, supermarket, kantor pos, bahkan kios penjual koran. Harga Opal Card mulai dari empat dollar Australia atau Rp 40.000.

sia, kamu bisa lebih mudah menemukan penerbangan langsung ke Perth.

Seberapa Luas Australia Barat

Dengan luas 2.529.875 km persegi, kamu membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk bisa mengunjungi tempat wisata di Western Australia yang paling terkenal.

Dengan waktu yang panjang, kamu bisa memulai perjalanan di Perth Cultural Centre untuk melihat karya seni suku Aborigin di Art Gallery of Western Australia. Nikmati juga keindahan pemandangan Samudera Hindia dengan mengunjungi Western Australian Maritime Museum.

Mata Uang Australia Barat

AUD (Dolar Australia).

Bahasa Australia Barat

Bahasa utama dan resmi di sini adalah Bahasa Inggris.

Zona Waktu di Australia Barat

Ada tiga zona waktu di Western Australia, yaitu GMT+10 (timur), GMT+9.5 (tengah), dan GMT+8 (barat).

Jenis Stop Kontak di Australia Barat

Jenis steker yang digunakan di Western Australias adalah tipe I. Tipe ini memiliki tiga pin datar dalam pola segitiga. Australia beroperasi pada tegangan pasokan 230V dan 50Hz.

Informasi Penting Tentang Australia Barat

  1. Cuaca di Western Australia umumnya hangat dan lembab sepanjang tahun. Oleh karena itu, kenakanlah pakaian yang lebih tipis dan pendek, seperti kaus tanpa lengan atau kaos lengan pendek, celana pendek, rok, dan sandal.
  2. Jangan minum minuman beralkohol di tempat umum.
  3. Memberikan tip ke staf tidak wajib.

Destinasi Favorit di Australia Barat

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya