Lebih Dekat dengan Vietnam

Atraksi
Wisata Kuliner
Wisata Alam
Spa & Kecantikan

Ajak keluarga coba wahana seru di pusat hiburan terdekat.

Rekomendasi Jempolan di Vietnam

Jangan lewatkan aktivitas di Vietnam hasil rekomendasi dari tiket.com

Hoi An

Vegetarian Cooking Class in Hoi An

IDR 436.495

To Do Online

Baru

Nikmati hiburan online kekinian untuk menemani momen #NewNormal.

Vietnam
Tentang

Vietnam punya pemandangan alam, bangunan bersejarah, hingga makanan lezat yang semuanya sayang banget kalau dilewatin. Kamu bahkan bisa menghabiskan waktu lebih dari seminggu untuk bisa menikmati semua potensi wisata yang ada di sini.


Jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang ada di Asia Tenggara, liburan ke Vietnam cenderung lebih terjangkau. Ada banyak sekali pilihan hotel, makanan, atau tempat-tempat belanja yang menawarkan produk dengan harga murah.


Kalau kamu berencana untuk liburan ke Vietnam, maka pastikan kamu mengunjungi Halong Bay. tempat ini menyimpan daya tarik yang sangat besar berupa pemandangan gunung dan laut yang spektakuler. Selain itu, di Halong Bay, kamu bisa juga menjelajahi gua-gua yang memiliki stalaktit dan stalagmit. Tempat ini juga menawarkan aktivitas seru lainnya seperti snorkeling atau menyelam, di mana kamu bisa melihat banyak ikan-ikan dan batu karang yang cantik.


Vietnam punya koleksi pantai yang cantik. Beberapa di antaranya adalah Long Beach di Phu Quoc, Nha Trang Beach di Nha Trang, dan Doc Let Beach di Hon Khoi Peninsula. Biasanya di sekitar kawasan pantai itu ada restoran yang menyajikan hidangan laut segar.


Selain pantai, Vietnam juga punya kebudayaan yang tak kalah menarik untuk diketahui. Itu juga menjadi salah satu alasan banyak wisatawan yang datang ke negara ini. Warga Vietnam juga terkenal ramah dengan wisatawan yang datang ke negara mereka. Dengan senang hati mereka akan membantumu ketika kamu kehilangan arah atau penasaran dengan banyak hal.


Sebagai tambahan, makanan khas Vietnam juga kepopulerannya sudah dikenal hingga ke berbagai tempat di dunia. Mumpung sedang ada di sana, maka pasti lebih enak kalau kamu menyantap makanan khas di tempat asalnya langsung.


Makanya, ayo berangkat jalan-jalan ke Vietnam! Pesan tiket aktivitas asyik di Vietnam dengan to do dari tiket.com. Dengan to do, kamu akan lebih mudah menemukan tiket tempat wisata atau aktivitas asyik lainnya di Vietnam. 

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Vietnam

Informasi mengenai tempat wisata di Vietnam.

Apa itu tiket CLEAN di Vietnam?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Vietnam tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Vietnam yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket Clean” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Vietnam

Vietnam adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan tempat wisata alam yang menakjubkan dengan pemandangan yang indah serta tempat wisata historis dan ikonik. Beberapa lokasinya adalah Ha Long Bay, Danau Hoan Kiem, Kota Tua Hoi An, Kompleks Monumen Hue, Pulau Phu Quoc, dan My Son Sanctuary.

Negara Vietnam cocok dijadikan destinasi wisata keluarga karena banyaknya tempat wisata di Vietnam yang cocok untuk segala usia.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Vietnam

Berbagai objek wisata di Vietnam dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pulau dan pantai yang cantik. Namun, ada juga sejumlah lokasi bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini. Berikut ada 30 destinasi wisata terbaik di Vietnam yang kami rekomendasikan!

1. Saigon Central Post Office

Vietnam memiliki gedung kantor pos pusat yang menarik mata, yaitu Saigon Central Post Office. Tempat wisata di Kota Ho Chi Minh ini memang wajib dikunjungi karena memiliki spot foto instagramable. Bangunan yang dibangun dengan gaya Gothic ini memiliki sejarah panjang yang menarik pula untuk diketahui lho. Gedung ini dibangun pada tahun 1886-1891 yang merupakan rancangan dari arsitek ternama Gustave Eiffel, yang juga perancang Menara Eiffel. Di gedung ini, kamu akan menemukan dua buah peta yang ikonik, yaitu peta Vietnam Selatan dan Kamboja serta peta Saigon dan sekitarnya. Hingga saat ini, Saigon Central Post Office masih menjadi kantor pos pusat yang aktif digunakan.

2. Notre Dame Cathedral

Kamu akan melihat bangunan bak di Eropa begitu datang ke tempat wisata di Ho Chi Minh yang satu ini. Pasalnya, bangunan Gereja umat Katolik ini memang dibangun oleh penjajah Perancis sehingga arsitektur dari Gereja terlihat begitu klasik dan instagramable. Tempat wisata hits ini memiliki dua tower tinggi yang mencapai 59 meter tingginya dan seluruh material untuk membangun gereja ini didatangkan langsung dari Perancis.

3. Saigon Opera House

Tidak hanya Australia yang punya Opera House, tetapi Vietnam juga punya. Kamu yang menyukai pertunjukan seni, maka Saigon Opera House ini menjadi tempat wisata di Kota Ho Chi Minh yang cocok untukmu. Jangan lewatkan pula untuk mengabadikan momen di depan gedung bergaya arsitektur kolonial ini. Pastinya akan terlihat keren banget dan instagramable.

4. Ho Chi Minh City Hall

Ho Chi Minh City Hall atau yang juga sering disebut City Hall bisa menjadi referensi tempat wisata di Vietnam. Bangunan yang dibangun pada tahun 1902 – 1908 ini merupakan peninggalan dari masa penjajahan Perancis di Vietnam. Dari tampak luarnya saja, kamu sudah bisa melihat betapa megahnya bangunan ini. Meskipun bagian dalam dari City Hall tidak dibuka untuk umum, tetapi bagian luar gedung ini saja sudah menarik sekali untuk dilihat. Patung Uncle Ho yang berada di bagian depan tempat wisata hits ini menjadi ikon yang juga digemari para wisatawan untuk berfoto. Kamu harus banget ke sini saat ada kesempatan berlibur ke Vietnam!

5. Nguyen Hue

Ingin jalan-jalan santai di Vietnam? Nguyen Hue adalah tempat yang wajib dikunjungi. Karena, Nguyen Hue merupakan kawasan taman kota yang dekat dengan beberapa tempat wisata hits di Vietnam. Kapanpun waktunya, jalan-jalan di sekitar Nguyen Hue ini asyik banget. Kamu juga bisa berhenti di beberapa tempat makan, bar, cafe, dan juga bangku-bangku taman. Bahkan, tidak jarang akan ada pertunjukan konser jalanan yang membuat suasana di jalan ini semakin ramai.

6. Saigon River

Ingin menikmati Kota Ho Chi Minh dengan perahu? Kamu bisa berkunjung ke tempat wisata hits satu ini, yakni Saigon River. Di sepanjang tepi sungai, kamu dapat menikmati pemandangan desa yang indah, lorong bawah tanah yang dibangun pada perang Vietnam, gedung-gedung pencakar langit, dan hutan tropis. Kamu bisa menggunakan perahu dari Sungai Saigon ke terowongan Cu Chi dan Delta Mekong. Perjalanan dengan perahu akan membawamu mengunjungi pasar apung yang ada di sungai dan objek wisata lainnya, seperti pagoda, hutan tropis, dan kebun buah.

7. Bitexco Financial Tower

Bitexco merupakan gedung pencakar langit dan salah satu tempat wisata di Ho Chi Minh. Gedung yang tingginya 265,5 meter ini memiliki lokasi favorit yang kerap dikunjungi pelancong, yakni Saigon Skydeck di lantai 49. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan Kota Ho Chi Minh. Beberapa objek wisata di Ho Chi Minh yang bisa kamu lihat dari gedung ini, yakni Pasar Ben Thanh, Saigon Square, Takashimaya Vietnam, dan Sungai Saigon.

8. Reunification Palace

Reunification Palace atau Independence Palace adalah sebuah gedung yang dulunya digunakan sebagai istana kepresidenan Vietnam Selatan. Tempat wisata di Ho Chi Minh ini dibangun pada tahun 1962-1966 dengan gaya arsitektur modern dan tradisional. Gedung ini menjadi saksi sejarah bersatunya Vietnam Selatan dan Vietnam Utara. Di sini, kamu bisa menyusuri sejumlah ruangan, seperti lobi utama, ruang bilateral, ruang kredensial, ruang jamuan, ruang kerja presiden, perpustakaan, dan bunker bawah tanah.

9. Giac Lam Pagoda

Ingin mencari tempat wisata keluarga di Ho Chi Minh? Kamu bisa mengunjungi Giac Lam Pagoda yang merupakan kuil bagi umat Budha. Di sini, kamu bisa melihat sejumlah patung dewa-dewi Budha, seperti Quan The Am Bo Tat, A Di Budha, dan Ameda.

10. Ben Thanh Market

Ingin berbelanja dan mencari barang-barang yang murah? Tempat wisata di Ho Chi Minh ini merupakan kawasan pasar terbesar dan tertua yang ada di Saigon dengan nama lokal Cho Ben Thanh. Pasar ini memiliki ciri khas, yaitu Clock Tower di bagian pintu masuk. Di sini, kamu bisa berburu produk lokal, seperti kerajinan tangan, cinderamata, dan tekstil. Selain cocok untuk berbelanja, kamu juga bisa wisata kuliner di berbagai tempat makan yang ada di pasar. Jangan lupa menawar ya supaya kamu mendapatkan harga yang murah!

11. Danau Ho Tay

Danau yang menjadi salah satu tempat wisata di Kota Hanoi ini memiliki luas lebih dari 400 hektar. Saking banyaknya danau yang ada, Kota Hanoi pun dijuluki “Kota Seribu Danau”. Di sini, kamu dapat menikmati suasana matahari terbenam yang menakjubkan dan pastinya instagramable.

12. Temple of Literature

Tempat wisata di Hanoi yang juga disebut Imperial College ini merupakan universitas yang paling tua dan pertama berdiri di Vietnam. Kuil sastra ini didedikasikan untuk konfusius. Di dalam kuil, kamu bisa menemukan kolam yang disebut dengan kolam surgawi dan patung. Selain itu, terdapat juga arsitektur tradisional yang langka berasal dari Vietnam.

13. Hanoi Military Museum

Wisata sejarah lainnya yang bisa kamu temukan di Vietnam, yakni Hanoi Military Museum. Objek wisata di Hanoi ini menampilkan beragam peralatan dan senjata perang hingga transportasi yang digunakan kala masa penjajahan. Terdapat pesawat tempur dan helikopter perang tertata rapi di museum ini. Kamu juga akan menemukan foto-foto aksesoris, peta, dan benda bersejarah lainnya.

14. Ha Long Bay

Ha Long Bay adalah objek wisata di Vietnam yang terkenal. Wisata hits ini memang sudah tersohor dan berlokasi dekat dengan perbatasan China. Bisa dikatakan, Ha Long Bay termasuk salah satu keajaiban alam dunia dan dinyatakan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1994. Di sini, kamu akan disuguhkan pesona air laut berwarna hijau toska, 1.600 pulau berbatu kapur yang menjulang tinggi, dan gelombang bak naga laut.

15. Danau Hoan Kiem

Danau Hoan Kiem adalah salah satu wisata hits di Hanoi. Danau ini terletak di tengah-tengah Kota Hanoi yang menjadi pusat olahraga dan pembelajaran alam bagi masyarakat sekitar. Hoan Kiem memiliki makna “returned sword”, yang diambil dari legenda Raja Le Loi. Raja Le Loi memiliki pedang magis yang diberi oleh para dewa. Pedang tersebut digunakan raja untuk mengusir penyerangan China. Setelah itu, ia mengembalikan pedang tersebut ke Golden Turtle God yang ada di dalam danau.

16. Kota Tua Hoi An

Hoi An bukan hanya sekadar kota tua yang menakjubkan, melainkan salah satu pelabuhan perdagangan paling penting yang menghubungkan Asia dan Eropa selama 17 abad. Meski kini kota perdagangan sudah pindah ke tempat lain, tetapi Hoi An tetap menjaga kelestarianya sebagai kota yang menakjubkan. Jalan kecil yang hanya bisa dilalui sepeda dan para pejalan kaki, serta bangunan-bangunan klasik yang masih berdiri kokoh membuat kota ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Bangunan-bangunan kuno khas Jepang, China, dan kanal-kanal khas Perancis masih berdiri kokoh di tempat wisata yang jarang diketahui pelancong ini.

17. Pulau Phu Quoc

Mau mencari tempat wisata keluarga yang asyik di Vietnam? Kamu bisa berkunjung ke Pulau Phu Quoc yang merupakan pulau terbesar di Vietnam. Tempat wisata yang terkenal ini memiliki hutan tropis alami yang lebat, terumbu karang yang jarang diketahui, dan pantai yang wajib dikunjungi. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah Bai Dau atau yang terkenal dengan Long Beach. Salah satu yang terkenal dari Phu Quoc selain pantainya yang bersih, adalah saus ikan fermentasi (nuoc nam). Kelezatan kuliner nuoc nam pun sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia.

18. Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang

Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang bukan hanya taman nasional biasa, melainkan salah satu situs warisan dunia UNESCO. Objek wisata ini memiliki hasil pengembangan kulit bumi selama 464 juta tahun yang lalu, membentuk formasi karst terbesar sekaligus tertua di Asia. Taman ini memiliki 2.000 kilometer persegi zona kapur dan gua-gua menakjubkan dengan panjang total 70 kilometer. Di sini terdapat Hang Song Dong Cave yang merupakan gua terbesar di dunia.

19. The Sand Dunes

The Sand Dunes adalah salah satu tempat wisata di Vietnam yang terkenal, selain Pantai Mui Ne dan Phan Thiet. Berjarak 65 kilometer sebelah timur laut Phan Thiet, bukit pasir ini tampak berwarna emas dari kejauhan. Banyak wisatawan menikmati perjalanan di bukit pasir ini lantaran bentuknya menyerupai Sahara. Terdapat dua tempat di Sand Dunes yang wajib dikunjungi, yaitu The White Dunes dengan area lebih luas dan dikenal sebagai Bau Trang atau White Lake oleh masyarakat setempat. Adapun The Red Dunes merupakan fitur pasir coklat kemerahan yang cocok sebagai spot instagramable.

20. Nha Trang

Nha Trang adalah kota resor tepi pantai yang terkenal di Vietnam, terletak di di sepanjang teluk yang paling indah. Tempat wisata hits ini memiliki pantai yang eksotis dan resor yang terkenal sehingga membuat menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Nha Trang menawarkan kegiatan olahraga air, seperti scuba diving, snorkeling, kiteboarding, berlayar, dan catamaran rides.

21. Ba Na Hills

Ba Na Hills adalah tempat wisata di Kota Da Nang yang merupakan sebuah kompleks resor yang berada di atas gunung dan menghadirkan suasana abad pertengahan. Ada banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan di tempat ini seperti naik kereta gantung, mengunjungi museum lilin, naik roller coaster, dan masih banyak lainnya. Salah satu wahana yang harus kamu coba di sini adalah kereta gantung. Dibangun pada tahun 2013, kereta gantung ini punya sejumlah rekor dunia, salah satunya adalah jarak antar stasiun terjauh. Dari atas, pastinya kamu bisa melihat pemandangan yang sangat spektakuler. Kalau kamu mau liburan ke Vietnam, kamu sebaiknya memasukkan Ba Na Hills ke dalam itinerary kamu. Karena di sini ada banyak banget spot yang instagramable, di mana kamu bisa juga berfoto dengan latar belakang kastil yang megah.

22. Golden Bridge

Salah satu tempat wisata di Da Nang terbaru adalah Golden Bridge. Tempat wisata hits satu ini baru saja buka pada bulan Juni 2018 lalu. Berlokasi di Ba Na Hills, Golden Bridge merupakan area skywalk di mana kamu bisa melihat pemandangan alam dari ketinggian 3.280 di atas permukaan laut. Dari sebuah jembatan emas dengan panjang 149.962 meter. Jembatan ini didesain dengan warna emas dan dua penopang pilar yang berbentuk seperti tangan besar yang menopang Golden Bridge. Di area jembatan ini kamu bisa melihat pemandangan pegunungan dan bukit-bukit di pinggiran Da Nang.

23. Linh Ung Buddhist Temple

Salah satu tempat wisata di Da Nang paling populer adalah Linh Ung Buddhist. Kawasan ini terletak di sebuah bukit yang dibangun menjadi kompleks kuil suci di kota Da Nang pada masa dinasti Nguyen. Memiliki nama lain Bai But, Chua Linh Ung merupakan pagoda tertinggi di kota Da Nang. Pagoda berbentuk patung Buddha yang dikeramatkan oleh para penduduk umat Buddha di Vietnam. Tak hanya pagoda berbentuk patung Buddha, kamu juga bisa melihat berbagai patung sosok suci lainnya di sekitar kuil. Ada pula kompleks kuil dengan arsitektur khas yang bisa anda lihat sambil berjalan santai di sekitar kompleks.

24. My Khe Beach

Salah satu kota pantai yang paling lembut di dunia, Da Nang, telah lama tercatat sebagai pantai yang paling menarik untuk wisata keluarga dan berbulan madu dengan Vietnam seafood yang sangat baik dan gelombang ringan. Tempat wisata di Danang yang terkenal dan berperingkat salah satu dari enam pantai yang paling indah di planet ini memiliki panjang 900 meter.

25. Cham Museum

Cham Museum juga menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Da Nang yang persisnya berada di Distrik Hai Chau. Bangunan museum ini pertama kali dibuka pada tahun 1919 oleh pemerintah kolonial Perancis yang kala itu serta sempat dua kali diperluas pada tahun 1930-an dan 2002. Menariknya, museum ini merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi Cham terbesar di dunia dan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kota Da Nang, bahkan Vietnam.

26. Da Nang Cathedral

Berikutnya, terdapat Da Nang Cathedral yang merupakan gereja Katolik Roma yang persisnya ada di tengah Kota Da Nang dan tidak jauh dari Sungai Han. Bangunan gereja ini sangat unik dengan gaya Perancis yang sangat kental, di mana terdapat tempat lonceng di atas menaranya.

Gereja ini dibangun oleh pemerintah kolonial Perancis pada tahun 1923 yang dikenal juga dengan Gereja Con Ga. Pastinya, keindahan bangunan gereja ini enggak boleh kalian lewatkan ketika singgah di Da Nang.

27. The Dragon Bridge

The Dragon Bridge merupakan jembatan ikonik dan menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kota Da Nang. The Dragon Bridge berdiri di atas Sungai Han. Panjangnya mencapai 666 meter dan sudah dibuka untuk umum sejak 2013. Pemandangan yang tersaji di sekitarnya sangat indah, cocok sekali foto-foto instagramable.

28. Marble Mountains

Marble Mountains merupakan tempat indah yang memiliki sederet tebing bebatuan cantik. Kamu bisa menikmati eloknya panorama alam, warisan budaya, serta wisata spiritual. Ada beberapa spot yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Marble Mountains, di antaranya Huyen Khong Cave dan Hell Cabe. Pemandangan dari atas sini sangat indah, terutama ketika sore saat matahari mulai terbenam.

29. Asia Park

Ingin menikmati keindahan Kota Da Nang pada malam hari? Berkunjung ke Asia Park bisa menjadi pilihan menyenangkan menghabiskan malammu di Kota Da Nang. Asia Park merupakan taman rekreasi malam yang populer dan ikonik. Dari kejauhan, taman ini akan mencuri pandangan setiap wisatawan dengan lampu neon yang mengisi hampir seluruh bagian taman. The Sun Wheel, sebuah bianglala besar juga menjadi penarik perhatian dari kejauhan. Tak kalah menawan dengan London Eye yang anda temui di tempat wisata di London. Bianglala ini juga masuk dalam daftar bianglala tertinggi di dunia dengan tinggi 115 meter. Melihat pemandangan gemerlap taman hiburan dan kota Da Nang dari atas bianglala bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan pada malam hari.

30. Imperial City Hue

Ketika berada di Da Nang, kebanyakan wisatawan langsung menuju Hoi An yang memang sudah terkenal sebagai tempat wisata di Vietnam. Padahal Hue juga merupakan lokasi wisata yang menyimpan banyak lokasi indah dan bersejarah. Lokasi ini masih dalam masa pengembangan dalam sektor wisatanya sehingga masih banyak tempat di lokasi ini yang belum dipublikasikan sebagai tempat wisata. Salah satu permata sejarah tersembunyi yang wajib dikunjungi adalah Imperial City Hue. Lokasi ini masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO. Kompleks ini terdiri dari kuil, benteng, dan berbagai bangunan bersejarah lainya.

Cara Menuju ke Vietnam

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Vietnam adalah dengan:

Pesawat

Vietnam memiliki bandara internasional di Hanoi, Kota Ho Chi Minh, dan Da Nang. Penerbangan non-stop tersedia dari Australia, Kamboja, Cina, Prancis, Jerman, Belanda, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Filipina, Polandia, Rusia, Singapura, Brunei, Thailand, Taiwan, Indonesia, Makau, Qatar, Turki, Dubai, dan AS.

Kapal

Jika kamu berangkat dari Kamboja, kamu dapat berangkat menggunakan kapal laut dan berangkat dari Phnom Penh menuju kota perbatasan Vietnam, yaitu Chau Doc. Perjalanannya memakan waktu sekitar 5 jam.

Kereta

Ada layanan kereta internasional langsung dari Nanjing dan Beijing di Tiongkok ke Hanoi. Sebagian besar membutuhkan pergantian kereta api di perbatasan Pingxiang / Dong Dang.

Akomodasi di Vietnam

Jenis akomodasi yang akan paling banyak kamu temui di setiap kota tentu berbeda-beda. Umumnya, setiap kota memiliki hotel atau akomodasi jenis lain berbintang 3. Pesan kamarnya sekarang di tiket.com untuk harga terjangkau dan metode pemesanan yang mudah!

Spot Instagram-able di Vietnam

Lokasi-lokasi wisata alam di Vietnam patut kamu kunjungi saat sedang berburu foto wisata yang keren. Beberapa di antaranya adalah Lembah Muong Hoa (Sapa), Air Terjun Ban Gioc-Detian (Cao Bang), Hanoi Train Street, Tam Toc (Ninh Binh), Padang Pasir (Mui Ne), Jalan Ma Pi Leng (Ha Giang), Mua Caves (Ninh Binh), Ich Dong Pagoda (Ninh Binh), The Citadel (Hue), dan Ho Thuy Tien (Hue).

Kuliner di Vietnam

Makanan khas Vietnam sudah terkenal kelezatannya di seluruh dunia. Jadi, tentu saja, saat kamu berkunjung ke sini, kamu harus mencicipi kenikmatan makanan khas Vietnam di negaranya langsung. Beberapa yang wajib kamu cicipi adalah:

  • Pho: mie beras dengan sup, tauge, daun jeruk, dan daging.
  • Banh Cuon: kue beras kukus yang tipis dan lembut serta memiliki rasayang cukup gurih.
  • Goi Cuon: Berupa gulungan salad yang berisi udang ataupun irisan daging.
  • Banh Xeo: panekuk khas Vietnam yang dibuat dari tepung beras, kunyit, santan yang ditumis bersama daging, tauge, serta udang.
  • Banh Mi: roti baguettes yang berisi dengan bakso, acar, irisan daging, acar wortel, dan lobak.
  • Chao: dilengkapi dengan irisan daging ayam, ikan, jeroan, hingga remahan roti yang sebelumnya digoreng dengan renyah.
  • Banh Cam: onde-onde khas Vietnam.

Makanan Vegan / Vegetarian

Kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan makanan vegan dan vegetarian di Vietnam, khususnya di daerah yang ramai dikunjungi wisatawan, seperti Ha Noi dan Ho Chi Minh. Menu vegetarian yang biasanya disajikan adalah Veggie Vietnamese Spring Roll.

Belanja di Vietnam

Ada banyak pasar tradisional di Vietnam yang unik dan menjadi salah satu lokasi wisata favorit para wisatawan. Beberapa di antaranya adalah Russian Market, Ben Thanh Market, Binh Tay Market, Hanoi Night Market (cocok untuk wisata kuliner), dan Phong Dien Floating Market. Di tempat-tempat ini, kamu bisa menemukan banyak produk lokal yang terkenal seperti kopi Vietnam dan berbagai kerajinan tangan lokal sebagai oleh-oleh.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Vietnam

Musim

Walaupun berbeda-beda untuk masing-masing area (utara, tengah, dan selatan), secara umum, waktu terbaik untuk berwisata di sini adalah antara bulan Desember dan Februari. Pada saat ini, cuaca cukup cerah dan hujan sedang jarang turun.

Festival

Festival khas di Vietnam memberikanmu kesempatan untuk melihat praktik budaya lokal yang unik secar langsung. Beberapa yang bisa kamu kunjungi dan hadiri adalah:

  • Tet Nguyen Dan: Perayaan Imlek versi Vietnam, digelar untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Perfume Festival: Warga lokal akan mengunjungi Pagoda Perfume untuk berdoa pada Buddha dan berharap tahun yang baik bagi mereka. Festival ini rutin diadakan tiap tanggal 15 di kalender bulan pertama.
  • Lim Festival: Akan ada banyak pertarungan yang lebih mirip tarian, diselenggarakan setiap bulan februari.
  • Mid-Autumn Festival : Festival yang selalu diadakan di tanggal 14 dan 15 kalender Lunar ini menghadirkan berbagai aktivitas yang cocok untuk keluarga, seperti lentera kertas untuk anak-anak, penampilan barongsai, dan bazaar makanan.

Cara Berkeliling di Vietnam

Untuk berpindah kota, terutama dari kota di Selatan ke Utara dan sebaliknya, sebaiknya kamu menggunakan pesawat saja jika kamu ingin menghemat waktu. Perjalanan dari Hanoi ke Ho Chi Minh, misalnya, hanya memakan waktu 2 jam dengan pesawat.

Jika kamu akan berpindah dari satu kota ke yang lainnya yang jaraknya tidak terlalu jauh, kamu bisa menggunakan kereta. Ada 7 jalur antar kota yang tersedia pada saat ini.

Untuk berpergian dari satu kota ke kota lainnya yang jaraknya cukup jauh dengan harga terjangkau dan waktu perjalanan yang lebih lama, kamu bisa mengandalkan bus. Ada banyak rute serta jadwal yang tersedia.

Sedangkan untuk berkeliling di dalam kota, kamu bisa menggunakan taksi, ojek (baik online maupun biasa), becak (disebut cyclo), atau sewa mobil dan motor.

Seberapa Luas Vietnam

Vietnam memiliki luas 331,210 kilometer persegi dan untuk mengeksplorasinya sampai puas, kamu bisa menghabiskan sekitar 3 sampai 4 hari di sini. Selama waktu tersebut, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas seru di Vietnam dan berkunjung ke tempat wisata di Vietnam yang paling terkenal. Kamu dapat menghabiskan 1 hari di Hanoi - pelayaran Teluk Halong - Hanoi, atau 2 hari dengan 1 malam di atas kapal pesiar, atau 3 hari dengan 2 malam di atas kapal pesiar. Lalu coba juga tur perahu di sungai Mekong. Mulai dari Kota Ho Chi Minh, kamu dapat mengakhiri pelayaran di Vinh Long, di Can Tho, di Chau Doc, bahkan berakhir di Phnom Penh atau berakhir di Siem Reap, Kamboja. Kamu juga bisa bersantai di tepi pantai yang indah di Vietnam. Destinasi terbaik adalah Nha Trang, Mui Ne, dan Phu Quoc.

Terowongan Cu Chi wajib dikunjungi jika kamu memiliki kesempatan untuk datang ke Kota Ho Chi Minh.

Kebijakan Visa Vietnam

Bagi kamu yang ingin berwisata di Vietnam, kamu perlu mengajukan visa turis. Namun jika kamu adalah pemegang paspor dari salah satu negara ini, kamu tidak perlu mengajukan visa (hanya jika kamu akan berwisata tidak lebih dari batas waktu yang sudah ditentukan):

90 Hari

  • Chili

30 Hari

  • Kamboja
  • Indonesia
  • Kirgistan
  • Laos
  • Malaysia
  • Myanmar
  • Singapura
  • Thailand

21 Hari

  • Filipina

15 Hari

  • Belarus
  • Denmark
  • Finlandia
  • Prancis
  • Jerman
  • Italia
  • Jepang
  • Norway
  • Rusia
  • Korea Selatan
  • Spanyol
  • Swedia
  • Britania Raya

14 Hari

  • Brunei

Mata Uang Vietnam

VND (Vietnamese Dong).

Bahasa Vietnam

Bahasa utama dan resmi di sini adalah Bahasa Vietnam, namun, setiap kota di Vietnam umumnya memiliki dialeknya sendiri. Contohnya, untuk Can Tho, bahasa sehari-hari yang digunakan penduduk lokal adalah dialek Southern Vietnamese.

Zona Waktu di Vietnam

GMT+7.

Jenis Stop Kontak Vietnam

Ada tiga jenis steker yang digunakan di Vietnam, yaitu tipe A, C, dan F. Tipe A memiliki dua pin datar paralel sedangkan tipe C dan F sama-sama memiliki dua pin bulat yang sejajar. Pasokan listrik di Vietnam adalah 220 Volt pada 50Hz.

Informasi Penting Tentang Vietnam

  1. Jangan mengenakan pakaian yang terlalu terbuka atau seksi, terutama jika kamu berwisata ke kota-kota di daerah utara yang umumnya lebih konservatif.
  2. Kenakanlah pakaian berlengan, celana panjang, dan sepatu berjalan tertutup yang nyaman.
  3. Jangan menggunakan perhiasan yang terlalu mencolok untuk menghindari pencopetan.
  4. Dahulukan bertanya sebelum berfoto.
  5. Kenakan pakaian yang sopan, dan jaga sikap serta perkataan saat berada di tempat-tempat suci.
  6. Bawalah tisu selalu karena kebanyakan toilet umum tidak menyediakannya.
  7. Air keran di sini bukan untuk diminum.