Lebih Dekat dengan Thailand

Atraksi
Wisata Kuliner
Spa & Kecantikan

Ajak keluarga coba wahana seru di pusat hiburan terdekat.

Rekomendasi Jempolan di Thailand

Jangan lewatkan aktivitas di Thailand hasil rekomendasi dari tiket.com

Muang Krabi

Krabi Must See Sunset Cruise Tour by Yacht Master

IDR 106.666

To Do Online

Baru

Nikmati hiburan online kekinian untuk menemani momen #NewNormal.

Thailand
Tentang

Saatnya liburan dan menikmati keindahan tempat wisata di Thailand dengan to do dari tiket.com, sobat tiket. Thailand atau yang dikenal sebagai Negeri Gajah Putih menjadi salah satu negara favorit di Asia Tenggara untuk dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia.


Thailand atau Kerajaan Thai dahulunya dikenal sebagai Siam. Secara geografis, negara ini terdiri dari tipe wilayah yang sangat beragam, yaitu wilayah pegunungan di sebelah utara, lembah sungai di bagian tengah, Tanah Genting Kra di selatan, dan perbatasan dengan Sungai Mekong di sebelah Timur yang merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia. 


Selain keunikan alam yang beragam, Thailand juga sangat kaya dengan peninggalan sejarah dan budaya yang masih terjaga, lho. Negara yang satu ini juga merupakan pusat perdagangan dan perbelanjaan. Tak lupa, berbagai macam kuliner Thailand yang terkenal dengan kelezatannya wajib kamu cicipi saat liburan, sobat tiket.


Jika kamu berlibur ke Thailand, maka Phuket menjadi destinasi wajib yang perlu kamu kunjungi. Phuket sangat cocok bagi kamu yang menyukai wisata air dan laut. Untuk kamu yang suka jalan-jalan di tengah kota, Bangkok yang merupakan ibukota Thailand juga pantang untuk dilewatkan. Bukan cuma itu, masih ada deretan destinasi menakjubkan di Thailand seperti Chiang Rai, Chonburi, Surat Thani, Chiang Mai, dan masih banyak lagi. 


Tidak salah jika sobat tiket memilih Thailand sebagai destinasi wisata yang ingin dikunjungi bersama keluarga. Pesan tiket tempat wisata di Thailand dengan to do dari tiket.com untuk memulai perjalanan seru kamu di Negeri Gajah Putih ini. Sekarang, saatnya kamu liburan, sobat tiket. Instal aplikasi tiket.com di gadget kesayangan kamu. Jangan lupa, pesan tiket to do untuk hanya di tiket.com!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Thailand

Informasi mengenai tempat wisata di Thailand.

Apa itu tiket CLEAN di Thailand?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Thailand tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Thailand yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di Thailand

Thailand adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan pantai dan pulau-pulaunya yang indah, kuil-kuil Buddha yang megah, dan bangunan-bangunan bersejarah dengan arsitektur unik. Beberapa kota di Thailand yang terkenal adalah Bangkok, Pattaya, Phuket, dan Chiang Mai.

Jika kamu akan berwisata bersama rombongan teman-teman yang sama-sama senang berbelanja dan bersantai di pantai, Thailand adalah destinasi yang sempurna!

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Thailand

Ada banyak alasan untuk menjadikan Thailand destinasi wisatamu selanjutnya. Berbagai objek wisata di Thailand yang menarik dan unik menantimu. Mulai dari pantai-pantainya yang terkenal, taman nasional dengan keindahan alam yang tiada duanya, hingga berbagai bangunan bersejarah dengan arsitektur megah.

1. The Grand Palace

Wisata ke Thailand, terutama ke Bangkok, tidak lengkap tanpa ke Grand Palace. Selama 150 tahun, istana ini adalah kediaman raja Thailand. Kompleks istana terdiri dari lebih dari 1000 bangunan yang berlapis emas serta dihiasi batu berlian. Beberapa zona utama untuk dikunjungi adalah Wat Phra Kaew dan tempat tinggal kerajaan.

2. Wat Rong Khun - White Temple

Tempat ini dinamai demikian karena memang hampipr seratus persen berwarna putih jika dilihat dari luar. Kemegahan tempat ini didesain oleh seniman kelahiran Chiang Rai, Chalermchai Kositpipat. Kuil ini juga dipenuhi simbol-simbol Buddhisme.

3. Sky Bar

Menikmati santapan di rooftop bar di Bangkok adalah salah satu kegiatan favorit turis dan Sky Bar adalah salah satu tempat yang terkenal di kota ini. Kamu bisa menikmati makanan yang lezat ditemani pemandangan kota yang menyala terang dari ketinggian.

4. Calypso Cabaret

Pertunjukan Ladyboy di Thailand adalah salah satu yang paling populer dan Calypso Cabaret bisa jadi pilihanmu untuk menyaksikan pertunjukan ini. Para ladyboy akan tampil di panggung dengan kostum-kostum yang keren dan menawan sambil meniru pembawaan lagu-lagu terkenal.

5. Wat Arun

Kuil ini memiliki empat prang yang menjulang tinggi, masing-masing mewakili satu penjaga yang menjaga satu dari empat penjuru. Selain melihat arsitekturnya, kamu juga bisa mendaki kuil hingga ke puncaknya untuk melihat pemandangan Sungai Chao Phraya dan Grand Palace dari ketinggian.

6. Railay Beach

Pantai ini merupakan salah satu yang tempat wisata alam yang paling terkenal di Thailand. Pasirnya yang putih, tebing batu kapur yang menjulang, gua, dan laguna merupakan lokasi-lokasi yang membuatnya terkenal. Di sini pun tidak ada bus atau mobil yang akan mengganggu ketenanganmu.

7. Khao San Road

Di Khao San Road, kamu benar-benar bisa menemukan semuanya. Mulai dari penginapan budget, warung street snack dengan harga terjangkau, hingga klub malam untuk berkumpul bersama teman-teman atau sekedar mendengarkan live music. Meskipun juga ramai di siang hari, sebaiknya kamu berkunjung pada malam hari untuk benar-benar menikmati tempat ini.

8. Khao Yai National Park

Berdiri sebagai taman nasional pertama di Thailand, Khao Yai merupakan salah satu taman nasional terbaik yang ada di negara ini. Kegiatan-kegiatan favorit di sini adalah mengamati hewan liar, mendaki, berkemah, dan mengunjungi air terjun yang cantik.

9. Chao Phraya River

Chao Phraya adalah sungai yang sangat terkenal di Bangkok. Selain hanya mengagumi pemandangannya, kamu bisa juga pesan Chao Phraya River Cruise untuk benar-benar berwisata di sini sambil melihat pemandangan kota sepanjang jalan.

10. Khao Sok National Park

Khao Sok National Park yang berada di area Thailand selatan adalah tempat yang sangat mengagumkan. Dengan hutan hujan hijau tertua di dunia, lembah yang dalam, gua yang menarik, satwa liar, hingga pegunungan batu kapur dan danau yang cantik, tidak heran tempat ini adalah salah satu favorit para turis.

11. Phi Phi Islands

Phi Phi Island yang hanya berjarak 45 menit perjalanan dengan perahu dari Phuket bisa disebut sebagai salah satu tempat wisata di Thailand yang paling terkenal, terutama di kalangan wisatawan yang suka tempat wisata alam terbuka dengan pemandangan cantik. Daya tariknya adalah pantai-pantai tropis dengan pemandangan air laut yang masih jernih.

12. MBK Center

Ingin belanja sampai puas mumpung di Thailand? Kalau iya, kamu wajib ke MBK Center! Bangunan dengan 8 lantai ini memiliki lebih dari 2.000 toko yang menyediakan semua yang kamu cari, mulai dari fesyen, makanan, furnitir, hingga elektronik.

13. Asiatique The Riverfront

Dibuka pada tahun 2012, tempat ini menggabungkan konsep pusat perbelanjaan dan juga pasar malam. Selain untuk berbelanja dan menyantap makanan lezat, kamu juga bisa berfoto atau naik kincir raksasa yang bahkan sudah terlihat dari kejauhan.

14. Sukhothai Historical Park

Bagi kamu yang menyukai wisata sejarah, Sukhothai Historical Park bisa jadi pilihan destinasi selanjutnya. Ada 21 situs bersejarah dengan empat kolam besar dan juga 70 situs bersejarah lainnya dalam radius 5 km di sini.

15. Doi Inthanon National Park

Terletak di Chiang Mai, lokasi wisata ini terkenal akan pemandangan alamnya yang sangat cantik dan suasana sekitarnya yang tenang dan damai. Selain itu, ada juga dua chedi yang terletak sekitar 5 km dari puncak Doi Inthanon.

16. Ao Nang Beach

Ao Nang hanya berjarak 20 menit berkendara dari Kota Krabi dan luas kota ini pun tidak terlalu besar. Kamu bisa mengeksplorasinya dengan hanya berjalan kaki selama 30 menit. Namun, daya tarik utamanya adalah pantainya yang cantik da juga resor mewah di sini.

17. Ayutthaya Historical Park

Ayutthaya Historical Park merupakan komplek reruntuhan istana dan kuil yang dulu berdiri megah pada masa Kerajaan Ayutthaya dulu. Tempat ini berada di sebuah pulau yang dikelilingi 3 sungai.

18. Maeklong Railway Market

Pasar ini menjadi terkenal karena lokasinya yang berada di tengah jalur kereta. Dan ini mepakan jalur kereta aktif sehingga kamu akan melihat langsung kereta yang lewat di tengah-tengah pasar ini. Beberapa menit sebelum kereta datang, para pemilik toko akan menyimpan barang-barang mereka dan melipat payung penutup agar keretanya bisa lewat. Sesudah kereta lewat, payung kembali dibuka dan mereka kembali berjualan.

19. SEA LIFE Bangkok Ocean World

Seperti namanya, saat berkunjung ke sini, kamu bisa melihat langsung satwa laut yang mengagumkan. Selain melihat-lihat, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan hewan yang menarik.

20. Madame Tussauds Bangkok

Berfotolah bersama idola-idola favoritmu di sini! Madame Tussauds Bangkok, sama seperti cabang lainnya yang tersebar di seluruh dunia, memiliki koleksi patung lilin orang-orang terkenal, ternama, dan berpengaruh di dunia.

21. Pattaya Beach

Pattaya Beach bukan hanya terkenal akan kecantikan pantainya tapi juga kegiatan asyik yang bisa kamu coba di sini, seperti jet ski, speed boat, parasailing, dan banyak lagi! Kamu juga bisa menyantap hidangan laut yang lezat di banyak restoran di sekitar pantai.

22. The Erawan Museum

Museum ini terdiri dari 3 level yang merepresentasikan dunia bawah (underworld), bumi, dan surga. Di dalam museum ini, kamu akan melihat berbagai kumpulan artefak dan peninggalan yang memiliki nilai sejarah, seni, dan religi yang tinggi.

23. Pattaya Floating Market

Saat jalan-jalan ke Thailand, kamu wajib berkunjung ke salah satu floating market atau pasar terapung di sini. Salah satu yang paling terkenal adalah Pattaya Floating Market. Selain hanya melihat kerennya perdagangan di perahu air, kamu sendiri juga bisa menyewa perahu, menikmati makanan di restoran yang ada, dan tentu saja, berfoto-foto.

24. Bangkok Art and Culture Centre

Ingin melihat koleksi karya seni yang mengagumkan? Kunjungi Bangkok Art and Culture Centre! Seperti namanya, ketika tiba di sini, kamu akan melihat langsung berbagai koleksi karya seni yang tiada duanya!

25. Patong Beach

Patong Beach tidak hanya terkenal akan kecantikan pemandangan pantai dan lautnya, tapi juga berbagai kegiatan watersport yang bisa kamu coba. Mulai dari jet skiing hingga parasailing. Dan untuk kamu yang sekedar ingin bersantai, ada hamparan pasir luas untukmu!

26. Chiang Mai Night Bazaar

Belanja di pasar malam adalah salah satu kegiatan yang tidak boleh kamu lewatkan saat di Thailand. Dan ketika kamu sedang ada di Chiang Mai, datangilah Chiang Mai Night Bazaar. Kamu bisa belanja makanan lokal, souvenir, hingga barang-barang fesyen mulai dari saat matahari terbenam.

27. Wat Pho

Wat Pho adalah kuil Buddha di Bangkok yang terkenal karena patung Buddha berbaringnya yang sangat besar dan megah. Selain patung tersebut, kamu juga akan melihat suasana di sekeliling kompleks yang asri dan cantik.

28. Dream World

Dream World adalah sebuah taman bermain yang bisa kamu kunjungi bersama si kecil. Ada banyak permainan dan wahana menyenangkan di sini, seperti roller coaster, dan juga berbagai pertunjukan serta parade keren.

29. Chiang Mai Zoo

Kebun binatang ini tidak hanya menampilkan sejumlah satwa liar, namun juga ada akuarium, snow dome, area khusus panda yang lucu, dan juga taman bermain air.

30. Ratchada Rot Fai Night Market

Saat malam tiba, waktunya berbelanja! Ratchada Rot Fai Night Market memiliki banyak sekali toko fesyen dan makanan untukmu. Barang-barang di sini juga terkenal akan harganya yang terjangkau. Jangan lewatkan camilan-camilan lokal yang unik seperti serangga goreng.

Cara Menuju ke Thailand

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Thailand adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar Asia Tenggara, ini adalah cara terbaik untuk mencapai Thailand. Kota-kota besar di Thailand umumnya memiliki bandara internasional yang melayani banyak penerbangan komersial domestik dan internasional setiap harinya. Untuk mencapai beberapa area yang lebih terpencil, kamu mungkin perlu transit di kota besar.

Bus

Jika kamu berangkat dari luar negeri yang bersebelahan dengan Thailand, seperti Laos, Malaysia, Kamboja, dan Myanmar, kamu bisa menggunakan bus. Tarif perjalanannya umumnya lebih terjangkau meskipun waktu perjalanannya lebih lama.

Kapal

Kamu bisa menggunakan feri untuk mencapai beberapa kota atau area di Thailand, seperti Pattaya dan Phuket. Meski begitu, perjalanan ini biasanya bersifat domestik dan kamu hanya bisa menggunakan feri atau kapal jika kamu berangkat dari kota-kota tertentu.

Akomodasi di Thailand

Akomodasi di area-area yang dekat dengan pantai-pantai cantik, seperti Phuket dan Pattaya, umumnya lebih bervariasi. Mulai dari resor mewah berbintang 5 dengan pemandangan laut, hingga homestay minimalis. Sedangkan di kota-kota metropolitan, kamu akan lebih banyak menemukan hotel di gedung bertingkat atau hotel minimalis dengan desain modern yang harganya lebih terjangkau.

Pesan hotel di Thailand di tiket.com sekarang untuk harga bersahabat dan promo yang menarik.

Spot Instagram-able di Thailand

Thailand memiliki banyak pesona alam dengan pemandangan indah dan juga berbagai bangunan dengan arsitektur unik yang bisa kamu kunjungi saat berburu foto wisata yang unik. Beberapa di antaranya adalah 

  • Viewpoint di Phi Phi Island
  • Railay Beach
  • Maeklong Railway Market
  • Wat Arun
  • The Grand Palace (Bangkok)
  • Wat Ratchamonthian di Chiang Mai.

Kuliner di Thailand

Saat mendengar kata 'makanan Thailand', tentu ada banyak makanan lezat yang muncul di pikiranmu. Dan tentu saja, saat kamu berwisata ke negara ini, kamu wajib mencicipi makanan-makanan lezat ini langsung dari negara asalnya. Beberapa di antaranya adalah Tom Yam (sup asam pedas dengan jamur, udang, ayam, ikan, atau bahan makanan lainnya), Phad Thai (kwetiauw goreng dengan kacang), Som Tam (salad pepaya dengan campuran bawang putih, tomat, saus ikan, cabai, dan jeruk nipis), dan Mango Sticky Rice (mangga manis dengan ketan).

Makanan Vegan / Vegetarian

Makanan khas Thailand umumnya identik dengan daging dan bumbu-bumbu lainnya yang tidak cocok untuk vegetarian dan vegan. Meski begitu, karena agama mayoritas di Thailand adalah Buddha, umumnya, ada cukup banyak restoran khusus vegetarian di negara ini. Di kota-kota yang lebih ramai turis, seperti Phuket, kamu bisa lebih mudah menemukan restoran khusus vegan.

Belanja di Thailand

Seperti banyak negara lainnya di Asia Tenggara, Thailand adalah negara yang terkenal dengan pusat-pusat perbelanjaannya, mulai dari yang megah hingga yang sederhana di mana harga produk-produknya bisa kamu tawar. Mal besar bisa kamu temui di hampir seluruh kota, meskipun mungkin yang paling sering kamu dengar dan wajib kamu kunjungi adalah MBK di Bangkok. Selain mal, kamu juga akan dengan mudah menemukan banyak street market dan pasar tradisional di setiap kota. Di tempat-tempat ini, kamu bisa berbelanja berbagai kerajinan tangan lokal, bahan makanan segar, dan juga camilan khas Thailand yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Thailand

Musim

Hanya mengalami dua musim, Thailand sebenarnya tetap menyenangkan untuk dikunjungi pada bulan apapun. Meski begitu, untuk cuaca yang lebih baik lagi, sebaiknya kamu berkunjung antara bulan November dan April.

Festival

Acara besar-besaran yang dirayakan di penjuru kota Thailand adalah Songkran Festival. Pada bulan April, warga lokal dan turis bisa berpartisipasi dalam festival yang melibatkan perang siram air (water fights) di segala sudut kota. Banyak warga lokal yang juga pulang ke kampung halamannya pada masa ini sehingga toko-toko dan perkantoran tutup (kecuali mal besar) dan kota ini lebih dipenuhi turis luar negeri.

Cara Berkeliling di Thailand

Kota-kota besar seperti Bangkok umumnya memiliki lebih banyak pilihan transportasi publik, seperti BTS Skytrain dan MRT atau Metro. Sedangkan transportasi publik yang umumnya tersedia di hampir seluruh kota adalah tuk-tuk (transportasi umum beroda tiga), songthaew (truk pick-up kecil yang sudah dimodifikasi menjadi kendaraan umum yang bisa mengangkut banyak orang sekaligus), ojek, dan taksi. Beberapa kota dengan pantai dan pulau-pulau kecil di sekitarnya biasanya juga menyediakan feri untuk island hopping.

Seberapa Luas Thailand

Secara keseluruhan, Thailand memiliki luas 513.120 km persegi dan untuk mengeksplorasi tempat wisata di Thailand yang paling terkenal tanpa terburu-buru, idealnya, kamu menghabiskan sekitar 2 sampai 3 minggu di sini. Namun, tentu saja waktu tersebut bisa jadi terlalu lama untuk banyak orang. Oleh karena itu, untuk mencoba berbagai aktivitas di Thailand yang paling menarik saja, kamu bisa menghabiskan sekitar 1 minggu.

Selama waktu tersebut, kamu bisa menikmati keindahan pemandangan kota, berbelanja, berkunjung ke kuil atau bangunan megah dan bersejarah, serta jalan-jalan atau mencoba water sport di pantai.

Untuk wisata di kota besar, kamu bisa berkunjung ke Bangkok. Di sini, kamu juga bisa berbelanja sampai puas. Sedangkan untuk wisata pantai, kamu bisa berkunjung ke Phuket dan Pattaya. Kota Chiang Mai memiliki banyak bangunan dengan arsitektur yang menarik serta pemandangan hijau yang menenangkan.

Kebijakan Visa Thailand

Untuk masuk ke Thailand, kamu perlu mengajukan visa, kecuali jika kamu adalah pemegang paspor dari salah satu dari 64 negara yang bisa masuk ke Thailand tanpa visa, yaitu:

90 Hari

  • Argentina, Korea Selatan, Brazil, Chile, Peru

30 Hari

  • A: Amerika Serikat, Andorra, Afrika Selatan, Australia, Austria,
  • B: Bahrain, Belanda, Belgia, Brunei
  • D: Denmark
  • E: Estonia
  • F: Filipina, Finlandia
  • H: Hongaria
  • I: Islandia, Indonesia, Inggris Raya, Irlandia, Israel, Italia
  • J: Jerman, Jepang
  • K: Kanada, Kuwait
  • L: Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg
  • G: Malaysia, Maladewa, Mauritius, Monako
  • N: Norwegia
  • O: Oman
  • P: Prancis, Polandia, Portugal
  • Q: Qatar
  • R: Republik Ceko
  • S: San Marino, Selandia Baru, Singapura, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss
  • T: Turki
  • U: Ukraina, Uni Emirat Arab
  • Y: Yunani
  • Pemegang paspor Hong Kong, Laos, Macao, Mongolia, Russia, Vietnam juga diberikan keringanan visa untuk masuk ke Thailand dan tinggal di sana selama 30 hari.

14 Hari

  • Kamboja dan Myanmar (untuk kedatangan via udara saja).

Mata Uang Thailand

THB (Baht Thailand).

Bahasa Thailand

Bahasa utama dan resmi di sini adalah Bahasa Thailand. Meski begitu, mayoritas warga lokal bisa berbahasa Inggris sehingga kamu tidak akan kesulitan berinteraksi dengan mereka walaupun kamu tidak bisa Bahasa Thailand.

Zona Waktu Thailand

GMT+7.

Jenis Stop Kontak Thailand

Jenis steker yang umum digunakan di Thailand adalah tipe A, B, dan C. Tipe A memiliki 2 pin rata yang paralel dan tipe B memiliki pin yang sama namun dengan tambahan grounding pin. Sedangkan tipe C memiliki 2 pin bulat. Tegangan listrik di Thailand adalah 230V dan frekuensi aliran listriknya adalah 50Hz.

Informasi Penting Tentang Thailand

  1. Karena cuaca di Thailand yang umumnya panas sepanjang tahun, sebaiknya kamu memakai pakaian yang lebih tipis dan tidak terlalu tertutup, seperti kaus lengan pendek, celana pendek, maxi dress, dan sandal. Namun, bawa juga pakaian yang sopan dan tertutup jika kamu berencana berkunjung ke tempat-tempat suci.
  2. Lepas sepatumu saat akan masuk ke rumah warga lokal atau tempat-tempat suci.
  3. Jangan menunjukan public display affection seperti berciuman dan berpelukan. Berpegangan tangan masih dianggap tidak menyinggung.
  4. Sebaiknya hindari taksi yang tidak memakai argo karena kamu bisa dikenakan biaya yang lebih besar dari yang sewajarnya.
  5. Karena cuaca di kota cukup panas, selalu bawa air minum bersamamu untuk tetap terhidrasi.
  6. Air keran bukan untuk diminum.