Lebih Dekat dengan Singapura

Ajak keluarga coba wahana seru di pusat hiburan terdekat.

Rekomendasi Jempolan di Singapura

Jangan lewatkan aktivitas di Singapura hasil rekomendasi dari tiket.com

Singapore

ArtScience Museum™

IDR 98.329

Singapore
Tentang

Siapa yang bisa menolak pesona Singapore? Kamu pasti setuju kalau Singapore jadi salah satu negara favorit untuk dikunjungi sebagai destinasi liburan di Asia Tenggara. Benar kan, sobat tiket? Di negara Patung Merlion ini, kamu bisa menjumpai banyak sekali tempat wisata instagramable yang cocok untuk diabadikan dalam foto atau video. Kamu juga bisa menemukan beragam tempat wisata di Singapore yang bisa kamu jelajahi bersama keluarga tercinta.


Meskipun wilayah Singapore tidak terlalu luas, negara ini memiliki banyak atraksi menarik yang selalu membuat wisatawan rindu untuk datang kembali. Kamu juga merasakan yang sama kan, sobat tiket? Kamu pasti selalu ingin datang lagi dan lagi ke negara ini karena selalu ada hal baru di Singapore yang bisa kamu temukan.


Beberapa tempat wisata yang tak boleh kamu lewatkan saat ke Singapore diantaranya adalah Merlion Park, Marina Bay Sands, Orchard Road, Gardens by the Bay, Clarke Quay, Universal Studios Singapore, Esplanade, Little India, Haji Lane, Chinatown, Art Science Museum, dan masih banyak lagi! Pastinya waktu yang singkat terasa tidak akan cukup untuk bisa eksplor tempat-tempat menarik di negara ini. Makanya, kamu harus segera menyusun itinerary dan persiapkan liburan seru ke Singapore sekarang juga.


Liburan impian di Singapore bisa segera terwujud dengan beli tiket tempat wisata di Singapore melalui tiket.com, sobat tiket. Ada banyak pilihan tiket wisata yang memudahkan kamu untuk bisa mengunjungi tempat wisata di Singapore. Hanya melalui aplikasi tiket.com, kamu bisa semakin mudah menemukan banyak tiket tempat wisata di Singapore dengan harga dan metode pembayaran yang beragam.

Jangan tunda lagi liburan bersama orang tersayang di Singapore. Ada banyak hal seru menanti kamu di negara ini. Pastikan kamu pesan to do di Singapore hanya di tiket.com, sobat tiket!


Kuy, berangkat ke Singapore buat liburan bersama tiket.com!


Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Singapore

Informasi mengenai tempat wisata di Singapore.

Apa Itu tiket CLEAN di Singapura?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Singapura tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Singapura yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Singapura

Singapura adalah salah satu kota wisata yang paling terkenal dan paling digemari di seluruh dunia. Kota yang tidak pernah tidur ini memiliki banyak tempat wisata menarik dan unik meski ukurannya yang kecil dibandingkan kota-kota wisata lain di dunia. Kamu bisa berbelanja produk lokal dan juga barang-barang bermerk, kamu bisa mencoba makanan-makanan khasnya yang lezat, dan berkunjung ke tempat-tempat wisata keren seperti Gardens by the Bay, Universal Studios Singapore, Pulau Sentosa, dan Marina Bay Sands.

Singapura adalah kota/negara yang cocok untuk dikunjungi saat kamu berwisata bersama keluarga atau bersama rombongan yang besar. Kota ini juga cocok bagi kamu yang hobi berwisata di pusat kota yang tidak pernah tidur.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Singapura

Singapura mungkin terbilang kecil jika dibandingkan dengan banyak negara lain. Tapi, tempat wisata di Singapura benar-benar tidak ada habisnya! Mulai dari belanja, taman bermain, waterpark, hingga taman satwa yang keren, semuanya ada di sini!

1. Gardens By The Bay

Salah satu ikon Singapura terbaru, Gardens By The Bay adalah objek wisata di Singapura yang wajib dikunjungi! Ini adalah taman buatan yang sangat luas dengan koleksi tanaman dan bunga yang indah. Semuanya diletakkan di lokasi-lokasi yang sudah didesain dengan kualitas papan atas. Kamu akan terkagum-kagum saat masuk ke Cloud Forest dan melihat interior serta koleksi tanamannya. Flower Dome menawarkan pemandangan bunga warna-warni yang tak kalah cantik. Kamu juga bisa jalan-jalan santai di area terbukanya sambil berfoto-foto dengan Supertree Groove yang keren. Di masa Natal dan tahun baru, tempat ini bahkan lebih cantik lagi!

2. Universal Studios Singapore

Untuk wisata anak dan wisata keluarga yang anti bosan, kamu bisa ke Universal Studios Singapore! Theme park yang satu ini menghadirkan berbagai macam wahana dengan tema karakter-karakter film dari Universal Studios, seperti Shrek, Despicable Me, dan Madagascar. Semua wahana ini cuma bisa kamu temukan di Universal Studios saja, loh! Masing-masing area permainan juga sangat instagramable. Selain itu, ada parade dan pertunjukan terjadwal di mana kamu bisa melihat langsung karakter-karakter favoritmu, termasuk si lucu Minion!

3. IFly Singapore

Ingin skydiving tapi masih takut dengan ketinggian? Rasakan sensasinya di IFly Singapore tanpa perlu takut! Tempat ini adalah area indoor dengan peralatan dan teknologi yang lengkap sehingga kamu bisa ‘terbang’ di ruangan tertutup, tanpa perlu melayang di ketinggian, dan tentunya, dengan rasa aman.

4. S.E.A Aquarium

S.E.A Aquarium menjadi rumah bagi kurang lebih 1000 spesia hewan laut dan ada hingga 100.000 ekor yang bisa kamu lihat di sini. Selain sekedar melihat-lihat, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan cantik ini di touch pool atau bahkan melalui aktivitas sea walking dan diving.

5. Adventure Cove Waterpark

Taman bermain air yang satu ini tidak hanya keren dalam desain dan lokasi, tapi juga soal wahananya. Ada banyak sekali wahana menyenangkan untuk seluruh anggota keluarga, mulai dari perosotan spiral yang menyenangkan hingga lazy river untuk kamu yang ingin santai-santai saja.

6. Singapore Flyer

Ingin melihat Singapura dari ketinggian? Kamu bisa naik bianglala tertinggi di Asia, Singapore Flyer. Ada 28 kapsul yang masing-masing bisa menampung maksimal 28 orang. Semuanya juga sudah dilengkapi AC dan tertutup rapat. Selama 30 menit kamu akan diajak ‘berputar’ melihat-lihat Singapura dari berbagai sudut.

7. Sentosa Island

Sentosa Island, pusatnya hiburan-hiburan terbaik di Singapura! Tempat-tempat wisata yang terkenal di Singapura dan sudah sering kamu dengar kemungkinan besar akan akan kamu temui di sini. Universal Studios Singapore dan S.E.A Aquarium mungkin adalah yang paling populer. Tapi, selain itu, ada juga area jalan-jalan, pertunjukan air mancur yang keren, resor mewah, hingga pantai buatan.

8. Mega Adventure Park

Ingin berpetualang seperti Tarzan dan Jane? Langsung saja ke Mega Adventure Park! Kamu bisa mencoba MegaZip, MegaJump, MegaClimb, MegaBounce, atau semuanya! Kegiatan ini semua sudah dilengkapi peralatan dan keamanan yang berkualitas jadi kamu tidak perlu khawatir!

9. Bugis Street

Cari tempat belanja yang murah dan luas serta tidak ada habisnya? Langsung saja ke Bugis Street. Kamu bisa membeli suvenir-suvenir lokal atau jajanan lokal yang lezat. Semuanya dengan harga terjangkau!

10. Skyline Luge

Skyline Luge adalah destinasi wisata yang cocok untuk seluruh anggota keluarga. Ada semacam sepeda kecil tanpa roda yang bisa kamu naiki untuk melewati jalur menurun hanya dengan bantuan gravitasi. Kamu dan keluargamu bahkan bisa balapan dengan aman di sini!

11. Marina Bay

Daya tarik utama dari Marina Bay tentu adalah Marina Bay Sands, hotel mewah bertingkat dengan infinity pool di atasnya. Hotel ini menawarkan kemewahan yang bekelas dengan kamar luas, fasilitas lengkap, dan pemandangan kota yang tiada duanya. Namun, jika kamu tidak menginap pun, kamu bisa jalan-jalan di area mal yang ada di gedung yang sama, atau bahkan bermain kasino.

12. Singapore Cable Car

Menikmati pemandangan kota sambil menuju Sentosa Island bisa kamu lakukan secara bersamaan jika kamu naik Singapore Cable Car. Rutenya adalah dari Mount Faber ke Sentosa Island atau sebaliknya. Kamu akan mendapat akses pemandangan 360 derajat akan kota ini dari ketinggian.

13. Mount Faber Park

Di Mount Faber Park yang bisa kamu capai dengan Singapore Cable Car, kamu akan menemukan lokasi di atas bukit yang sudah terfasilitias lengkap dan cocok untuk jalan-jalan santai. Sudah ada jalur pejalan kaki yang rapi serta balkon-balkon untuk melihat pemandangan kota dengan lebih jelas. Yang pasti, saat berkunjung ke bukit tertinggi kedua di Singapura ini, kamu wajib berfoto-foto!

14. Bukit Timah Nature Reserve

Butuh tempat yang penuh pemandangan hijau dan jauh dari kebisingan kota? Kamu bisa ke cagar alam yang satu ini! Letaknya sekitar 12 km dari pusat kota dan luasnya mencapai 1,64 kilometer persegi. Kamu dan keluarga bisa jalan-jalan santai di sana sambil menikmati kesejukan.

15. Little India

Mini India di Singapura? Tentu saja ke Little India! Sesuai namanya, area ini kental dengan budaya Indianya. Kamu bisa menemukan berbagai tempat makan yang menjual makanan India yang lezat, atau belanja suvenir dan kerajinan tangan khas India. Ada juga sejumlah tempat ibadah Hindu yang megah di sini.

16. River Safari Singapore

Sesuai namanya, safari yang satu ini mengusung tema sungai. Dengan menaiki perahu, kamu akan merasa seperti sedang menyusuri sungai sungguhan sambil melihat-lihat satwa yang tinggal di dalamnya. Beberapa hewan yang ada di sini dan paling menarik mata adalah panda merah.

17. KidZania Singapore

Anak-anak ingin belajar lebih banyak dan menambah pengalaman soal cita-cita impiannya? Ajak dia belajar dengan cara yang menyenangkan dan tak terlupakan di KidZania Singapore! Anak-anak usia 3 tahun ke atas bisa praktek langsung, mencoba pekerjaan impian mereka, seperti pilot, dokter, pemadam kebakaran, dan banyak lagi!

18. Singapore Zoo

Kebun binatang ini sering menjadi destinasi utama wisatawan keluarga karena banyaknya spesia satwa yang tinggal di sini. Ada satu area yang seperti kebun binatang pada umumnya dengan dekorasi indah dan area yang modern. Namun, ada lagi beberapa area dengan tema yang unik, seperti wild jungle safari, night safari, dan bird park.

19. Night Safari

Kamu mungkin sudah biasa ke kebun binatang yang bisa dikunjungi di pagi atau siang hari. Tapi tentu sensasinya akan berbeda jika kamu mengunjunginya di malam hari. Di Night Safari, kamu bisa melihat langsung 130 spesies satwa di sini, termasuk satwa nokturnal.

20. Jurong Bird Park

Jurong Bird Park adalah taman burung terbesar di Asia. Tempat ini menjadi rumah dari berbagai spesia burung yang cantik, mulai dari flamingo hingga pingiun yang lucu. Selain zona yang dibagi berdasarkan jenis burungnya, ada juga area Breeding and Research Centre, loh!

21. Clarke Quay

Clarke Quay adalah spot jalan-jalan santai. Area terbuka ini dilengkapi dengan jembatan dan juga area tempat makan yang menyala terang di malam hari. Ada juga sungai di area ini yang menambah keindahannya.

22. Singapore River Cruise

Masih di Clarke Quay, kamu bisa memesan paket cruise di sungainya. Dengan cruise ini, kamu bisa menyusuri kota Singapura dan melihat-lihat keindahan kota serta budaya warga lokalnya. Perahu besar yang digunakannya pun dihiasi dengan lampu-lampu cantik sehingga bertambah indah saat kamu naik cruise ini di sore atau malam hari.

23. Singapore Botanic Gardens

Sudah berdiri sejak 1822, taman ini kini telah ditransformasi menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Singapura. Taman botani ini menyimpan koleksi berbagai tanaman yang indah dan rimbun. Ada berbagai spot foto yang cantik, terutama saat di hari yang cerah.

24. National Orchid Garden

National Orchid Garden adalah salah satu area di Singapore Botanic Gardens yang terletak di bukitnya yang paling tinggi. Yang menarik dari tempat ini adalah, ada empat zona yang terbagi berdasarkan empat musim: semi, dingin, panas, dan gugur. Masing-masing tanaman dan bunga yang ada di sana juga berdasarkan musim mekarnya.

25. Buddha Tooth Relic Temple and Museum

Bangunan besar berlantai empat ini adalah sebuah kuil dan juga museum Buddha di China Town yang wajib kamu kunjungi! Selain arsitektur serta desain eksterior dan interiornya yang megah, ada stupa raksasa di dalamnya di mana relik Gigi Buddha berada.

26. Merlion Park

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan patung singa di tengah kota Singapura. Patung singa berwarna putih ini sering menjadi destinasi utama wisatawan saat pertama datang ke Singapura. Ada banyak sudut dan spot foto untuk mendapatkan foto terbaik.

27. Trick Eye Museum

Sesuai dengan namanya, tempat yang satu ini akan menipu matamu! Ada banyak latar belakang foto yang sudah dilukis sedemikian rupa sehingga akan terlihat hidup dan nyata saat difoto dari sudut tertentu. Siapkan kamera dan pose terbaikmu, ya!

28. Madame Tussauds Singapore

Ingin berfoto dengan idola-idola favoritmu? Tidak perlu keliling dunia mengejar mereka, cukup ke Madame Tussauds Singapore! Patung-patung lilin dari orang-orang terkenal, penting, dan bersejarah ada di sini. Mulai dari aktor hingga penyanyi favoritmu.

29. Butterfly Park And Insect Kingdom

Jika kamu menyukai kupu-kupu dan hewan lainnya dalam kerajaan serangga, kamu wajib ke sini! Spesies kupu-kupu dan serangga yang hidup di sini sangat banyak. Taman dengan konsep outdoor ini bisa menjadi wisata edukasi yang sempurna untuk anak-anak yang tertarik dengan dunia hewan.

30. China Town

Jika ingin belajar tentang budaya dan komunitas lokal di Singapura, kamu bisa ke area China Town. Selain bisa berinteraksi dengan warga lokal, kamu juga bisa belanja suvenir di sini, mencoba kuliner lokal, atau berkunjung ke kuil-kuil yang ada.

Cara Menuju ke Singapura

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Singapura adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar negeri, cara terbaik untuk mencapai Singapura adalah menggunakan pesawat, mendarat di Changi International Airport. Dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia, kamu bisa jalan-jalan di dalam bandara ini setelah kamu mendarat dan mengeksplorasi berbagai hiburan menakjubkan yang ditawarkannya. Kamu juga bisa ke Jewel Changi Airport, bagian dari bandara yang berisi air terjun indoor raksasa, tempat bermain untuk anak-anak, dan juga tempat berbelanja.

Bus

Bus bisa menjadi pilihanmu, jika kamu berangkat dari kota-kota di dekat Singapura seperti Kuala Lumpur dan Johor Bahru di Malaysia. Semakin mahal tarif busnya, maka semakin cepat juga perjalanannya serta semakin baik kenyamanannya. Namun, umumnya, tarif busnya tidak lebih dari 10 SGD.

Kapal

Kamu bisa mencapai kota Singapura menggunakan feri jika kamu berangkat dari kota-kota tertentu, yaitu Batam dan Bintan di Indonesia dan Johor di Malaysia. Singapura memiliki 5 pelabuhan feri internasional, yaitu HarbourFront, Marina Bay Cruise Centre, Tanah Merah Ferry Terminal, Changi Ferry Terminal, dan Changi Point Ferry Terminal. Kota ini juga menjadi salah satu persinggahan atau destinasi utama untuk cruise di Asia Tenggara.

Kereta

Perjalanan menggunakan kereta biasa digunakan untuk wisatawan yang berangkat dari Johor Bahru (Malaysia) menggunakan Keretapi Tanah Melayu (KTMB).

Akomodasi di Singapura

Sebagai kota turis, kamu tidak akan kesulitan menemukan berbagai jenis akomodasi di sini. Mulai dari hotel bintang 5 dengan pemandangan kota yang indah hingga apartemen, hotel budget atau capsule hotel di tengah kota yang nyaman dan bersih. Meski begitu, kamu akan lebih sering menemukan akomodasi bintang 3 dan 4 di sini.

Spot Instagramable di Singapura

Kamu bisa menemukan banyak sekali spot Instagram-able di sini, baik yang menggambarkan suasana kota metropolitan maupun yang menunjukkan nilai historis Singapura. Beberapa yang bisa kamu kunjungi adalah Jewel Changi Airport, Patung Merlion, Marina Bay Sands, Gardens By The Bay (lebih cantik pada saat Natal), ArtScience Museum, Haji Lane, Masjid Sultan, dan Sri Veeramakaliamman Temple.

Kuliner di Singapura

Karena merupakan kota/negara yang multikultural, makanan di Singapura juga multikultural, terutama terdiri dari makanan Malaysia, Tiongkok, dan India dengan rasa lokal yang unik. Beberapa yang wajib kamu coba adalah Laksa Singapura, Nasi Ayam Hainan (nasi ayam rebus dengan bumbu kecap yang gurih), Hokkian Prawn Mee (bakmi kuah udang), Kaya Toast (roti panggang srikaya), Carrot Cake (telur yang digoreng dengan kecap dan bahan makanan lain), Rojak (campuran buah dan sayuran yang kemudian disiram saus hitam dari terasi), dan Roti Prata (roti tipis yang dimakan dengan berbagai varian topping).

Untuk mencoba banyak makanan sekaligus, kamu bisa berkunjung ke salah satu hawker center di Singapura. Tempat-tempat ini biasanya outdoor dan harga makanannya terjangkau dengan porsi besar.

Makanan Vegan / Vegetarian

Kamu tidak akan kesulitan menemukan berbagai restoran atau kafe yang khusus menyajikan makanan vegan dan vegetarian di Singapura. Namun, makanannya tidak selalu makanan Asia. Beberapa makanan khas Singapura juga bisa disantap oleh vegetarian, seperti Kaya Toast dan Roti Prata.

Belanja di Singapura

Singapura adalah salah satu kota tujuan utama bagi wisatawan yang ingin belanja sampai puas. Di sini, kamu bisa menemukan banyak produk bermerek dan juga produk lokal dengan harga terjangkau yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Beberapa mal dan pusat perbelanjaan yang bisa kamu kunjungi adalah area Orchard Road dan mal-mal di dalam area tersebut, mal VivoCity (mal terbesar di sini yang juga bisa mengoneksikanmu dengan Pulau Sentosa), Marina Bay Sands, Chinatown Street Market, Clarke Quay, dan Bugis Street Market.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Singapura

Musim

Singapura hanya mengalami 2 musim, yaitu musim hujan dan musim panas. Meskipun Singapura sering dianggap sebagai destinasi yang cocok dikunjungi kapanpun, pada bulan Februari hingga April, cuaca di sini lebih cerah dan hujan lebih jarang turun. Kamu juga bisa berkunjung pada bulan November dan Desember untuk melihat dekorasi Natal dan tahun baru yang cantik di kota dan berbagai tempat wisata populer.

Suhu Rata-Rata

Pada pertengahan tahun, suhu rata-rata di sini adalah 27 derajat Celcius (80.6 derajat Fahrenheit). Sedangkan pada akhir dan awal tahun, suhu rata-ratanya adalah 26 derajat Celcius (78.8 derajat Fahrenheit).

Festival

Karena Singapura adalah kota yang multikultural, kamu bisa menemukan berbagai macam festival di sini. Mulai dari Lantern Festival pada bulan September, Thaipusam pada bulan Februari, Dragon Boat Festival di sekitar bulan Mei atau Juni, hingga Deepavali di sekitar akhir Oktober hingga awal November.

Cara Berkeliling di Singapura

Karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan jalanannya yang ramah pejalan kaki, kamu tidak akan kesulitan mengeksplorasi kota ini dengan berjalan kaki. Namun, jika kamu perlu mengunjungi tempat-tempat yang lebih jauh, kamu bisa mengandalkan MRT, bus, dan taksi. Kamu tidak akan kesulitan menemukan stasiun MRT karena banyak tersebar di kota ini dan rutenya tidak sulit dipahami. Untuk bus, rutenya biasa lebih rumit sehingga sebaiknya kamu mempelajarinya dulu sebelum berangkat. Kamu juga bisa membeli sejumlah tiket terusan untuk transportasi umum di kota ini untuk perjalanan yang lebih hemat.

Seberapa Luas Singapura

Dengan luas 721,5 km persegi, kamu perlu menghabiskan sekitar 3 hari untuk mengeksplorasi kota ini sepenuhnya. Selama waktu tersebut, kamu bisa berwisata ke berbagai tempat wisata di Singapore dan melakukan berbagai aktivitas seru di Singapura, seperti menginap dan berenang di Marina Bay Sands, berwisata ke Gardens by the Bay, menghabiskan seharian di Universal Studios Singapore, jalan-jalan di pusat kota sekaligus mampir ke Merlion Park, Singapore Flyer, dan Clarke Quay, berbelanja di Orchard Road, mempelajari dan berinteraksi dengan margasatwa di Jurong Bird Park, Singapore Night Safari, dan Singapore Zoo, berfoto-foto di Haji Lane dan Arab Street, serta menghabiskan waktu bermain di Jewel Changi Airport sebelum mengakhiri perjalananmu.

Kebijakan Visa Singapura

Ada 36 negara yang perlu mengajukan visa untuk masuk ke Singapura, yaitu:

  • A: Afghanistan, Aljazair, Armenia, Azerbaijan, Arab Saudi
  • B: Bangladesh, Belarus
  • G: Georgia
  • H: Wilayah Administratif Khusus Hong Kong (Dokumen Identitas)
  • I: India, Iran, Irak
  • K: Kazakhstan, Kosovo, Kirgistan
  • L: Lebanon, Libya
  • M: Wilayah Administratif Khusus Makau (Izin Perjalanan), Mali, Moldova, Maroko, Mesir
  • N: Nigeria
  • P: Pakistan
  • R: Rusia, Republik Rakyat Tiongkok (RRC), Republik Rakyat Demokratik Korea
  • S: Somalia, Sudan, Suriah
  • T: Tajikistan, Tunisia, Turkmenistan
  • U: Ukraina, Uzbekistan
  • Y: Yaman, Yordania

Negara-negara yang tidak disebutkan di atas tidak memerlukan visa untuk masuk ke Singapura. Namun, semua tetap wajib memiliki paspor dengan masa berlaku minimum 6 bulan ke depan.

Mata Uang Singapura

SGD (Dolar Singapura).

Bahasa di Singapura

Bahasa utama di sini adalah Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Tamil. Umumnya, warga Singapura yang lebih muda pasti bisa berbahasa Inggris. Namun, Bahasa Inggris di sini tentu memiliki dialek lokal dan sering disebut Singlish (Singapore English). Sedangkan untuk Bahasa Mandarin biasanya lebih sering digunakan oleh etnis Tionghoa Singapura yang lebih tua. Bahasa Tamil adalah Bahasa India yang digunakan oleh komunitas India di Singapura.

Zona Waktu Singapura

GMT+8

Jenis Stop Kontak Singapura

Jenis steker yang digunakan di Singapura adalah tipe C, G, dan M. Tipe C memiliki 2 pin bulat. Sedangkan tipe G memiliki 3 pin persegi panjang dalam pola segitiga. Dan tipe M memiliki 3 pin bulat. Tegangan listrik di Singapura adalah 230V dan frekuensi aliran listriknya adalah 50Hz.

Informasi Penting Tentang Singapura

  1. Karena cuacanya yang cukup panas dan lembab, sebaiknya kamu mengenakan kaus lengan pendek atau kaus tanpa lengan, celana pendek, dan sandal berjalan yang nyaman. Jangan lupa membawa payung, topi, dan kacamata hitam untuk melindungimu dari terik matahari.
  2. Merokok di tempat umum dianggap ilegal dan bisa dikenakan denda yang besar.
  3. Jangan menyebrang jalan sembarangan. Selalu menyebrang di zebra cross saat lampu merah pejalan kaki berwarna hijau.
  4. Jangan membuang sampah sembarangan. Kamu bisa dikenakan denda yang besar jika tertangkap.