Tempat Wisata di Korea Selatan

Melangkah sedikit, coba aktivitas yang tak kalah asyik di kota sebelah.

Rekomendasi Jempolan di Korea Selatan

Jangan lewatkan aktivitas di Korea Selatan hasil rekomendasi dari tiket.com

Jung

Korean Traditional Dessert Rice Cake Making Class

IDR 774.210

To Do Online

Baru

Nikmati hiburan online kekinian untuk menemani momen #NewNormal.

Korea Selatan
Tentang

Korea Selatan kini menjadi salah satu destinasi paling populer di kalangan wisatawan bukan hanya dari Indonesia, tapi juga dari berbagai penjuru dunia. Hal itu dikarenakan popularitas K-Pop yang semakin meningkat. Semua penggemar K-Pop ingin mengunjungi negara ini untuk menonton konser, mengunjungi museum, atau mencoba datang ke kafe dan restoran yang dimiliki oleh artis K-Pop.

Namun faktanya, Korea Selatan bukan hanya menarik untuk dikunjungi bagi penggemar K-Pop saja, melainkan juga wisatawan lainnya.

Negara ini memiliki suasana kota yang menawan seperti di Busan, Jeju, Seoul, Incheon, dan lainnya. Kalau kamu punya waktu lebih dari seminggu untuk liburan di negara ini, maka kamu wajib mengunjungi lebih dari satu kota. Kamu bisa tentukan tujuanmu sesuai selera karena setiap kota memiliki daya tariknya masing-masing.

Sebagai contoh, kota Seoul sebagai ibukota negara Korea Selatan yang terkenal akan kuil-kuilnya yang megah. Bukan hanya itu, kota ini juga punya empat istana besar seperti Gyeongbokgung Palace. Selain itu, Seoul juga terkenal sebagai tempat untuk berwisata belanja. Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi untuk belanja make-up, oleh-oleh, hingga produk fashion. Beberapa tempat yang terkenal adalah Myeong-dong, Dongdaemun Market, dan Namdaemun Market. Ingin datang ke Korea? Pastikan kamu sudah pesan tiket ke tempat wisata yang kamu ingin kunjungi melalui tiket.com.

Kalau kamu lebih memilih untuk menikmati pemandangan alam, kamu bisa datang ke Pulau Jeju. Pulau ini sangat populer bagi pasangan yang sedang berbulan madu. Tempat romantis yang bisa kamu kunjungi antara lain adalah Seonimgyo Bridge atau Air Terjun Cheonjiyeon.

Masih penasaran dengan tempat wisata di Korea Selatan lainnya? Tenang, pilihannya ada banyak. Kota Busan misalnya, yang punya banyak tempat berendam air panas yang menenangkan. Jangan lupa juga untuk mencicipi banyak makanan khas Korea selagi berada di sana.

Banyak sekali orang yang datang liburan ke Korea Selatan. Alasannya bukan hanya karena negara ini punya banyak tempat wisata menarik, namun juga warganya yang sangat ramah dan siap membantu ketika kamu sedang kebingungan dengan arah jalan. Pastinya liburanmu ke Korea Selatan akan sangat berkesan.

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Korea Selatan

Informasi mengenai tempat wisata di Korea Selatan.

Apa itu tiket CLEAN di Korea Selatan?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Korea Selatan tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Korea Selatan yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di Korea Selatan

Korea Selatan adalah negara Asia Timur yang tidak hanya terkenal karena K-Wave yang begitu digemari banyak orang. Ada banyak tempat wisata seru, modern, dan bersejarah di sini. Pelajari budaya lokal yang menarik dan berkunjunglah ke berbagai tempat wisata di Korea Selatan yang terkenal. Objek wisata yang wajib kamu kunjungi adalah Jeju Island, Namsan Seoul Tower, Nami Island, dan The Garden of Morning Calm.

Kota-kota di Korea Selatan sangat cocok dijadikan destinasi wisata keluarga. Namun, kamu juga bisa mengeksplorasi negara ini sendiri karena transportasi umum yang lengkap dan lingkungan yang aman. Selain itu, kamu dan pasangan juga bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata yang romantis di sini.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Korea Selatan

Korea Selatan memiliki banyak kota dan tempat wisata yang menarik, mulai dari tempat wisata alam, perkotaan dan pusat perbelanjaan terkenal, hingga taman bermain untuk semua umur. Kamu dan keluarga akan menikmati waktu wisata yang tak terlupakan di sini!

1. Hallasan National Park

Taman nasional ini terletak di Jeju dan telah dilengkapi dengan fasilitas pendakian yang memadai untuk memudahkan turis dalam menjelajahi tempat ini. Kamu bisa melihat pemandangan alam yang menakjubkan di sini. Gunung Hallasan yang indah juga terletak di sini.

2. Seongsan Sunrise Peak

Seongsan Sunrise Peak adalah sebuah kawah yang terletak di ujung Pulau Jeju. Kawah yang berbentuk seperti mangkuk ini terbentuk dan muncul ke atas permukaan laut akibat aktivitas gunung merapi. Kamu perlu mendaki sekitar 500 anak tangga untuk mencapai puncaknya. Namun, sudah disediakan jalur pendakian yang tidak terlalu sulit dan bisa dilalui oleh pendaki level pemula.

3. Nami Island

Pulau Nami cocok untuk wisata pada musim apapun. Terletak di Kota Chuncheon, pepohonan yang berbaris di pulau ini akan memberikan pemandangan yang tiada duanya. Saat musim semi, bunga-bunga bermekaran dan kamu akan melihat warna pink di mana-mana. Saat musim gugur ,daun-daun di pohon akan berwarna kecoklatan yang cantik. Di musim panas, daun-daun di pohon berwarna hijau segar. Dan saat musim dingin, pohon-pohon akan tertutup salju, dan warna putih bersih menutupi pulau. Pulau ini menjadi semakin terkenal sebagai lokasi wisata romantis bagi turis mancanegara setelah dijadikan lokasi syuting drama Korea “Winter Sonata”

4. Lotte World

Lotte World adalah salah satu tempat rekreasi besar yang ada di Seoul. Salah satu tempat wisata yang paling digemari adalah taman hiburan indoor terbesarnya. Kamu bisa mencoba berbagai wahana menyenangkan bersama keluarga. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke taman hiburan outdoor-nya, Magic Island. Sama seperti namanya, tempat ini berdiri di atas sebuah pulau buatan.

5. Seoraksan National Park

Seoraksan National Park adalah salah satu gunung terbaik di Korea Selatan yang bisa kamu kunjungi pada musim apa saja. Jika kamu ingin melihat bunga-bunga cantik bermekaran, kamu bisa mendaki gunung ini saat musim semi. Untuk aliran air di sekitar gunung yang menyegarkan dan jernih, kamu bisa berkunjung saat musim panas. Saat musim dingin, gunung Seorak akan tertutup salju dan kamu bisa bermain ski di sini.

6. Nanta Show

Sudah bosan dengan acara masak-masak yang biasa? Datang dan saksikan langsung Nanta Show untuk acara masak yang tidak biasa dan dijamin jauh lebih berkesan! Ini adalah pertunjukan panggung yang mengusung tema masak. Aktor yang profesional, penampilan komedik dan akrobatik, dan jalan cerita yang menarik sudah dipersiapkan sedemikian rupa untuk menghiburmu. Kamu juga tidak perlu khawatir soal bahasa karena pertunjukan ini tanpa dialog.

7. Gyeongbokgung Palace

Istana yang berada di pusat Kota Seoul ini sering menjadi objek wisata di Korea Selatan yang paling pertama dikunjungi begitu wisatawan tiba di Seoul. Terdiri dari 5 bangunan istana, kompleks ini sudah berdiri sejak zaman dinasti Joseon. Istana ini dulu merupakan tempat tinggal raja, ratu, dan para selir.

8. Gwanghwamun Gate

Gerbang yang sudah berdiri sejak 1395 pada zaman kekuasaan Raja Taejo, raja pertama di dinasti Joseon ini adalah gerbang selatan dari Gyeongbokgung Palace. Gerbang ini biasanya lebih dikenal daripada gerbang lainnya karena arsitekturnya yang megah dan sering menjadi spot foto.

9. Bukchon Hanok Village

Untuk kamu yang menyukai wisata budaya, kamu bisa ke Bukchon Hanok Village. Desa ini masih berisi rumah-rumah tradisional Korea Selatan. Kamu bisa melihat langsung bangunan-bangunannya yang unik atau bahkan merasakan rasanya tinggal di dalamnya karena ada penginapan juga di sini.

10. Olympic Park

Korea Selatan pernah menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 1988. Karena itulah ada Olympic Park. Taman terbuka yang luas ini terbagi menjadi beberapa area, termasuk area untuk olahraga santai, area seni budaya, dan area taman ramah lingkungan. Untuk benar-benar mengeksplorasi area ini, kamu perlu menghabiskan waktu beberapa jam.

11. DMZ

DMZ atau biasa disebut demilitarized zone adalah perbatasan antara Korea Selatan dan Utara. Meski area ini sebenarnya adalah salah satu kawasan yang paling termiliterisasi di dunia, ada sejumlah area di sana yang bisa dikunjungi turis. Kamu bisa melihat langsung lokasi kejadian bersejarah antara Korea Selatan dan Utara.

12. Everland

Everland adalah salah satu taman bermain outdoor yang sudah sekian lama menjadi tempat wisata di Korea Selatan yang digemari turis dari segala usia. Ada berbagai wahana yang bisa kamu coba, mulai dari yang menyenangkan, santai, hingga menantang. Ada juga banyak spot untuk berfoto di sini.

13. Hallyeo Maritime National Park

Tempat ini merupakan taman nasional keempat di negara Korea Selatan. Hallyeohaesang adalah ekosistem laut unik yang membentang sepanjang 120 km. Ketika berkunjung ke sini, kamu bisa melihat langsung keindahan laut yang membentang luas.

14. Bulguksa Temple

Kuil ini adalah sebuah kuil Buddha yang telah berdiri sejak kerjaan Silla. Meski sempat rusak karena kebakaran pada Perang Imjin, kuil ini telah direstorasi pada tahun 1920. Kini, kuil ini juga menjadi tempat disimpannya tujuh harta nasional yang penting.

15. Itaewon

Itaewon adalah sebuah area di Seoul yang berisi banyak gang kecil dengan kafe, restoran, nightclub, dan pusat perbelanjaan. Jika kamu ingin menikmati nightlife di Seoul yang modern, kamu bisa berkunjung ke sini.

16. Jindo Sea Parting

Ini adalah jembatan alami yang terbentuk dari kerikil dan pasir yang terkumpul akibat pasang. Jembatan ini juga menjadi penghubung Pulau Jindo dan Mondo. Namun, jembatan ini hanya muncul pada musim semi atau musim panas dan akan muncul selama 4 hari berturut-turut sebelum tertutup air lagi. Biasanya pada 4 hari tersebut, akan ada festival yang digelar di sini.

17. Myeong-Dong

Untuk perihal belanja, kamu bisa langsung ke Myeongdong yang ada di Seoul. Ada banyak mal dan toko-toko di mana kamu bisa belanja sampai puas. Mulai dari fesyen, produk kecantikan, hingga makanan lokal. Tempat ini lebih sering dikunjungi di malam hari.

18. Dongdaemun Design Plaza

Didesain oleh arsitektur ternama Zaha Hadid, gedung ini adalah arsitektur atipikal terbesar di dunia. Kamu akan menemukan tangga, dinding, dan komponen gedung lainnya yang memiliki bentuk dan jalur yang unik. Ada lima aula di sini: Art Hall, Design Lab, Dongdaemun History and Culture Park, Museum, dan Design Market. Masing-masing dengan daya tarik seninya sendiri.

19. Namdaemun Market

Namdaemun Market adalah salah satu pasar tradisional di Seoul. Kamu bisa menemukan berbagai kebutuhan sehari-hari di sini, seperti sayuran dan bahan makanan lainnya. Namun, ada banyak juga toko yang menjual barang-barang fesyen, elektronik, keperluan dapur, aksesoris, sepatu, dan jajanan lokal.

20. Haedong Yonggungsa

Terletak di Busan, tempat ini merupakan kulit yang terletak di tebing di pinggir pantai. Selain melihat patung Buddha raksasa dan arsitektur kuil yang indah, kamu juga bisa melihat pemandangan laut.

21. Haeundae Beach

Pantai ini adalah pantai paling terkenal di Kota Busan. Wisatawan lokal biasanya berbondong-bondong ke pantai ini saat musim panas untuk berenang, berjemur, atau sekedar bersantai. Karena merupakan spot wisata terkenal, kamu tidak akan sulit menemukan penginapan, restoran, dan fasilitas lainnya di sekitar pantai.

22. Namsan Seoul Tower

Dengan tinggi 236 meter, tidak heran menara ini menjadi salah satu lokasi ikonik di Seoul. Di sini, kamu bisa naik lift ke lantai teratas dan melihat pemandangan kota yang cantik. Kamu juga bisa bersantai di restoran dan kafe yang ada di sekitar dan di dalam menara. Di area bawahnya, kamu bisa belanja oleh-oleh di toko souvenir atau menggantungkan gembok cinta bersama pasangan di Namsan Love Locks.

23. Han River

Untuk kamu yang ingin bersantai layaknya warga lokal di pusat kota Seoul, kamu bisa ke Sungai Han. Biasanya penduduk lokal berkumpul bersama orang tersayang di sini sambil piknik atau bersepeda. Kamu yang ingin menjelajahi sungai bisa juga memesan paket River Cruise.

24. Manjanggul Cave

Terletak di Pulau Jeju, gua ini sebenarnya adalah tabung / terowongan lava. Terowongan ini terbentuk ketika ada lava yang tertanam jauh di bawah permukaan tanah kemudian menyembur ke permukaan dari puncak gunung berapi yang meletus.  Di dalam Manjanggul Cave ini sendiri, kamu akan menemukan berbagai struktur yang menarik, seperti stalagmit lava sepanjang 70 sentimeter.

25. Cheonjiyeon Waterfall

Nama air terjun ini sendiri berarti “langit yang terhubung dengan daratan” karena memang aliran airnya terlihat seperti jatuh dari surga, saking indahnya. Air terjun ini memiliki tinggi 22 meter, dan airnya masih sangat jernih dan bening. Kamu tidak bisa berenang di sini, tapi untuk mencapai air terjunnya, kamu bisa mendaki sambil melihat-lihat pemandangan sekitar yang tidak kalah rindang dan cantik sebelum tiba di puncak.

26. Jinhae

Untuk kamu yang berkunjung pada saat musim semi untuk melihat bunga-bunga cherry blossom bermekaran, kamu bisa ke Jinhae, sebuah distrik di Kota Changwon-si. Ada banyak sekali pohon dengan bunga cherry berwarna pink di sepanjang distrik yang akan bermekaran dengan indah pada musim semi. Kamu juga bisa menikmati jajanan lokal selama jalan-jalan santai di sini.

27. Museum Nasional Korea

Museum ini adalah museum terbesar di Korea Selatan dan di dalamnya ada berbagai artefak dan benda-benda lainnya yang bersejarah. Barang-barang ini merupakan peninggalan sejarah negara ini sendiri, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kekaisaran.

28. Pocheon Art Valley

Di dekat Kota Pocheon, ada sebuah daerah yang tadinya merupakan kawasan tambang namun kini telah menjadi salah satu objek wisata di Korea Selatan yang terkenal. Ada danau dengan air yang jernih dikelilingi tebing-tebing curam, memberikan pemandangan alam yang indah.

29. Korean Folk Village

Seperti namanya, desa ini berisi berbagai rumah-rumah dan bangunan lainnya pada zaman Dinasti Joseon. Kamu bisa melihat langsung bagaimana budaya dan gaya hidup para penduduk di zaman tersebut.

30. Teddy Bear Museum

Boneka kesayangan semua orang, Teddy Bear kini sudah ada museumnya di Pulau Jeju. Kamu akan menemukan banyak sekali boneka Teddy Bear di sini, mulai dari yang ukuran mini hingga raksasa. Semuanya sudah diberi kostum yang lucu dan unik dan bisa untuk berfoto-foto.

Cara Menuju ke Korea Selatan

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Korea Selatan adalah dengan:

Pesawat

Ini adalah cara termudah untuk mencapai Korea Selatan, terutama jika kamu berangkat dari luas Asia. Ada 7 bandara internasional di sini, yaitu Busan (Bandara Gimhae), Cheongju, Daegu, Jeju, Muan, Seoul (Bandara Gimpo dan Bandara Internasional Incheon). Bandara Internasional Incheon, sekitar 1 jam di sebelah barat Seoul, adalah bandara terbesar di Korea Selatan, dengan koneksi yang baik di seluruh dunia.

Kapal

Terminal Penumpang Internasional di Pelabuhan Busan adalah pelabuhan laut terbesar di Korea Selatan dan melayani perjalanan feri ke dan dari Jepang. Terdapat juga Terminal 1 International Ferry Incheon melayani perjalanan ke beberapa kota di Tiongkok, seperti Weihai, Dandong, Qingdao, dan Tianjin.

Kereta

Jika kamu akan berangkat dari Jepang, kamu bisa menggunakan layanan kereta dan berangkat dari Fukuoka ke Busan.

Akomodasi di Korea Selatan

Ada banyak jenis penginapan di Korea Selatan, tergantung kota yang kamu kunjungi, mulai dari yang berbintang 5 di gedung bertingkat hingga yang lebih tradisional dengan harga terjangkau. Pesan hotelnya sekarang di tiket.com!

Spot Instagram-able di Korea Selatan

Spot-spot foto di Korea Selatan umumnya adalah bangunan historis dengan arsitektur unik dan juga taman-taman outdoor yang indah. Beberapa di antaranya adalah

  • Deoksugung Palace
  • Jongmyo Shrine
  • Gyeongbokgung Palace
  • Bukchon Hanok Village
  • Ehwa Woman's University
  • Banpo Bridge
  • Haneul Park
  • Yeouido Hangan Park
  • Songdo Central Park
  • Seoul Forest
  • N Seoul Tower
  • Naksan Park
  • Buam Dong

Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke beberapa kafe baru yang menawarkan spot foto khusus yang sudah didekorasi untuk berfoto-foto.

Kuliner di Korea Selatan

Kamu mungkin sudah sering mencicipi makanan Korea di kota asalmu sendiri, tapi tentu saja kamu wajib mencicipinya langsung di negara asalnya untuk kelezatan yang tak tertandingi.

  • Kimchi: sayuran yang difermentasi dengan bumbu lokal sehingga rasanya asam dan pedas.
  • Kimbap: nasi putih dengan potongan daging, sayur, dan telur yang kemudian digulung bersama dengan rumput laut.
  • Bibimbap: nasi putih dengan berbagai lauk, sayur, dan saus sambal Korea yang diaduk sebelum dimakan.
  • Bulgogi: potongan daging sapi yang diiris tipis dan dipanggang atau ditumis.
  • Ramyeon: mie instan Korea Selatan.
  • Jjajangmyeon: mie dengan saus kedelai hitam kental.
  • Kue Beras (Tteok): dibuat dari tepung beras ketan yang dikukus, direbus, atau digoreng.
  • Sannakji: gurita mentah yang dimakan langsung setelah dipotong hidup-hidup.

Makanan Vegan / Vegetarian

Ada sejumlah makanan khas Korea Selatan yang memang sudah tidak mengandung daging, seperti Kimchi, Yeonipbap yang terbuat dari beras dan daun teratai, dan Pajeon yang berupa daun bawang, tepung beras, tepung terigu, adonan telur dan bahan-bahan tambahan lainnya. Ada juga Deodeok and Fresh Vegetable yang berupa sayuran segar dengan ekstrak kacang pinus dengan rasa dan aroma yang sangat menggugah selera.

Belanja di Korea Selatan

Ada banyak pusat perbelanjaan di Korea Selatan, mulai dari mal hingga pasar tradisional. Kamu bisa menemukan berbagai produk di sini, mulai dari yang bermerk internasional, produk kecantikan, hingga kerajinan tangan lokal.

  • I'Park Mall: selain berbelanja, kamu juga bisa menonton film di bioskop dan berolahraga di pusat kebugaran di sini.
  • Rodeo Street: produk yang dijual bervariasi, mulai dari fesyen hingga oleh-oleh lokal.
  • Dongdaemun Market: salah satu pusat perbelanjaan outdoor utama di Seoul yang berisi toko-toko produk kencatikan, fesyen, dan makanan.
  • Insa-dong: lokasi perbelanjaan yang lebih banyak menjual barang-barang kuno dan buku-buku berbagai bahasa.
  • Myeongdong: salah satu pusat perbelanjaan utama di Seoul yang berisi toko-toko fesyen, produk kecantikan lokal, musik, dan kuliner lokal.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Korea Selatan

Musim

Kamu sebenarnya bisa berkunjung pada musim apa saja dan tetap mendapatkan pengalaman wisata yang menyenangkan. Namun, biasanya turis lebih senang berkunjung ke Korea Selatan pada musim semi (Maret - Mei). Cuaca pada musim ini cukup sejuk dengan langit yang cerah dan pemandangan kota yang indah karena bunga-bunga bermekaran.

Festival

Ada banyak festival di Korea Selatan yang mencerminkan budaya lokal dengan rangkaian acara yang menyenangkan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Jindo Miracle Sea Festival: Festival yang merayakan dan menyambut hari dimana air laut surut dan diselenggarakan setiap bulan April.
  • Festival Jinhae Gunhangje: Jika kamu berkunjung ke Korea Selatan pada saat musim semi dan saat bunga sakura bermekaran, kamu bisa mampir ke festival ini. Kamu bisa menemukan bunga sakura yang mekar di mana-mana terutama di sekitar statsiun tua Gyeonghwa.
  • Muju Firefly Festival: diselenggarakan setiap bulan Oktober, merupakan festival cahaya (berasal dari kunang-kunang).
  • Jinju Namgang Yudeung Festival: festival besar yang dilaksanakan di musim gugur, tepatnya di tanggal 1-13 Oktober setiap tahunnya. Pada festival ini, kamu akan melihat pesta kembang api dan semarak cahaya dari aneka lampion dengan bentuk unik seperti Donald Duck, Superman, Spiderman, dan aneka tokoh lainnya.

Cara Berkeliling di Korea Selatan

Cara paling cepat untuk berpindah kota adalah dengan pesawat karena penerbangan domestik di Negeri Ginseng ini sangat lengkap. Kamu bisa menggunakan pesawat untuk dengan mudah mencapai kota tujuanmu, terutama jika itu adalah kota besar atau kota wisata.

Untuk perjalanan darat, kamu bisa menggunakan bus untuk tarif yang lebih terjangkau dan waktu perjalanan yang lebih lama.

Kamu juga bisa berwisata dari satu kota ke kota lainnya menggunakan feri karena sejumlah kota di Korea Selatan memiliki pelabuhan besar, seperti Kota Incheon, Mokpo, Pohang, dan Busan. Tujuan paling populer adalah Jeju-do dan Ulleungdo.

Untuk berkeliling di dalam kota, kamu bisa menggunakan bus, subway, atau taksi.

Seberapa Luas Korea Selatan

Korea Selatan memiliki luas area 100.210 kilometer persegi dan untuk mengeksplorasinya sampai puas, kamu memerlukan waktu sekitar 5 sampai 7 hari. Selama waktu tersebut, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas seru di Korea Selatan di tempat wisata di Korea Selatan yang paling terkenal. Beberapa di antaranya adalah Gyeongbonkgung Palace, Namsan Park, War Memorial of Korea, Bukhansan National Park, Teddy Bear Museum, Nami Island, dan Everland Theme Park.

Kebijakan Visa Korea Selatan

Untuk masuk ke Korea Selatan, kamu perlu mengajukan visa dan memiliki paspor dengan masa berlaku minimum 6 bulan ke depan. Namun, jika kamu merupakan pemegang paspor dari salah satu negara-negara ini, maka kamu tidak perlu mengajukan visa:

180 Hari

  • Kanada

90 Hari

  • Warga Uni Eropa (kecuali Siprus)
  • A: Antigua dan Barbuda, Australia, Amerika Serikat
  • B: Bahama, Barbados, Brasil
  • C: Chili
  • D: Dominika
  • E: Ekuador, El Salvador
  • G: Grenada, Guatemala
  • H: Haiti, Hong Kong
  • I: Islandia, Israel
  • J: Jamaika, Jepang
  • K: Kuwait, Kolombia, Kosta Rika
  • L: Liechtenstein
  • G: Makau, Malaysia, Meksiko, Maroko
  • N: Nikaragua, Norwegia
  • P: Panama, Peru
  • R: Republik Dominika
  • S: Selandia Baru, Saint Kitts dan Nevis, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadin, Serbia, Singapura, Suriname, Swiss
  • T: Taiwan, Thailand, Trinidad dan Tobago, Turki
  • U: Uni Emirat Arab, Uruguay
  • V: Venezuela

60 Hari

  • Lesotho
  • Rusia

30 Hari

  • A: Albania, Andorra, Argentina, Arab Saudi, Afrika Selatan
  • B: Bahrain, Bosnia dan Herzegovina, Botswana, Brunei
  • E: Eswatini
  • F: Fiji
  • G: Guam, Guyana
  • H: Honduras
  • K: Kaledonia Baru, Kazakhstan, Kiribati, Kepulauan Marshall, Kepulauan Solomon
  • M: Mauritius, Mikronesia, Monako, Montenegro
  • N: Nauru
  • O: Oman
  • P: Palau, Paraguay
  • T: Qatar
  • S: Samoa, San Marino, Seychelles, Siprus
  • T: Tonga, Tunisia, Tuvalu
  • V: Vatikan

Mata Uang Korea Selatan

KRW (Won Korea).

Bahasa Korea Selatan

Bahasa utama dan resmi di sini adalah Bahasa Korea, namun masing-masing daerah memiliki dialeknya masing-masing. Dialek Gyeong-gi biasanya digunakan masyarakat seoul. Gang-won biasanya digunakan oleh kota terbesar di Gang-won yaitu Gang-neung. Dialek Chung-cheong memiliki ciri khas agak pelan sehingga terdengar lebih ramah. Dialek Gyeong-sang biasanya digunakan di Busan, Ulsan, dan Daegu.

Warga lokal umumnya tidak terlalu fasih berbahasa asing sehingga sebaiknya kamu mempelajari Bahasa Korea dasar untuk berinteraksi dengan mereka.

Zona Waktu Korea Selatan

GMT+9.

Jenis Stop Kontak Korea Selatan

Jenis steker di Korea Selatan adalah tipe C dan F. Kedua tipe ini memiliki dua pin bulat. Tipe ini juga digunakan di banyak negara Eropa, Asia, dan Amerika Selatan. Tegangan listrik di sini adalah 220V sedangkan frekuensi arus listriknya adalah 60Hz.

Informasi Penting Tentang Korea Selatan

  1. Jangan memakai baju yang memiliki kerah terbuka, orang Korea menganggapnya tidak sopan.
  2. Jangan mempermainkan sumpit.
  3. Jangan memperlihatkan tatomu.
  4. Tidak perlu memberikan tip kepada pelayan setelah makan di restoran.
  5. Jangan menulis sebuah nama dengan tinta merah.
  6. Jangan menatap mata penduduk setempat yang belum kamu kenal.
  7. Jika kamu berkunjung pada musim semi dan musim gugur, sebaiknya kenakan baju lengan panjang dengan bahan yang tebal, celana panjang, dan sepatu berjalan yang nyaman. Ada baiknya juga kamu memakai baju berlapis dengan luaran yang bisa kamu lepas (seperti jaket atau syal) saat memasuki gedung-gedung yang memiliki pemanas.
  8. Pada musim panas, kamu bisa memakai baju lengan pendek, celana pendek, dan topi. Sebaiknya tetap membawa luaran, seperti jaket atau cardigan untuk melindungi kulitmu dari terik matahari.
  9. Sedangkan pada musim dingin, sebaiknya kamu memakai baju yang tebal, jaket yang tebal, celana tebal atau berlapis, dan sepatu dengan kaus kaki. Kamu juga bisa membawa syal, penutup kuping, topi, dan sarung tangan.

Destinasi Favorit di Korea Selatan