Tempat Wisata di Jepang

Melangkah sedikit, coba aktivitas yang tak kalah asyik di kota sebelah.

Rekomendasi Jempolan di Jepang

Jangan lewatkan aktivitas di Jepang hasil rekomendasi dari tiket.com

Chiyoda

Sky Hop-On Hop-off Bus Pass

IDR 185.149

To Do Online

Baru

Nikmati hiburan online kekinian untuk menemani momen #NewNormal.

Jepang
Tentang

Jepang adalah negara yang menawarkan banyak sekali hal indah dan unik yang tak akan kamu temukan di tempat lain. Selain itu di negara ini juga ada banyak sekali destinasi seru yang bisa kamu kunjungi yang bikin kamu berpikir liburan di Jepang selama seminggu juga tidak akan cukup. Negara ini pasti bisa bikin hatimu terpikat dan ingin kembali lagi untuk liburan di kesempatan yang akan datang.


Di negara ini kamu bisa menemukan kombinasi yang sangat cantik antara kebudayaan yang sudah ada dari zaman dulu dengan kecanggihan teknologi untuk kehidupan sehari-hari. Kamu bisa mencoba mengikuti upacara teh yang merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat Jepang atau mencoba naik kereta super cepat bernama Shinkansen.


Tokyo dan Kyoto merupakan dua kota yang paling populer dikunjungi kalau kamu baru pertama kali melakukan perjalanan liburan ke Jepang. Di kedua kota ini kamu bisa menikmati kedua sisi paling menarik dari Jepang yakni sisi tradisional dan sisi modern.


Jepang juga jadi negara yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh kamu yang menyukai ragam makanan yang bukan hanya lezat tapi juga unik. Wisata kuliner di Jepang bukan hanya merupakan bentuk petualangan tapi juga seni. Tidak perlu jauh-jauh mengunjungi restoran mahal untuk bisa menemukan kreasi makanan unik di Jepang, kamu bahkan bisa menemukannya di mini market.


Kekayaan alam Jepang juga merupakan salah satu daya tarik utama orang ingin liburan ke negara ini. Kamu bisa menikmati keindahan gunung yang paling terkenal di Jepang sekaligus menjadi ikon dari negara ini sendiri, yakni Gunung Fuji. Bukan cuma itu, di negara ini kamu juga bisa memandangi kecantikan dari Bunga Sakura sambil mengadakan piknik.


Dengan to do dari tiket.com, kamu bisa lebih mudah menemukan tiket aktivitas asyik di Jepang untuk melengkapi liburanmu di Negeri Sakura. Pesan tiket to do dari tiket.com dan dapatkan tiket tempat wisata atau aktivitas menarik yang kamu inginkan.

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Jepang

Informasi mengenai tempat wisata di Jepang.

Apa Itu tiket CLEAN di Jepang?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Jepang tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Jepang yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Jepang

Jepang adalah negara Asia Timur yang penuh dengan tempat-tempat hiburan menarik dan unik, lokasi-lokasi bersejarah dengan arsitektur yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain, dan tentu saja, makanan khas yang sudah mendunia.

Di sini, kamu dapat berkunjung ke Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneySea, Hiroshima Peace Memorial, Fujiko F. Fujio Museum, dan Gunung Fuji yang terkenal.

Negara ini bisa menjadi destinasi berbagai macam wisata, mulai dari wisata keluarga, bulan madu, bersama teman-teman, hingga wisata solo. Selain karena variasi tempat wisatanya, transportasi umum di sini juga sudah sangat bagus sistemnya.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Jepang

Berbagai objek wisata di Jepang dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pulau dan pantai yang cantik. Namun, ada juga sejumlah lokasi bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini. Berikut ada 30 destinasi wisata terbaik di Jepang yang kami rekomendasikan!

1. Taman Odori

Taman Odori merupakan salah satu taman di Hokkaido yang terkenal memiliki berbagai tempat wisata, seperti Sapporo Tower, Water Gauge Tower, dan Air Mancur Benson. Taman ini juga kerap menjadi pusat penyelenggaraan acara besar, yakni Festival Soran Yosakoi, White Illumination, dan Festival Salju saat musim dingin. Sedangkan pada musim gugur, kamu dapat melihat berbagai macam bunga sakura dan tulip yang berwarna-warni.

2 Sapporo Beer Museum

Untuk kamu yang hobi minuman beralkohol, kamu bisa berkunjung ke Sapporo Beer Museum. Kamu bisa menikmati bir racikan yang memiliki rasa otentik. Selain itu, museum ini juga memiliki restoran. Kamu bisa memesan menu Jingisukan atau daging domba bakar, kepiting, kentang, keju, dan lainnya.

3. Curb Market

Untuk kamu yang letih setelah menikmati berbagai macam obyek wisata, kamu bisa berkunjung ke Crub Market yang terkenal menghidangkan makanan laut. Di sini, terdapat makanan laut, seperti kepiting, salmon, gurita, kerang, dan sayuran lokal. Tak hanya bisa makan di tempat, kamu juga bisa membawa pulang makanan-makanan laut tersebut untuk makan di rumah.

4. Istana Kekaisaran Jepang

Istana kekaisaran Jepang merupakan tempat tinggal kaisar secara turun-temurun. Istana ini dikelilingi oleh tembok batu yang tinggi. Istana dibuka untuk publik secara bebas dua kali setahun, yakni pada tahun baru dan hari ulang tahun Kaisar.

5. Tokyo Tower

Menara Tokyo merupakan menara di Taman Shiba. Kamu bisa membeli tiket untuk dapat menaiki menara setinggi 150 meter hingga 250 meter. Dari ketinggian tersebut, kamu bisa melihat pemandangan hiruk pikuk Kota Tokyo.

6. Gunung Takao

Gunung Takao adalah salah satu tempat wisata di Kota Hachioji. Tempat wisata di Jepang ini terkenal dengan pemandangan musim gugurnya yang indah ditambah bermekarnya bunga Sakura.

7. Chidorigafuchi

Chidorigafuchi merupakan salah satu lokasi ideal guna menikmati keindahan bunga-bunga saat musim Sakura. Obyek wisata ini terletak di kawasan Istana Kekaisaran Jepang. Total terdapat sekitar 260 pohon dengan berbagai jenis.

8. Tokyo Disneyland

Tokyo Disneyland dilengkapi dengan berbagai atraksi wisata yang bakal memanjakanmu sekeluarga. Beberapa atraksi yang asyik dikunjungi, yakni Tomorrowland Toontown, Fantasyland, Critter Country, Adventureland, Westerland, dan World Bazaar.

9. Universal Studios Jepang

Universal Studio Jepang memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan di Singapura. Taman wisata yang memiliki luas sekitar 39 hektar ini memiliki spot asyik untuk bermain bersama keluarga, seperti Lagoon Hollywood, Jurassic Park, Waterworld, Wonderland, dan The Wizarding World of Harry Potter.

10. Dotonbori

Dotonbori adalah salah satu pusat gastronomi dan juga tempat wisata di Osaka. Di tempat ini banyak sekali pusat perbelanjaan, seperti restoran, toko souvenir, klub malam, dan sebagainya. Daya tarik utama kawasan ini adalah pada saat malam hari.

11. Nakanoshima Park

Nakanoshima Park merupakan ruang hijau yang berada di Osaka di tengah bangunan-bangunan tinggi. Perpaduan antara rumput hijau yang halus dan bersih serta bunga yang beragam warna.

12. Sumiyoshi Taisha

Kamu bisa berwisata budaya saat liburan ke Osaka di Kuil Sumiyoshi Taisha. Kuil ini merupakan salah satu kuil tua di Jepang yang terkenal memiliki arsitektur dan desain interior yang indah.

13. Nakamise

Nakamise merupakan kawasan wisata yang cocok untuk berbelanja. Di sini kamu dapat menemukan berbagai cinderamata, seperti pedang samurai dan jajanan tradisional.

14. Harajuku

Harajuku merupakan tempat berkumpulnya anak muda. Di sini, kamu akan menemukan berbagai fasilitas yang biasanya dijadikan tempat berkumpul anak-anak muda, seperti kafe, restoran, butik, dan masih banyak lagi.

15. Ginza

Jika ingin berbelanja di butik-butik berkelas, kamu wajib mengunjungi Ginza. Ginza merupakan distrik perbelanjaan kelas atas di Tokyo dengan butik-butik merek papan atas yang berderet lewat toko-toko menarik.

16. Osaka Aquarium Kaiyukan

Tempat ini adalah destinasi wisata yang memungkinkan kamu melihat banyak spesies ikan dengan akuarium yang sangat besar. Terdapat sekitar 15 tangki besar yang menyuguhkan berbagai kehidupan laut serta segala jenis ikan di dalamnya.

17. Tempozan Ferris Wheel

Tempozan Ferris Wheel adalah sebuah kincir raksasa di Osaka Bay yang memiliki ketinggian 112.5 meter. Di sini kamu dapat melihat pemandangan Rokko Mountains, Akashi Kaikyo Bridge, dan Bandara Internasional Kansai.

18. Kastil Nijo

Kastil ini menjadi kediaman resmi shogun dan menjadi tempat wisata di Kyoto. Kastil ini dibangun dengan desain yang nyaris sempurna. Di sini, kamu dapat menemukan perpustakaan dengan model Shoin-Zukuri yang dihiasi dengan lukisan cantik.

19. Kyoto Tower

Kyoto Tower merupakan destinasi yang tepat untuk dapat menyaksikan keindahan kota ini secara 360 derajat. Kamu dapat menikmati pemandangan sampai ke Pegunungan Higashiyama dan Arashiyama.

20. Kuil Kiyomizudera

Kuil ini berada di atas bukit dengan menawarkan keindahan pemandangan Kota Kyoto dari ketinggian. Kuil ini juga memberikan suasana yang tidak panas karena dikelilingi pepohonan yang daunnya berwarna-warni. Di sini juga terdapat air terjun yang cocok menjadi tempat relaksasi.

21. Kyoo Gokokuji

Kyoo Gokokuji atau yang terkenal dikenal Kuil Tijo merupakan kuil dengan arsitektur khas Jepang tempo dulu. Salah satu daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah keberadaan patung Buddha, yakni Dainichi Nyorai yang berbentuk tiga dimensi.

22. Hutan Bambu Arashiyama

Arashiyama merupakan sebuah taman yang terletak di sebelah barat Kota Kyoto. Tempat wisata ini juga kerap dikenal dengan hutan bambu. Taman di tengah-tengah Arashiyama ditumbuhi pohon-pohon sakura.

23. Kyoto Aquarium

Aquarium Kyoto, terletak di Kyoto Umekoji Park, sekitar satu kilometer sebelah barat Stasiun Kyoto. Destinasi wisata di Kyoto ini adalah akuarium pertama di Jepang yang menggunakan air laut asli. Akuarium ini memiliki koleksi sekitar 15.000 hewan laut dan 250 spesies yang berbeda, termasuk pinguin Afrika.

24. Higashiyama

Distrik Higashiyama merupakan distrik di mana kamu dapat menikmati kota tua Kyoto. Terdapat juga Kiyomizudera dan kuil Yasaka yang menambah kesan tradisional dan kuno dari kota tersebut. Banyak lorong jalan kecil dengan bangunan-bangunan rumah yang terbuat dari kayu. Juga terdapat toko-toko tradisional yang mencerminkan kota tua dari ibu kota Jepang jaman dahulu.

25. Yagai Sapporo Art Museum

Meskipun bernama museum, semua karya seni modern di obyek wisata Sapporo ini ditata harmonis di alam terbuka. Tak hanya bisa berburu foto untuk yang menyukai fotografi, destinasi wisata di Sapporo ini juga mampu memberikanmu suasana dan atmosfer yang menyegarkan.

26. Kuil Hokkaido

Kuil Hokkaido adalah sebuah kuil Shinto yang berdiri sejak 1871. Setiap di pertengahan tahun tepatnya 14-16 Juni, diadakan festival kuil Hokkaido dimana ratusan orang akan hadir ke Kuil untuk mengikuti parade Mikoshi. Pada saat musim semi tiba juga di kawasan kompleks kuil ini bermekaran bunga sakura yang indah.

27. Noboribetsu Date Jidaimura Village

Noboribetsu Date Jidaimura Village atau juga dikenal sebagai Desa Samurai merupakan sebuah taman hiburan yang dibangun untuk menggambarkan kehidupan masyarakat pada zaman Edo. Anda juga dapat menonton salah satu show di sini, yaitu Samurai Show yang pastinya sangat menarik.

28. Goryokaku Park

Goryokaku Park merupakan sebuah benteng berbentuk bintang yang kemudian ditanami sekitar ribuan pohon sakura di sekitarnya. Goryokaku Park menjadi tempat terbaik menyaksikan mekarnya bunga sakura di Hokkaido saat musim semi.

29. Taman Onuma

Lake Onuma Park adalah sebuah area resor dan taman semi nasional yang dikelilingi pegunungan, danau dan hutan. Pemandangan di daerah ini sangatlah indah, terutama saat musim semi.

30. Spa World Osaka

Spa World Osaka merupakan tempat pemandian air panas yang terkenal mewah. Hal terunik dalam tempat wisata ini adalah setidaknya ada 16 jenis pemandian air panas yang berasal dari 11 negara berbeda.

Cara Menuju ke Jepang

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Jepang adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar negeri, terutama dari luar Asia, ini adalah cara terbaik untuk mencapai Jepang. Bandara utama di sini adalah bandara di Tokyo, yaitu Bandara Narita (NRT) untuk penerbangan domestik dan internasional dan Bandara Haneda (HND) yang lebih banyak melayani penerbangan domestik.

Kapal

Kamu bisa menggunakan feri jika kamu berangkat dari Busan, Korea Selatan.

Akomodasi di Jepang

Ada berbagai macam penginapan di Jepang, mulai dari yang modern di gedung bertingkat dan berbintang 5 hingga yang lebih minimalis dan tradisional dengan harga terjangkau. Kamu bisa memesan semuanya di tiket.com!

Spot Instagram-able di Jepang

Bangunan bersejarah di Jepang serta sejumlah lokasi wisata outdoor patut kamu kunjungi untuk mendapatkan foto-foto wisata yang keren. Beberapa di antaranya adalah Himeji Castle (Himeji), Kuil Meji (Tokyo), Kuil Itsukushima (Hiroshima), Shibuya Crossing (Tokyo), Tokyo Skytree, Tateyama Kurobe Alpine, Hitachi Seaside Park (Hitachinaka), dan Ashikaga Flower Park (Ashikaga).

Kuliner di Jepang

Kamu mungkin sudah sering mencoba makanan Jepang di kota asalmu sendiri, tapi tidak ada yang mengalahkan rasa makanan Jepang yang dibuat langsung di tempat asalnya. Beberapa masakan khas lezat yang wajib kamu coba adalah:

  • Sukiyaki: merebus daging sapi bersama berbagai macam sayuran, tahu, dan mie.
  • Tempura: bahan makanan yang digoreng dengan minyak dan dilapisi campuran tepung terigu, air, dan telur.
  • Sushi: terdiri dari nasi dengan daging mentah atau matang dan berbagai macam sayuran yang digulung bersama.
  • Sashimi: irisan ikan mentah yang dimakan dengan shoyu (sejenis kecap asin).
  • Yakitori: potongan daging ayam, hati, dan sayuran yang disutuk sate sebelum dibakar di atas arang.
  • Soba dan Udon: keduanya adalah mie, soba terbuat dari sejenis tepung gandum, sedangkan udon terbuat dari tepung terigu. Biasanya dihidangkan dalam kaldu yang nikmat serta dengan potongan daging.

Makanan Vegan / Vegetarian

Terdapat banyak restoran yang menyajikan makanan vegan maupun vegetarian dengan menu seperti burger tanpa daging, mochi, terung atau nasu, kushimono, tsukemono / acar. Ada pula restoran vegetarian prasmanan.

Belanja di Jepang

Ada berbagai kawasan perbelanjaan yang terkenal di Jepang. Beberapa di antaranya yang wajib kamu kunjungi adalah:

  • Don Quijote: menjual banyak barang unik yang cocok dijadikan oleh-oleh.
  • Ginza: lokasi terbaik untuk membeli barang-barang fesyen, mulai dari yang bermerk dan mahal hingga yang lebih terjangkau.
  • Shinsaibashi: kawasan perbelanjaan di Osaka.
  • Nakamise Dori: tempat perbelanjaan tertua di Asakusa.
  • Gotemba Premium Outlet: salah satu tempat perbelanjaan terbesar di Jepang dengan lebih dari 200 toko.
  • Shibuya Shopping District : ada di kota Tokyo, tempat ini adalah pusat perbelanjaan yang digemari oleh anak muda.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Jepang

Musim

Kamu sebenarnya bisa berkunjung ke Jepang pada musim apapun dan tetap mendapatkan pengalaman wisata yang menyenangkan. Favorit turis adalah musim semi (Maret - Mei) karena bunga sakura yang terkenal sedang bermekaran di setiap kota. Sedangkan di musim dingin (Desember - Februari), kamu bisa mencoba ski atau bersantai di berbagai pemandian air panas di Hokkaido.

Festival

Jepang memiliki banyak festival tahunan yang seru serta sangat mencerminkan budaya lokal. Untuk merayakan pergantian musim dingin ke musim semi, setiap tanggal 3 atau 4 Februari, ada acara Setsubun. Perayaan ini diyakini dapat mengusir roh-roh jahat.

Kemudian pada tanggal 3 Maret ada perayaan Hina Matsuri atau hari anak perempuan. Festival ini diadakan untuk mendoakan pertumbuhan anak perempuan.

Di tanggal 7 Juli, ada Festival Tanabata. Biasanya orang-orang akan menulis harapannya di kertas warna-warni yang disebut tanzaku dan menggantungkannya setinggi mungkin di pohon bambu yang biasa disebut ?sasa?.

Terakhir, pada hari Senin di minggu kedua bulan Januari, warga lokal merayakan Seijin No Hi. Upacara yang merupakan libur resmi ini diadakan untuk merayakan generasi muda yang mampu hidup mandiri, dan untuk meresmikan penduduk yang telah atau akan berumur 20 tahun.

Cara Berkeliling di Jepang

Untuk berpindah kota ataupun berkeliling di dalam kota, transportasi favorit di sini adalah kereta. Sistem transportasi kereta dalam dan antar kota di Jepang sangat baik sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai kelengkapan rute dan jumlah jadwal yang tersedia. Shinkansen (bullet train) di Jepang bisa membawamu dari satu kota ke kota lainnya dengan waktu yang tergolong sangat cepat untuk perjalanan darat. Bagi kamu turis internasional, kamu bisa juga membeli JR Pass (tiket terusan). Selama durasi tertentu, kamu bisa naik kereta di Jepang sebanyak yang kamu mau dengan hanya membeli JR Pass sekali saja.

Selain kereta, bus juga bisa kamu andalkan. Meskipun harganya lebih terjangkau dan kualitas kenyamanannya tidak jauh berbeda dengan kereta, waktu perjalanannya tentu lebih lama. Untuk perjalanan malam, kamu bahkan bisa membeli tiket sleeper bus (bus dengan kompartemen tempat tidur penumpang).

Kamu bisa juga menggunakan pesawat jika kamu akan berpindah kota cukup jauh. Namun, tentu saja biayanya lebih mahal. Selain itu, beberapa kota di Jepang memiliki bandara yang cukup jauh dari pusat kota.

Jika kamu ingin berkeliling di kota dengan praktis, kamu bisa juga menggunakan taksi atau menyewa mobil. Untuk menyewa mobil, kamu harus memiliki SIM internasional. Biaya sewanya per hari dimulai dari kurang lebih 5.000 untuk mobil kecil.

Karena lalu lintas yang baik dan jalur sepeda di Jepang yang lengkap dan berfungsi dengan baik, kamu bisa juga menyewa sepeda untuk berkeliling kota.

Seberapa Luas Jepang

Jepang memiliki luas area 377.915 km persegi dan untuk mengeksplorasi tempat wisata di Jepang yang paling terbaik, idealnya kamu menghabiskan 5 sampai 7 hari di sini. Selama waktu tersebut, ada banyak aktivitas seru di Jepang yang bisa kamu coba, seperti mendaki Gunung Fuji setinggi 3.776 meter, berjalan-jalan di tengah ribuan bunga sakura di Yoshino, Nara, naik Gunung Aso untuk melihat salah satu calderas terbesar di dunia, mengunjungi puncak bersalju dari taman nasional terbesar di negara itu, Daisetsuzan, menjelajahi beberapa gua kapur Jepang, mempelajari nilai-nilai sejarah Jepang dengan berkunjung ke museum terbuka Jepang, seperti Meiji Mura, Nihon Minkaen, atau Museum Terbuka Edo-Tokyo.

Kebijakan Visa Jepang

Untuk masuk ke Jepang dengan tujuan berwisata, kamu wajib memiliki paspor yang masih berlaku sampai 6 bulan ke depan dan memiliki 2 halaman kosong. Kamu juga wajib memiliki visa turis, kecuali jika kamu adalah pemilik paspor dari salah satu di antara 68 negara yang tidak memerlukan visa untuk masuk ke Jepang, yaitu:

  • Eropa: Andorra, Finlandia, Latvia, Polandia, Austria, FYR Makedonia, Liechtenstein, Serbia, Belgia, Prancis, Lithuania, Slovakia, Kroasia, Jerman, Luksemburg, Slovenia, Siprus, Yunani, Malta, Spanyol, Republik Ceko, Hungaria, Monako, Swedia, Denmark, Irlandia, Belanda, Swiss, Estonia, Italia, Norwegia, Inggris
  • Amerika Utara: Kanada, Amerika Serikat
  • Amerika Latin dan Karibia: Argentina, Chili, El Salvador, Meksiko, Bahama, Kosta Rika, Guatemala, Surinam, Barbados, Republik Dominika, Honduras, Uruguay
  • Asia: Brunei (15 hari), Republik Korea, Thailand (15 hari), Makau, Indonesia (paspor elektronik), Singapura, Hong Kong, Taiwan, Malaysia
  • Oseania: Australia, Oseania
  • Timur Tengah: Israel, Uni Emirat Arab (30 hari), Turki
  • Afrika: Lesotho, Tunisia, Mauritius

Pemegang paspor dari negara-negara selain yang disebutkan di atas wajib mengajukan permohonan visa. Selain itu, Jepang juga akan berencana mengeluarkan eVisa (jenis visa baru).

Mata Uang Jepang

JPY (Yen Jepang).

Bahasa di Jepang

Bahasa utama dan resmi di sini adalah Bahasa Jepang dengan dialek berbeda-beda untuk setiap daerah. Warga lokal umumnya tidak fasih berbahasa asing. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempelajari Bahasa Jepang dasar untuk berkomunikasi dengan warga lokal.

Zona Waktu di Jepang

GMT+9.

Jenis Stop Kontak di Jepang

Jenis steker di Jepang ada 2, yaitu tipe A dan B. Tipe A memiliki 2 pin paralel yang datar, sedangkan tipe B memiliki 2 pin paralel yang datar juga namun dengan sebuah grounding pin.

Tegangan listrik di Tokyo dan Jepang adalah 100V. Sedangkan frekuensi arus listrik di bagian Timur Jepang (termasuk Tokyo, Hokkaido, Tohoku, dan Yokohama) adalah 50Hz dan di bagian Barat Jepang (termasuk Nagoya, Osaka, Kyoto, Hiroshima, dan Kyushu) adalah 60Hz.

Informasi Penting Tentang Jepang

  1. Jangan memberikan tip karena kamu bisa dianggap menyinggung.
  2. Hindari berkunjung pada saat Golden Week (minggu terakhir bulan April dan minggu pertama bulan Mei) karena ini adalah libur nasional di Jepang. Akan ada banyak toko dan restoran yang tutup serta banyak warga lokal yang melakukan perjalanan domestik untuk pulang ke kampung halamannya.
  3. Membungkuklah saat sedang menyapa, meminta maaf, dan berterima kasih.
  4. Saat akan memanggil taksi, perhatikan lampu merah di pojok kiri bawah kaca. Jika menyala, maka taksi kosong dan bisa kamu tumpangi.
  5. Di musim semi dan musim gugur, kenakanlah baju lengan panjang dengan bahan yang tebal, celana panjang, dan sepatu berjalan yang nyaman. Ada baiknya juga kamu memakai baju berlapis atau jaket dan syal yang bisa kamu lepas saat memasuki gedung-gedung yang memiliki heater.
  6. Di musim panas, kamu bisa mengenakan baju lengan pendek dengan celana pendek, dan sandal.
  7. Sedangkan pada musim dingin, sebaiknya kamu memakai baju dan jaket yang tebal, celana tebal atau berlapis, dan sepatu dengan kaus kaki. Bawa juga penutup telinga, sarung tangan, topi, syal, dan heat pack.
  8. Jangan berbicara di telepon atau berbicara terlalu keras saat kamu berada di transportasi publik.
  9. Jangan makan sambil berjalan.