Tes Covid-19

Lebih nyaman bepergian dengan voucher tes Covid-19.

Pilihan Terbaik di Indonesia

Jakarta
Jawa Barat
Yogyakarta
Jawa Timur
Bali
Sumatera Utara

Jelajah kota, kunjungi tempat terbaik di balik kemegahan ibu kota.

Lihat Langsung Keindahan Nusantara

Nikmati pesona pariwisata lokal di sekitar Destinasi Super Prioritas.

Mandalika
Labuan Bajo

Liburan ke Mana? #DiIndonesiaAja

Nggak perlu ke luar negeri, ada banyak destinasi lokal menanti buat dikunjungi!

Rekomendasi Jempolan di tiket.com

Jangan lewatkan aktivitas hasil rekomendasi dari tiket.com

Bekasi

Trans Snow World Juanda Bekasi

IDR 285.000

Bersiap Sambut #NewNormal

tiket CLEAN
tiket FLEXI

Tempat ini melakukan prosedur khusus untuk memastikan kebersihan.

Indonesia
Tentang

Siapa yang tak tahu Indonesia? Negara kepulauan yang juga dikenal sebagai zamrud khatulistiwa ini sudah lama menjadi tujuan wisata yang terkenal di mancanegara. Indonesia atau lengkapnya Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan wilayah dari benua Asia dan berada di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia yang juga merupakan negara maritim ini tentu punya daya tarik wisata yang luar biasa. Kamu bisa menemukan beragam tempat wisata di Indonesia yang tiada duanya.


Wilayah Indonesia terdiri dari 17.504 pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Saking luasnya, negara ini memiliki 3 (tiga) zona pembagian waktu. Selain itu, Indonesia juga memiliki kekayaan wisata alam, serta flora dan fauna yang sangat beragam. Indonesia juga merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki bahasa terbanyak, dengan bahasa nasionalnya adalah Bahasa Indonesia. 


Tidak sulit untuk menemukan tempat wisata di Indonesia yang mengagumkan. Latar belakang sejarah yang panjang dari negara ini membuat Indonesia sangat kaya dengan kekayaan wisata budaya. Kamu juga bisa menemukan wisata alam berupa laut dan pegunungan. Untuk kamu yang mencari tempat wisata di Indonesia berupa area urban atau kota metropolitan, Indonesia punya Jakarta, Surabaya, Medan, dan kota besar lainnya untuk dijadikan pilihan destinasi.


Pesan tiket tempat wisata di Indonesia di tiket.com untuk memulai petualanganmu di negeri zamrud khatulistiwa ini. Untuk berkunjung ke Indonesia, kamu bisa pesan tiket pesawat di tiket.com. Indonesia memiliki beberapa bandara bertaraf internasional yang bisa menjadi gerbang masuk ke negara ini. Setelah itu, jangan lupa untuk berkunjung ke tempat wisata di Indonesia. Pesan tiket tempat wisata di Indonesia hanya di tiket.com.


Dengan tiket.com, kamu bisa menemukan tiket to untuk menemukan aktivitas menarik di Indonesia dengan mudah dan cepat. Pilih tempat wisata di Indonesia yang sesuai dengan keinginanmu. Pastikan tiket.com selalu menjadi pilihan terbaik kamu untuk mendapatkan pengalaman liburan di Indonesia yang tak terlupakan. Ayo menjelajah pesona wisata Indonesia bersama tiket.com!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Indonesia

Informasi mengenai tempat wisata di Indonesia.

Apa Itu tiket CLEAN di Indonesia?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Indonesia tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Indonesia yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Indonesia, Surga Pesona Alam Yang Tak Terbatas

Indonesia adalah negara tropis dengan ribuan pulau dan terkenal karena pesona-pesona alamnya yang sangat indah serta tersebar di berbagai lokasi di negara. Baik kamu ke Kalimantan, Sumatra, Jawa, Sulawesi, Papua, atau Bali, kamu akan menemukan berbagai lokasi wisata alam yang cantiknya tak tertandingi.

Karena banyaknya spot wisata yang tersebar di berbagai penjuru, negara ini bisa kamu jadikan destinasi untuk hampir seluruh jenis wisata. Kamu senang road trip? Bawalah teman-teman dan keluargamu berkeliling di Pulau Jawa dengan mobil. Kamu ingin tempat wisata yang romantis? Bali dan Raja Ampat bisa jadi destinasi impianmu. Senang berwisata di kota besar? Berwisatalah ke Jakarta, Medan, Surabaya, Yogyakarta, dan Semarang. Sedang ingin berwisata ke tempat-tempat yang lebih tenang dengan pemandangan indah? Coba Sumba, Banyuwangi, dan Belitung. Ingin berwisata bersama keluarga ke tempat-tempat yang menyenangkan dan dipenuhi orang-orang ramah? Kamu bisa berkunjung ke seluruh bagian Indonesia untuk yang satu ini.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia

Indonesia terkenal sebagai surganya tempat wisata alam dan budaya. Dengan ratusan ribu pulau yang dimilikinya, ke mana pun kamu pergi, pulau besar mana pun yang kamu pilih untuk kunjungi, dijamin wisatamu tidak akan membosankan. Kamu akan melihat lokasi wisata dengan pemandangan yang menakjubkan, mencoba berbagai aktivitas menyenangkan, dan tentu saja, berfoto-foto sampai puas!

1. Raja Ampat

Raja Ampat merupakan kumpulan pulau-pulau yang ada di ujung Papua. Lokasinya masih sangat bersih dan asri sehingga kamu akan melihat hamparan air laut yang jernih dengan langit biru cerah. Aktivitas favorit di sini adalah snorkeling dan diving karena kamu bisa melihat langsung keindahan alam bawah lautnya. Sebaiknya berkunjung antara bulan Oktober dan November untuk cuaca dan kondisi air laut terbaik.

2. Pulau Komodo

Melihat Komodo yang terkenal saat berkunjung ke Indonesia adalah salah satu kegiatna yang tidak boleh kamu lewatkan. Karena itulah, Pulau Komodo yang merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur adalah tempat wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi! Kamu bisa trekking di sini untuk menikmati keindahan alamnya atau bahkan menemui langsung binatang Komodo bersama pemandu profesional.

3. Taman Laut Bunaken

Ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO, lokasi di Sulawesi Utara ini sangat cocok untuk kamu yang suka menyelam. Kamu bisa melihat langsung keindahan alam bawah laut beserta biota laut yang hidup di sini, termasuk ikan-ikan dan terumbu karang yang cantik. Kamu bisa juga menyewa kapal selam jika kamu tidak suka menyelam atau berenang.

4. Danau Sentani

Danau terbesar di Papua ini menawarkan banyak kegiatan menyenangkan untukmu, terutama bagi kamu yang ingin bersantai. Kamu bisa berenang, memancing, mengelilingi danau dengan perahu sewa, mencoba kuliner lokal, atau berinteraksi dengan warga setempat di desa-desa yang ada.

5. Kawah Putih

Kawah yang berlokasi di Ciwidey ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha dan memiliki warna air yang putih kehijauan. Karena inilah, tempat ini menjadi salah satu lokasi yang terkenal di Indonesia, terutama untuk yang suka berfoto-foto.

6. Danau Toba

Terbentuk karena aktivitas gunung berapi, danau yang ada di Sumatra Utara ini sering disebut sebagai danau vulkanik yang paling indah di Indonesia. Selain melihat pemandangannya yang cantik, kamu juga bisa menjelajahi hutan pinus, menyegarkan diri di air terjun dan pemandian air panas yang masih di satu kawasan.

7. Tana Toraja

Selain menjadi lokasi dengan pemandangan pegunungan yang cantik, Tana Toraja adalah salah satu tujuan utama wisatawan yang menyukai wisata budaya. Hal ini karena budaya dan adat tradisional masih sangat dipertahankan di sini, terutama adat pemakamannya yang berhari-hari dengan banyak proses yang harus dilakukan.

8. Gunung Bromo

Pulau Jawa memang dikenal akan banyaknya gunung yang cantik dan Gunung Bromo adalah salah satunya. Selain mendaki puncak gunung, kamu juga bisa berkunjung ke berbagai lokasi wisata di sekitarnya, seperti Bukit Teletubbies, dan sejumlah kawah yang tak kalah cantik.

9. Gunung Semeru

Gunung Semeru, Mahameru adalah gunung di Indonesia yang sering menjadi tujuan impian para pendaki. Sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa, puncak gunung ini menawarkan pemandangan yang tiada tara, membuatmu merasa seperti benar-benar berada di atas awan. Pendakiannya tentu akan memakan waktu berhari-hari. Namun, sepanjang jalan, kamu juga akan menemukan banyak pemandangan yang bagus, termasuk Ranu Kumbolo, danaunya yang tak kalah cantik.

10. Puncak Jayawijaya

Puncak Jayawijaya di Papua adalah satu-satunya gunung di Indonesia yang bersalju abadi. Termasuk salah satu dari tujuh gunung dengan puncak tertinggi di dunia, gunung ini merupakan tantangan tersendiri bagi para pendaki berpengalaman.

11. Candi Borobudur

Candi ini merupakan kompleks candi Buddha terbesar di dunia dan juga termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO. Setelah mendaki ke puncaknya, kamu akan menemukan 72 stupa Buddha dan juga akses ke pemandangan sekitarnya dari ketinggian. Banyak pengunjung yang sengaja memesan paket tur sunrise atau sunset untuk menikmati pemandangan yang lebih cantik lagi dari puncaknya.

12. Candi Prambanan

Satu lagi candi di Indonesia yang masuk ke daftar situs warisan dunia UNESCO: Candi Prambanan. Bedanya adalah candi ini merupakan candi Hindu yang dibangun pada zaman Kerajaan Mataram. Ada berbagai candi dengan ukiran patung-patung yang unik di kompleks ini.

13. Taman Mini Indonesia Indah

Untuk mempelajari lebih banyak tentang Indonesia tanpa perlu benar-benar mengunjungi setiap kota yang ada, kamu bisa ke Taman Mini Indonesia Indah. Sesuai namanya, di museum ini, kamu bisa melihat replika geografi Indonesia mini. Ada danau dengan pulau buatan (yang ukurannya tentu lebih kecil) yang menyerupai pulau-pulau di Indonesia.

14. Monumen Nasional

Monumen Nasional atau Monas adalah salah satu ikon yang penting di Jakarta. Monumen ini dibuat untuk melambangkan semangat perjuangan masyarakat Indonesia. Salah satu hal yang membuat monumen ini unik adalah bagian “api”-nya di puncak monumen yang terbuat dari emas. Kompleks monumen ini juga luas dan telah dijadikan ruang publik di mana para pengunjung bisa bersepeda, jalan-jalan santai, atau berkumpul bersama orang-orang tersayang.

15. Kepulauan Belitung

Belitung kembali menjadi lokasi wisata yang populer sejak film dan novel “Laskar Pelangi” yang berlokasi di sini dirilis. Kamu akan menemukan banyak pantai dengan pemandangan yang indah, air laut yang masih jernih, batu granit megah di sekitarnya, hamparan pasir putih, dan pepohonan kelapa di sekitar pantai.

16. Taman Nasional Baluran

Ingin berkunjung ke taman nasional yang mirip luar negeri, tepatnya mirip Afrika? Kunjungilah Taman Nasional Baluran! Kamu akan menemukan padang savanna yang luar dengan satwa liar yang menempatinya. Kamu pun bisa berfoto bersama sejumlah hewan yang jinak di sini.

17. Taman Nasional Way Kambas

Terletak di Lampung, taman nasional ini sering disebut sebagai sekolah gajah. Tempat ini merupakan balai konservasi dan pelatihan gajah. Selain itu, kini juga sudah ada International Rhino Foundation yang bertujuan mencegah kepunahan badak.

18. Tanah Lot

Bali bisa disebut sebagai kota di Indonesia yang mendunia. Ada berbagai tempat wisata, mulai dari tempat wisata alam hingga budaya yang bisa kamu kunjungi di sini. Tanah Lot merupakan salah satunya. Pura ini terkenal akan kemegahannya dan lokasinya yang berada di atas batu karang. Batu karang ini pun terbentuk secara alami akibat deburan ombak selama puluhan tahun. Jangan lupa bawa kameramu ke sini, ya!

19. Taman Nasional Gunung Kelimutu

Taman Nasional Gunung Kelimutu di Nusa Tenggara Timur ini memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat indah. Mulai dari bukit, danau, hingga gunung. Sebut saja Gunung Kelibra dan danau tiga warna yang terkenal di sini.

20. Gili Trawangan

Gili Trawangan yang ada di Lombok juga merupakan salah satu tempat wisata yang paling diminati karena keindahan lautnya. Kamu bisa menyelam di sini untuk menikmati kecantikan pemandangannya secara maksimal. Sedikit tips, jika kamu ingin lokasi di Gili Trawangan yang jarang dikunjungi, kamu bisa berwisata ke sisi barat karena biasanya tidak seramai sisi timur.

21. Gunung Rinjani

Merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia, tidak heran jika Gunung Rinjani yang ada di Pulau Lombok ini menjadi salah satu gunung impian para pendaki. Dengan trek pendakian yang menantang, danau yang cantik (Segara Anak), dan puncak gunung yang memberikan pemandangan luar biasa, dijamin perjalananmu di sini akan sangat sepadan!

22. Wakatobi

Wakatobi merupakan singkatan dari nama pulau-pulau besar yang berada di kawasan yang berdekatan di Provinsi Sulawesi Tenggara (Wanci, Kaledupa, Tomia, dan Binongko). Kegiatan utama di sini adalah menyelam untuk melihat langsung keindahan alam bawah laut di sini. Selain itu, kawasan ini juga terkenal sebagai pusat pandai besi.

23. Pantai Ora

Pantai Ora yang berada di Maluku ini masih bisa dibilang sebagai hidden gem karena belum terlalu terkenal seperti Bali sehingga tidak terlalu ramai wisatawan. Kamu bisa menikmati panorama pantai dan laut yang masih bersih dan asri di sini. Penginapan yang disediakan pun sangat nyaman dan lengkap.

24. Air Terjun Kedung Pedut

Nikmati kesegaran alami dengan berkunjung ke Air Terjun Kedung Pedut yang ada di Jogja! Air terjun dengan ketinggian 15 meter ini memiliki dasar kolam dengan warna yang berbeda, yaitu hijau dan biru. Hal ini karena warna bebatuan yang ada di bawah air. Kamu bisa berenang di kolam ini atau bahkan mencoba aktivitas flying fox yang tersedia.

25. Kawah Ijen

Kawah Ijen ini merupakan salah satu objek wisata di Indonesia yang memiliki Blue Fire atau sering disebut api abadi. Danau belerang di sini warnanya hijau muda. Untuk menikmati keindahan pemandangan di sini, kamu perlu berangkat dini hari menjelang subuh dan selalu kenakan masker karena bau belerangnya yang cukup tajam.

26. Kepulauan Derawan

Pulau Kalimantan memang memiliki berbagai tempat wisata alam yang sangat cantik, dan Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur ini adalah salah satunya. Kawasan ini memiliki setidaknya 3 pulau utama yang menjadi destinasi favorit para wisatawan. Kamu bisa menyelam dan berenang di sini untuk menikmati keindahan bawa lautnya.

27. Ubud Monkey Forest

Seperti namanya, tempat ini berlokasi di Ubud dan merupakan rumah bagi lebih dari 700 ekor kera ekor panjang abu-abu. Kamu bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan ini terutama saat memberi mereka makan. Lokasinya pun cocok dijadikan tempat berfoto-foto karena keindahan alamnya.

28. Pulau Padar

Sama seperti Pulau Komodo, Pulau Padar juga merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur. Ketika kamu berkunjung ke Labuan Bajo yang terkenal, kamu wajib mampir ke pulau yang satu ini. Di pulau tak berpenghuni ini, kamu bisa mendaki bukit yang ada dan melihat hamparan laut yang masih biru dan bersih airnya dengan perbukitan berwarna cokelat di sekelilingnya.

29. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Garuda Wisnu Kencana baru selesai dibangun pada tahun 2018. Monumen ini memiliki bentuk yang terinspirasi dari makhluk dalam filosofi Hindu dan kini telah menjadi patung tertinggi ketiga di dunia. Saking tingginya, kamu bahkan bisa melihat puncaknya dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Selain patung raksasa ini, kompleks GWK juga menawarkan berbagai kegiatan menarik, seperti pertunjukan teater atau pemutaran film di Garuda Cinema.

30. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional di Kalimantan ini memiliki luas seukuran Pulau Bali. Di dalamnya, ada hutan hujan tropis yang menjadi ciri khas Pulau Kalimantan, hutan tanah kering, hutan rawa air tawar, hutang mangrove, dan banyak lagi. Dengan ekosistem seperti ini, taman nasional ini merupakan rumah bagi berbagai hewan yang dilindungi, seperti orang utan, bekantan, kancil, dan lutung merah.

Cara Menuju ke Indonesia

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Indonesia adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari kota-kota di benua Amerika dan Eropa, pilihanmu hanyalah menggunakan pesawat dan kemungkinan kamu harus transit lebih dulu. Sedangkan untuk kamu yang berangkat dari kota di Asia, kamu bisa lebih mudah menemukan penerbangan langsung ke kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta dan Bali.

Bus

Kamu hanya bisa menggunakan bus jika kamu berangkat dari kota-kota yang bersebelahan dengan Indonesia, seperti Singapura dan Malaysia. Dan tentu kamu hanya bisa mencapai sejumlah kota di Indonesia yang memang berdekatan dengan negara-negara tersebut, seperti Batam.

Kapal

Karena Indonesia terdiri dari ribuan pulau, termasuk sejumlah pulau besar, seperti Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Sumatra, ada beberapa kota yang bisa kamu capai dengan kapal. Sebut saja Batam, Medan, dan Padang. Namun, tentu perjalanan menggunakan kapal feri hanya bisa kamu andalkan jika kamu berangkat dari negara-negara yang bersebelahan.

Akomodasi di Indonesia

Jika kamu berkunjung ke kota-kota besar, kamu bisa dengan mudah menemukan hotel-hotel mewah berbintang 5. Namun, kota-kota besar seperti ini biasanya juga menyediakan banyak pilihan hotel budget dengan kamar yang lebih minimalis.

Di kota-kota wisata yang dekat dengan pantai indah, kamu akan lebih banyak menemukan villa dan resor mewah dengan fasilitas lengkap. Namun, karena ada banyak turis dari berbagai latar belakang yang berkunjung, maka biasanya ada banyak hotel bintang 3 ke bawah yang tersedia di sini.

Sedangkan untuk kota-kota yang lebih terpencil, biasanya lebih banyak tersedia akomodasi yang minimalis atau bahkan penginapan di rumah penduduk.

Spot Instagramable in Indonesia

Indonesia memiliki banyak pesona alam di berbagai kota yang patut kamu kunjungi. Beberapa di antaranya 

  • Hanging Gardens Infinity Pool (Bali)
  • Candi Borobudur (Magelang)
  • Gunung Bromo (Jawa Timur)
  • Candi Prambanan (Yogyakarta)
  • Taman Nasional Komodo (NTB)

Kuliner di Indonesia

Karena penduduknya dan daerahnya yang sangat beragam, kamu akan menemukan berbagai jenis makanan yang berbeda di setiap kota. Meski begitu, secara umum, ada beberapa makanan Indonesia terkenal yang kelezatannya wajib kamu coba, seperti Gado-Gado (sayur-sayuran dengan bumbu kacang), Nasi Goreng, Kerak Telur (telur yang dimasak hingga garing), Serabi (kue empuk dengan saus yang nikmat), Lumpia (berbeda-beda di masing-masing daerah dengan salah satu yang paling terkenal adalah Lumpia Semarang), Gudeg (sayur nangka dengan rasa yang manis dan cocok dinikmati dengan nasi hangat, umum ditemukan di Jawa Tengah), Rujak Cingur (buah dan sayur-sayuran dengan bumbu kacang pedas), Bika Ambon (kue kenyal yang memiliki rongga dan cita rasa manis), Soto Kudus (nasi yang diberi kuah soto dan topping lainnya dalam satu mangkuk kecil), dan Martabak (memiliki nama yang berbeda di beberapa daerah, makanan ini seperti panekuk tebal yang ditumpuk dengan topping coklat kacang di tengahnya).

Makanan Vegan / Vegetarian

Makanan khas Indonesia umumnya terkenal karena masakannya yang mengandung daging. Namun, jika kamu berkunjung ke kota-kota besar atau kota wisata, kamu akan menemukan restoran khusus vegan dan vegetarian. Umumnya, masakan-masakannya tidak selalu makanan Indonesia.

Sayangnya, jika kamu berkunjung ke kota yang kecil, tidak terlalu ramai turis, dan lebih terpencil, kamu mungkin tidak akan menemukan restoran atau kafe vegan dan vegetarian.

Namun, kamu bisa selalu berbelanja bahan makanan di pasar tradisional yang hadir di setiap kota dan memasaknya sendiri di tempat penginapanmu.

Belanja di Indonesia

Seperti warga Asia lainnya, kultur belanja di Indonesia berbeda dibandingkan kultur belanja di Eropa atau Amerika. Untuk itu, kamu tidak akan kesulitan menemukan pusat perbelanjaan di seluruh kota di Indonesia, mulai dari yang besar sekali sampai yang lebih tradisional dan kecil. Beberapa kota yang bisa kamu tuju untuk berbelanja sampai puas di mal yang besar dan mewah adalah Jakarta, Batam, dan Surabaya. Yogyakarta memiliki Jalan Malioboro yang terkenal sebagai street market favorit para turis.

Di tempat-tempat perbelanjaan tradisional dan outdoor, gunakan kemampuan tawar-menawarmu untuk mendapatkan produk dan kerajinan lokal dengan harga terbaik.

Kapan Waktu Terbaik untuk Berwisata ke Indonesia

Musim

Sebagai negara tropis, seluruh kota di Indonesia hanya mengalami dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Secara umum, waktu terbaik untuk berkunjung ke negara ini adalah di musim kemarau, yaitu antara bulan Mei dan September. Hal ini karena curah hujan di Indonesia cukup parah pada musim hujan dan ada banyak tempat wisata yang mungkin tidak bisa kamu kunjungi pada musim ini.

Festival

Kamu bisa menemukan setidaknya satu festival budaya yang berkesan di semua kota di Indonesia. Karena luasnya, penduduk di Indonesia sangat beragam dan masing-masing festival mencerminkan kebudayaan yang berbeda serta menarik. Seperti Rambu Solo yang dirayakan oleh masyarakat Toraja di Sulawesi Selatan. Festival ini sebenarnya adalah perayaan pemakaman untuk mengirim jiwa yang sudah tiada ke akhirat. Acara ini biasanya sangat ramai dan ada banyak tradisi serta benda budaya yang terlibat.

Kemudian, ada juga perayaan HUT Jakarta yang jatuh setiap tanggal 22 Juni. Kota metropolitan ini akan dimeriahkan dengan berbagai festival, konser dan bazar.

Cara Berkeliling di Indonesia

Kota-kota yang lebih besar, seperti Jakarta dan Yogyakarta, umumnya memiliki sistem transportasi yang lebih baik. Kamu bisa dengan mudah mengandalkan transportasi yang lebih modern, seperti bus rapid transit dan kereta dalam kota yang sudah memiliki rute lengkap dan metode pembayaran yang praktis.

Selain yang modern, transportasi publik tradisional dan yang sudah ada sejak zaman dulu, masih banyak yang bertahan dan tersedia dalam jumlah besar di sini. Beberapa di antaranya adalah becak, angkot, dan bajaj. Yang akan kamu temukan di hampir seluruh kota di Indonesia adalah angkot. Rute angkot yang tersedia cukup lengkap dan tarif perjalanannya sangat terjangkau.

Belakangan ini, transportasi online sangat berkembang di Indonesia. Walaupun dulu lebih banyak tersedia di kota besar, kini mode transportasi ini sudah menjangkau hampir seluruh kota di Indonesia.

Seberapa Luas Indonesia

Dengan luas 1,905 juta kilometer persegi dan banyaknya tempat wisata di Indonesia yang menarik serta cantik, kamu sebaiknya menghabiskan sekitar 2 minggu di sini. Jika kamu tidak memiliki waktu terlalu banyak, kamu bisa berwisata selama 7-8 hari saja dan berkunjung ke tempat-tempat yang paling terkenal. Selama waktu tersebut, ada banyak aktivitas seru di Indonesia yang bisa kamu coba. Mulai dari berwisata di pantai di Bali, mendaki gunung-gunung yang menakjubkan di Jawa Tengah, menikmati pemandangan yang cantik dan unik di Sumba, berbelanja sampai puas di Jakarta dan Batam, berenang di laut biru di Raja Ampat, dan berwisata kuliner serta mencicipi varian masakan Indonesia di seluruh kota yang kamu kunjungi.

Kebijakan Visa Indonesia

Jika kamu hanya tinggal di Indonesia selama kurang dari 30 hari, kamu tidak perlu mengajukan visa untuk masuk ke Indonesia. Tipe ini berlaku untuk warga negara dari 167 negara dan 2 wilayah khusus. Selain itu, kamu juga tidak bisa memperpanjang visa jenis ini. Jika kamu bukan dari salah satu negara ini atau jika kamu berencana untuk tinggal selama 60 atau 90 hari, maka kamu perlu mengajukan permohonan visa di kedutaan Indonesia.

  • A: Arab Saudi, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Albania, Aljazair, Andorra, Angola, Antigua dan Barbuda, Argentina, Armenia, Australia, Austria, Azerbaijan.
  • B: Bahama, Bahrain, Bangladesh, Barbados, Belanda, Belarus, Belgia, Belize, Benin, Bhutan, Bolivia dan Bosnia, Botswana, Brazil, Brunei Darussalam, Bulgaria, Burkina Faso, Burundi.
  • C: Chad, Chili, Cina, Republik Ceko.
  • D: Denmark, Persemakmuran Dominika, Republik Dominika.
  • E: Ekuador, El Salvador, Estonia.
  • F: Filipina, Fiji, Finlandia.
  • G: Gabon, Gambia, Georgia, Jerman, Ghana, Yunani, Grenada, Guatemala, Guyana.
  • H: Haiti, Tahta Suci (Kota Vatikan), Honduras, Hong Kong (SAR Tiongkok), Hongaria.
  • I: Inggris, Islandia, India, Irlandia, Italia.
  • J: Jamaika, Jepang, Yordania.
  • K: Komoro, Kosta Rika, Kroasia, Kuba, Kamboja, Kanada, Kazakhstan, Kenya, Kiribati, Republik Korea, Kuwait, Kyrgyzstan.
  • L: Laos, Latvia, Lebanon, Lesotho, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg.
  • M: Mesir, Makau (SAR Tiongkok), Makedonia, Madagaskar, Maladewa, Malawi, Malaysia, Mali, Malta, Kepulauan Marshall, Mauritania, Mauritius, Meksiko, Moldova, Monako, Mongolia, Maroko, Mozambik, Myanmar.
  • N: Namibia, Nauru, Nepal, Nicaragua, Norwegia.
  • O: Oman.
  • P: Pantai Gading, Palau, Palestina, Panama, Papua Nugini, Paraguay, Peru, Polandia, Portugal, Prancis, Puerto Riko.
  • Q: Qatar.
  • R: Rumania, Rusia, Rwanda.
  • S: Selandia Baru, Saint Kitts dan Nevis, Siprus, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadines, Samoa, San Marino, Sao Tome dan Principe, Senegal, Serbia, Seychelles, Singapura, Slovakia, Slovenia, Kepulauan Solomon, Spanyol, Sri Lanka, Suriname, Swaziland, Swedia, Swiss.
  • T: Timor Timur, Tanjung Verde, Taiwan, Tajikistan, Tanzania, Thailand, Togo, Tonga, Trinidad dan Tobago, Tunisia, Turki, Turkmenistan, Tuvalu.
  • U: Uganda, Ukraina, Uni Emirat Arab, Uruguay, Uzbekistan.
  • V: Vanuatu, Venezuela, Vietnam.
  • Z: Zambia, Zimbabwe.

Indonesia juga memiliki kebijakan visa on arrival yang dapat kamu ajukan dengan biaya tambahan. Visa ini dapat diperpanjang dan hanya berlaku untuk 67 negara.

Mata Uang Indonesia

Rp (Rupiah Indonesia).

Bahasa di Indonesia

Bahasa nasional di negara ini adalah Bahasa Indonesia, namun, Indonesia memiliki banyak sekali bahasa daerah yang digunakan di masing-masing daerah meskipun tidak menjadi bahasa resmi negara. Beberapa di antaranya adalah Bahasa Jawa, Sunda, dan Betawi.

Umumnya, warga Indonesia cukup fasih berbahasa Inggris, terutama yang berusia muda dan berlokasi di kota-kota besar dan kota wisata, seperti Jakarta dan Bali.

Zona Waktu Indonesia

Ada tiga zona waktu di Indonesia, yaitu WIB (Waktu Indonesia Barat) atau GMT+7, WITA (Waktu Indonesia Tengah) atau GMT+8, dan WIT (Waktu Indonesia Timur) atau GMT+9.

Jenis Stop Kontak di Indonesia

Jenis stop kontak di Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Informasi Penting Tentang Indonesia

  1. Hindari berkunjung pada saat Lebaran karena penduduk lokal merayakan hari raya ini secara besar-besaran. Dengan kata lain, akan ada banyak warga Indonesia yang pulang kampung ke kotanya atau berlibur. Banyak toko-toko tutup pada saat ini karena ini merupakan hari libur nasional. Sejumlah kota besar, seperti Jakarta, kemungkinan akan sepi penduduk dan kamu bisa menikmati jalanan yang lancar, namun kamu mungkin akan kesulitan menemukan toko dan warung yang buka. Mal, hotel, dan bandara tetap buka.
  2. Indonesia termasuk negara yang cukup konservatif, untuk itu, jangan kenakan pakaian yang terlalu terbuka, terutama jika kamu ke kota-kota yang bukan kota metropolitan. Untuk menyesuaikan diri dengan panasnya cuaca, kenakanlah pakaian yang lebih tipis tapi tetap tertutup.
  3. Tersenyumlah saat berinteraksi dengan warga lokal.
  4. Jangan menunjukan public display affection seperti berciuman dan berpelukan meskipun berpegangan tangan masih umum di sini.
  5. Air keran di Indonesia bukan untuk diminum.
  6. Jangan mengotori tempat-tempat wisata alam.