Tempat Wisata di China

Melangkah sedikit, coba aktivitas yang tak kalah asyik di kota sebelah.

Rekomendasi Jempolan di China

Jangan lewatkan aktivitas di China hasil rekomendasi dari tiket.com

Shanghai

Oriental Pearl Tower (QR Code Direct Entry)

IDR 255.702

To Do Online

Baru

Nikmati hiburan online kekinian untuk menemani momen #NewNormal.

China
Tentang

Kamu mencari tiket tempat wisata di China? China atau yang juga dikenal dengan Tiongkok merupakan negara yang termasuk dalam Asia Timur. Negara yang terkenal dengan Tembok China nya ini menjadikan Beijing sebagai ibukota negaranya. China menjadi negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia, dan negara terbesar ke-3 di dunia dengan luas wilayahnya yang mencapai 9,69 juta kilometer persegi.


Negara ini tidak hanya memiliki Tembok China yang menjadi daya tarik wisatanya. Namun juga memiliki berbagai potensi wisata lainnya yang tidak kalah menarik untuk kamu kunjungi. Sobat tiket berniat untuk melakukan perjalanan liburan ke China? Kamu bisa pesan tiket pesawat ke China di tiket.com, lho! Atur jadwal dan jumlah penumpang, temukan harga tiket pesawat terbaik yang akan mengantar kamu menuju negara impian kamu ini.


Saat di China, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa tempat berikut ini ya, sobat tiket. Seperti Forbidden City, atau Kota Terlarang yang merupakan peninggalan dari Dinasti Ming. Ada pula Suzhou Garden, The Bund, Giant Panda Chengdu, Istana Potala, Gunung Huang, dan masih banyak lagi tempat seru lainnya.


China memang memiliki banyak tempat wisata sejarah. Untuk sobat tiket yang menyukai wisata sejarah, datang liburan ke China memang menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa melihat berbagai macam istana-istana peninggalan kerajaan, serta ornamen-ornamen kuno klasik yang indah dan begitu menarik.


Liburan ke China, tidak boleh lupa pesan kamar hotel untuk akomodasi kamu selama di negara ini. Pilihan hotel terbaik bisa kamu cari di tiket.com. Pilihan hotel berbintang dan hotel bujet bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan. Menginap dengan nyaman di hotel bintang 5 membuat liburan makin berkesan.


Pesan juga tiket masuk tempat wisata di China melalui tiket.com untuk pengalaman liburan yang lebih seru bersama orang tersayang. Selamat berlibur!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di China

Informasi mengenai tempat wisata di China.

Apa Itu tiket CLEAN di Tiongkok?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Tiongkok tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Tiongkok yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Tiongkok

Tiongkok adalah negara Asia Timur yang penuh dengan tempat wisata yang indah, unik, dan bersejarah, termasuk salah satu keajaiban dunia, serta kuliner yang lezat. Berbagai objek wisata yang yang terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan adalah Tembok Besar China yang merupakan satu dari 7 keajaiban dunia, Forbidden City yang merupakan istana peninggalan dinasti Ming yang sekarang menjadi museum, Istana Potala yaitu istana merah, dan Tentara Terakota berupa komplek pemakaman kaisar Qin Shi Huang yang menjadi salah satu situs arkeologi terbesar di muka bumi.

Negara ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata keluarga karena banyaknya tempat wisata di China yang cocok dan menyenangkan untuk segala usia.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di China

Berbagai objek wisata di China dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pulau dan pantai yang cantik. Namun, ada juga sejumlah lokasi bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini. Berikut ada 30 destinasi wisata terbaik di China yang kami rekomendasikan!

1. The Bund

Jika kamu tertarik untuk melihat kota Shanghai dari titik yang paling keren dengan gedung pencakar langitnya, maka kamu bisa datang ke The Bund. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah di malam hari di mana kamu akan melihat gedung-gedung tersebut menyala mewarnai langit Shanghai yang cantik. The Bund juga akan sangat ramai oleh wisatawan lainnya karena memang ini adalah salah satu tempat wisata di Shanghai terfavorit. Kamu bisa juga naik kapal yang akan membawamu mengarungi sungai Huang Pu. Pastinya kamu akan terpesona dengan nyala lampu dari gedung-gedung di Shanghai yang menghiasi malam dan pastinya instagramable.

2. Nanjing Road

Kalau urusan surga belanja di Shanghai, kamu bisa ke Nanjing Road. Karena, di jalan yang panjangnya 5,5 km ini kamu bisa belanja sampai puas. Kamu bisa mulai dari The Bund di ujung timur hingga ke ujung barat yang berakhir di Jing’an Temple dan West Yan’an street. Di sepanjang jalan ini kamu akan menemukan banyak sekali mal modern, bioskop, dan juga hotel internasional. Selain itu, produk yang dijual di sini pun banyak yang merupakan merek terkenal hingga toko yang menjual barang tradisional dengan harga yang murah. Bagi kamu yang suka belanja pasti kamu akan senang berada di sini dan menghabiskan waktu hingga berjam-jam. Kamu bisa sekalian beli oleh-oleh untuk teman-teman dan keluarga di rumah di sini. Di beberapa toko, kamu bisa menawar harga barang yang ingin dibeli. Selamat belanja!

3. Old City

Old City di Shanghai, yang juga dikenal dengan sebutan “Nanshi” dalam bahasa China ini merupakan kawasan yang membuatmu bisa merasakan suasana nostalgia dengan melihat-lihat arsitektur khas China. Di Old City, kamu bisa mencoba berbagai macam kuliner khas. Ada banyak penjual makanan yang berjualan di Old City, seperti pangsit isi (dumpling). Kemudian kamu bisa berkunjung ke Yu Garden, sebuah taman klasik yang terkenal dan lokasinya dekat dengan Shanghai Old Street dan cocok untuk wisata keluarga.

4. People’s Square

People’s Square adalah gedung pusat pemerintahan kota Shanghai berada. Lokasinya ada di sebelah utara dari Nanjing Road. Taman yang jarang diketahui ini sepi oleh wisatawan, mungkin juga karena lokasinya yang berdekatan dengan The Bund. Jalan-jalan santai mengitari People’s Square bisa jadi hal yang menarik karena kamu juga akan menemukan banyak tempat makan yang murah, pedagang makanan di pinggir jalan, taman, hingga museum. Santai sambil menikmati suasana taman yang cantik ini, kamu bisa juga berkenalan dengan masyarakat lokal yang sedang berada di sana.

5. Tianzifang

Kalau kamu cari destinasi wisata di Shanghai yang punya pesona jalanan artistik, maka kamu bisa datang ke Tianzifang. Tempat tersebut punya arsitektur tradisional khas China dengan bar, kafe, toko, galeri, dan butik yang memiliki desain menawan. Tianzifang adalah sebuah tempat kecil yang ada di Shanghai. Namun demikian tempat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Shanghai. Di sini ada banyak umkm seperti bar, galeri seni, dan tempat makan ala Perancis. Kamu bisa belanja beberapa kerajinan tangan berukuran kecil yang cantik, atau menikmati secangkir minuman di kafe terbuka.

6. Zhujiajiao

Ingin sejenak menghindari keramaian pusat kota? Gampang, kamu bisa datang ke Zhujiajiao yang lokasinya hanya satu jam saja dari Shanghai. Terletak di pinggiran Shanghai, Zhujiajiao adalah tempat wisata berupa kota air yang sudah ada lebih dari 1.700 tahun. Di sana, kamu bisa menemukan jembatan cantik, sungai kecil, dan pepohonan rindang di pinggir sungai tersebut, serta rumah tradisional warga setempat. Tempat ini pastinya akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan cocok untuk wisata anak. Cara terbaik untuk menjelajah tempat ini adalah dengan menaiki perahu dayung sambil menikmati keindahan pemandangan tempat tersebut.

7. Shanghai Disneyland

Tidak ada yang salah dengan mengunjungi taman bermain sebagai destinasi wisata, apalagi kalau taman bermain itu adalah Disneyland. Destinasi wisata yang terkenal ini memiliki banyak sekali pilihan wahana seru yang bisa kamu mainkan bersama teman, pasangan, atau keluarga. Di Shanghai Disneyland bukan hanya ada taman bermain saja, melainkan ada juga dua hotel dan kawasan hiburan Disney Town. Ini merupakan taman Disney terbaru di dunia hingga saat ini. Beberapa tema wahana yang ada di sini antara lain adalah Tomorrowland, Fantasyland, Adventure Isle, dan Treasure Cove.

8. Yu Garden

Untuk kamu yang ingin wisata budaya, yuk coba kunjungi Yu Garden. Destinasi wisata di pusat Kota Shanghai ini merupakan kompleks tua dan taman bersejarah dengan luas sekitar 20.000 meter persegi. Taman yang terkenal ini memiliki gaya arsitektur menakjubkan, dikelilingi banyak pohon, dan diselimuti bunga-bunga indah. Tak hanya itu, kamu dapat menikmati wisata kuliner dengan mencicipi makanan pinggir jalan.

9. Jin Mao Tower

Jin Mao Tower merupakan gedung pencakar langit yang jadi tempat wisata hits di Shanghai. Objek wisata di Distrik Pudong ini memiliki ketinggian mencapai 420 meter. Gedung ini mempunyai kombinasi budaya China dan gaya arsitektur modern kekinian sehingga cocok untuk spot instagramable. Kamu bisa melihat panorama Kota Shanghai, sungai Bund, dan gedung-gedung lain dari ketinggian.

10. Kuil Jade Buddha

Kuil Jade Buddha memiliki dua patung Buddha yang terlentang dan duduk. Tempat wisata di Jiangning Road, Shanghai, ini memang unik karena dua patung Buddha tersebut dari ukiran batu giok putih bersih. Setiap bangunan kuil dalam kompleks ini memiliki ruangan dan kisah tentang ajaran agama Buddha.

11. Alun-alun Tiananmen Square

Tiananmen Square adalah alun-alun terbesar di dunia yang menjadi simbol Kota Beijing.

Terletak di bagian luar pintu selatan istana kuno dinasti Ming dan Qing, area di sini memiliki luas hingga 440.000 meter persegi. Tidak heran tempat ini dinobatkan menjadi alun-alun atau lapangan terbesar di dunia ya? Di sini, kamu bisa mengambil foto ke beberapa tempat keren lho. Pada sisi utara terdapat gerbang Forbidden City, sisi barat ada Aula Agung Rakyat China, sisi selatan kamu bisa melihat Maosoleum Mao Zedong dan sisi timur terdapat Museum Nasional China. Buat kamu yang senang foto-foto, cocok banget ke sini karena banyak spot foto yang instagramable.

12. Temple of Heaven

Temple of Heaven atau kuil langit merupakan kuil yang wajib dikunjungi saat kamu ke China. Tempat wisata di Beijing ini dibandun pada tahun 1420 yang berfungsi sebagai tempat pemujaan kepada dewa-dewa. Kala itu, para raja yang hidup pada Dinasti Ming dan Qing selalu melakukan pemujaan di kuil ini. Meskipun sudah berumur ratusan tahun, arsitektur di dalam dan luar kuil masih terjaga sehingga cocok untuk wisata keluarga.

13. Forbidden City

Kamu pernah menonton film bertemakan kerajaan zaman dinasti kuno di China? Ada lho satu tempat wisata di Beijing yang mirip kerajaan ikut serta sebagai latar belakang tempat pembuatan filmnya. Adalah Forbidden City atau Kota Terlarang adalah tempat tinggal para permaisuri, selir, anak-anak raja, dan para kasim. Destinasi wisata hits ini dikatakan terlarang karena konon hanya kasim dan anak raja berjenis kelamin laki-laki saja yang diperbolehkan memasuki istana.

14. Tian An Men

Tempat wisata yang terkenal ini adalah persemayaman terakhir presiden pertama China, Mao Zedong. Dari kejauhan, kamu dapat melihat foto Mao terpampang jelas di atas pintu masuk Mao Zedong Memorial Hall. Namun, tak ada satu pun yang boleh masuk ke kawasan tersebut dan dijaga oleh seorang petugas.

15. Bird Nest

Mau mencari spot foto instagramable? Mungkin Bird Nest adalah destinasi wisata di Beijing yang wajib kamu kunjungi. Bird Nest merupakan sebuah stadion yang dibangun pada olimpiade tahun 2008. Stadion ini memiliki desain yang unik dan menjadi salah satu ikon tempat wisata di China yang terkenal di dunia.

16. Tembok Besar China

Dikenal dengan nama China-nya, Juyongguan, tembok besar China yang didirikan bak membelah pegunungan ini pada zaman dahulu merupakan tembok pertahanan untuk meredam serangan dari Bangsa Mongol. Dalam pembuatanya, dibutuhkan waktu selama sembilan tahun untuk membuatnya kokoh hingga kini.

17. Tiger Hill

Masih destinasi wisata hits di Beijing, kamu bisa berkunjung ke Tiger Hill yang mirip dengan Menara Pisa di Italia karena bentuknya serupa beberapa derajat. Di dalam Tiger Hill, terdapat kuburan Raja Helu yang konon dikebumikan bersama dengan 3.000 pedang.

18. Summer Palace

Summer Place merupakan danau yang mirip West Lake di Hang Zhao. Danau ini luas dan tenang sehingga cocok untuk kamu relaksasi. Berpadu dengan arsitektur istana yang kental akan nuansa oriental serta pemandangan alam yang apik.

19. Shidu Nature Park

Shidu Nature Park berlokasi di bagian barat daya dari Distrik Fangshan dan memiliki luas sekitar 300 kilometer persegi. Tempat wisata di Beijing ini berada di lembah Sungai Juma yang dulunya memiliki aliran yang sangat deras. Shidu Nature Park menjadi satu-satunya bentuk lahan karst berskala besar yang ada di China Utara dan menawarkan pemandangan alam menakjubkan selain gedung-gedung pencakar langit di Beijing.

20. Longqing Gorge

Tempat wisata di Distrik Yanqing ini merupakan salah satu destinasi wisata hits bagi pelancong. Kawasan ini terkenal karena memiliki panorama canyon, gunung, dan sungai. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan di atas kapal pesiar, bahkan kereta gantung yang bisa membawamu ke puncak gunung.

21. Hongya Cave (Hongyadong)

Kamu penyuka film Jepang, pernah menonton film Spirited Away? Hongya Cave jadi destinasi wisata di Kota Chongqing yang wajib dikunjungi. Tampilan Hongya Cave serupa dengan lokasi di film Spirited Away dan sudah ada sejak lebih dari 2.300 tahun lalu. Di sini, kamu dapat menyaksikan budaya China, memandangi indahnya pemandangan sungai, dan mencicipi kuliner lezat.

22. Sungai Yangtze

Mencari destinasi wisata di Kota Chongqing? Coba kunjungi Sungai Yangtze yang merupakan sungai ketiga terbesar di dunia setelah Sungai Nil di Afrika dan Amazon di Amerika Selatan. Sungai yang memiliki panjang kurang lebih 6.380 kilometer ini memiliki bendungan yang digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia.

23. Jiefangbei Square

Liburan ke Kota Chongqing tanpa berbelanja? Sayang banget! Kamu bisa berkunjung ke Jiefangbei Square yang merupakan distrik bisnis paling sibuk di bagian barat China. Tempat wisata yang wajib dikunjungi para hobi berbelanja ini memiliki berbagai shopping center yang menjajakan barang bermerek. Selain berbelanja, kamu juga bisa mencicipi beragam kuliner di Jiefangbei CBD.

24. Kebun Binatang Chongqing

Mencari wisata anak di Kota Chongqing? Kamu bisa mengunjungi kebun binatang Chongqing. Di sini, kamu dapat melihat panda yang memang habitatnya di Chongqing. Luas area kebun binatang ini pun 45 hektar yang juga digunakan sebagai tempat perlindungan serta penelitian hewan.

25. Yuanduan

Tempat wisata di Kota Chongqing ini memiliki konsep wisata alam menarik yang wajib dikunjungi. Soalnya, hal menarik dari tempat ini adalah adanya jembatan atau jalur pejalan kaki dengan bentuk tapal kuda. Jalur tersebut menggantung di ujung tebing yang memiliki ketinggian di atas 2.350 kaki.

26. Museum Chongqing

Salah satu tempat wisata di Chongqing yang wajib dikunjungi adalah Museum Chongqing. Museum yang sudah berdiri sejak tahun 1955 ini memiliki luas sekitar 5.500 meter persegi dan memiliki setidaknya lebih dari 40 area pameran yang lengkap. Terdapat banyak antik yang dipajang sebagai gambaran dari peninggalan budaya Ba-Shu. Ada juga beberapa lukisan yang bisa dilihat dari berbagai dinasti.

27. Huguang Assembly Hall

Mencari destinasi wisata keluarga yang cocok di Kota Chongqing? Mungkin Huguan Assembly Hall bisa jadi salah satu alternatif liburanmu bersama keluarga. Tempat wisata ini merupakan bangunan tradisional yang dulunya pernah digunakan sebagai pusat bisnis, kebudayaan, dan pertemuan di Chongqing. Hal menarik yang jarang diketahui pelancong dari tempat ini adalah adanya teater di dalamnya. Teater ini akan menampilkan opera topeng Sihuan.

28. Ciqikou

Ciqikou merupakan kota tua yang dibangun pada Dinasti Qing dan Ming. Tempat wisata di Chongqing ini cocok untuk wisata keluarga karena tidak ada biaya masuk. Ciqikou memiliki karakteristik tradisional dan budaya khas yang bersatu dengan gunung, sungai, dan bangunan lain di sekitarnya.

29. Tianjin Eye

Kalau kamu pernah mengunjungi Singapura, pasti tidak akan melewatkan Singapore Flyer. Begitu juga di Tianjin yang memiliki Tianjin Eye. Objek wisata yang terkenal di Kota Tianjin ini dibangun pada tahun 2008 dan merupakan satu-satunya Ferris Wheel di dunia yang berada di atas jembatan. Tianjin Eye memiliki diameter roda sekitar 120 meter yang melewati sungai Hai.

30. Wudadao

Wudadao atau yang lebih dikenal dengan Lima Jalan Besar, merupakan eksposisi arsitektur internasional di Tianjin yang terdiri dari sekitar 2.000 villa. Bangunan-bangunan tersebut memiliki berbagai arsitektur bergaya barat dan dibangun pada sekitar tahun 1920-an dan 1930-an. Adapun tempat wisata keluarga ini cocok untuk mempelajari sejarah daerah Kota Tianjin.

Cara Menuju ke Tiongkok

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Tiongkok adalah dengan:

Pesawat

Ini adalah cara tercepat untuk mencapai kota manapun di Tiongkok jika kamu berangkat dari luar negeri. Hampir setiap kota besar di Tiongkok memiliki bandara internasional dengan fasilitas lengkap, seperti Kota Beijing, Shanghai, dan Guangzhou.

Kereta

Kamu bisa berangkat dari beberapa negara tetangga ke Tiongkok dengan kereta, termasuk dari beberapa negara di Eropa. Contohnya, Kazakhstan dan Central Asia dapat terhubung dengan kereta api ke Urumqi di Xinjiang.

Akomodasi di Tiongkok

Ada berbagai jenis penginapan di Tiongkok, namun yang akan paling banyak kamu temui, terutama di kota-kota besar, adalah hotel di gedung-gedung bertingkat. Kamu bisa memesannya di tiket.com sekarang untuk harga yang terjangkau dan promo yang menarik!

Spot Instagram-able di Tiongkok

Tiongkok memiliki banyak lokasi wisata yang sangat cocok dijadikan spot foto, baik karena arsitekturnya maupun pemandangannya yang indah. Beberapa di antaranya adalah Shanghai Film Park, Qibao, The Oriental Pearl Tower, Tianzifang, The Bund, Umbrella Museum, Dragon, Well Tea Village, Qinghefang Ancient Street, Zhejiang Village, Fenghuang Ancient City (Hunan), dan Tongli Ancient Town (Suzhou).

Kuliner di Tiongkok

Makanan Tiongkok sudah mendunia dan tentu saja kamu perlu mencicipi kelezatannya langsung di negaranya saat kamu berkunjung ke sini. Beberapa hidangan lezat yang wajib kamu coba adalah:

  • Bebek Peking: bebek panggang dengan bumbu yang manis.
  • Jiaozi:  terbuat dari campuran tepung terigu yang sudah diisi dengan daging.
  • Ayam Pengemis : ayam yang dimasak dengan cara dibungkus daun teratai dan tanah liat.
  • Ma Yi Shang Shu : daging sapi yang sudah dicincang halus kemudian ditumis menggunakan mi serta bumbu rempah dan cabai.
  • Bakso Kepala Singa : bakso yang dihidangkan bersama sur sayuran berisi kol, tahu, dan rebung.
  • Chow Mian : mie goreng kering.

Makanan Vegan / Vegetarian

Tidak akan sulit untuk menemukan restoran yang menyediakan makanan vegan dan vegetarian di Tiongkok. Salah satu menu vegetarian yang sering disajikan oleh restoran di Tiongkok adalah Veggie Spring Rolls.

Belanja di Tiongkok

Meskipun ada cukup banyak mal di kota-kota besar, untuk pengalaman belanja yang menyenangkan dan tak terlupakan, ada banyak pasar tradisional dan street market yang tak bisa kamu lewatka. Misalnya saja Yaxiu Market yang berada Chaoyang District, Beijing, lalu Taobao City Shanghai yang menjual banyak produk imitasi dengan harga murah, Cheng Hua Miao Market yang menjual oleh-oleh, produk fesyen, dan makanan, serta Wangfujing yang berisi toko-toko yang menjual produk bermerk hingga yang lebih murah.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Tiongkok

Musim

Seperti negara dengan 4 musim lainnya, waktu terbaik untuk berwisata di negara ini adalah pada musim semi (April - Mei) dan musim gugur (September - Oktober).

Festival

Festival di Tiongkok umumnya sangat mencerminkan budaya lokal yang unik. Kamu bisa menghadiri berbagai acara ini untuk lebih memahami budaya lokal, seperti:

  • Festival Tahun Baru Imlek: perayaan tahun baru dengan menggantung lampion merah, menyiapkan angpao, menyiapkan makan malam keluarga, kembang api, dan barongsai.
  • Festival Cap Go Meh : jatuh setiap tanggal 15 bulan pertama penanggalan Imlek.
  • Festival Ceng Beng : jatuh pada tanggal 5 April kalender Masehi. Acara ini bertujuan mengenang dan menghormati leluhur atau keluarga yang telah meninggal.

Cara Berkeliling di Tiongkok

Untuk berpindah kota, kamu bisa menggunakan pesawat, kereta antar kota, atau juga bus. Rute perjalanan biasanya lebih lengkap dan banyak tersedia jika kamu berangkat dari dan ke kota-kota besar.

Sedangkan untuk berwisata di dalam kota, kamu bisa menggunakan subway. Kereta bawah tanah ini tersedia di kota-kota seperti Beijing, Tianjin, Shanghai, Guangzhou, Shenzhen, Wuhan, Shenyang, Xian, Chengdu dan Nanjing. Kamu bisa juga menggunakan taksi untuk berkeliling di dalam kota.

Seberapa Luas Tiongkok

Negara ini memiliki luas 9,597 juta kilometer persegi dan untuk mengeksplorasi kota-kotanya yang paling menyenangkan serta mencoba berbagai aktivitas seru di China, sebaiknya kamu menghabiskan sekitar 5-7 hari di sini. Selama waktu tersebut, kamu bisa berkunjung ke Tembok Besar China, berkunjung ke Istana Museum yang bersejarah, Forbidden City, berwisata ke kuil bersejarah Temple of Heaven, jalan-jalan di Tiananmen Square, alun-alun kota di pusat Beijing yang merupakan monumen pahlawan rakyat, dan bersantai di Yu Garden, taman luas yang terletak di samping kuil di timur laut kota tua Shanghai.

Kebijakan Visa Tiongkok

Pemegang paspor 18 negara berikut ini tidak memerlukan visa untuk memasuki Tiongkok selama perjalanannya tidak lebih lama dari periode bebas visa yang tercantum di bawah ini.

90 Hari

  • A: Armenia
  • B: Bosnia dan Herzegovina
  • S: San Marino

60 Hari

  • M: Mauritius

30 Hari

  • B: Bahama, Barbados, Belarus,
  • E: Ekuador
  • F: Fiji
  • G: Grenada
  • Q: Qatar
  • S: Serbia, Seychelles
  • T: Tonga
  • U: Uni Emirat Arab

15 Hari

  • B: Brunei
  • J: Jepang
  • S: Singapura

Mata Uang Tiongkok

CNY (Chinese Yuan).

Bahasa di Tiongkok

Bahasa utama dan resmi di sini adalah Bahasa Mandarin.

Zona Waktu Tiongkok

GMT+8.

Jenis Stop Kontak di Tiongkok

Jenis steker yang digunakan adalah tipe A. Tipe ini memiliki 2 pin paralel datar. Biasa digunakan juga di berbagai wilayah Asia seperti Bangladesh, Kamboja, Filipina, Jepang, Myanmar, Taiwan, Thailand, Maldives dan Vietnam.

Informasi Penting Tentang Tiongkok

  1. Berjalanlah searah jarum jam saat melakukan tur klenteng atau biara.
  2. Lepaskan topimu saat memasuki kuil sebagai tanda hormat.
  3. Jangan memotret tanpa izin.
  4. Jangan berjabat tangan terlalu kuat karena orang bisa menganggapmu terlalu agresif.
  5. Jika kamu berkunjung ke sebuah kuil bersejarah atau tempat suci lainnya, kenakan pakaian yang sopan dan tertutup.
  6. Udara di musim semi dan gugur umumnya cukup sejuk dan bahkan dingin. Sebaiknya kamu menggunakan pakaian yang berlapis dengan luaran yang mudah dilepas, seperti jaket dan syal.
  7. Di musim dingin, kenakanlah pakaian yang tebal, berlapis, dan tertutup. Bawa juga sarung tangan, penutup telinga, dan kaus kaki.
  8. Kenakan pakaian yang lebih santai dan terbuka di musim panas namun tetap sopan.

Destinasi Favorit di China