Australia
Tentang

Tidak bisa dipungkiri bahwa Australia merupakan salah satu negara yang sangat menarik untuk dikunjungi sebagai destinasi liburan. Negara ini diberkahi dengan banyak sekali keindahan alam, satwa liar, pantai, hingga kota yang sangat maju. Tidak heran jika banyak sekali tempat wisata di Australia yang menawarkan keseruan, terutama bagi kamu yang sangat menyukai petualangan.


Satu hal yang pasti bahwa Australia merupakan rumah dari banyak sekali keajaiban alam. Beberapa di antaranya memiliki kesan mistis, tapi ada juga yang kecantikannya sulit diutarakan dengan kata-kata. Salah satu tempat wisata alam yang terkenal di Australia adalah Great Barrier Reef yang keindahannya bahkan tetap bisa terlihat meskipun dari luar angkasa.


Selain itu, keindahan alam yang tersimpan di Australia juga ada pada pantai-pantainya. Negara ini bahkan memegang beberapa pantai terbaik di dunia. Mulai dari pantai yang memiliki air laut jernih dan pasir putih, hingga pantai yang menjadi surga bagi para peselancar semuanya bisa kamu temukan di Australia.


Kemudian, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Australia juga menjadi tempat tujuan bagi mereka yang menyukai petualangan. Di sini kamu bisa memilih untuk menjelajah hutan belantara yang ada di pedalaman, bermain selancar di beragam pantai dengan keunikannya masing-masing, snorkeling di Great Barrier Reef, berlayar di lautan, atau mungkin mencoba semuanya. Pastinya kamu akan sangat dimanja dengan semua tantangan yang dimiliki oleh negara ini.


Bukan hanya keindahan alamnya saja, pusat kota di Australia juga bisa bikin kamu terpikat. Mulai dari suasana meriah di Sydney, surga pecinta kopi di Melbourne, hingga Adelaide yang lokasinya dekat pantai-pantai nan cantik, semuanya menawarkan kekhasannya masing-masing yang bisa membuat liburanmu semakin berkesan.


Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Australia

Informasi mengenai tempat wisata di Australia.

Apa itu tiket CLEAN di Australia?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Australia tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Australia yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN" di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Australia

Australia adalah negara yang terkenal dengan pantai-pantainya yang cantik dan cocok untuk olahraga air, pesona alam, serta hewan-hewan unik dan langka yang mungkin tidak bisa kamu temukan di negara lain.

Selain pantai-pantainya, kamu juga bisa berwisata di pusat kota di kota-kota besar dan metropolitan di sini, seperti Melbourne, Sydney, dan Perth.

Australia cocok dikunjungi bersama rombongan teman-teman karena banyaknya aktivitas seru yang bisa dicoba bersama-sama.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Australia

Australia terkenal sebagai salah satu destinasi wisata alam terbaik. Alasannya tentu adalah koleksi pantai-pantainya yang tiada habisnya. Ada banyak sekali pantai cantik, terutama dengan ombat hebat untuk berselancar, yang bisa kamu kunjungi, baik untuk menikmati waktumu secara santai atau mengumpulkan foto-foto pemandangan keren. Selain itu, Australia juga memiliki banyak tempat wisata modern, seperti theme park dan kebun binatang dengan hewan-hewannya yang terkenal, untuk seluruh anggota keluarga!

1. Pantai Bondi

Pantai Bondi bisa dibilang merupakan salah satu objek wisata di Australia yang paling ternama. Hal ini terutama di kalangan peselancar. Ombaknya tinggi dan kencang sehingga menantang dan menyenangkan untuk peselancar berpengalaman. Selain di pantainya, kamu juga bisa bersantai di kolam renang air asin di sana, yaitu Bondi Icebergs Pool.

2. Pantai Bronte

Untuk kamu yang ingin berwisata ke pantai yang tidak terlalu ramai untuk bersantai, kamu bisa ke Pantai Bronte. Ombaknya cukup menantang sehingga tempat ini memang kurang cocok untuk peselancar pemula, tapi cocok untuk yang sudah berpengalaman. Selain itu, kamu bisa juga berenang di Bronte Baths, kolam renang air asin dengan sauna.

3. Pantai Teluk Byron

Untuk kamu yang ingin jalan-jalan santai ditemani pemandangan alam terbuka yang indah, tempat ini bisa menjadi tujuan utamamu! Sudah ada jalur pejalan kaki yang baik untuk semua pengunjung. Selain itu, daya tarik lainnya adalah mercusuar putih yang masih berdiri kokoh sejak pembangunannya di tahun 1881.

4. Sydney Opera House

Saat berkunjung ke Sydney, kamu tentu harus mampir ke tempat wisata yang wajib dikunjungi: Sydney Opera House. Bangunan luarnya biasanya menjadi spot instagramable favorit turis dari luar. Dengan bentuk seperti kerang laut, tak heran bangunan megah ini menjadi ikon yang terkenal dari Kota Sydney. Selain untuk foto-foto, tempat ini juga menjadi lokasi diadakannya acara berkelas dan keren, seperti pertunjukan teater, pameran seni, dan lain-lain. Di area luarnya pun, ada banyak restoran di mana kamu bisa mencicipi kuliner lokal dengan pemandangan yang indah.

5. Queen Victoria Building

Soal belanja di Sydney, kamu bisa mampir ke Queen Victoria Building. Tempat ini menampung kurang lebih 200 toko yang bisa kamu tuju untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan. Sebagai informasi, bangunan ini juga memiliki nilai sejarahnya sendiri karena telah berdiri selama lebih dari 1 abad sebagai pusat perbelanjaan (dulunya merupakan aula pasar dan sempat hancur sebelum dibangun kembal).

6. Sovereign Hill, Ballarat

Tempat ini bisa dibilang adalah sebuah ‘museum hidup’ yang mengenang Gold Rush Era di Melbourne, Australia. Gold Rush Era sendiri adalah periode kejayaan tambang emas di Melbourne yang bahkan menarik perhatian penambang emas internasional. Kini, para pengunjung masig bisa menambang emas di lokasi ini, meski tentu saja ukuran emas yang mungkin ditemukan kecil.

7. Sydney Harbour Bridge

Jembatan yang satu ini adalah tempat wisata di Australia yang tidak hanya bisa dikagumi dari jauh, tapi bisa kamu panjat juga! Dengan peralatan berkualitas, keamanan yang terjamin, serta pemandu profesional, kamu bisa mendaki jalur khusus untuk mencapai puncaknya. Dari sana, silakan nikmati pemandangan kota yang cantik dari ketinggian.

8. Royal Botanic Garden Sydney

Tempat outdoor dan terbuka ini cocok untuk kamu yang ingin jalan-jalan santai di tempat yang rindang dan juga yang murah, karena biaya masuknya gratis. Luasnya mencapai 30 hektar dan ada beberapa bagian area taman berdasarkan temanya. Beberapa di antaranya adalah kebun palem, bunga anggrek, dan lain-lain.

9. Whitsunday Islands

Kepulauan yang satu ini merupakan koleksi 74 pulau yang ada di tengah Great Barrier Reef. Salah satu lokasi paling terkenal di sini adalah Whitehaven Beach yang mendapat namanya dari hamparan pasir putihnya yang sangat jernih. Selain jalan-jalan di pantai, kamu juga bisa mencoba menyelam atau snorkeling untuk melihat keindahan biota laut di perairan yang jernih dan indah.

10. Camden Valley

Terbang tidak harus selalu menakutkan! Di Camden Valley, kamu bisa mencoba naik balon udara yang aman dan bergerak dengan santai untuk menikmati pemandangan kota dari ketinggian. Kamu pun bisa naik balon udara ini bersama rombonganmu karena kapasitasnya yang besar.

11. Sydney Tower Eye

Satu lagi lokasi di mana kamu bisa melihat pemandangan kota dari ketinggian dengan aman, dan kali ini tanpa sensasi melayang. Sydney Tower Eye, menara tertinggi di kota ini, menawarkan observation deck yang memberikan akses pemandangan kota yang indah. Jika ingin lebih, kamu bisa juga ke SKYWALK, sebuah platform dari kaca transparan untuk melihat pemandangan kota dengan lebih jelas lagi. Staf profesional dan peralatan keamanan berkualitas tinggi siap menjagamu selama aktivitas ini.

12. Healesville Sanctuary

Di Healesville Sanctuary, kamu bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan Australia yang terkenal, seperti koala dan kanguru tanpa batasan kandang atau pagar. Hewan-hewan ini hidup dengan bebas di lokasi ini, namun tentu saja tetap dalam pengawasan staf profesional.

13. Blue Mountains National Park

Untuk kamu yang menyukai petualangan di tempat wisata alam yang indah, taman nasional di New South Wales ini bisa menjadi destinasi utamamu! Three Sisters (formasi batu setinggi 900 meter di atas Lembah Jamison) yang terkenal ada di sini. Dan beberapa kegiatan favorit yang bisa kamu coba adalah panjat tebing dan abseiling.

14. Pantai Cronulla

Pantai ini sering menjadi destinasi utama para peselancar karena aksesnya yang mudah. Sebagai satu-satunya pantai di Sydney yang bisa dicapai menggunakan kereta, kamu tidak perlu repot-repot memikirkan tentang spot parkir. Begitu tiba, langsung saja berenang dan berselancar!

15. Brisbane River Floating Walkway

Ingin jalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan Sungai Brisbane yang cantik? Kamu bisa menyusuri Brisbane River Floating Walkway. Jalurnya mudah disusuri dan pemandangannya menyegarkan. Banyak wisatawan yang berkunjung menjelang matahari terbenam untuk pemandangan yang maksimal.

16. Taronga Zoo Sydney

Hewan-hewan yang berhabitat di Australia, seperti koala, memang sudah mendunia. Kamu bisa menemukannya di kebun binatang non-profit yang ada di Sydney ini. Selain koala yang imut, ada juga jerapah dan 4000 ekor hewan lainnya di sini. Karena letaknya yang strategis, kamu juga bisa melihat Sydney Harbour yang keren dari sini!

17. SEA LIFE Sydney Aquarium

Soal hewan laut di Sydney, kamu bisa langsung ke SEA LIFE Sydney Aquarium. Selain melihat-lihat spesies hewan laut yang menakjubkan, kamu juga bisa berenang bersama hiu di sini tanpa kandang besi. Yang menjadikan aktivitas ini unik dan berbeda di banding yang lain adalah kamu bisa berenang dengan berbagai jenis ikan hiu di satu kolam yang sama.

18. Darling Harbour

Di Kota Sydney yang cantik, kamu perlu menemukan spot terbaik untuk bisa benar-benar menikmati pemandangannya, dan Darling Harbour adalah salah satunya. Dari tempat ini, kamu bisa melihat panorama pelabuhan dan pesisir pantai yang cantik. Selain jalan-jalan santai di sini, kamu juga bisa mengeksplorasi wisata kulinernya serta berbelanja.

19. Cable Beach, Broome

Meski bukan pantai untuk berselancar, Cable Beach yang terletak di Broome ini adalah salah satu yang paling terkenal. Hamparan pasir putih serta bentangan Samudera Hindia di pantai ini menawarkan pemandangan yang tiada duanya. Salah satu daya tarik utamanya adalah kamu bisa mengeksplorasi tempat ini dengan menunggang unta. Selain itu, ada juga transportasi bermotor roda empat sebagai pilihan sarana eksplorasi kedua.

20. Purnululu National Park

Tempat wisata alam yang tersebar di Australia sangat banyak, dan Purnululu National Park adalah lokasi salah satunya. Daya tarik utama dari tempat ini tentu adalah Bungle Bungle Range, yaitu kubah batu pasir berwarna oranye yang bentuknya menyerupai sarang lebah. Tidak heran jika tempat ini menjadi salah satu spot instagramable yang unik dan patut dikunjungi.

21. Kakadu National Park

Untuk menikmati tempat wisata alam di Australia, tentu kamu tidak boleh melewatkan taman nasional terbesarnya yang terletak 3 jam dari Darwin ini. Selain pemandangan alamnya, tempat ini juga menjadi rumah bagi berbagai spesies satwa liar, seperti dingo, walabi, dan buaya. Daya tarik lainnya adalah karya seni suku Aborigin yang telah berusia puluhan ribu tahun di sini.

22. Daintree Rainforest

Bicara soal tempat wisata alam yang menyegarkan dan indah, tentu tidak boleh melewatkan Daintree Rainforest. Hutan hujan dengan area sebesar 1.200 kilometer persegi ini menawarkan pemandangan alam yang sangat cantik, cuaca yang sejuk, dan tentu saja, suasana yang menyegarkan.

23. Kings Park and Botanic Garden

Jika kamu butuh tempat yang segar dan santai di tengah Kota Perth, kamu bisa langsung ke Kings Park and Botanic Garden. Tempat sebesar 400 hektar ini dihiasi dengan 324 spesies tanaman yang indah serta menjadi rumah bagi 80 spesies burung. Selain flora dan fauna, tempat ini juga menawarkan pemandangan yang cantik, yaitu panorama Swan River dan Darling Range. Kamu bisa jalan-jalan dan duduk-duduk santai sambil menikmati hari yang cerah di sini bersama orang tersayang.

24. Ayers Rock

Sebagai salah satu monolit terbesar di dunia, dengan tinggi 340 meter, dan warna batu yang berubah saat matahari terbenam, tak heran jika tempat ini menjadi tujuan favorit banyak wisatawan. Kamu bisa melihat keindahan alam ini di Uluru-Kata Tjuta National Park (Northern Territory). Selain itu, karena tempat ini dianggap sebagai tempat suci bagi Suku Aborigin, pastikan kamu tidak merusak atau mengotori lokasi sama sekali saat berkunjung, ya!

25. Warner Bros. Movie World

Kalau kamu pecinta film dan juga theme park, tempat ini wajib kamu kunjungi! Sesuai namanya, theme park ini menghadirkan wahana-wahana menyenangkan untuk semua anggota keluarga yang terinspirasi dari karakter-karakter serta film Warner Bros. Studios. Beberapa di antaranya adalah Green Lantern Coaster, Arkham Asylum, dan Batwing Spaceshot.

26. Kangaroo Island

Sesuai dengan namanya, daya tarik utama pulau ini adalah hewan kanguru yang tinggal di sini. Kamu bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan lucu ini dan juga hewan-hewan Australia lainnya, seperti walabi tammar, posum brushtail, dan banyak lagi. Pulau ini juga menawarkan pemandangan laut yang cantik.

27. Fraser Island

Pulau pasir di Queensland ini adalah yang terbesar di seluruh dunia. Pemandangan yang bisa kamu antisipasi adalah bukit pasir, tebing pasir, danau-danau air tawar, serta hutan hujan. Pemandangan alamnya benar-benar tiada duanya karena pulau ini masih sangat bersih dan asri, dihuni oleh sedikit manusia, dan lebih banyak dihuni oleh anjing.

28. Danau Hut Lagoon

Sering juga disebut Pink Lake atau Danau Merah Muda, tempat ini terkenal karena airnya berwarna merah muda secara alami. Hal ini disebabkan oleh alga di dalam air danau. Kamu yang mencari spot instagramable alami yang unik, tempat ini bisa menjadi destinasi utamamu!

29. Great Ocean Road

Terletak di negara bagian Victoria, jalur ini sering menjadi jalur berkendara favorit para wisatawan. Kamu bisa menyetir dengan santai sepanjang jalan sambil menikmati pemandangan alam, seperti pantai, atau bahkan sejumlah satwa liar, sejauh mata memandang. Dengan panjang jalur 243 kilometer, kamu bisa memulai perjalanan dari Torquay, dan menyelesaikannya di Allansford.

30. Luna Park

Luna Park bisa dijadikan destinasi wisata keluarga dan wisata anak yang menyenangkan dan cocok untuk semua usia. Outdoor theme park di Sydney ini menghadirkan berbagai macam wahana klasik yang menyenangkan, seperti roller coaster, merry-go-round, dan bianglala.

Cara Menuju ke Australia

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Australia adalah dengan:

Pesawat

Ini adalah cara paling praktis untuk mencapai kota-kota di Australia karena negara ini berada di pulau sendiri yang tidak bersebelahan dengan banyak negara. Kota-kota besar di Australia memiliki bandara internasional besar yang melayani penerbangan internasional dan domestik.

Akomodasi di Australia

Australia menyediakan banyak jenis akomodasi, mulai dari yang mewah hingga yang lebih terjangkau harganya. Selain hotel, kamu bisa dengan mudah menemukan villa, apartemen, dan homestay. Pesan hotel di Australia di tiket.com sekarang untuk harga terbaik.

Spot Instagram-able di Australia

Setiap kota di Australia menawarkan spot-spot foto yang unik dan menarik, terutama pantai-pantainya. Beberapa yang bisa kamu temukan di Melbourne adalah Flinders Street Station dan The State Library of Victoria. Kemudian, di Sydney, kamu bisa berkunjung ke Carriageworks, Royal National Parks, Stockton Sand Dunes, Ground of Alexandria, Museum of Contemporary Art Sydney, dan Central Park Sydney. Di Gold Coast, kamu bisa mengoleksi foto-foto keren di Tallabudgera Creek, Rainbow Bay, Burleigh Heads, Surfers Paradise, dan Coolangatta.

Kuliner di Australia

Australia menghadirkan berbagai makanan lokal yang lezat dan bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai kota. Beberapa di antaranya adalah Pavlova (kue busa dengan topping buah-buahan), Lamington Australia (kue lembut dengan balutan cokelat dan taburan kelapa), The Lot (burger Australia yang berisi daging, selada, tomat, keju, akar bit, dan nanas), Pai Daging, Pie Floater (sup kacang polong dengan pai daging dan saus tomat di atasnya), Vegemite (selai khas Australia), dan Barramundi (ikan kakap putih dengan daging tebal dan rasa yang manis dan gurih setelah dimasak).

Makanan Vegan / Vegetarian

Restoran vegan dan vegetarian banyak tersedia di masing-masing kota di Australia, terutama kota-kota besar. Selain itu, kamu bisa juga membeli bahan makanan sendiri di pasar atau supermarket dan memasaknya sendiri di penginapanmu.

Belanja di Australia

Setiap kota di Australia, terutama kota-kota besar, seperti Sydney dan Melbourne, memiliki banyak tempat perbelanjaan yang menarik. Mulai dari mal besar hingga pusat perbelanjaan outdoor.

Produk yang bisa kamu beli bervariasi, mulai dari barang-barang fashion lokal atau internasional, hingga camilan khas Australia.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Australia

Musim

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Australia adalah antara bulan September dan November dan antara bulan Maret dan Mei. Cuaca di bulan-bulan ini tidak terlalu panas atau terlalu dingin dan cocok untuk wisata outdoor.

Festival

Salah satu festival terbesar di sini adalah perayaan tahun baru setiap tanggal 31 Desember di kota-kota besar Australia. Salah satu kota yang paling terkenal dengan perayaan tahun barunya adalah Sydney. Kamu bisa menyaksikan perayaan besar-besaran ini dari tempat-tempat ikonik di kota.

Cara Berkeliling di Australia

Hampir semua kota di Australia bisa kamu eksplorasi dengan berjalan kaki dan bersepeda. Namun, kota-kota ini juga memiliki sistem transportasi yang lengkap dan bagus, seperti bus, tram, dan kereta. Tersedia juga kartu khusus yang bisa kamu gunakan untuk membayar tarif perjalanan.

Untuk berpindah dari satu kota ke kota lain, kamu bisa menggunakan pesawat, bus, kereta, feri, atau menyetir mobil sendiri.

Seberapa Luas Australia

Dengan luas 7.692 juta kilometer persegi dan banyaknya tempat wisata di Australia yang bisa kamu kunjungi, sebaiknya kamu menghabiskan satu minggu hingga 10 hari di sini. Selama waktu tersebut, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas seru di Australia yang mungkin tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Beberapa di antaranya adalah berselancar di pantai-pantai Australia yang paling terkenal, seperti Crescent Head, The Pass di Byron Bay, Bells Beach, dan Gold Coast, berinteraksi dengan margasatwa Australia yang terkenal, seperti kanguru dan koala di berbagai kebun binatang Australia, bermain seharian di theme park dan waterpark, seperti Luna Park, naik balon udara di Canberra, dan arung jeram di Franklin River.

Kebijakan Visa Australia

Kecuali kamu adalah pemegang paspor Australia atau Selandia Baru, kamu perlu mengajukan visa untuk masuk ke Australia. Pemegang paspor Selandia Baru juga bisa mengajukan visa on arrival. Jenis visa yang tersedia adalah eVisitor (berlaku untuk sejumlah warga Eropa dan tidak bisa diperpanjang), Electronic Travel Authority visa (berlaku untuk sejumlah negara saja, dengan visa ini, kamu bisa tinggal di Australia hingga 3 bulan untuk sekali kunjungan dan kamu bisa berkunjung kembali ke Australia sebanyak yang kamu mau dalam 1 tahun), dan Visitor visa (berlaku untuk nasionalitas lain yang tidak bisa mengajukan kedua jenis visa sebelumnya).

Mata Uang Australia

AUD (Dolar Australia)

Bahasa di Australia

Bahasa utama dan resmi di sini adalah Bahasa Inggris.

Zona Waktu Australia

Ada tiga zona waktu di Australia, yaitu GMT+10 (timur), GMT+9.5 (tengah), dan GMT+8 (barat).

Jenis Stop Kontak Australia

Jenis steker yang digunakan di Australia adalah tipe I. Tipe ini memiliki tiga pin datar dalam pola segitiga. Australia beroperasi pada tegangan pasokan 230V dan 50Hz.

Informasi Penting Tentang Australia

  1. Cuaca di Australia umumnya hangat dan lembab sepanjang tahun. Oleh karena itu, kenakanlah pakaian yang lebih tipis dan pendek, seperti kaus tanpa lengan atau kaus lengan pendek, celana pendek, rok, dan sandal.
  2. Jangan minum minuman beralkohol di tempat umum.
  3. Memberikan tip ke staf tidak wajib.