Saatnya Bertualang!

Cek rekomendasi aktivitas keren di berbagai negara, kuy!

Aktivitas tur menarik

Jelajahi beragam destinasi wisata populer dengan paket tur pilihan ini.

Tes COVID-19 Terdekat

Nggak perlu ribet, pesan berbagai jenis tes COVID-19 terdekat dari lokasimu dengan mudah.

tiket FLEXI

Nikmati masa berlaku voucher lebih panjang. Pesan sekarang, liburannya bisa kapan-kapan.

Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya

Ayo jalan-jalan ke Surabaya! Surabaya atau yang juga dikenal sebagai kota Pahlawan ini adalah ibukota Provinsi Jawa Timur. Kota Surabaya merupakan kota metropolitan yang menjadi bagian dari area Gerbangkertosusila.

Sebagai kota terbesar di Jawa Timur, tentu kamu bisa mendapatkan banyak hal baru jika berkunjung ke Surabaya. Banyak tempat wisata di Surabaya yang bisa kamu kunjungi dengan memesan tiket to do dari tiket.com.

Selain dikenal sebagai kota metropolitan, kota Surabaya juga merupakan sebuah kota pelabuhan. Pelabuhan besar di kota ini adalah Pelabuhan Tanjung Perak. Tidak hanya pelabuhan, Kota Surabaya juga memiliki bandara yang disebut sebagai Bandar Udara Internasional Juanda. Untuk sarana transportasi darat, Surabaya memiliki terminal bus antar kota terbesar di Asia Tenggara yang disebut Terminal Purabaya.

Mudahnya sarana dan akses transportasi menuju kota Surabaya telah menjadi salah satu alasan bagi wisatawan untuk berkunjung ke kota Pahlawan ini. Sebagai kota metropolitan, banyak hotel di Surabaya yang bisa kamu pesan di tiket.com sebagai akomodasi liburan kamu.

Surabaya memang punya banyak pesona wisata yang bisa kamu andalkan, sobat tiket. Kota ini memiliki banyak mall dan pusat perbelanjaan besar untuk memuaskan hobi kamu yang suka berbelanja.

Tidak hanya itu, kota ini juga memiliki kekayaan kuliner yang istimewa. Sebutkan saja beberapa kuliner legendaris seperti Lontong Balap, Sate Klopo, Rujak Cingur, Tahu Tek, dan lain-lain.

Kamu pasti semakin tidak bisa menolak untuk berlibur ke kota Pahlawan ini. Pesan tiket to do di tiket.com untuk menikmati asyiknya liburan di kota Surabaya. Karena itu, jangan lama-lama. Ayo berangkat ke Surabaya, sobat tiket! Segera pesan tiket yang kamu butuhkan untuk menikmati asyiknya liburan di Surabaya bersama tiket.com.

Surabaya
Tentang

15 Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya Yang Lagi Hits

Tempat wisata di Surabaya selalu memberikan kesan yang indah, kota ini kental akan perjuangan Indonesia, dikenal sebagai kota Pahlawan, Surabaya merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur. Nah, berubahnya zaman, membuat kota Surabaya dikenal sebagai tempat liburan terdekat dari Jakarta, Malang, Bandung, Semarang, dan berbagai kota lainnya di Indonesia. Banyaknya wisata alam, wisata atraksi, tempat bermain anak, hingga berbagai event musik Surabaya, kota Surabaya dinobatkan sebagai destinasi wisata paling populer di Indonesia.

Wisata Surabaya memang punya banyak pesona yang bisa kamu andalkan. Kota ini memiliki banyak mall dan pusat perbelanjaan besar untuk memuaskan hobi kamu yang suka berbelanja. Selain itu, tempat wisata di Surabaya juga menyimpan berbagai deretan wisata alam, termasuk di Surabaya ada pantai terdekat yang wajib kamu kunjungi, seperti:

  • Pantai Kenjeran Baru
  • Pantai Kenjeran Lama
  • Pantai Delegan
  • Pantai Gili Labak
  • Pantai Kutang
  • Pantai Siring Kemuning

Tempat wisata di Surabaya tidak hanya wisata pantai saja untuk dinikmati bersama keluarga, jangan lupa ajak si kecil ketika jalan-jalan ke Surabaya bermain di tempat yang seru seperti:

Yang pasti, jangan sampai lupa ada banyak jajanan khas Surabaya yang wajib kamu coba, apa saja makanan khas Surabaya? Simak daftarnya dibawah:

  • Sate Karak
  • Rujak Cingur
  • Nasi Krawu
  • Lontong Balap
  • Bebek Mercon Surabaya
  • Soto Lamgongan Cak Har

Kalau udah mencoba makanan khas dari Surabaya, yuk coba minuman khas Surabaya yang dingin, tentunya diracik dengan selera lidah Indonesia, yaitu:

  • Pusat Degan
  • Es Pisang Ijo
  • Es Oyen
  • Es Campur Tidar
  • Es Sinom
  • Es Pacar Keling

Ayo jalan-jalan ke Surabaya ke Surabaya! Ada banyak tempat menarik di Surabaya yang bisa kamu kunjungi, selain itu ada banyak tempat spot foto di Surabaya yang sayang bila tidak di abadikan. Liburan di Surabaya akan lebih mudah dengan rencanakan perjalananmu ke Surabaya melalui tiket.com, selain bisa pesan tiket wisata Surabaya, aplikasi tiket.com juga sediakan beragam hotel murah di Surabaya, hotel bintang 4 Surabaya, hingga hotel bintang 5 Surabaya yang sesuai dengan budget kamu. Yuk wisata ke Surabaya dengan pesan tiket pesawat ke Surabaya atau pesan tiket kereta api tujuan Surabaya untuk menikmati asiknya liburan di Surabaya bersama tiket.com.

Cara Menuju Surabaya

Tempat wisata di Surabaya bisa kamu capai dengan pesan tiket pesawat melalui tiket.com. Di Surabaya, tersedia Bandara Internasional Juanda yang menerima kedatangan pesawat internastional atau domestik, penerbangan langsung dari Jakarta ke Bandara Internasional Juanda memerlukan waktu 1 jam 20 menit. Selain itu, kereta api juga bisa menjadi pilihan transportasi praktis ke Surabaya, ada dua stasiun utama yaitu Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Surabaya Gubeng, yang menerima kedatangan kereta domestik dari berbagai daerah. Transportasi berikutnya menggunakan mobil pribadi, bila berangkat dari Jakarta, bisa melalui Tol Trans Jawa dengan lama perjalanan 9 jam 51 menit.

Daftar Wisata Surabaya

1. Taman Safari Indonesia II Jatim

Tempat wisata di Surabaya yang pertama ada Taman Safari Indonesia II Jatim. Tempat ini menyuguhkan kehidupan satwa liar seperti lumba-lumba, gajah sumatera, dan bayi gajah juga, ingin yang lebih asyik lagi? Kamu juga akan mengikuti perjalanan safari dan berkendara melihat kehidupan hewan-hewan liar. Nggak cuma itu, kamu juga bisa memberi makan hewan-hewan yang ada, seru bukan? Beli tiket masuk Taman Safari Indonesia II Jatim di tiket.com, harga mulai dari Rp135.000.

  • Lokasi: RT.12/RW.06, Gn. Princi, Jatiarjo, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 09:00 - 16:00

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek katalog paket halaman ini untuk harga lebih update di Tiket.com

2. Kidzania Surabaya

Wisata di Surabaya berikutnya Kidzania Surabaya, cocok sebagai tempat bermain anak untuk mempraktikkan langsung profesi impiannya, seperti pilot, pramugari/ pramugara, dokter gigi, pesulap, wartawan, dan sebagainya. Berbeda dengan tempat rekreasi anak lainnya, Kidzania Surabaya memiliki konsep kota mininya yang mengagumkan. "Kota Mini" ini diisi dengan bangunan, jalan raya, kendaraan, dan berbagai fasilitas lain layaknya sebuah kota metropolitan biasa.

  • Lokasi: Lagoon Avenue Mall, Dukuh Pakis, Kec. Dukuhpakis, Kota SBY, Jawa Timur
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 12:00 - 17

3. Trans Studio Mini Rungkut Surabaya

Kalau kamu berwisata dengan anak dan keluarga, Trans Studio Mini Rungkut Surabaya wajib kamu kunjungi. Ada banyak permainan yang cocok untuk dewasa dan anak-anak, mulai dari wahana yang menenangkan dan santai hingga wahana yang memacu adrenalin. Harga tiket masuk Trans Studio Mini Rungkut Surabaya mulaid dari Rp66.000

  • Lokasi: Transmart Rungkut Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 09:00 - 22:00

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek katalog paket halaman ini untuk harga lebih update di Tiket.com

4. Hutan Bambu Surabaya

Ini dia wisata di Surabaya seperti di Jepang, yaitu Hutam Bambu Surabaya. Dulunya tempat ini merupakan tempat pembuangan sampah yang kemudian disulap oleh pemerintah menjadi destinasi wisata yang indah dan wisata alam yang terkenal di Surabaya. Jangan heran jika kamu menemukan banyak orang di sini berfoto selfie dan bahkan berdandan dengan kimono seperti orang Jepang. Tiket masuk mulai dari Rp5.000

  • Lokasi: Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur
  • Hari & jam buka: 24 jam

5. Masjid Nasional Al Akbar

Kalau kamu mencari wisata religi di Surabaya, yuk berkunjung ke Masjid Al Akbar. Memiliki bangunan megah dan menjadi pemandangan religi yang umum bagi banyak wisatawan. Masjid berkubah biru-hijau ini memang merupakan masjid terbesar di Jawa Timur. Hiasan ukiran kaligrafi juga tampak menghiasi dinding masjid dengan indah. Masjid dengan warna dominan biru ini juga sangat nyaman dan menyejukkan berkat lantai marmer Lampung.

  • Lokasi: Jl. Mesjid Agung Tim. No.1, Pagesangan, Kec. Jambangan, Kota SBY, Jawa Timur
  • Hari & jam buka: 24 jam

6. Jembatan Suramadu

Mencari wisata gratis di Surabaya? Jembatan Suramadu jawabannya! Jembatan terkenal di Surabaya ini menghubungkan Surabaya dengan Madura. Jika kamu berkunjung di pagi atau sore hari, sobat tiket dapat dengan mudah menikmati pemandangan jembatan dengan latar belakang matahari terbit dan terbenam. Sama menariknya, ada banyak kesempatan untuk melihat gambar kota Surabaya malam hari.

  • Lokasi: Jl. Tol Suramadu, Tambak Wedi, Kec. Kenjeran, Kota SBY, Jawa Timur
  • Hari & jam buka: 24 jam

7. Pagoda Tian Ti

Destinasi wisata Surabaya berikutnya bernama Pagoda Tian Ti, objek wisata ini memiliki Candi

berstruktur puncak menara sengaja dibangun sebagai objek wisata, bukan sebagai tempat peribadatan. Wisata di kawasan Kenjieran Park ini memiliki warna dominan merah yang terinspirasi dari bangunan Temple of Heaven atau Kuil Surga di Kota Beijing. Tiket masuk mulai dari Rp15.000

  • Lokasi: Jalan Sukolilo No.100, Sukolilo Baru, Kec. Bulak, Kota SBY, Jawa Timur
  • Hari & jam buka: 24 jam

8. Surabaya North Quay

Cukup menempuh 30 menit ada wisata terdekat dari Pagoda Tian Ti yaitu Surabaya North Quay. Objek wisata di Surabaya ini terletak dekat dari Tanjung Perak Surabaya. Di Surabaya North Quay, kamu bisa melihat kapal-kapal mewah melintas, wisata kuliner, dan memiliki spot terbaik untuk menunggu sunset yang indah. Tiket masuk mulai dari Rp10.000

  • Lokasi: Perak Utara, Kec. Pabean Cantikan, Kota SBY, Jawa Timur
  • Hari & jam buka: Setiap hari (Senin tutup), pukul 12:00 - 20:00

9. Patung Buddha Empat Wajah

Wisata yang ada di Surabaya selanjutnya adalah Patung Buddha Empat Wajah. Sekilas, patung ini menyerupai patung Buddha bernama Tao Maha Brahma di Bangkok, Thailand. Selain mengagumi arsitektur patung yang megah dan indah, sobat tiket tidak akan pernah bosan berjalan di sekitar area ini. Memiliki taman yang indah untuk relaksasi, fasilitas umum dan beberapa tempat seperti patung gajah dan tempat meditasi. Tiket masuk mulai dari Rp5.000

  • Lokasi: Jl. Pantai Ria Kenjeran No.8, Sukolilo Baru, Kec. Bulak, Kota SBY, Jawa Timur
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 08:00 - 17:00

10. Klenteng Sanggar Agung

Tempat wisata terdekat dari Buddha Berwajah Empat, ada Klenteng Sanggar Agung, keindahannya wajib untuk dilihat. Dikenal juga Hongtansan, kuil ini penuh dengan arsitektur Tiongkok dan dikelilingi pemandangan pantai hingga hutan mangrove, cocok banget deh sekaligus melihat wisata alam di Surabaya. Tiket masuk mulai dari Rp10.000.

  • Lokasi: Jl. Sukolilo No.100, Sukolilo Baru, Kec. Bulak, Kota SBY, Jawa Timur
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 07:00 - 20:00

11. Pantai Kenjeran

Nah, buat kamu yang mencari tempat wisata alam di Surabaya, Pantai Kenjeran salah satu tempat healing di Surabaya yang lokasinya strategis, ada banyak kegiatan yang dapat dinikmati seluruh keluarga sambil melihat matahari terbit, bermain di pantai, dan jalan-jalan santai. Tiket masuk Pantai Kenjeran mulai dari Rp5.000

  • Lokasi: Jl. Pantai Kenjeran No.1-6, Kenjeran, Kec. Bulak, Kota SBY, Jawa Timur
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 07:00 - 18:00

12. Wisata Perahu Sungai Kalimas

Nggak perlu jauh-jauh ke Italia, kamu bisa mencoba wisata di Surabaya sambil menyusuri Sungai Kalimas dengan perahu. Pelayaran Sungai Kalimas ini berangkat dari Monumen Kapal Selam ke Stasiun Pendidikan, lalu ke SIOLA, dan yang terakhir akan berlabuh di Monumen Kapal Selam. Kamu juga bisa melewati Patung Surabaya yang terkenal dengan warna-warni lampunya. Bukan itu saja, berbagai wisata kuliner Surabaya di sepanjang Sungai Kalimas juga tersedia. Sobat tiket yang ingin mencoba wisata perahu Sungai Kalimas bisa datang pada jam operasonal 09:00 - 17:00 pada hari Senin - Minggu.

  • Lokasi: Jl. Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 09:00 - 17:00

13. Atlantis Land Surabaya

Selain berlibur seru di Kidzania Surabaya, ada juga Atlantis Land Surabaya, salah satu wisata atraksi di Surabaya yang akan membuat si kecil penuh dengan keceriaan.

Bertempat di sebuah taman hiburan bernama Kenjeran Park, tempat wisata di Surabaya ini akan membuat si kecil serasa berada di Disneyland. Tersedia banyak wahana Atlantis Land Surabaya seperti Air Terjun Pelangi, kolam renang dengan berbagai jenis seluncuran air, Museum Tanah Atlantis, dan Istana Es. Selain itu banyak wahana seru dan menantang lainnya di Atlantis Land[ Surabaya, seperti ternado slide, boomerang slide, power surge, space fighter, dinoland, stardancer, dan masih banyak lagi. Tiket masuk Atlantis Land Surabaya mulai dari Rp125.000

  • Lokasi: Sukolilo Baru, Kec. Bulak, Kota SBY, Jawa Timur
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 10:00 - 18:00

14. Kebun Binatang Surabaya

Tentu saja, ketika mencari tempat liburan di Surabaya, Kebun Binatang Surabaya tidak boleh dilewatkan. Cara beli tiket Kebun Binatang Surabaya bisa langsung melalui website resminya. Kebun Binatang Surabaya memiliki menampung berbagai satwa langka dan salah satu kebun binatang sebagai hunian binatang terlengkap se-Asia Tenggara. Ada banyak binatang yang bisa kamu lihat di Kebun Binatang Surabaya seperti macan tutul, harimau sumatera, singa, orangutan, simpanse dan lainnya. Tiket masuk mulai dari Rp35.000

  • Lokasi: Jl. Setail No.1, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 08:00 - 16:00

15. Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember Surabaya

Sobat tiket pasti tahu kalau Surabaya adalah kota pahlawan. Nah, selama berada di kota ini, sobat tiket bisa belajar tentang sejarah dan mengingat prestasi para pahlawan kita yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Kamu bisa mengunjungi ke Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember yang tertelak di Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota Surabaya. Di tempat wisata Surabaya ini, kamu dapat melihat patung Iru, senjata rampasan, koleksi foto bersejarah dan berbagai artefak peninggalan saat awal pertempuran di Surabaya dimulai. Destinasi wisata sejarah ini selalu buka pada hari

  • Lokasi: Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 08:00 - 16:00

Wisata Ke Surabaya, Booking Hotel di tiket.com!

Itulah tempat wisata di Surabaya yang lagi hits dan wajib kamu kunjungi bila sedang liburan ke Surabaya, Jawa Timur. Nah, akan lebih praktis dan mudah kalau kamu memesan paket tiket wisata Surabaya melalui tiket.com, tentunya tanpa perlu mengantri. Kalau sudah tentukan destinasi wisata Surabaya mana yang akan kamu kunjungi, tiket.com sediakan banyak pilihan hotel di Surabaya terdekat dari lokasi objek wisata Surabaya, yaitu:

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Surabaya

Informasi mengenai tempat wisata di Surabaya.

Apa itu tiket CLEAN di Surabaya?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Surabaya tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Surabaya yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Daftar Produk Covid-19 Test di tiket.com:


Yang Asyik di Surabaya

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta (cek tempat wisata Jakarta di tiket.com). Terletak di Jawa Timur, Surabaya adalah salah satu kota metropolitan yang menjadi tujuan utama para traveler yang hobi jalan-jalan di kota besar.

Tempat wisata di Surabaya sangat beragam, kamu benar-benar bisa menemukan semuanya di sini. Mulai dari tempat wisata alam, water park, pusat perbelanjaan, hingga lokasi-lokasi bersejarah. Tentu saja kamu juga wajib berwisata kuliner di sini. Makanan khas Surabaya umumnya tidak jauh berbeda dengan hidangan khas kota lain di Indonesia. Namun tentu ada bumbu dan cara masak yang berbeda sehingga rasanya unik.

Selain itu, letaknya yang strategis membuatmu mudah berkunjung ke kota-kota wisata lain yang berdekatan tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya. Kota lanjutan yang paling populer adalah Banyuwangi dan Malang. Sedangkan tempat wisata alam yang juga mudah dicapai dari Surabaya adalah Gunung Bromo (pesan private trip Surabaya Bromo di tiket.com).

Surabaya cocok sebagai destinasi wisata liburan keluarga atau wisata bersama kelompok besar.


Cara Menuju ke Surabaya

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Surabaya adalah dengan:

Pesawat

Surabaya memiliki Bandar Udara Internasional Juanda yang melayani penerbangan domestik dan internasional. Jika kamu akan datang dari kota yang cukup jauh atau dari luar Indonesia, pesanlah tiket pesawat ke Surabaya di tiket.com untuk memudahkan perjalananmu. Sebagai kota yang besar, penerbangan ke Surabaya dari berbagai kota tersedia sangat banyak. Cek harga tiket pesawat ke Surabaya di tiket.com sekarang!

Bus

Surabaya juga mudah dijangkau menggunakan bus, bahkan jika kamu berangkat dari kota yang cukup jauh, seperti Jakarta. Ada banyak terminal bus yang bisa menjadi pilihan destinasimu, seperti Terminal Kota Surabaya, Jalan Hangtuah, dan Terminal Perak. Biayanya berbeda-beda, tergantung jarak perjalananmu. Perjalanan dari kota yang cukup dekat, seperti Malang, akan memakan biaya sekitar Rp120.000,- per orang.

Kereta

Jika kamu akan berangkat ke Surabaya dari kota-kota besar lainnya di Pulau Jawa, seperti Jakarta, Bandung, dan Malang, maka kereta bisa menjadi mode transportasi yang tepat. PT KAI menyediakan banyak kereta dengan tujuan akhir Surabaya dari berbagai kota. Kelas yang bisa kamu pilih pun bervariasi, mulai dari ekonomi, bisnis, eksekutif, hingga Sleeper. Cek harga tiket kereta Surabaya di tiket.com sekarang!


Sebelum berangkat, cek info perjanalan dan aturan perjalanan international terbaru di tiket.com, ya!

Akomodasi di Surabaya

Sebagai kota metropolitan, Surabaya memiliki banyak akomodasi mewah dan nyaman. Jika ini adalah akomodasi yang kamu cari, kamu tidak akan kesulitan menemukannya. Umumnya, hotel-hotel ini memiliki fasilitas lengkap, termasuk kolam renang, dan terletak di pusat kota. Namun, jika kamu mencari akomodasi budget, Surabaya juga memiliki cukup banyak akomodasi jenis ini. Kamu tetap akan mendapatkan kamar yang nyaman dan bersih meskipun harganya jauh lebih rendah.

Yuk, pesan hotel terdekat di Surabaya dengan harga terjangkau di tiket.com sekarang!

Spot Instagramable di Surabaya

Surabaya memiliki sejumlah tempat wisata alam sebagai spot Instagram-able yang unik, seperti Kebun Bibit Wonorejo, Kenjeran Park, dan Pantai Kenjeran. Layaknya beberapa kota di Indonesia, Surabaya juga memiliki kampung warna-warninya sendiri yang bisa kamu kunjungi untuk hasil foto yang cantik, yaitu Kampung Warna-Warni Bulak. Selain itu, tentu saja Patung Surabaya yang ikonik termasuk dalam daftar ini.

Kuliner Surabaya

Ada banyak makanan lezat di Surabaya yang wajib kamu coba. Yang pertama adalah rujak cingur, yaitu rujak biasa yang dicampur lontong, tau, tauge, dan cingur (hidung sapi). Kemudian ada tahu tek khas Surabaya. Makanan yang satu ini berisi tahu, lontong, dan tauge yang kemudian disiram bumbu petis. Seperti banyak kota di daerah Jawa, nasi pecel juga terkenal di kota ini. Nasi pecel adalah satu porsi nasi dengan campuran berbagai sayuran kemudian disiram bumbu pecel yang nikmat. Dijamin kenyang dengan satu porsi!

Makanan-makanan ini bisa ditemukan di berbagai sudut kota, sehingga harganya juga cukup terjangkau.

Makanan Vegan / Vegetarian

Surabaya memiliki banyak restoran vegetarian meski belum sebanyak jumlahnya di Bali atau kota lain di luar negeri. Umumnya masakan vegetarian di sini adalah chinese food atau indonesian food. Beberapa restoran yang bisa kamu coba adalah O-Jamur, Fortunate Coffee, Loving Hut, dan Nature Vegetarian.

Belanja di Surabaya

Surabaya sering disebut sebagai surga belanja, terutama jika kamu mencari mal-mal besar yang menjual barang-barang bermerk. Beberapa mal keren untuk belanja adalah Tunjungan Plaza, Galaxy Mall, dan Ciputra World Surabaya. Selain mal besar, Surabaya juga punya banyak pusat perbelanjaan lain dengan harga barang yang lebih terjangkau, seperti Pasar Atom, Pusat Grosir Surabaya, dan Pasar Turi.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung Surabaya

Musim

Seperti kota lainnya di Indonesia, musim di Surabaya hanya 2, yaitu musim hujan dan kemarau. Untuk wisata yang maksimal di kota ini, waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara bulan Mei dan September. Pada bulan-bulan ini, cuaca umumnya lebih cerah dan jarang hujan. Namun, perlu diingat kadang cuaca bisa cukup panas pada bulan-bulan tersebut.

Festival

Sebagai Kota Pahlawan, ada banyak festival yang bisa kamu hadiri di bulan-bulan tertentu. Yang pertama adalah Parade Juang yang biasanya diadakan setiap tanggal 10 November, Hari Pahlawan Nasional. Berlokasi di Tugu Pahlawan, pada acara ini, akan ada penampilan teater, musik, dan penampilan dari anak-anak muda berbakat. Seperti namanya, acara ini membawa tema sejarah kepahlawanan dan perjuangan warga Surabaya saat melawan sekutu di tahun 1945 dulu.

Ada juga Surabaya Cross Culture International Folk and Art Festival. Jika kamu suka bagian runway cultures costumes di acara Miss Universe, kamu tentu akan suka acara ini juga. Di acara ini, ratusan seniman dari berbagai negara, termasuk dari Indonesia sendiri, akan berparade di Jalan Tunjungan mengenakan kostum tradisional terbaik dari daerah mereka. Selain parade ini, akan ada banyak kegiatan seru lainnya selama kurang lebih 5 hari, seperti aktvitias menanam pohon bersama dan pesta BBQ.

Cara Berkeliling di Surabaya

Jika kamu ingin menggunakan transportasi umum, Surabaya memiliki bus, becak, dan taksi argo. Yang paling populer di antara ketiga mode transportasi tersebut adalah bus. Hal ini karena rute bus di Kota Surabaya mencapai sangat banyak lokasi dan harganya yang terjangkau (Rp3.000,- hingga Rp5.000,-).

Jika kamu ingin berpergian sendiri, kamu juga bisa sewa mobil (cek harga sewa mobil Surabaya di tiket.com). Sebagai kota metropolitan, ada banyak jalan besar yang sudah rapi dan aman di Surabaya untuk berkendara.


Seberapa Luas Surabaya

Surabaya memiliki luas 350,5 km persegi secara resmi. Untuk berwisata sampai puas di sini, kamu hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 5 hari. Selama waktu tersebut, kamu bisa berkunjung ke bangunan-bangunan bersejarah dan tempat wisata ikonik di sini, seperti Museum Kapal Selam, Chinatown, Jembatan Suramadu, Masjid Muhammad Cheng Hoo, dan Klenteng Sanggar Agung. Kemudian, kamu bisa menghabiskan setengah hari di Ciputra Waterpark Surabaya, yang tiketnya bisa kamu dapatkan di tiket.com dengan harga terjangkau. Setelah itu, lanjutkan dengan wisata kuliner ke Rawon Setan atau Ayam Penyet Bu Kris.

Jangan lupa untuk berbelanja di mal-mal besar Surabaya, seperti Tunjungan Plaza, Galaxy Mall, dan Ciputra World untuk oleh-oleh.

Jika kamu berencana pergi ke Gunung Bromo juga dari Surabaya, maka kamu mungkin perlu menambah 1 sampai 2 hari.

Mata Uang Surabaya

Rp (Rupiah Indonesia)

Bahasa Surabaya

Bahasa nasional di Surabaya adalah Bahasa Indonesia, sama seperti kota lainnya di Indonesia. Bahasa ini lazim digunakan warga lokal untuk berinteraksi. Namun, warga lokal juga cukup sering berbicara menggunakan Bahasa Jawa dengan dialek Surabaya, atau sering disebut Bahasa Jawa Suroboyoan.

Berbicara dengan Bahasa Inggris di sini juga tidak akan sulit.

Zona Waktu Surabaya

WIB / GMT+7

Jenis Stop Kontak di Surabaya

Jenis stop kontak di Surabaya dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Informasi Penting Tentang Surabaya

  1. Pakaian yang cocok untuk bepergian di Surabaya adalah kaus lengan pendek, celana pendek atau rok, dan sepatu atau sandal. Karena cuacanya yang cenderung panas, kamu disarankan membawa payung, kacamata hitam, dan tabir surya.
  2. Air keran di Surabaya tidak untuk diminum.