Bersiap Sambut #NewNormal

tiket FLEXItiket CLEAN

Pesan sekarang buat nanti! Fleksibel tentukan jadwal aktivitasmu.

Selengkapnya

Aktivitas Baru Di Surabaya

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Surabaya

Informasi mengenai tempat wisata di Surabaya.

Apa itu tiket CLEAN di Surabaya?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Surabaya tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Surabaya yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di Surabaya

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Terletak di Jawa Timur, Surabaya adalah salah satu kota metropolitan yang menjadi tujuan utama para traveler yang hobi jalan-jalan di kota besar.

Tempat wisata di Surabaya sangat beragam, kamu benar-benar bisa menemukan semuanya di sini. Mulai dari tempat wisata alam, water park, pusat perbelanjaan, hingga lokasi-lokasi bersejarah. Tentu saja kamu juga wajib berwisata kuliner di sini. Makanan khas Surabaya umumnya tidak jauh berbeda dengan hidangan khas kota lain di Indonesia. Namun tentu ada bumbu dan cara masak yang berbeda sehingga rasanya unik.

Selain itu, letaknya yang strategis membuatmu mudah berkunjung ke kota-kota wisata lain yang berdekatan tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya. Kota lanjutan yang paling populer adalah Banyuwangi dan Malang. Sedangkan tempat wisata alam yang juga mudah dicapai dari Surabaya adalah Gunung Bromo.

Surabaya cocok sebagai destinasi wisata liburan keluarga atau wisata bersama kelompok besar.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya

Surabaya, atau yang sering disebut Kota Pahlawan, adalah kota modern di Jawa Timur yang telah berkembang pesat. Kota ini memiliki banyak mal besar untuk berbelanja, tapi juga tidak kekurangan tempat wisata alam yang indah dan rindang. Temukan rekomendasi tempat wisata terbaik di Surabaya di bawah ini!

1. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan adalah ikon di Kota Surabaya yang penting dan bermakna. Tentu saja, selain hanya melihat-lihat monumen ini, kamu dan keluarga juga bisa jalan-jalan santai di area terbuka yang rindang di sekitarnya. Jangan lupa berfoto-foto juga, ya!

2. Ciputra Waterpark

Segarkan kembali dirimu setelah seharian berkeliling kota dengan berkunjung ke Ciputra Waterpark! Objek wisata di Surabaya yang satu ini menghadirkan wahana perosotan yang menyenangkan, kolam arus yang santai, dan banyak lagi.

3. Hutan Bambu Keputih

Untuk kamu yang mencari spot instagramable, Hutan Bambu Keputih bisa jadi pilihanmu! Sebelumnya, tempat ini merupakan tempat pembuangan sampah. Namun, kini, sudah direnovasi dan diperbaiki hingga menjadi tempat wisata alam dengan berbagai spot foto yang cantik, terutama untuk nuansa romantis.

4. Tugu Bambu Runcing

Surabaya memang dikenal sebagai Kota Pahlawan. Karena itu, kamu akan menemukan sejumlah monumen dan museum yang berhubungan dengan pahlawan dan juga perjuangan Indonesia. Karena dulu prajurit Indonesia menjadikan bambu runcing sebagai senjata, hadirlah monumen ini sebagai tanda, peringatan, serta pusat edukasi sejarah.

5. Museum Sepuluh Nopember

Museum sejarah ini dibangun sebagai lokasi koleksi barang-barang penting dalam sejarah perjuangan Indonesia selama merebut kemerdekaan. Mulai dari senjata hingga pakaian perang yang dikenakan saat ini. Kamu bisa mengajak si kecil ke sini untuk sekaligus belajar sejarah secara menyenangkan.

6. Ekowisata Mangrove Wonorejo

Untuk kamu yang ingin berwisata ke lokasi wisata alam yang rindang dan sejuk, kamu bisa ke Ekowisata Mangrove Wonorejo. Selain sejuk, hutan bakau ini juga menawarkan pemandangan yang indah untuk berfoto-foto.

7. Patung Sura dan Baya

Patung yang terletak tepat di depan Kebun Binatang Surabaya ini merupakan ikon Kota Surabaya yang paling terkenal. Meski ada cerita rakyat yang terkait dengan patung ini, ikan sura (hiu) dan baya (buaya) bisa juga diartikan sebagai simbol keberanian pemuda Surabaya. Setelah berkunjung ke sini, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Kebun Binatang Surabaya di hari yang sama.

8. Kebun Binatang Surabaya

Tempat wisata di Surabaya ini termasuk yang terkenal di kalangan turis. Sebagai salah satu kebun binatang tertua di Indonesia, tempat ini tentu memiliki kesan tersendiri sebagai sebuah kebun binatang favorit turis.

9. Kenpark Surabaya

Ingin berfoto di lokasi-lokasi ikonik yang ada di Indonesia maupun luar negeri? Kamu bisa ‘mengunjungi’ banyak tempat sekaligus di Kenpark Surabaya. Taman ini merupakan taman wisata foto yang berisi replika berbagai bangunan ikonik lokal dan internasional. Mulai dari pagoda hingga istana yang terkenal. Siapkan kameramu dan berfotolah sepuasnya!

10. Atlantis Land Surabaya

Masih satu area dengan Kenpark Surabaya, Atlantis Land adalah salah satu tempat wisata keluarga dan wisata anak yang wajib dikunjungi! Tempat wisata hits ini adalah taman bermain air untuk semua usia yang tidak hanya memiliki wahana-wahana keren, tapi juga desain dan arsitektur yang menarik.

11. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid ini merupakan salah satu destinasi wisata religi di Surabaya yang wajib dikunjungi. Selain menjadi tempat ibadah, masjid yang satu ini juga memiliki keunikan karena desainnya yang mencampur gaya Arab dan Tiongkok. Kamu yang non-Muslim tetap bisa berkunjung, namun pastikan kamu mengikuti peraturan yang berlaku dan mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup.

12. De Mata Trick Eye Museum

Seperti namanya, museum ini adalah lokasi wisata foto yang unik dan bisa menipu mata. Ada berbagai latar belakang foto yang akan terlihat 3D saat difoto dari sudut tertentu. Kamu bisa berpose semenarik mungkin agar hasil fotonya terlihat keren dan seperti sungguhan.

13. Pakuwon Mall

Surabaya juga dikenal sebagai kota belanja karena ada banyak mal serta pusat perbelanjaan modern besar di sini. Pakuwon Mall sendiri adalah mal terbesar di Surabaya. Dengan luas 180.000 meter persegi, kamu bisa menemukan semua yang kamu butuhkan di sini. Mulai dari belanja fesyen, indoor playground, bioskop, hingga gym.

14. Tunjungan Plaza

Dengan luas 160.000 meter persegi, mal ini merupakan mal terbesar kedua di Surabaya. Ada kurang lebih 500 toko di sini yang bisa jadi tujuan belanjamu sampai puas. Karena lokasinya yang strategis, kamu juga tidak akan kesulitan menemukan mal ini.

15. Taman Bungkul

Di tengah hiruk pikuk kota yang sibuk, kamu bisa beristirahat sejenak dengan berwisata ke Taman Bungkul. Ruang publik ini adalah salah satu taman terbaik di Kota Surabaya. Desainnya yang bagus serta fasilitasnya yang lengkap menjadi salah satu faktor. Selain jalan-jalan atau duduk-duduk santai dia area yang rindang ini, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas lainnya, seperti area bermain untuk si kecil.

16. Klenteng Sanggar Agung

Klenteng ini telah menjadi tempat ibadah umat Tridharma sejak sebelum zaman penjajahan. Dengan tinggi patung 18 meter dan desain serta arsitektur yang indah, kamu pasti akan terkagum-kagum. Lokasinya pun unik, yaitu di tepi pantai dan dikelilingi tanaman bakau.

17. Food Junction Grand Pakuwon

Untuk wisata kuliner yang lengkap, kamu bisa ke Food Junction Grand Pakuwon. Ada banyak penjual makanan lokal dan internasional di sini. Kamu tidak akan kehabisan pilihan soal tempat makan. Selain itu, kamu juga bisa bersantap sambil ditemani pemandangan danau yang indah.

18. Masjid Apung Nurul Bahri

Seperti namanya, masjid ini dibangun di atas air laut sehingga disebut masjid apung. Masjid yang masih beroperasi sebagai tempat ibadah sehari-hari ini ada di Kompleks AAL (Akademi Angkatan Laut) Bumi Morokrembangan sehingga banyak dari jemaatnya merupakan Taruna AAL. Jika kamu tidak akan beribadah namun ingin berkunjung, pastikan kamu mematuhi aturan dan berpakaian sopan.

19. Monumen Kapal Selam

Seperti namanya, monumen ini adalah kapal selam KRI Pasopati 410 yang dulu ikut dalam operasi Trikora yang bersejarah. Kamu bisa belajar lebih banyak tentang kisah sejarahnya sambil menyaksikan film pendek yang mengisahkan pertempuran Laut Aru.

20. Surabaya North Quay

Tempat ini sebenarnya merupakan pelabuhan untuk kapal pesiar mewah. Namun, kini, tempat ini telah dibuka untuk umum dan ditambah fasilitasnya sehingga semua pengunjung, bahkan yang tidak akan naik kapal pesiar pun, bisa menikmati pemandangan dan suasana di sini. Banyak orang yang datang pada saat matahari terbenam untuk pemandangan yang lebih cantik lagi.

21. Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria

Gereja ini sering dijadikan destinasi wisata religi di Surabaya karena keunikan arsitektur bangunannya yang masih menggunakan gaya Eropa. Tak hanya eksteriornya, interiornya pun megah dan indah. Kamu yang tidak akan beribadah, tetap bisa berkunjung ke sini, asalkan tetap menaati peraturan di lokasi dan mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup.

22. De Javasche Bank

De Javasche Bank merupakan sebuah gedung perbankan yang telah ada sejak 1929. Karena berdiri pada zaman kolonial Belanda, maka tak heran jika arsitekturnya masih bergaya Eropa dengan kaca patri yang indah. Telah menjadi sebuah cagar budaya yang bisa dikunjungi siapa saja, di sini, kamu akan melihat basement penyimpanan uang dan harta lainnya, ‘CCTV’ zaman dulu, dan banyak lagi!

23. Air Mancur Menari

Seperti namanya, air mancur yang ada di jembatan dekat Pantai Kenjeran ini adalah lokasi pertunjukan air mancur dengan lampur warna-warni. Pada malam hari, lampu-lampu ini akan menyala, membuat airnya terlihat menari-nari dengan cantik.

24. Surabaya Carnival Park

Outdoor theme park yang satu ini baru mulai buka saat malam tiba dengan hiasan lampu warna-warni di masing-masing wahana. Ada banyak permainan menyenangkan di sini, mulai dari mini roller coaster hingga rumah hantu. Dan kamu bisa mencoba semuanya ditemani kelap-kelip lampu yang cantik sepanjang malam.

25. Kebun Bibit

Kebun ini merupakan destinasi yang cocok untuk kamu yang ingin jalan-jalan santai di tempat yang rindang dan sejuk. Ada taman yang luas, playground untuk anak-anak, hingga spot foto yang menarik.

26. Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen yang terletak di wilayah Tanjung Perak ini dibangun untuk mengenang jasa TNI AL yang dulu gugur pada pertempuran di Surabaya. Secara total, monumen ini memiliki tinggi hingga 60 meter lebih. Kamu bisa berkunjung untuk melihat kemegahannya langsung.

27. Museum Kesehatan Dr. Adhyatma

Seperti namanya, museum ini menampilkan berbagai barang dan penjelasan yang berhubungan dengan dunia kesehatan. Ada berbagai pameran barang-barang inovasi kesehatan, tapi ada juga pameran sejumlah barang mistis yang sering dikaitkan dengan kesehatan, seperti santet.

28. Taman Korea

Bukan, ini bukan taman yang terinspirasi dari drama Korea, melainkan sebuah taman persahabatan dengan Korea Selatan. Taman ini juga sering disebut Taman Persahabatan Indonesia-Korea. Desainnya dikerjakan oleh pihak Korea Selatan sedangkan pembangunan dan lahannya diurus oleh pihak Indonesia. Selain taman yang indah dan menyegarkan serta cocok untuk jogging santai, ada juga prasasti di tengah taman dengan pahatan tulisan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Korea di masing-masing sisinya.

29. Taman Apsari

Salah satu daya tarik utama dari tempat ini adalah patung Gubernur Suryo, gubernur Jawa Timur pertama, yang ada di tengah taman. Namun, selain patung tersebut, tempat ini terkenal juga karena koleksi jenis bunganya yang cukup banyak. Ada juga area untuk pameran karya seni di sini. Jadi, sembari jogging atau jalan-jalan santai, kamu bisa melihat-lihat pemandangan yang cantik dan unik di sini.

30. Kampung Bulak

Kamu mungkin sudah familiar dengan Kampung Warna-Warni Jodipan di Malang. Nah, di Surabaya, ada Kampung Bulak. Sama seperti yang ada di Malang, kampung ini pun telah dicat tembok dan atapnya agar menjadi warna-warni. Dari kejauhan saja, kamu sudah bisa melihat keindahannya. Tapi, kamu bisa masuk ke kampung dan mengeksplorasinya sekaligus berfoto-foto.

Cara Menuju ke Surabaya

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Surabaya adalah dengan:

Pesawat

Surabaya memiliki Bandar Udara Internasional Juanda yang melayani penerbangan domestik dan internasional. Jika kamu akan datang dari kota yang cukup jauh atau dari luar Indonesia, pesanlah tiket pesawat ke Surabaya di tiket.com untuk memudahkan perjalananmu. Sebagai kota yang besar, penerbangan ke Surabaya dari berbagai kota tersedia sangat banyak.

Bus

Surabaya juga mudah dijangkau menggunakan bus, bahkan jika kamu berangkat dari kota yang cukup jauh, seperti Jakarta. Ada banyak terminal bus yang bisa menjadi pilihan destinasimu, seperti Terminal Kota Surabaya, Jalan Hangtuah, dan Terminal Perak. Biayanya berbeda-beda, tergantung jarak perjalananmu. Perjalanan dari kota yang cukup dekat, seperti Malang, akan memakan biaya sekitar Rp120.000,- per orang.

Kereta

Jika kamu akan berangkat ke Surabaya dari kota-kota besar lainnya di Pulau Jawa, seperti Jakarta, Bandung, dan Malang, maka kereta bisa menjadi mode transportasi yang tepat. PT KAI menyediakan banyak kereta dengan tujuan akhir Surabaya dari berbagai kota. Kelas yang bisa kamu pilih pun bervariasi, mulai dari ekonomi, bisnis, eksekutif, hingga Sleeper.

Akomodasi di Surabaya

Sebagai kota metropolitan, Surabaya memiliki banyak akomodasi mewah dan nyaman. Jika ini adalah akomodasi yang kamu cari, kamu tidak akan kesulitan menemukannya. Umumnya, hotel-hotel ini memiliki fasilitas lengkap, termasuk kolam renang, dan terletak di pusat kota. Namun, jika kamu mencari akomodasi budget, Surabaya juga memiliki cukup banyak akomodasi jenis ini. Kamu tetap akan mendapatkan kamar yang nyaman dan bersih meskipun harganya jauh lebih rendah.

Spot Instagramable di Surabaya

Surabaya memiliki sejumlah tempat wisata alam sebagai spot Instagram-able yang unik, seperti Kebun Bibit Wonorejo, Kenjeran Park, dan Pantai Kenjeran. Layaknya beberapa kota di Indonesia, Surabaya juga memiliki kampung warna-warninya sendiri yang bisa kamu kunjungi untuk hasil foto yang cantik, yaitu Kampung Warna-Warni Bulak. Selain itu, tentu saja Patung Surabaya yang ikonik termasuk dalam daftar ini.

Kuliner Surabaya

Ada banyak makanan lezat di Surabaya yang wajib kamu coba. Yang pertama adalah rujak cingur, yaitu rujak biasa yang dicampur lontong, tau, tauge, dan cingur (hidung sapi). Kemudian ada tahu tek khas Surabaya. Makanan yang satu ini berisi tahu, lontong, dan tauge yang kemudian disiram bumbu petis. Seperti banyak kota di daerah Jawa, nasi pecel juga terkenal di kota ini. Nasi pecel adalah satu porsi nasi dengan campuran berbagai sayuran kemudian disiram bumbu pecel yang nikmat. Dijamin kenyang dengan satu porsi!

Makanan-makanan ini bisa ditemukan di berbagai sudut kota, sehingga harganya juga cukup terjangkau.

Makanan Vegan / Vegetarian

Surabaya memiliki banyak restoran vegetarian meski belum sebanyak jumlahnya di Bali atau kota lain di luar negeri. Umumnya masakan vegetarian di sini adalah chinese food atau indonesian food. Beberapa restoran yang bisa kamu coba adalah O-Jamur, Fortunate Coffee, Loving Hut, dan Nature Vegetarian.

Belanja di Surabaya

Surabaya sering disebut sebagai surga belanja, terutama jika kamu mencari mal-mal besar yang menjual barang-barang bermerk. Beberapa mal keren untuk belanja adalah Tunjungan Plaza, Galaxy Mall, dan Ciputra World Surabaya. Selain mal besar, Surabaya juga punya banyak pusat perbelanjaan lain dengan harga barang yang lebih terjangkau, seperti Pasar Atom, Pusat Grosir Surabaya, dan Pasar Turi.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung Surabaya

Musim

Seperti kota lainnya di Indonesia, musim di Surabaya hanya 2, yaitu musim hujan dan kemarau. Untuk wisata yang maksimal di kota ini, waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara bulan Mei dan September. Pada bulan-bulan ini, cuaca umumnya lebih cerah dan jarang hujan. Namun, perlu diingat kadang cuaca bisa cukup panas pada bulan-bulan tersebut.

Festival

Sebagai Kota Pahlawan, ada banyak festival yang bisa kamu hadiri di bulan-bulan tertentu. Yang pertama adalah Parade Juang yang biasanya diadakan setiap tanggal 10 November, Hari Pahlawan Nasional. Berlokasi di Tugu Pahlawan, pada acara ini, akan ada penampilan teater, musik, dan penampilan dari anak-anak muda berbakat. Seperti namanya, acara ini membawa tema sejarah kepahlawanan dan perjuangan warga Surabaya saat melawan sekutu di tahun 1945 dulu.

Ada juga Surabaya Cross Culture International Folk and Art Festival. Jika kamu suka bagian runway cultures costumes di acara Miss Universe, kamu tentu akan suka acara ini juga. Di acara ini, ratusan seniman dari berbagai negara, termasuk dari Indonesia sendiri, akan berparade di Jalan Tunjungan mengenakan kostum tradisional terbaik dari daerah mereka. Selain parade ini, akan ada banyak kegiatan seru lainnya selama kurang lebih 5 hari, seperti aktvitias menanam pohon bersama dan pesta BBQ.

Cara Berkeliling di Surabaya

Jika kamu ingin menggunakan transportasi umum, Surabaya memiliki bus, becak, dan taksi argo. Yang paling populer di antara ketiga mode transportasi tersebut adalah bus. Hal ini karena rute bus di Kota Surabaya mencapai sangat banyak lokasi dan harganya yang terjangkau (Rp3.000,- hingga Rp5.000,-).

Jika kamu ingin berpergian sendiri, kamu juga bisa menyewa mobil di Surabaya melalui tiket.com untuk harga yang terjangkau serta metode pembayaran yang lengkap. Sebagai kota metropolitan, ada banyak jalan besar yang sudah rapi dan aman di Surabaya untuk berkendara.

Seberapa Luas Surabaya

Surabaya memiliki luas 350,5 km persegi secara resmi. Untuk berwisata sampai puas di sini, kamu hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 5 hari. Selama waktu tersebut, kamu bisa berkunjung ke bangunan-bangunan bersejarah dan tempat wisata ikonik di sini, seperti Museum Kapal Selam, Chinatown, Jembatan Suramadu, Masjid Muhammad Cheng Hoo, dan Klenteng Sanggar Agung. Kemudian, kamu bisa menghabiskan setengah hari di Ciputra Waterpark Surabaya, yang tiketnya bisa kamu dapatkan di tiket.com dengan harga terjangkau. Setelah itu, lanjutkan dengan wisata kuliner ke Rawon Setan atau Ayam Penyet Bu Kris.

Jangan lupa untuk berbelanja di mal-mal besar Surabaya, seperti Tunjungan Plaza, Galaxy Mall, dan Ciputra World untuk oleh-oleh.

Jika kamu berencana pergi ke Gunung Bromo juga dari Surabaya, maka kamu mungkin perlu menambah 1 sampai 2 hari.

Mata Uang Surabaya

Rp (Rupiah Indonesia)

Bahasa Surabaya

Bahasa nasional di Surabaya adalah Bahasa Indonesia, sama seperti kota lainnya di Indonesia. Bahasa ini lazim digunakan warga lokal untuk berinteraksi. Namun, warga lokal juga cukup sering berbicara menggunakan Bahasa Jawa dengan dialek Surabaya, atau sering disebut Bahasa Jawa Suroboyoan.

Berbicara dengan Bahasa Inggris di sini juga tidak akan sulit.

Zona Waktu Surabaya

WIB / GMT+7

Jenis Stop Kontak di Surabaya

Jenis stop kontak di Surabaya dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Informasi Penting Tentang Surabaya

  1. Pakaian yang cocok untuk bepergian di Surabaya adalah kaus lengan pendek, celana pendek atau rok, dan sepatu atau sandal. Karena cuacanya yang cenderung panas, kamu disarankan membawa payung, kacamata hitam, dan tabir surya.
  2. Air keran di Surabaya tidak untuk diminum.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya

LIHAT AKTIVITAS LAINNYA