Sukabumi
Tentang

Sedang mencari tiket untuk mengunjungi tempat wisata di Sukabumi? Kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini merupakan salah satu kota pesisir di Pulau Jawa yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Dari asal namanya, Sukabumi berarti "kota pilihan" dalam Bahasa Indonesia. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menghabiskan liburan di kota ini karena banyak tempat wisata di Sukabumi yang akan menghiburmu.

Selain dikenal sebagai kota pesisir, Kota Sukabumi juga memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dengan kota-kota lain di Jawa. Sukabumi adalah kota yang tepat untukmu yang menyukai aktivitas wisata alam. Tidak hanya memiliki pemandangan pantai dan laut biru, Sukabumi juga memiliki pegunungan dan perbukitan. Berbagai tempat wisata alam seperti air terjun dan danau juga bisa kamu temukan di kota ini.

Tidak sulit untuk mencapai kota ini karena kamu bisa mencapai Sukabumi dengan menggunakan kereta api. Untuk berkeliling kota, kamu juga bisa naik transportasi tradisional lokal dengan mudah. Kalau enggak mau repot, kamu bisa sewa mobil di tiket.com. Sukabumi juga memiliki kekayaan kuliner yang bisa kamu coba, seperti mie goreng khas sukabumi, mochi, tauge tauco, roti priangan, dan masih banyak lagi.

Jika ingin menghabiskan liburan atau akhir pekan di sini, kamu bisa memesan tiket tempat wisata di Sukabumi terlebih dahulu. Dengan memesan tiket tempat wisata di Sukabumi melalui tiket.com, perjalananmu makin mudah, hemat waktu, bahkan hemat budget loh!

Selain itu, terdapat banyak pilihan pembayaran yang dapat kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. Sekarang, saatnya kamu pesan tiket tempat wisata di Sukabumi dan nikmati liburan seru dan menyenangkan di kota ini!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Sukabumi

Informasi mengenai tempat wisata di Sukabumi.

Apa itu tiket CLEAN di Sukabumi?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Sukabumi tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Sukabumi yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Sukabumi

Sukabumi adalah kota di Jawa Barat yang biasa menjadi tujuan utama short vacation warga Jakarta, Bandung, dan sekitarnya. Hal ini karena Sukabumi memiliki udara dan cuaca yang lebih sejuk serta ada banyak wisata alam yang cocok untuk relaksasi dan liburan keluarga. Kota ini juga mudah dicapai dengan perjalanan darat sehingga orang-orang sering berkunjung dengan kendaraan pribadi tanpa harus kesulitan memesan tiket.

Tempat wisata di Sukabumi yang terkenal umumnya adalah pantai serta kebun teh.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi

Sukabumi adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang menyimpan berbagai macam tempat wisata alam dan modern yang menarik. Mulai dari danau, air terjun, persawahan, kuliner hingga gunung, kamu bisa menemukan semuanya di sini!

1. Jembatan Gantung

Tempat wisata di Sukabumi pertama yang wajib dikunjungi adalah Jembatan Gantung. Objek wisata hits ini cocok banget untuk berburu spot foto instagrammable lantaran pemandangan alamnya yang indah.

2. Curug Sawer

Ingin berwisata ke lokasi-lokasi wisata alam yang keren dan cantik namun tak jauh dari Bandung? Ke Sukabumi saja! Kamu bisa berkunjung ke Curug Sawer yang menyegarkan dan menakjubkan. Tempat wisata di Sukabumi ini cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

3. Santasea Waterpark

Sedang mencari waterpark dengan tema menarik dan wahana yang super asyik? SantaSea Sukabumi adalah pilihan yang tepat! Di sini, kamu akan menjelajahi dunia penuh keajaiban tak terbatas! SantaSea Water Sukabumi adalah wahana bermain air tematis dengan sumber air panas alami pertama di Indonesia. Yang jarang diketahuin, taman bermain air ini juga merupakan waterpark Sukabumi pertama. Objek wisata ini pun cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

4. Danau Batu Bacan

Destinasi wisata hits ini menarik dikunjungi karena air danaunya yang berwarna hijau. Hal itu terjadi karena bebatuan warna hijau yang terkena pantulan sinar matahari. Tak ayal, danau ini terkenal dengan nama danau hijau. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan alam dan berburu spot foto instagrammable.

5. Kampung Ciptagelar

Ingin jalan-jalan sambil belajar sejarah? Kamu bisa melipir ke Kampung Ciptagelar. Tempat wisata di Sukabumi ini adalah kampung adat yang masih melestarikan rumah-rumah adat. Yang terkenal dari objek wisata hits ini adalah acara adat, seperti upacara Seren Taun atau tradisi penyerahan hasil bumi ke dalam lumbung. Kampung Ciptagelar juga termasuk tempat wisata yang murah karena tiket masuknya sekitar Rp 5.000 per orang sehingga cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

6. Gua Buniayu

Sukabumi masih banyak objek wisata hits yang jarang diketahui, salah satunya Gua Buniayu. Destinasi wisata ini memiliki tiga gua, namun kamu hanya bisa memasuki dua dari tiga gua saja yang terbuka untuk umum. Terdapat stalaktit dan stalakmit yang memperindah gua. Gua Buniayu juga termasuk tempat wisata yang murah karena tiket masuknya sekitar Rp 5.000 per orang sehingga cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

7. Pantai Cicaladi

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Pantai Cicaladi. Objek wisata yang terkenal akan tebingnya ini berbatasan langsung dengan laut lepas. Pantai Cicaladi menyuguhkan pemandangan savana hijau, karang bolot yang terkenal, dan deru ombak yang menghantam dinding.

8. Tebing Panenjoan

Objek wisata yang terkenal ini menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan dari atas ketinggian. Tebing Panenjoan berada di ketinggian 250 meter di atas permukaan laut sehingga cocok untuk berburu spot foto instagrammable. Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata di Sukabumi adalah saat sore hari untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.

9. Curug Cikaso

Curug Cikaso merupakan salah satu curug yang sangat menawan di kecamatan Surade, Sukabumi dan oleh warga setempat, curug ini disebut sebagai Curug Luhur. Keunikan dari Curug Cikaso adalah curug ini memiliki tiga air terjun yang mengalir secara bersisian. Ketiga air terjun yang bersisian tersebut dinamakan Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki. Panorama alam yang indah, belum lagi suasananya yang asri, membuat tempat wisata di Sukabumi ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi.

10. Bukit Karang Para

Tempat wisata instagrammable selanjutnya di Sukabumi adalah Bukit Karang Para. Bukit yang memiliki lahan seluas 12 hektar ini memiliki banyak spot foto, seperti jembatan hati. Bukit Karang Para juga termasuk tempat wisata yang murah karena tiket masuknya sekitar Rp 2.000 per orang sehingga cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

11. Curug Cimarinjung

Meskipun lokasinya yang jarang diketahui, tempat wisata di Sukabumi ini menjadi favorit para pelancong yang berburu spot foto instagrammable. Di sini, kamu akan dimanjakan dengan panorama aliran sungai dan hutan di sekitarnya.

12. Pantai Amanda Ratu

Enggak hanya air terjun, Sukabumi juga memiliki destinasi wisata hits lainnya seperti Pantai Amanda Ratu. Pantai ini memiliki sebuah pulau kecil di tengah perairanya dan memiliki fasilitas yang lengkap. Pantai Amanda Ratu juga termasuk tempat wisata yang murah karena tiket masuknya sekitar Rp 5.000 per orang sehingga cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

13. Nasi Uduk Ungu

Wisata kuliner di Sukabumi yang terkenal adalah nasi uduk ungu. Seperti namanya, nasi uduk ini berwarna ungu yang didapat dari pewarna alami berupa buah bit atau ubi ungu. Nasi ini disajikan bersama lauk pauk lainnya seperti ayam, tempe, tahu, telur, sambal, dan lalapan.

14. Bubur Ayam Buntut

Kuliner yang terkenal di Sukabumi selanjutnya yakni Bubur Ayam Buntut. Salah satu bubur ayam yang terkenal dan melegenda di Sukabumi adalah Bubur Ayam Bunut. Bubur ayam ini berpusat di Jalan Siliwangi dan memiliki beberapa cabang di Sukabumi.

15. Roti Priangan

Roti Priangan telah menjadi legenda kuliner di Sukabumi. Roti ini sudah ada sejak 1943 dan masih eksis hingga saat ini. Roti ini berbahan dasar susu, terigu dan mentega dan hanya dapat bertahan sehari saja. Ada berbagai varian Roti Priangan seperti Roti Tanduk, roti coklat, roti kismis, roti nanas, roti keju, roti pisang coklat dan roti gula susu.

16. Bandros Atta

Bandros merupakan salah satu kuliner khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, daun suji dan santan. Kue ini dicetak menggunakan cetakan pukis yang dimasak dengan tungku arang. Di Sukabumi, ada tempat makan Bandros yang terkenal, yaitu Bandros Atta.

17. Surabi Durian

Surabi merupakan kuliner tradisional Indonesia yang ditemukan di beberapa daerah. Sukabumi juga punya surabi dengan cita rasanya sendiri. Di sini, surabi dibuat dengan campuran durian dengan rasa yang kuat. Salah satu tempat makan surabi ada di kedai pinggir Jalan Sudirman, Sukabumi.

18. Geco

Kuliner yang wajib dicoba di Sukabumi lainnya adalah geco. Geco merupakan singkatan dari tauge dan tauco. Kuliner ini berisi tauge, tauco, ketupat, potongan kentang kecil, mie kuning, potongan telur rebus, cuka, kecap manis dan sambal cabe rawit.

19. Mochi

Mochi merupakan kuliner sekaligus oleh-oleh khas Sukabumi yang cukup terkenal. Sukabumi memang terkenal akan produksi kue mochinya. Salah satu tempat makan mochi yang paling terkenal adalah Mochi Kaswari Lampion. Di sini tersedia beragam varian mochi dengan isian coklat, keju, wijen kacang, dan masih banyak lagi.

20. Kue Jahe

Oleh-oleh khas Sukabumi lainnya adalah kue jahe. Kue ini terbuat dari campuran tepung, parutan jahe, dan gula. Kuliner ini memiliki rasa manis dan hangat yang nikmat. Kue Jahe khas Sukabumi sudah ada sejak zaman kolonial dan masih eksis hingga saat ini.

21. Bukit Karang Numpang

Bukit yang terkenal di Indonesia ini memiliki keunikan akan namanya yang diambil karena keberadaan karang di atas bukit yang dianggap hanya “menumpang”. Tempat wisata di Sukabumi ini kerap dijadikan lokasi berkemah karena bukitnya yang bersih.

22. Bukit Sabak

Mencari tempat wisata yang penuh adrenalin? Kamu bisa mendaki Bukit Sabak. Tempat wisata di Sukabumi ini digemari para pendaki karena jalurnya menantang. Sesampainya di bukit, kamu akan disuguhkan pemandangan yang indah dan instagrammable karena Bukit Sabak dikelilingi hutan pinus dan Gunung Gede.

23. Geopark Ciletuh

Ingin menikmati beragam jenis wisata alam di satu lokasi? Geopark Ciletuh adalah jawabannya. Konon, destinasi wisata di Sukabumi ini merupakan sebuah lautan yang telah terangkat, karenanya lanskap yang terbentuk pun terbilang cukup unik, yakni berbentuk layaknya tapak kuda. Dikenal sebagai taman batu tertua di Pulau Jawa, kamu bisa menemukan beragam wisata alam mulai dari curug hingga pantai.

24. Curug Cibeureum

Berjuluk “Kota 1001 Air Terjun”, Curug Cibeureum menyuguhkan banyak curug yang keindahanya mempesona karena adanya Danau Telaga Biru. Meski merupakan wisata air terjun, kamu dihimbau untuk menggunakan pakaian tebal agar kuat dengan hawa dingin di sana. Kamu juga perlu membawa perbekalan yang cukup untuk menemani perjalananmu menuju lokasi.

25. Danau Situ Gunung

Ada pula Danau Situ Gunung yang terletak di kawasan Gunung Gede Pangrango, berjarak 15 km dari Kota Sukabumi. Suasana danau masih amat alami, sehingga cocok sebagai lokasi untuk melepas penat. Danau yang dikelilingi hutan pinus ini masih tergolong sepi, sehingga kamu hanya akan mendengar suara burung dan desir angin.

26. Gunung Gede Pangrango

Bagi kamu pecinta alam, Gunung Gede Pangrango tentu bukan tempat yang asing lagi. Gunung yang masuk ke tiga kabupaten, yakni Bogor, Cianjur, dan Sukabumi ini kerap menjadi target para pendaki karena keindahan alamnya. Untuk mendaki gunung berketinggian 2.750 mpdl ini kamu bisa melalui beberapa jalur, yaitu jalur Gunung Putri di Cipanas, jalur Salabintana di Sukabumi, dan Jalur Cibodas.

27. Kawah Ratu Sukabumi

Tempat wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Kawah Ratu Sukabumi. Kawah yang berada di ketinggian 1.437 mpdl ini masih masuk dalam kategori aktif. Meski begitu kawah masih aman untuk dikunjungi para wisatawan. Kamu hanya perlu menuju kawasan Gunung Salak untuk melihat kawah ini.

28. Pemandian Air Panas Cisolok

Ingin melakukan relaksasi? kamu bisa berkunjung ke Pemandian Air Panas Cisolok di kawasan Pantai Pelabuhan Ratu. Keberadaannya yang tidak di pegunungan menjadikan pemandian air panas ini cukup unik, air yang dihasilkan pun tidak mengandung belerang karena berasal dari air yang melewati kerak bumi.

29. Pondok Halimun

Kamu bosan dengan suasana penginapan hotel? kamu bisa berkunjung ke Pondok Halimun Sukabumi. Berada di ketinggian 1.000 mdpl, wilayah ini memiliki udara yang sejuk sehingga cocok untuk dijadikan lokasi berkemah. Pemilik membagi wilayah ini menjadi beberapa bagian, yakni Bumi Perkemahan Elang Jawa, Bumi Perkemahan Cipelang, dan Bumi Perkemahan Pondok Halimun.

30. Taman Rekreasi Danau Lido

Destinasi wisata hits terakhir yang wajib dikunjungi adalah Danau Lido. Berada di Jalan Raya Sukabumi, Desa Wates Jaya, objek wisata ini cocok sebagai destinasi wisata keluarga atau wisata anak. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari memancing, bermain rakit, flying fox, hingga makan siang di atas perahu.

Cara Menuju ke Sukabumi

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Sukabumi adalah dengan:

Pesawat

Bandara terdekat dengan Kota Sukabumi adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta. Dari bandara tersebut, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Sukabumi dengan bus DAMRI. Tarifnya adalah sekitar Rp30.000,- per perjalanan.

Bus

Perjalanan darat dengan bus adalah salah satu yang paling sering digunakan wisatawan, terutama yang berangkat dari Jakarta, Bogor, Bandung, dan sekitarnya. Selain harganya yang terjangkau, bus yang tersedia juga nyaman dan perjalanannya tidak terlalu lama.

Kereta

Perjalanan darat dengan kereta yang menuju langsung ke Sukabumi hanya tersedia dari Bogor. Untuk itu, jika kamu ingin mencapai Sukabumi dengan kereta api, kamu harus berhenti dulu di Kota Bogor kemudian melanjutkan perjalanan dengan kereta ke Sukabumi.

Akomodasi di Sukabumi

Sukabumi memiliki cukup banyak pilihan akomodasi, mulai dari yang berbintang 1 hingga 5. Meski begitu, kota ini didomindasi penginapan berbintang 2 dan 3. Hotel-hotel ini menawarkan kamar yang sederhana dan nyaman serta fasilitas yang lengkap. Kamu bisa pesan hotel di Sukabumi dengan harga lebih terjangkau di tiket.com sekarang.

Spot Instagram-able di Sukabumi

Sukabumi memiliki segudang tempat-tempat wisata yang terkenal sebagai spot Instagram-able. Beberapa di antaranya adalah Jembatan Gantung Sukabumi, Gunung Kayu Damar, Kawah Ratu, Jembatan Gantung Situ Gunung, Curug Cimarinjung, Pantai Amada Ratu, dan Pantai Cicaladi.

Kuliner di Sukabumi

  1. Karena cuacanya yang biasanya cukup sejuk, kamu sebaiknya memakai baju berlapis agar lebih mudah menyesuaikan dengan cuaca di sini. Kaus lengan pendek, kaus lengan panjang, jaket, syal, topi, celana panjang, dan sepatu berjalan yang nyaman adalah pakaian yang tepat untuk dibawa saat berwisata di Sukabumi.
  2. Air keran di Sukabumi bukan untuk diminum.

Belanja di Sukabumi

Jika kamu ingin berbelanja sambil jalan-jalan dan beraktivitas, kamu bisa berkunjung ke beberapa mal yang berada di Sukabumi. Sebut saja Citimall, Sukabumi Centre Point, Ramayana, dan Mochi Kaswari Bakat Jaya.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Sukabumi

Musim

Musim di Sukabumi hanya ada dua, yaitu musim hujan dan kemarau. Untuk wisata terbaik, sebaiknya kamu menghindari musim hujan. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara awal bulan Mei dan pertengahan bulan September.

Suhu Rata-Rata

Suhu rata-rata sepanjang tahun di Sukabumi adalah 23.7°C (74.7°F).

Festival

Sukabumi memiliki Festival Aya Aya Wae yang digelar pada pertengahan tahun dan dijadwalkan menjadi acara tahunan. Pawai pada festival ini berisi pertunjukkan seni dan budaya lokal yang digelar secara meriah.

Cara Berkeliling di Sukabumi

Sukabumi memiliki sejumlah transportasi umum yang bisa kamu andalkan, seperti angkot, delman, ojek, dan bus. Meski begitu, yang paling umum dan menjangkau paling banyak lokasi adalah angkot. Jika kamu belum berpengalaman, sebaiknya kamu menanyakan rute yang akan dilewati sebelum berangkat.

Selain itu, kamu juga bisa mengendarai mobil sendiri dengan mudah dan nyaman di sini. Jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi di sini, kamu bisa sewa mobil di Sukabumi di tiket.com untuk harga yang terjangkau.

Seberapa Luas Sukabumi

Sukabumi memiliki luas 48,42 km² secara resmi. Untuk mengeksplorasi kota ini sepenuhnya, kamu perlu waktu sekitar 2-3 hari. Selama waktu tersebut, kamu bisa berkeliling ke tempat wisata di Sukabumi yang terkenal. Sebut saja Kebun Teh di Bukit Halimun, Mata Air Panas Cisolok, Pantai Karang Hawu, Pantai Cibangban, Gunung Gede, dan Sungai Cicatih.

Mata Uang Sukabumi

Rp (Rupiah Indonesia).

Bahasa di Sukabumi

Bahasa utama dan nasional di sini adalah Bahasa Indonesia. Kamu bisa berinteraksi dengan mudah dengan warga lokal menggunakan bahasa ini. Meski begitu, masih ada bahasa daerah yang sering digunakan sehari-hari, yaitu Bahasa Sandi Tipar Sukabumi (Sani Widal).

Zona Waktu Sukabumi

WIB / GMT+7.

Jenis Stop Kontak di Sukabumi

Jenis stop kontak di Sukabumi dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Sukabumi

  1. Karena cuacanya yang biasanya cukup sejuk, kamu sebaiknya memakai baju berlapis agar lebih mudah menyesuaikan dengan cuaca di sini. Kaus lengan pendek, kaus lengan panjang, jaket, syal, topi, celana panjang, dan sepatu berjalan yang nyaman adalah pakaian yang tepat untuk dibawa saat berwisata di Sukabumi.
  2. Air keran di Sukabumi bukan untuk diminum.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya