Solo
Tentang

Kota Solo atau Surakarta adalah salah satu destinasi wisata utama ketika turis dari luar kota ingin berkunjung ke Provinsi Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan keragaman wisata budayanya ini, adalah sebuah wilayah otonom yang juga merupakan salah satu kota terbesar di Pulau Jawa. Kota Solo yang juga disebut sebagai Kota Batik ini, memiliki beragam tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Kamu bisa pesan tiket tempat wisata di Solo hanya di tiket.com.


Sobat tiket, jika kamu berasal dari luar kota, barangkali kamu bertanya bagaimana cara mencapai kota Solo dengan mudah. Kamu tidak perlu khawatir karena fasilitas transportasi darat maupun udara sudah tersedia di kota ini. Kamu yang berasal dari luar kota atau luar daerah bisa memanfaatkan penerbangan ke Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo untuk mencapai kota ini. Jika kamu pesan tiket kereta ke Solo melalui tiket.com, kamu bisa memilih tujuan Stasiun Balapan Solo untuk bisa mencapai kota kebudayaan ini.


Tidak hanya soal budaya, Solo juga kaya dengan keragaman wisata kulinernya. Sebutkan saja beragam makanan lezat seperti nasi liwet, serabi Solo, timlo, selat Solo, dan lain-lain. Soal akomodasi penginapan, kamu juga tidak perlu khawatir karena di tiket.com, kamu bisa mendapatkan hotel di Solo dengan harga terbaik hanya di tiket.com.


Memilih Solo sebagai kota tujuan wisata kamu memang tepat. Sobat tiket bisa pesan tiket tempat wisata di Solo dengan mudah, langsung dari genggaman kamu. Aplikasi tiket.com menyediakan tiket masuk tempat wisata di Solo untuk kamu yang ingin mendapatkan pengalaman baru di kota yang juga disebut Kota Liwet ini.


Soal keragaman wisata, jangan ditanya. Solo punya banyak hal yang bisa membuat liburan kamu semakin tak terlupakan. Ayo pesan tiket tempat wisata di Solo hanya di aplikasi tiket.com!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Solo

Informasi mengenai tempat wisata di Solo.

Apa itu tiket CLEAN di Solo?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Solo tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Solo yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Solo

Solo atau Surakarta adalah kota yang perlu kamu tuju jika kamu ingin berpetualangan di kota yang historis dan penuh budaya. Ada banyak bangunan-bangunan bersejarah dengan arsitektur mengangumkan untuk kamu kunjungi di sini. Sebut saja Keraton Surakarta, Museum Radya Pustaka, dan Pura Mangkunegaran. Kamu juga bisa belanja oleh-oleh khas Solo dengan harga terjangkau di sini.

Selain itu, Solo memiliki banyak lokasi-lokasi sepi dan tenang jika kamu ingin bersantai tanpa keramaian.

Kota ini adalah destinasi wisata yang cocok untuk liburan keluarga karena kotanya yang ramah dan aman. Namun, kota ini juga cocok untuk solo traveler yang ingin bereksplorasi sendiri tanpa keramaian yang menyebalkan.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Solo

Solo, atau yang mungkin lebih sering kamu kenal sebagai Surakarta, adalah sebuah kota di Jawa Tengah yang kaya akan tempat wisata sejarah. Ada banyak museum, candi, serta istana kerajaan yang memiliki koleksi barang-barang bersejarah dengan arsitektur vintage yang unik. Selain itu, ada juga sejumlah taman terbuka jika kamu ingin menikmati segarnya udara bersama keluarga.

1. Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta adalah istana resmi Kasunanan Surakarta yang didirikan pada 1744. Masih dengan arsitektur dan budaya kerajaan yang khas, tempat ini adalah salah satu destinasi wisata sejarah dan budaya terbaik di Solo. Meski begitu, pastikan kamu mematuhi semua peraturan yang berlaku karena lingkungan Keraton memang sangat dijaga.

2. Air Terjun Jumog

Air terjun yang satu ini adalah salah satu tempat wisata di Solo yang masih tersembunyi. Pemandangannya indah meski mungkin tidak semegah atau setinggi air terjun terkenal lainnya. Terletak di lereng Gunung Lawu, udara di sekitar area air terjun ini sejuk dan menyegarkan.

3. Istana Mangkunegaran

Istana ini merupakan istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran dan masih menjadi tempat tinggal para penguasanya. Jika kamu menyukai tempat wisata sejarah dan budaya yang menarik, tempat ini adalah salah satu yang wajib dikunjungi! Beberapa area yang bisa dikunjungi adalah Ndalem Ageng, Pendopo Ageng, dan Keputren atau Balewarni.

4. Telaga Madirda

Selain air telaga yang bening dan menyegarkan, kamu juga bisa menikmati pemandangan bukit dan pepohonan di sekitarnya yang tak kalah cantik. Warga lokal bisanya menjadikan tempat ini destinasi wisata utama mereka di akhir pekan bersama keluarga.

5. The Heritage Palace

Jika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata modern yang menyenangkan, instagramable, dan cocok untuk wisata keluarga, The Heritage Palace bisa jadi destinasi wisata utamamu! Tempat ini adalah sebuah museum angkut dengan koleksi dan pameran yang unik. Mulai dari koleksi mobil antik hingga museum 3D.

6. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu adalah sebuah ari terjun yang berlokasi sekitar 37 km dari pusat kota. Air terjun yang tinggi, indah, dan menyegarkan ini dikelilingi oleh tebing dengan pepohonan hijau yang membuat suasana tambah rindang.

7. Pura Mangkunegaran

Telah berdiri sejak 1757, bangunan ini adalah satu lagi tempat wisata sejarah di Solo yang tak boleh kamu lewatkan. Aristekturnya yang menggabungkan gaya Jawa dan Eropa saja sudah akan menarik perhatianmu begitu tiba. Selain itu, di dalamnya, ada banyak koleksi benda-benda seni yang menarik di dalamnya.

8. Candi Cetho

Dengan ketinggian 1.496 mdpl, candi ini merupakan salah satu yang paling tinggi di Indonesia. Ada banyak nilai sejarah dan budaya menarik di candi dengan gaya arsitektur Hindu dan Nusantara ini. Pemandangan alam terbukanya pun juga cantik dan instagramable.

9. Taman Hutan Rakyat

Taman Hutan Rakyat atau Tahura di Solo adalah sebuah tempat rekreasi terbuka yang wajib dikunjungi. Karena ad abanyak koleksi flora dan fauna yang lengkap, tak heran juga jika tempat ini terhitung sebagai tempat wisata edukatif untuk anak-anak. Suasana alam di sini menyegarkan dan sejuk sehingga cocok untuk berelaksasi bersama.

10. Kebun Strawberry Karanganyar

Untuk wisata anak yang menyenangkan dan bisa dilakukan bersama keluarga, kamu bisa langsung ke Kebun Strawberry Karanganyar. Di sini tentu saja kamu bisa memetik stroberi-stroberi yang sudah matang untuk dimakan langsung atau dibawa pulang. Dengan luas area 2.000 meter persegi, kamu dan anak-anak bisa menikmati kegiatan ini secara leluasa.

11. Museum Batik Danar Hadi

Sesuai namanya, museum ini menyimpan berbagai macam koleksi batik yang cantik warna-warni dan unik. Mulai dari yang klasik hingga kontemporer, kamu bisa melihat semuanya di sini. Selain melihat koleksi batik yang sudah jadi, kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatannya, loh!

12. De Tjolomadoe

De Tjolomadoe dulunya merupakan sebuah bangunan pabrik gula, namun kini telah berubah menjadi tempat wisata. Para pengunjung bisa berfoto-foto sampai puas karena interiornya memang instagramable. Tapi, selain itu, ada juga beberapa pameran dan area yang menarik, seperti mesin tebu raksasa, Kafe Besali, dan lain-lain.

13. Museum Radya Pustaka

Museum ini memiliki berbagai koleksi peninggalan dari zaman Kesultanan Mataram. Mulai dari arca, alat musik, hingga keris dan banyak lagi. Selain itu, ada juga koleksi beberapa benda penting yang berhubungan dengan sejarah Kota Solo sendiri. Misalnya saja sebuah porselen yang diberikan oleh Napoleon Bonaparte ke Susuhunan Pakubuwono V dulu.

14. Agrowisata Sondokoro Karanganyar

Agrowisata Sondokoro Karanganyar adalah salah satu tempat wisata rekreasi keluarga terbaik di Solo. Ada banyak fasilitas serta permainan untuk semua usia, misalnya flying fox, kolam renang, dan fish therapy.

15. Pasar Antik Triwindu

Jika kamu suka barang-barang antik yang unik, kamu bisa langsung belanja di Pasar Antik Triwindu. Mulai dari lukisan kuno, uang zaman dulu, onderdil zaman dulu, hingga kain batik, kamu bisa menemukan semuanya di sini! Tentu saja barang-barang ini adalah barang bekas, ya! Selain itu, kamu juga bisa tawar-menawar di sini.

16. Bumi Perkemahan Sekipan

Sesuai namanya, Bumi Perkemahan Sekipan adalah sebuah area camping. Tapi, selain itu, tempat ini juga menghadirkan banyak fasilitas menarik dan menyenangkan lainnya, seperti waterpark, Kampung Halloween, dan Rumah Papua. Suasana outdoor-nya juga menyegarkan.

17. Edupark Intan Pari

Taman terbuka ini adalah salah satu destinasi wisata edukatif yang tak boleh kamu lewatkan di Solo. Selain ada fasilitas kolam renang dan taman yang menyegarkan, salah satu daya tarik utamanya adalah keberadaan pesawat Boeing 737-300 dan helikopter Bolco di sini. Kamu bisa melihat keduanya dari jarak dekat dan berfoto-foto di sana.

18. Kampung Batik Kauman

Jika kamu menyukai batik atau ingin mencari oleh-oleh batik, kamu bisa langsung ke Kampung Batik Kauman! Batik cantik yang dijual di sini semuanya ada buatan tangan sehingga tak heran jika harganya lebih tinggi. Namun, kecantikannya dan keunikannya tentu sepadan!

19. Agrowisata Amanah

Agrowisata Amanah adalah salah satu destinasi wisata rekreasi keluarga yang menyenangkan di Solo. Ada banyak fasilitas dan permainan untuk seluruh keluarga, seperti kolam renang, fasilitas outbond, dan kebun stroberi. Tersedia juga penginapan dan tempat makan yang lengkap serta memadai di sini.

20. Candi Sukuh

Candi Hindu ini merupakan sebuah candi bersejarah yang pertama kali ditemukan tahun 1815. Salah satu keunikannya adalah bentuknya yang berbeda, yaitu trapesium.

21. Bendungan Colo

Fungsi utama bendungan ini sebenarnya adalah sebagai alur irigasi pertanian, namun juga merupakan tempat wisata yang terkenal di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Salah satu keunikannya adalah beton berbentuk kotak-kotak yang terpisah dengan jarak yang sama di bawah bendungan. Kamu bisa jalan-jalan santai di sini sambil jajan camilan lokal dan menikmati udara segar.

22. Taman Balekambang

Taman ini adalah salah satu area terbuka dan ruang publik terbaik di Solo. Kamu bisa jogging, berfoto-foto, melihat hewan-hewan jinak seperti angsa, rusa, dan ayam, atau sekedar berkumpul dan menikmati udara segar bersama.

23. Benteng Vastenburg

Mungkin kamu sudah bisa menebak dari namanya bahwa tempat ini merupakan sebuah peninggalan dari zaman kolonial Belanda. Telah ada sejak 1779, tempat ini dulunya merupakan lokasi untuk mengontrol pemerintah di Keraton Surakarta. Kini, tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah favorit di Solo.

24. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari adalah sebuah taman untuk berbagai pertunjukan seni yang memukau. Karena itu, taman ini lebih sering disebut sebagai Taman Hiburan Rakyat yang disingkat menjadi THR. Pertunjukan-pertunjukan seni yang bisa kamu lihat di sini adalah pentas wayang orang, tarian, musik, dan lain-lain.

25. Museum Manusia Purba Sangiran

Sesuai namanya, museum ini menghadirkan berbagai koleksi, pameran, dan informasi mengenai manusia purba dan kehidupan pra-sejarah. Bahkan, koleksi di museum yang terletak di kaki Gunung Lawu ini termasuk salah satu yang terlengkap di dunia. Jadi, tak heran jika temapt ini merupakan salah satu museum paling terkenal di Solo.

26. Galabo Solo

Ingin menikmati makanan khas Solo yang lezat tanpa harus pindah-pindah tempat? Langsung saja ke Galobo Solo! Tempat ini adalah salah satu pusat wisata kuliner terbaik di Solo. Banyak restoran dan tempat makan yang menyajikan makanan lokal lezat di sini. Pilihanmu benar-benar tak terbatas! Dan karena baru buka pada sore hari hingga malam hari, tempat ini pas sekali untuk makan malan atau midnight snack.

27. Taman Cerdas

Taman ini bukan hanya sebuah taman biasa tapi juga merupakan objek wisata di Solo yang edukatif. Ada berbagai permainan untuk anak-anak dan juga fasilitas untuk pengunjung dewasa yang sama-sama edukatif namun menyenangkan.

28. Monumen 45 Banjarsari

Monumen yang dibangun untuk memperingati peristiwa Serangan Empat Hari (7-10 Agustus 1949) ini terletak di Taman Monjari. Selain mendatangi monumen bersejarah ini, kamu juga bisa jalan-jalan santai di area taman terbuka.

29. Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun binatang yang satu ini bukan hanya sebuah tempat wisata alam dengan flora dan fauna, tapi juga sebuah tempat wisata edukatif. Kamu bisa melihat berbagai macam spesies satwa, seperti jerapah, zebra, gajah, dan banyak lagi. Ada juga banyak spesies flora yang tak boleh kamu lewatkan, seperti pohon cemara, pohon pinus, akasia, dan lain-lain.

30. Ngarsopuro Night Market

Pasar malam yang satu ini adalah salah satu destinasi wajib bagi para wisatawan di Solo. Selain ada banyak toko yang menjual barang-barang lokal dengan harga terjangkau, tempat ini juga surganya wisata kuliner lokal!

Cara Menuju ke Solo

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Solo adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar negeri atau dari luar Pulau Jawa, pesawat adalah cara terbaik untuk mencapai kota ini. Kamu perlu mendarat di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo. Kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan taksi argo. Meski begitu, bandara ini tidak terlalu besar. Sebagai alternatif, kamu juga bisa mendarat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta kemudian meneruskan perjalanan dengan transportasi darat sepanjang 60 km.

Bus

Bus ke Solo tersedia cukup banyak dari berbagai kota besar, terutama Jakarta dan Surabaya. Umumnya bus bisa menjadi transportasi ideal jika kamu berangkat dari Pulau Jawa juga. Terminal utama di kota ini adalah Terminal Tirtonadi.

Kereta

Pengunjung dari Jakarta cukup sering pergi ke Solo menggunakan kereta. Hal ini karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan pesawat dan tempat duduknya cukup nyaman. Stasiun antarkota utama di Solo adalah Stasiun Solobalapan. Dari stasiun, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan angkot atau taksi.

Mobil

Jika kamu berangkat dari Yogyakarta atau Semarang, kota Solo mudah dicapai dengan mobil karena jaraknya yang dekat. Jalan tol yang menghubungkan kedua kota juga sudah sempurna.

Akomodasi di Solo

Di Solo terdapat beragam akomodasi, mulai dari yang berbintang 1 hingga 5. Kamu tidak akan kesulitan menemukan hotel gedung dengan fasilitas lengkap dan kamar yang nyaman di sini. Dan bagi kamu yang mencari hotel, hostel, apartemen, atau homestay budget, kamu juga tidak akan kesulitan menemukannya di sudut-sudut kota Solo. Kamar dan fasilitas yang ditawarkan juga tetap nyaman, bersih, dan lengkap meski harganya lebih rendah.

Spot Instagram-able di Solo

Di Keraton Kasunanan, kamu bisa berfoto sepuasnya untuk menangkap suasana historis di sini. Jadi, selain belajar budaya dan sejarah, kamu juga bisa mengumpulkan foto-foto keren.

Untuk foto-foto yang lebih unik, kamu bisa ke Transformers Park. Ini adalah tempat pembuangan truk lama yang sudah tidak beroperasi lagi. Sesuai namanya, kamu akna menemukan tumpukan mobil-mobil lama yang mengingatkanmu akan Bumblebee dan kawan-kawan. Terakhir, kamu bisa berkunjung ke Heritage Palace yang akan membawamu ke Eropa zaman dulu.

Kuliner Solo

Solo terkenal dengan sejumlah makanan khas yang wajib kamu cicipi saat ada di sini. Nasi liwet, soto, serabi, timlo, kue lapis mandarin, es dawet telasih, dan tahok adalah beberapa yang paling terkenal. Kamu bahkan bisa membawa pulang kue lapis mandarin sebagai oleh-oleh. Beberapa makanan ini juga tersedia di kota-kota lain di Indonesia, namun tentu setiap kota memiliki keunikannya sendiri, dan Solo tidak terkecuali.

Makanan Vegan / Vegetarian

Makanan vegan mungkin belum terlalu sering ditemukan di Solo, namun makanan restoran vegetarian ada cukup banyak di sini. Beberapa yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Bali Vegatarian Resturant, Maitri Jaya, dan Épice Restaurant.

Belanja di Solo

Barang yang wajib kamu beli di Solo adalah batik. Meski bisa ditemukan di seluruh kota di Indonesia, Solo adalah destinasi utama untuk orang-orang yang mencari oleh-oleh batik. Beberapa tempat belanja batik berkualitas yang bisa kamu kunjungi adalah Kampung Batik Laweyan, Kampung Batik Kauman, Pasar Grosir Solo, dan Pasar Klewer.

Solo juga memiliki banyak mal yang bisa menjadi tujuan utamamu saat berbelanja, seperti Solo Grand Mall, Solo Paragon, The Park, dan Hartono Mall.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Solo

Musim

Sebagai bagian dari Indonesia, Solo hanya memiliki musim kemarau dan musim hujan. Hujan yang turun pada musim hujan umumnya bisa sangat deras. Oleh karena itu, berkunjunglah pada musim yang lebih hangat, yaitu antara bulan Mei hingga Oktober.

Suhu Rata-Rata

  • Musim kemarau (pertengahan tahun): 31 derajat Celsius (87.8 derajat Fahrenheit).
  • Musim hujan (awal dan akhir tahun): 23 derajat Celsius (73.4 derajat Fahrenheit).

Festival

Solo memiliki banyak perayaan seru sepanjang tahun. Salah satunya adalah Grebeg Sudiro, yaitu perayaan perpaduan masyarakat Tionghoa dan Jawa. Puncak acara ini adalah perebutan makanan, hasil bumi, dan banyak lagi yang telah ditumpuk dengan bentuk gunung. Makanan yang ditumpuk bercampur antara makanan khas Jawa dan Tionghoa.

Kamu juga bisa menyaksikan Solo Batik Carnival, di mana akan ada pagelaran kostum-kostum dengan material batik di jalan utama kota Solo. Tentu saja kostum yang akan kamu lihat bukan kostum biasa, tapi kostum-kostum dengan desain indah dan unik.

Cara Berkeliling di Solo

Solo adalah kota yang ramah pejalan kaki, jadi sangat cocok jika kamu ingin mengeksplorasi pusat-pusat budaya dan sejarah di kota ini dengan berjalan kaki. Kamu juga bisa mengandalkan taksi argo jika sudah lelah berkeliling.

Selain itu, kamu memiliki pilihan untuk menyewa mobil di Solo jika ingin berkeliling dengan lebih leluasa. Untuk harga yang terjangkau serta pemesanan yang mudah, segera sewa mobil di Solo di tiket.com!

Untuk transportasi umum, kamu bisa memanfaatkan fasilitas becak atau delman (kereta kuda).

Seberapa Luas Solo

Solo memiliki luas 46,01 kilometer persegi secara resmi. Untuk berwisata sampai puas di sini, kamu hanya perlu menghabiskan sekitar empat hari saja. Dalam waktu tersebut, kamu bisa mengeksplorasi tempat wisata di Solo, seperti Keraton Kasunanan (istana Sultan-Sultan Pakubuwono), Puro Mangkunegaran (istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran), Museum Batik Danar Hadi, dan Kebun Binatang Jurug.

Sisa waktu yang kamu miliki bisa digunakan untuk berwisata kuliner dan menyicipi makanan-makanan terkenal Solo. Kamu juga bisa melanjutkan wisatamu ke kota-kota lain yang berdekatan seperti Yogyakarta dan Semarang.

Mata Uang Solo

Rp (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Solo

Bahasa nasional di Solo adalah Bahasa Indonesia. Jika kamu fasih berbahasa Indonesia, maka kamu tidak akan kesulitan berinteraksi dengan warga lokal di sini. Meski begitu, warga Solo lebih sering menggunakan Bahasa Jawa Surakarta (Bahasa Jawa dengan dialek Surakarta).

Zona Waktu Solo

WIB / GMT+7


Jenis Stop Kontak di Solo

Jenis stop kontak di Solo dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.


Perlu Diketahui Tentang Solo

  1. Jika kamu berkunjung ke Solo pada musim kemarau, umumnya cuaca di kota ini cukup hangat, namun kadang bisa panas. Untuk itu, lebih baik kamu mengenakan kaus lengan pendek, celana pendek atau celana panjang yang tidak berwarna hitam (agar tidak menyerap panas), dan sepatu jalan yang nyaman. Kamu juga disarankan membawa topi atau payung dan tabir surya.
  2. Air keran di Solo bukan untuk diminum.
  3. Cobalah mandi lulur yang terkenal di Solo.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya