Tes COVID-19 Terdekat

Nggak perlu ribet, pesan berbagai jenis tes COVID-19 terdekat dari lokasimu dengan mudah.

Sleman
Tentang

Sleman adalah sebuah kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki banyak tempat wisata alam dan modern. Daya tarik utamanya adalah Gunung Merapi yang terkenal. Selain gunung itu sendiri, ada banyak juga tempat wisata alam dan modern di sekitarnya untuk menikmati pemandangan.

Kabupaten ini sangat cocok untuk wisata keluarga karena ada banyak tempat wisata yang ramah anak. Selain menyenangkan, ada banyak juga objek wisata yang edukatif serta interaktif untuk anak-anak. Sebut saja Sindu Kusuma Edupark, Kids Fun Park, dan dan Taman Pelangi.

Fasilitas di Kabupaten Sleman juga sudah lengkap dan memadai. Ada sangat banyak pilihan penginapan, mulai dari yang bintang 5 dan mewah hingga bintang 1 yang lebih sederhana. Sedangkan untuk berkeliling di dalam kota, kamu cukup sewa motor atau mobil agar bisa mengeksplorasi dengan lebih leluasa.

Untuk mengeksplorasi kabupaten ini sampai puas, kamu cukup habiskan 3 hari saja. Tidak heran jika kabupaten ini sering menjadi tujuan wisatawan untuk short weekend getaway. Namun, tidak sedikit juga wisatawan yang memilih untuk melanjutkan perjalanan dengan mengeksplorasi area lain di Yogyakarta yang tak kalah menyenangkan!

Ayo, rencakan wisatamu ke Sleman bersama tiket.com! Unduh aplikasi gratisnya dan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, hotel, tiket tempat wisata, dan sewa mobil dengan harga terjangkau dan proses yang mudah!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Sleman

Informasi mengenai tempat wisata di Sleman.

Apa itu tiket CLEAN di Sleman?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Sleman tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Sleman yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Sleman

Merupakan kabupaten yang termasuk dalam Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Sleman menjadi lokasi berbagai macam tempat wisata alam dan modern yang cocok untuk keluarga. Salah satu yang paling terkenal di sini adalah Gunung Merapi. Selain gunungnya sendiri, di sekitarnya ada cukup banyak tempat wisata yang tak kalah menarik karena sekaligus memanfaatkan pemandangan Gunung Merapi yang cantik.

Di hari-hari tertentu, ada banyak tempat wisata di Sleman yang tidak terlalu ramai turis sehingga kamu bisa menikmati wisata dengan tenang.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Sleman

Sleman adalah salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang menyimpan berbagai macam tempat wisata alam dan modern yang menarik. Mulai dari danau, air terjun, persawahan, kuliner hingga gunung, kamu bisa menemukan semuanya di sini!

1. Keraton Ratu Boko

Keraton Ratu Boko atau Candi Ratu Boko merupakan keraton dengan corak Hindu yang memiliki peran penting dalam penyebaran agama Hindu di Indonesia pada abad ke-8. Lokasi dengan seluas 250.000 meter persegi ini dulunya merupakan sebuah kompleks keraton yang runtuh sehingga hanya terlihat beberapa bagian bangunan yang masih ada. Keraton Ratu Boko merupakan salah satu tempat wisata hits di Jogja yang instagrammable, lho! Para pengunjung akan beramai-ramai untuk berfoto dengan latar bangunan keraton dan langit yang biru. Berfoto di hamparan rumput juga menjadi spot favorit! Kalau kamu punya banyak waktu hingga matahari terbenam, kamu bisa berfoto dengan latar langit yang berwarna ungu bercampur orange. Keren banget! Dijamin, foto-foto kamu instagrammable.

2. Jogja Bay Waterpark

Tempat wisata di Jogja tidak hanya wisata budaya dan sejarah, lho! Ada juga taman bermain air Jogja Bay Waterpark buat kamu yang mau seru-seruan bermain air. Banyak pilihan wahana berselancar yang bisa kamu pilih adrenalin kamu. Wahana air ekstrem yang kamu bisa mainkan ada Memo Racer, Bekti Adventure, Volcano Coaster, Timo-Timo Rider, dan masih banyak lagi!

3. Candi Prambanan

Selain Borobudur, Jogja masih punya satu candi lagi yang terkenal yakni Candi Prambanan. Candi Prambanan memiliki total 240 candi dan menjadi bagian dari UNESCO World Heritage Site. Banyak spot-spot foto instagrammable yang wajib dikunjungi di sini! Menurut legenda, Candi Prambanan ini dibangun oleh Bandung Bondowoso, seorang pemuda yang jatuh cinta kepada Roro Jonggrang.

4. Merapi Kaliadem

Untuk kamu ingin merasakan naik mobil jeep ala film petualangan? Merapi Kaliadem tempatnya! Di sini, kamu bisa melakukan tur ke Gunung Merapi menggunakan mobil jeep. Bunker Kaliadem dulunya merupakan tempat pengamatan aktivitas Gunung Merapi dan juga tempat berlindung para pengamat. Kini, tempat tersebut sudah tidak digunakan sebagaimana mestinya. Sejak meletusnya Gunung Merapi 10 tahun lalu, kawasan sekitarnya menjadi gersang akibat erupsi.

5. Sindu Kusuma Park

Sindu Kusuma Edupark merupakan tempat wisata keluarga. Selain kamu bisa bermain air di waterparknya, kamu juga bisa mendapatkan wawasan dengan cara yang asyik banget. Tempat wisata hits ini memiliki berbagai wahana yang bisa kamu coba dan nikmati. Mulai dari Kolam Arus, Giant Slider, Kora-Kora, bahkan Rumah Hantu. Kamu juga bisa melipir ke Omah Batik dan Mainan Tempo Doeloe di mana kamu bisa mengetahui sejarah batik dan koleksi mainan jadul.

6. Sendratari Roro Jonggrang

Kalau kamu bosan berkeliling Candi Prambanan, kamu bisa banget melipir ke Sendratari Roro Jonggrang untuk melihat pertunjukan tari yang terkenal. Pertunjukan ini biasa diselenggarakan di depan Candi Prambanan yang membuatnya semakin spektakuler. Pertunjukan Sendratari Roro Jonggrang akan menyajikannya dalam bentuk tarian modern tanpa meninggalkan ciri khas yang ada dalam tariannya, ditambah dengan musik, drama, kostum sebagai pendukung. Jadi kamu nggak akan merasa bosan.

7. Museum Monumen Yogya Kembali

Museum Monumen Yogya Kembali memiliki bentuk yang terbilang cukup unik karena menyerupai bentuk gunung. Bentuk itu dipilih sebagai sebuah lambang yang menandakan kesuburan dan pelestarian sejarah dari nenek moyang. Pemilihan nama museum ini juga punya cerita menarik. Nama tersebut dipilih karena museum ini dibuat sebagai tempat untuk mengenang sejarah perjuangan seluruh rakyat Indonesia atas mundurnya pasukan Belanda dari Yogyakarta yang saat itu merupakan ibukota Indonesia.

8. Museum Ullen Sentalu

Museum satu ini memiliki nama yang unik banget. Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa yaitu “Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku” yang berarti “terang adalah penuntun jalan kehidupan”. Wah, filosofis banget ya namanya. Tempat wisata di Jogja ini banyak memberikan cerita tentang sejarah peradaban Kerajaan Mataram. Kamu akan menemukan banyak arca, lukisan, foto, kain batik, serta beberapa peninggalan sejarah lainnya. Kamu juga tidak bisa sembarangan mengambil gambar di museum ini. Tenang saja, akan ada tempat yang memang diperbolehkan untuk mengambil gambar. Salah satunya adalah relief Candi Borobudur yang sengaja dibuat miring. Unik banget, ya?

9. Ramayana Ballet di Prambanan

Berkunjung ke Jogja rasanya kurang lengkap bila tidak menyaksikan pertunjukkan sendratari Ramayana yang ada di Prambanan ini. Bila kamu ingin melihat betapa indahnya budaya Jogja maka menonton sendratari Ramayana merupakan pilihan yang tepat untuk kamu dan pasangan nih. Keunikan dalam sendratari Ramayana ini adalah kamu akan melihat pertunjukkan gabungan antara seni drama dan juga tari tanpa adanya dialog. Sendratari Ramayana sendiri menceritakan kisah cinta tentang perjalanan Rawa Wijaya untuk menyelamatkan sang istri Dewi Shinta yang diculik oleh Rahwana Raja Alengka. Pastinya ketika menonton pertunjukan ini bersama pasangan akan memberikan kesan yang lebih spesial deh.

10. Candi Ijo

Tempat wisata di Jogja selanjutnya yang harus kamu kunjungi bersama pasangan adalah Candi Ijo. Candi Ijo merupakan salah satu tempat yang spesial di Jogja untuk menyaksikan matahari terbenam. Dikarenakan pemandangan terbuka di sisi barat candi tertinggi di Jogja ini menyajikan panorama alam yang menawan dari ketinggian. Kamu dan pasangan akan dibuat terpesona saat melihat indahnya matahari terbenam dengan latar belakang Candi Ijo. Dijamin melihat matahari terbenam di Candi Ijo bersama pasangan akan membuat momen berlibur bersama pasangan akan semakin romantis.

11. Stonehenge Cangkringan

Ada yang tahu sebuah tempat bernama Stonehenge yang terletak di Wiltshire, Inggris? Merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO, kamu bisa melihat barisan batu yang berdiri tegak di atas tanah. Stonehenge memiliki arti berupa stone berarti batu dan henge berarti lingkaran.

12. The Lost World Castle

Tempat wisata di Sleman selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah The Lost World Castle. Berada di lereng Gunung Merapi, destinasi wisata hits ini serupa dengan Benteng Takeshi karena bangunan yang dibentuk dengan batu sisa erupsi Gunung Merapi. Tempat ini cocok banget untuk berburu spot foto instagrammable di arena Paradise Gate, spot foto 3D, dan ikon dunia. Dengan biaya masuk yang murah, sebesar IDR 30.000, kamu bisa senang-senang loh!

13. Blue Lagoon

Ingin berendam dan berenang sambil menikmati pemandangan sejuk dan asri? Kamu bisa ke Blue Lagoon yang merupakan kolam pemandian alami yang bersumber dari air dalam tanah. Kamu dapat berendam dan berenang di kolam yang akan membuat tubuh terasa segar.

14. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi merupakan tempat wisata di Sleman yang wajib dikunjungi. Di sini, kamu bisa menyewa mobil jeep untuk mengunjungi beberapa spot yang terkenal, seperti Batu Alien, Bunker Kaliadem, Museum Sisa Hartaku, Rumah Almarhum Mbah Maridjan, Tebing Gendol, dan sebagainya.

15. Green Kayen

Green Kayen merupakan destinasi wisata hits yang berupa sungai dan airnya berasal dari arus Kali Boyong. Tempat yang terkenal ini memiliki tebing setinggi 5 meter yang menerjunkan air dari ketinggian sehingga bisa dijadikan tempat berenang. Obyek wisata ini cocok untuk wisata anak dan wisata keluarga.

16. Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah obyek wisata hits yang wajib dikunjungi selanjutnya. Tebing ini berupa tebing batu kapur nan cantik dengan pahatan memukau berbentuk naga. Buat kamu yang mencari spot foto instagrammable, Tebing Breksi jadi spot yang menarik dengan harga tiket masuk yang murah.

17. The World Landmark Merapi Park

The World Landmark Merapi Park berupa taman dengan menyuguhkan miniatur landmark dari berbagai belahan dunia. Dengan menghadirkan miniatur landmarks, tempat wisata di Sleman ini menjadi incaran untuk berburu foto yang lucu dan instagrammable, seperti Patung Liberty, Burj Al Arab Dubai, Menara Eiffel, Big Ben, hingga patung Masha and The Bear. Tidak hanya miniatur landmark, The World Landmark Merapi Park juga menyediakan wahana seperti, Kids Waterpark, Jemparingan, dan Tunggang Kuda. Destinasi wisata yang terkenal ini pun cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

18. Bukit Paralayang Watugupit

Spot indah selanjutnya untuk melihat sunset di kota Yogyakarta adalah di Bukit Paralayang Watugupit. Watugupit berada di kawasan perbukitan sebelah timur Pantai Parangtritis. Di sini kamu dapat menyaksikan momen matahari terbenam yang sungguh sangat mendamaikan. Semua itu makin lengkap dengan embusan angin senja yang menyegarkan. Apalagi jika momen sunset itu dinikmati dari atas ketinggian di tepi laut.

19. Bukit Bintang

Bukit Bintang merupakan salah satu tempat nongkrong yang romantis di Yogyakarta. Disini kamu dapat menikmati pesona yang disuguhkan dari tempat ini. Waktu yang pas untuk datang ke Bukit Bintang adalah saat sore hari, agar dapat menikmati pemandangan sunset yang indah dengan warna langit yang menggoda. Kamu dapat menikmati matahari terbenam bersama keluarga ataupun teman-teman.

20. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di perbukitan Gunungkidul. Di tempat wisata yang terkenal ini kamu akan menemukan sebuah danau buatan yang digunakan sebagai sarana rekreasi dan juga sebagai tempat pengairan dari kebun buah dan sayur yang terletak di sekitarnya.

21. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo menjadi salah satu tempat terbaik bagi kamu yang ingin menyaksikan keindahan matahari terbenam dari puncak pegunungan. Objek wisata di Jogja ini juga merupakan salah satu titik tertinggi Pegunungan Menoreh yang ada di Kabupaten Kulon Progo lho.

22. Bukit Parang Endog

Tidak jauh dari kawasan Parangtritis, kamu bisa menemukan sebuah kawasan perbukitan yang memiliki view langsung ke laut selatan. Dari atas bukit yang dulunya merupakan landasan paralayang ini kamu bisa duduk santai sambil menikmati detik-detik pergantian siang dan malam dengan nyaman sambil menangkapnya di dalam kamera.

23. Bukit Lintang Sewu

Bila kamu dan pasangan ingin mencari spot foto menarik dengan pemandangan alam maka Bukit Lintang Sewu bisa menjadi pilihan yang sempurna. Destinasi wisata yang satu ini berada di kawasan hutan pinus kabupaten Bantul. Sehingga, saat berkunjung ke Bukit Lintang Sewu kamu akan merasakan hawa sejuk dan juga udara yang segar. Kamu dapat dengan mudah menemukan bermacam-macam ornamen cantik dan juga unik yang membuat kamu pasti ingin segera mengabadikannya dengan lensa kamera. Berwisata di Bukit Lintang Sewu akan membuat kamu dan pasangan ketagihan menjajal setiap spot foto yang ada di sini. Gimana, pasti sobat tiket ingin mengabadikan momen bersama pasangan di sini kan?

24. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang terkenal dan menjadi destinasi wajib ketika berlibur ke Jogja. Di sini kamu dan pasangan bisa menikmati quality time sambil melihat indahnya ombak dan juga menikmati semilir angin. Saat berada di Pantai Parangtritis kamu juga bisa menyewa delman untuk mengelilingi pantai. Saat beranjak sore, kamu dan pasangan bisa melihat langsung lembayung senja yang memukau di ufuk barat. Indahnya pemandangan cahaya keemasan akan memenuhi langit hingga rasanya sayang kalau tidak diabadikan dengan lensa kamera.

25. Goa Pindul

Saat berlibur di Jogja gak ada salahnya nih mengajak pasangan menjelajahi wisata alam bersama. Goa Pindul merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi dan akan terhipnotis dengan keindahannya. Saat berada di Goa Pindul kamu bisa melihat indahnya sinar matahari yang masuk dari dinding goa dan menembus air sungai. Kamu enggak perlu khawatir dengan akses yang rumit untuk bisa melihat keindahan Goa Pindul, karena aksesnya sangat mudah untuk dijangkau kok.

26. Kerajaan Mataram Kotagede

Peninggalan kerajaan-kerajaan terdahulu selalu saja menjadi tempat wisata yang menarik di Jogja. Kerajaan Mataram Kuno meninggalkan banyak jejak candi. Sedangkan Kerajaan Mataram Islam meninggalkan dua komplek makam kerajaan, di Imogiri dan Kotagede.

27. Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg merupakan benteng yang dibangun pada tahun 1765 oleh pemerintahan Belanda yang fungsinya sebagai bentuk pertahanan dari serangan Kraton Yogyakarta. Saat ini, tempat wisata hits ini menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Jogja. Informasi seperti kesejarahan, kebudayaan dan nilai-nilai luhur kejuangan bisa kamu dapatkan di sini. Tempat wisata yang bisa dibilang antik ini juga memiliki banyak spot untuk foto-foto instagrammable. Jadi jangan sampai sobat tiket lupa untuk mengabadikan momen seru selama berada di Museum Benteng Vredeburg ini, ya!

28. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman menjadi wisata religi sekaligus tempat wisata di Jogja. Masjid Gedhe Kauman atau yang lebih dikenal dengan nama Masjid Agung Jogja, dibangun di kawasan yang masih merupakan milik Keraton Yogyakarta. Masjid Gedhe Kauman merupakan tempat untuk beribadah, namun masjid ini juga menjadi tempat wisata yang terkenal. Meskipun demikian, fungsi utama masjid sebagai tempat ibadah masih terjaga dengan sangat baik lengkap dengan semua fasilitas yang diperlukan.

29. Sungai Oya

Masih tempat wisata yang bisa memacu adrenaline, kali ini kamu nggak akan dibawa menyusuri sungai di bawah goa. Tapi, kamu bisa rafting sambil melihat pemandangan alam dengan lebih jelas. Sungai Oya merupakan salah satu tempat wisata a di Gunungkidul. Ketika kamu sampai di tempat ini, kamu akan segera disambut oleh pemandangan alam yang mirip banget sama Sungai Amazon. Aliran sungai ini tidak terlalu deras dan sudah terjamin keamanannya. Jadi sobat tiket nggak perlu khawatir untuk rafting di sini.

30. Keraton Yogyakarta

Keraton Kasultanan Ngayogyakarta atau juga dikenal sebagai Keraton Jogja merupakan sebuah istana tempat tinggal sultan bersama keluarganya. Terdapat sebuah museum yang bisa kamu jadikan sebagai tempat wisata di Jogja yang bagus jika kamu ingin mempelajari lebih jauh mengenai kebudayaan jawa. Ada banyak barang peninggalan sultan-sultan pendahulu beserta keluarganya yang bisa kamu lihat di sini.

Cara Menuju ke Sleman

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Sleman adalah dengan:

Pesawat

Kabupaten Sleman sendiri tidak memiliki bandara, tapi kamu bisa memesan tiket pesawat dengan tujuan Bandar Udara Internasional Yogyakarta, kemudian melanjutkan perjalanan darat dari sana. Perjalanan darat ini memakan waktu sekitar 50 menit.

Bus

Pilihan rute bus yang langsung ke Sleman lebih banyak tersedia, bahkan dari kota yang berbeda provinsi atau jauh sekalipun, seperti Jakarta. Harganya cukup terjangkau dan cocok untuk kamu yang bepergian bersama rombongan. Namun waktu perjalanannya tentu lebih lama.

Kamu bisa juga menggunakan bus untuk berangkat ke Sleman setelah mendarat di Bandar Udara Internasional Yogyakarta.

Kereta

Jika ingin menggunakan kereta, kamu bisa memilih rute kereta api dengan tujuan Yogyakarta. Karena merupakan provinsi besar, ada banyak stasiun antar kota dan juga pilihan kereta api yang menuju Yogyakarta. Dari sana, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan mobil atau bus.

Akomodasi di Sleman

Kamu tidak akan sulit menemukan penginapan yang sesuai kategorimu di Sleman. Mulai dari hotel bintang 5 hingga penginapan bintang 1 yang lebih sederhana, semuanya mudah dicari dan dipesan. Ada banyak juga resor mewah dengan lokasi yang strategis dan jauh dari pusat kota untuk kamu yang ingin sekaligus menikmati pemandangan dan udara sejuk selama menginap.

Spot Instagram-able di Sleman

Ada banyak tempat wisata alam dan modern di Sleman yang tak hanya menyenangkan dan asyik tapi juga instagramable, seperti:

  • Bukit Klangon
  • Agrowisata Bhumi Merapi
  • Stonehenge
  • The Lost World Castle
  • Taman Gardu Pandang Kaliurang
  • Bendungan Sabo Bronggang
  • Merapi Park
  • Candi Ijo

Kuliner di Sleman

Jawa Tengah terkenal akan makanan lokalnya yang lezat. Beberapa yang wajib kamu coba di Sleman, Yogyakarta adalah:

  • Gudeg: sayur nangka, ayam, telur, dan nasi yang secara keseluruhan memberikan cita rasa manis
  • Nasi Langgi: sering juga disebut sego Langgi atau Langgi beras, berisi nasi hangat yang disajikan dengan berbagai lauk
  • Kipo: camilan dari dari adonan tepung tapioka berwarna hijau dengan kelapa parut yang manis
  • Bakpia: camilan berukuran kecil terbuat dari kacang hijau manis dan dibalut dengan adonan kue tipis

Makanan Vegan / Vegetarian

Restoran yang khusus menyajikan makanan vegan atau vegetarian di Sleman belum terlalu banyak. Namun, kamu tetap bisa memesan makanan lokal namun request agar daging atau bahan makanan lainnya tidak digunakan. Untuk restoran vegetarian dan vegan yang lebih lengkap, kamu bisa ke area lain di Yogyakarta.

Belanja di Sleman

Sleman memiliki sejumlah mal yang bisa jadi tujuanmu untuk belanja sampai puas, seperti:

  • Sahid Yogya Lifestyle City
  • Malioboro City
  • Plaza Ambarrukmo
  • Hartono Mall

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Sleman

Musim

Sleman, seperti area lainnya di Indonesia, hanya mengalami dua musim, yaitu hujan dan kemarau. Untuk menikmati wisata outdoor tanpa gangguan cuaca, sebaiknya kamu berkunjung di pertengahan tahun (musim kemarau) dan hindari akhir dan awal tahun (musim hujan).

Suhu Rata-Rata

Suhu rata-rata di Sleman sepanjang tahun adalah sekitar 30 derajat Celsius (86 derajat Fahrenheit).

Cara Berkeliling di Sleman

Jumlah angkutan umum di kabupaten ini berangsur-angsur berkurang. Meski masih ada sejumlah armada dengan pilihan rute yang lengkap, kamu mungkin akan sulit menemukannya di lokasi yang lebih terpencil. Oleh karena itu, sebaiknya kamu sewa motor atau mobil saja untuk perjalanan yang lebih praktis. Untuk sewa mobil di Sleman dengan harga terjangkau dan proses pemesanan yang mudah, langsung saja cek halaman Sewa Mobil tiket.com!

Seberapa Luas Sleman

Sleman memiliki luas 574,8 kilometer persegi. Untuk mengeksplorasi kabupaten ini sampai puas, kamu bisa menghabiskan sekitar 3 hari di sini. Selama waktu tersebut, ada banyak tempat wisata di Sleman yang bisa kamu tuju, mulai dari tempat wisata alam hingga modern. Beberapa yang kami rekomendasi adalah:

  • Sindu Kusuma Edupark
  • Kids Fun Park
  • Taman Pelangi
  • Candi Ijo
  • Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark
  • Keraton Ratu Boko
  • Lava Tour Merapi
  • Bukit Klangon
  • Museum Gunung Merapi

Mata Uang Sleman

Rp / IDR (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Sleman

Bahasa nasional di Sleman adalah Bahasa Indonesia. Namun, warga lokal juga masih cukup banyak yang menggunakan Bahasa Jawa untuk komunikasi sehari-hari. Meski banyak warga yang bisa berbahasa Inggris, terutama yang bekerja di industri wisata, kamu bisa juga mempelajari Bahasa Indonesia dasar atau Bahasa Jawa dasar untuk mempermudah percakapan.

Zona Waktu Sleman

WIB / GMT+7

Jenis Stop Kontak di Sleman

Jenis stop kontak di Sleman dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Sleman

  1. Air keran di sini tidak untuk diminum.
  2. Kenakan pakaian yang sopan dan tertutup, seperti kaos berlengan, celana atau rok selutut atau panjang, terutama jika kamu berkunjung ke tempat suci atau tempat ibadah.
  3. Saat mengunjungi tempat tinggal penduduk lokal, lepaskan sepatu di depan rumah atau di teras.
  4. Selalu gunakan tangan kanan untuk berjabat tangan dan menerima atau memberikan barang. Menggunakan tangan kiri dianggap tidak sopan.
  5. Jangan tunjukan public display affection yang berlebihan, seperti berciuman atau berpelukan di tempat umum. Berpegangan tangan masih dianggap biasa saja.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya