Bersiap Sambut #NewNormal

tiket FLEXItiket CLEANInstant Pass

Pesan sekarang buat nanti! Fleksibel tentukan jadwal aktivitasmu.

Selengkapnya

Aktivitas Baru Di Semarang

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Semarang

Informasi mengenai tempat wisata di Semarang.

Apa itu tiket CLEAN di Semarang?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Semarang tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Semarang yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Semarang

Semarang adalah kota metropolitan di Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi jika kamu ingin jalan-jalan di kota modern sekaligus berkunjung ke tempat-tempat bersejarahnya. Kamu bisa dengan mudah berkeliling di kota dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Tempat wisata di Semarang yang wajib kamu kunjungi umumnya adalah tempat wisata bersejarahnya, seperti Lawang Sewu dan Sam Poo Kong. Kamu juga bisa mengoleksi banyak foto-foto lucu di Simpang Lima dan Kampung Pelangi Wonosari.

Kota Semarang sangat cocok untuk wisata keluarga karena banyaknya tempat-tempat wisata ramah keluarga dan cocok untuk semua umur. Segera pesan tiket pesawat, hotel, tiket masuk tempat wisata, dan sewa mobil di Semarang di tiket.com!

Cara Menuju ke Semarang

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Semarang adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar pulau Jawa atau luar Indonesia, cara tercepat untuk mencapai Semarang adalah dengan pesawat, mendarat di Bandara Internasional Achmad Yani. Bandara ini tidak terletak terlalu jauh dari pusat kota dan bisa dicapai dengan taksi argo secara mudah.

Bus

Kamu bisa mencapai Semarang menggunakan bus jika kamu berangkat dari pulau Jawa. Jaraknya ke kota-kota lain yang cukup dekat, seperti Solo dan Yogyakarta, membuat wisatawan memilih menggunakan bus karena harganya yang terjangkau juga. Bus yang tersedia dengan tujuan Semarang juga nyaman.

Kereta

Mode transportasi darat lain yang menjadi favorit wisatawan yang menuju Semarang adalah kereta api, terutama jika kamu berangkat dari kota lain di Pulau Jawa. Ada cukup banyak kereta dengan tujuan akhir Semarang dari kota-kota besar di Jawa yang harga tiketnya terjangkau. Kelas penumpang yang tersedia juga bervariasi.

Akomodasi di Semarang

Sebagai kota metropolitan, Semarang memiliki banyak hotel-hotel berbintang 4 dan 5 yang bisa kamu pilih. Kebanyakan berada di pusat kota sehingga akan memudahkanmu untuk berkeliling. Namun, Semarang juga memiliki banyak penginapan budget, mulai dari hotel, hostel, apartemen, hingga homestay. Penginapan-penginapan ini tersebar di seluruh kota sehingga kamu memiliki banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan lokasi-lokasi wisata di rencana perjalananmu.

Segera pesan hotel di Semarang di tiket.com untuk harga yang terjangkau dan pilihan yang bervariasi serta promo yang tak habis-habis!

dan bersejarah.

Spot Instagram-able di Semarang

Ada banyak spot Instagram-able di Semarang, mulai dari yang berlokasi di pusat kota hingga wisata-wisata alam di pinggir kota. Untuk pusat kota dan lokasi-lokasi yang bersejarah, kamu bisa berkunjung ke Sam Poo Kong, Lawang Sewu, Gereja Blenduk, dan Simpang Lima. Sedangkan untuk foto-foto di tempat wisata alam yang indah, kamu bisa berkunjung ke Eling Bening (di Ambarawa), Kebun Teh Gunung Ungaran, Setiya Aji Flower Farm di Bandungan, dan Curug Lawe (sekitar Pegunungan Ungaran).

Kuliner di Semarang

Sebagai salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah, makanan di sini tentu juga adalah makanan-makanan khas Jawa Tengah. Beberapa yang wajib kamu coba adalah soto Bangkong Semarang (soto dalam mangkuk kecil yang sudah dicampur nasi dan lauk lainnya seperti ayam suwir, sate ayam, tauge, dan daun bawang), lumpia Semarang (lumpia berisi rebung, telur, udang atau ayam), dan nasi ayam (nasi dengan ayam suwir, labu siam, dan kuah opor yang lezat). Kamu juga bisa mencoba gudeg (dibuat dari nangka dan santan kemudian dicampur nasi, telur, dan daging sapi) di sini. Meskipun ini juga adalah makanan Jawa Tengah, gudeg biasanya lebih terkenal di Yogyakarta dan Solo.

Untuk oleh-oleh, kamu bisa membawa pulang sejumlah makanan lezat yang banyak digemari, seperti bandeng presto, wingko babat, dan mochi Semarang.

Makanan Vegan / Vegetarian

Makanan vegan dan vegetarian di Semarang kini sudah cukup banyak. Biasanya hidangan yang disajikan adalah masakan khas Semarang atau Jawa Tengah tanpa daging. Beberapa rumah makan yang kami rekomendasikan adalah Ono Ijo Vegetarian, Ha Ha Vegetarian Resto, dan Yeah! Healthy Bar.

Belanja di Semarang

Semarang memiliki sejumlah mal yang bisa kamu kunjungi jika ingin berbelanja, seperti DP Mall, Paragon City Mall, dan Mall Ciputra Semarang. Untuk pusat oleh-oleh makanan khas Semarang, kamu bisa berkunjung ke Bandeng Juwana Erlina yang memiliki beberapa cabang di kota ini. Tentu saja yang paling terkenal di toko ini adalah ikan bandengnya. Namun, kamu juga bisa berbelanja makanan-makanan lain seperti keripik, mochi, dan wingko babat di toko yang sama.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Semarang

Musim

Seperti kota lainnya di Indonesia, Semarang hanya memiliki 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Pada musim kemarau, umumnya cuaca bisa sangat panas di kota ini. Oleh karena itu, sebaiknya kamu berkunjung pada awal tahun atau akhir tahun untuk cuaca yang lebih sejuk. Bulan Januari-April dan Agustus-Oktober adalah bulan-bulan yang tepat untuk berkunjung saat cuaca sedang cukup sejuk.

Suhu Rata-Rata

Suhu rata-rata di Semarang sepanjang tahun adalah sekitar 26-27 derajat Celsius (78.8-80.6 derajat Fahrenheit).

Festival

Ada beberapa festival seru di Kota Semarang yang berlokasi di tempat-tempat ikonik Semarang. Beberapa yang bisa kamu kunjungi untuk menambah pengalaman wisatamu di Semarang adalah Semarang Night Carnival, yaitu acara HUT Kota Semarang, Sesaji Rewandha, acara pemberian makan kera ekor panjang di kawasan Goa Kreo, dan Semarang Java Fashion, yaitu fashion show yang diselenggarakan oleh APPMI Jateng dan dimeriahkan oleh karya desainer-desainer ternama.

Cara Berkeliling di Semarang

Cara terbaik untuk berkeliling Kota Semarang adalah menggunakan mobil atau motor. Hal ini karena lalu lintas kota yang cukup lancar dan jalan yang sudah sempurna serta jalan tol yang tersedia. Jika kamu tidak memiliki mobil pribadi, kamu bisa sewa mobil di Semarang di tiket.com! Selain harganya yang terjangkau, ada banyak pilihan mobil serta metode pembayaran untukmu.

Untuk transportasi umum, kamu bisa menggunakan BRT Trans Semarang (bus), angkot, dan juga taksi argo di sini. Bus BRT Trans Semarang tersedia cukup banyak di dalam kota dan rute yang dilayaninya juga lengkap. Tarif perjalanannya adalah Rp3.500,- per orang. Untuk angkot, jika kamu belum terbiasa, sebaiknya kamu menanyakan terlebih dahulu tentang rute yang akan dilewatinya.

Seberapa Luas Semarang

Kota Semarang memiliki luas 373,8 kilometer persegi. Untuk mengeksplorasi kota ini sampai puas, kamu hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 5 hari. Dalam waktu tersebut, kamu bisa mengeksplorasi tengah kota yang berisi tempat-tempat wisata ikonik seperti Sam Poo Kong dan Simpang Lima. Kemudian kamu bisa melanjutkan perjalanan ke daerah lain di sekitar Semarang, seperti Banyumanik dan Bandungan untuk melakukan wisata alam ke kebun teh, kolam pemandian, dan air terjun.

Mata Uang Semarang

Rp (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Semarang

Bahasa nasional di sini adalah Bahasa Indonesia, yang digunakan sehari-hari oleh warga Semarang. Namun, bahasa lain yang juga sangat populer dan umum digunakan di sini adalah Bahasa Jawa. Oleh karena itu, umumnya aksen warga Semarang saat mengucapkan Bahasa Indonesia juga bercampur aksen Jawa.

Zona Waktu Semarang

WIB / GMT+7

Jenis Stop Kontak di Semarang

Jenis stop kontak di Semarang dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Semarang

  1. Karena cuacanya yang umumnya cukup panas, pakaian yang cocok untuk bepergian di Semarang adalah kaus lengan pendek, celana pendek atau celana panjang yang tidak berwarna hitam, rok, dan sepatu berjalan yang nyaman. Jangan lupa untuk membawa payung, topi, dan tabir surya untuk berjaga-jaga.
  2. Air keran di Semarang tidak untuk diminum.
  3. Mohon patuhi peraturan di tempat-tempat suci dan bersejarah.
LIHAT AKTIVITAS LAINNYA