Samarinda
Tentang

Samarinda adalah sebuah kota di Kalimantan Timur yang, sama seperti kota-kota lainnya di provinsi ini, memiliki banyak tempat wisata alam menarik. Kamu bisa berkunjung ke air terjun yang cantik dan menyegarkan, atau ke pulau-pulau eksotis yang mengagumkan. Selain itu, Samarinda juga punya banyak tempat wisata modern untuk keluarga, seperti waterpark, loh!

Bagi kamu yang berwisata bersama pasangan dan mencari lokasi romantis, bersama teman-teman yang juga berjiwa petualang, atau bersama si kecil yang suka wisata outdoor, Samarinda bisa jadi destinasi yang sempurna! Kota ini punya banyak tempat wisata mengagumkan yang cocok untuk semua kalangan wisatawan!

Sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Timur, tak heran jika fasilitas dan akomodasi di sini sudah lengkap dan memadai. Ada banyak pilihan penginapan untukmu dan keluarga di sini, mulai dari yang mewah hingga terjangkau. Sedangkan untuk transportasi umum, kamu bisa mengandalkan transportasi umum darat dan air yang tersedia banyak di kota ini!

Untuk benar-benar menjelajahi tempat wisata di Samarinda yang terbaik, kamu bisa menghabiskan tiga sampai empat hari di sini. Tak heran jika Samarinda sering dijadikan pilihan utama short weekend getaway bersama pasangan, keluarga, ataupun teman-teman.

Mulai rencanakan wisatamu ke Samarinda bersama tiket.com! Kamu hanya perlu unduh aplikasi gratis kami lalu pesan tiket pesawat, tiket kereta api, hotel, tiket tempat wisata, dan sewa mobil dengan harga terjangkau dan proses yang mudah!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Samarinda

Informasi mengenai tempat wisata di Samarinda.

Apa itu tiket CLEAN di Samarinda?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Samarinda tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Samarinda yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Samarinda

Menyandang sebagai kota terpadat di Kalimantan Timur, Samarinda, punya sederet tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Memiliki kondisi geografis yang berbukit dengan ketinggian yang bervariasi, menjadikan Samarinda punya beragam obyek wisata.

Dari wisata budaya, kamu bisa melihat kehidupan masyarakat Suku Dayak. Dayak merupakan salah satu suku tertua yang ada di Indonesia. Suku ini memiliki berbagai budaya yang menarik, mulai dari tradisi hingga makanan.

Kemudian, dari wisata alam, kunjungi Sungai Mahakam yang membelah tiga kota di Kalimantan Timur. Di perairannya, terdapat jasa kapal wisata yang membawamu berkeliling sungai.

Tidak hanya Suku Dayak dan Sungai Mahakam saja, masih banyak tempat-tempat wisata di Samarinda. Pelesir ke Samarinda pun cocok untuk Sang Petualang, Nostalgia Asyik, dan Pencari Spot Foto.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Samarinda

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Samarinda

Samarinda adalah salah satu kota modern di Kalimantan Timur yang menyimpan berbagai macam tempat wisata alam dan modern yang menarik. Mulai dari danau, air terjun, hingga gunung, kamu bisa menemukan semuanya di sini! Kota Bontang yang tidak terlalu jauh dari Samarinda juga patut kamu kunjungi!

1. Sentra Saung Samarinda

Tempat wisata di Samarinda yang wajib dikunjungi adalah Sentra Saung Samarinda. Sarung Tenun Ikat atau yang terkenal dengan Sarung Samarinda adalah kerajinan tangan tradisional yang masih dilestarikan di Samarinda. Sentra Saung Samarinda terletak di dua kelurahan, yaitu Kelurahan Kampung Baqa dan Kelurahan Kampung Masjid. Ciri khas dari sarung ini adalah dari motifnya yang berbentuk geometris.

2. Masjid Islamic Center

Objek wisata di Samarinda selanjutnya adalah Masjid Islamic Center. Buat kamu yang ingin menikmati wisata religi, sejarah, hingga arsitektur, Masjid Islamic Center cocok untuk masuk dalam rencana wisatamu. Terdapat fakta yang jarang diketahui dari tempat ini, yakni dulunya Masjid Islamic Center adalah lahan bekas tempat pemotongan kayu yang kemudian beralih menjadi destinasi wisata religi. Di sini, kamu bisa menikmati arsitektur masjid yang memiliki tujuh menara utama. Menara-menara tersebut menjulang tinggi dan saat malam hari menyuguhkan kesan romantis dan instagramable karena pancaran lampu-lampu berwarna kuning.

3. Pulau Beras Basah

Destinasi wisata yang terkenal di Samarinda salah satunya adalah Pulau Beras Basah. Di sini, kamu akan disuguhkan pemandangan pinggir pulau yang dikelilingi oleh pasir putih serta deburan ombak.

4. Air Terjun Tanah Merah

Terletak di Desa Tanah Merah, objek wisata yang terkenal ini memang sudah tidak asing bagi pelancong. Air terjun ini menyuguhkan udara yang sejuk dengan suara gemericik air yang membuat suasana kian tenang.

5. Sungai Mahakam

Ingin berkeliling menggunakan kapal atau melihat kapal-kapal hilir mudik di Samarinda, kamu bisa berkunjung ke Sungai Mahakam. Sungai yang memiliki panjang 920 kilometer ini membelah tiga kota di Kalimantan Timur yang menjadi destinasi wisata hits di Samarinda. Saat berkunjung ke sini, jangan lupa untuk menghabiskan sore hari dengan menikmati kuliner khas Samarinda.

6. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Buat kamu yang mencari tempat wisata keluarga atau wisata anak, Samarinda memiliki Taman Rekreasi Lembah Hijau. Taman ini cocok untuk kamu yang ingin berkemah, berenang, dan memancing.

7. Pulau Kumala

Serupa dengan Taman Rekreasi Lembah Hijau, terdapat Pulau Kumala yang juga cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak. Terletak di tengah Sungai Mahakam, pulau ini akan memanjakanmu dengan berbagai fasilitas yang wajib dikunjungi, seperti akuarium raksasa yang menjadi tempat penampungan ikan orcaella brevirostris.

8. Kampung Tenun

Ingin membeli produk-produk kerajinan khas Samarinda yang murah? Kamu bisa menyempatkan datang ke Kampung Tenun. Kain tenun khas Samarinda memiliki motif kotak-kotak yang terkenal. Kamu juga bisa mengeksplor kampung ini dengan melihat proses pembuatan kerajinan secara langsung yang masih menggunakan alat tradisional.

9. Desa Budaya Pampang

Desa Budaya Pampang menjadi destinasi wisata budaya yang wajib dikunjungi. Kamu bisa belajar sejarah dan budaya adat Dayak. Yang terkenal dari tempat wisata hits ini adalah rumah adat Dayak yang memiliki ukiran khas dan tidak dimiliki suku lainnya.

10. Kebun Raya Unmul

Berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Samarinda, Kebun Raya Unmul adalah tempat yang cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak. Tempat wisata ini merupakan hutan pendidikan milik Universitas Mulawarman, namun terbuka untuk masyarakat umum. Yang jarang diketahui pengunjung, terdapat danau besar yang bisa kamu kelilingi dengan menyewa sepeda air.

11. Telaga Permai Batu Besaung

Tempat wisata di Samarinda ini adalah sebuah kawasan hijau yang biasa digunakan pelancong untuk berkemah. Di telaga ini, kamu bisa berendam dan berendam di tampungan airnya yang dangkal.

12. Air Terjun Pinang Seribu

Buat kamu yang ingin mencari tempat wisata yang murah di Samarinda, bisa loh berkunjung ke Air Terjun Pinang Seribu. Air terjun ini memiliki bentuk yang unik lantaran adanya undakan seperti anak anak tangga dan bisa dinaiki. Tempat ini juga cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak karena airnya tak terlalu deras.

13. Jungle Water World

Tempat wisata di Bontang, Samarinda Utara, ini memiliki beragam jenis kolam yang dapat memacu adrenalin kamu. Fasilitas yang lengkap mulai dari wahana bermain hingga tempat outbound bakal membuat wisatamu menyenangkan.

14. Tjiu’s Palace

Objek wisata di kawasan Sambutan ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Tempat wisata keluarga ini menawarkan berbagai wahana menarik, seperti kolam renang, sepeda air, dan kereta mini.

15. Kapal Wisata Mahakam

JIka sudah puas wisata di daratan atau pegunungan, kamu bisa juga berwisata di Sungai Mahakam loh! Bukan berenang, melainkan menaiki kapal wisata yang akan menelusuri sepanjang Kota Samarinda dari tepian sungai. Kamu akan melihat berbagai tempat instagramable, seperti jembatan Mahakam, Big Mall, dan jembatan Mahkota II.

16. Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur

Berada di Jalan Ir. H. Juanda, Air Hitam, koleksi perpustakaan daerah ini terbilang cukup lengkap. Kamu bisa mengajak anak menuju Ruang Layanan Koleksi Anak-anak yang dirancang menarik, lengkap dengan kursi warna-warni serta playground. Selain mengajarkan anak cinta buku, kamu juga bisa memperkenalkan tata cara berkunjung dan meminjam buku di perpustakaan.

17. Big Mall

Mal terbesar di Samarinda ini menawarkan pengalaman berbelanja yang unik. Terletak tepat di tepi Sungai Mahakam, kamu bisa mengajak si kecil berfoto dengan latar Jembatan Mahakam. Selain itu, terdapat beberapa arena bermain (berbayar) yang bisa membuat anak bersenang-senang. Kamu pun dapat menemaninya menonton film favorit di bioskop, atau berbelanja macam-macam keperluan anak.

18. Mahakam Lampion Garden

Sebuah tempat menarik lainnya di tepi Sungai Mahakam, area ini ramai dikunjungi ketika matahari terbenam. Beragam bentuk dan warna lampion menghasilkan semburat cahaya menarik kala malam tiba. Kamu bisa menikmati suasana berbeda Samarinda di malam hari ketika berkunjung ke Mahakam Lampion Garden. Selain lampu hias unik dan instagramable, tersedia pula wahana seru untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

19. Waterpark Kingdom Animalia

Setiap anak pasti senang bermain air, maka ajaklah ia berlibur ke Waterpark Kingdom Animalia di CitraLand City Samarinda. Ada macam-macam wahana seru dan menyenangkan, seperti seluncuran dan water bucket.

20. Nasi Kucing dan Kue Ibu Maskota

Nasi Kuning dan Kue Ibu Maskota adalah usaha kuliner yang menjual nasi kuning serta kue tradisional khas Samarinda. Salah satu kue yang terkenal adalah talam maskota. Kue talam di tempat ini dijual dalam bentuk potongan besar yang cukup untuk dinikmati bersama keluarga.

21. Nasi Kucing Acil Kintul Mangkurat

Kedai sederhana yang terletak di Jalan Lambung Mangkurat II, Kecamatan Sungai Pinang ini tidak pernah sepi pengunjung. Menu yang dijual di kedai ini adalah nasi kuning bumbu habang atau bumbu merah khas banjar dengan aneka lauk seperti ikan haruan. Buat kamu yang berburu wisata kuliner di Samarinda, wajib banget datang ke sini.

22. Soto Banjar Jalan Veteran Samarinda

Depot soto satu ini menjual soto kuliner khas banjar. Depot soto banjar ini aslinya bernama Pusaka Indah, tetapi orang-orang lebih mengenalnya dengan Soto Veteran. Soto yang dijual terdiri dari ayam kampung suwir, telur, soun, perkedel, dan kuah agak kental yang segar.

23. Warung Makan Ikan Bakar Haji Ijay

Warung makan ini spesialisasinya adalah menjual menu kuliner ikan air tawar dan ikan laut yang dibakar. Tidak ketinggalan menu ayam bakar dan juga empal jagungnya.

24. Warung Ayam Goreng Banjar

Warung yang terkenal dengan menu ayam gorengnya yang khas ini selalu ramai oleh pelancong. Selain ayam goreng, menu favorit para pengunjung warung ini adalah sambal goreng hati. Makan di warung ini seperti makan makanan rumahan menurut penilaian salah satu pengunjung.

25. Pisang Gapit

Berkelana ke Samarinda, kurang lengkap jika belum mencicipi jajanan kuliner manis khas kota ini yang bernama pisang gapit. Pisang gapit di Warung Kopi Voorfo adalah salah satu yang ramai dikunjungi. Pisang gapit adalah pisang bakar yang dilumuri dengan saus kental yang terbuat dari gula merah dan santan.

26. Sup Ikan di Restoran Akmal

Sup Ikan termasuk salah satu kuliner Samarinda yang banyak dicari oleh wisatawan. Ikan disajikan dengan kuah berbumbu asam pedas. Harga menu yang ditawarkan di Restoran Akmal berkisar dari Rp 30.000.

27. Taman Nasional Kutai

Tak jauh dari Samarinda, terdapat Taman Nasional Kutai yang wajib dikunjungi. Tempat wisata di Bontang ini membentang luas sekitar 200.000 hektar, bahkan termasuk ke dalam dua wilayah yaitu Bontang dan Kutai Kartanegara.

Di objek wisata Bontang ini, kamu bisa menemukan populasi orangutan khas Kalimantan seperti Bekantan dan melihat berbagai macam tumbuhan yang jarang kamu temui sehari-hari.

28. Bontang Mangrove Park

Mencari tempat wisata di Bontang yang tenang untuk liburan? Kamu bisa kunjungi Bontang Mangrove Park atau lebih dikenal dengan BMP. Destinasi wisata hits di Bontang ini merupakan bagian dari Taman Nasional Kutai. Kamu bisa menyusuri jalan setapak sepanjang 1,3 km sambil memandangi keindahan taman bakau. Untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan dengan jarak pandang yang luas, naik saja ke menara pandang yang tingginya 20 meter dan kamu akan langsung disambut dengan hamparan Selat Makassar.

29. Pantai Segajah

Untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan dengan jarak pandang yang luas, naik saja ke menara pandang yang tingginya 20 meter dan kamu akan langsung disambut dengan hamparan Selat Makassar. Jangan lupa foto-foto ya karena tempat ini instagramable loh!

30. Hutan Pinus Samboja

Salah satu destinasi wisata di Bontang yang wajib dikunjungi adalah Hutan Pinus Samboja, yang berada di kabupaten Kutai Kartanegara. Jajaran pohon pinus yang menjulang membuat pemandangan khas hutan pinus yang dramatis ini banyak dicari oleh orang. Tempat wisata di Bontang ini berada di kawasan pegunungan sehingga udaranya masih segar dan alamnya sangat asri. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari udara segar setelah sehari-hari terpapar udara polusi saat bekerja di kota.

Cara Menuju ke Samarinda

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Samarinda adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar Pulau Kalimantan dan luar negeri, kamu bisa menggunakan moda transportasi pesawat terbang untuk sampai di Samarinda dan mendarat di Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto.

Bus

Jika kamu berangkat dari kota-kota di Pulau Kalimantan, seperti Balikpapan, kamu bisa menggunakan bis untuk mencapai Samarinda. Bis akan berhenti di tiga terminal di Samarinda, yakni Terminal Sungai Kunjang, Terminal Lempake, dan Terminal Samarinda Seberang. Perjalanan dari Balikpapan ke Samarinda pun menempuh satu jam.

Akomodasi di Samarinda

Samarinda menyediakan banyak jenis akomodasi, mulai dari yang mewah hingga yang lebih terjangkau harganya. Selain hotel, kamu bisa dengan mudah menemukan villa, apartemen, dan homestay. Pesan hotel di Samarinda melalui tiket.com sekarang untuk harga terbaik!

Spot Instagram-able di Samarinda

Buat kamu para pecinta foto instagramable, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat ini, yaitu Air Terjun Tanah Merah, Desa Budaya Pampang, Kebun Raya Unmul Samarinda, Telaga Permai Batu Besaung, Pulau Kumala, Taman Rekreasi Lembah Hijau, Masjid Islamic Center, Kampung Tenun, dan Pulau Beras Basah.

Kuliner di Samarinda

Selain mengunjungi obyek wisata yang menarik, masih banyak hal yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah mencicipi kuliner khas Samarinda. Sejumlah rekomendasi kuliner Samarinda yang wajib kamu coba, yakni Ayam Cincane (ayam kampung yang dibakar dan disajikan dengan sambal tomat), Nasi Bekepor (terdiri dari nasi putih, ikan asin, minyak sayur, dan taburan rempah-rempah), bubur pedas (bubur dengan cita rasa pedas ditambah ikan teri goreng dan kacang tanah), dan soto banjar (terdiri dari suwir ayam, perkedel, kentang, sohun rebus, dan potongan telur).

Belanja di Samarinda

Selain obyek wisata, kamu juga akan dimanjakan dengan tempat berbelanja di Samarinda. Pusat perbelanjaan yang menjadi tempat favorit para pelancong, yakni Plaza Mulia, Mal Mesra Indah, Big Mal Samarinda, dan Samarinda Central Plaza.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Samarinda

Musim

Samarinda hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Umumnya, di saat musim kemarau pun, udara di kota ini masih termasuk sejuk, terutama setelah matahari terbenam. Untuk menghindari musim hujan, bulan terbaik untuk berkunjung adalah antara Juni dan September.

Festival

Selain mengunjungi obyek wisata, masih ada hal yang bisa kamu lakukan di Samarinda. Salah satunya yaitu mengunjungi festival. Sejumlah festival yang rutin diadakan setiap tahun, yakni Festival Budaya Nusantara.

Festival ini selalu dihelat setiap Tahun Baru China atau Imlek di Klenteng Thien Le Kong. Di sini, kamu suguhkan dengan penampilan spektakuler Barongsai, drama, dan tarian kebudayaan. Festival ini juga mendatangkan 24 suku di Kalimantan.

Selain itu, ada juga Festival Mahakam yang diselenggarakan setiap November selama tiga hari. Setidaknya, festival ini akan diwarnai 30 agenda yang meliputi perlombaan berenang, balap perahu naga, tambangan, power boating, jet ski, dan masih banyak lagi.

Cara Berkeliling di Samarinda

Transportasi di Samarinda terbagi menjadi dua, yakni transportasi air dan darat. Untuk transportasi air, yakni Tambangan dan Ketinting. Tambangan digunakan untuk menyebrang sungai dari daerah Samarinda Seberang ke kawasan Pasar Pagi.

Sedangkan Ketinting menjadi moda transportasi sungai utama untuk menyebrangi sungai walaupun wilayah tertentu. Sementera itu, untuk transportasi darat, terdapat angkutan kota yang bisa membawamu ke tempat wisata di Samarinda.

Kendati demikian, cara paling mudah untuk menjelajahi tempat wisata di Samarinda adalah menggunakan mobil. Jika tidak membawa mobil pribadi, kamu bisa memanfaatkan sewa mobil di Samarinda melalui tiket.com. Selain pilihan mobilnya yang lengkap, harganya juga terjangkau.

Seberapa Luas Kota Samarinda

Dengan luas 717,4 km², kamu membutuhkan waktu tiga hingga empat hari untuk menjelajahi spektakulernya tempat wisata di Samarinda. Sejumlah obyek wisata yang wajib kamu kunjungi, yakni Pulau Kumala, Air Terjun Pinang Seribu, Pulau Beras Basah, Kebun Raya Unmul, Desa Budaya Pampang, Taman Rekreasi Lembah Hijau, dan Kampung Tenun.

Mata Uang di Samarinda

Rp (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Samarinda

Bahasa utama di kota ini tentu adalah Bahasa Indonesia. Namun, warga lokal juga sering menggunakan bahasa daerahnya dengan Bahasa Banjar.

Zona Waktu di Samarinda

WIB / GMT+7

Jenis Stop Kontak di Samarinda

Jenis stop kontak di Samarinda dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Samarinda

  1. Jika kamu mabuk perjalanan darat, lebih baik membawa obat untuk menghindari rasa mual karena jalanan di Samarinda berkelok-kelok.
  2. Menggunakan tabir surya.
  3. Tidak membuang sampah sembarangan.
  4. Jika ingin menikmati suasana pantai, lebih baik datang pada pagi hari saat kondisi air laut sedang surut.
  5. Jangan minum air keran di Samarinda karena umumnya tidak bersih untuk diminum.
  6. Jangan membuang sampah dan puntung rokok sembarangan.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik di Kota Lainnya

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya