Probolinggo
Tentang

Sobat tiket punya rencana untuk pergi ke Probolinggo? Sedang ada urusan bisnis, tetapi ingin menyempatkan untuk pergi berlibur di kota ini? Tidak perlu bingung dan khawatir, sobat tiket. Karena Probolinggo juga memiliki beragam tempat wisata yang layak untuk kamu kunjungi.

Probolinggo merupakan salah satu kota yang terdapat di Provinsi Jawa Timur. Kota ini berbatasan langsung dengan Selat Madura, dan tidak jauh dari Surabaya. Sehingga, Probolinggo bisa kamu andalkan untuk pergi berlibur meskipun hanya sebentar saja.

Tempat wisata apa yang ingin kamu kunjungi di Probolinggo? Karena kota ini memiliki destinasi wisata yang lengkap dan tentunya bisa membuat kamu betah berada di sini. Mulai dari tempat wisata alam, pantai, air terjun, sejarah, budaya, hingga tempat wisata kekinian bisa kamu temui di Probolinggo. Apalagi jika kamu sekalian pesan sewa mobil di tiket.com untuk mengelilingi kota ini. Tentunya akan lebih mudah, dan kamu bisa eksplor lebih banyak tempat di kota ini.

Untuk tempat wisata alam, kamu bisa menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Beejay Bakau Resort, Bromo Camp House, Madakaripura Forest Park, Hutan Damar, Gunung Argopuro, Ranu Segaran, dan masih banyak lagi. Selain bisa menikmati keindahan alam berupa pegunungan, kamu juga bisa menikmati keindahan alam berupa pantai dan juga hutan hijau.

Menelusuri Probolinggo memang seru. Untuk itu, jangan lupa pesan kamar hotel di Probolinggo via tiket.com agar kamu bisa istirahat dengan nyaman setelah berkeliling di kota ini. Pesan tiket tempat wisata pun lebih simple jika kamu instal aplikasi tiket.com di smartphone kamu.

Nggak perlu ragu lagi untuk merencanakan perjalanan kamu ke Probolinggo. Bersama tiket.com, kamu bisa menuju banyak tempat yang kamu inginkan.

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Probolinggo

Informasi mengenai tempat wisata di Probolinggo.

Apa itu tiket CLEAN di Probolinggo?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Probolinggo tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Probolinggo yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Probolinggo

Probolinggo adalah sebuah kota besar yang terkenal akan perikanannya di wilayah Jawa Timur. Salah satu alasannya adalah letaknya yang menjadi jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Bali dan Jawa. Selain itu, Probolinggo juga merupakan kota terdekat dengan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Dan tentu saja, ini merupakan salah satu alasan utama orang-orang berkunjung ke Probolinggo. Namun, selain itu, ada cukup banyak tempat wisata alam lain di dan sekitar Probolinggo yang bisa kamu kunjungi, seperti Candi Jabung, Ranu Segaran, dan Arung Jeram Sungai Pekalen.

Probolinggo merupakan tempat yang cocok untuk berwisata bersama teman-teman atau rombongan yang suka mendaki gunung.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Probolinggo

Probolinggo adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang menyimpan berbagai macam tempat wisata alam dan modern yang menarik. Mulai dari danau, air terjun, persawahan, kuliner hingga gunung, kamu bisa menemukan semuanya di sini! Kota Probolinggo juga dekat dengan Jember, Pasuruan, dan Malang.

1. Pantai Bentar

Tempat wisata di Probolinggo pertama yang wajib dikunjungi adalah Pantai Bentar. Kamu tidak akan kesulitan pantai ini karena berada di tepi jalan jalan raya Surabaya - Banyuwangi. Waktu terbaik untuk berkunjung ke obyek wisata hits ini adalah saat sore atau pagi hari melihat matahari terbenam atau matahari terbit. Terdapat juga hutan mangrove dan Gunung Argopuro yang bisa kamu lihat. Pantai Bentar cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

2. Gunung Bromo

Tempat wisata di Probolinggo selanjutnya yang wajib dikunjungi yakni Gunung Bromo. Spot instagrammable yang bisa kamu datangi di sini adalah Bukit Penanjakan untuk menyaksikan momen matahari terbit.

3. Bee Jay Mangrove Resort

Tak jauh dari pusat Kota Probolinggo, terdapat Bee Jay Mangrove Resort yang merupakan kawasan hutan bakau. Kamu bisa menjelajahi hutan bakau ini dengan jembatan papan kayu untuk berkeliling dan melipir ke jajaran resor di sekitarnya. Terdapat juga kafe di sisi pantai yang bisa kamu jumpai sembari menyaksikan indahnya selat Madura. Tempat wisata hits ini juga instagrammable loh saat malam hari karena ada hiasan lampu warna-warni yang mempercantik Bee Jay Mangrove Resort.

4. Gili Ketapang

Tempat wisata di Probolinggo ini berada di lepas pantai Selat Madura. Obyek wisata hits disebut sebagai miniatur Pulau Madura. Untuk mencapai Gili Ketapang, kamu perlu menyewa perahu nelayan dan berlayar selama 40 menit. Aktivitas yang terkenal dilakukan di Gili Ketapang adalah snorkeling karena airnya yang jernih.

5. Air Terjun Madakaripura

Air terjun tertinggi di Pulau Jawa ini berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Memiliki tinggi 200 meter, Air Terjun Madakaripura dikelilingi tebing-tebing yang menjulang. Kamu bisa merasakan segarnya air terjun yang masih alami.

6. Sungai Pekalen

Ingin memacu adrenalin di Probolinggo? Kamu wajib banget datang ke Sungai Pekalen. Di sini, kamu akan ditantang untuk menaklukan derasnya arus sungai sepanjang 29 kilometer dengan menggunakan perahu karet atau arung jeram. Sembari arung jeram, kamu juga disuguhkan keindahan alam di sekitar sungai, seperti gua dan air terjun.

7. Candi Jabung

Selain wisata alam, kamu juga eksplor wisata sejarah di Probolinggo dengan melipir ke Candi Jabung. Berada di Desa Jabung, candi menjadi bukti sejarah kerajaan Hindu - Buddha di Tanah Air. Candi Jabung tersusun dengan batu bata merah dengan kondisi yang masih terawat. Obyek wisata yang terkenal ini cocok banget untuk wisata keluarga atau wisata anak.

8. Danau Ranu Segaran

Tempat wisata di Probolinggo ini dahulu merupakan bekas kawah gunung berapi yang terisi oleh air hujan sehingga terbentuk danau. Keindahan panorama hijau dan pegunungan menjadi suguhan pemandangan yang menyegarkan selama berada di danau ini. Air danau juga begitu jernih dengan suasana sekitar yang masih asri. Tempat ini cocok menjadi destinasi wisata keluarga atau wisata anak.

9. Air Panas Desa Tiris

Tempat wisata di Probolinggo selanjutnya yang wajib dikunjungi yakni Air Panas Desa Tiris. Di sini kamu bisa berendam dengan air panas yang bersumber dari dalam bumi dan mengandung belerang.

10. Taman Wisata Studi Lingkungan

Buat kamu yang mencari tempat wisata keluarga atau wisata anak, cocok banget datang ke Taman Wisata Studi Lingkungan. Di dalamnya terdapat 20 jenis pohon dan beberapa satwa, lalu taman bermain, areal berkemah, teater mini, dan fasilitas lainnya.

11. Pantai Lekok

Tak jauh dari Probolinggo, kamu juga bisa melipir ke Kota Pasuruan. Tempat wisata di Pasuruan pertama yang wajib dikunjungi adalah Pantai Lekok. Daya tarik dari obyek wisata hits ini adalah pasir putih kecoklatan yang memukau. Di sini, kamu bisa menikmati deru ombak atau berburu berbagai ikan segar dengan harga tiket yang murah sekitar IDR 7.500 saja.

12. Pantai Penunggul

Pantai yang terkenal akan pasirnya yang putih ini jadi tempat wisata di Pasuruan yang wajib dikunjungi. Di sini, kamu juga bisa menikmati wisata mangrove atau bakau yang memiliki luas 144 hektar. Dengan harga tiket masuk yang murah, kamu bisa eksplor Pantai Penunggul sepuasnya.

13. Air Terjun Gumandar

Tempat wisata di Pasuruan selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Gumandar. Yang jarang diketahui, air terjun ini tidak memiliki aliran sungai. Air yang jatuh dari atas diserap kembali ke tanah dan akan keluar di sekitar pemukiman penduduk.

14. Pantai Blandongan

Buat kamu yang mencari suasana romantis, bisa banget loh datang ke Pantai Blandongan. Tempat wisata di Pasuruan ini jadi destinasi yang cocok untuk menikmati suasana romantis kala matahari terbenam. Jangan lupa berburu spot foto instagrammable ya!

15. Air Terjun Sumber Nyonya

Tempat wisata di Pasuruan selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Sumber Nyonya. Memiliki tinggi sekitar 15 meter, air terjun ini memiliki tiga tingkatan. Tingkatan pertama memiliki tinggi sekitar 15 meter, kedua 7 meter, dan ketiga 15 meter. Destinasi wisata hits ini juga cocok banget loh untuk foto-foto instagrammable.

16. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi merupakan pusat konservasi tumbuhan di bawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Suasananya yang sangat asri membuat tempat ini cocok sebagai pelepas penat. Karena keindahannya, tempat ini juga kerap dijadikan spot foto pre wedding karena instagrammable. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi spot wisata air terjun Coban Baung yang tak kalah memesona. Kebun Raya Purwodadi cocok banget untuk wisata anak dan wisata keluarga.

17. Air Terjun Kakek Bodo

Air terjun ini berada di Lereng Gunung Arjuno sehingga menyuguhkan pemandangan hijau pegunungan. Tempat wisata di Pasuruan ini memiliki ketinggian mencapai 40 meter dan airnya bersumber dari aliran Sungai Kaligesik.

18. Air Terjun Putuk Truno

Air terjun yang terkenal dengan legenda kisah cinta pada era Kerajaan Majapahit ini cocok untuk para pecinta alam. Meskipun memiliki pesona alam yang indah, namun air terjun ini punya cerita sejarah yang menarik terkait pasangan kekasih yang tidak direstui Pangeran Joko Taruno dan Putri Sri Gading Lestari.

19. Air Terjun Alap-Alap

Tak jauh dari Air Terjun Kakek Bodo, kamu dapat melipir ke Air Terjun Alap-Alap. Obyek wisata hits ini mempunyai tinggi sekitar 40 meter dan memiliki tiga tingkatan. Untuk mencapai ke sini, kamu perlu trekking dengan medan yang cukup menantang.

20. Danau Ranu Grati

Tempat wisata hits ini merupakan satu-satunya danau yang berada di dataran rendah Jawa Timur. Ranu Grati merupakan danau alami yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik salah satu gunung berapi. Bentuknya yang menyerupai corong dengan dasar danau yang dalam dan mengandung sedimen mineral, menjadi bukti penguat status Ranu Grati sebagai danau vulkanik.

Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di tempat wisata pasuruan ini. Mulai dari mengayuh becak air, sepeda air, dan berkeliling dengan boat sambil menyaksikan panorama keindahan alam, hingga memancing atau sekadar duduk-duduk santai di pinggir danau. Danau Ranu Grati

cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

21. Puncak Rembangan

Selain Pasuruan, Kota Probolinggo juga dekat dengan Jember. Tempat wisata di Jember pertama yang wajib dikunjungi adalah Puncak Rembangan. Destinasi wisata hits ini menyuguhkan udara sejuk dan pemandangan hamparan perkebunan hijau. Yang jarang diketahui, terdapat juga air terjun dekat Puncak Rembangan yang bisa kamu datangi.

22. Air Terjun Manggisan

Tempat wisata di Jember selanjutnya yang wajib dikunjungi yakni Air Terjun Manggisan. Keindahan obyek wisata hits ini memang belum diketahui banyak pelancong. Selama perjalanan ke sini, mata kamu akan dimanjakan oleh panorama alam yang instagrammable.

23. Teluk Love

Mencari spot yang romantis di Jember? Kamu bisa melipir ke Teluk Love yang menyuguhkan pemandangan yang cantik. Uniknya, teluk ini berbentuk seperti hati. Waktu terbaik untuk mengunjungi Teluk Love adalah saat cuaca sedang cerah untuk menikmati keindahan alamnya yang terkenal.

24. Pantai Papuma

Pantai Papuma merupakan tempat wisata di Jember yang wajib dikunjungi. Nama papuma merupakan kepanjangan dari Pasir Putih Malikan. Sesuai namanya, pantai ini punya pasir putih yang menawan, lalu disempurnakan juga dengan air laut yang jernih serta hamparan langit biru yang seakan tiada batas.

25. Pantai Payangan

Salah satu pantai yang instagrammable di Jember yang wajib dikunjungi yaitu Pantai Payangan. Lokasi dari pantai ini memang sangat dekat dengan teluk cinta. Enggak ada salahnya kamu mampir sekalian ke sini, menikmati surga dunia berupa pantai yang dikelilingi oleh perbukitan hijau nan indah.

26. Pulau Nusa Barong

Pulau yang hampir tak berpenghuni ini menyuguhkan air laut yang begitu jernih dengan perpaduan warna biru tua dan hijau muda. Untuk menuju ke Pulau Nusa Barong, kamu memang diharuskan untuk menyeberang laut menggunakan perahu. Sesampainya di pulau, kamu tak akan berhenti dibuat takjub dengan yang ada di sini.

27. Masjid Cheng Hoo

Kalau kamu cari tempat wisata di Jember selain pantai, kamu bisa mampir dan menikmati kemegahan tempat bersejarah Masjid Cheng Hoo. Masjid ini punya desain arsitektur yang unik serta warna merah cerah yang berbeda dari masjid lainnya.

28. Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun ini bisa dibilang adalah salah satu yang paling terkenal di seluruh Indonesia. Dengan tinggi sekitar 50 hingga 70 jika diukur dari atas lembah, kemegahannya tiada duanya. Pohon-pohon yang rimbun mengelilingi area ini sehingga pemandangannya pun semakin spektakuler. Karena terletak di antara dua kabupaten, yaitu Malang dan Lumajang, kamu bisa berangkat dari dari Malang maupun Lumajang untuk mencapai tempat ini.

29. Kebun Teh Wonosari

Selain Pasuruan dan Jember, Kota Probolinggo juga dekat dengan Kota Malang. Terletak di sekitar Kota Malang, tempat ini sering dijadikan area piknik untuk short weekend getaway. Layaknya kebun teh yang asri, tempat ini menawarkan udara sejuk disertai pemandangan yang rindang. Selain itu, ada juga area berkemah, outbond, kolam air panas, dan banyak lagi.

30. Pura Luhur Giri Arjuno

Pura ini merupakan pura dan juga tempat ibadah umat Hindu. Aristekturnya megah dan indah. Lokasinya juga strategis karena dikelilingi perkebunan apel dan udara yang sejuk. Meskipun kamu tidak akan beribadah, kamu tetap bisa berkunjung asal mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup, ya.

Cara Menuju ke Probolinggo

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Probolinggo adalah dengan:

Pesawat

Tidak ada bandara di Kota Probolinggo, sehingga bandara terdekatnya adalah Bandara Internasional Juanda yang ada di Sidoarjo / Surabaya. Dari bandara tersebut, kamu bisa naik bus DAMRI ke terminal bus Burungasih Surabaya kemudian lanjutkan dengan naik bus tujuan Jember atau Banyuwangi. Kamu hanya perlu memberi tahu ke supir bahwa kamu ingin turun di Probolinggo.

Kereta

Jika kamu berangkat dari kota lain selain Surabaya atau Banyuwangi, kamu tidak bisa langsung naik kereta ke Probolinggo. Cara termudah adalah memesan tiket kereta api ke Stasiun Gubeng di Surabaya. Kemudian, kamu bisa melanjutkan dengan naik KA Mutiara Timur (Surabaya - Banyuwangi) dan turun di Stasiun Probolinggo.

Bus

Jika kamu tidak ingin transit dan ingin langsung sampai di Probolinggo, kamu bisa menggunakan bus. Tentu saja waktu perjalanannya lebih lama. Namun, dengan bus, kamu bisa turun langsung di Probolinggo, bahkan jika kamu berangkat dari kota yang jauh seperti Jakarta.

Akomodasi di Probolinggo

Penginapan di Probolinggo umumnya adalah hotel, hostel, atau homestay berbintang 2 dan 1. Meski begitu, penginapan-penginapan ini biasa menawarkan pemandangan yang indah, kamar yang sederhana dan nyaman, serta fasilitas yang cukup lengkap. Meski begitu, mendekati daerah-daerah wisata yang lebih terkenal, kamu akan menemukan lebih banyak penginapan yang lebih mewah.

Spot Instagram-able di Probolinggo

Tempat-tempat yang tentu wajib kamu kunjungi selain untuk mengumpulkan foto tentu adalah Gunung Semeru dan Gunung Bromo. Selain untuk mengumpulkan foto keren, tentu saja ini merupakan impian anggota komunitas pendaki gunung. Namun, jika kamu kurang suka mendaki gunung, Probolinggo masih punya segudang tempat wisata di mana kamu bisa berfoto sepuasnya. Mulai dari Patung Kuda Cipta Wilaha, Bukit Bentar, Air terjun Madakaripura, Pantai Bentar, Pantai Duta, dan Kebun Teh Tiris.

Kuliner di Probolinggo

Probolinggo memiliki banyak makanan khas Jawa Timur dengan bumbu dan rasa yang unik. Kamu bisa mencoba Kepiting Olok (kepiting muda yang dicampur udang dan bumbu pedas manis), Nasi Jagung (jagung yang dihaluskan dan diolah kemudian dimakan bersama berbagai lauk sebagai pengganti nasi), Nasi Glepungan (nasi campur dengan sari-sari jagung), dan Prol Tape (kue dari bahan baku tape dan topping keju atau kismis).

Makanan Vegan / Vegetarian

Tidak ada terlalu banyak hidangan atau restoran yang khusus menyajikan makanan vegan dan vegetarian di Probolinggo.

Belanja di Probolinggo

Probolinggo memiliki sejumlah mal dan pusat perbelanjaan yang bisa kamu kunjungi untuk belanja oleh-oleh, bahan makanan, dan berbagai produk lokal lainnya. Beberapa di antaranya adalah Plaza Probolinggo, Delta Super Store, dan Pusat Oleh-Oleh khas Probolinggo.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Probolinggo

Musim

Musim di Probolinggo hanya dua, yaitu musim hujan dan kemarau. Karena tempat wisata di Probolinggo yang paling terkenal dan diminati adalah gunung-gunungnya yang termasuk susah didaki, sebaiknya kamu menghindari musim hujan. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara awal bulan Juli dan awal bulan Oktober.

Suhu Rata-Rata

Suhu di Probolinggo berubah-ubah sepanjang tahun. Pada pertengahan tahun, suhu rata-ratanya adalah 25.6°C (78.1°F). Pada awal dan akhir tahun, suhu rata-ratanya adalah 27.1°C (80.8°F).

Festival

Ada Festival Sapi Brujul yang diadakan setiap tahun sekitar bulan Agustus atau September di Kota Probolinggo. Pada acara ini, akan ada lomba karapan sapi brujul yang sehari-hari merupakan sapi pembajak sawah petani di sini. Berbeda dengan karapan sapi di Madura, sapi brujul pada karapan sapi ini adalah sapi dengan ukuran lebih besar karena merupakan sapi pembajak. Jika kamu tertarik memahami budaya lokal lebih dalam, acara ini merupakan salah satu yang paling seru untuk dihadiri.

Cara Berkeliling di Probolinggo

Untuk berkeliling kota dengan transportasi umum, kamu bisa mengandalkan angkot, bus kota, becak, dan ojek. Meski begitu, yang menjangkau paling banyak area adalah angkot. Kamu perlu menanyakan rute yang dilewati sebelum naik angkot jika kamu belum berpengalaman.

Selain itu, kamu juga bisa mengendarai mobil sendiri di sini. Jika kamu tidak memiliki mobil pribadi di sini, kamu bisa sewa mobil di Probolinggo di tiket.com. Selain pilihan mobil yang lengkap dan harga yang terjangkau, ada banyak promo menarik yang menantimu.

Seberapa Luas Probolinggo

Luas kota Probolinggo secara resmi hanya 56,67 km². Meski begitu, karena tempat-tempat wisata yang terkenal di sini adalah gunung-gunung yang termasuk sulit dan lama untuk didaki, kamu akan membutuhkan waktu cukup lama. Waktu ideal untuk mendaki Gunung Semeru dan kembali adalah 4 hari 3 malam. Sedangkan untuk Gunung Bromo, kamu mungkin memerlukan waktu sekitar 2 hari. Sedangkan untuk beberapa tempat wisata alam lainnya, waktu paling ideal untuk mengunjungi tempat-tempat ini adalah 4-5 hari.

Mata Uang Probolinggo

Rp (Rupiah Indonesia).

Bahasa di Probolinggo

Bahasa utama dan nasional di sini adalah Bahasa Indonesia. Kamu tidak akan kesulitan berinteraksi dengan warga lokal menggunakan Bahasa Indonesia. Namun, warga lokal masih menggunakan bahasa lokal sehari-hari, yaitu Bahasa Jawa dan Bahasa Madura. Terkadang, kosa katanya seakan-akan merupakan campuran ketiga bahasa utama di sini.

Zona Waktu Probolinggo

WIB / GMT+7.

Jenis Stop Kontak di Probolinggo

Jenis stop kontak di Probolinggo dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Probolinggo

  1. Karena cuaca Probolinggo yang cukup sejuk, pakaian yang cocok untuk berwisata di sini adalah kaus lengan panjang atau kaus lengan pendek dengan jaket, celana panjang, dan sepatu berjalan yang nyaman. Tentu saja kamu perlu mempersiapkan perlengkapan mendaki gunung jika kamu berencana ke Gunung Bromo atau Semeru.
  2. Air keran di Probolinggo bukan untuk diminum.
  3. Demi keselamatan, patuhi semua peraturan saat akan mendaki gunung dari Probolinggo.
  4. Jangan membuang sampah sembarangan di tempat-tempat wisata Probolinggo.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya